1 ) Ospek STTNAS Berujung Duka
http://www.seputar-indonesia.com/news/ospek-sttnas-berujung-duka

Rabu 14 November 2012
SLEMAN– Kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) Yogyakarta berujung duka. Tedjo Baskoro,18, mahasiswa jurusan Pertambangan tewas saat mengikuti Ospek STTNAS yang digelar di wilayah Bantul. Diduga karena mengalami tekanan dan kelelahan fisik, Tedjo meninggal saat mendapat perawatan di Jogja Internasional Hospital (JIH) Senin (12/11) malam.Anak kedua dari pasangan Slamet Raharjo dan Dewi Rahayu itu selama ini tinggal bersama kakaknya,Aji Kartiko, 21, di Klitren, Baciro, Yogyakarta. Pihak keluarga tak menyangka Tedjo bernasib tragis dan pulang tinggal nama. Sebab, pada pada Minggu (11/12) sekitar pukul 11.00 WIB Tedjo berpamitan mengikuti kegiatan kampus. Kemudian, sekitar pukul 18.30 WIB,Senin (12/11) malam, Aji mendapatkan kabar melalui pesan singkat (SMS) dari pihak panitia acara untuk datang ke JIH tanpa memberitahukan alasannya. “Panitia hanya bilang agar segera datang ke JIH,” kata Aji, kemarin. Setelah sampai di JIH, Aji kaget setengah mati mendapati kondisi adiknya yang memburuk. Sekitar pukul 21.00 WIB, dirinya kemudian menghubungi kedua orang tuanya yang berdomisili di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk segera ke Yogyakarta. Nahas,kondisi Tedjo Baskoro yang sudah buruk tidak bisa lagi tertolong tim medis. Dari keterangan dokter yang merawat,Aji membeberkan bahwa adiknya tersebut mengalami dehidrasi akut dan penurunan kadar gula drastis. Saat dirawat,kadar gulanya hanya 30.Padahal untuk manusia normal seharusnya kadar gulanya 140. Aji yang merupakan mahasiswa STTNAS jurusan Geologi semester tujuh menyebutkan, Ospek yang harus dijalani adiknya tidak jauh berbeda saat dirinya menjadi mahasiswa baru.

…dst

2 ) Kuota Bidik Misi Naik Jadi 150.000 Kursi
http://www.seputar-indonesia.com/news/kuota-bidik-misi-naik-jadi-150000-kursi

Rabu 14 November 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menambah kuota beasiswa Bidik Misi hingga 150.000 kursi tahun depan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Ainun Naim mengatakan, penambahan ini diperlukan guna memperluas akses lulusan sekolah menengah untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. Menurut dia, hingga tiga tahun beasiswa ini diberlakukan sudah ada 90.000 Bidik Misi yang diberikan.Tahun depan kuotanya ditambah menjadi 60.000 kursi sehingga totalnya menjadi 150.000kursi. Ainun menambahkan, kementerian mengakui sampai saat ini angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi masih sangat rendah, yakni 27%. “Saat ini APK untuk pendidikan tinggi baru sekitar 27%. Dari sekitar 26 juta populasi,hanya 5,5 juta orang yang melanjutkan ke perguruan tinggi,”katanya seusai MoU Beasiswa Kemendikbud- CIMB Niaga di gedung Kemendikbud kemarin. Dia mengungkapkan,mulai tahun ajaran 2012-2013 beasiswa Bidik Misi tidak hanya diberikan ke perguruan tinggi negeri, tetapi juga dialokasikan 2.000 kursi untuk perguruan tinggi swasta.Sebanyak 90.000 kursi Bidik Misi di kampus negeri, ujarnya, sudah teralokasi secara keseluruhan. Namun untuk kuota di swasta, kementerian mengaku belum mendapatkan laporan. Ainun menerangkan, persyaratan beasiswa bagi PTS yakni calon mahasiswa tersebut lulusan 2012 atau tahun 2011,usia pendaftar tidak lebih dari 21 tahun saat mendaftar.

…dst

3 ) Banyak PT Belum Miliki International Office
http://www.seputar-indonesia.com/news/banyak-pt-belum-miliki-international-office

Rabu 14 November 2012
BANDUNG – Sebanyak 53 perguruan tinggi dari total 2.836 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia memiliki international office atau kantor urusan internasional.Padahal, international office sangat diperlukan untuk menuju kampus go international. “Jumlahnya memang masih sedikit, sehingga kerja sama internasional yang dilakukan juga minim. International office memengaruhi efektivitas, karena untuk menjalin kerja sama harus ada SDM yang fokus menanganinya,” ujar Kasubag Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Shasha Suandana usai talkshow dengan tema Universitas Sanggabuana YPKP menuju international university di Universitas Sanggabuana YPKP,Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung,kemarin. Masalah minimnya international office karena masih berkutat dengan persoalan lokal. Seperti bagaimana melayani mahasiswa yang IPK-nya rendah, bagaimana memberi akses pada semua pemuda untuk masuk perguruan tinggi. “Untuk itu kami mendorong PT harus punya international office. Negara lain saja belajar ke Indonesia. Kita harus cepat mempersiapkannya,”katanya. Untuk menjadi world class university, produk perguruan tinggi juga menjadi perhatian. Dan yang paling dominan adalah penilaian riset baik riset program nasional maupun internasional, sehingga bisa dipublikasikan secara internasional.” Budaya menulis baik di kalangan mahasiswa atau dosen di Indonesia masih minim. Budaya penelitian juga masih kurang, bahkan Kemendikbud mengeluarkan 250 voucher penelitian, setiap satu voucher sebesar Rp100-250 juta, tapi hanya 20% saja yang terserap dan diambil dosen muda dari perguruan tinggi swasta. PTN nggak banyak,” papar Shasha.

…dst

4 ) IPB Jadi Tuan Rumah QS APPLE Ke-8
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718488/ipb-jadi-tuan-rumah-qs-apple-ke-8

Rabu, 14 November 2012 18:16 wib
JAKARTA – Sebanyak 500 ahli pendidikan top dunia berkumpul di Institut Pertanian Bogor (IPB) selama tiga hari hingga 16 November mendatang. Para ahli yang berasal dari 48 negara itu hadir untuk mengikuti Quacquarelli Symonds Asia Pacific Professional Leaders in Education (QS-APPLE) Conference and Exhibition ke-8. Pada kesempatan itu, Rektor IPB Herry Suhardiyanto menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya IPB sebagai tuan rumah The 8th QS APPLE Conference and Exhibition. Menurut Herry, ajang ini menjadi jembatan bagi para universitas negeri dan swasta di berbagai negara untuk melebarkan sayap di kancah internasional. “Dengan peran ini IPB dapat berkontribusi dalam memfasilitasi perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di Indonesia untuk membangun kerjasama internasional, serta mempromosikan budaya Indonesia, kuliner, dan Bali sebagai salah satu tujuan wisata dunia,” ujar Herry, seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (14/11/2012).

…dst

5 ) 18 Prodi IPB Antre Akreditasi Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718561/18-prodi-ipb-antre-akreditasi-internasional

Rabu, 14 November 2012 19:46 wib
JAKARTA – Akreditasi berbagai program studi (prodi) di sebuah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sangat diperlukan untuk menunjukkan kualitas pendidikan di universitas tersebut. Untuk itu, setiap perguruan tinggi akan terus berupaya untuk mendapatkan akreditasi di tiap prodi, tidak hanya pada skala nasional, tapi juga akreditasi secara internasional. Hal ini pula yang terus dilakukan Institut Pertanian Bogor (IPB). Dalam rangka mencetak lulusan berkualitas internasional, IPB selaku perguruan tinggi pertanian terbesar di Tanah Air terus berupaya meraih berbagai akreditasi Internasional bagi tiap prodi. Hingga kini, tercatat satu prodi IPB yang mendapat akreditasi internasional, yaitu jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan International Food Technologist (Amerika Serikat). Sementara itu, 18 prodi IPB lainnya masih dalam proses untuk mendapatkan akreditasi internasional. Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Anas M Fauzi mengungkapkan, akreditasi menunjukkan, sebuah prodi yang diselenggarakan memiliki sistem penjaminan mutu yang diakui secara internasional.

…dst

6 ) Inilah Kelemahan & Kelebihan Pemeringkatan QS
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718568/inilah-kelemahan-kelebihan-pemeringkatan-qs

Rabu, 14 November 2012 20:03 wib
JAKARTA – Mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah ajang konferensi pendidikan tingkat dunia merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebuah institusi. Demikian pula yang dirasakan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang didapuk sebagai tempat pelaksanaan Quacquarelli Symonds Asia Pacific Professional Leaders in Education (QS-APPLE) Conference and Exhibition ke-8. Keikutsertaan IPB dalam QS APPLE sudah berlangsung sekira lima tahun. Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Anas M Fauzi menyebutkan, penyelenggaraan QS-APPLE 2012 ini merupakan salah satu aktivitas konkrit IPB dalam upaya meningkatkan reputasinya dalam penyelenggaraan akademik dan penelitian yang berkualitas menuju world class university. Pada konteks internasionalisasi, IPB berhasil mendapatkan “bintang lima” berdasarkan pemeringkatan QS Star. Dia menyatakan, pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh QS menggunakan metoda pemeringkatan yang berbeda dengan yang dilakukan oleh lembaga lainnya.

…dst

7 ) Acara Peringatan Hari Guru Nasional 2012 dan HUT ke-67 PGRI siap Digelar
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/827

11/14/2012
Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun ini kembali melaksanakan Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2012 dan HUT ke-67 PGRI. HGN diperingati setiap tahun pada tanggal 25 November. Tahun 2012 ini, puncak acara akan berlangsung paling lambat satu minggu setelah tanggal 25 November 2012 di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat. Acara tersebut akan dihadiri Presiden RI bersama para guru, siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK, para pejabat pemerintah, serta pemerhati di bidang pendidikan dan kebudayaan. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut kelancaran dan kesuksesan hari guru nasional tersebut. Di antaranya dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik dengan pihak-pihak yang menjadi peserta upacara maupun koordinasi dengan antar instansi terkait. Upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional akan dilaksanakan di setiap instansi pemerintah mulai tingkat pusat sampai daerah tingkat kecamatan.

…dst

8 ) 4 Mahasiswa Bandung Ditemukan Selamat
http://regional.kompas.com/read/2012/11/14/15085627/4.Mahasiswa.Bandung.Ditemukan.Selamat

Rabu, 14 November 2012 | 15:08 WIB
PASURUAN, KOMPAS.com – Empat mahasiswa asal Bandung yang dikabarkan tersesat di Gunung Arjuno, Pasuruan Jawa Timur akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat, Rabu (14/11/2012). Dari kondisinya terakhir, mereka mengalami hipotermia ringan. Kabar penemuan mahasiswa tersebut disampaikan salah satu rekan keempat mahasiswa itu, Erika. Kata Erika, empat rekannya yang hilang kini sudah berada di rumah salah satu teman lainnya di Kota Malang untuk memulihkan kondisi fisik. “Sudah ketemu mas, kini kawan kami tersebut sedang berada di Malang, mereka juga tidak mengalami luka- luka,” ujar Erika. Sementara itu, Tim SAR dari Trenggana Malang menjelaskan, sebelum dinyatakan hilang, keempat mahasiswa itu bergabung dengan rombongan mahasiswa lainnya yang berjumlah 20 orang, naik ke gunung Arjuno pada Senin lalu (12/11/2012). Namun saat berada di antara pos 1 dan pos 2, terjadi badai sehingga keempatnya terpisah dari rombongan.

…dst

9 ) Bisa Mengontrol Kebocoran Pipa di Laut
http://www.seputar-indonesia.com/news/bisa-mengontrol-kebocoran-pipa-di-laut

Rabu 14 November 2012
Satu lagi inovasi teknologi berhasil dikembangkan anak-anak bangsa.Sejumlah peneliti, dosen,dan mahasiswa yang tergabung dalam Center for Unmanned System Studies (CentrUMS) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menciptakan robot bawah air. Shrimp-ROV,robot seberat 30 kilogram ini,diklaim sebagai satu-satunya robot bawah air produksi lokal. “100% buatan Indonesia. Sejauh ini baru kami yang membuatnya.Produk sejenis selama ini buatan luar negeri,” kata desainer mekanik Shrimp- ROV,Nico Prayogo di Bandung, kemarin. Dia menjelaskan, Shrimp-ROV dibuat pada 2009- 2010,bisa digunakan untuk berbagai aktivitas di bawah air hingga kedalaman 300 meter misalnya observasi,riset,foto citra,dan kepentingan industri. “Di industri digunakan perusahaan minyak untuk mengontrol kebocoran pipa di dalam laut,”sebut dia. Robot berwarna kuning yang kemarin turut dipamerkan di Indonesia Ocean Expo (IOE),Kampus ITB,Bandung itu dilengkapi berbagai sensor seperti sensor tekanan,jarak untuk mengetahui kedalaman, temperatur,dan kelembaban. Untuk menangkap gambar, Shrimp-ROV juga dilengkapi dua kamera di bagian depan. Dengan panjang 760 mm, lebar 600 mm,dan tinggi 610 mm,robot dengan rangka berbahan serat karbon khusus ini dapat melaju dengan kecepatan 3 knot. “Robot ini sudah kami jual dalam jumlah terbatas seharga USD50.000.Harga ini tentu jauh lebih murah dibandingkan produk sejenis dengan kelas yang sama buatan luar negeri yang mencapai USD150.000, “ungkapnya.

…dst

10 ) Rebut Beasiswa Jepang-IMF untuk S-2 & S-3!
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/13/368/717604/rebut-beasiswa-jepang-imf-untuk-s-2-s-3

Selasa, 13 November 2012 10:55 wib
JAKARTA – Pemerintah Jepang bekerjasama dengan Dana Moneter Internasional (IMF) membuka program beasiswa untuk para pelajar Asia. Peminat beasiswa bisa melamar untuk meneruskan studi S-2 atau S-3 di bidang ekonomi di berbagai perguruan tinggi di Jepang pada tahun ajaran 2013/2014. Japan-IMF Scholarships Program for Asian Students (JISPA) ini menyediakan beasiswa bagi mereka yang ingin memperdalam studi tentang kebijakan makroekonomi di level internasional http://www.imf.org/external/oap/pdf/JISPA2013_web.pdf
Kampus-kampus peserta program memiliki kekuatan dalam dialog makroekonomi yang berfokus pada:
(1) Formula kebijakan makroekonomi
(2) Perbankan sentral dan kebijakan moneter
(3) Pasar keuangan dan institusinya.

…dst

11 ) Mau Beasiswa ke Oxford? Ini Daftarnya!
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/368/718227/mau-beasiswa-ke-oxford-ini-daftarnya

Rabu, 14 November 2012 12:36 wib
JAKARTA – Inggris masih menjadi salah satu negara tujuan utama pelajar internasional untuk melanjutkan studi pascasarjana. Kampus-kampus di Inggris pun menyediakan kesempatan studi melalui program beasiswa bagi mahasiswa berbagai negara, termasuk Indonesia. Salah satu perguruan tinggi elite Inggris yang memiliki banyak program beasiswa adalah Oxford University. Program-program ini memiliki ragam berbeda, mulai dari persyaratan pendaftaran, program studi yang ditawarkan, hingga periode beasiswa yang diberikan. Jika tertarik mendaftar kuliah pascasarjana dan mendapatkan beasiswa di Oxford, berikut daftar program beasiswa yang diberikan Oxford, seperti dilansir Kantor Atase Pendidikan KBRI London, Rabu (14/11/2012).

…dst

12 ) Sindikat Pembuat Ijazah Palsu Dibekuk
http://www.seputar-indonesia.com/news/sindikat-pembuat-ijazah-palsu-dibekuk

Rabu 14 November 2012
PALEMBANG –Unit Ops Pidana Umum Polresta Palembang kemarin membekuk Indiarto alias Anto, 30, salah satu anggota sindikat pembuat ijazah palsu SMA dan strata 1 (S-1) di Kota Palembang. “Dari tangan tersangka ditemukan ratusan ijazah palsu SMA dan S-1 dari beragam perguruan tinggi di Kota Palembang,” ungkap Kapolresta Palembang Kombes Pol Sabaruddin Ginting melalui Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Djoko Julianto kemarin. Dari sekian banyak ijazah perguruan tinggi yang dipalsukan, ungkap dia, di antaranya Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Universitas Bina Darma (UBD),Universitas PGRI,Universitas Palembang (Unpal), dan Universitas Sakyakirti. Tak hanya itu, pelaku juga membuat ijazah palsu dari perguruan tinggi dari luar Kota Palembang, yakni Universitas Lampung dan Universitas Jayabaya di Jakarta.”Banderol untuk satu ijazah SMA dijual Rp2,5 juta dan S-1 seharga Rp4 juta,”tuturnya. Djoko mengatakan, sindikat pembuatan ijazah palsu dibongkar berdasarkan informasi masyarakat.”Anggota melakukan penyamaran dan berhubungan langsung dengan tersangka. Tersangka sudah menjalankan praktik selama satu tahun. Dari kasus ini pastinya terkait sindikat terselubung dan masih dalam proses pengembangan,” ujarnya. Kepala Subunit Ops Pidana Umum Ipda Robert menambahkan, skema penangkapan tersangka terjadi setelah anak buahnya berhasil melakukan penyamaran.

…dst

13 ) UI Alokasikan Dana Kreativitas Mahasiswa Berbasis Pengabdian Rp3 M
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718419/ui-alokasikan-dana-kreativitas-mahasiswa-berbasis-pengabdian-rp3-m

Rabu, 14 November 2012 16:34 wib
JAKARTA – Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI) menyediakan dana hibah sebesar Rp3 miliar bagi mahasiswa untuk tahun depan. Dana ini akan diberikan bagi sekira 54 tim yang membuat program pengabdian masyarakat.Salah seorang mahasiswa UI Afief Riyadi menyatakan, Hibah Pengabdian Masyarakat UI 2013 dapat menjadi sarana bagi para mahasiswa UI untuk berkarya bagi masyarakat. Sebab, lanjutnya, masyarakat selalu menunggu karya kreatif, inovatif, dan berguna untuk kepentingan mereka. “Saya berharap, melalui hibah ini rekan-rekan mahasiswa mampu berelaborasi dengan dosen untuk membuat kegiatan yang aplikatif dan berguna bagi masyarakat. Karena di luar sana masih ada banyak orang yang menunggu kita untuk melakukan sesuatu untuk membuka peluang dengan kemampuan akademik yang dimiliki oleh mahasiswa UI,” ujar Afief, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (14/11/2012).

…dst

14 ) Syarat Bisa Dapat Dana Hibah Rp3 M dari UI
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718467/syarat-bisa-dapat-dana-hibah-rp3-m-dari-ui

Rabu, 14 November 2012 17:42 wib
JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) menyediakan dana hibah bagi program kreativitas mahasiswa yang berbasis pengabdian kepada masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang disediakan bagi program yang akan dilaksanakan 2013 itu mencapai Rp3 miliar. Dana yang sangat berlimpah itu diberikan untuk sekira 54 tim. Untuk proses seleksi, terbagi dalam dua tahap utama yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahap pertama adalah seleksi conceptual note dengan panjang maksimal tiga halaman. Pada tahap in DRPM UI akan melihat ide-ide yang akan dikembangkan oleh mahasiswa terhadap program mereka. Pengajuan conceptual note paling lambat sebelum 19 November 2012.

…dst

15 ) Budayawan UI Kritik RUU Budaya
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718342/budayawan-ui-kritik-ruu-budaya

Rabu, 14 November 2012 14:32 wib
DEPOK – Rancangan Undang-undang (RUU) Kebudayaan inisiatif pemerintah maupun DPR RI mendapat kritik dari civitas academica Universitas Indonesia (UI). Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Bambang Wibawarta mengatakan, sama sekali belum melihat roh budaya Indonesia terkandung dalam RUU Budaya buatan pemerintah maupun DPR itu. Wacana kebudayaan, menurut Bambang, saat ini mengalami penyempitan makna. Fenomena ini secara tidak langsung menimbulkan banyak sekali pertanyaan di antaranya, apabila kebudayaan sudah tereduksi seperti tari-tarian yang tidak lagi mencakup kompleksitas pranata masyarakat maka bakal menimbulkan pertanyaan di kemudian hari. “Kebudayaan sesungguhnya tidak hanya memerlukan pelestarian, tapi juga perlu untuk dikembangkan. Salah satu fungsi RUU Budaya adalah bagaimana mengolah kebudayaan itu sendiri,” kata Bambang dalam diskusi di UI, Selasa (13/11) sore. Menurut Bambang, ada tiga konsep kebudayaan yang harus menjadi catatan RUU Kebudayaan. Pertama, budaya dapat menjadi pengikat keberagaman. Kedua, budaya dapat menjadi alat diplomasi dengan pihak luar. Ketiga, budaya juga sebagai aset ekonomi. “Untuk potensi kebudayaan, dibutuhkan suatu penataan ekonomi,” paparnya.

…dst

16 ) PLN Corporate University Fokus Pada Kemajuan Perusahaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718554/pln-corporate-university-fokus-pada-kemajuan-perusahaan

Rabu, 14 November 2012 19:30 wib
JAKARTA – Perkembangan bisnis ketenagalistrikan di Tanah Air saat ini sudah bekembang pesat. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia PT PLN (Persero), maka Pusat Pendidikan dan pelatihan (PLN Pusdiklat ) mewujudkan Corporate University. Corporate University merupakan sebuah engine yang mentransformasikan strategi bisnis PLN kedalam program-program diklat atau assemen untuk untuk peningkatkan kualitas kepemimpinan, peningkatan kompetensi, dan menumbuhkan budaya berkinerja tinggi. Menurut Direktur Umum PLN Nur Pamudji, layaknya sebuah universitas, PLN akan menciptakan iklim atau suasana pembelajaran yang dibutuhkan setiap insan secara proaktif dalam rangka berkontribusi optimal bagi kemajuan korporat atau perusahaan. “Salah satu peran dari peran Corporate University adalah menselaraskan kebutuhan korporat dengan kebutuhan pembelajaran melalui sistem informasi yang terintegrasi. Melalui implementasi PLN Corporate University ini, PLN akan terus mendorong munculnya para pemimpin PLN masa depan yang profesional dan akan semakin banyak orang-orang PLN yang memilki sertifikat atau kompetensi nasional,” ujar Nur saat ditemui Okezone pada peluncuran PLN Corporate University di Pusdiklat PLN, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (14/11/2012).

…dst

17 ) PLN Corporate University Berbeda dengan Pusdiklat
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718522/pln-corporate-university-berbeda-dengan-pusdiklat

Rabu, 14 November 2012 19:02 wib
JAKARTA – Pentingnya pembelajaran dalam meningkatkan kinerja perusahaan, mendorong PT PLN (Persero) melalui PLN Pusat Pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) mewujudkan Corporate University. Perguruan tinggi tersebut merupakan wadah untuk mempersiapkan potensi anggota persahaan yang tidak hanya kompeten, tapi juga profesional. Menurut Direktur Umum PT PLN (Persero) Nur Pamudji, mewujudkan Corporate University adalah bentuk komitmen manajemen PLN unttuk meningkatkan pembelajaran kepada pegawai PLN. “Dalam Corporate University, hal terpenting untuk meningkatkan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan perusahaan, yaitu tercapainya proses learning,” ujar Nur Pamudji saat ditemui Okezone, Rabu (14/11/2012). Nur menuturkan, perbedaan antara Pusdiklat dengan Corporate sangat berbeda walaupun sama-sama memiliki keterampilan. “Kalau Pusdiklat kesannya training center, yaitu cara meningkatkan karyawan agar lebih terampil dan cepat,” ucap Nur.

…dst

18 ) LIPI Nilai Keringanan Pajak Industri Sokong Penelitian
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/14/362771/293/14/LIPI-Nilai-Keringanan-Pajak-Industri-Sokong-Penelitian

Rabu, 14 November 2012 02:56 WIB
BOGOR–MICOM: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendukung agar pajak untuk industri yang telah menggunakan teknologi hasil penelitian mendapat keringanan sebagai salah satu upaya mendorong kemajuan penilitian di Indonesia. “Di negara-negara luar telah menerapkan kebijakan meringankan pajak bagi perusahaan atau industri yang telah menggunakan teknologi hasil penelitian. Seperti di California dan Florida, hanya di Indonesia ini belum diberlakukan,” kata Kepala Pusat Peneliti (P2) Bioteknologi LIPI Dr Ir Witjaksono di sela-sela kegiatan Seminar Internasional Bioteknologi 2012 di IPB Interntional Convention Center, Bogor, Selasa (13/11). Witjaksono mencontohkan, salah satu perusahaan energi di Malaysia yang menghibahkan dananya sebesar 1 persen untuk penelitian. Bahkan perusahaan tersebut mendirikan Universitas sendiri yang tujuannya untuk mendukung perkembangan teknologi dan penelitian di negaranya. Menurut Witjaksono perlu adanya “corporate riset responsibility” (CRR) guna mendorong perkembangan dan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan di Indonesia.

…dst

19 ) Mahasiswa Indonesia Hadiri Pertemuan Inovasi Pendidikan Dunia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/14/20493265/Mahasiswa.Indonesia.Hadiri.Pertemuan.Inovasi.Pendidikan.Dunia.

Rabu, 14 November 2012 | 20:49 WIB
DOHA, KOMPAS.com – Mahasiswa Indonesia Audry Maulana terpilih untuk menjadi bagian dari World Innovation Summit for Education (WISE) Community. Pertemuan berlangsung dalam WISE ke-4 yang di Doha, Qatar, pada 13 – 15 November. Wartawati Kompas Ester Lince Napitupulu dari Doha melaporkan, WISE Community yang digagas Qatar Foundation merupakan jaringan sosial lewat Web WISE, di mana para anggotanya dapat saling terhubung secara interaktif. Mereka saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Dengan demikian, WISE Community ini dapat menjadi sumber informasi tentang inisiatif WISE dan sumber pendidikan yang interaktif serta praktek pendidikan yang berhasil, yang dapat diadopsi dan direplika. Audry, mahasiwa FISIP Universitas Indonesia, memulai kontribusinya untuk memberdayakan pemuda pada tahun 2009 dengan bergabung dalam organisasi pemuda yang dinamakan Indonesian Future Leaders.

…dst

20 ) 66 peserta incar gelar Duta Museum 2012
http://www.antaranews.com/berita/343303/66-peserta-incar-gelar-duta-museum-2012

Selasa, 13 November 2012 19:38 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan pemilihan Duta Museum 2012 untuk membangun kembali citra museum dan mengubah paradigma masyarakat mengenai museum. “Pemilihan duta museum ini bukan seperti pemilihan model-model lainnya,” ujar Penanggung Jawab Pemilihan Duta Museum Lisa Ayodhia di Jakarta, Selasa. Setiap provinsi, kata dia, memilih dua duta museumnya dan kemudian dua orang itu dikirim ke Jakarta untuk pematangan pengetahuan mengenai museum “Salah satu tugas pokok dari duta museum adalah mengajak masyarakat untuk mencintai museum,” katanya. Berbagai materi pembekalan diberikan kepada 66 duta museum tersebut mulai dari pengetahuan tentang museum hingga pelajaran etika. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan, kegiatan itu sebagai tindak lanjut program revitalisasi museum pada 2010. “Program ini bertujuan untuk mendekatkan museum ke masyarakat,” ujar Wiendu. Selama ini, katanya, pendekatan museum dan masyarakat masih menggunakan cara-cara lama.

…dst

21 ) 27 koperasi mahasiswa ikuti Olimpiade Koperasi Nasional
http://www.antaranews.com/berita/343492/27-koperasi-mahasiswa-ikuti-olimpiade-koperasi-nasional

Rabu, 14 November 2012 17:26 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Sebanyak 27 koperasi mahasiswa se-Indonesia akan mengikuti Olimpiade Koperasi Nasional di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 16-18 November 2012. “Masing-masing koperasi mahasiswa (kopma) akan mengirimkan tiga peserta untuk ikut tiga kategori lomba, yakni pemasaran produk, cerdas cermat koperasi, dan debat koperasi,” kata Koordinator Humas Kopma UGM Fajar Kurniawan di Yogyakarta, Rabu. Menurut dia Olimpiade Koperasi Nasional bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam gerakan berkoperasi sekaligus meningkatkan komunikasi dan saling berbagi pengalaman antarkopma. “Komunikasi antarkopma belum berjalan efektif. Olimpiade Koperasi Nasional sebagai batu loncatan untuk menghidupkan gerakan koperasi yang sudah ada,” katanya. Ia mengatakan tidak semua kopma di perguruan tinggi bisa berkembang dan menghasilkan insan pegiat koperasi yang andal di tengah masyarakat. “Tidak adanya komitmen pimpinan perguruan tinggi dan minimnya minat mahasiswa menjadi beberapa kopma mati suri,” katanya. Menurut dia dukungan pihak kampus masih sangat kurang. Bahkan masih ada persepsi kopma itu sebagai unit usaha padahal menjadi tempat pengembangan “softskill”.

…dst

22 ) Bisa Belajar sambil Bekerja dengan Nyaman
http://www.seputar-indonesia.com/news/bisa-belajar-sambil-bekerja-dengan-nyaman

Rabu 14 November 2012
Populasi mahasiswa Indonesia memiliki nilai tawar tersendiri di luar negeri. Mereka berlomba- lomba untuk memberikan beasiswa pendidikan dengan tawaran menggiurkan. Intinya agar mahasiswa Indonesia mau bersekolah di negara seberang laut. Setelah China,Jepang,Belanda, Singapura,dan Malaysia,kini Australia juga menawarkan beasiswa yang tidak kalah menggiurkan dengan negara-negara tersebut. Australia melalui Australia Development Scholarship (ADS) membuat 600 mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berdecak kagum. Mereka sangat tertarik untuk mengikuti tawaran menggiurkan dari utusanutusan Australia. Apalagi,Australia tidak hanya menawarkan 10 hingga 20 beasiswa. Ada sekitar 400 beasiswa yang diperuntuk kepada mahasiswa program Master dan program PhD. Untuk melengkapi beasiswa yang diberikan,Australia juga menawarkan apartemenapartemen sekelas hotel dan semua perlengkapan akan diberikan. Bahkan,setelah lulus, mahasiswa akan diberi izin bekerja di Australia selama dua tahun. Fakta inilah yang membuat mahasiswa semakin gandrunguntuk melanjutkan kuliah di Australia. “Saya sangat tertarik tawaran beasiswa ini,tetapi saya belum paham prosedurnya,” ungkap Agung P, salah satu mahasiswa Untag yang mengikuti pertemuan `Study in Australia and Scholarship’ di Untag, kemarin.

…dst

23 ) Mahasiswa Asing Kagumi Budaya RI
http://www.seputar-indonesia.com/news/mahasiswa-asing-kagumi-budaya-ri

Rabu 14 November 2012
YOGYAKARTA– Bangsa Indonesia patut berbangga memiliki budaya yang dikagumi oleh warga negara asing.Salah satunya ialah bahasa Indonesia.Bahasa pemersatu ini ternyata menarik simpati mahasiswa asing asal China untuk mempelajarinya lebih dalam. “Bahasa Indonesia menurut saya sangat unik dan enak didengar layaknya lagu yang mengalun. Tata bahasanya pun tidak susah untuk dipelajari.Dan makin didalami,makin membuat saya kagum dan sangat suka,” ujar mahasiswa Guandhong University of Foreign Studies,Pan Yanping, kemarin. Di temui dalam kegiatan Culture Camp di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Ping –sapaan akrab Pan Yanping– mengungkapkan tengah menjalani program kredit transfer selama satu tahun di UNY bersama 15 mahasiswa China lainnya. Program diambilnya agar makin mengetahui berbagai hal tentang Indonesia, termasuk sastranya. Menurut Ping, Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Indonesia menjadi salah satu jurusan bahasa terfavorit di universitasnya.” Tiap tahun ada 20 mahasiswa baru yang mendaftar di jurusan ini,” kata gadis berusia 20 tahun ini. Kekaguman atas budaya bangsa ini juga diungkapkan oleh dosen Gasaka Collage,Burundi, Afrika,Alfred.

…dst

24 ) Kampus Rawan Jadi Sarang Narkoba
http://www.seputar-indonesia.com/news/kampus-rawan-jadi-sarang-narkoba

Rabu 14 November 2012
MAKASSAR– Polda Sulselbar akan menggandeng sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta dalam upaya pemberantasan peredaran narkotika obat-obatan terlarang (narkoba). Tahap awal,Polda bekerja sama dengan Universitas Muslim Indonesia (UMI). Kapolda Sulsel Irjen Mudji Waluyo mengatakan,pihaknya sengaja menggandeng perguruan tinggi untuk mewujudkan kampus yang bebas narkoba sehingga kondusif untuk proses transformasi ilmu. Dari pengamatan Polda, kampus adalah salah satu wilayah yang rawan peredaran narkoba. “Kami ingin situasi yang nyaman dan aman di kampus karena itu tempat belajar serta mengembangkan diri untuk hal positif.Kami juga turut prihatin jika ada oknum-oknum yang mencoba menyusupi mahasiswa untuk berbuat hal negatif,” ungkapnya saat menerima Civitas Akademika UMI di Mapolda Sulsel,kemarin. Untuk itu, sambung Mudji, Polda berencana memberikan pencerahanan tentang bahaya narkoba kepada civitas akademika UMI. Tidak hanya itu, kalangan kampus diharapkan memberikan masukan terkait penciptaan keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah ini khususnya menjelang pemilihan gubernur. Sementara itu, Rektor UMI Prof Masrurah menyatakan menyambut baik rencana Polda Sulsel menggandeng pihaknya untuk pemberantasan narkoba. Dia berjanji akan membentuk focus group discussion (FGD) dengan melibatkan mahasiswa dan jajaran rektorat.

…dst

25 ) Mahasiswa Demo Tuntut Rektor UM Transparan
http://regional.kompas.com/read/2012/11/14/14524043/Mahasiswa.Demo.Tuntut.Rektor.UM.Transparan

Rabu, 14 November 2012 | 14:52 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UNM), Jawa Timur, menggelar demo di depan gedung rektorat kampus setempat. Mahasiswa menuntut Rektor UM, Suparno, bersikap transparan atas dana proyek di kampus. Mereka menduga rektor UM menerima suap. Aksi mahasiswa yang digelar Rabu (14/11/2012) tersebut, merupakan aksi kali kedua. Sebelumnya, aksi serupa dilakukan mahasiswa pada Selasa (13/11/2012). Dalam aksi unjuk rasa itu, mahasiswa mengendus dugaan uang suap yang dilakukan PT Anugerah Nusantara sekitar Rp 400 juta hingga Rp 500 juta yang melibatkan Muhammad Nazaruddin dan Angelina Sondakh. Dugaan itu terungkap dari beberapa saksi saat bersaksi di pengadilan. “Di media sudah ramai memberitakan (dugaan suap terhadap rektor UM, red). Jika tidak benar menerima suap yang diakui saksi dari kasus Muhammad Nazaruddin dan Angelina Sondakh, silakan diklarifikasi,” kata koordinator aksi, Nistra Yohan dalam orasinya. Mahasiswa UM, kata Nistra, merasa malu terhadap rakyat Indonesia, jika rektor UM terbukti telah menerima suap dan ada korupsi di proyek pembuatan laboratorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) UM senilai Rp 40 miliar lebih.

…dst

26 ) Ada Setoran ke Rektor-rektor (berita 12 hari yang lalu)
http://regional.kompas.com/read/2012/11/02/09544221/Ada.Setoran.ke.Rektor-rektor

Jumat, 2 November 2012 | 09:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Saksi Clara Mauran, pegawai di PT Anugerah Nusantara, mengaku sering memberi hadiah uang ratusan juta rupiah ke rektor dan pembantu rektor universitas. Kesaksian tersebut disampaikan dalam sidang korupsi dengan terdakwa Angelina Sondakh. “Pemberian uang ke rektor dan pembantu rektor dua itu selalu di akhir proyek,” kata Clara ketika menjawab pertanyaan hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (1/11/2012). Ada 16 universitas yang proyeknya dipegang Grup Permai. Clara ditugasi mengawal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Brawijaya. “Apa masih ingat rektor dan pembantu rektor yang diajukan permohonan kas?” tanya penasihat Angelina, Teuku Nasrullah. Clara menyebut yang dia ingat pernah diajukan mendapatkan uang. Mereka adalah Rektor Universitas Negeri Malang (2009) dan Rektor Universitas Brawijaya (2009). Pembantu rektor dua yang pernah diajukan permohonan kas oleh Clara adalah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (2010) dan Universitas Negeri Malang (2009). Kisaran pengajuan kas Rp 400 juta-Rp 500 juta.

…dst

27 ) KPK Usut Setoran ke Rektor-rektor (berita 12 hari yang lalu)
http://regional.kompas.com/read/2012/11/02/22155599/KPK.Usut.Setoran.ke.Rektor-rektor.

Jumat, 2 November 2012 | 22:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi akan menelusuri informasi yang menyebutkan ada setoran dari Grup Permai ke rektor-rektor terkait kepengurusan proyek pengadaan sarana dan prasarana universitas. Informasi ini terungkap melalui kesaksian pegawai PT Anugerah Nusantara (sekarang Grup Permai), Clara Mauren dalam persidangan kasus dugaan korupsi penganggaran proyek universitas dan wisma atlet SEA Games dengan terdakwa Angelina Sondakh di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (1/11/2012). “Informasi sekecil apapun akan divalidasi, apakah didukung bukti-bukti atau tidak,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Jumat (2/11/2012). Sejauh ini, menurut Johan, KPK kemungkinan akan mengembangkan penyidikan kasus Angelina itu ke arah keterlibatan anggota DPR lainnya. Mengenai keterlibatan pihak universitas, menurutnya, tengah diusut pihak Kejaksaan Agung. Dalam persidangan kemarin, Clara mengaku sering memberi hadiah uang ratusan juta rupiah ke rektor dan pembantu rektor universitas. Menurutnya, pemberian uang ke rektor dan pembantu rektor itu selalu dilakukan di akhir proyek. Menurut keterangan Clara, ada 16 universitas yang proyeknya dipegang Grup Permai. Clara ditugasi mengawal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Brawijaya.

…dst

28 ) Korupsi Lahan Kampus
Mahasiswa UIN Malang Minta Transparansi Tersangka
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718393/mahasiswa-uin-malang-minta-transparansi-tersangka

Rabu, 14 November 2012 15:46 wib
MALANG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Malang didatangi puluhan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang dan sejumlah aktivis Malang Corruptuon Watch (MCW), Rabu (14/11/2012). Mereka mendesak bertemu dengan Kepala Kejaksaan Negeri Malang Wenny Gustiaty. Sayangnya Kajari sedang keluar sehingga mereka hanya ditemui tiga orang penyidik. “Kami ingin mengetahui siapa saja tersangka dalam kasus korupsi pembebasan lahan Kampus II UIN Maliki Malang,” kata In’am Musofa, salah satu mahasiswa UIN Maliki Malang, Rabu (14/11/2012). Menurut In’am, pada kahir bulan lalu telah muncul di media massa bahwa perkembangan kasus tersebut telah dinaikkan ke tingkat penyidikan, namun dua orang yang berinisial MH dan MW statusnya masih calon tersnagka. Padahal, katanya, dalam hukum acara pidana, peningkatan status dari penyelidikan ke penyidikan berarti telah ditetapkan tersangka. “Bukan calon,” paparnya.

…dst

29 ) Peminat Bahasa Indonesia di China meningkat
http://www.antaranews.com/berita/343486/peminat-bahasa-indonesia-di-china-meningkat

Rabu, 14 November 2012 16:48 WIB
Beijing (ANTARA News) – Masyarakat China yang berminat mempelajari Bahasa Indonesia dari tahun ke tahun meningkat, kata Atase Pendidikan Kedutaan Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Chaerun Anwar, di Beijing, Rabu. “Peningkatannya rata-rata mencapai 25 hingga 30 persen per tahun,” ucapnya. Namun, lanjut Chaerun, peningkatan jumlah peminat Bahasa Indonesia tidak sebanding dengan jumlah pengajarnya. “Masih tidak seimbang antara siswa dan pengajar Bahasa Indonesia di China, meski telah ada sembilan universitas yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia,” ungkapnya. Chaerun mengatakan dari jumlah mahasiswa yang mengambil jurusan Bahasa Indonesia di sembilan universitas tersebut, tercatat 297 orang sedangkan jumlah dosen tetap Bahasa Indonesia hanya 25 orang dan dosen tidak tetap yang berasal dari Indonesia, tercatat empat orang. “Jadi, masih sangat sedikit pengajar Bahasa Indonesia di China. Padahal peminatnya terus meningkat,” ujarnya, menegaskan.

…dst

30 ) Revisi Kurikulum Pendidikan akan Dievaluasi Publik
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718572/revisi-kurikulum-pendidikan-akan-dievaluasi-publik

Rabu, 14 November 2012 20:35 wib
JAKARTA – Draf revisi kurikulum yang diajukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh sudah mendapat persetujuan dari Wakil Presiden (Wapres) Boediono. Maka, selanjutnya pemerintah akan meminta evaluasi dari masyarakat mengenai revisi tersebut. M Nuh mengatakan, dia sudah mengajukan draf revisi kurikulum tersebut ke Wapres dan mendapat persetujuan atas revisi tersebut. Wapres meminta draf itu harus dipresentasikan dalam sidang kabinet sehingga mendapat masukan dari kementerian lain, terutama Kementerian Agama (Kemenag) yang membawahi pendidikan agama. M Nuh menambahkan, selanjutnya kementerian akan meminta masukan dari masyarakat selama dua hingga tiga minggu agar pada tahun ajaran baru nanti kurikulum baru tersebut sudah dapat diterapkan. Dalam uji publik, ini masyarakat dapat memberikan pandangan tentang bagaiman implementasinya. Selain itu, uji publik juga dapat menumbuhkan partisipasi aktif masyarakat sehingga masyarakat pun mempunyai rasa memiliki yang kuat.

…dst

31 ) 100 Sekolah Inklusif Siap Dibangun
http://www.seputar-indonesia.com/news/100-sekolah-inklusif-siap-dibangun

Rabu 14 November 2012
KUNINGAN– Pemerintah Kabupaten Kuningan menargetkan membangun 100 sekolah inklusif hingga akhir Desember tahun ini. Program itu untuk mendukung Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Inklusif. Bupati Kuningan AangHamidSuganda menyatakan optimistis bisa mewujudkan pembangunan 100 sekolah inklusif tahun ini.Menurut dia, progress itu akan terus dilakukan dengan melakukan sosialisasi dan kesadaran para kepala sekolah tentang pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). “Seperti yang terbaru ada kesadaran dari Kepala SMP Negeri 3 Ciawigebang yang menyatakan diri sebagai sekolah inklusif. Saya berharap melalui berbagai sosialisasi akan semakin menyadarkan para kepala sekolah untuk melakukan hal serupa,”ujar Aang saat meninjau lokasi pembangunan SLB Negeri Perbatasan di Desa Cibingbin, kemarin. Terlebih dengan telah diterbitkannya Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2012 yang mengharuskan seluruh sekolah di Kabupaten Kuningan untuk menyelenggarakan pendidikan inklusif. Hal ini, kata Aang, diharapkan bisa dipatuhi oleh seluruh lembaga pendidikan untuk memberikan pelayanan pendidikansecarameratatanpa melihat kondisi fisik siswanya.

…dst

32 ) Kemdikbud Ini Terkesan Antikritik…
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/14/16114015/Kemdikbud.Ini.Terkesan.Antikritik.

Rabu, 14 November 2012 | 16:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Laporan demi laporan masalah dalam penyelenggaraan uji kompetensi gelombang (UKG) sejak gelombang pertama hingga gelombang kedua sudah sempat dipaparkan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) di hadapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) beberapa waktu lalu. Namun, laporan itu dinilai tidak kunjung ditanggapi. Buktinya, permasalahan yang sama kembali berulang di penyelenggaraan UKG susulan sejak awal pekan lalu. Merespon hal tersebut, Sekjen FSGI Retno Listiarty tetap kekeuh akan terus memprotes dan memboikot pelaksanaan maupun substansi UKG, selain juga bersama federasi yang dipimpinnya, dia akan terus membuka posko pengaduan UKG sepanjang UKG berlangsung.”Pihak Kementerian ini sepertinya terkesan anti kritik. Padahal telah kami paparkan 12 penyakit UKG kedua dan juga memberikan laporan hasil UKG kesatu. Namun, tidak terjadi dialog apa-apa, yang ada justru sikap arogansi,” kata Retno kepada Kompas.com, Selasa (13/11/2012).

…dst

33 ) Korupsi Rasuki Semua Lembaga Negara
http://www.seputar-indonesia.com/news/korupsi-rasuki-semua-lembaga-negara

Rabu 14 November 2012
MAKASSAR – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan, korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa (extra ordinary crimes) karena sudah merasuki ke semua lembaga negara dan semua sektor dari daerah hingga pusat. “Jadi, korupsi sudah menjadi fenomena transnasional yang mempengaruhi semua masyarakat dan ekonomi,”kata Abraham saat menyampaikan kuliah umum di Gedung Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, kemarin. Menurut dia, korupsi di Indonesia sudah sangat meluas dan secara sistemik merasuk ke semua sektor baik di tingkat pusat dan daerah. Bahkan, pada semua lembaga negara dari eksekutif, legislatif hingga yudikatif. Dia mengatakan, korupsi yang sudah menjadi fenomena transnasional hendaknya juga ditangani secara meluas dan komprehensif.Karena itu, semua pemangku kepentingan harus bekerja sama dan memberikan dukungan dalam memberantas kasus korupsi di negeri ini. Selain praktik korupsi dilakukan pada tiga lembaga negara, lanjut dia, praktik intellectual corruptionberupa penyelewengan yang muncul dalam bentuk manipulasi informasi atau ilmu pengetahuan, juga dapat dikategorikan korupsi. “Sebenarnya pemicu korupsi dapat disebabkan beberapa faktor seperti sikap permisif terhadap korupsi, peraturan perundangan yang belum memadai, dan lemahnya integrasi moral,”katanya.

…dst

34 ) Alat Baru Pasien Leukemia RSU dr Soetomo
http://www.seputar-indonesia.com/news/alat-baru-pasien-leukemia-rsu-dr-soetomo

Rabu 14 November 2012
SURABAYA– RSU dr Soetomo Surabaya kini memiliki alat terapi pertukaran plasma bagi pasien leukemia (kanker darah). Alat tersebut merupakan pemberian dari Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI). Direktur RSU dr Soetomo Surabaya dr Dodo Anondo MPH mengatakan keberadaan alat tersebut akan meningkatkan pelayanan terhadap pasien leukemia. “Alat yang bernama Apheresis itu dapat digunakan untuk donor plasma, donor trombosit, dan pengumpulan stem cell,” ujarnya kemarin. Beberapa waktu lalu, RSU dr Soetomo Surabaya juga sudah menambah satu lagi alat canggih yaitu Automated Immunostainer yang berfungsi mendiagnosis jenis dan stadium kanker secara akurat. Alat ini dapat membantu dokter menentukan asal jaringan kanker. (deny bachtiar)

***

 

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.