1 ) Kriteria Pemilihan Lokasi Pendirian Akademi Komunitas
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/600

08/27/2012
Jakarta — Mulai tahun 2012 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan merintis pendirian 20 akademi komunitas (AK) di daerah-daerah terpilih. Pemasangan tiang pancang pertama akan dilakukan di Kabupaten Pacitan, pada 9 September 2012. Daerah yang terpilih sebagai lokasi pendirian AK, dipilih berdasarkan parameter yang telah ditetapkan. Diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, Senin (27/08), ada empat parameter yang menjadi pertimbangan pemilihan daerah-daerah tersebut. Pertama, dipilih wilayah dengan populasi penduduk yang tinggi. Hal tersebut ditujukan untuk menghindari terjadinya pertumbuhan pengangguran muda. “Jika pemuda-pemuda memiliki keterampilan, maka mereka akan memiliki pekerjaan. Namun jika mereka nganggur, itu akan sangat berbahaya,” demikian disampaikan Mendikbud, di ruang kerjanya, Senin siang. Kedua, AK akan dibangun di kantong-kantong penyedia tenaga kerja yang biasanya mencari pekerjaan di luar negeri (TKI). Seperti diketahui bersama, setiap warga negara yang bekerja di luar negeri merupakan diplomat dan cermin sebuah bangsa. “Kalau mereka bagus, nama bangsa kita bagus juga,” katanya. Dengan AK ini diharapkan akan meningkatkan kualitas, daya jual dan daya saing mereka.

…dst

2 ) Kenapa Harus 9 September dan Di Pacitan?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/27/1411500/Kenapa.Harus.9.September.dan.Di.Pacitan

Senin, 27 Agustus 2012 | 14:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan, pendirian Akademi Komunitas (AK) jauh dari upaya pencitraan politik pemerintah. Sebelumnya, pemerintah menetapkan “launching” pendirian AK negeri percontohan akan dilakukan pada 9 September, yang bertepatan dengan tanggal lahir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Pacitan, yang juga kampung halaman Presiden. Nuh menjelaskan, waktu memulai pendirian AK ditentukan berdasarkan selesainya proses tender dan sesuai dengan keluangan aktifitasnya sebagai menteri. “Tidak ada unsur pencitraan politik dalam keputusan itu. Semua terjadi alamiah,” kata Nuh, Senin (27/8/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta. Pada hari pendirian 9 September mendatang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dipilih sebagai lokasi pertama untuk dijadikan simbol pendirian AK dengan menancapkan tiang pancang pertama.

…dst

3 ) Beasiswa S-2 dan S-3 di Universitas Cambridge, Minat?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/28/08402486/Beasiswa.S-2.dan.S-3.di.Universitas.Cambridge.Minat.

Selasa, 28 Agustus 2012 | 08:40 WIB
KOMPAS.com – Program Gates Cambridge Scholarship membuka peluang beasiswa untuk tahun 2013-2014, di University of Cambridge. Program beasiswa ini menyediakan 90 beasiswa penuh setiap tahunnya untuk studi S-2 dan S-3. Gates Cambridge sendiri didanai Bill Gates, pemilik Microsoft. Beasiswa ini bertujuan membangun jaringan global para pemimpin masa depan yang berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan orang lain. Selain menanggung biaya pendidikan, penerima beasiswa juga mendapatkan tunjangan seperti single student yang menerima sekitar 13.000 poundsterling selama setahun dan tiket pesawat. Tidak hanya itu, Gates Cambridge juga mempertimbangkan aplikasi untuk beberapa jenis dana tambahan dasar, seperti tunjangan keluarga (anak), menghadiri konferensi, dan kesehatan, dan lain-lain. Bagi mereka yang tertarik, calon peserta harus mempunyai kemampuan intelektual yang brilian, potensi kepemimpina yang baik, dan berkomitmen meningkatkan kehidupan orang lain, serta cocok dengan kualifikasi program pascasarjana yang dipilih di Universitas Cambridge.

…dst

4 ) Lembaga Akreditasi Mandiri Mulai Diajukan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/27/19440248/Lembaga.Akreditasi.Mandiri.Mulai.Diajukan.

Senin, 27 Agustus 2012 | 19:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pengakreditasian program studi (prodi) di seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta yang jadi wewenang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tidak berjalan mulus. Keterbatasan asesor membuat ribuan prodi tidak selesai diakreditasi pada tahun ini. Mengantisipasi keterbatasan BAN-PT dalam mengakreditasi prodi yang saat ini berjumlah 16.755 prodi, pemerintah mengerucutkan wewenang BAN-PT untuk mengakreditasi insitusi PT saja. Tercatat 3.216 PT yang terdiri dari 92 PTN dan 3.124 PTS. Dalam Undang-undang No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, BAN-PT ditugaskan untuk mengakreditasi institusi PT. Adapun akreditasi prodi dilakukan lembaga akreditasi mandiri, baik yang diselenggarakan pemerintah maupun masyarakat. Kamanto Sunarto, Ketua BAN-PT, di Jakarta, Senin (27/8/2012), mengatakan pengajuan lembaga akreditasi mandiri sudah ada dari beberapa kelompok kerja ikatan profesi.

…dst

5 ) Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Minim
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/27/18470611/Akreditasi.Institusi.Perguruan.Tinggi.Minim.

Senin, 27 Agustus 2012
JAKARTA, KOMPAS.com – Institusi perguruan tinggi negeri dan swasta yang terakreditasi masih di bawah 100 perguruan tinggi. Padahal, saat ini terdapat 3.216 perguruan tinggi negeri dan swasta. Hasil akreditasi institusi perguruan tinggi (PT) yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional PT (BAN-PT), umumnya C. Adapun hasil akreditasi A minim. Seperti terlihat di laman resmi BAN-PT, untuk tahun 2012 ada 14 institusi PT yang diakreditasi. Hasilnya, sembilan institusi PT berakreditasi C dan sisanya akreditasi B. Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mengatakan yang lebih penting adalah akreditasi prodi. Sebab, hanya prodi yang terakreditasi BAN-PT yang boleh mengeluarkan ijazah. Kalau akreditasi institusi PT lebih pada pertanggungjawaban mutu pada masyarakat. Nanti, ini juga akan dilakukan, ujar Djoko.

…dst

6 ) Selesai, Evaluasi Kurikulum Pendidikan Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/28/10014417/Selesai.Evaluasi.Kurikulum.Pendidikan.Nasional

Selasa, 28 Agustus 2012 | 10:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Chairil Anwar Notodiputro mengatakan, evaluasi terhadap kurikulum pendidikan nasional hampir selesai dilakukan. Saat ini, evaluasi itu melahirkan draf naskah kerangka dasar kurikulum pendidikan nasional. “Evaluasi sudah kami lakukan. sekarang kita sudah punya draf untuk naskah kerangka dasar dari kurikulum itu,” kata Chairil, kepada Kompas.com, Selasa (28/8/2012), di Jakarta. Ia menjelaskan, draf naskah kerangka dasar kurikulum itu menitikberatkan pada empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, Matematika dan Pendidikan Agama. Alasan memilih empat mata pelajaran itu adalah karena tim evaluasi Kemdikbud menilai, empat mata pelajaran tersebut mampu menjadi perekat bangsa.

…dst

7 ) Kerangka Dasar Kurikulum Nasional Berlaku 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/28/12563672/Kerangka.Dasar.Kurikulum.Nasional.Berlaku.2013

Selasa, 28 Agustus 2012 | 12:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melahirkan draf kerangka dasar kurikulum pendidikan nasional. Ditargetkan, pada tahun ajaran 2013 kerangka dasar kurikulum itu sudah mulai diberlakukan. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Chairil Anwar Notodiputro mengatakan, pihaknya terus mematangkan draf tersebut. Pematangan draf kurikulum tak hanya melibatkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud, tetapi juga merekrut anggota tim evaluasi dari perguruan tinggi, dan tim independen yang konsen pada beberapa bidang mata pelajaran. “Kita targetkan 2013 kerangka dasar kurikulum ini sudah bisa digunakan,” katya Chairil saat ditemui Kompas.com, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (28/8/2012). Ia menjelaskan, proses evaluasi hingga implementasinya memerlukan waktu yang cukup lama karena ada hal besar di dalamnya. Tak hanya mengubah subtansi, tetapi juga mengubah cara penyampaian termasuk penyiapan dan penyediaan buku ajarnya.

…dst

8 )_Malam ini ITB Kirimkan Mobil Balap ke Jepang
http://sains.kompas.com/read/2012/08/27/20592344/Malam.ini.ITB.Kirimkan.Mobil.Balap.ke.Jepang

Senin, 27 Agustus 2012 | 20:59 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Senin (27/8/2012) malam ini, satu unit mobil balap buatan mahasiswa teknik mesin Institut Teknologi Bandung, dikirimkan ke Jepang. Mushika Formula ITB, nama mobil itu, akan diikutsertakan dalamFormula Society of Automotive Engineers International ke-10 pada bulan September mendatang. Hal itu diungkapkan Ketua Tim Mushika Formula ITB, Tri Aghna Satriya, dalam peluncuran di kampus ITB, Senin siang. Tim ITB yang terdiri dari 14 orang akan menyusul ke Jepang dan mengikuti pertandingan dari 3-7 September. “Untuk mengirimkan mobil ke Jepang, dibutuhkan biaya setidaknya Rp 122 juta yang sepenuhnya ditanggung pihak kampus,” kata Tri Aghna. Mushika Formula ITB menggunakan mesin 600cc yang dicomot dari sepeda motor sport Honda CBR 600RR karena persyaratan maksimal dari kompetisi itu adalah menggunakan mesin berkekuatan 600cc. Sisanya mulai dari pembuatan rangka hingga desain dilakukan secara mandiri di dalam kampus.

…dst

9 ) Gubernur Jabar Ikut Biayai ITB Ikut Balap Mobil Asia
http://sains.kompas.com/read/2012/08/27/1737579/Gubernur.Jabar.Ikut.Biayai.ITB.Ikut.Balap.Mobil.Asia

Senin, 27 Agustus 2012 | 17:37 WIB
BANDUNG, Kompas.com – Institut Teknologi Bandung berpartisipasi dalam lomba mobil balap tingkat mahasiswa se-Asia “Formula Society of Automotive Engineers International” di Jepang, 3-7 September 2012. Pelepasan mobil balap beserta timnya dilakukan di pusat mahasiswa Kampus ITB, Bandung, Senin, yang dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Rektor ITB Akhmaloka. Lomba mobil balap formula SAE yang diikuti oleh mahasiswa dari beberapa negara Asia seperti Jepang, China, India, Korea Selatan, Singapura, Thailand, dan Malaysia, itu baru pertama kali diikuti oleh ITB yang mengirim satu tim bernama Mushika. Karena itu ketua tim Mushika Tri Aghna Satriya pada keikutsertaan yang pertama baru menargetkan pemenang dalam kategori pendatang terbaik atau “best rookie.” “Pesaing terbesar kami dalam kategori itu adalah Thailand karena di negara itu sudah ada lomba sejenis yang didukung oleh pemerintah setempat,” ujarnya.

…dst

10 ) Pemprov Sumbang Rp100 Juta untuk Mushika ITB
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/521804/

Tuesday, 28 August 2012
BANDUNG – Mobil Mushika One MNC Formula Society of Automotif Engineers International (FSAE) Institut Teknologi Bandung (ITB) siap berlaga di ajang balap mobil antarmahasiswa tingkat internasional di Jepang, 3-5 September mendatang. Kemarin, mobil buatan mahasiswa ITB ini diuji coba oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. “Mantap mobil ITB ini,” katanya sambil mengacungkan jempol saat naik mobil Mushika di kampus ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, kemarin. Orang nomor satu di Jabar itu tidak mengemudikan mobil bermesin 600 cc CBR 600 RR supersport tersebut. Dia hanya menaiki mobil, lalu menyalakan mesinnya. Pedal gas terus dimainkan sampai terdengar gemuruh suara mesin. Menurut dia, mobil berwarna merah putih itu menjadi bukti kemampuan orang Indonesia membuat mobil canggih. Dia juga mendukung lomba yang akan diikuti mahasiswa dengan memberikan bantuan dana. “Kami akan memberikan Rp100 juta untuk Mushika ITB, kalau masih ada kekurangannya nanti bisa dicari lagi.

…dst

11 ) Dekan FMIPA UI Raih Penghargaan dari LIPI
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/28/373/681744/dekan-fmipa-ui-raih-penghargaan-dari-lipi

Selasa, 28 Agustus 2012 15:52 wib
JAKARTA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menganugerahkan penghargaan Sarwono Award kepada ilmuwan dan akademisi, Soekarja Soemadikarta. Penyerahan penghargaan ini dilakukan bertepatan dengan perayaan ulang tahun LIPI ke-45 yang jatuh pada 23 Agustus lalu. Kepala LIPI Lukman Hakim mengungkap, penghargaan Sarwono Prawirohardjo yang ada sejak 2002 itu merupakan bentuk penghormatan tertinggi terhadap jasa-jasa Sarwono selaku Bapak LIPI dan pimpinan pertama LIPI. “Kegiatan ini bertujuan mengembangkan tradisi keilmuan di Indonesia, serta keteladanan dan dedikasi beliau dalam memimpin LIPI sehingga sampai pada bentuknya seperti sekarang,” papar Lukman di Auditorium LIPI, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2012).

…dst

12 ) Bermodalkan Donat, Hendra Jadi Mapres Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/28/373/681482/bermodalkan-donat-hendra-jadi-mapres-nasional

Selasa, 28 Agustus 2012 09:55 wib
JAKARTA – Kehidupan sebagai pembuat dan penjual donat dilakoni Hendra Kwik selama empat tahun berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Meski julukan “Mas-Mas Tukang Donat” melekat pada diri mahasiswa Teknik Kimia tersebut, Hendra tidak malu, dan malah giat mencatatkan prestasi. Setelah mengukuhkan diri sebagai pemenang Ganesha Prize di kampusnya, Hendra mengukir namanya sebagai juara III Mahasiswa Berprestasi (Mapres) tingkat nasional 2012. Helatan pemilihan Mapres tingkat nasional sendiri rutin digelar Ditjen Dikti Kemendikbud. Setiap tahun, ajang ini mencari mahasiswa berprestasi yang menjadi wakil kampus-kampus negeri dari penjuru Indonesia. Bagi Hendra, kedua orangtua menjadi inspirasi terbesar dalam kegigihannya mencetak berbagai prestasi. Terlebih ketika mengingat semasa SMA, penggemar basket ini tidak mencatatkan prestasi yang baik sehingga tidak mampu meraih beasiswa di jurusan Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) bonafide. Padahal, tanpa beasiswa, biaya pendidikan di kampus itu sangat mahal.

…dst

13 ) Universitas Jerman Gandeng ITS untuk Pertukaran Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/28/373/681620/universitas-jerman-gandeng-its-untuk-pertukaran-mahasiswa

Selasa, 28 Agustus 2012 15:04 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menjalin kerjasama dengan institusi luar negeri. Kali ini kedatangan tamu dari Hochschule Wismar, Jerman, tersebut terkait pembahasan perkembangan kerjasama kedua perguruan tinggi (PT). Mengawali pertemuan, kedua belah pihak menyampaikan perkembangan dan keadaan universitas masing-masing. ITS diwakili oleh Rektor Tri Yogi Yuwono, demikian pula Hochschule Wismar yang diwakili oleh sang Rektor Norbert Grunwald. Dalam uraiannya, Norbert menjelaskan program pertukaran yang dimiliki kampus tersebut. Menariknya, program tersebut memungkinkan mahasiswa mencicipi studi di negara berbeda tiap semester. ”Satu semester di Jerman, satu semester di Polandia. Maka, kami pun berkeinginan menjalankan program tersebut bersama ITS,” ujar Norbert, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (28/8/2012).

…dst

14 ) Wisuda, 276 Alumni UNM Cumlaude
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/28/373/681653/wisuda-276-alumni-unm-cumlaude

Selasa, 28 Agustus 2012 13:50 wib
JAKARTA – Pada periode wisuda kali ini, Universitas Negeri Makassar (UNM) mewisuda 2.090 alumni dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan. Dari jumlah tersebut, 276 di antaranya lulus dengan predikat pujian atau cumlaude. “Saya berharap prestasi ini dapat ditingkatkan, minimal dapat dipertahankan pada masa mendatang,” kata Rektor UNM Prof. Dr. Arismunandar, MPd., seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada Okezone, Selasa (28/8/2012). Para alumni cumlaude tersebut mengikuti prosesi wisuda kemarin, dengan total wisudawan 923 orang. Sementara 1.167 wisudawan lainnya dikukuhkan dalam prosesi wisuda hari ini di di Auditorium Amanagappa UNM. Secara rinci, UNM mewisuda 289 sarjana dari FMIPA, 137 sarjana Fakultas Teknik (FT), 278 sarjana Fakultas Ilmu Komputer (FIK), 184 sarjana Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), dan 35 sarjana Fakultas Psikologi. Rektor juga melantik 725 sarjana dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 76 sarjana Fakultas Seni dan Desain, 88 sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan 111 sarjana dari Fakultas Ekonomi.

…dst

15 ) Undip Wajibkan Mahasiswa Baru Tanam Pohon
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/27/17274765/Undip.Wajibkan.Mahasiswa.Baru.Tanam.Pohon

Senin, 27 Agustus 2012 | 17:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Diponegoro Semarang mewajibkan seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013 untuk membawa bibit pohon yang akan digunakan sebagai upaya penghijauan kawasan kampus tersebut. Suharto menjelaskan, setiap mahasiswa baru tahun ajaran ini memang diwajibkan membawa bibit pohon sebagai bentuk komitmen dalam gerakan penghijauan, terutama dalam komitmen memelihara kampus agar nyaman dan lestari. Menurutnya, kewajiban membawa bibit pohon itu disosialisasikan untuk menumbuhkan keswadayaan di seluruh kalangan sivitas akademika, termasuk mahasiswa untuk membangun kampus yang nyaman sebagai tempat bekerja dan belajar. “Tanaman untuk penghijauan ini akan bersama-sama kita tanam pada bulan Oktober mendatang. Pada bulan Agustus-September bukan musim menanam, tetapi memelihara. Karena itu, penanaman bibit pohon ini akan dilakukan secara serentak pada Oktober mendatang agar hasilnya lebih maksimal,” kata Rektor Undip, Sudharto P. Hadi, usai upacara penyambutan mahasiswa baru Undip, di Semarang, Senin (27/8/2012).

…dst

16 ) Undip Larang Mahasiswa Baru Bawa Mobil, Kok?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/08/27/m9ez4u-undip-larang-mahasiswa-baru-bawa-mobil-kok

Senin, 27 Agustus 2012, 19:40 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Diponegoro Semarang melarang mahasiswa baru Tahun Ajaran 2012/2013 membawa mobil ke kampus, baik saat masa orientasi maupun kuliah hingga dua semester awal. “Ini memang kebijakan baru, baik saat mahasiswa masih menjalani masa orientasi selama enam hari maupun saat berkuliah sampai dua semester,” kata Rektor Undip Prof Sudharto Prawata Hadi di Semarang, Senin (27/8). Kebijakan yang melarang mahasiswa bermobil itu, kata dia, terutama untuk mahasiswa baru program sarjana dan diploma tersebut dilandasi alasan-alasan secara praktis maupun alasan dari aspek filosofis. Alasan praktis pertama, kata dia, lahan parkir di kampus Undip terbatas sehingga tidak muat menampung jika banyak mahasiswa yang membawa mobil, terutama tempat parkir di setiap fakultas.

…dst

17 ) 7.434 Maba Unnes Ikuti PPA
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/27/373/681059/7-434-maba-unnes-ikuti-ppa

Senin, 27 Agustus 2012 13:03 wib
JAKARTA – Hari ini, Senin (27/8/2012) sebanyak 7.434 mahasiswa baru (maba) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti temu teknik Program Pengenalan Akademik (PPA). Kegiatan ini berlangsung di semua fakultas di Unnes. “Jumlah itu merupakan mahasiswa yang mengambil program D-3 dan S-1 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan, SNMPTN jalur ujian tulis, dan Seleksi Penerimaan Masuk Unnes (SPMU ),” kata Wakil Ketua PPA Unnes Ubaidillah Kamal, seperti dikutip dari laman Unnes, Senin (27/8/2012). Namun dari keseluruhan jumlah itu, dia menuturkan, belum termasuk program studi (prodi) Ilmu Politik, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika. “Prodi itu masih menunggu proses registrasi, termasuk prodi Teknik Informatika S-1 yang pendaftarannya masih dibuka hingga 30 Agustus 2012,” ujarnya.

…dst

18 ) Mahfud MD: Pendidikan Harus Ciptakan Cendekiawan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/28/10412315/Mahfud.MD.Pendidikan.Harus.Ciptakan.Cendekiawan

Selasa, 28 Agustus 2012 | 10:41 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan, pendidikan di Indonesia harus menciptakan cendekiawan dan intelektual yang memiliki kecerdasan otak dan watak. Hal itu dikatakannya dalam acara Syawalan 1433 Hijriah Keluarga Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), di Yogyakarta, Senin (27/8/2012). “Pendidikan harus dijadikan sarana mencerdaskan kehidupan. Jadi, bukan hanya mencetak ahli, tetapi juga memunculkan kecendekiawanan dan intelektualitas,” ujar Mahfud. Menurut Mahfud, yang juga berlatar belakang dosen ini, selain membuat peserta didik menjadi pintar, pendidikan juga harus mengembangkan nilai moral dan hati nurani. Hal ini, lanjutnya, agar pendidikan sesuai dengan dengan amanat UUD 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

…dst

19 ) Dahlan Iskan Ajak Mahasiswa Jadi Agen Perubahan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/28/13230351/Dahlan.Iskan.Ajak.Mahasiswa.Jadi.Agen.Perubahan

Selasa, 28 Agustus 2012 | 13:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Menteri BUMN Dahlan Iskan menantang para mahasiswa untuk berperan serta menyelesaikan masalah bangsa. Mahasiswa harus menjadi agen perubahan yang positif bagi negara. Hal itu disampaikannya dalam kuliah umum yang dihadiri 5.000 mahasiswa-mahasiswi Universitas Indonesia (UI) di Balairung Kampus UI Depok, Jawa Barat, Selasa (28/8/2012) pagi. Dahlan mengatakan, 10 tahun lalu Indonesia tidak akan sanggup mengalahkan Malaysia atau negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, saat ini sudah ada anak usaha BUMN yang mampu mengalahkan perusahaan-perusahaan ternama di kawasan Asia maupun Eropa. “Sekarang maskapai Garuda Indonesia sudah mengalahkan Malaysia Airline dan Thai Airways. Begitu juga dengan Semen Gresik yang sudah mengalahkan perusahaan semen terbesar di Thailand,” kata Dahlan.

…dst

20 ) Indonesia raih penghargaan aksara King Sejong Unesco
http://www.antaranews.com/berita/329730/indonesia-raih-penghargaan-aksara-king-sejong-unesco

Senin, 27 Agustus 2012 21:18 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Indonesia meraih penghargaan aksara King Sejong dari Unesco untuk keberhasilan program pendidikan keaksaraan yang diintegrasikan dengan pengenalan kewirausahaan dan pembinaan taman bacaan masyarakat di ruang publik, seperti tempat ibadah dan pasar. “Penghargaan Unesco ini menjadi prestasi tersendiri bagi Indonesia dalam upaya serius melaksanakan percepatan peningkatan keaksaraan bagi seluruh warga negara di seluruh pelosok Tanah Air,” kata Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal dan Informal (PAUDNI) Kemdikbud Ella Yulaelawati di Jakarta, Senin. Ia mengatakan upaya memperjuangkan program-program peningkatan keaksaraan yang telah dilakukan Indonesia ke Unesco sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya dan pada usulan ketiga kalinya, yakni keaksaraan membangun perdamaian dan karakter bangsa dengan subyek peningkatan keaksaraan Masyarakat Badui, Provinsi Banten, maka penghargaan King Sejong dapat diraih. Pemberian penghargaan King Sejong akan dilaksanakan di Paris, Prancis pada tanggal 6 September 2012 dan pada saat yang sama juga dilaksanakan pertemuan “High official meeting” dengan tema “Reaching the 2015 Literacy Target : Delivering on the Promise!”.

…dst

21 ) 2012, Pendidikan Profesi Guru Diikuti 2.600 Calon
http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/27/17123256/2012.Pendidikan.Profesi.Guru.Diikuti.2.600.Calon

Senin, 27 Agustus 2012 | 17:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, pendidikan profesi guru (PPG) tahun ini akan diikuti oleh sekitar 2.600 calon guru. Para kandidat umumnya mahasiswa semester akhir dari berbagai bidang ilmu. Nuh mengatakan, PPG merupakan cara bagi seluruh sarjana di Indonesia untuk menjadi guru. Dalam pendidikan ini, para calon guru akan ditempa selama kurang lebih satu tahun. “Setiap sarjana itu boleh menjadi guru, tapi dia harus mengikuti PPG yang lebih mengedepankan aspek pedagogik, aspek sosial dan kepribadiannya,” kata Nuh, di gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (27/8/2012). PPG sendiri masih bersifat rintisan yang diklaim bisa menjamin kompetensi guru ke depannya. Perekrutannya disusun dengan khusus. Setelah para kandidat dinyatakan lolos prasyarat akademik, mereka ditempatkan di asrama untuk mengasah kompetensi sosial dan kepribadiannya.

…dst

22 ) Utak-atik Komponen Bekas demi Hemat Anggaran Negara
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/521378/

Sunday, 26 August 2012
Statusnya hanya guru honorer bergaji Rp150.000 per bulan. Tetapi, Yuli Tri Sumariadi punya pemikiran besar. Dia ingin anggaran negara tidak jebol cuma untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM). Tak sekadar berpikir, dia juga menuangkan idenya itu lewat karya: memodifikasi sepeda motor hingga berbahan bakar elpiji. Uji coba itu nyata-nyata berhasil. Sayang, dukungan dari pemerintah belum datang. Yuli,pria 42 tahun asal Desa Nglanduk,Kecamatan Wungu,Kabupaten Madiun, ini tak punya latar belangkan teknik.Hanya keterbatasan dan keinginan kuat saja yang membuat tangan-tangan kreatifnya bergerak.Lewat beberapa kali percobaan dia berhasil menjadikan sepeda motor yang semula mengonsumsi premium menjadi berbahan bakar elpiji.Sepeda motor itu kini bukan hanya lebih irit, melainkan ramah lingkungan.

…dst

23 ) Master Soal CPNS Dijaga Sandi Rahasia
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/27/373/681361/master-soal-cpns-dijaga-sandi-rahasia

Senin, 27 Agustus 2012 19:31 wib
JAKARTA – Master soal untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan diselenggarakan pada 8 September nanti sudah mulai dibagikan namun dikunci dengan kode rahasia oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) Tasdik Kinanto mengatakan, master soal dibagikan dalam bentuk flash disk. Master soal ini dibagikan untuk segera digandakan oleh masing-masing instansi. Tahun ini penerimaan CPNS berlangsung pada 8 September di 22 instansi pusat untuk 13.034 orang CPNS baru, 24 pemerintah daerah untuk 2.737 orang dan ikatan dinas sebanyak 4.219 orang. Flash disk tersebut dijamin kerahasiannya karena sudah diberikan kode rahasia yang hanya dapat dibuka oleh Lemsaneg. Sehingga jika instansi atau pemerintah daerah ingin membukanya harus menunggu petugas dari Lemsaneg datang dengan waktu sesuai perjanjian antara keduanya. “Mereka mengenkripsi master soal itu sehingga tidak mungkin dibuka oleh orang sembarangan,” kata Tasdik usai acara Serah Terima Master Soal di gedung Kemenpan dan RB, kemarin.

…dst

24 ) Pelaku Pungutan Liar Calon PNS Terancam Pidana
http://www.tempo.co/read/news/2012/08/28/063425952/Pelaku-Pungutan-Liar-Calon-PNS-Terancam-Pidana

Selasa, 28 Agustus 2012 | 11:46 WIB
TEMPO.CO, Makassar – Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana mengatakan pelaku pungutan liar dalam tahap perekrutan calon pegawai negeri sipil di Kementerian Hukum bisa diancam pidana. “Yang bisa diancam pidana tidak hanya yang menerima, tapi juga yang memberi suap. Keduanya bisa dikenakan pasal suap,” kata Denny saat menghadiri seleksi calon pegawai di Kementerian Hukum di Makassar, Selasa, 28 Agustus 2012. Menurut Denny, sejauh ini pihaknya sudah menemukan dua praktek percaloan dalam proses perekrutan pegawai Kementerian Hukum. Sejumlah dugaan penyelewengan dalam proses perekrutan tersebut didapat Denny dari situs microblogging Twitter, layanan BlackBerry Messenger, maupun pesan pendek. Di Yogyakarta, misalnya, lewat layanan pesan pendek, ada pihak yang melaporkan praktek percaloan dengan nilai suap Rp 150 juta. Setelah diselidiki, orang yang diduga memeras CPNS di Yogyakarta berhasil dicokok. Orang itu mengaku mendapat uang muka dari calon pegawai senilai Rp 25 juta, namun dikembalikan karena kesulitan menembus panitia penerimaan.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.