1 ) Pawai Kendaraan Meriahkan Malam Takbiran
http://regional.kompas.com/read/2012/10/25/2130324/Pawai.Kendaraan.Meriahkan.Malam.Takbiran

Kamis, 25 Oktober 2012 | 21:30 WIB
PALANGKARAYA, KOMPAS.com – Malam menjelang Idul Adha 1433 Hijriah di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (25/10/2012) dimeriahkan pawai kendaraan bermotor. Sebanyak 50 mobil dan 200 sepeda motor yang dihias mengikuti pawai keliling kota itu. Para peserta pawai memperebutkan piala bergilir gubernur Kalteng. Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran melepas para peserta pawai secara resmi dengan didahului lantunan takbir, sekitar pukul 20.30 tadi. Dalam sambutannya, ia berpesan agar kalangan muslim bisa menjaga ukhuwah Islamiyah dan kerukunan beragama. Acara itu diikuti antara lain pengurus masjid, siswa madrasah tsanawiyah dan sekolah menengah atas, perguruan tinggi, usaha kecil menengah, lembaga dakwah Islam, serta instansi pemerintah.

…dst

2 ) Amankan Idul Adha, Polda Metro Siagakan 1946 Personel
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/12/10/25/mcgakk-amankan-idul-adha-polda-metro-siagakan-1946-personel

Kamis, 25 Oktober 2012, 21:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Polda Metro Jaya menyiagakan 1.946 personel untuk mengamankan perayaan Idul Adha yang jatuh pada Jumat (26/10) esok. Personel tersebut akan mulai berjaga sejak malam takbiran sampai pasca Idul Adha. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, mengatakan anggota polisi akan berjaga di Tugu Monas dan Bunderan Hotel Indonesia (HI). “Ada 270 personel dari Polsek Gambir yang berjaga di Monas dan 199 personel dari Polsek Menteng berjaga di Bunderan HI,” ujarnya, Kamis (25/10). Sementara itu, untuk pengamanan shalat Idul Adha dikerahkan 243 personel dari Polres Jakarta Pusat untuk berjaga di Masjid Istiqlal. Sedangkan, pasca Idul Adha pengamanan dilakukan di sejumlah tempat wisata di Ibukota.

…dst

3 ) Universitas Ternama Australia Gelar Hari Indonesia
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/25/111318/Universitas-Ternama-Australia-Gelar-Hari-Indonesia/3

Kamis, 25 Oktober 2012 05:26 WIB
Metrotvnews.com, London: Universitas ternama Australia, the Australian National University (ANU) menggelar “Hari Indonesia (Indonesia Day)” dengan mengelar berbagai kegiatan intelektual dan kultural menjadi sajian utama perhelatan istimewa yang dijadwalkan, besok Jumat (26/10). Acara `Hari Indonesia” yang diselenggarakan di kampus yang berlokasi di ibukota Australia ini menampilkan beberapa segmen kegiatan, dari seminar mengenai Islam Kontemporer dan Teater Wayang goes to Las Vegas sampai pagelaran “jajan pasar” ala Indonesia, kata Direktur Projecting Indonesia Yasmi Adriansyah, Kamis. Dikatakannya `Hari Indonesia”ini diselenggarakan School of Culture, History and Languages, ANU, khususnya di bawah koordinasi Dr. Amrih Widodo, Pimpinan Sementara dari the Island Southeast Asia Centre, ANU. Selain itu dalam acara Hari Indonesia diadakan pula berbagai jenis lokakarya, dari Tari Payung (Sumatera) sampai teknik memasak makanan khas nusantara. Bahkan diujung acara akan digelar aktivitas menari masal dengan tarian asal Maluku, Poco-poco, ujar Yasmi Adriansyah, mahasiswa PhD di ANU.

…dst

4 ) Ada Lomba Penulisan Bahasa Indonesia di Beijing
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/25/111404/Ada-Lomba-Penulisan-Bahasa-Indonesia-di-Beijing/3

Kamis, 25 Oktober 2012 19:18 WIB
Metrotvnews.com, Beijing: Kedutaan Besar RI di Beijing, China, menggelar lomba penulisan dalam Bahasa Indonesia dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Lomba bertemakan “Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pergaulan Internasional” itu bertujuan lebih memperkenalkan Indonesia, khususnya Bahasa Indonesia di kalangan mahasiswa China dan asing yang belajar di China. “Kita telah mengirimkan pengumuman tentang lomba tersebut dengan menyurati beberapa perguruan tinggi di China yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia,” kata Atase Pendidikan KBRI Beijing, Chaerun Anwar di Beijing, China, Kamis (25/10). Chaerun mengatakan masing-masing peserta lomba harus memilih salah satu sub tema yang ditetapkan yakni “Peran dan Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pergaulan Internasional”, “Perbedaan dan Keunggulan Bahasa Indonesia Dibandingkan Bahasa Lainnya” dan “Bagaimana Mendorong dan Membudidayakan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional”.

…dst

5 ) DPR Bahas RUU Pendidikan Kedokteran
http://www.jpnn.com/read/2012/10/25/144607/DPR-Bahas-RUU-Pendidikan-Kedokteran-

Kamis, 25 Oktober 2012 , 11:49:00
JAKARTA–Komisi X DPR RI dan pemerintah akhirnya sepakat melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran (RUU Dikdok) yang selama ini sempat tertunda. Keputusan ini ditetapkan setelah digelar pertemuan antara Komisi X DPR RI dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Kamis (25/10) di Jakarta. Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah, menegaskan bahwa RUU Pendidikan Kedokteran ini sudah cukup lama tertunda. Padahal RUU ini sudah dibahas selama enam kali masa sidang dan sudah dilakukan kajian yang dalam. Untuk itu DPR menegaskan pembahasan RUU Dikdok ini harus segera dituntaskan. “Saya sempat kecewa pada Pak Menteri, karena seperti tidak ada respon. Semestinya cukup diperpanjang satu masa sidang saja,” kata Ferdiansyah. Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, dalam rapat kerja antara Komisi X DPR dengan Mendikbud pada tanggal 10 April 2012, pemerintah mengajukan permohonan perpanjangan waktu untuk melakukan pendalaman dan koordinasi.

…dst

6 ) 3 Hal yang Mesti Dibenahi dalam Program Afirmasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/25/1135451/3.Hal.yang.Mesti.Dibenahi.dalam.Program.Afirmasi

Kamis, 25 Oktober 2012 | 11:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, meminta agar pelaksanaan program afirmasi diperbaiki supaya berjalan dengan baik. Pasalnya, program afirmasi yang saat ini berjalan untuk anak-anak Papua bertujuan sebagain pemerataan pendidikan. “Progressnya sudah bagus. Hanya sekitar 26 persen yang tidak mendaftar ulang. Tapi tetap harus diperbaiki lagi. Ada tiga hal mendasar yang mesti diprioritaskan,” kata Nuh, seusai bertemu dengan rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Selasa (23/10/2012) malam. Adapun tiga hal mendasar yang harus segera dibenahi adalah sistem rekruitmen, pendanaan dan pendampingan pada anak-anak yang masuk program afirmasi ini. Dengan demikian, kelanjutan pendidikan anak-anak ini berjalan lancar.”Sistem rekruitmen tentu harus dibuat. Jadi ada pertimbangan potensi si anak yang masuk program afirmasi ini,” ujar Nuh.

…dst

7 ) Beasiswa Bidikmisi untuk PTS Diprotes
Aptisi dan Kopertis Tak Dilibatkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/25/203298/Beasiswa-Bidikmisi-untuk-PTS-Diprotes

25 Oktober 2012
SOLO – Pemberian Beasiswa Bidikmisi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) ke perguruan tinggi swasta (PTS) dianggap sebagai kebijakan sepihak. `’Sebab, penentuan PTS penerima beasiswa tidak melibatkan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi),” kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Jawa Tengah Prof Dr Brodjo Sudjono. Brodjo mengaku sampai saat ini sama sekali belum mengetahui berapa kuota penerima Beasiswa Bidikmisi di Jawa Tengah. “Untuk Jateng saja jumlah penerima beasiswanya tidak terdeksi,” ujarnya. Bukti kurangnya koordinasi itu, menurut Brodjo, bisa dilihat dari kuota penerima beasiswa yang sampai saat ini belum terpenuhi. Hal itu membuktikan, Dikti kesulitan dalam memetakan mahasiswa di PTS mana yang memerlukan bantuan. Idealnya, lanjut Brodjo, pemberian Beasiswa Bidikmisi itu dilakukan dengan cara tes kepada semua mahasiswa di PTS yang memenuhi syarat tanpa membedakan berasal dari PTS mana dengan akreditasi apa. Itu bisa menunjukkan kesetaraan dan keadilan. “Dengan konsep equal and justice, semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa tanpa terhalang dia dari PTS mana,” paparnya. Hal itu juga untuk memberikan kesempatan kepada PTS-PTS yang berskala kecil agar mahasiswanya juga diapresiasi. “Selama ini jarang PTS kecil yang terakreditasi,” kata dia.

…dst

8 ) PT Bakal Segera Terapkan Pendidikan Antikorupsi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/25/13335226/PT.Bakal.Segera.Terapkan.Pendidikan.Antikorupsi

Kamis, 25 Oktober 2012 | 13:33 WIB JAKARTA, KOMPAS.com – Praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) masih marak terjadi di Tanah Air. Mental bangsa makin terpuruk seiring makin suburnya praktik KKN di Indonesia. Untuk itu, para rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia bakal segera mengadopsi pendidikan antikorupsi di kampus masing-masing. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyambut baik pendidikan antikorupsi yang akan segera dieksekusi oleh perguruan tinggi ini. Menurutnya, hal seperti ini tidak perlu lagi ditunda mengingat tujuannya yang positif.”Iya, bagus itu ada pendidikan anti korupsi. Sebenarnya, hal ini sudah didorong sejak dulu,” kata Nuh, seusai bertemu dengan rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Selasa (23/10/2012) malam.

…dst

9 ) Beasiswa S-2 Erasmus Mundus untuk Penari
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/25/12213186/Beasiswa.S-2.Erasmus.Mundus.untuk.Penari

Kamis, 25 Oktober 2012 | 12:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Eramus Mundus kembali membuka program beasiswa S-2 Choreomundus bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan kemampuan menari atau olah tubuh yang lain seperti bela diri. Program ini ditawarkan oleh konsorsium yang terdiri dari empat universitas yang dikenal memiliki kurikulum yang mumpuni untuk analisis tari. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengobservasi, menganalisis dan mengevaluasi tarian sebagai bentuk pengetahuan, latihan, warisan budaya serta alat penyampai pengetahuan yang diadaptasi dari kearifan lokal. Tersedia dua jalur beasiswa yang diperuntukkan bagi pendaftar dari Uni Eropa dan pendaftar yang bukan berasal dari negara Uni Eropa. Untuk pendaftar dari Indonesia, dapat mengambil jalur beasiswa kategori A yang diperuntukkan bagi siswa luar negara Uni Eropa. Pendaftaran untuk kategori ini akan segera ditutup pada 1 Desember mendatang sehingga penyerahan berkas persyaratan diharapkan sudah diterima oleh pihak konsorsium sebelum tanggal tersebut.

…dst

10 ) Percaya kepada Kekuatan Bahasa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/25/09530444/Percaya.kepada.Kekuatan.Bahasa

Kamis, 25 Oktober 2012 | 09:53 WIB
KOMPAS.com – Bagi David Hill, Guru Besar Fakultas Seni dan Budaya Murdoch University, Australia, bahasa merupakan kekuatan lembut (“soft power”) yang dimiliki suatu bangsa. Bagaimana bangsa lain menghargai bahasa suatu negara merupakan tolok ukur pengaruh negara tersebut terhadap bangsa lain di dunia. Dalam Konferensi Internasional Pengajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (KIPBIPA) di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah, awal Oktober lalu, terungkap minat belajar Bahasa Indonesia di Australia terus menurun. Statistik menunjukkan, peminat program studi Bahasa Indonesia di perguruan tinggi Australia menurun 37 persen. Pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dari TK hingga SMA di Australia kehilangan 10.000 siswa setiap tahun.

…dst

11 ) InaSAFE- Perangkat Lunak Siap Siaga Bencana InaSAFE Diluncurkan
http://sains.kompas.com/read/2012/10/24/19454464/Perangkat.Lunak.Siap.Siaga.Bencana.InaSAFE.Diluncurkan

Rabu, 24 Oktober 2012 | 19:45 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Perangkat lunak gratis untuk kesiapsiagaan bencana pertama di dunia diluncurkan pada Pertemuan Tingkat Kementerian tentang Pengurangan Risiko Bencana (AMCDRR) ke 5 yang berlangsung di Yogyakarta, Rabu (24/10/2012). InaSAFE (Indonesia Scenario Assesment for Emergency), demikian nama perangkat lunak tersebut, merupakan hasil kerjasama Bank Dunia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Australia – Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR). InaSAFE dikembangkan selama 2,5 tahun terakhir. Dodi Ruswandi, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB mengatakan, “Ini adalah perangkat siap siaga bencana gratis pertama di dunia. Kita berharap ini bisa diadopsi negara lain untuk mengurangi risiko bencana.” Ia menguraikan, InaSAFE dapat digunakan siapapun yang memiliki keterampilan komputer dasar. Perangkat lunak ini membantu menjawab pertanyaan tentang dampak bencana pada manusia dan infrastruktur sehingga membantu menyusun rencana berdasarkan skenario terburuk. InaSAFE sejauh ini telah dikembangkan terkait dengan bencana gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan banjir. Risiko yang mampu diprediksi lewat InaSAFE cukup detail, meliputi luas wilayah yang mungkin terdampak, populasi, jumlah infrastruktur, hingga bantuan makanan.

…dst

12 ) “Judul Adalah Jendela Penelitian”
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/25/373/709216/judul-adalah-jendela-penelitian

Kamis, 25 Oktober 2012 14:29 wib
JAKARTA – Judul merupakan bagian kecil yang sering terlupakan fungsinya sebagai penarik perhatian orang untuk membaca sebuah tulisan, termasuk sebuah penelitian. Kerangka berpikir sebuah penelitian memang dimulai dengan penentuan masalah, namun untuk kepentingan administratif, mulailah dengan judul. Menyadari hal tersebut, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar Lokakarya Penerbitan Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan (LIK). Salah satu pemateri dalam acara tersebut Maman Rachman pun memaparkan formula penulisan sebuah judul yang baik dan menarik. “Judul penelitian yang layak adalah formulasi yang ekspresif dinyatakan dengan jelas, padat, berisi tentang permasalahan serta ruang penelitian yang bersangkutan, berkesan ekonomis terhadap penggunaan kata, namun gambaran variabel terlihat. Judul adalah jendela penelitian,” ungkap Maman, seperti dinukil dari situs Unnes, Kamis (25/10/2012). Menurut Maman, penelitian adalah cara ilmiah menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi manusia untuk menemukan kebenaran secara terkendali dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Berbeda dengan pencarian kebenaran yang ditemukan dengan cara non-ilmiah. “Kendatipun cara non-ilmiah dapat menemukan kebenaran, penemuan itu sulit dipertanggungjawabkan dan diverifikasi,” tuturnya.

…dst

13 ) DPR Usul UU Sisdiknas Direvisi
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/25/373/708983/dpr-usul-uu-sisdiknas-direvisi

Kamis, 25 Oktober 2012 08:49 wib
JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan mengusulkan untuk merevisi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No. 20 Tahun 2003 karena banyak yang sudah tidak sesuai dengan konstitusi. Anggota Komisi X DPR Raihan Iskandar mengatakan, UU Sisdiknas itu akan diusulkan ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2013. Hal mendasar diperlukannya perubahan itu adalah 138 pasal yang tidak sesuai dengan kebijakan yang dijalankan pemerintah dalam dunia pendidikan saat ini. Seperti peraturan tentang guru di mana kebijakan kompetensi, sertifikasi, maupun pengangkatan guru yang diambil pusat dengan daerah tidak pernah serasi. Selanjutnya Ujian Nasional (UN), ujarnya, pemerintah menginginkan UN berlangsung secara jujur. Namun di daerah, UN sudah menjadi bahan becandaan di mana ketika UN guru lah mengerjakannya. Soal dikerjakan sebelum UN dimulai dan dibagikan ke muridnya. Hal ini terjadi atas tekanan kepala daerah masing-masing yang tidak mau nama daerahnya buruk karena hasil UN yang jeblok. “Ada juga Lembar Kerja Siswa (LKS). Itu sebenarnya muatan lokal dan pemerintah daerah yang bertanggung jawab. Namun mereka mengklaim itu program pemerintah pusat padahal daerah sudah ditransfer dana (untuk pengembangan LKS),” kata Raihan di gedung DPR, kemarin.

…dst

14 ) Pendidikan Profesi Guru Terbuka Digugat ke MA
http://cetak.kompas.com/read/2012/10/25/02265857/pendidikan.profesi.guru.terbuka.digugat.ke.ma

Kamis, 25 Oktober 2012
Jakarta, Kompas – Pendidikan profesi guru yang juga dibuka pemerintah bagi sarjana non-kependidikan dinilai mendiskriminasi lulusan lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Kebijakan yang mengacu pada UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen itu justru tak sejalan dengan komitmen pemerintah meningkatkan profesionalisme guru sejak menjalani pendidikan di jenjang sarjana dan profesi. Sejumlah mahasiswa lembaga pendidikan lembaga kependidikan (LPTK) menggugat Pasal 9 UU Guru dan Dosen, yang membuat profesi guru terbuka bagi semua sarjana, ke Mahkamah Konsitusi (MK). Sidang di MK telah berjalan. Pasal 9 yang berbunyi “Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat” membuat pendidikan profesi guru (PPG) yang diakui sebagai profesi khusus terbuka bagi sarjana non-kependidikan. “Kami bukan takut bersaing dengan sarjana non-kependidikan. Namun, untuk menjadi guru itu bukan cuma soal mengajar. Ini semua dipelajari dan disiapkan di jalur pendidikan di LPTK, bukan perguruan tinggi umum,” kata Aris Winarto, salah seorang pemohon, yang juga mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Rabu (24/10). Aris menegaskan, PPG hanya bisa diikuti sarjana kedokteran. Demikian juga profesi perawat di pendidikan profesi perawat atau pengacara dari lulusan fakultas hukum. Namun, Pasal 9 UU Guru dan Dosen justru tak memberi perlindungan dan kepastian hukum bagi mahasiswa LPTK seiring ketiadaan jaminan lulusan LPTK sebagai satu-satunya sarjana yang bisa masuk PPG. Pemerintah akan memulai PPG pada 2013 di LPTK yang ditunjuk.

…dst

15 ) Pakar : PPG atasi kekurangan guru
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/10/25/83668/pakar_ppg_atasi_kekurangan_guru/#.UIk9hGfdZ6E

25 Oktober 2012
Jakarta (ANTARA News) – Pakar pendidikan Arif Rahman mengatakan Pendidikan profesi guru (PPG) yang juga dibuka pemerintah bagi sarjana non-kependidikan diperlukan untuk mengatasi kekurangan guru. “Guru itu masih sangat kurang di Indonesia sehingga harus mencari sarjana fakultas lain yang juga ingin menjadi tenaga pendidik,” kata Arif Rahman saat dihubungi di Jakarta, Kamis. Menurut Ketua Harian Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO tersebut, kalau kita menunggu kelulusan sarjana pendidikan itu terlalu lama, sedangkan kebutuhan guru sangat mendesak. “Jadi umpamanya ada mahasiswa dari ITB bisa mengajar maka diberi kursus untuk mengajar dulu supaya mengerti seperti apa proses pembelajaran itu , bagaimana caranya menghadapi murid, membuat silabus, rencana pelajaran, dan soal dengan baik,” ujar Guru Besar Universitas Negeri Jakarta tersebut. Ia menambahkan keberadaan PPG juga meningkatkan kualitas tenaga guru sebagaimana diamanatkan UU No. 14 Tahun 2005 dan PP 74 Tahun 2008. “Posisi guru idealnya memang diisi oleh sarjana kependidikan, namun jika kualitas mereka di bawah lulusan umum, tentu tidak bisa dipaksakan. Sehingga sarjana umum pun bisa menjadi guru dengan syarat telah menempuh program PPG selama 1 tahun,” katanya lagi. Ia menambahkan, Indonesia mempunyai wilayah yang luas dan secara sosiokultural sangat heterogen. Di beberapa wilayah masih terdapat permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama pada daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

…dst

16 ) Undip Gelar Lomba Robot Tak Berawak di Pantai
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/25/373/709226/undip-gelar-lomba-robot-tak-berawak-di-pantai

Kamis, 25 Oktober 2012 16:06 wib
JAKARTA – Kenal dengan istilah raboboat? Istilah ini merujuk pada teknologi robot kapal tanpa awak yang digunakan sebagai pertahanan sebuah negara. Jika biasanya kompetisi Raboboat digelar di luar negeri, tahun ini kita bisa menyaksikan serunya kompetisi Roboboat di Semarang. Kampus yang dipercaya Ditjen Dikti Kemendikbud menggelar Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional ini adalah Universitas Diponegoro (Undip). Menurut Pembantu Rektor III Undip, Drs. Warsito, SU, prestasi Undip dalam yang berhasil beberapa kali menjuarai kontes Raboboat di tingkat internasional menjadi alasan utama Ditjen Dikti Kemendikbud memilih mereka menjadi tuan rumah Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional pertama di Tanah Air ini.

…dst

17 ) Tersedia 10 Beasiswa ke University of Wales, UK
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/24/368/708845/tersedia-10-beasiswa-ke-university-of-wales-uk

Kamis, 25 Oktober 2012 08:13 wib
JAKARTA – Berencana mengikuti program beasiswa ke luar negeri mulai tahun akademik mendatang? University of Wales, Newport, Inggris dapat menjadi salah satu pilihan. Pasalnya, kampus ini menyediakan program beasiswa parsial untuk pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana. Beasiswa dari University of Wales terdiri dalam dua gelombang, yakni September 2012 dan Januari 2013. Gelombang pertama berakhir pada 3 September lalu, sementara gelombang kedua akan berakhir pada 7 Januari 2013. Besarnya beasiswa yang diberikan melalui program ini adalah 1.000 poundsterling. Besaran nominal ini akan langsung dipotong dari biaya kuliah yang harus dibayar setiap tahunnya. Seperti program beasiswa pada umumnya, beasiswa ini pun ditujukan bagi pelajar yang memiliki prestasi yang baik dalam bidang akademik dan seni. Selain itu, keaktifanmu dalam organisasi atau komunitas berbasis sosial atau budaya menjadi salah satu syarat yang diajukan oleh University of Wales untuk program beasiswa ini. Yang terpenting, ketika ingin mengajukan aplikasi beasiswa pada program ini, pelamar harus memiliki visa pelajar alias Confirmation of Acceptance for Studies (CAS).

…dst

18 ) Pilih StuNed, NFP, atau Orange Tulip Scholarship?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/25/19535773/Pilih.StuNed.NFP.atau.Orange.Tulip.Scholarship.

Kamis, 25 Oktober 2012 | 19:53 WIB
KOMPAS.com – Jangan terpaksa mengubur impian studi ke luar negeri hanya karena masalah biaya. Pepatah mengatakan, banyak jalan menuju Roma. StuNed (Studeren in Nederland) dan beasiswa NFP (Netherlands Fellowship Programme) ini, misalnya. Beasiswa dari Pemerintah Belanda khusus para eksekutif muda ini diberikan meliputi biaya studi dan biaya hidup selama masa studi di negeri Kincir Angin itu. Bagi yang tertarik, kualifikasi meraih beasiswa StuNed ini sangat kompetitif, meliputi sedang bekerja dan memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun di instansi terakhir dan kemampuan bahasa Inggris mumpuni dengan skor IELTS minimal 6 atau Internet-based TOEFL 80. Beasiswa diberikan untuk jenjang Master (S-2), Short Course (kursus singkat), serta Tailor-Made Training (pelatihan khusus). StuNed merupakan beasiswa bilateral pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda. Sejak diluncurkan pada 2000, sebanyak 200-250 mahasiswa Indonesia setiap tahunnya melanjutkan studi di Belanda dengan dibiayai program beasiswa ini. Adapun pendaftaran beasiswa StuNed untuk tahun akademis 2013 akan dibuka pada Januari 2013 nanti.

…dst

19 ) Mau Daftar Beasiswa Langsung ke China?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/25/20333654/Mau.Daftar.Beasiswa.Langsung.ke.China.

Kamis, 25 Oktober 2012 | 20:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pendidikan tinggi China terus membuka diri dengan makin maraknya perguruan tinggi asing dan lokal China yang membuka program studi (prodi) gelar berpengantar bahasa Inggris. Hal ini karena semakin meningkatnya jumlah mahasiswa lokal China dan mahasiswa asing menempuh studi dalam program tersebut. “Mahasiswa lokal China mengikuti prodi gelar universitas mancanegara dengan bahasa Inggris, karena peluang kerja bagi mereka semakin luas dengan menguasai bahasa Inggris dan hemat biaya tanpa ke negara tersebut,” kata Samuel Wiyono, Ketua Beijing Language & Culture Institute (BLCI), dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (25/10/2012). Terlebih lagi bagi mahasiswa Indonesia, lanjut dia, yang telah menguasai bahasa Inggris, dapat langsung kuliah ke jenjang S-1 atau S-2 di China. Para pelajar tersebut juga tidak harus terlebih dulu belajar bahasa Mandarin sehingga bisa menghemat waktu studi.

…dst

20 ) Susu Limbah Ulat Sutra Sarat Protein Loh!
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/24/372/708843/susu-limbah-ulat-sutra-sarat-protein-loh

Kamis, 25 Oktober 2012 07:07 wib
JAKARTA – Ulat sutra merupakan bahan baku pembuat kain sutra yang memiliki harga sangat tinggi di pasaran. Namun, bagaimana dengan limbah yang dihasilkan oleh pengolahan ulat sutra? Para mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menyulapnya dengan sangat kreatif menjadi susu. Pada 2011, penelitian ini dilakukan oleh tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diketuai oleh Shawar Khan. Mereka berhasil memanfaatkan protein dari pupa ulat sutra Bombyx mori sebagai bahan fortifikasi pada susu bubuk. Namun, kemurnian isolat protein dan penerimaan responden terhadap cita rasa susu tersebut masih rendah. Berangkat dari tanggapan responden terhadap produk inovasi tersebut, Hera Tri Utomo, Ribka, Acep Usman Abdullah, Ayu Febriani, dan M Tian Syaputra pun melakukan penelitian lanjutan. Kelima mahasiswa tersebut berhasil memproduksi susu bubuk yang difortifikasi dengan protein dari pupa ulat sutra dengan tingkat kemurnian protein yang tinggi dan mempunyai karakteristik cita rasa yang disukai responden.

…dst

21 ) Kemendikbud siapkan uji publik kurikulum baru
http://www.antaranews.com/berita/340321/kemendikbud-siapkan-uji-publik-kurikulum-baru

Rabu, 24 Oktober 2012 15:29 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mempersiapkan uji publik kurikulum baru pendidikan nasional yang rencananya digelar pada Desember mendatang. “Kurikulum baru itu sekarang masih dirumuskan tim terkait naskah akademik dan kaji ulang sebelum uji publik,” kata Mendikbud Mohammad Nuh di Surabaya, Rabu. Ia mengemukakan hal itu setelah meresmikan Airlangga Convention Centre (ACC) yang merupakan pusat kegiatan sivitas akademika, baik berskala regional maupun nasional. Sebelumnya, Mendikbud juga menghadiri pemilihan pimpinan Majelis Wali Amanat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang menetapkan Mensesneg Sudi Silalahi sebagai ketua untuk kedua kalinya. “Dalam uji publik nanti, masyarakat punya kesempatan untuk mengkritik dan memberi saran, lalu tim akan merampungkan untuk dilaporkan kepada Wapres,” katanya. Tentang waktu pelaksanaan kurikulum baru itu, ia menargetkan kurikulum baru sudah mulai dapat diterapkan pada tahun ajaran baru 2013.

…dst

22 ) Mendagri larang mantan terpidana menjabat
http://www.antaranews.com/berita/340582/mendagri-larang-mantan-terpidana-menjabat

Kamis, 25 Oktober 2012 19:44 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan telah menerbitkan Surat Edaran yang melarang pengangkatan mantan terpidana menjadi pejabat Pemerintahan Daerah. Hal itu, menurut Mendagri, merupakan salah satu tindak lanjut terkait kasus pengangkatan mantan terpidana korupsi Azirwan menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau yang pada akhirnya mengundurkan diri. “Untuk saat ini kita terbitkan surat edaran untuk larangan bagi mantan terpidana diangkat menjadi pejabat,” katanya usai sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden di Jakarta, Kamis. Pihaknya juga tengah mengkaji untuk merevisi aturan PP no 53/2010 tentang Disiplin Kepegawaian. “Ya kita akan mengkajinya,” katanya. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Azwar Abubakar juga menyatakan siap untuk mengkaji revisi PP no 53/2010 tersebut dengan mempertegas sanksi disiplin pegawai negeri. “Kita akan atur untuk itu. Tapi belum kita bicarakan,” katanya.

…dst

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.