1 ) Perguruan Tinggi Kebut Perizinan Prodi Baru
http://www.dikti.go.id/?p=5356&lang=id

29 August 2012
SOLO, suaramerdeka.com – Perguruan tinggi ibarat berpacu dengan waktu jika ingin mengajukan perizinan pendirian program studi (prodi) baru. Pasalnya, pemerintah mulai memberlakukan moratorium pendirian dan perubahan perguruan tinggi hingga pembukaan prodi baru per 1 September 2012 – 31 Agustus 2014. Pembantu Rektor (PR) I Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr Sutarno MSc PhD mengemukakan, jelang deadline diberlakukannya moratorium, UNS hari ini (29/8), bertolak ke Jakarta guna mengajukan dua prodi baru. Dua prodi itu yakni Prodi Ilmu Tanah dan Ilmu Penyuluhan Pertanian. Sementara itu di Akper Akbid PKU Muhammadiyah juga berusaha mengajukan prodi baru dan perubahan nama menjadi STIKES. Pembantu Direktur (Pudir) III Akper Akbid PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti SKep MKes mengatakan saat ini pihaknya seperti maraton karena deadline moratorium tersebut. Meski demikian, Sutarno menilai, moratorium bisa membenahi permasalahan yang ada di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, di Indonesia.

…dst

2 ) Pemerintah Tak Serius Lakukan Akreditasi
Jumlah Tenaga Asesor Sangat Terbatas
http://www.kopertis12.or.id/2012/08/29/pemerintah-tak-serius-lakukan-akreditasi.html

Rabu, 29 Agustus 2012
Jakarta, Kompas – Pemerintah jangan main ancam dengan menyatakan ilegal perguruan tinggi atau program studi yang belum terakreditasi. Lambannya akreditasi bukan salah perguruan tinggi, melainkan ketidakseriusan pemerintah menyiapkan lembaga akreditasi. “Banyak program studi yang sudah diajukan perguruan tinggi, tetapi tidak selesai diakreditasi sesuai batas waktu,” kata Edy Suandi Hamid, Ketua Umum Asosiasi Rektor Perguruan Tinggi Swasta Indonesia, di Yogyakarta, Selasa (28/8). Kamanto Sunarto, Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), mengatakan, pendanaan untuk melaksanakan akreditasi institusi dan program studi berasal dari pemerintah. Namun, pemerintah lebih fokus mensyaratkan pengakreditasian program studi yang saat ini berjumlah 16.755 program studi agar dapat mengeluarkan ijazah. Adapun akreditasi institusi PT yang pernah diprogramkan pemerintah melalui BAN-PT beberapa tahun lalu sempat terhenti. Padahal, saat ini tercatat 92 PTN dan 3.124 PTS. “Bukan cuma PTS yang belum terakreditasi. Ternyata beberapa PTN juga belum terakreditasi,” kata Edy yang juga Rektor Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

…dst

3 ) Punya Izin Penyelenggaraan, Otomatis Terakreditasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/28/20064219/Punya.Izin.Penyelenggaraan.Otomatis.Terakreditasi

Selasa, 28 Agustus 2012 | 20:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Akreditasi institusi dan program studi perguruan tinggi terkendala. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sebagai satu-satunya lembaga akreditasi perguruan tinggi yang diakui pemerintah tidak mampu menuntasan ribuan institusi PT dan belasan ribu program studi. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, persoalan akreditasi ini telah diakomodasi dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi. Asal program studi atau institusi perguruan tinggi sudah punya izin penyelenggaraan, otomatis sudah memiliki akreditasi minimal. “Dengan demikian, perguruan tinggi itu sudah bisa mengeluarkan ijazah,” kata Djoko, Selasa (28/8/2012) di Jakarta. Namun demikian, perguruan tinggi atau program studi tetap saja harus mengurus akreditasi ke BAN-PT atau lembaga akreditasi mandiri. Ketentuan tersebut juga menyelamatkan ribuan program studi yang belum tuntas diakreditasi. Dengan demikian, pengeluaran ijazah dari program studi tersebut bukan ilegal. Selain itu, pemerintah membuka peluang dibukanya lembaga akreditasi mandiri. BAN-PT nantinya fokus untuk mengakreditasi institusi perguruan tinggi, sedangkan lembaga akreditasi mandiri yang dibentuk pemerintah maupun masyarakat untuk mengakreditasi program studi.

…dst

4 ) Pendidikan Antikorupsi di Semua PT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/29/0941297/Pendidikan.Antikorupsi.di.Semua.PT

Rabu, 29 Agustus 2012 | 09:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Semua perguruan tinggi negeri dan swasta diminta menyelenggarakan pendidikan antikorupsi mulai tahun akademik 2012/2013. Itu dapat dilaksanakan dalam mata kuliah wajib, pilihan, atau disisipkan dalam mata kuliah yang relevan. Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dalam surat edarannya tentang implementasi pendidikan antikorupsi di perguruan tinggi (PT), menyatakan, korupsi di Indonesia yang berdampak buruk pada hampir seluruh sendi kehidupan berbangsa harus dipandang sebagai kejahatan luar biasa. Pencegahannya perlu melibatkan perguruan tinggi dan mahasiswa. “Perguruan tinggi dan mahasiswa diharapkan berperan aktif mencegah korupsi dengan berperan sebagai agen perubahan dan motor penggerak gerakan antikorupsi di masyarakat,” kata Djoko di Jakarta, Selasa (28/8). Untuk mempersiapkan pembelajaran pendidikan antikorupsi di PT, Kemdikbud bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi melaksanakan training of trainers pendidikan antikorupsi. Sebanyak 1.007 dosen dari 526 perguruan tinggi dilibatkan dalam acara tersebut.

…dst

5 ) Pendidikan Pancasila Akan Lebih Eksplisit
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/28/13533381/Pendidikan.Pancasila.Akan.Lebih.Eksplisit

Selasa, 28 Agustus 2012 | 13:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjanjikan Pendidikan Pancasila akan mendapatkan perhatian lebih besar pada kerangka dasar kurikulum pendidikan nasional. Kurikulum pendidikan yang baru itu akan mulai berlaku pada tahun 2013 mendatang. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Chairil Anwar Notodiputro mengatakan, Pendidikan Pancasila akan ditonjolkan lebih eksplisit pada kurikulum pendidikan yang baru. Selama ini, kata dia, mata pelajaran itu dinilai tertutupi dan kurang menonjol karena digabung dengan mata pelajaran lainnya yakni, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. “Pendidikan Pancasila akan lebih eksplisit ditekankan, sebelumnya agak tertutupi tapi nanti tidak,” kata Chairil saat ditemui Kompas.com, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (28/8/2012).

…dst

6 ) UGM Raih Peringkat Tiga di Kompetisi Hukum Se-Asia
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/29/373/682068/ugm-raih-peringkat-tiga-di-kompetisi-hukum-se-asia

Rabu, 29 Agustus 2012 13:06 wib
JAKARTA – Tim Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menuai prestasi di kancah internasional. Tim yang terdiri atas lima anggota tersebut meraih peringkat 3rd Best Memorial Award Asia Cup 2012 pada International Law Moot Court Competition Asia Cup 2012. International Law Moot Court Competition Asia Cup 2012 merupakan kompetisi peradilan semu antar mahasiswa se-Asia yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang secara rutin tiap tahun sejak 2003. Asia Cup saat ini telah menjadi salah satu kompetisi peradilan semu bergengsi di Asia. Dalam kompetisi ini, mahasiswa hukum diuji kemampuannya dalam membuat berkas peradilan (memorial) dan menampilkan oral pleading mengenai kasus yang diberikan. Isu hukum yang diangkat dalam Asia Cup kali ini adalah hukum humaniter internasional dan Hak Asasi Manusia (HAM). Lima mahasiswa Fakultas Hukum UGM yang berpartisipasi dalam kompetisi ini, yakni Andyka Ahmad Kasyidi Latief selaku manajer atau kepala delegasi, Annisa Mahardika Izzati, Pinkadela Mashitta, dan Vierna Tasya Wensatama sebagai penyaji, serta Talitha Luthfia selaku peneliti.

…dst

7 ) Mentan Harap Lulusan IPB Berkarya di Bidangnya
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/29/10574446/Mentan.Harap.Lulusan.IPB.Berkarya.di.Bidangnya

Rabu, 29 Agustus 2012 | 10:57 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Di depan mahasiswa baru Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Menteri Pertanian, Suswono, melontarkan harapannya agar para mahasiswa tersebut menjadi ahli yang mampu mengembangkan pertanian dan peternakan di Indonesia. Berkarya di bidangnya, lanjut Suswono, merupakan cara untuk bersyukur setelah berhasil memperoleh kesempatan berkuliah di kampus pertanian terbesar di Indonesia. “Siapkan diri kalian untuk bekarya yang menghasilkan inovasi dalam mengembangkan pertanian dan peternakan Indonesia,” kata Menteri saat menjadi motivator dalam kegiatan Masa pengenalan fakultas (MPF) di Unit Pendidikan Penelitian Peternakan Jonggol (UP3J) IPB di Jonggol, Kabupaten Bogor, Selasa (28/8/2012). “Saat masuk IPB, kita harus memiliki pertanyaan akan menjadi apa kita nanti dan berusahalah untuk mewujudkan pertanyaan kita tadi,” lanjutnya kemudian.

…dst

8 ) Lima Dosen Unsoed Masuk dalam 104 Inovator Terbaik Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/28/m9gohb-lima-dosen-unsoed-masuk-dalam-104-inovator-terbaik-indonesia

Selasa, 28 Agustus 2012, 17:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO – Kualitas staf pengajar Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, mulai mendapat pengakuan. Terbukti, dalam buku Daftar 104 orang Inovator Terbaik Indonesia 2012 yang disusun oleh Business Innovation Center (BIC) Indonesia bentukan Kementerian Riset dan Teknologi, ada lima staf pengajar Unsoed yang masuk sebagai inovator terbaik. Kelima peneliti Unsoed tersebut terdiri dari Prof Loekas Susanto MS PhD, Dr Rifda Naufalin, Dr Hery Winarsi, Prof Totok Agung Dwi Haryanto MP PhD, dan Prof Dr Suwarto MS. ”Kegigihan dalam orisinalitas penelitian dan kekukuhan untuk terus mengabdi pada pengembangan pedesaan dan kearifan lokal berkelanjutan, mengantarkan kelima dosen Unsoed ini masuk dalam Daftar 104 Inovator Terbaik Indonesia,” kata Humas Unsoed Purwokerto, Endang Istanti, Selasa (28/8).

…dst

9 ) Unikom Lolos Final INAICTA 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/29/373/682016/unikom-lolos-final-inaicta-2012

Rabu, 29 Agustus 2012 10:02 wib
BANDUNG – Hasil riset mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung masuk nominasi ajang final Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2012 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) di Jakarta. Dalam ajang itu, Unikom mengikuti lima dari 17 kategori yang dilombakan berupa hasil riset dan pengembangan di bidang teknologi, yakni Research and Development, E-Inclusion, Startup Company, Student-Perguruan Tinggi-Application, dan Applicative Robot – Perguruan Tinggi/Umum. Dosen Teknik Komputer Unikom Agus Mulyana mengatakan, ajang ini sebagai sarana mengembangkan inovasi berupa karya cipta hasil dari riset teknologi. “Saat ini industri teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi salah satu keunggulan yang kompetitif dalam bersaing bagi suatu negara. Jadi, tidak heran bila saat ini hal tersebut mulai dikembangkan,” tutur Agus di kampus Unikom, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, kemarin.

…dst

10 ) “Karya peneliti Indonesia mulai diperhitungkan”
http://www.antaranews.com/berita/329855/karya-peneliti-indonesia-mulai-diperhitungkan

Selasa, 28 Agustus 2012 18:22 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Penerima Penghargaan Sarwono Prawirohardjo XI, Prof. Soekarja Somadikarta mengatakan saat ini karya peneliti dan ilmuwan Indonesia sudah mulai diperhitungkan di dunia ilmu pengetahuan, riset, dan teknologi internasional. “Berkat pendidikan yang baik, suara penulis bangsa Indonesia yang menerbitkan majalah ilmiahnya di berbagai majalah internasional bermutu sudah `terdengar`,” kata Soekarja Somadikarta saat menyampaikan orasi ilmiahnya di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, Selasa. Prof Soma–panggilan akrab Soekarja Soemadikarta–menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Pendidikan dan Perkembangan Ilmu di Indonesia” sebagai pembicara pada Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XII dalam rangka ulang tahun LIPI. Pengakuan dunia ilmu pengetahuan internasional terhadap peneliti Indonesia, kata dia, berbeda dengan pada 1960-an ketika dia baru saja aktif sebagai peneliti. Saat itu, dia sering ditanya oleh koleganya sesama peneliti dari luar negeri, mengapa para ilmuwan Indonesia tidak “terdengar” suaranya di percaturan dunia ilmu pengetahuan, kecuali dalam ilmu kedokteran.

…dst

11 ) Penghargaan LIPI Segera Mendunia
http://sains.kompas.com/read/2012/08/28/19210454/Penghargaan.LIPI.Segera.Mendunia

Selasa, 28 Agustus 2012 | 19:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memiliki rencana untuk berkontribusi memberikan penghargaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk para ilmuwan di tingkat dunia. Penghargaan yang akan diberikan LIPI adalah Penghargaan Sarwono Prawirohardjo. Sejak tahun 2002, penghargaan ini sudah diberikan kepada ilmuwan Indonesia. Ke depan, LIPI akan memperluas jangkauannnya. “Kami berkeinginan agar pada tahun-tahun yang akan datang, penerima penghargaan ini juga dapat meliputi kalangan yang lebih luas di tingkat regional ASEAN dan bahkan Asia dan dunia,” kata Kepala LIPI, Lukman Hakim. Pemberian penghargaan dilakukan untuk mengapresiasi pada ilmuwan yang berperan dalam ilmu pengetahuan maupun kesejahteraan masyarakat. LIPI pantas memberikan penghargaan sebab telah melahirkan 300 profesor riset dan termasuk 100 besar lembaga riset dunia.

…dst

12 ) LIPI nyatakan banyak institusi kurang hargai riset
http://www.antaranews.com/berita/330018/lipi-nyatakan-banyak-institusi-kurang-hargai-riset

Rabu, 29 Agustus 2012 14:49 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Lukman Hakim mengatakan masih banyak institusi dan industri di Indonesia yang kurang menghargai riset dan lebih mengambil jalan pintas. “Banyak institusi dan industri yang lebih memilih mengadakan lomba untuk menjaring gagasan mengenai suatu hal daripada melakukan riset,” katanya saat dihubungi dari Jakarta, Rabu. Dia mengatakan institusi dan industri di Indonesia lebih memilih mengadakan lomba karena lebih banyak menjaring gagasan dan ide. Dari gagasan dan ide yang terkumpul itu, tinggal dipilih saja mana yang akan digunakan. Berbeda bila suatu permasalahan diputuskan melalui riset terlebih dahulu yang tidak jarang memerlukan waktu bertahun-tahun. Dengan mengadakan lomba, permasalahan bisa diselesaikan lebih cepat. “Dalam melakukan riset, peneliti menggunakan acuan yang bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi saat ini LIPI termasuk dalam lembaga riset elit dunia,” katanya. Menurut Lukman, Indonesia sebagai negara berkembang memang belum bisa dikatakan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap riset.

…dst

13 ) Mahasiswa Baru Membludak, UAD Kesulitan Ruang Kuliah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/28/m9gnit-mahasiswa-baru-membludak-uad-kesulitan-ruang-kuliah

Selasa, 28 Agustus 2012, 17:23 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Jika Perguruan Tinggi (PT) lain kesulitan mencari mahasiswa baru, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta justru kebanjiran calon mahasiswa baru. Bahkan, Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) ini banyak menolak mahasiswa baru untuk menjaga kualitas pendidikan di kampus tersebut. “Kita senang kepercayaan masyarakat terhadap kami cukup besar, namun saking banyaknya mahasiswa baru kita sekarang kesulitan ruang kuliah,” ungkap Rektor UAD, Kasiyarno, pada acara pengajian Syawalan dan pamitan haji dosen dan karyawan UAD di Kampus I UAD, Selasa (28/8). Diakuinya, untuk tahun akademik 2012/2013 ini, jumlah mahasiswa baru yang melakukan registrasi ulang ke UAD sebanyak 3.800 orang. Jumlah itu meningkat sekitar signifikan dari tahun sebelumnya. Ini karena ada penambahan tiga program studi baru di UAD yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD) dan Prodi Komunikasi.

…dst

14 ) Deklarasi Mahasiswa Baru UPI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/28/m9goyl-deklarasi-mahasiswa-baru-upi

Selasa, 28 Agustus 2012, 17:54 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Sebanyak 6.867 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendeklarasikan Anti Plagiarisme, Anti Mencontek dan Anti Perpeloncoan. Mereka diwakili oleh perwakilan mahasiswa baru setiap fakultas. “Perilaku mencontek dan plagiat merupakan bentuk tindakan tidak bermartabat yang harus dicegah dan ditanggulangi. Kami bertekad meniadakan bentuk-bentuk tindakan mencontek dan plagiat di lingkungan perguruan tinggi demi martabat civitas akademika,” janji mereka serentak saat Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum UPI, Selasa (28/8). Sementara itu, deklarasi Anti Perpeloncoan juga diucap oleh seluruh mahasiswa baru dan panitia.
Menurut Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata, masa orientasi di UPI sudah berlangsung bertahun-tahun dan sama sekali tidak ada kegiatan perpeloncoan.

…dst

15 ) Jurusan Keperawatan Jadi Favorit
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/521845/

Wednesday, 29 August 2012
SUKOHARJO – Program Studi (Prodi) Keperawatan ternyata masih menjadi favorit mahasiswa baru.Terbukti,jumlah pendaftar ProditersebutdiPoliteknikKesehatan (Poltekkes) Bhakti Mulia Sukoharjo cukup banyak. “Biasanya tren Prodi yang paling diminati berubah-ubah tiap tahun. Untuk tahun ini,keperawatan yang paling banyak diminati,” kata Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan Poltekkes Bhakti Mulia Bekti SuhartousaipembukaanPengenalan Program Studi (PPS) mahasiswa baru kemarin. Saat ini Poltekkes Bhakti Mulia memiliki empat Prodi. Masing- masing Keperawatan, Rekam Medis,Farmasi,serta Kebidanan. Dari empat Prodi tersebut, jumlah pendaftar terbanyak untuk Prodi Keperawatan yang mencapai 80 mahasiswa baru. Untuk Prodi Keperawatan, jumlah pendaftar tahun ini naik 100%. Pada 2011 jumlah pendaftar hanya separuhnya.

…dst

16 ) 1.670 Mahasiswa Unnes Terima Beasiswa Bidikmisi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/28/20522629/1.670.Mahasiswa.Unnes.Terima.Beasiswa.Bidikmisi

Selasa, 28 Agustus 2012 | 20:52 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo, menyerahkan beasiswa Bidikmisi kepada 1.670 mahasiswa baru penerima beasiswa tersebut, Selasa (28/8/2012) di Semarang, Jawa Tengah. Beasiswa sebesar Rp 600.000 per bulan tersebut diharapkan menjadi modal hidup para mahasiswa yang berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi. Penyerahan buku tabungan dilaksanakan di Auditorium Unnes yang dihadiri seluruh penerima beasiswa Bidikmisi yang diterima sebagai mahasiswa baru di berbagai fakultas. Jumlah total penerima beasiswa Bidikmisi tahun ini 1.750 mahasiswa, namun sebanyak 80 penerima beasiswa tersebut masih dalam proses verifikasi. Sudijono berharap, penerima beasiswa Bidikmisi benar-benar memanfaatkan bantuan pendidikan tersebut, serta menunjukkan prestasi akademik yang membanggakan. Saat menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa, Sudijono bertanya kepada para mahasiswa apakah sanggup untuk mempertahankan prestasi hingga selesai kuliah. “Kalian harus menunjukkan prestasi,” ujarnya.

…dst

17 ) Ketahuan Mampu, Beasiswa Dialihkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/29/196892/Ketahuan-Mampu-Beasiswa-Dialihkan

29 Agustus 2012
SEMARANG – Perguruan tinggi yang mengalokasikan Beasiswa Bidikmisi dapat mencabut hak beasiswa dari penerima jika dalam perjalanan mahasiswa tersebut ketahuan dari kalangan mampu. Beasiswa tersebut akan dialihkan kepada mahasiswa miskin tapi berprestasi. Hal itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo, saat menyalurkan Beasiswa Bidikmisi kepada mahasiswa baru Tahun Akademik 2012/2013, Selasa (28/8), di kampus Unnes Sekaran, Gunungpati. Dia mengatakan, sangat mungkin Bidikmisi dialihkan kepada mahasiswa yang lebih membutuhkan jika mahasiswa yang menerima sebelumnya ketahuan dari keluarga mampu. “Dari tinjauan dan pengawalan yang kita lakukan selama ini, memang ada salah satu mahasiswa yang sebelumnya dari kalangan tidak mampu namun seiring dengan berjalannya waktu, ada perbaikan ekonomi di keluarganya. Beasiswa itu akan kami alihkan ke mahasiswa yang lebih membutuhkan,” ungkapnya, kemarin.

…dst

18 ) Pendaftaran Pilrek UI Diperpanjang
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/29/373/682149/pendaftaran-pilrek-ui-diperpanjang

Rabu, 29 Agustus 2012 13:28 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) masih membuka lebar kesempatan bagi siapapun yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri menjadi Rektor UI selanjutnya pascaberakhirnya kepemimpinan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri pada 14 Agustus lalu. Pasalnya, pendaftaran pemilihan rektor diperpanjang sampai dengan 7 September 2012. Sejak dibuka pada 8 Agustus lalu, hari ini Rabu (29/8/2012) pukul 08.34 WIB, sebanyak 13 nama telah mendaftarkan diri melalui laman pemilihan rektor UI. Sekretaris Panitia Khusus Pemilihan Rektor Universitas Indonesia 2012-2017 Corina Riantoputra mengatakan, sebelumnya waktu pendaftaran Pilrek UI dibatasi sampai 31 Agustus 2012. Menurut Corina, ada berbagai alasan yang menyebabkan perpanjangan pendaftaran tersebut. Namun, alasan terpenting adalah memberikan kesempatan bagi bakal calon rektor lain yang ingin mendaftarkan diri. “Selain itu, dua minggu bertepatan dengan Idul Fitri sehingga waktunya tidak efektif. Jadi waktu perpanjangan ini dilakukan untuk memberikan lebih banyak kesempatan,” ujar Corina di Depok, Rabu (29/8/2012).

…dst

19 ) Gumilar Belum Ajukan Formulir Pendaftaran Pilrek
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/29/373/682150/gumilar-belum-ajukan-formulir-pendaftaran-pilrek

Rabu, 29 Agustus 2012 13:45 wib
DEPOK – Mantan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri sempat mengisyaratkan untuk maju kembali dalam pencalonan rektor UI untuk kedua kalinya. Namun hingga kini, di akun pemilihan rektor UI belum ada nama Gumilar dalam pendaftaran rektor. Sejauh ini, baru 13 orang yang mendaftar untuk menjadi rektor UI. Dari 13 orang tersebut baru lima orang yang mengembalkan formulir. Sebanyak empat orang berasal dari civitas akademika UI sementara satu orang lainnya dari kalangan masyarakat. Saat ini panitia pilrek tengah melakukan verifikasi dari data-data yang diberikan oleh para calon tersebut. Sekretaris Panitia Khusus Pemilihan Rektor Universitas Indonesia 2012-2017 Corina Riantoputra mengatakan, dia tidak mengetahui apakah Gumilar akan kembali mendaftarkan diri dalam pemilihan rektor (pilrek) atau tidak. Corina menambahkan, nama-nama bakal calon rektor akan dimumkan di situs pilrek UI jika mereka telah memenuhi persyaratan saat verifikasi.

…dst

20 ) Perbanas Institute Raih ISO 9001
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/08/29/344040/293/14/Perbanas-Institute-Raih-ISO-9001

Rabu, 29 Agustus 2012 02:17 WIB
JAKARTA–MICOM: Perbanas Insitute telah berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2008 sebagai standar internasional untuk sistem manajemen mutu atau kualitas yang menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. “Ini selaras dengan visi kami menjadikan kampus menuju lima besar di Asia pada 2019 nanti diantaranya meningkatkan kualitas melalui penerapan ISO 9001:2008,” kata Rektor Perbanas Institute Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo seusai penyerahan sertifikat ISO 9001: 2008 di kampus Perbanas Institute Jakarta, Selasa (28/8). Sertifikat ISO 9001:2008 diserahkan langsung Victor Antonio Amir selaku Senior Auditor atau Founders United Registrar of System (URS) Indonesia yang berpusat di London, Inggris. Dalam kesempatan itu, turut mendampingi jajaran Perbanas Institute, Adi Darmawan, Lely Priska,Ruslan Abdul Gani dan lain lain. Menurut Marsudi,dengan penerapan ISO 9001:2008, maka produk berupa barang dan/atau jasa yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan memiliki kualitas atau standar yang baik.

…dst

21 ) Mahasiswa FT Undip Dapat Proteksi Ganda
Bumiputeraku dan Bank Syariah Mandiri Digandeng
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/29/196891/Mahasiswa-FT-Undip-Dapat-Proteksi-Ganda

29 Agustus 2012
SEMARANG – Praktik kerja lapangan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) memiliki tingkat risiko tinggi, baik terhadap keselamatan fisik maupun jiwa. Karena itu, perlindungan asuransi mutlak diperlukan. Untuk itu, Universitas Diponegoro (Undip) menggandeng PT Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 dan Bank Syariah Mandiri (BSM), kemarin, meluncurkan kartu mahasiswa. Kartu tersebut sekaligus difungsikan sebagai kartu ATM ataupun ID asuransi. Dekan FT Undip Ir Bambang Pudjianto MT mengatakan, tuntutan dunia kerja, terutama dari perusahaan berskala besar, kini mengharuskan trainee memiliki perlindungan asuransi. “Praktik kerja mahasiswa kami beresiko tinggi sehingga asuransi diharapkan menjadi proteksi dini bagi mereka,” kata dia, kemarin, setelah penandatangan kerja sama di Gedung Prof Soedarto SH, kampus Tembalang. Pembantu Dekan Bidang Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Teknik M Agung Wibowo menambahkan, universitas sebenarnya sudah mengasuransikan seluruh mahasiswa Undip.

…dst

22 ) Permen Antioksidan dari Alpukat Buatan Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/29/10281571/Permen.Antioksidan.dari.Alpukat.Buatan.Mahasiswa

Rabu, 29 Agustus 2012 | 10:28 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pengetahuan tentang kandungan antioksidan dalam buah alpukat membuat dua mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), berkreasi. Dengan memanfaatkan besarnya kandungan vitamin E, vitamin A serta kandungan falovonoid dan tanin pada buah alpukat, Fransiscus Iwan Susilo dan Niken Istikhari Muslihah pun membuat permen antioksidan. Untuk membuat permen ini, keduanya harus membuat ekstrak etanol buah alpukat terlebih dulu. Dalam pembuatan ekstrak yang menghabiskan waktu hingga lima hari ini, mereka bisa mengetahui bahwa kadar antioksidan dari 500 gram buah alpukat berkisar di antara 8,6-14,13 persen tergantung pada konsentrasi ekstraknya. Setelah itu, permen dibuat dengan cara memasak 200 ml ekstrak etanol buah alpukat hingga mendidih dan ditambahkan 50 ml air untuk menghilangkan etanol yang masih tertinggal dalam ekstrak tersebut.

…dst

23 ) Lulusan UGM Harus Berkiprah Bagi Bangsa & Negara
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/29/373/682115/lulusan-ugm-harus-berkiprah-bagi-bangsa-negara

Rabu, 29 Agustus 2012 14:02 wib
JAKARTA – Pada Wisuda Program Sarjana IV 2011/2012, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melepas 1.329 sarjana dengan rata-rata lama studi empat tahun enam bulan. Sebanyak 374 lulusan atau 28,53 persen dinyatakan meraih predikat cumlaude. Dalam kesempatan yang datang setahun sekali itu, Rektor UGM Pratikno mengungkapkan, para wisudawan tersebut harus bisa mengambil peran dalam memajukan kehidupan bangsa. “Sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945, maka tujuan tersebut harus dimaknai dengan lebih terarah. Tidak hanya mengacu kepada meningkatkan individu anak bangsa, namun juga harus bisa memikirkan bagaimana melangkah bijak bagi kepentingan masyarakat dan kemartabatan bangsa,” ungkap Pratikno, seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (29/8/2012).

…dst

24 ) Rektor IPB: Ponpes Berpotensi Kembangkan Dunia Pertanian
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/28/m9gylr-rektor-ipb-ponpes-berpotensi-kembangkan-dunia-pertanian

Selasa, 28 Agustus 2012, 21:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Herry Suhardiyanto, mengatakan pondok pesantren berpotensi dalam mengembangkan dunia pertanian. “Indonesia memiliki jumlah Pondok Pesantren cukup banyak. Apalagi di Jawa Barat terbanyak jumlah pesantrennya. Pesantren cukup berpotensi untuk mengembangkan dunia pertanian,” kata rektor usai ditemui dalam acara halal bihalal keluarga besar IPB di kampus Dramaga, Bogor, Selasa (28/8). Rektor menyebutkan, IPB dan pondok pesantren telah lama menjadi mitra. Kerja sama sudah berjalan meski masih bersifat sporadis. Dimana pengabdian masyarakat IPB dengan menurunkan mahasiswa melakukan penelitian di pesantren. Rektor menyebutkan, banyak pondok pesantren yang telah berkembang besar. Beberapa santri banyak yang berkuliah di IPB. Santri-santri pondok pesantren memiliki semangat juang yang tinggi dalam menyelesaikan pendidikan di IPB.

…dst

25 ) FIB Udinus-Undip Gelar Program Bersama
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/29/196887/FIB-Udinus-Undip-Gelar-Program-Bersama

29 Agustus 2012
SEMARANG – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menggandeng FIB Universitas Diponegoro (Undip) untuk melakukan program bersama. Kerja sama kedua perguruan tinggi negeri dan swasta ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman, Selasa (28/8), di Gedung Rektorat Udinus. Perjanjian kerja sama tersebut meliputi beberapa poin, di antaranya kredit transfer semester selama 1-2 semester, peningkatan kualitas SDM dengan resources sharing, dan pemanfaatan fasilitas. Dekan FIB Udinus Achmad Basari SS MPd mengatakan, kegiatan ini untuk menindaklanjuti kerja sama sebelumnya antar kedua universitas. “Undip bagi Udinus bukan lagi lawan tetapi mitra sehingga pantas bagi kami untuk ngangsu kawruh, terutama untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan,” ungkapnya, kemarin.Mengenai kredit transfer semester, diperuntukkan bagi mahasiswa FIB Udinus semua angkatan yang ingin kuliah di Undip selama satu hingga dua semester. Namun untuk mengikuti program tersebut, mahasiswa FIB Udinus harus melewati proses seleksi.

…dst

26 ) Mahasiswa Indonesia di Mesir Ikuti Pelatihan Penulisan dan Penerbitan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/601

08/28/2012
Jakarta – Sebagai upaya peningkatan keterampilan tulis-menulis mahasiswa Indonesia di Mesir, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo menyelenggarakan Pelatihan Penulisan dan Penerbitan pada tanggal 6-8 Agustus 2012. Kegiatan diikuti 50 orang mahasiswa-mahasiswi Indonesia peminat ketrampilan tulis-menulis di Mesir. Pelatihan penulisan ini dirangkai dengan pengetahuan dan workshop penerbitan. Pengetahuan ini termasuk langka bagi mahasiswa Indonesia di Mesir, mengingat dunia penerbitan adalah sebuah industri yang selama ini menjadi harapan penulis untuk mempublikasikan hasil karyanya, namun penulis pemula tidak mengetahui bagaimana meloloskan karyanya agar dapat diterbitkan.

…dst

27 ) DKI Jakarta Tuan Rumah Olimpiade Sains Nasional (OSN) XI Tahun 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/602

08/28/2012
Jakarta — Tahun 2012 ini, DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) XI. OSN yang akan dimulai tanggal 3-6 September 2012 ini akan diikuti oleh siswa SD, SMA, dan siswa berkebutuhan khusus tingkat SD dan SMA. OSN XI bertujuan untuk mengubah penampilan sains dan matematika, yang bagi para peserta didik sesuatu yang menakutkan dan tidak digemari, menjadi sesuatu yang menyenangkan dan dinikmati. Karena dikemas dengan baik dan relevan dengan kehidupan mereka sebagai pelajar. Peserta merupakan para pemenang lomba tingkat provinsi yang dikirim untuk tingkat nasional mewakili provinsi masing-masing.

…dst

28 ) Puluhan Siswa Miskin Mukomuko Belum Ambil Beasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/28/m9h4bo-puluhan-siswa-miskin-mukomuko-belum-ambil-beasiswa

Selasa, 28 Agustus 2012, 23:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO – Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan masih banyak siswa miskin yang belum mengambil beasiswa, terutama mereka yang tinggal di wilayah terpencil. “Keterangan dari pihak kantor Pos masih sekitar Rp54 juta dana subsidi siswa miskin (SSM) yang belum diambil oleh siswa yang bersangkutan sampai sekarang,” kata Kepala Seksi SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mukomuko, Widodo, Selasa (28/8). Padahal, kata dia, sudah ada pemberitahuan dari dinas kepada setiap kepala sekolah SD, agar disampaikan kepada siswa miskin yang menerima bantuan SSM yang bersumber dari APBN itu. Permasalahan siswa belum dan terlambat mengambil beasiswa di kantor pos, menurut Kepala Seksi SMP Suryono, baru tahun ini terjadi di daerah itu setelah terjadi perubahan sistem penyaluran beasiswa.

…dst

29 ) Bulan Biru Bisa Disaksikan Jumat Malam
http://sains.kompas.com/read/2012/08/29/10473425/Bulan.Biru.Bisa.Disaksikan.Jumat.Malam

Rabu, 29 Agustus 2012 | 10:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena unik bernama Bulan Biru bisa disaksikan pada akhir pekan ini, tepatnya 31 Agustus 2012 malam. Seperti pengamatan Bulan biasa, fenomena ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club (JAC) Selasa (28/8/2012) mengatakan, “Bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan kali ini dikenal sebagai Blue Moon adalah sebuah kejadian yang termasuk langka.” Langkanya fenomena tersebut melatarbelakangi munculnya ungkapan “once in a blue moon”. Dalam arti sebenarnya, fenomena Bulan Biru muncul setiap 3 tahunan. Ini disebabkan oleh lunasi Bulan yang lamanya 29,5 hari sementara satu bulan dalam kalender masehi ada yang 31 hari. Pada Jumat nanti, purnama kedua atau Bulan Biru akan bisa disaksikan mulai pukul 20.59 WIB. “Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di langit timur sekitar pukul 21.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang,” jelas Mutoha.

…dst

30 ) Agnes dan Inul Dicatut di Makalah Jurnal Internasional
http://sains.kompas.com/read/2012/08/29/13392470/Agnes.dan.Inul.Dicatut.di.Makalah.Jurnal.Internasional

Rabu, 29 Agustus 2012 | 13:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Nama Agnes Monica dan Inul Daratista dicatut dalam makalah ilmiah yang terbit di African Journal of Agricultural Research edisi 24 Juli 2012. Makalah yang merupakan hasil penelitian berjudul “Mapping Indonesian Paddy Field Using Multiple-Temporal Satellite Imagery.” Secara lengkap, nama yang dicatut dalam paper tersebut ialah Nono Lee, Agnes Monica dan Inul Daratista. Ketiganya dicantumkan berasal dari lembaga bernama Institute of Dangdut, Jalan Tersesat No 100, Jakarta, 10000, Indonesia. Makalah tersebut sempat bisa diakses lewat situs web resmi African Journal of Agricultural Research, http://www.academicjournals.org/ajar/. Setelah beberapa hari, link tersebut tak bisa diakses namun makalah masih bisa ditemukan di situs web lain. Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Endang Sukara, mengatakan bahwa tindakan mencatut nama dan mengirimkan ke jurnal ilmiah adalah salah satu tindakan pelecehan terhadap komunitas ilmiah. “Karya ilmiah itu identik dengan kejujuran dan juga mendasari kebijakan. Kita memastikan semua data valid. Kalau ada yang salah, dampaknya akan besar, tidak hanya pada komunitas ilmiah namun juga yang lebih luas,” papar Endang.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.