1 ) Berubah Nama jadi ASN, PNS Tak Terima Lagi Uang Pensiun
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143394/Berubah-Nama,-PNS-Tak-Terima-Lagi-Uang-Pensiun-

Senin, 15 Oktober 2012 , 11:55:00
MANOKWARI – Istilah Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera berganti nama menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain berubah nama, juga akan terjadi perubahan pada statusnya. Dalam ASP, para pamong tidak akan menerima lagi uang pensiunan tapi hanya pesangon. Asisten II Sekda Provinsi Papua Barat,Nathaniel Mandacan menjelaskan,saat ini pemerintah pusat sedang membahas RUU (Rancangan Undang-Undang) tentang Aparatur Sipil Negera. Bila lancar,aturan baru ini akan dilaksanakan mulai 1 Januari 2013 mendatang. Ada beberapa poin yang membedakan antara PNS dan ASN. Seperti soal gaji harus disesuaikan dengan kinerja. `’Misalnya kalau kerja satu tahu,dua tahun,tiga tahun gajinya sekian.Dia bisa keluar dan bisa kembali lagi untuk kerja,” ujar mantan Kepala BKN (Badan Kepegawaian Negera) Papua dan Papua Barat seperi yang dilansir Radar Sorong (JPNN Group), Senin (15/10). PNS yang ada sekarang ini akan berubah status menjadi ASN. Perubahan lainnya,soal pension. Kalau PNS,bila pensiun mendapat gaji setiap bulan.Sedangkan ASN,pensiunan hanya sekali dibayar. `’Jumlahnya bisa sampai miliaran. Hanya dapat sekali. Sehingga anak cucu tidak dapat lagi. Kemungkina,bisa dilaksanakan pada Januari 2013 nanti,” tandas mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov Papua Barat ini.

…dst

2 ) Bagi yang membutuhkan RUU tentang ASN:
– RUU Tentang Aparatur Sipil Negara
http://www.dpr.go.id/id/ruu/Korpolkam/Komisi2/139/RUU-Tentang-Aparatur-Sipil-Negara
atau
http://www.dpr.go.id/uu/delbills/RUU_RUU_Tentang_Aparatur_Sipil_Negara.pdf

– NASKAH AKADEMIK RUU TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA
http://www.dpr.go.id/id/ruu/Korpolkam/Komisi2/149/NASKAH-AKADEMIK-RUU-TENTANG-APARATUR-SIPIL-NEGARA

***

3 ) Tunanetra Pendiri “Sekolah Kehidupan” Dianugerahi Undip Award
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/00154938/Tunanetra.Pendiri.Sekolah.Kehidupan.Dianugerahi.Undip.Award

Senin, 15 Oktober 2012 | 00:15 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Priskilla Smith Jully (34), perempuan tunanetra pendiri “Yayasan Sekolah Kehidupan” Semarang dianugerahi Universitas Diponegoro Semarang (Undip) Award karena dedikasinya terhadap sesama. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi di Semarang, Minggu mengungkapkan, Undip Award merupakan penghargaan bagi individu atau kelompok yang telah memberikan sumbangsih besar bagi lingkungan, pembangunan, dan masyarakat. “Priskilla terpilih sebagai penerima Undip Award 2012 karena dinilai sangat dedikasi dan komitmen dalam mengangkat derajat orang-orang yang ‘terbuang’ atau seperti sudah tidak diinginkan lagi oleh keluarganya,” kata Sudharto, Minggu (14/10/2012). Ia menjelaskan pihaknya telah membentuk tim untuk mengkaji beberapa calon yang dianggap layak menerima Undip Award, dan Priskilla yang memiliki keterbatasan fisik itu ternyata terpilih sebagai penerima penghargaan.

…dst

4 ) Biaya SNMPTN Jalur Undangan Gratis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/535185/

Monday, 15 October 2012
BANDA NEIRA – Pemerintah akan menggratiskan biaya pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) untuk jalur undangan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan,rencana tersebut akan dilakukan karena ada bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BO PTN). Menurut dia, tahun-tahun sebelumnya setiap calon mahasiswa yang ikut tes SNMPTN jalur undangan harus bayar, itu pun belum tentu diterima. Tetapi untuk saat ini, meskipun tidak semua mahasiswa diterima melalui SNMPTN, mereka tidak akan dibebani biaya apa pun. Sekadar diketahui, pada jalur undangan,calon mahasiswa sebelumnya dikenakan biaya Rp175.000 per pelamar.Mekanisme pembayaran pendaftaran melalui Bank Mandiri atau kantor pos terdekat. Setelah membayar, pendaftar akan diberikan personal identity number(PIN) sebagai kata kunci pendaftaran online di laman www.snmptn.ac.id. “Meski ada pos Bidik Misi (yang digratiskan),ada juga peserta yang tidak melalui jalur itu,” jelas Mendikbud M Nuh seusai memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Sjahrir-Hatta, kemarin di Banda Neira Maluku.

…dst

5 ) Ini Dia, Beasiswa Fulbright Pascasarjana Bidang Pertanian
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/10114642/Ini.Dia.Beasiswa.Fulbright.Pascasarjana.Bidang.Pertanian

Senin, 15 Oktober 2012 | 10:11 WIB
KOMPAS.com – Tinggal di negara agraris seperti Indonesia merupakan anugerah, apalagi jika memiliki tekad untuk mengembangkan sektor agraria, khususnya pertanian. Salah satunya adalah tawaran dari The United States Agency for International Development (USAID) yang menyediakan beasiswa S-2 dan S-3 untuk bidang pertanian. Kesempatan ini dibuka untuk kandidat yang mengabdi di kampus negeri maupun swasta di Indonesia, serta belum pernah menerima beasiswa Fulbright. Untuk pelamar lulusan Sarjana (S-1) dengan IPK minimal 3,0 (skala 4,00), silakan mengajukan aplikasi dengan melampirkan berkas skor minimal 550 untuk TOEFL ITP atau 79/80 untuk TOEFL IBT atau skor IELTS 6.0. Pastikan juga Anda memiliki kualitas kepemimpinan, pemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional, serta memiliki kesediaan untuk kembali ke Indonesia. Sementara itu, pelamar program S-3 haruslah lulusan S-2 dengan IPK minimal 3,00 (skala 4,00). Kandidat juga harus memiliki tekad untuk mengambil posisi akademis di pendidikan tinggi setelah mereka kembali, juga memiliki pemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional serta bersedia untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program. Jangan lupa, sertakan berkas skor TOEFL ITP minimal 575 atau TOEFL IBT minimal 90 atau skor IELTS 6.5.

…dst

6 ) Program Studi Terlibat Tawuran Akan Ditutup
Perlu Tindakan Tegas agar Tak Berlarut-larut
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/11224773/Tawuran.Sanksi.Berat.bagi.Pimpinan.PT

Senin, 15 Oktober 2012 | 11:22 WIB
Banda Naira, Kompas – Pemerintah akan membekukan atau mencabut izin program studi di perguruan tinggi mana pun jika ada mahasiswa yang terlibat tawuran. Sanksi itu berlaku untuk perguruan tinggi negeri dan swasta serta dapat berlaku sementara atau selamanya. “Penutupan program studi (prodi) dimungkinkan karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memberi izin pendirian,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh seusai mengunjungi Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Hatta-Sjahrir, Banda Naira, Maluku Tengah, Sabtu (13/10). Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso menambahkan, sanksi berlaku jika ada kelalaian yang menurunkan kredibilitas perguruan tinggi (PT). Selain itu, izin prodi akan dibekukan dan dicabut sementara. “Artinya, perguruan tinggi tak dapat menerima mahasiswa 1-2 tahun. Setelah itu, kami evaluasi lagi,” ujarnya. Sanksi terberatnya adalah pencabutan izin permanen. Alasan pemberian sanksi ini, pemerintah meragukan kemampuan PT mendidik peserta didiknya. Nuh menjamin penutupan prodi itu tak akan mengurangi daya tampung prodi tertentu secara nasional. Daya tampung prodi yang ditutup dialihkan ke PT terdekat dengan prodi sama.

…dst

7 ) Tawuran di Perguruan Tinggi-Mahasiswa, Rektor, dan Kampus Kena Sanksi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/535182/

Monday, 15 October 2012
BANDA NEIRA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menjatuhkan sanksi bagi mahasiswa,rektor,dan institusi yang membiarkan tawuran terjadi di kampus. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, khusus untuk Universitas Negeri Makassar (UNM),tim yang dipimpin Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) akan turun ke lapangan selama dua minggu ke depan untuk mengumpulkan bukti-bukti. Siapa yang terbukti lalai sehingga tawuran kemarin menelan korban, maka akan dijatuhkan sanksi.Dia menyatakan semua opsi dibuka untuk sanksi,karena sanksi yang tegas merupakan pintu menekan supaya kejadian yang sama tidak berulang. Bagi pimpinan UNM, jelasnya, karena surat keputusan (SK) pengangkatan rektor berada di bawah menteri maka penurunan jabatan dapat dilakukan. Bisa juga rektor dimutasi, namun jika sanksi yang dijatuhkan hanya sebatas kepada dekan maka rektor yang memimpin pemberhentian dekan tersebut. Sanksi juga akan diberikan kepada institusinya. Opsi yang akan dijatuhkan ialah penutupan program studi karena izin membuka program studi pun ada di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Kami ingin memotong budaya tawuran di kampus. Toh, mereka dapat dialihkan ke program studi lain,” katanya seusai memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Hatta-Sjahrir di Banda Neira,Maluku kemarin. Mendikbud menyatakan, akreditasi kampus juga dapat diturunkan menjadi B dan C yang akan cukup membuat pengelola kampus kelimpungan.

…dst

8 ) Tak Tegas, Status Akan Diturunkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/15/202184/Tak-Tegas-Status-Akan-Diturunkan

15 Oktober 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan sanksi tegas kepada perguruan tinggi yang tidak dapat menekan tindak kekerasan di kalangan mahasiswa. Sanksi tersebut berupa penutupan progran studi maupun penurunan status dalam akreditasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, hal tersebut nantinya akan berlaku bagi semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. “Jika ditutup sementara selama dua tahun, maka akan memutus rantai kaderisasi tawuran yang diturunkan dari para seniornya, sembari kita lakukan pembinaan,” ungkap Nuh. Meski demikian, dia menjamin hal itu tidak akan memengaruhi jumlah calon mahasiswa yang masuk ke jurusan tertentu itu. Pasalnya, kuota tersebut akan dialihkan ke kampus perguruan tinggi lain yang memiliki jurusan yang sama. “Misalnya di kampus A ditutup, maka jumlah daya tampung di kampus lainnya akan ditambah, sehingga tidak akan mengganggu secara keseluruhan,” ungkapnya.

…dst

9 ) Cegah Tawuran, Rektor Se-Indonesia Rapat Sore Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704178/cegah-tawuran-rektor-se-indonesia-rapat-sore-ini

Senin, 15 Oktober 2012 15:41 wib
JAKARTA – Mendikbud M Nuh memanggil pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) dan pimpinan Kopertis seluruh Indonesia untuk membahas kasus-kasus kekerasan di kampus. Langkah ini diambil mendikbud usai tewasnya dua mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) akibat ditusuk rekan satu kampusnya, pekan lalu. Mendikbud M Nuh menyatakan, isu utama yang akan dibahas dalam pertemuan pukul 16.00 WIB sore nanti di Gedung Dikti Kemendikbud adalah bagaimana mencegah tindak kekerasan kembali terjadi di kampus. “Nanti akan dirumuskan bersama-sama langkah-langkah apa saja yang perlu diambil untuk mencegah peristiwa ini terulang,” kata Nuh kepada Okezone, Senin (15/10/2012). Selain langkah antisipatif, Kemendikbud juga akan menekankan pentingnya koordinasi antara kampus dengan pihak-pihak terkait lainnya, seperti Kepolisian, dalam upaya pencegahan tindak kekerasan dan tawuran di kampus. Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengimbuh, kampus memiliki kewenangan sendiri dalam menentukan langkah apa yang akan mereka ambil dalam menangani masalah kekerasan di institusi mereka.

…dst

10 ) Taktik ITB Tetap Bersih dari Tawuran
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704217/taktik-itb-tetap-bersih-dari-tawuran

Senin, 15 Oktober 2012 16:23 wib
JAKARTA – Salah satu kampus yang terbilang bersih dari tawuran adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan, kampus yang terletak di Jalan Ganeca, Bandung, ini terkenal atas torehan beragam prestasi di berbagai bidang. Rektor ITB Akhmaloka menyatakan, anak-anak didiknya sudah terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan. Selain perkuliahan di ruang kelas, mereka juga harus mengikuti praktikum di laboratorium dan kegiatan-kegiatan lainnya di unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di kampus. “Karena itulah, mahasiswa kami enggak punya waktu untuk tawuran,” kata Akhmaloka ketika berbincang dengan Okezone, Senin (15/10/2012). Akhmaloka menyebut, ada sekira 80 hingga 100 organisasi, termasuk UKM, yang bisa diikuti mahasiswa ITB. Begitu banyaknya, mahasiswa ITB pun dapat memilih organisasi atau UKM apa yang akan mendukung minat dan mendorong bakat mereka. Tidak terbatas pada kesenian, organisasi-organisasi itu juga diperuntukkan bagi mereka yang menyenangi olahraga, jurnalistik, penyiaran, teater, dan lainnya.

..dst

11 ) Rektor UNY: Konflik Antar-UKM Pencetus Tawuran di Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704184/rektor-uny-konflik-antar-ukm-pencetus-tawuran-di-kampus

Senin, 15 Oktober 2012 15:44 wib
JAKARTA – Salah satu penyebab merebaknya tawuran di kalangan mahasiswa adalah kuatnya idealisme kelompok yang mereka miliki. Hal ini ditengarai berpotensi menimbulkan konflik yang mencetuskan tawuran. Menurut Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab, kunci menyelesaikan masalah tersebut adalah menciptakan kekompakan di lingkungan kampus. “Mulai dari pimpinan kampus. Mereka harus menciptakan suasana kepemimpinan yang kompak dan cair. Sehingga langkah ini bisa ditiru oleh pimpinan di unit-unit di bawah mereka, dan menjadi contoh positif bagi mahasiswa,” kata Rochmat ketika berbincang dengan Okezone, Senin (15/10/2012). Rochmat mengimbuh, langkah lainnya adalah memberi perhatian yang merata kepada semua fakultas yang ada di kampus. Jangan sampai, karena fakultas-fakultas yang ada tersebar di beberapa lokasi kampus, pimpinan lantas mengistimewakan salah satu fakultas dan menganaktirikan yang lainnya.

…dst

12 ) Rektor Harus Tegakkan Kode Etik Kemahasiswaan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/10/15/202183/Rektor-Harus-Tegakkan-Kode-Etik-Kemahasiswaan

15 Oktober 2012
SEMARANG- Perkelahian antarmahasiswa Universitas Negeri Makassar yang menewaskan dua mahasiswa Fakultas Teknik, mengundang perhatian banyak pihak, termasuk para rektor. Ketua terpilih Forum Rektor Indonesia 2013 Prof Dr Laode M Kamaluddin mengungkapkan, tawuran sama sekali tidak mencerminkan jati diri bangsa. “Ada yang miss (kurang-Red) dalam pendidikan kita. Pendidikan yang hanya berfokus pada kompetensi dan akademik seolah mengabaikan betapa pendidikan karakter juga sebenarnya fundamental,” kata Rektor Unissula ini usai menjadi pembicara pada diskusi panel yang digelar Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Sabtu (13/10), di Ruang Senat Undip, Kampus Pleburan. Menyikapi agar insiden itu tidak terulang, dia mengatakan, Rektor harus mampu menegakkan kode etik kemahasiswaan. Lantas apakah tindakan tegas dengan mengeluarkan pelaku tawuran mutlak dilakukan. Menurutnya, hal itu merupakan otonomi dari masing-masing perguruan tinggi. Yang pasti, pelaku tawuran adalah mereka yang kurang memiliki wawasan tentang masa depan.

…dst

13 ) Mahasiswa Kehilangan Orientasi Filosofi Pendidikan Tinggi
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/15/12093345/Mahasiswa.Kehilangan.Orientasi.Filosofi.Pendidikan.Tinggi

Senin, 15 Oktober 2012 | 12:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi X DPR, Rohmani, meminta pemerintah untuk melakukan evaluasi pengelolaan pegurguruan tinggi. Tawuran yang terjadi di kalangan mahasiswa selama ini, menurut dia, tidak lepas dari buruknya pengelolaan perguruan tinggi. Dia menilai, pemerintah tidak bisa menyalahkan sepenuhnya mahasiswa yang sering tawuran. Ada persoalan yang lebih mendasar sebagai penyebab berulangnya tawuran mahasiswa. Hal ini yang harus diselesaikan pemerintah. “Sistem pengelolaan pendidikan tinggi kita tidak membuka ruang bagi mahasiswa untuk berkreasi. Sistem pendidikan tinggi memaksa mahasiswa untuk sekadar mengejar nilai ujian. Sistem yang ada memaksa mahasiswa untuk cepat lulus,” kata Rohmani, Senin (15/10/2012). Menurut dia, ruang pembelajaran di ekstra kampus semakin minim. Mahasiswa didorong untuk sekadar mengejar nilai evaluasi pendidikan. Sementara kampus tidak mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan diri di kegiatan ekstra kampus. Sistem yanga ada memaksa mahasiswa untuk tidak aktif di organisasi kampus.

…dst

14 ) Kemdikbud Buka Politeknik Kelautan di Banda Naira
Penulis : Luki Aulia | Minggu, 14 Oktober 2012 | 20:08 WIB
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/14/20082186/Kemdikbud.Buka.Politeknik.Kelautan.di.Banda.Naira

Minggu, 14 Oktober 2012 | 20:08 WIB
BANDA NAIRA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka politeknik negeri bidang perikanan, untuk mengembangkan kekayaan laut Banda Naira, Maluku Tengah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menjelaskan, di politeknik itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas laboratorium perikanan untuk praktik. “Bentuk politekniknya, negeri atau swasta atau swasta yang di-negeri-kan terserah saja. Nanti kita bahas dengan pengelola pendidikan di Banda Naira,” kata Nuh saat berkunjung ke Sekolah Tinggi Perikanan Hatta-Sjahrir di Banda Naira, Maluku Tengah, Sabtu (14/10/2012). Pendirian politeknik dimungkinkan, karena kemdikbud menangani pemberian izin politeknik. Berbeda halnya dengan pendirian universitas yang tidak bisa ditangani kemdikbud, karena membutuhkan izin dari presiden. “Wewenangnya ada di presiden,” kata Nuh.

…dst

15 ) Mendikbud Apresiasi Mahasiswa IAIN Meriahkan Pesparawi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/15/00583193/Mendikbud.Apresiasi.Mahasiswa.IAIN.Meriahkan.Pesparawi

Senin, 15 Oktober 2012 | 00:58 WIB
AMBON, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengapresiasi keterlibatan kelompok paduan suara mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon yang memeriahkan Pesta Paduan Suara Gerejawi Mahasiswa Tingkat Nasional XII di Ambon, Maluku. Apresiasi itu disampaikan Mendikbud setelah paduan suara IAIN Ambon menyanyikan lagu Enggo Lari saat acara pembukaan Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional XII di Ambon, Minggu malam. Lagu yang mengawali rangkaian acara pembukaan Pesparawi itu mendapat tepuk tangan hadirin karena menunjukkan jalinan keharmonisan antarumat beragama di Maluku sebagai warisan leluhur. Di antara undangan, ada yang berdiri dan memberikan aplaus tepuk tangan maupun siulan karena terharu menyaksikan mahasiswa beragama Islam tersebut memeriahkan Pesparawi.

…dst

16 ) 97 Peserta Gugur Seleksi Dosen UNS
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/703983/97-peserta-gugur-seleksi-dosen-uns

Senin, 15 Oktober 2012 11:34 wib
SOLO – Sebanyak 97 peserta seleksi tahap kedua dosen Calon
Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dinyatakan gugur. Dua peserta di antaranya gugur karena tidak hadir saat ujian seleksi. “Seleksi tahap kedua tersebut telah dilakukan pada 10 Oktober lalu. Ada 34 peserta yang dimungkinkan lolos tahap selanjutnya untuk memperebutkan 27 formasi,” jelas Pembantu Rektor II UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho, SH saat dikonfirmasi terkait hasil seleksi dosen CPNS UNS, di Solo, Jawa Tengah, Senin (15/10/2012). Prof. Jamal mengatakan bahwa hasil seleksi dosen CPNS di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berikutnya akan diumumkan pada 23 Oktober melalui website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan website uns.ac.id milik UNS. Seleksi ujian tahap kedua, menurut Prof Jamal, merupakan ujian kompetensi bidang yang dilaksanakan di fakultas masing-masing. Sebelum peserta dinyatakan lolos, mereka mesti menjalani ujian bahasa di Language Center UNS dan tes di program pendidikan serta dekanat. “Hasil seleksi kemudian akan diusulkan ke pusat,” jelasnya.(rfa)

***

17 ) Tim Statuta UI Mulai Bekerja Persiapkan Pilrek
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/704165/tim-statuta-ui-mulai-bekerja-persiapkan-pilrek

Senin, 15 Oktober 2012 15:35 wib
DEPOK – Tim statuta Universitas Indonesia (UI) yang dibentuk sebagai landasan dan acuan pemilihan rektor kini sudah mulai bekerja. Statuta UI dibentuk seiring ditundanya pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI) resmi ditunda menyusul keluarnya hasil putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Keputusan tersebut keluar setelah adanya sengketa yang terjadi antara penggunaan PP 152 dan PP 66 yang digunakan oleh UI. Akibatnya tim transisi yang dibentuk oleh Mendikbud mengajukan gugatan ke PTUN bersama paguyuban. Hasilnya, PTUN memutuskan bahwa tim transisi yang dibentuk sudah cacat hukum. Sekretaris Universitas UI I Ketut Surajaya menjelaskan persiapan pemilihan rektor terus berjalan dengan mengacu pada Undang-Undang Dikti 2012 yang baru disahkan. Tim statuta tersebut terdiri dari 22 anggota yang mewakili semua unsur dan lembaga. “Pilrek berjalan terus tetap mengacu pada UU dikti, statuta disiapkan, ada 26 orang, sudah bekerja dan mewakili semua stakeholder, lembaga semua, Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik Universitas (SAU,) eksekutif ada, Dewan Guru Besar (DGB),” kata Ketut. Ketut menegaskan bahwa tim statuta bekerja keras dan menargetkan akhir Oktober draft sudah selesai. Namun dia memastikan, alotnya diskusi menjelang pemilihan rektor hanya terjadi di level atas, dan tak berpengaruh pada kegiatan akademik.

…dst

18 ) RS Akademik, Tempat Pematangan Pendidikan Dokter
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/14/355666/293/14/RS-Akademik-Tempat-Pematangan-Pendidikan-Dokter

Minggu, 14 Oktober 2012 23:47 WIB
SLEMAN–MICOM: Wakil Menteri Kesehatan Prof dr Ali Ghufron menegaskan keberadaan Rumah Sakit Akademik, sangat diperlukan agar perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran bisa menghasilkan dokter dan tenaga kesehatan lain yang terkait yang memiliki kompetensi yang sesuai standar. Pada kunjungannya di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada di Kronggahan, Sleman, Sabtu (13/10) lalu, Ali Ghufron mengemukakan, Rumah Sakit Akademik (RSA) diharapkan mampu menciptakan suasana pendidikan yang kondusif dan berkualitas. “Karena itu, RSA harus menjadi tempat penggemblengan tenaga kesehatan yang berkualitas terutama tenaga dokter,” ujarnya. Ia menambahkan, RSA tidak hanya sebagai tempat pembelajaran tetapi juga harus menjadi tempat yang memberikan pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian. RSA Universitas Gadjah Mada yang berada di Kronggahan Sleman itu, sudah dibuka sejak Maret lalu. Direktur RSA Universitas Akademik Arif Faisal menambahkan, kunjungan pasien rawat jalan sejak Maret 2012 hingga saat ini meningkat 300%. “Demikian pula pelayanan operasi gawat darurat dan rehabilitasi medik,” ujarnya.

…dst

19 ) Belum Semua RS Pendidikan Beroperasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/13/mbtm7u-belum-semua-rs-pendidikan-beroperasi

Sabtu, 13 Oktober 2012, 14:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti mengatakan, belum semua rumah sakit pendidikan atau rumah sakit akademik (RSA) di Indonesia berfungsi secara maksimal. Bahkan ada diantaranya yang belum beroperasi. Saat ini, ada 19 unit RSA dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari jumlah itu ada yang baru mengajukan izin untuk beroperasi. “Ada juga yang sudah beroperasi lalu berhenti dan ada yang sudah beroperasi meskipun belum maksimal,” ujarnya usai mengunjungi RSA Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (13/10). Diakuinya, keberadaan RSA sangat diperlukan dalam rangka menghasilkan dokter dan tenaga kesehatan lain yang memiliki kompetensi dan standar yang diperlukan. Kompetensi standar ini bukan hanya untuk memenuhi tuntutan nasional tetapi juga global. RSA sendiri kata dia, merupakan wahana untuk proses penggemblengan tenaga kesehatan terutama dokter sehingga standar kompetensi bisa terpenuhi. RSA bukan hanya untuk pembelajaran, tapi juga untuk pendidikan dan penelitian.

…dst

20 ) Malaysia Buka 16 Rumah Sakit di Indonesia
http://www.metrotvnews.com/metronews/news/2012/10/14/109873/Malaysia-Buka-16-Rumah-Sakit-di-Indonesia/3

Minggu, 14 Oktober 2012 14:14 WIB
Metrotvnews.com, Pekanbaru: Malaysia telah membuka 16 kantor cabang Rumah Sakit Mahkota Medical Centre (MMC) di Indonesia untuk layanan kesehatan bagi pasien-pasien dengan biaya terjangkau. “Kantor Cabang itu telah dibangun di Pekanbaru, Bali, Kalimantan, dan sejumlah cabang di Sumatera. Kami tidak membedakan layanan kesehatan bagi orang Malaysia maupun bukan,” kata Eksekutif Pemasaran RS MMC Malaysia, Goh Pei Ru, di sela peluncuran Pusat Neurologis MMC, Pekanbaru, Riau, Ahad (14/10). Ia menjelaskan MMC milik perusahaan Healt Management International LTd (HMI) yang merupakan grup kesehatan berbasis di Singapura. “RS yang telah terdaftar di Singapura Exchange itu didirikan pada September 1994 dengan tujuan menyediakan layanan kesehatan terbaik dengan biaya terjangkau dan dapat diterima oleh masyarakat manapun,” katanya.

…dst

21 ) Pop Up! Cara Seru Belajar Asal-Usul Kota
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/12/373/703320/pop-up-cara-seru-belajar-asal-usul-kota

Minggu, 14 Oktober 2012 09:04 wib
JAKARTA – Kreativitas merupakan harga mati yang harus dipegang oleh mereka yang memang menekuni dunia kreatif. Tidak hanya kreatif, kita pun ingin memiliki kekhasan dalam setiap karya yang dihasilkan sehingga setiap melihat karya tersebut orang akan tahu jika produk tersebut merupakan hasil karya kita. Berangkat dari keinginan untuk kreatif namun tetap memiliki keunikan, mahasiswa jurusan New Media School of Design Universitas Bina Nusantara (Binus) Oka Adrindra pun membuat karya yang ‘tidak biasa.’ Dia menciptakan sebuah buku yang bercerita tentang asal-usul nama kota di Tanah Air menggunakan ilustrasi pop up. “Sumber inspirasinya ingin mencari yang unik dan enggak semua orang bisa bikin. Biar beda, makanya bikin pop up karena tidak diajarkan oleh kampus,” ujar Oka ketika berbincang dengan Okezone di sela acara Fresh n Brite 2012 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, kemarin.

…dst

22 ) STP Trisakti Sosialisasikan Kuliner Rendang
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/10/14/355727/293/14/STP-Trisakti-Sosialisasikan-Kuliner-Rendang

Minggu, 14 Oktober 2012 23:16 WIB
JAKARTA–MICOM: Mahasiswa Program Beasiswa Unggulan Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti menyelenggarakan diskusi dan talkshow perkulineran Indonesia tentang makanan rendang. Dengan topik Rendang Journey (Rajou) 2012, merupakan rangkaian konsep kreatif event kuliner Indonesia yang mengangkat rendang bukan hanya sebagai masakan tetapi menempatkan rendang sebagai bagian dari budaya asli Indonesia. Rajou bisa juga berarti rajo ataupun raja, yang artinya adalah seorang pemimpin. Melalui event ini, sudah seharusnya kuliner Indonesia yaitu rendang, menjadi raja yang dihormati dan dicintai di negerinya sendiri di tanah Indonesia. Rangkaian kegiatan event kuliner Rendang Journey 2012 diselenggarakan di Jakarta, Minggu (14/10), melalui Seminar dan Talkshow yang bertajuk “The Uniqueness Of Food Culinary As The Gate Of Indonesia”. Seminar dan Talkshow itu dipandu presenter Metro TV Prita Laura, diikuti lebih dari 300 peserta dari berbagai kalangan mahasiswa, pelajar SMU/SMK.

…dst

23 ) Bank Mandiri Gerojok UNS Beasiswa Rp960 Juta
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/535146/

Monday, 15 October 2012
SOLO– Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima beasiswa Mandiri Prestasi dari Bank Mandiri senilai Rp960 juta.Bantuan itu secara simbolis diberikan Director Institutional Bank Mandiri Abdul Rachman kepada Rektor UNS Solo Ravik Karsidi di Auditorium UNS Solo, Kamis (11/10). Beasiswa akan diberikan kepada 20 mahasiswa UNS Solo dengan besaran Rp12 juta/ tahun selama empat tahun ke depan. Mekanisme mahasiswa penerima beasiswa menjadi tanggung jawab dari Bidang III Kemahasiswaan yang berada di bawah naungan Pembantu Rektor III Dwi Tiyanto. “Mekanisme seleksi diurus PR III,” ujar Rektor UNS Solo Ravik Karsidi dalam sambutannya di acara Stadium General Mandiri Edukasi bertajuk Inovasi Untuk Indonesia Mandiri di Auditorium UNS Solo.

…dst

24 ) Mendikbud Minta Maaf Atas Komentar Terhadap Korban Perkosaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/10/15/373/703872/mendikbud-minta-maaf-atas-komentar-terhadap-korban-perkosaan

Senin, 15 Oktober 2012 09:26 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan permintaan maaf atas pernyataan yang disampaikan terkait komentarnya ketika ditanya wartawan tentang kasus siswa di sebuah SMP swasta di Depok yang merupakan korban perkosaan. Dia mengaku pernyataan tersebut tidak utuh sehingga menimbulkan kesalahpahaman. “Saya menyampaikan maaf atas pernyataan saya yang dipahami keliru karena konteksnya tidak sebagaimana yang dimaksud dan tidak utuh disampaikan, sehingga dipersepsi negatif oleh publik,” kata M Nuh, sebelum membuka acara Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-12 tingkat Mahasiswa di Lapangan Merdeka, Ambon, kemarin malam. Demikian, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (15/10/2012) Dia menjelaskan, apa yang disampaikannya ketika menjawab pertanyaan wartawan saat itu memiliki konteks umum dan lebih luas bukan hanya menanggapi kasus di Depok. “Saya diminta komentar tentang kasus Depok, lalu saya katakan, kalau saya belum mengetahui secara detail kasus tersebut dan belum bertemu secara langusng dengan korban,” paparnya.

…dst

25 ) Pemerintah Didesak Evaluasi BSNP
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143399/Pemerintah-Didesak-Evaluasi-BSNP-

Senin, 15 Oktober 2012 , 12:59:00
JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar meminta pemerintah, khususnya Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk menata kembali sistem pendidikan nasional terutama standar pembinaan bagi peserta didik. Ini sebagai evaluasi terhadap maraknya aksi tawuran di kalangan pelajar dan mahasiswa belakangan ini. Dijelaskan, standar pembinaan peserta didik merupakan acuan yang diharapkan bisa membangun iklim pendidikan yang sehat dari sisi sosial dan keagamaan. “Sistem juga itu diharapkan dapat menyentuh peserta didik untuk memiliki rasa tanggung jawab dan rasa sosial, tidak mudah menyakiti orang lain, menghormati yang lebih tua termasuk guru dan bisa melahirkan semangat saling membantu dan bekerja sama dengan lingkungan sekitarnya,” kata Raihan Iskandar, kepada JPNN, Senin (15/10). Politisi PKS itu menjelaskan, di dalam UU No. 20 Tahun 2003 pasal 58 disebutkan bahwa ada lembaga mandiri yang secara berkala melakukan evaluasi terhadap peserta didik, satuan pendidikan dan pengelola pendidikan secara menyeluruh. Nah, lembaga tersebut, sesuai dengan PP 19 Tahun 2005 diimplementasikan ke dalam bentuk BSNP.

…dst

26 ) Buku Kemendikbud Dinilai Porno
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143402/Buku-Kemendikbud-Dinilai-Porno-

Senin, 15 Oktober 2012 , 13:30:00
BENGKULU–Ketua Dewan Pendidikan Bengkulu H. Iqbal Bastari, S. Pd, MM menilai sudah saatnya Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi bertindak tegas. Bukan hanya Lembar Kerja Siswa (LKS) Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan saja yang ditemukan berbau pornografi. Tapi juga juga pada buku pelajaran utama yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Buku yang dimaksud Iqbal merupakan buku panduan Olahraga Sekolah Dasar (SD) kelas V terbitan Pusat Perbukuan Kemendiknas. Di dalam buku, banyak penggunaan bahasa yang terlalu vulgar jika dikonsumsi pelajar bersangkutan (kelas V SD, red). Salah satu sampelnya, di halaman 61. Pada pertanyaan no.8 disebutkan, “Bila kita melakukan hubungan seksual, maka…”Makna kata “kita” itu kan seolah mereka (pelajar, red) sudah pernah melakukan hal tersebut (hubungan seksual, red). Sama halnya jika ada pertanyaan, Bila kita habis berolahraga, maka…, berarti kan sudah melakukan olahraga,” papar Iqbal.

…dst

27 ) Inilah Berbagai Modus Korupsi PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/10/15/143400/Inilah-Berbagai-Modus-Korupsi-PNS-

Senin, 15 Oktober 2012 , 13:07:00
JAMBI – Budaya korupsi sudah mewabah di lingkungan pegawai negeri sipil (PNS). Mulai pejabat tinggi hingga PNS golongan terendah, berpeluang melakukan korupsi jika ada kesempatan. Ada banyak celah korupsi. Mulai dari membuat SPPD fiktif, mengakali uang bensin, hingga berkolaborasi dengan anggota DPRD untuk memuluskan sebuah proyek. Praktisi Hukum Jambi Suratno Minggu (14/10) mengatakan, dana perjalanan dinas adalah yang paling rawan diselewengkan alias dikorupsi oleh oknum PNS. Biasanya, kata dia, anggaran perjalanan dinas tersebut digunakan untuk biaya hotel, transportasi dan akomodasi sesuai dengan golongan masing-masing. “Memang banyak perjalanan dinas fiktif. Karena banyak PNS yang melakukan perjalanan dinas tidak seperti yang mereka laporkan,” jelasnya. Ia mencontohkan, ada oknum PNS yang melaporkan perjalanan dinas untuk 5 orang, namun nyatanya hanya 2 orang yang berangkat. Lalu jangka waktu perjalanan dinasnya juga dikorupsi, alias tidak dilaporkan sesuai dengan yang dilakukan. “Misalkan mereka cuma pergi dua hari tapi dilaporkan lima hari. Ini modus lama yang primitf, dan ini sudah ada sejak zaman Orba,” imbuhnya. Ia menjelaskan, didorong ingin meraup keuntungan dari APBD, oknum PNS pun tak kehabisan akal. Bahkan mereka berani memanipulasi tiket-tiket perjalanan dengan membuat tiket palsu. “Saya sering nangani klien yang terjerat korupsi. Rupanya ada juga modus seperti itu. Pembuatan tiket dan dokumen palsu,”cetusnya.

…dst

28 ) 350 Juta Orang Menderita Depresi di Seluruh Dunia
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/10/15/81108/350_juta_orang_menderita_depresi_di_seluruh_dunia/#.UHvRjmfdZ6E

15 Oktober 2012
LEBIH 350 juta orang menderita depresi secara global, ungkap Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) Selasa (9/10), menjelang World Mental Health Day (Hari Kesehatan Jiwa Sedunia) Rabu. “Gangguan itu bukan penyakit negara-negara maju melainkan sebuah fenomena global. Depresi dialami kedua gender dan terdapat di populasi negara kaya dan miskin,” tegas Dr Shekhar Saxena, kepala departemen WHO bidang kesehatan jiwa dan penyalahgunaan obat berbahaya kepada wartawan di Jenewa. Tidak ada wilayah yang bebas dari gangguan itu dan sekira lima persen dari populasi dunia menderita depresi dalam setahun, urai pakar kesehatan tadi. Limapuluh persen lebih wanita menderita symptom ketimbang pria, papar Saxena yang menambahkan depresi pasca melahirkan dialami satu dari lima ibu dan satu dalam 10 dari semua ibu muda di negara-negara maju. Menurut organisasi kesehatan global PBB itu, depresi lebih dari sekadar serangan kerisauan, sebaliknya merupakan “suatu perasaan sedih berkelanjutan selama dua pekan atau lebih” yang mengganggu “pekerjaan, sekolah atau kesibukan di rumah.” Pada kondisi terburuknya, depresi dapat menggiring penderita melakukan bunuh diri, tegas pakar WHO itu, yang menyebutkan suatu “korelasi sangat jelas”. Hampir sejuta orang nekat mengakhiri hayat sendiri setiap tahunnya dan lebih separuh dari mereka menderita depresi, singkap Saxena, meskipun dia menekankan masalah tersebut bukan penyebab tunggal.

…dst