1 ) Al Azhar Bangun Pusat Bahasa Mandarin
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/09/12174472/Al.Azhar.Bangun.Pusat.Bahasa.Mandarin

Jumat, 9 November 2012 | 12:17 WIB
KOMPAS.com – Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Prof Dr Zuhal meresmikan kantor Pusat Bahasa Mandarin (PBM) UAI di kampus UAI, Jakarta, Kamis (8/11). Pada kesempatan itu juga diluncurkan buku Burhan Uray Berbakti untuk Indonesia karya Betty Pay. Datang pada acara itu usahawan besar, di antaranya Mochtar Riady dari Grup Lippo, Prajogo Pangestu dari Grup Barito Pasifik, Sukanta Tanudjaja dari Grup Sinar Sahabat, Tong Djoe dari Tunas, The Ning King dari Alam Sutera, serta Tahir dari Mayapada. Hadir pula Duta Besar China untuk Indonesia Liu Jianchao. Buku Burhan Uray bercerita ihwal Burhan yang berangkat dari “bocah penyadap karet” yang sangat miskin di Kalimantan Utara dan kini di usia 82 tahun menjadi pengusaha sukses dan banyak bekerja di yayasan-yayasan sosial serta pendidikan. (AS)

…dst

2 ) Binus Buka Jurusan Hubungan Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/09/11523595/Binus.Buka.Jurusan.Hubungan.Internasional

Jumat, 9 November 2012 | 11:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Binus University membuka program studi Hubungan Internasional (HI). Program studi ini diluncurkan secara resmi dalam acara International Conference on Business, International Relations and Diplomacy (ICoBIRD) 2012 di Jakarta, Rabu (7/11/2012). Ketua Program Studi Hubungan Internasional, Tirta Nugraha Mursitama, mengatakan ICoBIRD merupakan momen yang tepat menyusul harapan akan standar kualitas yang tinggi dalam pengajaran, penelitian dan diseminasi hasil-hasil penelitian dari jurusan Hubungan Internasional di Binus University. “Kami berharap jurusan Hubungan Internasional Binus University mampu menempatkan diri sejajar bahkan lebih baik dari jurusan HI lain di Indonesia maupun Asia Tenggara,” ungkapnya dalam acara peluncuran seperti dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com.

…dst

3 ) Ini 10 Beasiswa S-2 dari PPM School of Management!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/09/09295838/Ini.10.Beasiswa.S-2.dari.PPM.School.of.Management

Jumat, 9 November 2012 | 09:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — PPM School of Management kembali menggelar seleksi program The Future Leader (TFL) seri kelima. Program beasiswa ini memberi Anda peluang untuk memenangi beasiswa S-2 Manajemen penuh waktu di kampus PPM School of Management Jakarta. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, program ini mencari kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan di bidang manajemen bisnis di Indonesia. TFL 5 merupakan suatu kompetisi untuk memperebutkan 10 beasiswa penuh Prof Dr AM Kadarman untuk mengikuti program MM Reguler Wijawiyata Manajemen di PPM School of Management. Tersedia 10 penerima beasiswa yang nantinya akan menjalani masa studi mulai dari Maret 2013 sampai dengan September 2014. Melalui program ini, PPM School of Management akan memberikan beasiswa kepada 10 putra-putri Nusantara yang memiliki bakat, semangat, dan motivasi luar biasa untuk menjadi “The Future Leader”. Program beasiswa ini mencakup beasiswa biaya kuliah penuh, ditambah dengan uang saku dan buku kuliah dengan nilai nominal Rp 100 juta. Jika Anda berminat pada program ini, maka penuhi persyaratannya sebagai berikut:
1. Sudah lulus S-1 dengan IPK minimal 2,75.
2. Maksimal berusia 25 tahun pada tanggal 31 Desember 2012.
3. Nilai TOEFL minimal 500.
4. Memiliki jiwa kepemimpinan.
5. Memenuhi persyaratan administrasi (lihat situs web) dan mengumpulkannya sebelum 12 Desember 2012.

…dst

4 ) Ikut Lomba Desain Kincir Angin Yuk!
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/09/373/716250/ikut-lomba-desain-kincir-angin-yuk

Jum’at, 09 November 2012 17:15 wib
JAKARTA – Berbagai negara telah menggunakan angin sebagai penyedia energi, salah satunya adalah Belanda. Indonesia memiliki kekuatan angin yang cukup besar, terutama di daerah pantai, mengapa tidak memanfaatkan sumber daya tersebut? Untuk itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menggelar lomba desain kincir angin tingkat mahasiswa. Lomba ini bertujuan memotivasi mahasiswa untuk menguasai teknologi turbin angin. Turbin angin adalah perangkat teknologi yang mengkonversi energi angin menjadi energi elektrik. Mahasiswa ditantang mengembangkan turbin angin yang mampu menghasilkan energi dengan memanfaatkan kecepatan angin yang berfluktuasi di sepanjang pantai. Para mahasiswa akan berlomba membuat baling-baling yang mereka rancang sendiri. Ketua panitia lomba Harry Prabowo menyebut, pelaksanaan lomba akan digelar pada 27-31 Desember di Pantai Pandansimo, Bantul, Yogyakarta. Para peserta merupakan tim terdiri dari sedikitnya tiga mahasiswa dan seorang dosen pembina.

…dst

5 ) Besok, Australian Graduates Job Fair Digelar!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/09/18032564/Besok.Australian.Graduates.Job.Fair.Digelar

Jumat, 9 November 2012 | 18:03 WIB
KOMPAS.com – Untuk pertama kalinya, Australian Graduates Job Fair akan digelar di Jakarta, besok, Sabtu (10/11/2012). Sekitar 32 perusahaan akan berpartisipasi pada acara ini untuk bertemu langsung dengan 200 lulusan dari Australia yang diharapkan datang pada acara ini. Kym Hewett, Senior Trade Commissioner, mengatakan, pameran lowongan kerja untuk lulusan dari Australia ini digelar atas kerja sama Kedutaan Besar Australia dan Ikatan Alumni Australia (Ikama). “Lulusan dari Australia, sangat dicari oleh perusahaan dan tingginya dukungan yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi di acara ini menunjukkan persepsi atas kesiapan kerja para pelajar asal Indonesia yang memiliki kualifikasi dari Australia,” ungkapnya seperti dilansir dari rilis resmi yang diterima Kompas.com. Hewett mengatakan, setidaknya ada sekitar 18.000 pelajar Indonesia yang terdaftar di berbagai institusi pendidikan di Australia saat ini. Jumlah alumninya mencapai puluhan ribu. Oleh karena itu, Hewett mengaku pemerintah Australia perlu berinisiatig memberi peluang tersedianya lapangan kerja bagi lulusan dari Australia.

…dst

6 ) Mendikbud: penerbit tak perlu khawatir kurikulum baru
http://www.antaranews.com/berita/342820/mendikbud-penerbit-tak-perlu-khawatir-kurikulum-baru

Jumat, 9 November 2012 21:12 WIB |
Surabaya (ANTARA News) – Mendikbud Mohammad Nuh meminta penerbit untuk tidak khawatir dengan kurikulum baru pada tahun ajaran 2013/2014, karena pergantian buku tidak akan dilakukan secara langsung, melainkan bertahap. “Misalnya, SD itu mungkin saja buku kelas satu yang diganti terlebih dulu, bukan langsung buku kelas satu sampai enam, tapi nanti saya akan bicara dengan mereka (penerbit),” katanya di Surabaya, Jumat petang. Ia mengemukakan hal itu setelah bersilaturahmi dengan 2.000-an mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi dari ITS, Unair, Unesa, PENS, dan PPNS di lapangan futsal ITS Surabaya. Dalam silaturahmi yang juga dihadiri pengusaha nasional Chaerul Tanjung (anggota MWA Unair/Ketua KEN), ia menegaskan bahwa perubahan buku pun tidak akan dilakukan semuanya, karena masih ada sebagian yang tanpa perubahan. “Jadi, perubahan yang ada akan ada tahapannya dan tidak semua mata pelajaran akan dirombak, karena masih ada yang tetap dipakai. BSE juga tetap. Untuk itulah, penerbit tidak perlu khawatir,” katanya.

…dst

7 ) 958 Program Studi Tak Terakreditasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/09/16133757/958.Program.Studi.Tak.Terakreditasi

Jumat, 9 November 2012 | 16:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Dari 2.257 program studi yang ada di pendidikan tinggi kesehatan, sebanyak 958 program studi belum terakreditasi. Perihal 118 program studi lain yang terakreditasi, masa akreditasinya sudah kedaluwarsa. Persoalan ini mengemuka dalam konferensi tahunan ke-3 Health Professional Education Quality (HPEQ) yang diikuti tujuh asosiasi profesi dan institusi pendidikan tinggi yang digelar di Jakarta, Kamis (8/11). Konferensi dengan tema “Mengangkat Budaya Akademik Melalui Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Rangka Mengintegrasikan Sistem Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan” ini juga dilaksanakan secara video conference di Pontianak, Medan, Bogor, Yogyakarta, Bali, Malang, dan Makassar. Dalam konferensi itu terungkap, penjaminan mutu pendidikan kesehatan bukan hanya pada institusinya, melainkan juga lulusannya. Institusi pendidikan kesehatan terutama di bidang kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, kebidanan, kefarmasian, gizi, dan kesehatan masyarakat.

…dst

8 ) FH Unila Luncurkan 40 Buku Ilmiah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/09/2050101/FH.Unila.Luncurkan.40.Buku.Ilmiah

Jumat, 9 November 2012 | 20:50 WIB
BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com – Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila) meluncurkan 40 buku ilmiah tentang hukum karya dosen setempat, sebagai sumbangsih pendidikan di Provinsi Lampung dan Indonesia. Guru Besar Fakultas Hukum Unila Prof I Gede AB Wiranata SH MH dalam sambutannya di ruang sidang fakultas itu, Jumat, meminta dosen dan mahasiswa universitas tersebut untuk turut pula menulis selain membaca. “Saya berharap Fakultas Hukum juga menyumbang saran untuk Lampung. Tadi malam terjadi lagi pertikaian di Lampung Tengah, ini memprihatinkan kita semua,” katanya Jumat (9/11/2012). Universitas Lampung, ujar dia lagi, telah menerbitkan beberapa buku ilmiah tentang hukum seperti Hukum Perdata Internasional karya Dr Khaidir Ibrahim SH MHum, lalu Hukum Dana Alokasi Umum karya Dr Yuswanto SH MH. Selanjutnya Aspek Hukum Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Lepas Pantai karya Dr Heryandi SH MS dan Naskah Akademik Kolaborasi Pengelolaan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman Provinsi Lampung karya Armen Yasir SH MS.

…dst

9 ) Universitas Negeri Malang Buka Kuliah Jarak Jauh
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/09/373/716278/universitas-negeri-malang-buka-kuliah-jarak-jauh

Jum’at, 09 November 2012 17:51 wib
MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) membuka program pembelajaran jarak jauh atau distance learning. Namun, sejak dibuka dua bulan lalu, baru 22 mahasiswa mengikuti program ini, dan semuanya mengambil kelas pascasarjana (S-2). Menurut Rektor UM Suparno, mahasiswa yang mengikuti program ini rata-rata berasal dari daerah luar Jawa. “Mereka berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, dan daerah lainnya,” kata Suparno, Jumat (9/11/2012). Suparno juga menjelaskan, para mahasiswa tersebut merupakan guru yang tidak bisa mengikuti perkuliahan reguler karena tidak bisa meninggalkan jam mengajar. Adapun jurusan yang diambil adalah Pendidikan Bahasa Indonesia dan Manajemen Pendidikan.

…dst

10 ) BJ Habibie Sabet Penghargaan ITS
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/09/361636/293/14/BJ-Habibie-Sabet-Penghargaan-ITS

Jumat, 09 November 2012 05:52 WIB
SURABAYA–MICOM: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memberikan penghargaan “Sepuluh November” kepada mantan Presiden BJ Habibie saat puncak Dies Natalis ke-52 ITS di Graha ITS Surabaya, 10 November. “Pak BJ Habibie datang ke ITS untuk memberikan orasi ilmiah sekaligus meresmikan Dies Natalis ke-52 ITS, tapi pihak ITS pun akan memberikan penghargaan khusus “Sepuluh November” kepada beliau,” kata ketua pelaksana Dies Natalis ke-52 ITS, Dr Ir Setyo Nugroho, di Surabaya, Kamis (8/11). Menurut dosen jurusan Teknik Perkapalan itu, penghargaan itu belum pernah diberikan ITS kepada siapapun dan baru pertama kali disematkan kepada “Bapak Teknologi Indonesia” BJ Habibie.
“ITS memberikan penghargaan itu kepada BJ Habibie sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam membantu pendirian Laboratorium Hidrodinamika Indonesia (LHI) di kompleks ITS,” katanya.Ia mengatakan penghargaan khusus itu juga diberikan setelah BJ Habibie tidak menginjakkan kaki di kampus ITS selama kurun 20 tahun, sehingga kehadirannya sangat dinantikan oleh seluruh jajaran civitas akademika ITS, bahkan warga Surabaya.

…dst

11 ) Mahasiswa Demo Biaya Kuliah
Yayasan Unwir Klaim Sudah Paling Murah
http://www.jpnn.com/read/2012/11/09/146399/Mahasiswa-Demo-Biaya-Kuliah-

Jum’at, 09 November 2012 , 08:30:00
INDRAMAYU – Biaya kuliah tinggi sudah bukan rahasia lagi. Namun, jarang sekali para mahasiswa “berteriak” mempersoalkan mahalnya biaya di perguruan tinggi ini. Karenanya, aksi puluhan mahasiswa Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu yang tergabung dalam Gerakan Tolak Pembengkakan Anggaran Kampus (Gertak), patut diacungi jempot.
Mereka melakukan aksi unjukrasa di depan gedung Yayasan Unwir, Kamis (8/11). Dalam aksinya, mereka menuntut biaya perkuliahan diturunkan. Koordinasi lapangan (Korlap) Suhendrik mengucapkan, selama ini dana perkuliahan di kampus setiap tahun mengalami kenaikan. Padahal sejumlah fasilitas baik sarana dan prasarana yang masih minim. “Kami ingin ada transparansi anggaran yang dikelola yayasan, selama ini biaya perkuliahan terus naik. Namun, kekurangan ruang belajar, laboratorium, bahasa dan komputer,” tegasnya. Mahasiswa FAI ini mengatakan, Unwir harus menghentikan kenaikan anggaran perkuliahan, dan jadikan unwir sebagai kampusnya wong cilik, serta tingkatkan kualitas pendidikan di Unwir.

…dst

12 ) RUU Aparatur Sipil Negara – Apkasi Minta DPR Tunda Pembahasan
http://www.seputar-indonesia.com/news/ruu-aparatur-sipil-negara-apkasi-minta-dpr-tunda-pembahasan

Jumat, 09 November 2012
JAKARTA – Pimpinan daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) meminta agar Komisi II DPR menunda pembahasan Rancangan Undang- Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN). Minimal, sampai ada pengkajian yang lebih mendalam tentang beberapa hal krusial yang terdapat dalam RUU itu. “Kami menilai akan terjadi gesekan kepentingan jika RUU ASN tersebut dipaksakan untuk direalisasikan, terutama pada bagian wewenang kepala daerah dalam hal menentukan kebutuhan, pengangkatan,dan mutasi pegawai negeri sipil (PNS) yang dialihkan secara penuh kepada sekretaris daerah,” tandas Ketua Umum Apkasi Isran Noor di Jakarta kemarin. Isran menilai, secara politis yang dipilih oleh rakyat adalah kepala daerah sehingga yang harus mempertanggungjawabkan dan memberikan laporan pada akhir tahun adalah kepala daerah,bukan sekda.Karena itu, jika performa dan kinerja PNS tidak tercapai, yang disalahkan adalah kepala daerah, bukan sekda. Isran mengatakan,penolakan tersebut bukan dikarenakan kepala daerah takut kehilangan kewenangan dan kekuasaan, tetapi didasari keinginan untuk tetap menjaga harmonisasi dan jalannya pemerintahan yang satu irama antara PNS dan para aparatnya. “Kami memiliki komitmen moral dalam memperkuat dan menyelenggarakan pemerintahan yang baik melalui UU ASN ini selama tidak mengganggu dan menimbulkan permasalahan di daerah,”tandasnya.

…dst