1 ) Krisis Insinyur, Kemendikbud Dirikan Institut Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/23/373/722239/krisis-insinyur-kemendikbud-dirikan-institut-baru

Jum’at, 23 November 2012 13:36 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mendirikan perguruan tinggi baru, untuk bisa mendorong populasi mahasiswa teknik. “Kita akan mendirikan institut baru, untuk memperbanyak mahasiswa teknik,” ujar Mendikbud M Nuh menjawab pertanyaan Okezone, di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (23/12/2012). Saat ini jumlah mahasiswa tehnik diakui masih minim, sebab titel insinyur di Indonesia tidak diakui, menyusul tidak ada perangkat hukum yang memayunginya. “Hanya 11 persen,” mantan Rektor ITS ini mengimbuhkan. Tidak hanya itu, dia juga meminta kepada sejumlah perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan tehnik untuk terus menambah jumlah populasinya. “Seperti ITS, akan kita ekspansi kapasitasnya,” pungkas dia.(mrg)

***

2 ) Krisis Insinyur
“RUU Keinsinyuran Sangat Penting”
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/23/373/722251/ruu-keinsinyuran-sangat-penting

Jum’at, 23 November 2012 13:52 wib
JAKARTA – Minimnya jumlah insinyur di Indonesia, didominasi oleh tidak adanya payung hukum yang melindungi profesi sarjana tehnik. Saat ini, Rancangan Undang-Undang (RUU) Keinsinyuran masih di bahas di DPR. “Yang jelas RUU Keinsinyuran penting. Kan kita juga punya RUU pendidikan kedokteran,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (22/12/2012). Jerman merupakan negara yang telah memiliki UU Keinsinyuran. Ada lima lembaga di Jerman yang dikunjungi , di antaranya Lembaga Dewan Keinsinyuran, Perguruan Tinggi Teknik, Organisasi Insinyur Jerman, dan Dewan Perwakilan Rakyat setempat. RUU Keinsinyuran masih dibahas oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR. Bahkan Baleg DPR saat ini tengah berada di Jerman untuk studi banding mengenai RUU Keinsinyuran, sejak 17 November lalu.(mrg)

***

3 ) Mendikbud Anggarkan Beasiswa Bidik Misi Rp1 Triliun
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/23/373/722294/mendikbud-anggarkan-beasiswa-bidik-misi-rp1-triliun

Jum’at, 23 November 2012 14:40 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan, ada 50 ribu beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa tidak mampu tahun depan. Bila dihitung, anggaran untuk program beasiswa tersebut sekira Rp1 triliun. Nuh mengatakan, bila dihitung per anak Rp600 ribu per bulan, untuk satu tahunnya sekira Rp7,2 juta. “Tahun depan ada sekitar 50 ribuan. Biaya sekolahnya juga kita hitung kira-kira Rp10 juta per tahun, itu sudah sekitar Rp20 juta,” ujar M Nuh, di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (23/11/2012). Dalam perhitungan, bila 50 ribu beasiswa baru senilai Rp20 juta, ini sekira Rp1 triliun yang dianggarkan. “Untuk Rp20 juta dikali 50 ribu berapa? Itu belum ditambah dengan 92 ribu (anak) yang sudah ada. Jadi tahun depan kira-kira totalnya 142-150 ribu anak dapat beasiswa,” paparnya.

…dst

4 ) Walah, Beasiswa Bidik Misi bagi 470 Mahasiswa UNS Belum Cair
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/23/373/722125/walah-beasiswa-bidik-misi-bagi-470-mahasiswa-uns-belum-cair

Jum’at, 23 November 2012 10:27 wib
SOLO – Program bidik misi di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, ternyata belum semua mendapat haknya. Dari total 1.020 mahasiswa peserta beasiswa pendidikan untuk siswa miskin berprestasi ini, sebanyak 470 di antaranya belum cair. “Memang masih ada 470 mahasiswa UNS penerima beasiswa bidik misi yang hingga saat ini belum cair,” ungkap Pembantu Rektor III UNS Dwi Tiyanto kepada Okezone, saat dikonfirmasi soal terdapatnya mahasiswa UNS yang bidik misinya belum cair, di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (23/11/2012). Dwi Tiyanto mengatakan, penerima beasiswa bidik misi untuk mahasiswa UNS tahun akademik 2012/2013 ini total berjumlah 1.020 mahasiswa. Awalnya hanya 550 mahasiswa hasil rekrutmen jelang ujian Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012. Sedang sisanya hasil rekrutmen seusai ujian SNMPTN atau sifatnya susulan. “Untuk 550 mahasiswa hasil rekrutmen awal sudah cair. Tetapi yang 470 mahasiswa sisanya hingga saat ini belum cair. Beasiswa bidik misi untuk ke 470 tersebut dikuncurkan dari Beaya Operasional (BO) PTN dari Dirjen Perguruan Tinggi,” ujar Pembantu Rektor III UNS.

…dst

5 ) SERTIFIKASI GURU
Unima Diskualifikasi Ribuan Guru
http://cetak.kompas.com/read/2012/11/23/03491118/unima.diskualifikasi.ribuan.guru

23 November 2012
Manado, Kompas – Universitas Negeri Manado mendiskualifikasi ribuan guru di Sulawesi Utara peserta program sertifikasi guru, dua tahun terakhir. Guru yang didiskualifikasi berijazah sarjana “instan” yang tak diakui Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jumlah guru yang didiskualifikasi tahun 2011 ada 500 orang, sedangkan 2012 bertambah 550 orang. “Gelar kesarjanaan mereka (guru) tak diakui,” kata Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Philo Tuerah pada “Seminar Sarjana Instan” di Manado, Kamis (22/11). Kegiatan dilaksanakan Pendidikan Program Pascasarjana Unima bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional Sulut. Ia menyebut guru di Sulut jadi korban pertumbuhan lembaga-lembaga pendidikan tinggi swasta tanpa terakreditasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulut Star Wowor, lembaga pendidikan tinggi tempat para guru meraih gelar sarjana itu legal yang ditandai izin Kopertis. Namun, lembaga itu tak diakui Kemdikbud. “Kami menyebut ijazah instan. Disebut ilegal juga tidak karena lembaga tinggi itu punya izin Kopertis,” kata Wowor. Diakuinya, sulit memberantas pendirian pendidikan tinggi di Manado yang memberi gelar S-1 dan S-2. Demi gelar sarjana S-1, lanjut dia, guru harus membayar Rp 10 juta hingga Rp 30 juta. Philo Tuerah mengatakan, Unima berwenang menilai dan meluluskan guru peserta program sertifikasi. Guru-guru yang berijazah instan langsung dicoret dari program sertifikasi guru. Sebagian korban ijazah instan adalah guru dari kepulauan dan Kota Manado. Ijazah diperoleh tanpa kuliah. “Kami tak kompromi,” kata dia. (ZAL)

***

6 ) Pertamina Siapkan Rp2,5 Milyar Beasiswa Sobat Bumi
http://www.jpnn.com/read/2012/11/23/147920/Pertamina-Siapkan-Rp2,5-Milyar-Beasiswa-Sobat-Bumi-

Jum’at, 23 November 2012 , 14:59:00
JAKARTA — Pertamina Foundation menyiapkan dana Rp2,5 milyar untuk Program Beasiswa Sobat Bumi di tahun 2013. Dana sebesar itu diperuntukkan bagi 205 mahasiswa berprestasi yang memiliki kepedulian dan rekam jejak terhadap lingkungan. Saat ini proses seleksi yang dimulai sejak September 2012 melalui pendaftaran di situs www.beasiswa-sobatbumi.com telah tuntas dilaksanakan di 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan terpilih 200 mahasiswa. Sedangkan satu PTN lain, yakni Universitas Cendrawasih baru akan menyelesaikan seleksi untuk menentukan lima mahasiswa penerima beasiswa awal Desember 2012 mendatang. Peminat Beasiswa Sobat Bumi terbilang besar. Dari data yang masuk, teregister sebanyak 4.620 mahasiswa. Dari jumlah itu yang dinyatakan lolos administrasi dan layak untuk meneruskan tahapan wawancara sebanyak 410 mahasiswa. Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali, Jumat (23/11) ini mengatakan, ada beberapa alasan mengapa peminat Beasiswa Sobat Bumi begitu besar. Diantaranya, Pertamina Foundation selain memberikan fasilitas berupa pembiayaan studi, biaya hidup, juga membiayai proyek kelompok yang bertemakan lingkungan dan pendidikan. “Yang istimewa para penerima Beasiswa Sobat Bumi akan diberikan Pelatihan Kepemimpinan dan secara otomatis tergabung dalam ikatan keluarga Pertamina Foundation Scholars yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

…dst

7 ) Mendikbud: pendidikan harus menanamkan nilai kreativitas
http://www.antaranews.com/berita/344877/mendikbud-pendidikan-harus-menanamkan-nilai-kreativitas

Kamis, 22 November 2012 22:44 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan pendidikan harus menanamkan nilai-nilai kreatifitas untuk menciptakan anak bangsa yang gemar berinovasi. “Saat ini sedang dilakukan penyusunan kurikulum dan akan memasukkan nilai-nilai kreatifitas. Pendidikan itu harus menanamkan nilai-nilai kreativitas,” ujarnya dalam Anugerah Peduli Pendidikan 2012 di Jakarta, Kamis. Mantan Rektor ITS itu menjelaskan kreatifitas itu dua pertiganya dipengaruhi oleh pendidikan, sedangkan inteligensia itu dua pertiganya dipengaruhi oleh genetik. “Membangun kreativitas itu mulai dari pendidikan sebagai motor inovasi,” katanya. Dalam malam penganugerahan itu, Mendikbud meminta seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu memajukan pendidikan. “Mengurusi dunia pendidikan itu tidak mungkin ditangani oleh Kemdikbud sendiri. Tugas Kemdikbud selain menyelenggarakan pendidikan juga mendorong partisipasi publik,” kata dia.

…dst

8 ) Kenapa Banyak yang Tak Lanjutkan Kuliah?
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/23/373/722319/kenapa-banyak-yang-tak-lanjutkan-kuliah

Jum’at, 23 November 2012 15:18 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan, terdapat dua alasan utama mengapa jumlah pelajar yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih minim. Kedua alasan utama itu adalah faktor ekonomi dan infrastruktur.Dia menyebutkan, untuk meningkatkan jumlah mahasiswa di Tanah Air, maka akses bagi mereka untuk menuju perguruan tinggi pun harus semakin luas. M Nuh menyatakan, beasiswa dapat menjadi salah satu cara untuk membuka kesempatan yang luas bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Ya makanya akses. Mau tidak mau kan akses ke perguruan tinggi harus dinaikkan. Apa yang menyebabkan akses itu kecil? Biasanya, satu, karena keterbatasann ekonomi yang menjadi keterbatasan akses. Solusinya apa? Bagi adik-adik kita yang berasal dari keluarga tidak mampu itu, kita beri beasiswa,” ujar M Nuh, selepas acara Ikatan Alumni (Iluni) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat (23/11/2012).

…dst

9 ) Alumni ITB Gelar Sarasehan Kebangsaan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/11/23/mdwwwf-alumni-itb-gelar-sarasehan-kebangsaan

Jumat, 23 November 2012, 06:21 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) menggelar Sarasehan Kebangsaan pada Sabtu (24/11) besokl di Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat. Sarasehan yang mengambil tema, “Menuju Era Baru Nasionalisme Ekonomi Indonesia”, itu menghadirkan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa selaku pembicara kunci berikut pembicara lain mewakili kalangan bisnis, pelaku BUMN (Badan Usaha Milik Negara), pejabat pemerintahan baik pusat maupun daerah, praktisi media, akademisi/pengamat, anggota DPR RI, serta anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. “Sarasehan ini diikuti oleh 400 peserta terdiri pimpinan daerah meliputi kepala daerah provinsi dan kabupatan/kota, pemuka agama, pemangku adat masyarakat lokal, pengusaha, budayawan, aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perguruan tinggi, perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas), media massa, dan unsur politisi tingkat nasional,” jelas Hendry Harmen, Ketua Pelaksana kegiatan yang juga Ketua IA ITB Jakarta, Kamis (22/11) di Jakarta. “Pokoknya ada peserta dari tiap provinsi, dari Sabang sampai Merauke” tegas Hendry Harmen.

…dst

10 ) Unibraw Buka Program Studi Emergency Medicine
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/11/23/mdxaoc-unibraw-buka-program-studi-emergency-medicine

Jumat, 23 November 2012, 11:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MALANG–Universitas Brawijaya mengklaim sebagai kampus pertama yang mengembangkan program studi “Emergency Medicine” di Indonesia. Staf pengajar program studi (prodi) EM Fakultas Kedokteran (FK) UB dr Yuddy Imowanto, Jumat, mengatakan pengembangan prodi EM tersebut berawal dari keprihatinan terhadap mutu layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di sejumlah rumah sakit di Indonesia. “Sistem pelayanan pasien kritis di IGD rumah sakit selama ini hanya terfokus pada pasien yang mengalami trauma, sehingga kami berpikir untuk membentuk dan mengembangkan suatu departemen yang bisa merawat semua pasien,” tegasnya. Untuk mendapatkan layanan terbaik, katanya, bukan hanya pasien trauma namun pasien emergensi nontrauma juga harus mendapatkan mutu pelayanan terbaik. Guna mencapai tujuan tersebut tidak cukup hanya bangunan fisik yang diperbaiki, tapi sistem dan SDM-nya juga harus menjadi perhatian serius, sehingga dibukalah Prodi Ilmu Kedokteran EM. Selain berawal dari keprihatinan, lanjutnya, dibukanya prodi EM merupakan keinginan untuk mendidik para lulusan dokter spesialis baru (SpEM atau Spesialis Emergency Medicine) agar mempunyai bekal kemampuan dalam manajemen IGD.

…dst

11 ) PPI Berlin Bantah Pernyataan Marzuki Alie
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/22/078443453/PPI-Berlin-Bantah-Pernyataan-Marzuki-Alie

Kamis, 22 November 2012 | 17:26 WIB
TEMPO.CO, Berlin – Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia di Berlin, Yoga Kartiko, membantah bahwa pihaknya tidak berkonsolidasi terlebih dahulu dengan kedutaan besar dan rombongan Badan Legislatif yang mengunjungi Jerman. “Kami tanya ke KBRI agendanya apa, ternyata tidak ada tanggapan. Akhirnya kami cari sendiri,” ujar Yoga pada Tempo di Berlin, Kamis, 22 November 2012. Yoga melanjutkan, kerabat PPI, Nahdatul Ulama cabang istimewa di Berlin, juga ikut mengirim surat. Namun, surat ini tidak ditanggapi pula. “Akhirnya kami mengikuti Badan Legislatif DPR ke DIN,” kata Yoga. Yoga juga mengklarifikasi pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie soal diskusi. “Kami tidak pernah menolak untuk berdiskusi. Dan memang tidak pernah ada undangan diskusi,” ujar Yoga. Dan soal menguntit, kata Yoga, bagi PPI hal tersebut sah. “Bukan menguntit, tapi mengawasi. Dan pejabat publik berhak diawasi siapa pun. Diawasi rakyatnya,” ujar dia. “Ya, tapi itu hak Pak Marzuki Ali bilang seperti itu.”

…dst

12 ) Marzuki Alie Balas Kritik PPI Jerman
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/22/078443401/Marzuki-Alie-Balas-Kritik-PPI-Jerman

Kamis, 22 November 2012 | 13:07 WIB
TEMPO.CO, Jakarta — Ketua DPR Marzuki Alie membalas kritik yang dilontarkan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Jerman terhadap kunjungan anggota DPR ke sana. Dia mengatakan, sebaiknya para pelajar indonesia di luar negeri belajar di negeri sendiri. “Kalau DPR tidak boleh studi banding ke luar negeri, kenapa mereka tidak belajar di Indonesia saja? Di Indonesia juga banyak universitas bagus, ilmunya juga lengkap,” ujarnya kepada Tempo, Kamis, 22 November 2012. Sebelumnya, PPI Jerman menolak kunjungan rombongan anggota DPR yang bertandang ke Jerman untuk studi banding masalah Rancangan Undang-Undang Keinsinyuran. Berdasarkan laporan yang Tempo terima, PPI mengatakan bahwa kunjungan ini tidak direncanakan dengan baik dan salah alamat. Berdasarkan investigasi mereka, PPI Berlin menemukan bahwa institusi yang rombongan DPR sambangi tidak ada kaitannya dengan masalah keinsinyuran.

…dst

13 ) Persatuan Insinyur Tak Usulkan DPR ke Jerman
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/22/078443484/Persatuan-Insinyur-Tak-Usulkan-DPR-ke-Jerman

Kamis, 22 November 2012 | 19:07 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Said Didu, mengatakan, DPR tak pernah meminta pendapat PII soal kunjungan anggota Badan Legislasi DPR ke Jerman dan Inggris untuk studi banding Rancangan Undang-Undang Keinsinyuran. Said mengatakan, jika DPR meminta masukan, dia menganjurkan kunjungan ke Australia, Jepang, dan Korea Selatan. “Saya juga tidak pernah merekomendasikan mereka ke Jerman dan Inggris,” katanya kepada Tempo, Kamis, 22 November 2012. Menurut Said, Jepang, Korea Selatan dan Australia dipilih karena punya karakteristik yang sangat berbeda dan bisa memberi masukan bagi Undang-Undang Keinsinyuran. Australia punya karakteristik pengembangan teknologi berbasis pada kebutuhannya. “Mereka mengembangkan teknologi sesuai dengan karakter mereka saja,” katanya. Jepang, menurut dia, punya pengembangan teknologi berbasis penelitian di kampus. Sedangkan Korea punya karakter pengembangan teknologi berbasis pada alih teknologi. “Jadi kalau Korea lebih kepada industri. Pengembangannya berasal dari alih teknologi,” ujar Said.

…dst

14 ) KBRI Jerman: Studi Banding DPR Rekomendasi PII
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/22/078443512/KBRI-Jerman-Studi-Banding-DPR-Rekomendasi-PII

Kamis, 22 November 2012 | 21:02 WIB
TEMPO.CO, Berlin – Kedutaan Besar Repubblik Indonesia di Jerman menyatakan, semua agenda pertemuan anggota Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat di Berlin, Jerman, merupakan rekomendasi dari Persatuan Insinyur Indonesia. “Kami hanya mengkonsolidasikan,” kata Konselor Sosial dan Budaya KBRI, Ayodhia G.L Kalake, kepada Tempo di sela acara Bali Day di Institute International for Journalism, Potsdamer Platz, Berlin, Jerman, Kamis, 22 November 2012. Kedutaan, menurut Ayodhia, sudah mendengar rencana kedatangan sebelas anggota Badan Lesgilasi sejak sebulan lalu. Kemudian, pihaknya menghubungi lembaga-lembaga di Jerman yang hendak dikunjungi oleh anggota Badan Legislasi tersebut. Ayodhia menambahkan, sebelum melakukan konsolodasi, pihaknya meminta draf Rancangan Undang-Undang Keinsinyuran yang dimaksud. “Tapi kami belum pernah dikasih,” ujar Ayodhia. Pihak kedutaan besar justru mendapat draf RUU itu dari situs PII.

…dst

15 ) Persiapkan Diri Jelang Tes TOEFL di 10 Sumber Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/23/373/722269/persiapkan-diri-jelang-tes-toefl-di-10-sumber-ini

Jum’at, 23 November 2012 14:12 wib
JAKARTA – Untuk mengikuti tes TOEFL atau IELTS, kita pun harus mempersiapkan diri. Apalagi untuk dapat memenuhi standar yang ditentukan pihak pemberi beasiswa maupun kampus di luar negeri. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti persiapan sebelum tes cukup besar. Beruntung, kini kita dapat mempersiapkan diri menjelang tes TOEFL dengan menggunakan beberapa alat bantu belajar yang dapat diakses secara gratis. Berikut daftar yang dirilis Lembaga yang pencipta tes TOEFL Educational Testing Service (ETS) mengenai informasi detil mengenai sumber belajar cuma-cuma bagi pengambil tes TOEFL di Indonesia. Demikian, seperti dilansir dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (23/11/2012).

…dst

16 ) Malam Anugerah Peduli Pendidikan 2012 Dihadiri B.J. Habbie
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/850

11/23/2012
Jakarta-Sebanyak 29 orang mewakili lembaga pemerintah, pemerintah daerah, kelompok masyarakat, LSM, perorangan maupun media berhasil meraih penghargaan pada puncak acara Malam Anugerah Peduli Pendidikan 2012, di Plaza Insan Berprestasi Pendidikan, Gedung A, Kemdikbud, Jakarta, (22/11). Kegiatan APP ini merupakan yang ke-tiga kalinya diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penghargaan Anugerah ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh dan Wamendikbud bidang Pendidikan, Musliar Kasim serta Wamendikbud bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti. Hadir sebagai salah satu penerima penghargaan mewakili Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie adalah mantan presiden B.J.Habbie. Kehadiran B.J. Habibie ini sangat ditunggu-tunggu semua penerima anugerah dan hadirin yang hadir. Presiden ke-3 Republik Indonesia tersebut diminta memberikan kesan dan pesan mewakili semua penerima anugerah.

…dst

17 ) Sergious Womsiwor, Pengabdian untuk Masyarakat Merauke
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/849

11/23/2012
Sergious Womsiwor tidak menyangka dirinya termasuk satu di antara beberapa penerima Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 2012 yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Pria berusia 44 tahun ini mengaku bahagia dan terharu perjuangannya di pedalaman Merauke Provinsi Papua mendapat apresiasi pemerintah. “Saya tidak menyangka ketika Pak Bupati Merauke memberi tahu saya mendapat penghargaan dari Kemdikbud,” ujar pria kelahiran Biak tersebut. Namun penghargaan bukanlah sesuatu yang ia kejar,melainkan mencerdaskan masyarakat Merauke dan sekitarnya adalah tujuan pengabdiannya. Sergious mengaku masa kecilnya yang mendapat banyak hambatan dalam menempuh pendidikan, menjadi inspirasinya untuk membangun masyarakat Merauke melalui pendidikan. Pria kelahiran Biak, pulau di sebelah utara Papua, 27 September 1968 itu menceritakan bahwa ia termasuk terlambat mengenyam pendidikan. Masalah adat dan ekonomi adalah alasan baginya dan anak-anak Papua lainnya tidak mudah menempuh pendidikan formal. “Di Papua banyak anak-anak disuruh orang tuanya membantunya di ladang ataupun melaut, sehingga sekolahnya terbengkelai,” ujar Sergious.

…dst

18 ) 29 Penghargaan APP Diberikan Pada Pemerhati Pendidikan
http://www.jpnn.com/read/2012/11/23/147850/29-Penghargaan-APP-Diberikan-Pada-Pemerhati-Pendidikan-

Jum’at, 23 November 2012 , 06:10:00
JAKARTA – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 2012, memberikan 29 penghargaan untuk mengapresiasi para pemerhati pendidikan yang telah berkontribusi terhadap bidang pendidikan melalui berbagai cara sepanjang tahun ini. Penghargaan APP 2012 yang diberikan, Kamis (22/11) malam di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud itu dibagi ke dalam lima kategori, yakni 7 penghargaan diberikan kepada perusahaan/BUMN, 4 penghargaan untuk kementrian/lembaga pemerintah dan kabupaten/kota, 4 penghargaan bagi yayasan nirlaba/kelompok masyarakat. 10 penghargaan diserahkan pada individual/inovator dan 4 penghargaan kategori program acara Televisi. Menteri Pendidikan Mohammad Nuh menyebutkan, APP yang sudah diselenggarakan ketiga kalinya ini diberikan untuk mendorong meningkatkan partisipasi publik agar ikut memberikan pelayanan pendidikan. “Penerima APP ini telah membuktikan dedikasi luar biasa pada dunia pendidikan,” kata Nuh usai penyerahan anugerah APP tersebut tadi malam. Melalui APP ini juga, lanjut dia, Kemdikbud ingin menumbuhkan budaya apresiasif konstruktif, yaitu membiasakan diri menghargai kepada siapapun yang telah memberikan kontribusi positif. Karena saat ini budaya menghargai itu agak susah.

…dst

19 ) “Gelar Museum Nusantara” gambaran sejarah Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/344946/gelar-museum-nusantara-gambaran-sejarah-indonesia

Jumat, 23 November 2012 11:57 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Perjalanan dan tumbuh kembang Indonesia dijelaskan secara singkat dan padat dalam pameran “Gelar Museum Nusantara 2012″ yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta (JCC), 23–25 November. Pameran ini telah resmi dibukan Wakil Menteri bidang Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Wiendu Nuryanti, Kamis siang. Pameran dimaksudkan sebagai langkah untuk meningkatkan citra sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih dekat dengan museum. Pameran ini juga ditujukan untuk mensosialisasikan program Tahun Kunjungan Museum dan Gerakan Nasional Cinta Museum yang dicanangkan sejak tahun 2010 lalu. Mengusung tema “Rumah Peradaban Nusantara”, pameran yang untuk pertama kali diselenggarakan oleh Kemendikbud ini memamerkan ratusan koleksi artefak dari 280 museum yang ada di Indonesia. “Museum tidak sekadar menyimpan benda-benda tua yang dianggap mati, namun di sinilah tersimpan kronologis peradaban Indonesia. Tanpa sejarah, masa kini tidak akan ada,” ujar sejarawan Anhar Gonggong. Pameran ini menjelaskan peradaban Indonesia yang terbagi ke dalam tiga bagian, Bagian pertama menjelaskan masa prasejarah, yang memamerkan artefak-artefak pada masa itu seperti alat berburu, alat menangkap ikan, serta fosil.

…dst

20 ) PGRI imbau guru tidak gelar aksi demo
http://www.antaranews.com/berita/344871/pgri-imbau-guru-tidak-gelar-aksi-demo

Kamis, 22 November 2012 22:19 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengimbau para guru tidak melakukan aksi demonstrasi dalam peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November mendatang. “Kami telah mengeluarkan surat edaran untuk melarang guru-guru berdemo, kecuali kalau terpaksa,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistyo saat jumpa pers Hari Guru Nasional 2012 di Jakarta, Kamis. Menurut dia, pihaknya lebih mengedepankan koordinasi dan advokasi terkait penyelesaian masalah guru. Menjelang Hari Guru Nasional, pihaknya mendapat laporan bahwa tugas mengajar seorang guru lebih cenderung mendapat perhatian. Padahal selain mengajar, guru juga memiliki tugas utama lain yakni mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa. Saat ini yang dihargai dalam angka kredit maupun kepentingan kepegawaian hanya mengajar yakni tatap muka minimal 24 jam, sehingga menurut dia, tugas utama lainnya tidak dilaksanakan dengan baik. Selain itu dalam kualifikasi akademik, pihaknya masih menemukan banyaknya guru yang belum bergelar sarjana. Terkait hal itu pemerintah daerah seharusnya menyediakan anggaran, pada kenyataannya anggaran yang dikucurkan pemda sangat kecil.

…dst

21 ) NASA Tanggapi Dingin Penemuan Besar di Planet Mars
http://www.seputar-indonesia.com/news/nasa-tanggapi-dingin-penemuan-besar-di-planet-mars

Jumat 23 November 2012
WASHINGTON – Penemuan besar yang dilakukan rover (kendaraan penjelajah) antariksa, Curiosity, di Mars tak terlalu ditanggapi dengan antusias tinggi oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA. NASA hanya menanggapi dingin pernyataan kepala misi Curiosity yang memunculkan harapan terkait kemungkinan pernah adanya kehidupan di Planet Mars dari apa yang ditemukan roveritu. Kegembiraan itu muncul terkait hasil analisa dari Curiosity yang sudah berjalan selama tiga bulan dari misi dua tahun untuk menentukan apakah Mars memiliki kemampuan untuk mendukung kehidupan microbial, akan dipublikasikan. Instrumen Contoh Analisis di Mars (SAM) telah mengirimkan kembali informasi seperti pemburuan untuk senyawa seperti metana, hidrogen, oksigen, serta nitrogen di Mars. Ini berarti tanda adanya kehidupan di Planet Merah itu dan mengindikasikan pernah adanya kehidupan di sana. Dalam sebuah wawancara dengan NPR, peneliti utama dari misi, John Grotzinger, mengisyaratkan adanya sesuatu yang besar namun tidak akan ada pernyataan apa pun untuk beberapa minggu.”Kami mendapatkan data dari SAM. Data ini akan menjadi salah satu untuk dari buku-buku sejarah. Ini akan terlihat sangat baik,” kata Grotzinger, dikutip AFP. Seorang juru bicara dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA Guy Webster justru menanggapi dingin atas harapan para pencinta antariksa yang menantikan penemuan yang menggemparkan.

…dst

22 ) Aktivis HMI Diamuk Polisi
http://www.seputar-indonesia.com/news/aktivis-hmi-diamuk-polisi

Jumat 23 November 2012
LUBUKLINGGAU– Aksi solidaritas yang digelar aktivitas Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Kota Lubuklinggau terkait serangan Israel ke Jalur Gaza serta pemukulan dan penangkapan Ketua Umum PB HMI di Jakarta berujung bentrok di Polres Lubuklinggau kemarin. Aksi tersebut berubah menjadi bentrok fisik karena anggota kepolisian terprovokasi dengan perkataan yang dilontarkan pengunjuk rasa. Kondisi demikian memaksa Kapolres Lubuklinggau AKBP Chaidir harus turun tangan menemui para pengunjuk rasa untuk menenangkan situasi. Tak ada korban jiwa dalam bentrok fisik itu.Namun,mahasiswa banyak mendapatkan pemukulan. Ketua HMI Kota Lubuklinggau Ajrin Karim mengatakan, kedatangan mereka hanya ingin menyuarakan kecaman terhadap serangan Israel ke Jalur Gaza beberapa hari terakhir. Selain itu,mereka menuntut dilakukan pengusutan terkait kasus pemukulan terhadap KetuaUmumPBHMIdiJakarta, Rabu (21/11).

…dst

23 ) Masuk Kurikulum, Anggaran Pramuka Ditambah
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/22/079443308/Masuk-Kurikulum-Anggaran-Pramuka-Ditambah

Kamis, 22 November 2012 | 04:54 WIB
TEMPO.CO , Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng mengatakan saat ini sedang bekerjasama dengan Kwartir Nasional dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan revitalisasi Gerakan Pramuka. Pramuka akan menjadi ekstrakurikuler wajib bagi pelajar sekolah dasar dan menengah. “Tahun ini kami anggarkan Rp 20 miliar, untuk tahun depan sedang dibahas dengan DPR. Harapannya lebih besar,” kata Andi ketika ditemui seusai Rapat Kerja di Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Rabu, 21 November 2012. Dana sebesar itu akan dipakai untuk membiayai program training for trainers atau pelatihan kepada pembina baru di seluruh Indonesia. Sementara Kwartir Nasional dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga mempunyai anggaran masing-masing.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.