1 ) Ujian Tulis SNMPTN Resmi Dihapus
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/10/373/730166/ujian-tulis-snmptn-resmi-dihapus

Senin, 10 Desember 2012 19:38 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memantapkan hati untuk menghapus ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Tahun depan, SNMPTN akan digelar hanya melalui jalur undangan. Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka memaparkan, pola jalur undangan yang diterapkan pada SNMPTN 2012 kini menjadi pola tunggal dalam SNMPTN 2013. “Seleksia akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN). Kemendikbud belum berpikir untuk mengubah pola UN,” kata Akhmaloka dalam acara Launching SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2012) malam. Dalam acara yang diikuti pimpinan PTN seluruh Indonesia ini, Rektor Institut Teknologi Banduing (ITB) itu merinci, ada 61 PTN di seluruh Indonesia yang turut serta dalam SNMPTN 2013. Selain itu, kemungkinan besar UIN Wali Songo, Semarang dan Universitas Terbuka juga akan bergabung dalam SNMPTN 2013. “Diperkirakan 1,5 juta siswa SMA/sederajat akan mengikuti SNMPTN 2013,” imbuhnya.

…dst

2 ) Mendikbud: biaya pendaftaran SNMPTN 2013 gratis
http://www.antaranews.com/berita/347888/mendikbud-biaya-pendaftaran-snmptn-2013-gratis

Senin, 10 Desember 2012 21:43 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan biaya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. “Pendaftaran semuanya gratis baik yang bidikmisi dan non-bidikmisi. Dulu, pada 2012 biaya SNMPTN jalur undangan itu sebesar Rp150-200 ribu,” kata Mohammad Nuh seusai konferensi pers peluncuran SNMPTN 2013 di Jakarta, Senin. Menurut dia, dengan pembebasan biaya itu dan kuota penerimaan di perguruan tinggi sebesar 60 persen dari populasi akan memberikan rasa aman bagi peserta didik yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. “Kita harus memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi,” ujar dia. Ia mengatakan seleksi tersebut berdasarkan nilai rapor dan hasil Ujian Nasional. “Mulai 2013 kita berani mengintegrasikan prestasi yang di bawahnya baik melalui nilai raport, hasil UN, dan prestasi lainnya,” kata dia.

…dst

3 ) Cihui, SNMPTN 2013 Gratis!
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/10/373/730172/cihui-snmptn-2013-gratis

Senin, 10 Desember 2012 19:47 wib
JAKARTA – Ada berita gembira untuk para calon mahasiswa. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 digelar tanpa dipungut biaya, alias gratis! Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka menyebut, biaya pendaftaran calon peserta SNMPTN 2013 akan ditanggung seluruhnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Artinya, peserta SNMPTN 2013 tidak perlu membayar biaya pendaftaran,” kata Akhmaloka, yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), dalam acara Peluncuran SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2012) malam. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menegaskan, penghapusan biaya SNMPTN ini merupakan amanat undang-undang yang harus direalisasikan. “Selain itu, ini merupakan tekad kami untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Nuh.

…dst

4 ) Universitas Mataram Antisipasi Penerapan Kurikulum Baru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/916

12/10/2012
Mataram, NTB — Universitas Mataram (Unram) yang juga berfungsi sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) segera mengantisipasi berlakunya kurikulum baru. Para calon guru lulusan dari kampus ini sebelum dia mengajar akan diberikan pembekalan. Rektor Unram Sunarpi menyampaikan, calon guru minimal berpendidikan S1. Kemudian, mereka mengikuti program profesi guru. Sebelum masuk program induksi selama satu tahun untuk diperbolehkan mengajar, mereka akan mendapatkan pembekalan kurikulum baru. “Bagaimanapun yang dilepas ini calon guru maka harus disiapkan,” katanya di sela-sela kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh ke Unram dalam rangka memberikan pengantar uji publik kurikulum 2013 di Unram, Mataram, NTB, Sabtu (8/12). Sunarpi mengatakan, sebelum memberikan pembekalan, pihaknya akan melakukan penyiapan dan penataan kurikulum. Selama uji publik, katanya, Unram akan memberikan masukan terhadap penyempurnaan kurikulum 2013. “Akan kami sampaikan ke menteri langsung atau melalui laman secepatnya dalam 1-2 hari ini,” katanya.

…dst

5 ) Kemendikbud Yakin Latih Guru dalam 6 Bulan, DPR Pesimistis
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/10/11383171/Kemendikbud.Yakin.Latih.Guru.dalam.6.Bulan.DPR.Pesimistis

Senin, 10 Desember 2012 | 11:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatihan untuk guru yang akan dilakukan selama enam bulan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dinilai tidak cukup. Meski tidak semua guru di Indonesia yang diberi pelatihan, waktu enam bulan ini tetap dianggap kurang untuk mempersiapkan guru dalam implementasi kurikulum baru. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI-P, Dedi Gumelar, mengatakan bahwa pelatihan enam bulan bagi guru untuk implementasi kurikulum baru ini tidak cukup. Menurutnya, persiapan terhadap guru terkait dengan perubahan kurikulum tidak bisa dilakukan secara mendadak seperti saat ini. “Pesimis saya pelatihan enam bulan itu. Saya bener enggak ngerti pola pikirnya bagaimana,” kata Dedi kepada Kompas.com, Sabtu (8/12/2012). Ia menambahkan, semestinya pelatihan guru dilakukan secara berkala dan merata di tiap daerah, bukan hanya karena ada perubahan kebijakan. Ia menuturkan bahwa rata-rata selama ini para guru hanya mendapatkan sekali pelatihan dalam lima tahun.

…dst

6 ) Kurikulum Baru 2013, Jam Belajar Bertambah
http://www.tempo.co/read/news/2012/12/10/079447009/Kurikulum-Baru-2013-Jam-Belajar-Bertambah

Senin, 10 Desember 2012 | 08:52 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh menyatakan, dalam penyusunan kurikulum baru, pihaknya lebih mengutamakan kepentingan para siswa agar menguasai. Baru setelah itu, penyusunan materi. Rancangan kurikulum baru 2013 terus disosialisasikan dan diuji publik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Diharapkan, tiga tahun kemudian atau 2016 dapat diimplementasikan secara keseluruhan. “Kami akan membuka diri menerima masukan terhadap kurikulum baru ini,” kata Nuh di hadapan puluhan Kepala Dinas Pendidikan se-Jawa Timur dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan di Surabaya, Ahad, 9 Desember 2012. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Harun, mengatakan dalam penerapan kurikulum baru tahun depan, meskipun ada pengurangan mata pelajaran, pengurangan ini tidak berpengaruh terhadap jam mengajar guru. “Sebaliknya, jumlah jam mengajar akan bertambah rata-rata empat sampai enam jam,” ujar Harun. Siswa SD nantinya belajar di sekolah kurang lebih 36 jam per minggu. Selama ini, hanya 26 jam seminggu.

…dst

7 ) UGM Siap Jadi Kampus Tangguh Bencana
http://www.seputar-indonesia.com/news/ugm-siap-jadi-kampus-tangguh-bencana

Senin 10 Desember 2012
YOGYAKARTA– Kejadian gempa bumi 2006 dan erupsi Merapi 2010 lalu menjadi peristiwa yang selalu diingat warga DIY. Ke depan, untuk meminimalisasi dampak merugikan akibat bencana, UGM berencana mulai melakukan kajian instrumen-instrumen manajemen mitigasi bencana di Kampus Biru tersebut. “Dua peristiwa tersebut (Gempa bumi dan erupsi Merapi) mengakibatkan banyak kerusakan fisik maupun non-fisik yang juga dirasakan warga UGM.Di UGM sendiri telah banyak digelar kegiatan berkaitan dengan risiko pengurangan bencana. Namun secara internal UGM sesungguhnya tidak siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” ujar Peneliti Pusat Studi Bencana UGM Dr Djati Mardiatno, kemarin. Dalam workshop dan focus group discussion(FGD) Manajemen Mitigasi Bencana di kampus UGM,Djati menerangkan, terjadinya bencana secara langsung ataupun tidak langsung jelas berpengaruh bagi kegiatan di UGM,termasuk kegiatan belajar, akademik, administrasi dan kegiatan-kegiatan lain.Peristiwa erupsi Merapi 2006 lalu, menjadi bukti UGM belum siap.

…dst

8 ) Pertamina Corporate University Diresmikan
http://www.metrotvnews.com/metronews/newsvideo/2012/12/10/166140/Pertamina-Corporate-University-Diresmikan/108

Senin, 10 Desember 2012 10:42 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina meresmikan Pertamina Corporate University di Pertamina Learning Centre, Jakarta, Jumat (7/12). Universitas tersebut hadir untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif bagi lingkungan kerja Pertamina. Peresmian Pertamina Corporate University dihadiri Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, beserta jajaran direksi Pertamina. Perusahaan minyak negara itu menggelontorkan dana hingga 80 juta dolar Amerika sebagai investasi perguruan tinggi khusus tersebut. Pada kesempatan tersebut, Karen Agustiawan dilantik menjadi dekan universitas. Pertamina Corporate University menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi tanah air, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), universitas Gajah Mada (UGM) dan University of Auckland dari Selandia Baru.

…dst

9 ) 175 Atlet Mahasiswa Indonesia Siap Berlaga di POM ASEAN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/917

12/10/2012
Jakarta — Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, Minggu (9/12), melepas 175 atlet mahasiswa Indonesia untuk berlaga dalam Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN ke-16 yang akan berlangsung 12-20 Desember di Laos. “Target kita juara umum 2 saja. Yang terpenting adalah bagaimana adik-adik kita ini bisa membangun jejaring untuk mengembangkan diri dengan atlit dari negara ASEAN lainnya,” ucap Musliar pada kesempatan tersebut. Pada ajang yang sama tahun 2010 di Chiangmai Thailand, Indonesia berada di peringkat 2 dengan total perolehan 147 medali. Ketua Kontingen yang juga Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, Illah Sailah menerima Bendera Merah Putih dari Musliar sebagai tanda pelepasan kontingen Indonesia di gedung D, Komplek Kemdikbud, Minggu (9/12). Kontingen Indonesia akan mengikuti 14 dari 17 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam ajang ini. Cabor tersebut antara lain atletik, bulutangkis, bola basket, voli pantai, menyelam dan pencak silat

…dst

10 ) 4 Dosen Unnes Pamerkan Budaya Indonesia di China
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/10/373/729917/4-dosen-unnes-pamerkan-budaya-indonesia-di-china

Senin, 10 Desember 2012 16:07 wib
JAKARTA – Empat dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang sedang melanjutkan studi di China bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) China, akan menggelar seni-budaya Indonesia di depan mahasiswa, dosen, dan staf Central Cina Normal University (CCNU). Salah seorang dosen dari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unnes Farid Ahmadi mengabarkan, acara yang bertajuk “New Year Festival 2013 Huazhong University” ini akan digelar 24 Desember 2012, di Hall Kesenian CCNU. “Gelaran ini sebagai event akhir tahun yang diikuti oleh seluruh negara yang sedang menuntut ilmu di Negeri Tirai Bambu ini,” ujar Farid, seperti dikutip dari situs Unnes, Senin (10/12/2012).Dia menjelaskan, acara tersebut merupakan ajang untuk mengenalkan budaya masing-masing negara. “Semuanya akan melakukan performance art,” kata mahasiswa program PhD Information Management School CCNU itu.

…dst

11 ) Hipmi Padang Gandeng Mahasiswa Berwirausaha
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/10/01372049/Hipmi.Padang.Gandeng.Mahasiswa.Berwirausaha

Senin, 10 Desember 2012 | 01:37 WIB
PADANG, KOMPAS.com – Himpunan Pengusana Muda Indonesia (Hipmi) Kota Padang terus menggandeng mahasiswa untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan mulai dari bangku kuliah. “Kita memancing mahasiswa untuk berwirausaha mulai dari bangku kuliah,” kata Ketua Umum BPC Hipmi Padang Braditi Moulevey, di Padang, Minggu (9/12/2012). Menurut dia, jiwa wirausaha muda sudah harus ditanamkan sejak dini, sebelum menghadapi kenyataan hidup setelah menamatkan kuliah. “Jiwa dan mental kewirausahaan mahasiswa sudah harus ditanamkan sejak kuliah. Modal dasar enterpreneurship ini akan menjadi kuat setelah mereka selesai kuliah nanti,” kata dia. Hipmi Kota Padang terus mengembangkan dan mewujudkan peran serta mahasiswa dalam membangun jiwa kewiraswastaan di kalangan generasi muda.

…dst

12 ) Rebut Beasiswa Teknik dan Karier di Belanda
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/10/368/730054/rebut-beasiswa-teknik-dan-karier-di-belanda

Senin, 10 Desember 2012 17:02 wib
JAKARTA – Setiap tahun, Technische Universiteit Eindhoven (TU/e) memberikan sejumlah beasiswa kepada para pelajar internasional. Beasiswa bertajuk Amandus H. Lundqvist Scholarship Program (ALSP) ini merupakan hasil kerjasama TU/e dengan berbagai perusahaan teknik top di dunia seperti ASML, NXP, Océ, Philips dan Bosch. Program beasiswa ini dirancang selama lima tahun, yakni dua tahun masa perkuliahan S-2 di Yu/e dan tiga tahun lainnya bekerja di perusahaan yang mensponsori beasiswa kita. Cara ini juga memberi kita kesempatan mendapatkan pengalaman kerja internasional dan meningkatkan kesempatan karier. Demikian seperti dikutip dari laman Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belanda, Senin (10/12/2012). Peminat yang ingin mendaftar beasiswa ini haruslah memiliki kemampuan akademik dan bahasa Inggris yang baik, serta meraih nilai tinggi dalam ujian masuk. Program ini akan memberikan biaya pendidikan dan akomodasi sebesar 5.000 euro untuk masa studi magister selama dua tahun. Sementara itu, selama masa kerja tiga tahun, kita akan mendapatkan gaji yang kompetitif dari perusahaan. Selain kesempatan kerja, ada juga kemungkinan bagi kita untuk mendapatkan beasiswa S-3 di perguruan tinggi di Belanda.

…dst

13 ) Ini Dia Jawara Akuntansi Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/10/373/729798/ini-dia-jawara-akuntansi-indonesia

Senin, 10 Desember 2012 11:32 wib
JAKARTA – Puluhan tim dari 19 perguruan tinggi berkompetisi memperebutkan gelar jawara akuntansi dalam National Accounting Challenge (NAC) 2012. Olimpiade akuntansi nasional ini merupakan besutan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Kepala Subbidang Pengembangan Pendidikan Ajun Akuntan, Budi Waluyo, yang mewakili Direktur STAN, membuka secara resmi kegiatan yang berlangsung pada 2-7 Desember 2012 ini. Sebelum rangkaian kompetisi dimulai, para peserta pun mendapat suntikan motivasi dari salah seorang dosen STAN, Satria Hadi Lubis. Babak pertama dalam putaran final NAC 2012 adalah Thinkfast Challenge yang mengambil tema “Run Your Brain and Make It Yours”. Pada babak ini, ke-25 tim peserta dibagi ke dalam lima ruangan sehingga setiap ruangan berisi lima tim peserta yang saling berkompetisi. Ada empat tahap yang harus dilalui para peserta dalam Thinkfast Challenge ini yakni Babak Wajib (Gain or Loss), Babak Penilaian Bertingkat (Shocking Box), Babak Rebutan (Race in Minutes), dan Babak Presentasi (Think and Talk).

…dst

14 ) World Culture in Development Forum (WCF) – Bali Forum 2013
Kemdikbud Gelar Dialog Budaya Antarbangsa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/10/208106/Kemdikbud-Gelar-Dialog-Budaya-Antarbangsa

10 Desember 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggagas dialog budaya sebuah forum penjaringan aspirasi dan masukan yang melibatkan partisipasi praktisi, akademisi, dan organisasi atau yayasan dari berbagai bidang yang memiliki keterkaitan erat dengan isu-isu kebudayaan dan pembangunan kesejahteraan rakyat. Acara dialog budaya yang diselenggarakan di Jakarta itu, dibuka oleh Plt Direktur Jenderal Kebudayaan Prof H Kacung Marijan PhD dengan narasumber tokoh-tokoh kebudayaan dan akademisi, seperti Eka Budianta, Jaya Suprana, Luluk Sumiarso, Radhar Panca Dahana, Taufik Rahzen, dan Putu Fajar Arcana. Plt Direktur Jenderal Kebudayaan Prof H Kacung Marijan PhD mengatakan, tujuan dialog budaya adalah untuk menindaklanjuti hasil-hasil yang telah dicapai berdasarkan serangkaian kegiatan persiapan World Culture in Development Forum (WCF) ñ Bali Forum 2013.

…dst

15 ) Unnes Bantu Pelampung untuk SM-3T di Aceh
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/10/208105/Unnes-Bantu-Pelampung-untuk-SM-3T-di-Aceh

10 Desember 2012
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengirimkan pelampung untuk para Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) yang sedang bertugas di Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Bantuan serupa juga diberikan kepada mereka yang bertugas di Kabupaten Manggarai dan Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bantuan disampaikan oleh Kepala Pusat Hubungan Masyarakat Unnes Sucipto Hadi Purnomo, akhir pekan lalu, di SMA Bina Bangsa Blangbintang, Aceh Besar. Bantuan berupa 18 paket pelampung itu untuk 17 sarjana mendidik yang bertugas di Pulau Beras (sisi barat Pulau Sabang) dan Pulau Nasi. Afriandi yang bertugas di SD Laping, Pulau Beras, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar menuturkan, untuk sampai ke Banda Aceh, dirinya harus menumpang boat dengan perjalanan selama empat jam di perairan Samudra Hindia. “Saat seperti ini, gelombang tinggi, sampai-sampai tadi air hampir masuk boat,” katanya. Lulusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) itu bercerita, SD Laping memiliki enam kelas dengan total 29 siswa. Setiap hari dia harus mengajar bersama seorang guru wiyata bakti.

…dst

16 ) Tinggi minat generasi muda ikuti pertukaran mahasiswa
http://www.antaranews.com/berita/347751/tinggi-minat-generasi-muda-ikuti-pertukaran-mahasiswa

Senin, 10 Desember 2012 08:28 WIB
Denpasar (ANTARA News) – Generasi muda yang ingin mengikuti program pertukaran mahasisawa hendaknya selalu meningkatkan kualitas diri berbasis kearifan lokal (local genius) dan keunggulan lokal (indigenous) Bali yang menjadi daya tarik masyarakat di dalam maupun dunia internasional. “Saya menyambut baik antusias mahasiswa yang besar keinginannya mengikuti program pertukaran mahasiswa,” kata Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Prof Dr I Wayan Rai S. MA, di Denpasar Senin. Saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Program Studi (PS) Desain Fashion ISI Denpasar, mempertanyakan kepada mahasiswa siapa diantara kalian semua yang mau ikut pertukaran pelajar, tanya Prof Rai. Serentak hampir seluruh mahasiswa mengacungkan tangannya. Wah luar biasa semangat anda semua, semoga dalam waktu dekat segera terlaksana, tetapi jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas diri, sebab hal ini yang nantinya akan membawa nama baik kampus, kata dia.

…dst

17 ) Ketua PPATK Muhammad Yusuf Raih Gelar Doktor
http://www.tempo.co/read/news/2012/12/10/079447129/Ketua-PPATK-Muhammad-Yusuf-Raih-Gelar-Doktor

Senin, 10 Desember 2012 | 14:56 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf menjadi doktor bidang hukum setelah mempertahankan disertasinya pada Sidang Terbuka Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung, Senin, 10 Desember 2012. Yusuf dinyatakan lulus dengan yudisium cum laude dengan disertasi berjudul “Perampasan Aset tanpa Tuntutan Pidana”. Menurut Yusuf, perampasan aset tanpa tuntutan pidana atau non conviction based (NCB) merupakan jalan keluar atau terobosan untuk mengembalikan uang negara yang dikorupsi. Cara itu sesuai konvensi PBB tentang antikorupsi pada 2003. “Korupsi di Indonesia sudah sampai pada titik nadir. Koruptor tak punya lagi rasa malu,” kata Yusuf, Senin, 10 Desember 2012.

…dst

18 ) Gerakan Penolakan Unas Menjadi Sia-Sia
Anggaran Unas 2013 Disahkan Rp 600 Miliar
http://www.jpnn.com/read/2012/12/10/149845/Gerakan-Penolakan-Unas-Menjadi-Sia-Sia-

Senin, 10 Desember 2012 , 04:04:00
JAKARTA – Satu per satu anggaran pendidikan kategori mendesak disahkan DPR. Anggaran mendesak yang paling awal disahkan DPR adalah biaya untuk ujian nasional (Unas) 2013. Anggaran untuk ujian massal itu disahkan sebesar Rp 600 miliar, naik Rp 100 miliar dibandingkan tahun ini. Dengan disepakatinya anggaran untuk unas 2013 itu, berarti ada peningkatan yang signifikan dibandingkan anggaran unas tahun ini. Untuk unas tahun ini, Kemendikbud mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 500 juta. DPR berharap pemerintah mengelola anggaran unas ini dengan baik. Kabar sudah disahkannya anggaran unas 2013 ini disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Chairil Anwar Notodiputro. Pejabat asal pulau Madura itu mengatakan, meski sudah disetujui DPR dia belum bisa memastikan jika anggaran untuk unas itu bisa dicairkan Januari tahun depan.

…dst

19 ) Disebut Pengkhianat Bangsa, Habibie Center Santai
http://www.tempo.co/read/news/2012/12/10/078447221/Disebut-Pengkhianat-Bangsa-Habibie-Center-Santai

Senin, 10 Desember 2012 | 19:01 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Habibie Center, Ima Rohimah, mengatakan bahwa lembaganya tak mempersoalkan tulisan bekas Menteri Penerangan Malaysia, Zainuddin Maidin, dalam surat kabar terbitan negara tersebut, Utusan Malaysia. Dalam tulisannya, Zainuddin menyatakan bekas presiden B.J. Habibie sebagai pengkhianat bangsa. “Zainuddin sudah mengatakan di tulisannya, kalau itu pendapat pribadinya. Jadi ya tidak usah direspons terlalu serius,” kata Ima saat dihubungi, Senin, 10 Desember 2012. (Baca: Di Malaysia, Habibie Dianggap Pengkhianat Bangsa) Habibie Center, ujarnya, tidak akan memprotes tulisan Zainuddin karena setiap orang berhak mengemukakan pendapatnya. Pun meski materi tulisan Zainuddin cenderung mendiskreditkan Habibie, Ima yakin bekas Menteri Riset dan Teknologi itu tak akan gusar. “Dia (Zainuddin) bebas berpendapat seperti itu. Bapak (Habibie) pada prinsipnya mengedepankan demokrasi, jadi sila saja jika ada yang berpendapat negatif soal dia. Lagipula kita mesti lihat rekam jejak Zainuddin. Partainya kan kalah dari partainya Anwar Ibrahim,” ujarnya. Dalam tajuk rencana Utusan Malaysia edisi Senin, 10 Desember 2012, Zainuddin menggambarkan Habibie sebagai sosok egois, memualkan, serta pengkhianat bangsa. Memulai tulisannya, Menteri Penerangan di era Abdullah Badawi ini mengulas kedatangan B.J. Habibie ke Malaysia beberapa hari lalu.

…dst

20 ) Di Malaysia, Habibie Dianggap Pengkhianat Bangsa
http://www.tempo.co/read/news/2012/12/10/078447140/Di-Malaysia-Habibie-Dianggap-Pengkhianat-Bangsa

Senin, 10 Desember 2012 | 15:26 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin, memberikan gambaran negatif soal Presiden Indonesia ketiga, B.J. Habibie. Dalam tajuk rencana koran Utusan Malaysia edisi Senin, 10 Desember 2012, Zainuddin menggambarkan Habibie sebagai sosok egois, memualkan, serta pengkhianat bangsa. Memulai tulisannya, Menteri Penerangan di era Abdullah Badawi ini mengulas kedatangan B.J. Habibie ke Malaysia beberapa hari lalu. “Presiden Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie, yang mencatatkan sejarah sebagai Presiden Indonesia paling tersingkat, tersingkir kerana mengkhianati negaranya, telah menjadi tamu kehormatan Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim baru-baru ini,” tulis Zainudin di halaman 6 Utusan Malaysia. Tulisan selanjutnya, Zainudin lebih banyak menceritakan beberapa sisi negatif Habibie selama menjadi Presiden Indonesia, mulai peran Habibie yang menyebabkan Timor-Timur terlepas dari NKRI hingga perpecahan politik yang menyebabkan tumbuhnya 48 partai politik di Indonesia. “Beliau mengakhiri jabatannya dalam kehinaan setelah menjadi presiden sejak 20 Oktober 1999,” begitu Zainudin Maidin memberi penilaian.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.