1 ) Selamat Idul Adha 1433 H bagi adik/sahabat yang merayakannya… semoga ibadah hari ini membawa berkah bagi kita semua … Amin.

2 ) Innalillahi wa inna illaihi rojiun…



Telah meninggal dunia Ir. Heru Sutomo, M.Sc., Ph.D. (dosen Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM, lahir Jombang, Selasa 09/07/1957) karena serangan jantung, Kamis 25 Oktober 2012 sore di Rumah Sakit JIH, Yogyakarta. Dikebumikan Jumat 26 Oktober 2012 di pemakaman Krapyak Bantul.

3 ) UNS Gelar Lokakarya Kurikulum Inti Ilmu Komunikasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/26/18560471/UNS.Gelar.Lokakarya.Kurikulum.Inti.Ilmu.Komunikasi

Jumat, 26 Oktober 2012 | 18:56 WIB
SOLO, KOMPAS.com – Untuk menemukan formula dan strategi pengembangan kurikulum pendidikan tinggi ilmu komunikasi yang mampu menciptakan lulusan berwawasan global, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menyelenggarakan lokakarya pengembangan kurikulum inti ilmu komunikasi di Indonesia. Kegiatan yang akan berlangsung pekan depan, Selasa (30/10/2012) -Rabu (31/10/2012) di Hotel Kusuma Sahid Prince Solo, digelar atas kerjasama Fisip UNS dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom). Menurut ketua panitia penyelenggara, A Eko Setyanto, lokakarya ini akan diikuti sekitar 100 peserta dari berbagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan ilmu komunikasi di Indonesia baik Diplomas III, Strata 1, dan Pascasarjana.

…dst

4 ) Undip Kirim 50 Mahasiswa Asing Belajar ke Karimunjawa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/26/18344377/Undip.Kirim.50.Mahasiswa.Asing.Belajar.ke.Karimunjawa.

Jumat, 26 Oktober 2012 | 18:34 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Untuk memperkenalkan kekayaan laut Indonesia berikut ekosistem di dalamnya kepada para mahasiswa asing, selama sepekan (29 Oktober-3 November 2012) Universitas Diponegoro Semarang menggelar kegiatan “Tropical Course and Culture” bagi 50 mahasiswa asing yang belajar di Undip. Kegiatan ini akan berlangsung di Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. “Dalam acara itu selain mengenalkan lingkungan laut tropis, para mahasiswa asing juga akan dibekali dengan konsep-konsep yang terkait seperti ekosistem laut dan kajian pesisir,” ujar Kepala UPT Humas Undip, Agus Naryoso, Jumat (26/10/2012) di Semarang, Jawa Tengah. Selama mengikuti kegiatan tersebut, semua peserta akan mendapatkan bimbingan dari para pakar seperti pengelolaan lingkungan berkelanjutan, pengetahuan daerah pesisir tropis, pengembangan budaya, dan kearifan lokal untuk penataan lingkungan yang berkesinambungan, penyakit tropis. Menurut Agus, selain belajar di kelas, para mahasiswa asing tersebut juga akan diajak untuk melakukan kegiatan jungle tracking in the forest (mengenal hutan tropis karimunjawa, serta mengeksplorasi kekayaan fauna dan magroove dan tanaman yang tumbuh dilahan basah lainnya).

…dst

5 ) E-Fast FK UI Edukasi Masyakarat Tentang Pertolongan Pertama
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/26/373/709689/e-fast-fk-ui-edukasi-masyakarat-tentang-pertolongan-pertama

Jum’at, 26 Oktober 2012 16:04 wib
JAKARTA – Minimnya pengetahuan masyarakat awam untuk memberikan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan atau gawat darurat medis prarumah sakit sering kali berujung pada tingginya angka kematian terhadap korban kejadian tersebut. Untuk itu, Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) berupaya mengedukasi masyarakat lewat program Emergency Fair dan Festival (E-Fast). Pada acara yang mengusung tema `Daily Emergency’ itu bentuk edukasi yang diberikan kepada masyarakat cukup beragam. Mulai dari pameran, seminar, hingga perlombaan Teenage First Responder Competition (TFRC). Demikian, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (26/10/2012). Dalam seminar, tema besar yang diangkat adalah daily injury. Pada kagiatan tersebut dipaparkan secara lengkap mengenai penanganan luka dan luka bakar, kecelakaan saat berolahraga, penanganan kegawatdaruratan pada anak seperti kejang, dehidrasi, dan demam, keracunan makanan, hingga pemberian bantuan hidup dasar berupa kompresi jantung dan pernapasan buatan (Resusitasi Jantung Paru) bila korban kecelakaan henti jantung dan henti napas.

…dst

6 ) Minta Jatah Proyek, Dinilai Praktek Lama
http://www.jpnn.com/read/2012/10/26/144772/Minta-Jatah-Proyek,-Dinilai-Praktek-Lama-

Jum’at, 26 Oktober 2012 , 20:41:00
JAKARTA-Pola meminta jatah proyek yang dilakukan sejumlah oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), diyakini telah berlangsung lama. Oleh sebab itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta bersikap tegas dan harus segera menindaklanjuti hal tersebut. “Pola meminta jatah, itu praktek lama. Bukannya di Indonesia hal seperti itu sudah berlangsung lama. Ini karena kepentingan partai. Mereka (oknum anggota DPR,red) harus setor soalnya,”kata pengamat politik dari Universitas Indonesia, Boni Hargens, kepada JPNN, lewat pesan elektroniknya, Jumat (26/10). Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam menyatakan Surat Edaran nomor 542 tentang Pengawalan APBN 2013-2014 diterbitkan demi mencegah praktik kongkalikong. Surat tersebut ditujukan ke seluruh menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, pimpinan BUMN, serta pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, guna menolak permintaan uang atau jatah yang kerap dilakukan oknum DPR RI. Pada awalnya disebut, surat edaran tersebut diterbitkan karena adanya SMS pengaduan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Namun belakangan, Dipo membantah hal tersebut. Praktik meminta jatah ini menurut Boni, sangat sulit untuk diberantas, tanpa adanya hukum yang baik. Ia bahkan menilai, tidak ada cara yang lebih tepat selain lewat hukum. Makanya ia meminta agar KPK segera bergerak cepat.

…dst

7 ) Dahlan Siap Tanggung Risiko
Bila Keputusan Soal Listrik Dianggap Salah
http://www.jpnn.com/read/2012/10/26/144684/Dahlan-Siap-Tanggung-Risiko-#

Jum’at, 26 Oktober 2012 , 02:47:00
JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan siap menjelaskan laporan tentang inefisiensi di Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dia juga akan memberikan klarifikasi terkait hal itu kepada Komisi VII DPR. “Ya nanti datang lah. Masak dipanggil DPR tidak datang,” ujarnya di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (25/10). Dahlan dua kali tidak menghadiri rapat kerja dengan komisi VII yang ingin meminta klarifikasi terkait temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyoroti hilangnya potensi penghematan Rp 37 triliun yang dialami PLN pada periode 2009″2010. Dahlan punya alasan di balik ketidakhadirannya itu. Saat jadwal rapat kerja pertama, dirinya mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam kunjungan kerja ke Jogjakarta. Pada jadwal rapat kedua, Dahlan berada di Jambi untuk melihat program peternakan sapi. Kunjungan tersebut dijadwalkan sejak lama. Selain itu, Dahlan belum mengetahui bahwa komisi VI yang menjadi mitra langsung Kementerian BUMN sudah memberikan persetujuan untuk memenuhi panggilan komisi VII yang membidangi sektor energi.

…dst

8 ) JSC terjunkan sarjana pertanian ke 50 kabupaten
http://www.antaranews.com/berita/340611/jsc-terjunkan-sarjana-pertanian-ke-50-kabupaten

Jumat, 26 Oktober 2012 02:25 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Jenderal Soedirman Center menerjunkan 55 sarjana pertanian ke 50 kabupaten di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur untuk menjadi tenaga penyuluh lapangan sektor pertanian. “Mereka merupakan peserta Program Kaum Muda Penggerak Pertanian (KMPP). Mereka akan bertugas melakukan pendampingan petani di wilayah tersebut selama empat bulan,” kata Ketua Umum Jenderal Soedirman Center (JSC) Bugiakso di Yogyakarta, Kamis. Menurut dia usai pelepasan Penugasan 55 KMPP JSC, mereka telah dibekali bermacam materi terkait dengan teknis pertanian dan sosial kemasyarakatan yang melibatkan para dosen dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta. Mereka juga dibekali dengan materi motivasi dan kepemimpinan yang melibatkan unsur TNI. “Program KMPP sudah cukup lama digagas JSC sebagai salah satu strategi untuk mengembalikan kejayaan sektor pertanian. Pada tahap pertama tenaga penyuluh lapangan yang dikerahkan baru sebanyak 55 orang,” katanya.

…dst

9 ) Bandel, DAU 52 Daerah Dipotong
http://www.jpnn.com/read/2012/10/26/144708/Bandel,-DAU-52-Daerah-Dipotong-

Jum’at, 26 Oktober 2012 , 08:53:00
JAKARTA – Gara-gara bandel tak juga menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (LPP APBD) Tahun Anggaran 2011, sebanyak 52 daerah dikenakan sanksi berupa penundaan 25 persen dari jumlah Dana Alokasi Umum (DAU) bulanan. Seperti dirilis Bagian Humas Direktorat Jenderal (Ditjen) Perimbangan Keuangan Kementerian (Kemenkeu), dari 52 daerah itu, Provinsi Aceh merupakan satu-satunya yang dikenai sanksi untuk tingkat provinsi. Yang lain adalah kabupaten/kota dan terbanyak dari wilayah Papua.(lihat tabel). Dari Sumut juga banyak, yakni ada enam kabupaten/kota yang ditunda pembayaran 25 persen DAU-nya. Yakni adalah Kabupaten Nias, Kota Sibolga, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Nias Barat. Sanksi ini berdasarkan monitoring penyampaian LPP APBD Tahun Anggaran 2011, hingga tanggal 19 Oktober 2012. “Sehingga dikenakan sanksi berupa penundaan penyaluran DAU bulan November tahun 2012 sebesar 25% dari jumlah DAU yang diberikan setiap bulannya,” demikian keterangan resmi Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, kemarin. Dijelaskan, sanksi itu merujuk pada ketentuan Pasal 17 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 65 Tahun 2010 tentang Perubahan atas PP Nomor 56 tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD).

…dst

10 ) Penyembelihan hewan kurban di Bantul masuk MURI
http://www.antaranews.com/berita/340737/penyembelihan-hewan-kurban-di-bantul-masuk-muri

Jumat, 26 Oktober 2012 16:55 WIB
Bantul (ANTARA News) – Penyembelihan hewan kurban massal yang dilakukan di sepanjang jalan Desa Bawuran, Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil pecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Piagam penghargaan dari MURI diserahkan usai penyembelihan hewan kurban sebanyak 100 kambing dan satu ekor sapi sekaligus kemudian dimasak tongseng bersama-sama warga setempat, Jumat siang. Menurut Ari Ari Siregar perwakilan dari MURI saat memberikan piagam penghargaan mengatakan, aksi penyembelihan hewan kurban di Desa Bawuran, Kabupaten Bantul masuk dalam MURI sebagai peserta dan penggunaan wajan terbanyak. “Setelah kami hitung di lapangan ada sebanyak 351 wajan yang digunakan untuk memasak daging oleh sebanyak 2.500 peserta dari 12 rukun tetangga (RT) di Desa Bawuran,” katanya. Untuk itu, lanjut dia, prestasi tersebut akan dicatat dalam rekor MURI yang ke 5.657 dan piagam penghargaan diberikan kepada beberapa perwakilan peserta.

…dst

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.