1 ) Lulus Akademi, Ros Buat Gebrakan di Desa Terpencil

http://kampus.okezone.com/read/2012/10/30/372/710929/

Selasa, 30 Oktober 2012 10:32 wib
JAKARTA – Di desa ini, seorang wanita hamil yang dirujuk ke rumah sakit ketika akan melahirkan harus menempuh perjalanan darat dengan sepeda motor, atau berjalan kaki jika jalan berlumpur. Setelah itu, dia juga masih harus menempuh tiga hingga empat jam perjalanan di sungai dengan speed boat. Belum lagi soal biaya, jika ingin menyewa speed boat khusus, maka sang calon ibu harus merogoh kocek sekira Rp1-6 juta. Soal penerangan, jangan ditanya. Desa ini minim listrik. Sebagian besar desa gelap gulita ketika malam. Jalan pun tidak bagus karena merupakan daerah lahan gambut yang berlumpur. Jika air laut surut, akses dan sarana transportasi keluar dari area pemukiman itu pun semakin sulit. Di desa terpencil inilah Rosmiati mengabdikan diri sebagai bidan sejak lulus dari akademi kebidanan di Padang, Sumatera Barat. Rosmiati menjalani hari-harinya sebagai bidan di Desa Tunggal Rahayu Jaya, Teluk Belengkong, Indragiri Hilir, Riau, sejak 2008. Di sini hanya ada satu pos kesehatan desa (Poskesdes) dengan peralatan minim dan seorang bidan yang juga mengepalai Poskesdes tersebut. Akibatnya, jika seorang wanita hamil mengalami komplikasi dan harus dirujuk ke rumah sakit, dia harus menempuh perjalanan sulit, seperti yang diilustrasikan di atas, ke Tembilahan, Indragiri Hilir.

…dst

2 ) Torehkan Sumpah Pemuda di Puncak Kilimanjaro
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/30/373/711205/torehkan-sumpah-pemuda-di-puncak-kilimanjaro

Selasa, 30 Oktober 2012 17:14 wib
JAKARTA – Peringatan Sumpah Pemuda ke-84 tidak hanya dirayakan di Indonesia tetapi juga di luar negeri, tepatnya di Gunung Tertinggi di Afrika, Kilimanjaro. Dengan semangat Sumpah Pemuda, tiga mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip); Irwan Hidayatullah, Syarifudin Ahmad dan Umi Lutfiyah; bisa mengibarkan bendera merah putih tepat di puncak Uhuru Kilimanjaro, Tanzania, di bagian timur Afrika. Ketiganya anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wapeala Undip yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Kilimanjaro ini mencapai puncak Uhuru Kilimanjaro Tanzania pukul 08.10 waktu setempat saat Hari Sumpah Pemuda. Menurut ketua tim, Irwan, Puncak Uhuru Gunung Kilimanjaro adalah salah satu dari puncak gunung tinggi di dunia dengan ketinggian 5.895 m di atas permukaan laut (mdpl). Irwan bertutur, pendakian dimulai dari Machame Gate 1800 mdpl. Selain tim Wapela Undip, ada juga pendaki dari berbagai negara. Irwan mengimbuh, semangat cinta Tanah Air menjadi kekuatan yang mendorong mereka mengibarkan bendera merah putih di Puncak Uhuru Kilimanjaro.

…dst

3 ) Mahasiswa UB Ini Turun ke Sekolah Jualan Jajanan Sehat
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/30/372/711209/mahasiswa-ub-ini-turun-ke-sekolah-jualan-jajanan-sehat

Selasa, 30 Oktober 2012 18:07 wib
JAKARTA – Jajanan sehat sudah jarang ditemui di kantin sekolah maupun kampus. Kebanyakan jajanan yang kita beli masih mengadung zat aditif, antara lain pemanis buatan, pewarna makanan dan penyedap rasa berupa monosodium glutamat (MSG). Zat-zat tersebut sudah lama diketahui berdampak buruk bagi kesehatan, seperti menyebabkan diabetes dan kanker. Kondisi ini ternyata menggerakkan Dharma Sucipto untuk mengubah pemahaman tentang jajanan di sekitar lingkungan sekolah. Kepedulian alumnus SMA 1 Driyorejo, Gresik, Jawa Timur, dalam bidang jajanan sehat juga dilatarbelakangi cerita sang nenek yang mengidap diabetes. Ketika SMA, Dharma dan beberapa temannya tergabung dalam divisi pertanian organik unit ekstrakulikuler Go Green Smandry (GGS) SMA 1 Driyorejo. Mereka mengolah lahan seluas 10×8 m2 milik sekolah dan menanami lahan itu dengan umbi-umbian atau kacang-kacangan. Berbekal kemampuan memasak hasil belajar dari sang bunda, Dharma pun mengolah hasil panen di lahan sekolahnya menjadi panganan tradisional, dan menjajakannya di kantin sekolah. Ini merupakan langkah awal Dharma dalam menyosialisasikan pemahaman tentang jajanan sehat. Dia juga menamai gerakan yang diinisiasinya ini dengan “Small Farming Food Society”.

…dst

4 ) REVISI KURIKULUM
Penerbit Bingung Siapkan Buku Pelajaran Baru
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/30/04244147/penerbit.bingung.siapkan.buku.pelajaran.baru

Selasa, 30 Oktober 2012
Jakarta, Kompas – Perubahan kurikulum yang sedang disiapkan pemerintah membuat resah para penerbit buku pelajaran yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia. Belum jelasnya perubahan kurikulum yang disiapkan pemerintah serta implementasi pada tahun ajaran baru 2013 belum sepenuhnya diantisipasi penerbit buku teks pelajaran. “Baru saja penerbit buku mulai memahami dan memasukkan pendidikan karakter yang ditetapkan pemerintah sebanyak 18 karakter pada buku teks pelajaran, kini akan ada perubahan kurikulum. Apalagi sampai saat ini belum diketahui perubahannya, tetapi sudah diputuskan segera dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2013 nanti,” kata Lucya Andam Dewi, Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), pada pembukaan seminar nasional “Menyongsong Kurikulum Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah” di Jakarta, Senin (29/10). Lucya mengatakan, penerbit biasanya menyiapkan buku teks pelajaran pada Februari hingga Maret dan mengirimkan ke sekolah untuk dipertimbangkan. Guru Besar Matematika dari Universitas Pendidikan Indonesia Jozua Sabandar mengatakan, kurikulum yang disiapkan pemerintah dinamakan Kurikulum Perekat Bangsa. Dalam pendidikan Matematika, misalnya, buku ajar yang disiapkan harus bisa memunculkan rasa sebangsa. Ahli bahasa Indonesia dari Universitas Negeri Yogyakarta Pangesti Wiedarti, mengungkapkan, tak semua guru memahami kurikulum. Karena itu, faktor ini harus dipertimbangkan dengan baik. Adapun praktisi pendidikan Ki Supriyoko mengingatkan agar uji publik kurikulum baru tidak sekadar formalitas. (ELN)

***

5 ) Akademi Komunitas Tidak Akan Mematikan Lembaga Kursus
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/780

10/30/2012 (
Solo, Jawa Tengah — Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Dirjen PAUDNI) Lydia Freyani Hawadi menegaskan bahwa Akademi Komunitas (community college) tidak akan mematikan lembaga kursus dan pelatihan. Pendirian akademi tersebut justru harus menjadi pemacu bagi lembaga kursus untuk berbenah diri. “Keduanya memiliki pangsa pasar yang berbeda,” ucapnya saat diwawancarai sejumlah media nasional, Minggu (28/10). Dirjen PAUDNI mengatakan lembaga kursus lebih banyak melayani program kursus reguler yang waktunya lebih singkat. Biasanya program tiga bulan atau enam bulan, sedangkan akademi komunitas berjenjang diplomasi satu dengan masa studi satu tahun. Senada dengan Dirjen PAUDNI, Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Wartanto optimis lembaga kursus tidak akan hangus oleh akademi komunitas. “Saya yakin keduanya bisa bersinergi,” ucapnya. Sebelumnya, sejumlah lembaga kursus dan pelatihan memiliki beragam pandangan tentang akademi komunitas. Ada yang menyadarinya sebagai ancaman, namun ada pula yang menganggapnya sebagai peluang.

…dst

6 ) Tahun Depan, 70.000 PNS Baru Direkrut
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/30/1729053/Tahun.Depan.70.000.PNS.Baru.Direkrut.

Selasa, 30 Oktober 2012 | 17:29 WIB
AMBON, KOMPAS.com – Tahun depan akan ada sekitar 130.000 pegawai negeri di seluruh Indonesia yang pensiun. Karena itu, pemerintah akan merekrut pegawai baru untuk menggantikannya. Namun jumlah yang direkrut tidak sebanyak yang pensiun. “Jumlah pegawai baru yang akan direkrut tahun depan hanya separuh dari jumlah pegawai yang pensiun, atau jumlahnya berkisar antara 65.000 orang sampai 70.000 orang,” ucap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Azwar Abubakar usai pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Provinsi Maluku, di Ambon, Selasa (30/10/2012). Penerimaan jumlah pegawai baru yang tidak sama dengan jumlah pegawai yang pensiun merupakan cara pemerintah untuk mengurangi jumlah pegawai negeri sipil di Indonesia. Terlalu banyaknya pegawai negeri sipil membuat anggaran terbebani karena sebagian besar tersedot untuk membayar gaji pegawai. Jumlah pegawai yang diterima tahun depan pun akan disesuaikan dengan kebutuhan di pemerintahan.

…dst

7 ) Pemerintah Diminta Perhatikan PTS
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/30/203680/Pemerintah-Diminta-Perhatikan-PTS

30 Oktober 2012
SEMARANG – Ketua Komisi X DPR Ir Agus Hermanto berkunjung ke Unissula (29/10), diterima oleh Wakil Rektor II Prof Dr H Gunarto SH SE Akt MHum dan dosen FKIP Unissula, Nuridin MPd. Saat itu Gunarto menyampaikan, Unissula dalam dua tahun terakhir menerima dana program hibah bersaing perguruan tinggi swasta (PHB PTS) dari pemerintah. Alokasi hibah tersebut sangat membantu pengembangan universitas swasta, termasuk Unissula. Agus berharap DPR lebih mendorong pemerintah untuk meningkatkan perhatian kepada universitas swasta, baik melalui pemberian dana hibah maupun beasiswa. Guru besar Fakultas Hukum Unissula itu juga memaparkan perkembangan kampus, misalnya soal hadirnya Program Doktoral Ilmu Hukum dan rencana pertemuan Forum Rektor pada Desember di kampus Unissula. Nuridin menyampaikan pandangannya agar profesi guru diperlakukan secara profesional. Artinya, secara formal guru harus mereka yang telah menempuh pendidikan sesuai dengan bidang masing-maisng, bukan lintas jalur pendidikan karena guru merupakan profesi yang kompleks sehingga mensyaratkan kompetensi yang mendalam. Agus Hermanto, ketua komisi yang membidangi pendidikan, kebudayaan, kepemudaan, pariwisata, ekonomi kreatif, olahraga, dan perpustakaan itu mengatakan, perhatian pemerintah dan DPR terhadap pendidikan, terutama PTS, semakin baik. Dia berharap perhatian itu makin meningkat pada masa mendatang. Dia juga sependapat jika guru merupakan profesi mulia dan punya tanggung jawab besar sehingga guru hendaknya benar-benar profesional, baik dari kinerja maupun latar belakang pendidikan yang berasal dari keguruan. (C27-60)

***

8 ) Kolaborasi TNI dan Universitas, Langkah Positif dalam Mendukung Pembangunan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/779

10/30/2012
Makassar — Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-67, tanggal 5 Oktober silam ternyata membawa pengaruh yang besar bagi masyarakat Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Peringatan HUT tersebut selain memberikan hiburan gratis, juga telah memperkenalkan masyarakat dengan kendaraan panser dan atraksi terjun payung. Masyarakat juga dapat mengenal dan membedakan Angkatan Laut dengan Angkatan Udara. Karena selama ini yang mereka kenal dan lihat hanyalah tentara (Angkatan Darat) dan polisi.`’Malah yang lebih hebat, ketika ditanya, anak-anak tidak ada lagi yang bercita-cita menjadi dokter, dosen, dan sebagainya. Semuanya, ingin jadi tentara,” kata Prof.Dr.Ir.H.M.Nurdin Abdullah, M.Agr, Bupati Bantaeng saat pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (UNHAS) gelombang ke-83 di Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Unhas, Senin (29/10).

…dst

9 ) Kemdikbud Gelar Puncak Bulan Bahasa dan Sastra
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/781

10/30/2012
Jakarta — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2012 di Gedung Samudera, Rawamangun Jakarta, Selasa, (30/10). Berbagai telah dilaksanakan selama satu bulan pada bulan Oktober 2012 ini, mengangkat tema “Bahasa Indonesia Perekat Kerukunan Hidup Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”. Dalam sambutanya, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Mahsun mengatakan, bahasa adalah sarana komunikasi bagi masyarakat yang menyepakatinya. Dengan dasar tersebut, bahasa diidentifikasikan seperti organisme. “Oleh karena itu bahasa memiliki arti yang penting bagi kehidupan kita, karena Bahasa Indonesia adalah bahasa yang mempersatukan kita” kata Mahsun. Tujuan bulan bahasa dan sastra 2012 adalah menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Hal itu mengingat bahwa tatanan kehidupan global yang dihadapi saat ini mengharuskan semua komponen masyarakat untuk lebih memperkuat kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

…dst

10 ) 30 Tim Bersaing dalam Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/30/203681/30-Tim-Bersaing-dalam-Kompetisi-Kapal-Cepat-Tak-Berawak

30 Oktober 2012
SEMARANG – Sebanyak 30 tim dari berbagai perguruan tinggi bakal berkompetisi dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) di Laboratorium Pengembangan Wilayah Pantai (LPWP) Undip Pantai Kartini Jepara, 30-31 Oktober. Kontes kali pertama di Indonesia ini digelar menyusul keinginan pemerintah untuk menggelar kontes tentang perkapalan yang pernah diikuti Undip di tingkat internasional. Tim perkapalan dari Undip selama dua tahun (2011-2012) berpartisipasi di Virginia Amerika Serikat. “Bedanya, kontes ini akan dilaksanakan di laut. Di Virginia hanya di danau. Jadi, punya keunikan dari sisi medan,” kata Ketua Panitia KKCTBN Dr Wilma Amiruddin, kemarin. Terdapat tiga kategori kontes. Pertama, autonomus, diikuti 11 tim. Kedua, sistem manual, diikuti 11 tim, dan ketiga fuel engine yang diikuti 8 tim. Tim juri, kata Wilma, terdiri atas lima perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia, Undip, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Pattimura Ambon. Juri telah menyaring 78 proposal yang masuk menjadi 30 proposal yang berhak mengikuti kontes. Menurut Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi, menjadi tuan rumah untuk kali pertama digelar di Indonesia adalah sebuah kehormatan. Apalagi kontes itu sebagai bagian rekayasa teknologi maritim untuk mencari nilai tambah.

…dst

11 ) Peneliti Indonesia Gelar Indonesia Week in Chiba 2012 di Jepang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/30/00231248/Peneliti.Indonesia.Gelar.Indonesia.Week.in.Chiba.2012.di.Jepang

Selasa, 30 Oktober 2012 | 00:23 WIB
CHIBA, KOMPAS.com – Sejumlah peneliti asal Indonesia yang pernah belajar di Universitas Chiba, Jepang bersama peneliti dari negara lain seperti China, Jerman, dan lain-lain sejak pekan lalu hadir di Universitas Chiba membahas perubahan lingkungan permukaan bumi menggunakan satelit hingga pengembangan sensor untuk observasi bumi masa depan. Selain mengikuti The 18th CEReS International Symposium, selama lima hari (24-28 Oktober 2012), di kampus tersebut juga digelar “Indonesia Week in Chiba 2012. Universitas Chiba merupakan universitas tua di Jepang yang telah memulai kerjasama dengan Indonesia sejak tahun 1949 melalui pendidikan bagi para mahasiswa Indonesia untuk belajar bahasa Jepang sebelum mereka melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, staf pengajar tetap di Universitas Chiba Jepang dalam keterangan pers yang dikirim, Minggu (28/10/2012) mengungkapkan, selain simposium, selama kegiatan Indonesia Week tersebut digelar sejumlah acara bersama institusi pendidikan dan penelitian Indonesia.

…dst

12 ) Ayo, Masih Bisa Daftar Beasiswa Erasmus Mundus!
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/30/368/711108/ayo-masih-bisa-daftar-beasiswa-erasmus-mundus

Selasa, 30 Oktober 2012 14:40 wib
JAKARTA – Komisi Eropa melalui Erasmus Mundus, menyediakan beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswi S-1. Bagi lulusan S-1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa, bisa mengikuti program-program magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu satu sampai dua tahun. Erasmus Mundus adalah sebuah program kerjasama dan mobilitas dalam bidang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempromosikan Uni Eropa sebagai pusat keunggulan ilmu di dunia. Program Erasmus Mundus dibiayai oleh Uni Eropa dan terdiri atas Kegiatan satu sampai dengan tiga. Delegasi Erasmus Mundus Dordia Rotinsulu ketika bertandang ke Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan, pihaknya juga menyediakan dana untuk para akademisi, baik dalam mengajar ataupun dalam penelitian. “Tersedia pula dana untuk para akademisi guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program-program Magister Erasmus Mundus untuk kurun waktu maksimum tiga bulan,” ujar Dordia dalam siaran tertulis IPB yang diterima Okezone, Selasa (30/10/2012).

…dst

13 ) LP3I Berangkatkan 26 Mahasiswa Terbaiknya ke Malaysia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/lp3i-pendidikan/12/10/30/mcokdk-lp3i-berangkatkan-26-mahasiswa-terbaiknya-ke-malaysia

Selasa, 30 Oktober 2012, 07:36 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Lembaga Pendidikan LP3I Jakarta pada Ahad (28/10) lalu memberangkatkan 26 Mahasiswa terbaik semester 3 dari berbagai jurusan ke Malaysia. Seleksi Mahasiwa terbaik telah dilakukan di kampus LP3I yang meliputi kemampuan berbahasa Inggris, Pengetahuan Umum, Indeks Prestasi Akademik, kemampuan team work dan leadership, Wawancara, serta ketrampilan dalam bidang seni, olah raga dan budaya. Program Kunjungan Mahasiswa LP3I Indonesia ke Malaysia merupakan kegiatan tahunan yang merupakan Implementasi dari Program Student Exchange. Mahasiswa akan berada selama satu minggu sejak tanggal 28 Oktober 2012 hingga 3 November 2012, untuk melakukan studi banding bidang pendidikan dan perkembangan dunia kerja di Malaysia. Dengan didampingi lima orang pembimbing, mahasiswa akan berkunjung ke lima Universitas , yaitu UPM,UNITEN, UKM, UNISEL dan satu Perusahaan di Malaysia, yaitu DIGI.

…dst

14 ) Mahasiswa RI Belajar Wirausaha dari Kedubes AS
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/30/373/710896/mahasiswa-ri-belajar-wirausaha-dari-kedubes-as

Selasa, 30 Oktober 2012 09:40 wib
JAKARTA – Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) bekerjasama dengan University of Texas-Austin dan Universitas Trisakti menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan untuk 165 peserta yang terpilih. Program pelatihan yang diadakan di @america, Pacific Place, Jakarta, Senin (30/10/2012), diisi dengan presentasi tentang kewirausahaan oleh Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama Investments Ilham Habibie. Presentasi pada malam itu tidak hanya diikuti oleh peserta pelatihan tetapi kalangan umum yang tertarik juga diperbolehkan untuk datang. Pada kesempatan itu Ilham Habibie menerangkan seluk beluk dunia kewirausahaan. Tidak lupa dirinya menjelaskan tips-tips dalam berwirausaha, serta pengalaman yang dimilikinya dalam berwirausaha. “Tujuan dari diadakannya program ini adalah untuk mengajarkan para calon wirausahawan Indonesia untuk mengembangkan ide-idenya menjadi sebuah produk yang dapat dijual. Berdasarkan pengalaman dari Amerika Serikat, kewirausahaan sangat penting khususnya bagi mengembangkan perekonomian suatu negara,” ujar staf Kedubes AS Michael Roberts kepada Okezone, Senin 29 Oktober malam.

…dst

15 ) Wirausaha Mahasiswa Terkendala Modal
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/30/373/711198/wirausaha-mahasiswa-terkendala-modal

Selasa, 30 Oktober 2012 16:53 wib
YOGYAKARTA – Minimnya permodalan, utamanya bantuan pinjaman dari perbankan menjadi kendala utama bagi mahasiswa dan pengusaha mikro dalam mengembangkan wirausaha mandiri. Hal ini dikarenakan keterbatasan modal membuat para mahasiswa dan pengusaha kecil kesulitan menghadapi kondisi pasar yang makin kompetitif. “Sekira 98,8 persen usaha ekonomi yang ada di Indonesia adalah usaha mikro. Namun sayangnya, banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk mahasiswa, yang tidak memiliki cukup modal. Selain keterbatasan mengakses perbankan dan tidak punya agunan untuk dijadikan jaminan, dunia perbankan sendiri mempunyai keterbatasan memberikan permodalan karena regulasi,” ujar Direktur Utama BPD DIY Dr Supriyatno MBA di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (30/10/2012).

…dst

16 ) Undip Terus Perluas Ruang Terbuka Hijau
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/29/203550/Undip-Terus-Perluas-Ruang-Terbuka-Hijau

29 Oktober 2012
SEMARANG – Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Sudharto P Hadi saat ini getol memperluas ruang terbuka hijau (RTH) berupa taman di kawasan kampus Tembalang. Untuk itu, dia menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan PT United Tractors (UT) Tbk. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bernama Utrees (United Tractors for Nature and Environment Responsibility), Undip bersama PT UT membangun Taman Rumah Kita. Taman tersebut akan menjadi ruang terbuka hijau dan area berkumpul bagi para mahasiswa. Menurutnya, ada empat hal yang terus dibenahi dalam rangka pengembangan kampus di Tembalang, yakni meliputi transportasi, drainase, pengelolaan sampah, dan taman. Sesuai dengan UU No 26/2007 tentang Penataan Ruang, proporsi RTH minimal 30%, terdiri atas 20% RTH publik dan 10% RTH privat. `’Ketersediaan ruang terbuka hijau menjadi salah satu komponen penjaminan mutu perguruan tinggi. Kami ingin taman ini menjadi tempat pembelajaran sekaligus tempat nongkrong bagi mahasiswa,” ujarnya saat peresmian Taman Rumah Kita, Minggu (28/10), di Fakultas Sains dan Matematika, kampus Tembalang.

…dst

17 ) Unnes Beri Penghargaan Dosen Penulis Artikel
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/30/203683/Unnes-Beri-Penghargaan-Dosen-Penulis-Artikel

30 Oktober 2012
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan penghargaan kepada para dosen yang aktif memublikasikan karya tulis berupa artikel di jurnal terakreditasi internasional dan artikel ilmiah populer di media massa nasional. Penghargaan disampaikan oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik Dr Agus Wahyudin pada upacara peringatan Sumpah Pemuda, Senin (29/10), di halaman rektorat kampus Sekaran. Mereka yang mendapatkan penghargaan itu adalah Prof Tri Marhaeni Pudji Astuti, Moh Yasir Alimi (FIS), Prof St Budi Waluyo, Prof Supartono, Masturi, Nanik Wijayati, Dwi Yulianti, Niken Subekti, Adi Nur Cahyono (FMIPA), Zulfa Sakhiya (FBS), Fatma Hetami, Intan Permata Hapsari, dan Issi Yuliasry (FBS). Selain itu, Siti Baitul Mukaromah, Sulaiman (FIK), Widi Astuti, RR Dewi Artanti Putri, Dewi Selvia Fardhayanti (FT), Siti Nuzulia, Rahmawati Prihastuty, Liftiah, Yuli Kuniawati Sugiyo Pranoto, Sungkowo Edy Mulyono (FIP), dan Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti (FE). Pada saat yang sama, Unnes juga memberikan penghargaan kategori dosen dengan kinerja pembelajaran kepada Robertus Widyadarsana, Alim Sukrisno, Juhadi, Arif Agoestanto, Prof Samsudi, Sulaiman, TarsisTarmudji, dan Cahya Wulandari.

…dst

18 ) Dilatih JPC, Mahasiswa Unhas Siap Masuk Dunia Kerja
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/30/373/711130/dilatih-jpc-mahasiswa-unhas-siap-masuk-dunia-kerja

Selasa, 30 Oktober 2012 15:13 wib
MAKASSAR – Job Placement Centre (JPC) sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Universitas Hasanuddin mengadakan `Pelatihan Memasuki Dunia Kerja Angkatan X Tahun 2012′. Kegiatan ini diadakan di Gedung IPTEKS, Kampus Merah, Unhas, Tamalanrea, Makassar, Selasa, (30/10/2012). Dijadwalkan berlangsung dua hari, 30-31 Oktober, pelatihan diikuti 134 peserta, baik sarjana maupun mahasiswa yang masih kuliah (akhir studi). Di hari pertama digelar empat kegiatan, tiga di antaranya pemaparan materi dan satu lebihnya ujian TOEFL. Tiga materi yang diberikan, yakni “Pengenalan Ujian TOEFL” oleh Drs. Lukmanulhakim Jaya, MS, “Assesment” oleh Dra. Dyah Kusmarini, Psysch. dan “Strategi Mengikuti TPA (Kuantitatif)” oleh Dr. Beta Putranto, M.Sc. Sementara itu, agenda pelatihan hari kedua akan diisi tiga materi masing-masing “Strategi Mengikuti TPA (Logika)” oleh Dr. Loeky Haryanto, MS, .MSc, MAT; “Orientasi Karier” oleh Dr. Arlina Gunarya, M.Sc, dan “Persiapan Dini Memasuki Dunia Kerja” oleh Dra. Dyah Kusmarini, Psych.

…dst

19 ) UNS Dorong Pelaksanaan Riset Kolaboratif
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/30/373/711193/uns-dorong-pelaksanaan-riset-kolaboratif

Selasa, 30 Oktober 2012 16:42 wib
SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Dr. Ravik Karsidi, MS menyatakan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS harus mampu melaksanakan fungsi riset kolaboratif dengan luar negeri. “Sejauh ini memang belum hidup, belum dilakukan,” ungkap Rektor UNS Prof. Ravik Karsidi saat ditanya wartawan perihal LPPM UNS, usai pelantikan Prof. Dr. Darsono, MS sebagai Ketua LPPM UNS yang baru menggantikan Prof Dr. Sunardi, di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Selasa (30/10/2012). Prof Ravik Karsidi mengatakan bahwa pengembangan riset kolaborasi dengan luar negeri penting dilakukan. Salah satunya dapat mendorong untuk publikasi jurnal internasional. “Selain itu pengembangan riset LPPM UNS juga harus bekerjasama dengan program Pascasarjana,” jelasnya.

…dst

20 ) Tunjangan Profesi tak Utuh, Sejumlah Kepala Daerah Diperdatakan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/209113

Senin, 29/10/2012 – 17:57
BANDUNG, (PRLM).- Organisasi Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) merencanakan akan menggugat perdata beberapa kepala daerah di Jawa Barat. Gugatan tersebut akan diajukan karena para guru PNS di Jabar tidak menerima tunjangan profesi secara utuh. Padahal sesuai aturan, setiap guru yang telah lulus sertifikasi akan menerima tunjangan profesi setiap bulannya yang dicairkan per triwulan. “Namun pada kenyataannya, tunjangan profesi guru yang diterima guru PNS hanya dua bulan pada triwulan kedua yang dicairkan bulan Juli dan triwulan ketiga bulan Oktober ini. Oleh karena itu, kita akan menggugat beberapa kepala daerah karena dana dari Kementerian Keuangan sudah diberikan secara penuh kepada pemerintah daerah kabupaten atau kota,” ujar Sekjen FGII, Iwan Hermawan di Gedung Indonesia Menggugat, Jln. Perintis Kemerdekaan, Bandung, Senin (29/10/12). Hal yang menimpa para guru PNS tersebut, tidak hanya terjadi di Kota Bandung. Tapi juga terjadi di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab. Garut, Kab. Sukabumi, dan Kab. Bogor.

…dst

21 ) Didesak Putuskan Penghapusan RSBI
Ketua MK Dikirimi Surat Raksasa
http://www.jpnn.com/read/2012/10/30/145168/Ketua-MK-Dikirimi-Surat-Raksasa-

Selasa, 30 Oktober 2012 , 13:02:00
JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD dikirimi surat raksasa oleh aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) bersama sejumlah warga masyarakat yang tergabung dalam koalisi masyarakat sipil “Anti Komersial Pendidikan” di kantor MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (30/10). Surat itu berkaitan dengan Permohonan percepatan putusan perkara nomor 5/PUU-X/2012 tentang permohonan uji materiil terhadap pasal 50 ayat 3 UU Sisdiknas yang telah mereka ajukan ke MK. Diketahui pasal ini menjadi dasar pelaksanaan 1300-an satuan pendidikan (rintisan) bertaraf internasional. Lantas kenapa surat yang dikirim ke MK harus berukuran besar? “Ide awal agar kelihatan sama Pak Mahfud MD karena dari awal kita ajukan perkara ini tahun 2011, sampai sidang Juni 2012, tapi putusannya belum kami dapat,” kata Monitoring Pelayanan Publik ICW, Sitti Juliantari di gedung MK. Sitti Juliantari menyebutkan, pihaknya sudah pernah mempertanyakan soal putusan perkara tersebut ke MK, namun belum direspon. Sehingga mereka berinisiatif memberikan surat yang ukurannya lebih besar kepada Ketua MK.

…dst

22 ) KPK: Pak Dahlan, Laporlah ke KPK
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/30/17184614/KPK.Pak.Dahlan.Laporlah.ke.KPK

Selasa, 30 Oktober 2012 | 17:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi berharap Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan melaporkan ke KPK perihal informasi adanya permintaan jatah dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat terkait persetujuan pencarian penyertaan modal pemerintah kepada BUMN. Informasi itu jangan hanya dilempar ke publik. “Sebaiknya jangan ramai di luar saja. Kalau Pak Dahlan punya informasi, ya disampaikan ke KPK,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Selasa (30/10/2012). Johan mengatakan, jika dilaporkan, KPK akan menindaklanjuti dan menelaah informasi tersebut. Jika memang benar apa yang disampaikan, kata Johan, permintaan jatah termasuk tindak pidana korupsi. “Kalau benar. Tapi kan belum tentu benar. Sebaiknya kalau ada, yah dilaporkan saja, jangan menduga-duga,” pungkas Johan. Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Dipo Alam mengeluarkan surat edaran bernomor 542 tertanggal 28 September 2012 untuk Kementerian, anggota Kabinet, dan pemerintah daerah. Isinya, agar menolak praktek kongkalikong terkait APBN. Pascakeluarnya surat edaran itu, Dahlan melapor ke Dipo ada anggota Dewan yang meminta jatah kepada BUMN.

…dst

23 ) Dahlan VS DPR
Ini Empat Modus Anggota DPR Minta ‘Jatah’
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/30/09124770/Ini.Empat.Modus.Anggota.DPR.Minta.Jatah

Selasa, 30 Oktober 2012 | 09:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan masih bisa berseloroh menanggapi perselisihannya dengan Dewan Perwakilan Rakyat. Saat dijumpai Kompas.com, sesaat sebelum mengisi acara di KompasTV, Senin (29/10/2012) petang, ia mengungkapkan, praktik kongkalikong antara oknum anggota DPR dan BUMN telah terjadi sejak zaman Majapahit. Ia tampak merenung saat ditanya soal kondisi BUMN sebelum adanya praktik kongkalikong dan permintaan jatah dari oknum anggota DPR ke BUMN terbuka ke publik. “Kalau zaman dulu BUMN itu perasaan…,” ujar Dahlan yang kemudian tak menyelesaikan perkataannya. Raut muka Dahlan kemudian menunjukkan ketidaksukaannya dan dahinya sedikit mengernyit. Dahlan seolah sedang mencari kata yang pas untuk menggambarkan kondisi BUMN sebelumnya. “Itu sudah biasalah,” sambungnya lagi.

…dst

24 ) DPR: Dahlan, Jangan Kebakaran Jenggot!
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/30/13043672/DPR.Dahlan.Jangan.Kebakaran.Jenggot

Selasa, 30 Oktober 2012 | 13:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Komisi VII DPR Effendi Simbolon menyatakan, pihaknya tetap akan memanggil Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan selama masa reses. Effendi pun meminta Dahlan untuk datang dan tidak “kebakaran jenggot” dengan pemanggilan itu. “Kami, kan, sudah dua kali memanggil Dahlan, tetapi dia, kan, mangkir. Jadi, kami akan panggil secepat mungkin. Teman-teman meminta menggunakan masa reses ini,” ujar Effendi, Selasa (30/10/2012), saat dihubungi wartawan. Effendi menjelaskan, pemanggilan akan dilakukan untuk mengklarifikasi hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan terkait dengan inefisiensi yang terjadi di PLN selama masa kepemimpinan Dahlan Iskan. “Hasil temuan BPK itu, kan, bukan hanya yang Rp 37,6 triliun di delapan pembangkit, tetapi ada juga banyak hal. Jadi, jangan juga Pak Dahlan kebakaran jenggot dan mengalihkan isu pemberian upeti,” kata Effendi.

…dst

25 ) Waspada Mi Instan Korsel Mengandung Pemicu Kanker!
http://internasional.kompas.com/read/2012/10/30/16095216/Waspada.Mi.Instan.Korsel.Mengandung.Pemicu.Kanker.

Selasa, 30 Oktober 2012 | 16:09 WIB
KOMPAS.com – Otoritas perlindungan konsumen China menolak beberapa mi instan yang diimpor dari Korea Selatan. Menurut warta Xinhua pada Selasa (30/10/2012), diduga ada kandungan penyebab kanker di dalam makanan itu.Sebelumnya, pihak Korsel melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan, pada minggu lalu, sudah mengumumkan akan menarik enam jenis mi instan buatan Nongshim. Perusahaan itu adalah perusahaan mi instan terbesar di Negeri Ginseng. Pihak Nongshim menemukan zat benzopyrene pada mi instan produknya. Zat tersebut bisa memicu penyakit kanker paru. Sementara itu, pihak pemerintah China sudah meminta para importir secara sukarela menarik produk-produk dimaksud. Termasuk yang diperintahkan untuk ditarik adalah Neoguri dan Sang Sang. “Kami sudah meminta untuk menarik produk-produk itu,” kata Juru Bicara Badan Karantina, Inspeksi, dan Pengendalian Mutu (AQSIQ) Li Yuanping. Ia menambahkan, AQSIQ akan terus berhubungan dengan otoritas Korsel terkait penarikan mi instan impor tersebut.

…dst

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.