1 ) ITB Siap Kembalikan Uang Rp 10 Miliar ke Mahasiswa
http://www.tempo.co/read/news/2012/12/02/079445401/ITB-Siap-Kembalikan-Uang-Rp-10-Miliar-ke-Mahasiswa

Minggu, 02 Desember 2012 | 15:16 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Institut Teknologi Bandung akan mulai mengembalikan uang kuliah mahasiswa angkatan 2012 pekan depan. Besarannya masing-masing Rp 10 juta. Pengembalian itu hanya berlaku bagi mahasiswa yang membayar uang kuliah Rp 55 juta per tahun. Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, pengembalian uang kuliah itu sesuai dengan janji. Ketika dana bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) sudah cair, ITB akan mengurangi biaya kuliah mahasiswanya. Saat ini, dana bantuan itu sudah tersedia di kas negara. “Surat keputusan rektor untuk pengembalian uang itu baru saya tanda tangani. Minggu depan prosesnya dimulai,” katanya kepada Tempo, di gedung Sasana Budaya Ganesha ITB, Ahad, 2 Desember 2012. Dari total sekitar 3.000 mahasiswa ITB tahun ini, tidak semua mendapat pengembalian uang kuliah. Mereka yang berhak, kata Akhmaloka, hanya 20-30 persen atau sekitar 1.000 orang, yaitu yang membayar uang kuliah Rp 55 juta per tahun. “Mereka yang membayar di bawah Rp 55 juta setahun, atau lebih dari Rp 55 juta karena berniat menyumbang ke ITB, tidak termasuk yang dikembalikan uangnya,” ujarnya. Untuk pengembalian uang kuliah itu, ITB akan menawarkan tiga pilihan. Yakni, uangnya akan diambil tunai, dipakai untuk biaya kuliah tahun depan, atau disumbangkan ke ITB. Menurut Akhmaloka, total dana pengembalian uang kuliah sekitar Rp 10 miliar itu sebenarnya bukan berasal dari BOPTN, melainkan penyisihan dari uang sumbangan orang tua. Sebab, dana BOPTN walau sudah tersedia di kas negara, belum bisa mereka ambil langsung. “Waktunya sudah mepet. Kata Menteri Keuangan dana BOPTN harus selesai dipakai paling lambat 15 Desember tahun ini,” ujarnya.

…dst

2 ) Usia Pensiun Guru Besar 70 Tahun
http://www.jpnn.com/read/2012/12/02/148889/Usia-Pensiun-Guru-Besar-70-Tahun-

Minggu, 02 Desember 2012 , 06:29:00
JAKARTA – Para profesor atau guru besar (gubes) bakal semakin bergelimang harta. Selain karena mendapatkan tunjangan kehormatan besar, masa pensiun mereka diperpanjang dari 65 tahun menjadi 70 tahun. Ketentuan baru ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Dikti). Aturan yang berlaku saat ini, tunjangan kehormatan profesor “hanya” dua kali gaji pokok. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengatakan, jika aturan baru ini berlaku, tunjangan kehormatan para profesor bisa berkisar Rp 15 juta per bulan. Sementara untuk urusan masa pensiun, Djoko mengatakan usia pensiun para profesor saat ini adalah 65 tahun. Dengan catatan bisa diperpanjang hingga 70 tahun. “Usulan perpanjangan ini diajukan setiap tahunnya,” kata mantan rektor ITB itu. Usulan perpanjangan usia pensiun itu bisa disetujui, bisa juga tidak. Tergantung dari kinerja profesor yang bersangkutan. Terutama kinerja di bidang akademik seperti penulisan hasil penelitian di jurnal ilmiah internasional, hingga pengabdian masyarakat. Tetapi dalam aturannya nanti, usia pensiun para profesor otomatis menjadi 70 tahun. Para profesor tidak perlu mengajukan perpanjangan usia pensiun ketika masuk usia 65 tahun. Ketentuan baru ini akan diperkuat dengan penerbitan peraturan pemerintah (PP) turunan UU Dikti. Meski PP tadi belum turun, namun Ditjen Dikti Kemendikbud sudah mengatur urusan masa pensiun untuk para profesor yang saat ini sudah berumur 65 tahun. Ini penting supaya pemberlakuan aturan pensiun yang baru ini berjalan tertib. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Ditjen Dikti Kemendikbud Nomor 1287/E/2012.

…dst

3 ) Gaji Dokter Disebut Kalah Jauh Dibanding Guru
http://www.jpnn.com/read/2012/11/26/148227/Gaji-Dokter-Disebut-Kalah-Jauh-Dibanding-Guru-

Senin, 26 November 2012 , 14:17:00
JAKARTA–Anggota DPR mendukung sikap para dokter PNS yang mendesak pemerintah meninjau kembali gaji bulanannya. Alasannya, gaji dokter jauh lebih kecil dibanding profesi lain seperti guru, TNI/Polri maupun buruh. “Wajar saja kalau para dokter PNS mengeluhkan gajinya. Mereka sekolahnya enam tahun dan mengeluarkan dana besar, tapi gajinya sangat kecil,” kata Verna Ingkiriwang, anggota Komisi IX DPR RI, dalam rapat kerja dengan Menteri Kesehatan, Senin (26/11). Dia mencontohkan gaji guru sekitar Rp3,8 juta, TNI/Polri Rp4,2 juta, buruh Rp2,2 juta. Sedangkan dokter hanya sekitar Rp2,1 juta. Rendahnya gaji dokter PNS, lanjut politisi Demokrat ini, membuat para tenaga kesehatan mengancam mogok kerja. Lantaran gaji yang diberikan tidak sebanding dengan tanggung jawabnya. “Apalagi di daerah terpencil, mereka hanya dibayar dengan ayam, ubi atau jagung. Kalau gaji dokternya sangat kecil, bagaimana mereka bisa membiayai keluarganya,” tambah Caroline. Politisi PDIP ini menilai ada kesalahan sistim kesehatan maupun penggajian sehingga timbul ketidakadilan. “Menkes harus memperhatikan masalah ini. Apalagi dengan akan adanya BPJS, dokter yang menjadi stakeholder utama untuk layanan jaminan kesehatan,” tandasnya. (Esy/jpnn)

***

4 ) Sereal ubi jalar UNY
http://www.antaranews.com/berita/346402/sereal-ubi-jalar-uny

Sabtu, 1 Desember 2012 23:01 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan mengembangkan sereal berbahan ubi jalar. “Sereal berbahan ubi jalar atau Ipomoea batatas Poir itu kami beri nama Serubi. Serubi merupakan minuman seduh berenergi tinggi untuk meningkatkan nilai ekonomi ubi jalar,” kata ketua tim, Nopi Yudi Pramono, di Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia, sereal untuk sarapan itu akan dapat meningkatkan nilai ekonomi ubi jalar yang menyehatkan dan mudah dibuat. “Kandungan gizi yang dimiliki ubi jalar sangat melimpah, antara lain karohidrat, protein, vitamin, dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh,” katanya. Ia mengatakan, jenis produk yang dihasilkan Serubi adalah minuman dalam kemasan terbuat dari bahan ubi jalar yang mudah disajikan, sehat, dan mengenyangkan dengan harga terjangkau.

…dst

5 ) Mendikbud Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/889

12/02/2012
Yogyakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh tidak henti-hentinya menekankan tentang pentingnya membangun karakter anak didik dan juga karakter bangsa Indonesia melalui pendidikan karakter. Begitu juga dalam acara pagelaran wayang orang di alun-alun selatan kraton Yogyakarta, Sabtu (1/12), Mendikbud sekali lagi menegaskan pentingnya Bangsa Indonesia memiliki karakter positif, karena karakter tersebut sangat dibutuhkan untuk menuju bangsa yang bermartabat. Mendikbud juga menekankan peran pendidikan yang sangat vital dalam membangun karakter positif bangsa Indonesia. Mendikbud mengibaratkan, seseorang yang kehilangan karakter persis sama seperti hewan-hewan seperti dunia sirkus. Sirkus adalah contoh sederhana tentang hilangnya karakter seseorang, ujar Menteri Nuh. Singa yg harusnya sangat galak, tetapi dalam dunia sirkus ia sangat jinak. “Menarik memang, tapi itu hanya lelucon, bukan dunia nyata, begitu juga suatu bangsa yang kehilangan karakter,” ujar Mantar Rektor ITS tersebut. Bangsa yg kehilangan karakter itu menarik, tetapi hanya dalam kehidupan lelucon, padahal kita hidup dalam kehidupan nyata, kata Mendikbud. “Oleh karena itu kita harus membangun karakter mulai dari diri kita,” ujarnya menambahkan.

…dst

6 ) M Nuh Sebut Guru Menjadi Kunci Kualitas Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/02/367116/293/14/M-Nuh-Sebut-Guru-Menjadi-Kunci-Kualitas-Pendidikan

Minggu, 02 Desember 2012 21:21 WIB
PALEMBANG–MICOM: Mendikbud M Nuh mengatakan peringkat pendidikan Indonesia yang berada di bawah akan segera dibenahi dengan kurikulum baru serta pemaksimalan pemahaman dalam proses belajar mengajar. “Saya tidak tahu berapa persisnya, namun kita terus berusaha untuk meninggalkan posisi itu. Percuma saja jika kurikulum baru, tetapi gurunya tidak berkompeten atau lebih pintar dari muridnya”, ujarnya, di Palembang, Minggu (2/12). Iapun menyinggung kompetensi guru dan kurikulum sebagai pilar utama dalam proses belajar. Perubahan kurikulum yang berbasis kompetensi. Kepala Dinas Pendidikan Olah Raga dan Kebudayaan Provinsi Sumsel Ade Suryana menuturkan dengan adanya kurikulum baru mendatang akan berdamapak para sertifikasi kompetensi para insan pengajar di semua jenjang sekolah. Nemun menurutnya, hal ini akan memberikan kesempatan belajar lebih besar pada semua guru. (OL-10)

***

7 ) Mendikbud: perubahan kurikulum karena tuntutan zaman
http://www.antaranews.com/berita/346408/mendikbud-perubahan-kurikulum-karena-tuntutan-zaman

Minggu, 2 Desember 2012 01:07 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan perubahan kurikulum pendidikan perlu dilakukan karena tuntutan zaman yang terus berkembang agar peserta didik mampu bersaing di masa depan. “Saat ini zaman kan sudah berubah, maka kompetensi yang diberlakukan untuk pengembangan intelektual siswa pun juga harus berubah karena tantangan yang mereka hadapi tidak akan sama dengan masa sekarang sehingga diharapkan mereka mampu bersaing di masa mendatang,”katanya saat melakukan Uji Publik Kurikulum 2013 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu. Dia mengatakan perubahan kurikulum tersebut, kata dia, juga dilakukan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014. Selain itu, kata dia, urgensi dari perubahan kurikulum tersebut juga didorong karena saat ini merupakan momentum yang harus dimanfaatkan terkait dengan jumlah usia produktif sumber daya manusia di Indonesia yang sedang melimpah.

…dst

8 ) Tidak ada mata pelajaran yang dihapus
http://www.antaranews.com/berita/346454/tidak-ada-mata-pelajaran-yang-dihapus

Minggu, 2 Desember 2012 16:30 WIB
Palembang (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan tidak ada mata pelajaran yang dihapus atau dihilangkan dalam kurikulum 2013 yang sekarang sedang diuji publik. “Mata pelajaran diintegrasikan bukan dihapus karena IPA dan IPS tetap akan masuk dalam kurikulum pelajaran sekolah dasar. Namun, memang sejumlah pelajaran, seperti IPA dan IPS diintegrasikan dalam pelajaran lain. Ia mengatakan, kurikulum 2013 yang kini sedang dalam tahapan uji publik menekankan pendidikan berbasis kompetensi. Maksudnya agar sejak sekolah dasar anak diajarkan bagaimana bersikap jujur, memiliki keterampilan, dan wawasan yang luas atau berilmu. Dia menjelaskan, dari 10 mata pelajaran sekolah dasar disisakan enam, seperti Bahasa Indonesia dan Matematika. Matematika dan saint menjadi landasan untuk mendorong generasi muda berpikir rasional. Nuh menambahkan, kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman adalah keharusan yang kini dibutuhkan untuk mendorong kualitas pendidikan.

…dst

9 ) Empat Masukan Penting untuk Kurikulum 2013
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/12/02/116102/Empat-Masukan-Penting-untuk-Kurikulum-2013/108

Minggu, 2 Desember 2012 03:36 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Empat masukan penting bagi dilaksanakannya kurikulum 2013 diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai ajaran tahun depan. Demikian dikemukakan pengamat pendidikan HAR Tilaar dalam uji publik kurikulum 2013 yang berakhir, Jumat (30/11) lalu. Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang turut hadir dalam uji publik itu membeberkan empat masukan tersebut. Pertama, implementasi kurikulum baru tergantung kualitas guru. Kedua, komitmen pemerintah daerah turut menentukan sehinggga diperlukan revisi Undang Undang Otonomi Daerah. Ketiga, penggabungan mata pelajaran seperti IPA-IPS di tingkat SD perlu ditinjau kembali. Sedangkan yang terakhir, diperlukan petunjuk pelaksanaan yang jelas dalam implementasi kurikulum 2013. “Jangan seperti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sejak diluncurkan tahun 2006 tidak ada petunjuk sehingga gagal,” kata Tilaar.

…dst

10 ) Kemendikbud Tepis Anggaran Revisi Kurikulum
Kritik dari DPR Mulai Rame
http://www.jpnn.com/read/2012/11/28/148438/Kemendikbud-Tepis-Anggaran-Revisi-Kurikulum-

Rabu, 28 November 2012 , 07:06:00
JAKARTA – Program revisi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sempat dikabarkan menelan anggaran hingga Rp 170 M. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi menepis kabar tadi. Program revisi KTSP menjadi Kurikulum 2013 berjalan di bawah komando Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud. Kepala Balitbang Kemendikbud Charil Anwar Notodiputro mengatakan, anggaran revisi kurikulud tidak sebesar yang ramai disebutkan. “Anggaran pengembangan (revisi, red) kurikulum selama tahun ini Rp 50 miliaran. Tidak benar sampai Rp 170 miliar,” katanya kemarin (27/11). Menurut Chairil, anggaran ini sudah termasuk mulai dari evaluasi, kajian rutin saban Kamis, hingga tahap uji publik. Dijadwalkan, uji publik massal akan digelar akhir pekan ini di Jakarta. Lantas bagaimana postur anggaran kurikulum tahun depan? Diprediksi tahun depan anggaran kurikulum baru akan menggelembung. Sebab, pemerintah mengupayakan akan mendistribusikan buku kurikulum baru. “Anggaran untuk tahun depan masih disusun. Juga belum disetujui DPR,” paparnya. Dia berharap anggaran segera beres dan disahkan DPR.

…dst

11 ) Penjurusan SMA Dimulai Kelas X
http://www.jpnn.com/read/2012/12/02/148885/Penjurusan-SMA-Dimulai-Kelas-X-

Minggu, 02 Desember 2012 , 05:27:00
JAKARTA – Penerapan kurikulum 2013 bakal berdampak signifikan pada sistem pembelajaran pada jenjang SMA. Berdasar uji publik yang telah tuntas dilaksanakan di Jakarta, Sabtu (1/12), diperoleh gambaran bahwa penjurusan jenjang SMA lebih baik dimulai sejak kelas X. Dengan demikian, siswa bisa lebih mendalami bidang keilmuan yang diminatinya sejak dini. Direktur Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Harris Iskandar mengatakan, hasil uji publik di Jakarta ini memang belum final. Karena masih ada uji publik di kota lain. “Tetapi memang mengarah ke situ (penjurusan sejak kelas X SMA, Red),” ujarnya. Harris mengatakan, setiap calon siswa SMA sudah menentukan jurusan yang diminati ketika mendaftar, apakah memilih jurusan IPA, IPS, atau bahasa. Dengan sistem ini, guru bimbingan dan konseling (BK) di jenjang SMP memegang peran kunci. Sebab mereka akan membantu mengarahkan para siswa yang akan masuk SMA untuk menentukan pilihan yang tepat. Pihak SMA yang menjadi tujuan siswa baru, berhak mempertimbangkan minat yang diajukan pendaftar. Di antaranya melihat hasil ujian nasional (unas). Jika dalam unas tersebut nilai IPA rendah tetapi yang bersangkutan ingin masuk jurusan IPA, bisa saja ditolak.

…dst

12 ) PGRI Perjuangkan Nasib Guru Swasta dan Honorer
http://www.jpnn.com/read/2012/11/26/148276/PGRI-Perjuangkan-Nasib-Guru-Swasta-dan-Honorer-

Senin, 26 November 2012 , 22:17:00
JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) saat ini tengah memperjuangkan agar guru swasta dan honorer (guru non-PNS) mendapatkan kesejahteraan yang wajar serta perlindungan dalam menjalankan tugasnya. Ketua PB PGRI, Sulistyo mengatakan, pembinaan kompetensi yang paling menyedihkan selama ini menimpa guru honorer dan swasta (Guru non-PNS). Secara kepegawaian, mereka tidak memiliki status yang jelas, apalagi jabatan dan kepangkatan yang hingga kini belum diatur. “Kesejahteraannya tidak memperoleh perhatian yang wajar. Bahkan, selama ini pemerintah dan pemerintah daerah, jelas-jelas melanggar UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,” kata Sulistyo di kantornya, Senin (26/11). Dikatakan, dalam pasal 14 Ayat (1) huruf a UU Guru dan Dosen menyatakan bahwa, guru berhak mendapatkan penghasilan diatas kebutuhan hidup minimal dan jaminan kesejahteraan sosial. Hal ini, lanjutnya, sudah diusulkan kepada pemerintah, agar guru non PNS mendapat perhatian. Guru honorer dan swasta perlu dilakukan penilaian kinerja, diatur kepangkatan dan jabatannya.

…dst

13 ) Batan ubah nuklir menjadi pangan
http://www.antaranews.com/berita/346480/batan-ubah-nuklir-menjadi-pangan

Minggu, 2 Desember 2012 19:56 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Riset Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) telah berhasil mengubah tenaga nuklir dari bahan senjata pemusnah massal menjadi energi dan pangan, antara lain, menghasilkan padi varietas unggul, budidaya peternakan dan perikanan. “Banyak manfaat teknologi nuklir bagi peningkatan mutu pangan, dan ketahanan pangan nasional. Sepanjang 54 tahun pengabdian Batan dalam riset telah menghasilkan nuklir untuk energi dan pangan,” kata Kepala Batan Djarot Wisnubrot di sela-sela pencanangan “Atomos Day” terkait HUT ke-54 Batan di Serpong, Minggu. Menurut dia, teknik nuklir iradiasi telah mampu menghasilkan bibit-bibit padi unggul dengan memendek umur, tahan terhadap hama dan kekeringan. Sekitar 20 varietas padi hasil radiasi seperti Mira I, Bestari, dan Inpari Sidenuk bisa mencapai beras 7 ton/hektare atau lebih baik dari rata-rata produksi beras nasional yang 5,01 ton/hektare. “Varietas hasil litbang BATAN telah ditanam pada lebih 3 juta hektare lahan pertanian sejak tahun 2000 dan terdistribusi 24 provinsi,” tuturnya.

…dst

14 ) BKN Instruksikan PNS Dipidana Langsung Dipecat
http://www.jpnn.com/read/2012/11/29/148638/BKN-Instruksikan-PNS-Dipidana-Langsung-Dipecat-

Kamis, 29 November 2012 , 18:00:00
JAKARTA–Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginstruksikan kepada seluruh instansi agar menjatuhkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dijatuhi hukuman pidana. Di dalam Surat Kepala BKN Nomor K.26-30/V.326-2/99 Tanggal 20 November 2012 tentang PNS yang Dijatuhi Hukuman Pidana, ditegaskan eks napi harus diberhentikan dengan tidak hormat. “Di surat tersebut, sudah dijelaskan regulasi tentang pemberhentian tidak hormat terhadap PNS yang dijatuhi hukuman pidana karena jabatan,” kata Kepala BKN Eko Sutrisno dalam keterangan persnya, Kamis (29/11). Keluarnya surat tersebut, lanjutnya, untuk menyikapi banyaknya pelanggaran terhadap norma, standar, dan prosedur bidang kepegawaian yang terjadi, baik di instansi pusat maupun daerah. Eko membeberkan, di dalam Pasal 23 ayat 3 UU No 8 Tahun 1974 jo UU No 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian dengan tegas menyebutkan PNS dapat diberhentikan dengan tidak hormat karena dihukum penjara, dengan putusan yang sudah punya kekuatan hukum tetap, atas tindak pidana kejahatan jabatan. “Jadi tindak pidana kejahatan jabatan ini maksudnya, PNS yang menggunakan jabatannya untuk melakukan tindak pidana seperti korupsi, dan lain-lain,” ujarnya.

…dst

15 ) Ryaas: Beri Kesempatan PNS Muda Duduki Jabatan Strategis
http://www.jpnn.com/read/2012/12/02/148961/Ryaas:-Beri-Kesempatan-PNS-Muda-Duduki-Jabatan-Strategis-

Minggu, 02 Desember 2012 , 22:29:00
JAKARTA–Sistem kepangkatan dan pengisian jabatan di birokrasi harus dievaluasi. Tujuannya agar Pegawai Negei Sipil (PNS) muda yang memiliki kompetensi bisa mengisi jabatan-jabatan strategis sehingga mampu menelurkan ide-ide kebijakan cemerlang dalam pengelolaan pemerintahan. “Ada aturan-aturan yang membatasi PNS berusia muda mencapai puncak karier di birokrasi. Contoh nyata di lapangan, posisi direktur-direktur yang diisi oleh PNS yang sudah hampir pensiun, bahkan sudah sakit-sakitan,” ungkap anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Pemerintahan dan Reformasi Birokrasi, Ryaas Rasyid di Jakarta, Minggu (2/12). Dia menyarankan, PNS-PNS muda dimatangkan kariernya dalam jabatan puncak, misalnya 10 tahun mengisi jabatan eselon satu. Ini agar saat pensiun, yang bersangkutan dapat memberi nasihat-nasihat matang dan kaya penguasaan bidang sebagai masukan terhadap birokrasi yang ditinggalkan. “Semestinya ada transparansi kriteria atas setiap pengisian sebuah jabatan. Publik dengan jelas dapat mengetahui mengapa seseorang dilantik, baik alasan dari segi integritas, kompetensi maupun prosedur-prosedur yang berlaku. Transparansi dalam pengangkatan seseorang dalam sebuah jabatan akan membebaskan birokrasi dari fitnah adanya KKN dalam promosi seseorang,” bebernya.

…dst

16 ) Astronom Temukan Lubang Hitam Terbesar di Semesta
http://www.jpnn.com/read/2012/12/02/148947/Astronom-Temukan-Lubang-Hitam-Terbesar-di-Semesta-

Minggu, 02 Desember 2012 , 16:45:00
HOUSTON – Astronom University of Texas di Austin, Amerika Serikat, berhasil menemukan lubang hitam terbesar yang pernah dikenal. Lubang hitam itu ada di sebuah galaksi kecil berjarak sekitar 250 juta tahun cahaya dari bumi. Dengan menggunakan teleskop Hobby Eberly, diketahui pula bahwa lubang hitam itu berukuran 11 kali lebih luas daripada ukuran Neptunus mengorbit matahari. Atau, sekitar 4000 kali lebih besar dari lubang hitam di pusat Bima Sakti. “Ini benar-benar galaksi eksentrik. Ini bisa menjadi obyek pertama di kelas baru sistem galaxy-black hole,” kata anggota tim studi Karl Gebhardt dari University of Texas di Austin seeprti dilansir Xinhua, kemarin (1/12). Astronom menyebut massa galaksi ini begitu jauh di atas normal, diperlukan waktu bertahun-tahun untuk memastikannya dan menyimpulkan hasilnya dalam laporan untuk di publikasikan. Lubang hitam umumnya terletak di pusat galaksi dan berbentuk berbentuk cakram, seperti yang ada di galaksi Bima Sakti. Namun lubang hitam yang baru ditemukan itu memiliki masa setara dengan 17 miliar matahari dan terletak di dalam galaksi NGC 1277 di rasi Perseus.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.