Presentasi Draft Kurikulum 2013

Pengembangan Kurikulum 2013

Linknya bisa unduh di sini (pdf) atau di sini (pptx)

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

3 Comments

  1. herizalalwi says:

    Kurikulum 2013 yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengurangi mata pelajaran di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

    Mata pelajaran SD yang sebelumnya ada 10 dipadatkan menjadi 6, sedangkan mata pelajaran SMP yang sebelumnya berjumlah 12 diringkas menjadi 10. Enam mata pelajaran yang diajarkan di SD itu adalah matematika, Bahasa Indonesia, Agama, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Kesenian.

    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang sebelumnya diajarkan di SD, akan diajarkan secara terpadu dengan pelajaran-pelajaran lain, sesuai tema yang sedang dibahas.

    “Misalnya di IPA ada tema soal air, maka tema air itu bisa jadi muatan di pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKN,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemendikbud, Ibnu Hamad, kepada VIVAnews, Minggu 2 Desember 2012.

    Dengan demikian, tegas Ibnu, mata pelajaran IPA dan IPS bukannya dihapus dari kurikulum, tapi diintegrasikan berdasarkan tema. Menurutnya, khusus pengintegrasian pelajaran IPA dan IPS ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh memberikan tiga alternatif dalam uji publik kurikulum pendidikan 2013 yang akan dimulai besok Senin, 3 Desember 2012.

    Pertama, kata Ibnu, nama pelajaran IPA dan IPS sama sekali tidak dimunculkan, hanya muatannya yang muncul di pelajaran-pelajaran lain. Kedua, IPA dan IPS akan dimunculkan sebagai nama pelajaran mulai kelas 4 SD sampai 6 SD. Ketiga, IPA dan IPS hanya akan dimunculkan sebagai pelajaran tersendiri untuk kelas 5 dan 6 SD.

    “Intinya, yang dihapuskan adalah nama pelajarannya, IPA dan IPS. Tapi substansi pelajaran IPA dan IPS tidak ada satu pun yang dihilangkan,

    IPA dan IPS bukan satu-satunya mata pelajaran yang akan diubah dalam kurikulum baru. Bahasa Inggris pun tidak akan masuk ke dalam mata pelajaran SD seperti sebelumnya. “Bahasa Inggris tetap diajarkan, tapi sebagai ekstra kurikuler

  2. bropldm says:

    sya setuju dgan langkah kementrian penddkn n kebdayaan untk merombak kurikulum lama n diganti dgan krikulum 2013, semoga kurikulum 2013 dpat berlajan maksimal sesuai dgan yg dirncanakn dan membantu pendidikn indonesia untk menghasilkan generasi mudah yg tidak hanya berprestasi scara akademik namun memiliki sikap,mental,moral dan sosial yg baik menuju indonesia yg lebih baik, tentux ” bebas KKN” and semoga kurikulum 2013 ini tdak mmberatkan para guru.

  3. neni ratnasari says:

    sebenarnya tidak “aneh” setiap pergantian kurikulum selalu bikin resah guru,..bapak pejabat yang terhormat, isi semua kurikulum tidak ada yang BURUK semua current dengan perkembangan jaman….apabila ganti kurikulum hanya karena pendidikan belum berhasil sesuai yang diinginkan, yang salah bukan kurikulumnya namun perbaiki profesionalisme gurunya…beri waktu guru untuk benar-benar memahami kurikulum. evaluasi juga donk di lapangan bagaimana sebenarnya cara mengajar guru kebanyakan saat ini..

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.