1 ) Mendikbud: BO PTN 2013 Belum Bisa Cair Januari
Menunggu Penetapan Tarif Kuliah oleh Pemerintah
http://www.jpnn.com/read/2012/10/21/144094/Mendikbud:-BO-PTN-2013-Belum-Bisa-Cair-Januari-

Minggu, 21 Oktober 2012 , 06:24:00
JAKARTA – Banyak rektor perguruan tinggi negeri (PTN) berharap bantuan operasional (BO) PTN 2013 cair Januari mendatang. Tapi mereka siap-siap gigit jari, karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan BO PTN 2013 belum bisa dicairkan pada bulan itu. Pernyataan Nuh soal BO PTN 2013 ini dia sampaikan setelah mengikuti kongres alumni teknik elektro ITS di Jakarta kemarin (20/10). Menteri yang juga alumni ITS itu mengatakan, setelah RUU APBN 2012 digedok beberapa bulan lagi, anggaran BO PTN sudah ada. “Nominal uangnya ada, tetapi tidak bisa dicairkan Januari,” katanya. Kemendikbud sendiri mengajukan anggaran BO PTN di RUU APBN 2013 sebesar Rp 3,5 triliun. Namun Nuh berharap anggaran BO PTN di UU APBN 2013 disahkan menjadi Rp 4 triliun. Mantan rektor ITS itu mengatakan penyebab BO PTN tidak bisa dicairkan pada Januari tahun depan. Dia mengatakan jika BO PTN ini baru bisa dicairkan atau dibagi-bagi per PTN setelah Kemendikbud menyelesaikan penetapan standarisasi atau batas maksimal biaya kuliah di seluruh kampus negeri mereka. “Insyallah penetapan semacam HET (harga eceran tertinggi) biaya kuliah ini selesai Maret 2013. Baru setelah itu BO PTN kita kucurkan,” jelas Nuh. Menurutnya dalam Undang-undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) pemerintah wajib menetapkan standar atau batas atas biaya kuliah. Dia mengatakan kampus tidak perlu cemas meskipun BO PTN tidak bisa bisa dicairkan Januari depan.

…dst

2 ) UU PT Tegaskan Posisi PTN dan PTS Sejajar
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/20/373/706856/uu-pt-tegaskan-posisi-ptn-dan-pts-sejajar

Sabtu, 20 Oktober 2012 17:06 wib
JAKARTA – Kehadiran Undang-Undang (UU) No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (PT) justru semakin memperkuat keberadaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang selama ini dinilai dianak tirikan oleh pemerintah oleh beberapa pihak. Dengan demikian, posisi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejajar dengan PTS. Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam ketika menyosialisasikan UU PT di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta belum lama ini. “Ini sekaligus menepis pandangan bahwa PTS dianak tirikan atau pemerintah hanya mengutamakan PTN saja,” kata Nizam, seperti disitat dari laman UGM, Sabtu (20/10/2012). Prinsip sejajar antara PTN dan PTS sebagaimana amanat UU Pendidikan Tinggi, lanjutnya, juga berlaku pada pengalokasian anggaran. Nizam menambahkan, hadirnya UU PT bukan untuk menggantikan UU Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang telah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK) tapi diharapkan akan mampu menjawab tantangan pendidikan yang semakin kompleks. “Karena di dalamnya memang ada semangat perluasan dan jaminan akses pendidikan bagi warga negara,” ujar dosen di jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan UGM itu.

…dst

3 ) Biaya Kuliah Sama untuk Semua Jenis Saringan Masuk
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143313/Biaya-Kuliah-Sama-untuk-Semua-Jenis-Saringan-Masuk-

Senin, 15 Oktober 2012 , 05:20:00
JAKARTA – Selama ini, jenis saringan masuk mahasiswa baru di kampus negeri berpengaruh terhadap biaya kuliah. Mulai tahun depan, para rektor kompak akan menyeragamkan biaya kuliah untuk semua mahasiswa baru dari segala macam jenis saringan masuk. Sudah jamak diketahui selama ini biaya kuliah untuk mahasiswa baru dari saringan masuk jalur ujian mandiri (non reguler), lebih mahal dibandingkan mahasiswa melalui jalur reguler atau SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri). Misalnya sama-sama masuk prodi guru bahasa Indonesia, biaya kuliah mahasiswa dari saringan ujian mandiri lebih mahal ketimbang mahasiswa yang masuk dari seleksi reguler. Saking lamanya kondisi ini berjalan, jalur mandiri sampai dicap sebagai jalur khusus mahasiswa dari keluarga kaya dengan kemampuan akademis pas-pasan. Informasi jika biaya kuliah untuk semua jenis saringan masuk disamakan ini diungkapkan oleh Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka. “Masyarakat jangan salah paham lagi, bahwa saringan masuk PTN yang berbede juga mempengahuri biaya kuliah yang berbeda juga,” kata dia. Akhmaloka mengatakan penerapan biaya kuliah seragam, terutama SPP, perlu diterapkan mengingat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan SPP tunggal. Dalam penerapan ini, nantinya akan ada ambang batas besaran biaya SPP yang boleh dipungut kempus kepada mahasiswanya.

…dst

4 ) Studi Desain Komunikasi Visual Harus Kurangi Pengangguran
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/20/357163/293/14/Studi-Desain-Komunikasi-Visual-Harus-Kurangi-Pengangguran

Sabtu, 20 Oktober 2012 17:24 WIB
SOLO–MICOM: Program Studi Desain Komunikasi Visual yang kini marak bermunculan di berbagai perguruan tinggi harus mampu menjadi program studi untuk mengurangi pengangguran. Caranya dengan mendorong para mahasiswa untuk menjadi insan kreatif berjiwa enterpreneur. Dengan demikian, ketika lulus mereka tidak lagi bingung mencari kerja, tetapi mampu menciptakan lapangan kerja. Pernyataan itu dilontarkan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ilah Sailah saat mengawali lokakarya Revitalisasi Kurikulum Desain Komunikasi Visual di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (20/10).”Untuk itu mahasiswa harus diberi ruang untuk kreatif. Mereka harus disodori masalah dan diminta mencari solusinya. Ini hanya bisa dilakukan melalui kurikulum yang pas dan ditangani oleh dosen yang memadai,” jelasnya. Kurikulum yang pas, menurut Ilah, adalah kurikulum yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan dunia usaha di mana perguruan tinggi berada. Ruang untuk menciptakan kurikulum seperti itu kini terbuka luas, karena sekarang tidak ada lagi istilah kurikulum nasional.

…dst

5 ) Kemendikbud Minta PT Berikan Pendidikan Antikorupsi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/19/17115813/Kemendikbud.Minta.PT.Berikan.Pendidikan.Antikorupsi

Jumat, 19 Oktober 2012 | 17:11 WIB
PURWOKERTO, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta perguruan tinggi di seluruh Indonesia memberikan mata kuliah atau pendidikan antikorupsi bagi mahasiswa sebagai bagian dari gerakan pemberantasan korupsi. “Keberadaan pendidikan antikorupsi di kampus, sebenarnya lebih kepada menularkan semangat untuk mendorong perguruan tinggi ikut serta dalam gerakan pemberantasan korupsi,” kata Kepala Pusat informasi dan Humas Kemendikbud Ibnu Hamad di Purwokerto, Jumat (19/10/2012). Ibnu mengatakan hal itu usai kegiaan Sosialisasi Undang-Undang Pendidikan Tinggi di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Kendati demikian, dia mengatakan sebelum pendidikan antikorupsi diajarkan, para dosen yang akan mengajarkannya harus mengikuti pelatihan atau “training of trainer” (TOT). Menurut dia, hingga saat ini Kemendikbud telah mengadakan TOT bagi 1.000 dosen, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

…dst

6 ) Pemerintah Diminta Perbaiki Proses Pembelajaran di Sekolah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/19/mc4qmj-pemerintah-diminta-perbaiki-proses-pembelajaran-di-sekolah

Jumat, 19 Oktober 2012, 14:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah diminta tidak hanya mengurusi perbaikan kurikulum. Sebab, ada hal yang juga tidak kalah penting, yakni memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan para tenaga pendidik. “Perbaikan kurikulum memang penting tapi yang menjadi persoalan mendasar atau manifestasi dari sistem kita adalah proses pembelajaran serta pengawasan,” ujar pengamat Pendidikan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Titik Handayani saat dihubungi di Jakarta, Jumat (19/10). Dalam proses pembelajaran, lanjut dia, akan terlihat proses jauh lebih penting ketimbang produk. Apalagi, produk yang bagus belum tentu unggul dalam prosesnya. Karena itu, menurut dia, diperlukan kejelian seorang guru dalam mengevaluasi kommpetensi yang telah dikuasi para peserta didiknya. “Pelajaran apapun yang tidak diintegrasikan akan menjadi sia-sia dan ketika guru menyampaikan kurikulum itu menjadi penting,” ujar dia.

…dst

7 ) Ini 3 Bisnis Menggiurkan untuk Mahasiswa Versi Dahlan Iskan
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/10/20/110716/Ini-3-Bisnis-Menggiurkan-untuk-Mahasiswa-Versi-Dahlan-Iskan/2

Sabtu, 20 Oktober 2012 16:54 WIB
Metrotvnews.com, Malang: Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengatakan, banyak peluang bisnis yang bisa diraih mahasiswa yang menjanjikan keuntungan besar dan perkembangan di masa depan. “Banyak peluang bisnis yang bisa dibidik mahasiswa, dan prospek ke depannya juga bagus, seperti bisnis solar cell, penggemukan sapi (anak sapi), dan daging kelinci,” kata Dahlan dalam seminar bertema ‘Belum Wisuda Jadi Pengusaha’ di Universitas Brawijaya Malang, Sabtu (20/10). Menurut dia, solar cell merupakan salah satu sumber energi ramah lingkungan, dan sangat menjanjikan di masa mendatang. Mulai tahun depan solar cell sudah mulai berkembang, sehingga perlu menjadi prioritas bisnis bagi mahasiswa. Kalau mau menggeluti bisnis solar cell, mahasiswa harus mempersiapkan diri secara matang sejak sekarang. Karena persaingan pasti akan ketat. “Kalau sudah dipersiapkan mulai sekarang, tahun depan tinggal jalan,” katanya.

…dst

8 ) Menristek berharap anggaran riset ditambah
http://www.antaranews.com/berita/339698/menristek-berharap-anggaran-riset-ditambah

Sabtu, 20 Oktober 2012 22:33 WIB
Palangka Raya (ANTARA News) – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta berharap pemerintah bisa menambah angggaran dana penelitian menjadi satu persen dari APBN. “Ambisinya kita, agar pada 2014 pemerintah dapat menyediakan satu persen kalau ingin penelitian menjadi signifikan, karena yang dianggarkan dari APBN kurang lebih 0,9 persen ,” kata Gusti di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu. Diakuinya, selama ini secara nasional angggaran inovai melalui riset dananya masih rendah, hanya Rp4,3 triliun per tahun atau 0,08 persen, untuk tujuh lembaga penelitian ditambah Kemenristek. Untuk mengatasi kurangnya dana penelitian, upaya yang dilakukan antara lain membentuk konsorsium. “Kayak sewaktu kita ingin membuat terowongan uji pesawat dengan anggaran yang dibutuhkan lebih Rp5 miliar sedangkan dana yang ada Rp1,5 miliar, diundang orang-orang yang tergabung ke dalam konsorsium,”ucapnya. Hanya saja yang perlu dipahami, lanjutnya, yang dimaksud satu persen atau seperti di Jepang dana penelitian bisa mencapai tiga persen, bukan cuma berasal dari dana pemeritah, tapi ditambah juga dari dana dari perusahaann seperti industri. Akan tetapi ia mengaku, kelemahannya di Indonesia, susah sekali mengumpulkan data berapa dana penelitian dari perusahaan karena terkadang dirahasiakan.

…dst

9 ) Penghargaan Muri untuk Wisudawan Unair
http://regional.kompas.com/read/2012/10/20/16170064/Penghargaan.Muri.untuk.Wisudawan.Unair

Sabtu, 20 Oktober 2012 | 16:17 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Museum Rekor Indonesia (Muri), Sabtu (20/10/2012), memberikan penghargaan untuk sepasang suami istri lulusan program doktoral Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Kedua orang itu adalah Dr Martin Suryana SH MHum dan sang istri, Dr Suhartari SH MHum. Muri memberikan penghargaan karena pasangan cendekiawan ini selalu bersama sejak menempuh S1 hingga S3 dan selalu meraih predikat cumlaude. ” Ini sepertinya jarang terjadi, ketiganya sama-sama menempuh program pendidikan di kampus Unair,” kata Humas Unair, Mangestuti, Sabtu (20/10/2012). Dalam dua kali prosesi wisuda yang dilaksanakan Unair pada 20-21 Oktober 2012 ini, diikuti sebanyak 2.458 lulusan program Diploma III (DIII) hingga program Doktor (S3).

…dst

10 ) 60 Tahun Kalla Group
JK Pesan Syahrul Redam Keributan Mahasiswa
http://regional.kompas.com/read/2012/10/20/22301071/JK.Pesan.Syahrul.Redam.Keributan.Mahasiswa

Sabtu, 20 Oktober 2012 | 22:30 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa dia senantiasa berinteraksi dengan pemerintahan daerah untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Tnggal satu hal yang dia selalu minta kepada Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, yakni untuk bisa meredam keributan yang selalu terjadi dalam unjuk rasa mahasiswa. Permintaan tersebut diutarakan Kalla sewaktu memberikan sambutan dalam acara peringatan 60 tahun Kalla Group di Trans Studio Makassar, Sabtu (20/10/2012) malam. Syahrul juga hadir dalam acara tersebut bersama tamu lain seperti anggota Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, maupun tokoh nasional lainnya seperti Hamid Awaluddin. “Jangan Pa’ Bambangang Na Tolo tapi Pa’ Bambangang Na Macca,” ujar Kalla sambil menyelipkan istilah dalam bahasa Bugis. Pa’ Bambangang Na Tolo bila dalam bahasa Bugis bisa diartikan sebagai emosi yang dilampiaskan dengan bodoh, sementara Pa’ Bambangang Na Macca berarti emosi tapi dilakukan dengan penuh pertimbangan. Lontaran Kalla didasarkan anggapan yang beredar bahwa keributan tidak bisa dilepaskan dalam setiap penyampaian aspirasi di Makassar. Mulai unjuk rasa yang selalu berakhir ricuh, hingga perkelahian di lingkungan kampus. Selain itu, Kalla menuturkan bahwa pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berupaya bersama-sama untuk memajukan komoditas setempat seperti kopi, cokelat, maupun udang.

…dst

11 ) Dahlan: 15 Tahun Lagi Menuju Negara Maju
http://www.jpnn.com/read/2012/10/21/144080/Dahlan:-15-Tahun-Lagi-Menuju-Negara-Maju-

Minggu, 21 Oktober 2012 , 03:44:00
MALANG – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terus menebar virus optimisme. Di tengah beragam masalah yang membelit bangsa ini, Dahlan tetap optimistis bahwa Indonesia bakal menjadi negara maju. Nah, hal itu akan dicapai 15 tahun lagi atau pada 2027. Dahlan mengungkapkan, salah satu modal Indonesia untuk menjadi negara maju adalah keberadaan 136 juta orang yang termasuk kalangan ekonomi menengah atas. Mereka tidak lagi berpikir soal isi perut. “Mereka itu tidak berpikir besok mau makan apa atau minggu depan makan apa atau bulan depan mau makan apa. Tapi, mereka ini terus berpikir maju,” ujar Dahlan di hadapan wisudawan Universitas Brawijaya (UB), Malang, di gedung Samantha Krida, Sabtu (20/10). Masyarakat kelas menengah itulah yang menjadi motor penggerak majunya Indonesia. Dahlan mengatakan, bila pemerintah tidak ingin maju, politisinya juga tidak ingin maju, serta kasus korupsi terus terjadi, kondisi itu tidak akan memengaruhi keinginan 136 juta orang yang menginginkan negara ini maju. “Tapi, kalau pemerintahnya dan politisinya mendukung, maka impian Indonesia sebagai negara maju justru semakin cepat,” terang mantan Dirut PLN tersebut.

…dst

12 ) Polisi Siap Diperiksa Komnas HAM Terkait Bentrok dengan Mahasiswa UnPam
http://news.detik.com/read/2012/10/21/101107/2068205/10/polisi-siap-diperiksa-komnas-ham-terkait-bentrok-dengan-mahasiswa-unpam?n991101605

Minggu, 21/10/2012 10:11 WIB
Jakarta – Kepolisian membuka diri untuk diperiksa Komnas HAM terkait bentrok polisi versus mahasiswa Universitas Pamulang yang terjadi hari Kamis (18/10). Dua korban dari pihak mahasiswa, Jundy Fajrin (19) mengalami lebam di bagian muka, dada, dan bocor di kepala. Korban kedua, Fery Irawan (22) mengalami luka di perut bagian kanan, diduga akibat tertembus peluru. “Bila ada tindakan polisi yang kurang tepat, maka Komnas HAM bisa evaluasi. Kami terbuka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto kepada detikcom, Minggu (21/10/2012). Rikwanto juga menegaskan bahwa luka di perut Fery bukanlah luka tembak. “Fery yang diduga kena tembak peluru karet, ternyata hasilnya nihil. Luka pada perutnya sedalam 1 cm lebih, itu akibat benda tertentu,” ungkap Rikwanto. Kesimpulan Rikwanto didasarkan atas hasil tindakan medis Dokter Mursal di RSUD Tangerang Selatan terhadap korban.

…dst

13 ) Polri Didesak Bebaskan Mahasiswa Unpam
http://www.jpnn.com/read/2012/10/21/144117/Polri-Didesak-Bebaskan-Mahasiswa-Unpam-

Minggu, 21 Oktober 2012 , 09:08:00
JAKARTA — Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Polda Metro Jaya segera membebaskan 10 mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) yang ditahan. IPW juga mendesak Polri mengusut pemerasan Rp10 juta yang dilakukan oknum polisi kepada para mahasiswa yang ditahan tersebut. “Pemerasan itu adalah tindakan biadab, apalagi dilakukn terhadap mahasiswa yang sebelumnya sudah dipukuli polisi,” kata Neta, Minggu (21/10), di Jakarta. Dijelaskan Neta, tidak ada alasan bagi polisi menahan mahasiswa demonstran yang sudah mereka pukuli dan diperlakukan secara represif tersebut. “Sebab dalam mengatasi demo di Unpam, polisi bekerja tidak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur),” kata penulis buku “Jangan Pernah Bosan Mengkritik Polisi”, itu. Menurut Neta, seharusny dalam mengendalikan aksi massa. Sesuai SOP, kata Neta, polisi menggunakan water canon terlebih dahulu sebelum melepaskan tembakan gas air mata dan peluru karet. “Tapi yang terjadi di Unpam, polisi main hajar. Mahasiswa dipukuli dan ditembaki gas air mata dan peluru karet. Akibatnya, bentrokan tidak terkendali dan sejumlah orang terluka, termasuk polisi,” katanya. Ia menegaskan IPW prihatin dengan cara-cara Polri menangani demo mahasiswa belakangan ini. “Jika masih menahan kesepuluh mahasiswa tersebut, polisi terkesan sewenang-wenang dan hanya mengedepankan balas dendam,” ujarnya.

…dst

14 ) Kekerasan Mahasiswa, Bukti Buruknya Sistem Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/20/357214/293/14/Kekerasan-Mahasiswa-Bukti-Buruknya-Sistem-Pendidikan

Sabtu, 20 Oktober 2012 23:25 WIB
SEMARANG–MICOM: Konflik dan kekerasan mahasiswa dan pelajar di Indonesia yang terjadi akhir-akhir ini merupakan gambaran buruk sistem pendidikan Indonesia. Selain itu pengaruh konflik sosial dan keluarga juga menjadi pemicu yang harus segera diatasi.”Kita prihatin dengan kondisi ini, tidak hanya bisa menyalahkan lembaga pendidikan saja tetapi masalah eksternal juga menjadi pemicu munculnya kekerasan antarmahasiswa dan pelajar,” kata intelektual muda yang juga Rektor Paramadina Jakarta Anis Bawesdan kepada Media indonesia seusai menjadi pembicara dalam wisuda ke 64 Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/10). Menyikapi kondisi ini, demikian Anis, diperlukan pendewasaan para aparat penegak hukum dalam bertindak, yakni tidak menggunakan cara kekerasan dalam menghadapi konflik masyarakat. Pasalnya akan menjadi sorotan masyarakat dan semakin memicu kondisi lebih buruk lagi. Munculnya tindak kekerasan di dunia pendidikan itu, menurut Anis Bawesdan, terjadi akibat permasalahan sosial, seperti ekonomi dan politik yang terjadi dewasa ini. Pengurus negara harus tegas dalam melakukan langkah, siapapun yang salah harus ditindak tegas dan yang benar harus dibenarkan. “Siapapun yang salah harus dihukum, tidak peduli itu aparat, mahasiswa atau masyarakat sipil,” tambahnya.

…dst

15 ) Keluarga Bawa Jenazah Yusuf Badi ke Jakarta
http://regional.kompas.com/read/2012/10/20/19280946/Keluarga.Bawa.Jenazah.Yusuf.Badi.ke.Jakarta

Sabtu, 20 Oktober 2012 | 19:28 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Jenazah Yusuf Badi (28), korban tewas dalam peristiwa penusukan di salah satu asrama mahasiswa Papua di Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (19/10/2012), sudah dibawa oleh keluarganya ke Jakarta, Sabtu (20/10/2012). “Tadi jenazah sudah dibawa sekitar pukul 15.00 WIB oleh keluarganya dan teman-temannya,” kata Kepala Polsek Bandung Wetan Komisaris Wiharyatmo saat dihubungi wartawan, Sabtu (20/10/2012). Menurut Wiharyatmo, jenazah dibawa menggunakan mobil dan dikawal oleh aparat kepolisian. “Kita hanya mengawalnya sampai Tol Pasteur, tidak sampai Jakarta. Hanya sampai wilayah hukum kita,” kata Wiharyatmo. Wiharyatmo menyebutkan, jenazah dibawa ke Jakarta untuk nantinya dibawa ke kampung halamannya di Papua. Dia menambahkan, malam ini di asrama mahasiswa Papua di Jalan Cilaki, Bandung, akan digelar prosesi sembahyang.

…dst

16 ) Nama Herry Suhardiyanto Masuk Sembilan Calon Rektor IPB
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/10/357132/293/14/Nama-Herry-Suhardiyanto-Masuk-Sembilan-Calon-Rektor-IPB

Sabtu, 20 Oktober 2012 13:42 WIB
BOGOR–MICOM: Nama Prof Herry Suhardiyanto yang tercatat sebagai rektor Institut Pertanian Bogor saat ini terus melaju masuk dalam daftar sembilan nama bakal calon rektor IPB periode 2012-2017. Pemilihan sembilan nama bakal calon rektor IPB ini dilakukan melalui seleksi dan penilaian yang dilakukan oleh Senat Akademis (SA) yang dilakukan selama 16 hingga 19 Oktober 2012. “Memang benar, nama rektor masuk dalam seleksi sembilan bakal calon. Pemilihan sembilan nama bakal calon ini berdasarkan penilaian dan seleksi yang dilakukab oleh SA,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor IPB, Prof Toto Toharmat, di Bogor, Sabtu (20/10). Sembilan nama bakal calon tersebut yakni Prof Dr Ir Ari Purbayanto, Dr Ir Asep Saefuddin, Dr Ir Bayu Krisnamurthi, Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto, Prof Dr Ir Indra Jaya, Prof Dr Ir M Syamsul Ma’arif, Prof Dr Ir Muhammad Zairin Junior, Prof Dr Ir Roedhy Poerwanto dan Dr Ir Sam Herodian. Menurut Toto, Prof Herry masih memiliki kesempatan untuk menjadi rektor IPB kembali karena ia baru menjabat satu periode. Sedangkan dalam masa jabatan pimpinan rektor hanya berlaku dua periode. Sejak menyatakan, keikutsertaannya dalam pemilihan rektor, mulai 16 Oktober kemarin Prof Herry dan sejumlah nama bakal calon rektor yang terpilih maju ke kontes pemilihan telah mengajukan cuti.

…dst

17 ) Teknik Unsrat fokus pada kompetensi berbasis laboratorium
http://www.antaranews.com/berita/339725/teknik-unsrat-fokus-pada-kompetensi-berbasis-laboratorium

Minggu, 21 Oktober 2012 04:00 WIB
Manado (ANTARA News) – Dekan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Dr Ir Jefrey I Kindangen DEA mengatakan, fokus pendidikan yang dijalankannya lebih kepada kompetensi berbasis laboratorium. “Perhatian kita saat ini condong pada kompetensi lab,” ujar Kindangen saat menghadiri Seminar sehari yang diselenggarakan oleh Teknik Mesin bekerjasama yayasan Astra Honda Motor Indonesia dan PT Daya Adicipta Wisesa, di hotel Arya Duta, Sabtu. Kindangen mengatakan, saat ini fakultas Teknik Unsrat telah mendapat bantuan dari APBN Perubahan sebesar Rp40 miliar. “Anggaran itu tentunya untuk kebutuhan lab demi kepentingan fakultas teknik yang lebih mendesak,” katanya. Kebijakan Rektor Unsrat berperan penting sehingga fakultas teknik mendapatkan bantuan sebesar Rp40 miliar,. “Anggaran itu akan diberdayakan dalam pengadaan alat lab. Jadi alat-alat yang sudah tua dapat diganti sehingga proses pendidikan berjalan baik,” katanya. Bantuan itu kata Kindangen, akan difokuskan juga kepada teknik mesin untuk pengembangan pendidikan.

…dst

18 ) Lulusan S-2 Tak Jamin Gampang Dapat Kerja
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/20/373/706894/lulusan-s-2-tak-jamin-gampang-dapat-kerja

Minggu, 21 Oktober 2012 09:04 wib
JAKARTA – Jumlah mahasiswa pascasarjana sejak 10 tahun terakhir mengalami lonjakan 78 persen dari sekira 100 ribu menjadi lebih dari 180 ribu. Padahal, gelar master ini ternyata sering tidak menjadi kriteria pertama yang dipertimbangkan oleh perusahaan saat berburu karyawan baru. Menurut 1.111 Job Bank, sebesar 66 persen dari perusahaan yang disurvei menyatakan, gelar master tidak akan secara signifikan menguntungkan pencari kerja. “Tingkat gelar seseorang biasanya bukan sesuatu yang paling dipedulikan oleh perusahaan. Kami lebih suka memiliki seseorang yang memiliki passion dan memulai kepemimpinan yang baik sejalan dengan visi perusahaan kami,” kata Public Affairs Officer Carrefour Manajer Margery Ho, seperti dikutip dari The China Post, Minggu (21/10/2012). Namun, menurut Job Bank, masih ada cukup banyak industri yang memberikan bobot tinggi untuk gelar master terutama di sektor-sektor yang memerlukan keahlian profesional, seperti teknologi informasi dan biokimia. “Apakah suatu industri membutuhkan karyawan bergelar master atau tidak, itu tergantung pada jenis industri tersebut,” ujar Ho.

…dst

19 ) Kecewa terhadap SBY, Mahasiswa Tabur Bunga
http://regional.kompas.com/read/2012/10/20/17564884/Kecewa.terhadap.SBY.Mahasiswa.Tabur.Bunga

Sabtu, 20 Oktober 2012 | 17:56 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Kekecewaan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung terhadap kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukan hanya diungkapkan dalam aksi unjuk rasa. Mereka juga menggelar tabur bunga dan pembacaan puisi yang ditempatkan di depan kampusnya, Jalan Ganesha, Bandung, Sabtu (20/10/2012). Ratusan mahasiswa membuat lingkaran dan mengelilingi karangan bunga duka cita dengan bertuliskan wafatnya keadilan di negeri ini. Satu persatu mereka menaburkan bunga ke arah karangan bunga tersebut. Sebagian mahasiswa menyanyikan lagu Tanah Air Beta diiringin musik gitar. Satu orang lagi membacakan puisi karya WS. Rendra berjudul Sajak Pertemuan Mahasiswa. Suasana khidmat begitu terasa di Jalan Ganesha, Bandung. Setelah selesai membacakan puisi, mereka melanjutkan tabur bunga.

…dst

20 ) Mahasiswa ITB Nilai Kepemimpinan SBY Gagal
http://regional.kompas.com/read/2012/10/20/14151033/Mahasiswa.ITB.Nilai.Kepemimpinan.SBY.Gagal

Sabtu, 20 Oktober 2012 | 14:15 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa (KM) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar aksi unjuk rasa di depan kampusnya, Jalan Ganesha, Bandung, Sabtu, (20/10/2012). Mereka menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah gagal memimpin Indonesia selama 8 tahun terakhir ini. “SBY dinilai telah gagal merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan dalam rangka memajukan kesejahteraan umum,” tegas Anjar Dimara Sakti, Presiden Keluarga Mahasiswa ITB kepada wartawan usai melakukan aksi di Jalan Ganesha, Bandung, Sabtu, (20/10/2012). Dalam aksinya, massa membawa spanduk bertuliskan “Selesaikan Evaluasi SBY 8 Tahun #SBYSudahlah”. Mereka juga membawa karangan bunga sebagai simbol duka atas bobroknya negeri sekarang ini.

…dst

21 ) Badan Pemeriksa Keuangan
Kisruh di Audit Investigasi Hambalang
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/21/08444033/Kisruh.di.Audit.Investigasi.Hambalang

Minggu, 21 Oktober 2012 | 08:44 WIB
KOMPAS.com – “Jangan sate-lah, saya sudah tidak makan sate lagi,” demikian bunyi pesan singkat dari anggota Badan Pemeriksa Keuangan Taufiequrachman Ruki saat merespons ajakan Kompas untuk bertemu sambil makan di warung sate dekat Kantor BPK. Ruki mengusulkan bertemu di restoran di kawasan Senayan, Jakarta. Begitu bertemu, Ruki langsung memperlihatkan dua berkas dokumen, yaitu draf hasil pemeriksaan audit investigasi proyek pembangunan sarana olahraga di Hambalang, Bogor, dan laporan audit investigasi proyek yang sama. Laporan audit merupakan dokumen naratif dari draf hasil pemeriksaan. Isi dan substansi kedua berkas tersebut biasanya sama, hanya berbeda penyajian. “Coba bandingkan dua berkas ini,” katanya. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2003-2007 itu menunjukkan adanya perbedaan fakta dalam dua berkas itu. Pada laporan pertama ada diagram yang menggambarkan aliran dana proyek Hambalang yang melibatkan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta sejumlah perusahaan kontraktor dan subkontraktor seperti Adhi Karya, Wijaya Karya, dan Dutasari Citralaras. Kalau sudah tercantum pada berkas hasil pemeriksaan, kata Ruki, seharusnya pihak-pihak yang terlibat juga dicantumkan pada laporan audit.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.