1 ) Perguruan Tinggi Diminta Kembangkan Budaya Tradisi Akademik
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/865

11/26/2012
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta pimpinan perguruan tinggi untuk terus mengembangkan budaya tradisi akademik dan menghindari kegiatan politik praktis. “Politik praktis itu ruhnya perbedaan. Pasti nggak akan ketemu,” katanya saat memberikan sambutan dalam pelantikan pejabat di lingkungan Kemdikbud, pada Jumat (23/11) lalu di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta. Pejabat yang dilantik tersebut di antaranya Rektor Universitas Syah Kuala dan Rektor Universitas Haluoleo, serta Direktur Politeknik Manufaktur Negeri Bandung. Menurut Mendikbud, salah satu yang menjadi ciri khas dari pengembangan budaya tradisi akademik adalah mengandalkan rasionalitas yang kuat, disertai dengan kesantunan dalam menyampaikan rasionalitas tersebut. Mendikbud juga berpesan kepada pimpinan perguruan tinggi yang dilantik supaya perguruan tinggi bisa menjadi model pembentukan karakter. Ia mengatakan, masyarakat lah yang akan menanggung kekurangan yang terjadi di perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tertinggi. Karena para lulusannya akan langsung terjun ke masyarakat usai menuntaskan pendidikannya di perguruan tinggi. “Kami tidak ingin mendengar lagi ada kampus yang tawuran,” tegas Menteri Nuh. Kementerian, katanya, melalui Ditjen Pendidikan Tinggi telah sepakat untuk memberikan sanksi kepada kampus yang terlibat aksi kekerasan. Sanksi tersebut berupa penurunan akreditasi hingga penutupan program studi. “Karena tawuran adalah simbol terjadinya kompleksitas di perguruan tingg,” katanya.

…dst

2 ) Pendidikan Indonesia Perlu Wawasan Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/26/04264070/Pendidikan.Indonesia.Perlu.Wawasan.Internasional

Senin, 26 November 2012 | 04:26 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Pratikno mengatakan pendidikan di Indonesia saat ini perlu memberikan porsi yang besar pada wawasan internasional. “Di zaman yang sudah mengglobal ini, Indonesia perlu memiliki perhatian yang besar terhadap wawasan internasional,” katanya di Yogyakarta, Minggu (25/11/2012) malam. Dengan wawasan tersebut, kata dia, diharapkan akan semakin mampu memberikan nilai tawar bagi Bangsa Indonesia di kancah internasional. Wawasan internasional sendiri, kata dia, tidak harus semata-mata dikhususkan bagi mahasiswa jurusan Hubungan Internasional saja, namun juga perlu diberikan bagi peminat program studi lain. Saat ini dalam aspek ekonomi, kata dia Indonesia sudah menempati peringkat ke-15 dunia, dan menurut berbagai studi, pada 2050 diprediksikan akan menempati peringkat ke-10 dunia. Hal tersebut, kata dia, sebenarnya membuktikan bahwa Indonesia berpotensi untuk menjadi negara yang besar, yang tentunya di antaranya harus ditopang dengan wawasan dan teknologi berskala internasional.

…dst

3 ) Juara Olimpiade Sains Bisa Langsung Bekerja di Pertamina
http://www.pikiran-rakyat.com/node/212825

Senin, 26/11/2012 – 17:53
DEPOK, (PRLM).- Mulai tahun 2012 ini, PT Pertamina akan memberikan surat privilege bagi juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk bekerja di perusahaannya bila sudah lulus. Hal itu merupakan upaya Pertamina untuk merekrut calon pengembang perusahaan sejak dini. “Yang ikut OSN itu kan sekarang masih kuliah. Jika mereka juara, setelah lulus mereka akan diberi kemudahan untuk bekerja di Pertamina,” kata Sekretaris Perseroan PT Pertamina, Nursatiyo Argo usai acara pembukaan seleksi OSN di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Senin (26/11/12). Nursatiyo mengakui selama ini banyak generasi yang berprestasi tapi kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak di bidangnya. Mulai tahun ini pertamina ingin mencarikan solusi terbaik agar mereka tidak terlunta-lunta dan berharap dari negara lain. “Mulai tahun ini kami konsisten. ini mungkin salah satu solusinya,” kata dia. (A-185/A-88)

***

4 ) ITB Targetkan 700 Publikasi Internasional
http://www.pikiran-rakyat.com/node/212847

Senin, 26/11/2012 – 13:58
BANDUNG, (PRLM).- Institut Teknologi Bandung (ITB) targetkan sekitar 700 publikasi internasional untuk tahun. Jumlah ini dua kali lipat dari tahun 2011 mencapai 350 publikasi internasional. Sementara hingga saat ini ITB baru 430 hasil penelitian yang terpublikasi internasional. “Mungkin saya terlalu ambisius tapi saya yakin walau belum mencapai target, sekitar 500 publikasi internasional dapat tercapai tahun ini,” kata Wakil Rektor ITB Bidang Penelitian dan Inovasi Wawan Gunawan A. Kadir dalam Seminar dan Pameran Hasil Penelitian Riset ITB 2012 di Aula Timur ITB, Jln. Ganesha, Kota Bandung, Senin (26/11). Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB itu mengemukakan berdasarkan data situs pengindex internasional Scopus, publikasi internasional dari ITB mempati peringkat tertinggi dibandingkan dengan universitas lainnyaa di Indonesia. Akan tetapi jika dibandingkan dengan universitas lain di luar negeri, posisi publikasi ilmiah ITB masih jauh. “Dibandingkan negara luar publikaasinya sudah mencapai di atas 23 ribu publikasi. ITB memang belom ada apa-apanya karena itu kami terus dorong. Dosen ITB ada 1.200 orang dan untuk tetap leading maka kami harus bekerja lebih keras,” ujar Wawan. (A-208/A-26).

***

5 ) Program Magang bagi Calon Dokter Dinilai Merugikan
http://www.jpnn.com/read/2012/11/26/148266/Program-Magang-bagi-Calon-Dokter-Dinilai-Merugikan-

Senin, 26 November 2012 , 19:51:00
JAKARTA – Program internship (magang) untuk calon dokter dinilai tidak beradab dan akan merugikan masyarakat. Pasalnya, untuk mendapatkan izin praktik, calon dokter tak hanya harus lulus uji kompetensi dokter Indonesia (UKDI) tapi juga menjalani internship selama delapan bulan yang terdiri dari empat bulan di RSUD dan empat bulan di Puskesmas. “Ini penindasan namanya, kenapa untuk menjadi dokter harus melewati jalan yang tidak beradab. Mereka sudah mengeluarkan uang banyak sampai jual aset, kok regulasinya diperpanjang lagi,” kritik Arif Mahardi, anggota Komisi IX DPR RI dalam rapat kerja dengan Menkes, Senin (26/11). Ketua Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning juga berpendapat senada. Menurutnya, pemerintah yang membuat dokter menjadi pebisnis. Jiwa melayani pasien mulai terkikis karena untuk menjadi berpraktik mereka harus melalu serangkaian regulasi yang tidak beradap. “Harusnya sebelum calon dokter lulus dari fakultas, mereka harus ikut UKDI setelah itu jadi dokter PTT. Tidak perlu lagi ikut internship karena masyarakat butuh dokter,” ujarnya. Dengan panjangnya regulasi, lanjut politisi PDIP ini, dokter pun terpaksa menekan dan menindas pasien. Dokter juga menajdi pilih-pilih dalam menangani pasien. “Kalau yang operasi mau diladeni. Sedangkan yang tidak operasi dibiarkan,” ujarnya.

…dst

6 ) Belasan Profesor Tolak Unas
http://www.jpnn.com/read/2012/11/26/148169/Belasan-Profesor-Tolak-Unas-

Senin, 26 November 2012 , 04:24:00
JAKARTA – Kemendikbud tampaknya harus mengevaluasi pelaksanaan ujian nasional (unas). Sebab, dari kajian 17 guru besar seluruh Indonesia yang tergabung dalam Koalisi Damai Reformasi Pendidikan (KDRP), unas justru membuat anak tidak bersaing di skala internasional. Unas disebut hanya mencetak anak yang pandai menghafal. Prof Mayling Oey Gardiner, salah seorang guru besar dari FE UI yang menjadi juru bicara KDRP, mengatakan, jika tetap diberlakukan, unas hanya akan mematikan kreativitas anak. “Unas membuat murid tak bisa bersaing dengan pelajar luar negeri. Sebab, murid hanya menghafal untuk ujian sehingga mereka tidak mendapat apa-apa,” papar Mayling dalam jumpa pers petisi reformasi pendidikan di Jakarta kemarin (25/11). Menurut Mayling, unas untuk tingkat SD dan SMP harus dihapus karena dampak bohong yang diciptakannya berbahaya. Dia menjelaskan, ada keterkaitan atau lingkaran setan antara pemerintah, guru, dan sekolah. Mayling memaparkan, banyak guru yang bisa naik pangkat kalau hasil unas anak didiknya bagus. Begitu juga halnya dengan kepala sekolah dan kepala dinas instansi terkait. “Jadi, keterkaitan itu harus dihapus. Tidak ada gunanya anak SD harus diambil melalui nilai unas,” tegas anggota Komisi Ilmu Sosial Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia tersebut.

…dst

7 ) UNY Kembangkan Pengukur Kadar Air Benih Padi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/26/0437517/UNY.Kembangkan.Pengukur.Kadar.Air.Benih.Padi

Senin, 26 November 2012 | 04:37 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta mengembangkan pengukur kadar air benih padi untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan. “Alat tersebut mampu menunjukkan kadar air yang sesuai dengan kelembaban yang dibutuhkan untuk pertumbuhan benih padi tersebut. Dengan keberadaan pengukur kadar air dalam benih padi bisa membantu petani dalam mempersiapkan proses pembuatan benih padi,” kata Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKMKC) Samsul Feri Apriyadi di Yogyakarta, Minggu (25/11/2012). Menurut dia latar belakang pembuatan alat itu antara lain salah satu faktor yang mempengaruhi kekurangan stok beras nasional adalah penggunaan benih padi (gabah) yang belum maksimal. Benih padi varietas unggul bermutu merupakan penentu batas atas produktivitas suatu usaha tani, baik usaha tani kecil maupun besar, dan berlaku bagi semua komoditi pertanian.

…dst

8 ) Indonesia Baru Punya Dua Pusat Riset Unggulan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/26/365541/293/14/Indonesia-Baru-Punya-Dua-Pusat-Riset-Unggulan

Senin, 26 November 2012 14:06 WIB
JAKARTA–MICOM: Kementerian Riset dan Teknologi telah memilih delapan lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) untuk menjadi pusat unggulan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Adapun delapan lembaga litbang itu ialah Pusat Unggulan Iptek Kopi dan Kakao Jember, Jatim, Pusat Iptek Karet Bogor, Pusat Penelitian Biofarmaka IPB, Konsorsium Lembaga Riset Pariwisata Bali, Konsorsium Lembaga Riset Rumput Laut Sulawesi Selatan, dan Konsorsium Lembaga Riset Sagu Papua. Namun dari 8 pusat riset ini baru dua lembaga yang sudah memenuhi syarat sebagai pusat unggulan iptek yakni Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Jember dan Pusat Penelitian Penyakit Tropis Universitas Airlangga Surabaya. Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta di Surabaya, Senin (26/11), menjelaskan setiap daerah nantinya akan didirikan pusat unggulan iptek untuk bisa mendongkrak perekonomian Indonesia berbasis riset dan keunggulan daerah. “Targetnya ada 12 pusat unggulan. Saat ini baru ada tiga pusat unggulan iptek yakni pusat unggulan iptek sawit di Medan yang sudah diresmikan tahun lalu. Dan tahun ini dua pusat unggulan iptek di Jawa Timur,” ujar Gusti.

…dst

9 ) Biaya Riset Mandiri ITB Capai Rp 8 Miliar
http://www.pikiran-rakyat.com/node/212851

Senin, 26/11/2012 – 16:36
BANDUNG, (PRLM).-Institut Teknologi Bandung (ITB) biayai kegiatan riset mandiri sebesar Rp 8 miliar 850 juta dari Rp 17 miliar dana riset mandiri yang dialokasikan ITB. Dari dana tersebut dihasilkan 177 riset kelompok karya (KK) dan riset keilmuwan. Demikian dikemukakan Wakil Rektor ITB Bidang Penelitian dan Inovasi Wawan Gunawan A. Kadir dalam Seminar dan Pameran Hasil Penelitian Riset ITB 2012 di Aula Timur ITB, Jln. Ganesha, Kota Bandung, Senin (26/11). Wawan mengatakan dana riset sekitar Rp 2 miliar 25 juta mendanai riset-riset yang dilakukan oleh mayoritas peneliti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB. Sementara tempat kedua oleh Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan sekitar Rp 1,1 miliar. “Kalau ada anggapan FMIPA suka kering penelitian, hal itu tidak terjadi di ITB. Justru penelitian dr FMIPA paling banyak ini,” kata Wawan. Selain itu, Wawan juga menekankan penting hasil penelitian untuk dipublikasikan agar dirasakan manfaatnya. Semoga apa yang sudah lakukan bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga masyarakat dan industri.(A-208/A-89)

***

10 ) 2013, ITB Beri Tambahan Insentif Peneliti
http://www.pikiran-rakyat.com/node/212849

Senin, 26/11/2012 – 15:12
BANDUNG, (PRLM).- Wakil Rektor ITB Bidang Penelitian dan Inovasi Wawan Gunawan A. Kadir mengatakan mulai 2013, Institut Teknologi Bandung (ITB) akan memberi tambahan insentif untuk peneliti ITB yang menulis tiga publikasi internasional atau lebih dalam kurun waktu satu tahun. Saat ini untuk publikasi internasional hasil penelitian , para peneliti diberi insentif sekitar Rp 10 juta. Publikasi internasional terdiri atas jurnal internasional atau prosiding seminar internasional yang terindeks. “Jadi mulai tahun depan, kalau ada peneliti yang hasil penelitiannya terpublikasi internasional lebih dari tiga akan mendapat insentif tambahan, masing-masing Rp 20 juta. Untuk hasil penelitiaan pertama dan kedua mereka dapat insentif masing-masing Rp 10 juta,” kata Wawan dalam Seminar dan Pameran Hasil Penelitian Riset ITB 2012 di Aula Timur ITB, Jln. Ganesha, Kota Bandung, Senin (26/11). Menurutnya, pemberian insentif tambahan ini untuk memacu para peneliti ITB agar menghasilkan penelitian yang terpublikasi internasional. Selain itu juga sebagai wujud apresiasi dari ITB kepada peneliti. Pada tahun 2012 ini, ITB sudah menghasilkan sekitar 430 publikasi internasional. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2011 sebanyak 350 publikasi ilmiah. (A-208/A-89)

***

11 ) UNS Bentuk Pusat Unggulan PT Indonesia-Jerman
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/26/373/723302/uns-bentuk-pusat-unggulan-pt-indonesia-jerman

Senin, 26 November 2012 14:51 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan membentuk pusat unggulan kerjasama perguruan tinggi Indonesia – Jerman. Pusat unggulan tersebut akan memfokuskan kegiatan dalam bidang air, struktur dan energi terbarukan dan dinamai Institute of Water, Structure and Renewable Energy (IWSrE). “Rancangan pusat unggulan itu merupakan hasil pertemuan antara tim UNS dengan Karlsruhe Institute of Technology (KIT) pada 20 November 2012 lalu di KIT, Jerman. Dan akan diresmikan pada 11 Maret 2013 di UNS mendatang,” kata Rektor UNS Prof Dr. Ravik Karsidi, MS kepada wartawan di ruang sidang Rektor UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (26/11/2012). Ravik mengatakan, pusat unggulan itu nantinya akan bergerak dalam bidang akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang akademik, kerjasama yang akan dilakukan dalam bentuk program kerjasama pendidikan, pertukaran dosen/mahasiswa, dan kerjasama pembimbingan tesis atau disertasi. “Beberapa guru besar dalam KIT telah bersedia menjadi guru besar tamu dan sebagai pembimbing program doktor,” jelasnya.

…dst

12 ) UNS Akan Dirikan Pusat Unggulan Bidang Air
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/26/079444146/UNS-Akan-Dirikan-Pusat-Unggulan-Bidang-Air

Senin, 26 November 2012 | 15:11 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan mendirikan pusat unggulan bidang air, struktur, dan energi terbarukan, bekerja sama dengan Karlsruhe Institute of Technology Jerman. Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan pusat unggulan tersebut direncanakan menjadi satu dari lima pusat unggulan hasil kerja sama Indonesia-Jerman. Pusat unggulan bidang air, struktur, dan energi terbarukan bergerak di bidang akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “Kami sudah memiliki gambaran, apa yang ke depan akan dilakukan oleh pusat unggulan,” katanya kepada wartawan di kampus UNS, Senin, 26 November 2012. Untuk bidang akademik, ada program pertukaran dosen/mahasiswa, kerja sama bimbingan tesis dan disertasi, dan beberapa guru besar Karlsruhe Institute of Technology bersedia menjadi guru besar tamu. Bidang penelitian menekankan kepada penelitian terapan.

…dst

13 ) Peserta SM-3T Berpeluang Jadi PNS
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/26/206643/Peserta-SM-3T-Berpeluang-Jadi-PNS

26 November 2012
JAKARTA – Peserta program Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Ada kepala daerah yang mengatakan jika mereka kembali ke daerah tersebut akan diterima dan diperjuangkan untuk mendapatkan posisi PNS,” kata Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Supriadi Rustad, di Jakarta Rabu (21/11). Menurutnya, hal itu merupakan perkembangan dunia pendidikan, khususnya di daerah. “Ini merupakan cara pandang baru yang sudah tidak alergi lagi terhadap guru dari luar daerah,” imbuhnya. Dia menjelaskan, program tersebut merupakan bentuk pengabdian yang merupakan bagian dan komponen dari keprofesionalan guru. “Selanjutnya mereka akan mengikuti program pendidikan profesi guru. Ketika lulus mereka akan mendapat sertifikat, sehingga berhak memperoleh tunjangan profesi guru,” ungkap Supriadi. Ke depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait guna mendukung program tersebut. Sebab, masalah di daerah bukan hanya persoalan pendidikan, tapi juga menyangkut infrastruktur, kesehatan, dan kesejahteraan.

…dst

14 ) UGM Hapus Pungutan KIK Hari Ini
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/26/079444191/UGM-Hapus-Pungutan-KIK-Hari-Ini

Senin, 26 November 2012 | 18:32 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Pembantu Rektor UGM Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset, Budi Santoso Wignyosukarto, memastikan kampusnya tak akan lagi menerapkan disinsentif berupa pemungutan biaya bagi pemilik kendaraan pengunjung area kampusnya yang tak membawa kartu identitas kendaraan (KIK). Dia menjelaskan, UGM menerapkan penghapusan pungutan itu mulai hari ini, Senin, 26 November 2012, bersamaan dengan uji coba penggunaan instrumen disinsentif selain biaya untuk mengendalikan keramaian lalu lintas di dalam kampusnya. “Sistem sekarang memang baru uji coba, tapi penarikan biaya tak akan kita lakukan lagi,” ujar Santoso, Senin. Dia mengatakan, UGM saat ini sedang mengamati efek yang muncul pada tingkat keramaian lalu lintas dalam area kampus itu setelah penarikan pungutan dihilangkan. Menurut Santoso, sementara ini, disinsentif hanya berupa karcis, tapi bisa berkembang menjadi beragam instrumen lain.

…dst

15 ) Beasiswa Master Fulbright-DIKTI ke Amerika Dibuka
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/26/11404850/Beasiswa.Master.Fulbright-DIKTI.ke.Amerika.Dibuka

Senin, 26 November 2012 | 11:40 WIB
KOMPAS.com – Kesempatan untuk memperoleh beasiswa master Fulbright ke Amerika Serikat kembali dibuka. Bersama dengan American Indonesian Exchange Foundation (Aminef), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (DIKTI Kemdikbud) kembali membuka peluang bagi warga negara Indonesia (WNI). Kesempatan ini hanya diberikan kepada kandidat yang bekerja sebagai staf pengajar di institusi pendidikan tinggi di Indonesia, baik swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS). Selain itu, kandidat juga harus memiliki syarat-syarat di bawah ini:

…dst

16 ) Beasiswa ke Jepang Khusus Guru
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/26/368/723098/beasiswa-ke-jepang-khusus-guru

Senin, 26 November 2012 10:09 wib
JAKARTA – Pemerintah Jepang memberikan kesempatan kepada para guru di Tanah Air untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka melalui Program Penataran Guru (Teacher Training Program). Program ini adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dikhususkan bagi para guru. Dengan mengikuti Teacher Training Program, para guru akan mendapat pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif, kiat menarik minat siswa, serta berbagai hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program beasiswa non-gelar ini akan dimulai pada Oktober 2013 dan berdurasi satu tahun enam bulan, termasuk enam bulan belajar bahasa Jepang. Pemerintah Jepang menawarkan beasiswa khusus guru pada semua bidang kecuali, PKN, bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, dan perhotelan. Untuk mendaftar program ini, seseorang haruslah merupakan lulusan S-1 atau D-4. Guru yang mengajar secara aktif di semua jenjang pendidikan, baik itu di sekolah negeri maupun swasta, juga dapat melamar program ini.

…dst

17 ) Mendikbud Dialog dan Kunjungi Penerima Bidik Misi di Unima
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/867

11/26/2012
MINAHASA–Dalam kunjungan kerja di Universitas Negeri Manado (Unima), Tomohon Sabtu (24/11), Mendikbud Mohammad Nuh, selain melakukan uji publik tentang Kurikulum 2013, juga mengunjungi rumah dan berdialog dengan Mahasiswa penerima Bidik Misi. Sebagaimana kebiasaan Mendikbud dalam tiap kali kunjungan ke rumah penerima Bidik Misi, selalu berdialog dengan keluarga dan meminta ditunjukkan kamar tidur serta dapur keluarga. Tidak canggung-canggung, mantan Rektor ITS Surabaya ini pun selalu mengajak dialog dengan warga sekitar yang dijumpainya di jalan untuk meminta terus belajar dan belajar. “Semangat yah, jangan lupa belajar dan belajar sahutnya. Ini buktinya meski tidak mampu tapi dia bisa diterima di perguruan tinggi. Tidak bayar, gratis. Sekarang Pemerintah melalui Bidik Misi memberikan kesempatan bagi mereka yang berprestasi untuk bisa kuliah gratis dan bahkan diberikan uang saku. Contoh ini ya,” kata Mendikbud, sambil menunjuk penerima Bidik Misi yang dikunjungi.

…dst

18 ) Sapu Angin dengan Nakoela Bersaing Ketat
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/11/25/me1rk6-sapu-angin-dengan-nakoela-bersaing-ketat

Minggu, 25 November 2012, 21:14 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Mobil hemat ITS Team 1 atau mobil Sapu Angin terlihat bersaing ketat dengan mobil Nakoela Hore dari UI dalam kompetisi mobil hemat energi tingkat nasional atau Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya, Minggu. “Sejak awal, kami menduga pesaing terberat adalah UI, karena hasil capaian (rekor) pada SEM di Sepang, Malaysia, juga tidak jauh berbeda dengan tim Sapu Angin,” kata anggota tim Sapu Angin ITS Muhammad Dwi Hariyanto saat melihat hasil pencapaian keduanya di layar pengumuman. Rivalitas Si Hitam dari UI dan Si Biru dari ITS terjadi pada kategori prototype gasoline. Kedua tim sudah melakukan satu kali race dan memperoleh hasil penilaian konsumsi bahan bakar. ITS Team 1 yang melaju lebih dulu di lintasan Kenjeran Park dengan memberikan hasil sesuai perhitungan di kamar hitung adalah 338,1967 kilometer per liter bensin. Sementara itu, tim Nakoela Hore menyusul dengan hasil konsumsi bahan bakar adalah 313,9560 kilometer untuk setiap liter bensin. Hasil yang juga terbilang baik diperoleh oleh tim dari UI, meskipun belum cukup untuk mengamankan posisinya sebagai yang terbaik pada kategori prototype gasoline.

…dst

19 ) Mobil Hemat Tim ITN Malang Terbakar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/11/25/me1p24-mobil-hemat-tim-itn-malang-terbakar

Minggu, 25 November 2012, 20:20 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MALANG–Sebuah mobil hemat energi berwarna merah milik salah satu peserta IEMC 2012 dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Minggu, terbakar di arena kompetisi mobil hemat energi tingkat nasional atau “Indonesia Energy Marathon Challange” (IEMC) di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya. “Kemungkinan besar terjadi kebocoran pada saluran bahan bakar mobil, sehingga tetesan bensin jatuh ke bagian kelistrikan mobil yang menyebabkan bagian mesin langsung disambar api yang semakin membesar,” kata anggota dewan juri IEMC Dr Muhammad Nur Yuniarto. Tentu saja, kejadian itu menimbulkan kepanikan dari anggota Tim Uber Alles yang mobilnya terbakar, karena keselamatan anggota mereka yang menjadi “driver” di dalamnya sedangkan terancam bahaya. Melihat kejadian itu, salah seorang anggota tim tanpa menghiraukan api yang menyala secara spontan memukul bagian jendela pintu mobil hingga pecah demi mengeluarkan anggota mereka yang masih terjebak di dalam mobil.

…dst

20 ) Kurikulum 2013 Tematik-Integratif
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/863

11/26/2012
Minahasa — Untuk pertama kalinya Kemdikbud memulai uji publik terhadap kurikulum 2013 yang baru saja selesai dilakukan penataan dan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung yang melakukan ini pun langsung disampaikan oleh Mendikbud, Mohammad Nuh, Sabtu (24/11) siang. Hadir di auditorium Universitas Negeri Manado di Tomohon itu sekitar seribu orang lebih peserta yang terdiri atas guru, kepala dinas, kepala sekolah se-Provinsi Sulawesi Utara. “Untuk pertama kalinya kami mengadakan uji publik, dan kami memilih provinsi Sulawesi Utara,” kata Mendikbud. Inti dari Kurikulum 2013, kata Nuh mengawali penjelasannya, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. “Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan,” katanya. Titik beratnya, kata Mendikbud menjelaskan, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan) apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.

…dst

21 ) Proyek Kurikulum Baru Sedot Rp350 Miliar
http://www.jpnn.com/read/2012/11/25/148149/Proyek-Kurikulum-Baru-Sedot-Rp350-Miliar-

Minggu, 25 November 2012 , 22:04:00
JAKARTA – Rencana pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) menerapkan kurikulum baru 2013 mendatang, terus menuai sorotan. Pasalnya, untuk penggodokan kurikulum baru itu, tahun ini saja menghabiskan anggaran senilai Rp171 miliar. Karena itu, perubahan kurikulum tersebut harus mengasilkan konsep yang lebih sempurna, bukan produk prematur. “Pergantian kurikulum pendidikan nasional itu tidak gratisan. Saya berharap besarnya anggaran penyempurnaan kurikulum pembelajaran dan pembukuan untuk menyempurnakan kurikulum pendidikan nasional berbanding lurus dengan output yang akan didapatkan,” kata Anggota Komisi X DPR, Herlini Amran, Minggu (26/11). Dia menjelaskan, tahun 2012 ini saja, dtelahd ianggarkan sebesar Rp171 miliar di Direktorat Badan Penelitian Dan Pengembangan, dan rencananya akan ditingkatkan sebesar Rp179 miliar lagi pada tahun 2013 oleh Kemdikbud. Jadi, total Rp350 miliar.Herlini meminta, Mendikbud memberikan laporan evaluasi perkembangan kurikulum pendidikan sebelumnya kepada Panja Kurikulum Komisi X DPR, sebelum menjelaskan kepada publik setiap hasil penelitian kurikulum, sekolah rintisan kurikulum, model kurikulum, dan bahan kebijakan yang dibiayai anggaran tersebut.

…dst

22 ) Penyebab Kurikulum Pendidikan RI Sering Gagal
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/26/373/723371/penyebab-kurikulum-pendidikan-ri-sering-gagal

Senin, 26 November 2012 16:22 wib
JAKARTA – Kurikulum baru yang masih dalam tahap pematangan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bukanlah pergantian kurikulum yang pertama. Indonesia telah mengalami sejumlah pergantian kurikulum yang didesain agar sesuai zaman. Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo menyebutkan, dari sejumlah pergantian kurikulum yang terjadi di Tanah Air, nilai kegagalan kurikulum di Indonesia cukup tinggi. Dia menekankan, kegagalan ini terjadi akibat sang guru tidak dapat mengimplementasikan kurikulum tersebut kepada anak didik mereka. “Berdasarkan pengalaman perubahan kurikulum yang lalu, prosesnya tidak dilakukan dengan baik sehingga sering gagal. Pergantian kurikulum itu gagal ketika guru tidak mampu mengimplementasikannya karena sesungguhnya hakikat kurikulum ada di guru,” tutur Sulis selepas peringatan Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun PGRI ke-67 di Wisma Guru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2012).

…dst

23 ) Lomba Karya Tulis Nasional-FH UGM Kandaskan UI
http://www.seputar-indonesia.com/news/lomba-karya-tulis-nasional-fh-ugm-kandaskan-ui

Senin 26 November 2012
YOGYAKARTA – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara satu dalam Ajang Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional (ATLAS) ketiga Brawijaya Law Fair pada 8–10 November 2012 di Universitas Brawijaya (Unbraw). Kemenangan kali ini adalah yang ketiga berturut-turut di ajang tingkat nasional tersebut. “Karya tulis dari tim FH UGM yang lolos ke babak final kompetisi ini berjudul Prismatika Hukum Pancasila dalam re- Desain Kelembagaan Polri dan KPK sebagai Bentuk Reformasi Birokrasi dalam Pemberantasan Korupsi.Karya tulis ini lolos ke babak final dengan delapan besar finalis setelah bersaing dengan 27 naskah karya tulis lainnya,” ujar Dosen Pembimbing Tim FH UGM Dian Agung Wicaksono kemarin. Pada babak final delapan karya tulis yang lolos kemudian dipresentasikan di hadapan dewan juri dan tim peserta lain. Lomba ini mengangkat tema “Reformasi Birokrasi dalam Bingkai Pancasila: Solusi Mengatasi Bencana Korupsi”.Prestasi membanggakan tersebut merupakan hasil pencapaian tim yang beranggotakan M Gibran Sesunan dan Daisyta Mega Sari dengan dosen pembimbing Dian Agung Wicaksono, Moch Adib Zain,serta Aminoto.

…dst

24 ) Amikom Juara Futsal Antar PT DIY
http://www.seputar-indonesia.com/news/amikom-juara-futsal-antar-pt-diy

Senin 26 November 2012
YOGYAKARTA- Tim futsal Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta menjadi juara I lomba futsal tingkat perguruan tinggi (PT) se-DIY yang digelar BEM KM UGM,17-19 November lalu. Dalam partai final, tim futsal AMIKOM mengalahkan tim futsal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan skor 3-1. Bahkan sebelum masuk final juga menjadi tim yang tidak pernah terkalahkan. Ketua Futsal AMIKOM Ardi Aprianto mengatakan prestasi tim futsal AMIKOM tidak hanya di tingkat DIY,namun juga di tingkat regional dan nasional. Salah satunya dalam THTP Java Cup tingkat nasional 2012, berhasil masuk dalam delapan besar. Atas prestasi tersebut, tim futsal AMIKOM pada Desember mendatang akan mengikuti dua kejuaraan tingkat nasional. Yaitu kejurnas futsal antar PT Piala Kemenpora dan U-21. “Untuk kejurnas futsal antar PT Piala Kemenpora akan berlangsung di UNJ, 3-11 Desember dan U-21 di Yogyakarta 15-21 Desember.

…dst

25 ) Dosen Otaki Investasi Palsu-Korban Ratusan Ribu Nasabah
http://www.seputar-indonesia.com/news/dosen-otaki-investasi-palsu-korban-ratusan-ribu-nasabah

Senin 26 November 2012
YOGYAKARTA– Penipuan dengan kedok investasi melalui perekrutan nasabah secara online kembali diungkap Direktorat Reskrim Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY. Tak tanggung-tanggung, jumlah korbannya mencapai ratusan ribu orang.Kerugian investasi palsu ini belum bisa ditaksir karena masih dalam penghitungan akuntan. Investor yang dibidik dalam penipuan program ini adalah nasabah Bank BCA dan Mandiri. Dalam kasus ini,polisi menahan Tohir Ismail,35,warga Sorosutan, Pakelbaru,Umbulharjo, Yogyakarta. Tersangka yang berprofesi sebagai pemilik warung internet (warnet) dan bergelarsarjanakomputertersebut diketahui sebagai salah satu dosen teknologi informasi (TI) di sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Yogyakarta. Direktur Reskrim Khusus (Diresrimsus) Polda DIY Kombes Pol Joko Lelono menerangkan, dalam aksinya tersangka merekrut para investor dengan cara membuka website yang dioperasionalkan pada tahun 2005 lalu sampai sekarang. Setidaknya diketahui ada empat website yang digunakan, masing-masing, www.mandiri kita.com, www.investa mandiri.com, www.asia kita.com danwww.asia bersama.com.”Empat websiteitu sudah kita lakukan pemblokiran, kita juga membuat peringatandisana,” terangnya diMapolda DIY,siang kemarin. Modus yang digunakan,tersangka membuat dokumen elektronik seperti yang ditampilkan dalam website www.asiakita.com melalui program investasi Asia Kita. Cara yang digunakan mencari downline empat orang dengan mentransfer uang melalui rekening BCA masing-masing Rp20.000, sehingga jumlah uang dari downline Rp80.000. Sedang, program investasi Mandiri Kita yakni dengan mencari downline empat orang dengan mentransfer uang melalui rekening Mandiri masingmasing Rp50.000. Uang yang terkumpul dari downline ini Rp200.000.

…dst

26 ) Darah menstruasi bisa selamatkan nyawa Anda
http://www.antaranews.com/berita/345340/darah-menstruasi-bisa-selamatkan-nyawa-anda

Senin, 26 November 2012 13:02 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kecanggihan teknologi dan ilmu pengetahuan dapat mengubah paradigma darah menstruasi yang tadinya dianggap “kutukan” atau kotor, menjadi sesuatu yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Darah menstruasi yang disimpan dalam kondisi tertentu dapat digunakan kembali untuk mengobati berbagai jenis penyakit dengan terapi sel punca (stem cell). Sel punca, dapat berubah menjadi berbagai macam sel tubuh seperti sel syaraf, sel pembuluh darah, sel otak, dan lain sebagainya. Baru-baru ini sel punca ditemukan pada tali pusar bayi. Namun para peneliti telah menemukan cara lain untuk memanen sel punca yakni dari darah menstruasi. Darah menstruasi berasal dari uterus, sementara itu dinding uterus dapat mengalami regenerasi kekuatan sendiri secara unik, demikian dilaporkan Boldsky.

…dst