1 ) Pemerintah gelar uji kompetensi PNS pada 2013
http://www.antaranews.com/berita/322020/pemerintah-gelar-uji-kompetensi-pns-pada-2013

Selasa, 17 Juli 2012 18:30 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasodjo, menegaskan pemerintah akan menggelar uji kompetensi bagi pegawai negeri sipil (PNS) pada 2013. “Uji kompetensi itu sifatnya internal dan `soft`, karena akan dilaksanakan bagi PNS yang ada dengan kompetensi minimal seorang PNS,” katanya dalam lokakarya “Reformasi Birokrasi dan Keterbukaan Informasi Publik” JPIP-USAID di Surabaya, Selasa. Ia mengemukakan hal itu dalam lokakarya yang juga dihadiri Wakil Ketua DPD RI Laode Ida, Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Abdul Rohman Makmun, anggota Komisi III DPR RI Eva Kusuma Sundari dan Kabiro Organisasi Pemprov Jatim Ratna Ismaon. Menurut dia, uji kompetensi itu akan meliputi lima uji dasar yakni inteligensia dasar, integritas kepribadian, pengetahuan umum sesuai bidangnya, manajerial dasar dan `leadership` atau kepemimpinan dasar. “Uji kompetensi itu sebenarnya sudah dilaksanakan di Kementerian Keuangan, lalu kita adopsi untuk dilakukan secara tersentral dan luas untuk 4,4 juta PNS se-Indonesia,” katanya dalam acara yang juga dihadiri sejumlah kepala daerah di antaranya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

…dst

2 ) Australia Bantu Peningkatan Kapasitas Penelitian
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/17/20515637/Australia.Bantu.Peningkatan.Kapasitas.Penelitian

Selasa, 17 Juli 2012 | 20:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Australia, Senator Bob Carr, hari ini mengumumkan negaranya akan menyediakan dana hingga 100 juta dollar AS selama lima tahun. Dana itu digunakan untuk meningkatkan kepasitas penelitian dan mempelajari hasil bantuan pembangunan dalam pengentasan rakyat dari kemiskinan di Indonesia. Senator Carr mengatakan, dana tersebut akan meningkatkan kemampuan intelektual Indonesia untuk mengentaskan jutaan masyarakat dari kemiskinan. Penelitian-penelitian yang dimaksud dapat mendukung kebijakan yang memastikan setiap anak mendapatkan vaksinasi dan perempuan memiliki akses terhadap bidan pada saat melahirkan. Perempuan Indonesia 30 kali lebih berisiko meninggal saat melahirkan, dibandingkan dengan perempuan Australia. “Penelitian yang mendukung reformasi kebijakan akan mempercepat kemajuan sosial dan ekonomi di Indonesia,” ujar Senator Carr, dalam siaran persnya, Selasa (17/7/2012).

…dst

3 ) Australia bantu tiga juta perempuan Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/322059/australia-bantu-tiga-juta-perempuan-indonesia

Selasa, 17 Juli 2012 21:43 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Bob Carr mengumumkan program bantuan senilai 60 juta dolar (setara Rp560 miliar) untuk tiga juta perempuan Indonesia. Indonesia terus menunjukkan kemajuan dalam memperjuangkan hak, pendidikan, dan lapangan pekerjaan bagi perempuan, kata Bob dalam siaran pers dari Kedutaan Besar Australia yang diterima ANTARA, Selasa. Di Indonesia, hampir separuh murid sekolah adalah perempuan. Selanjutnya, jumlah siswa perempuan yang terdaftar di perguruan tinggi lebih banyak dibanding laki-laki. Menurut Menlu Bob, masih banyak hal yang harus dilakukan, terutama di daerah terpencil dan wilayah timur Indonesia dimana tingkat pendidikan, pendapatan, dan kesehatan perempuan masih buruk. Keadaan tersebut sangat kontras dengan Australia. Seorang perempuan Indonesia 30 kali lebih berisiko meninggal saat melahirkan dibandingkan perempuan Australia,” katanya.

…dst

4 ) Gubes Harvard : Fasilitas Kesehatan Jiwa di Indonesia Minim
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/18/373/665134/gubes-harvard-fasilitas-kesehatan-jiwa-di-indonesia-minim

Rabu, 18 Juli 2012 17:05 wib
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menghadirkan Guru Besar Harvard Medical School Byron J Good menyampaikan kuliah umum bidang Anthropologi Medis. Dalam kesempatan itu, Byron mengangkat tema Building Mental Health Capacity in Multi-Cultural Indonesia : Anthropology, Indonesian Subjectivities, and Post-Colonial Disorders.
Byron mengaku telah lama melakukan penelitian di Indonesia. Secara terus-menerus dia mengikuti perkembangan masyarakat mulai era pemerintahan orde baru hingga akhir, kejatuhan rezim orde baru, hingga era reformasi. Dia mengungkapkan, penting melakukan pengembangan fasilitas kesehatan kejiwaan di Indonesia, sebab dari rezim terdahulu hingga kini permasalahan kesehatan jiwa masih kurang mendapat perhatian. Menurut Byron, jumlah ahli di bidang kejiwaan atau psikiater di Indonesia sangat sedikit dibanding negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

…dst

5 ) PTN Hanya Boleh Tarik Uang SPP
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/511834/

Wednesday, 18 July 2012
JAKARTA – Pemerintah berencana membebaskan seluruh pembiayaan bagi mahasiswa di seluruh perguruan tinggi negeri (PTN), kecuali biaya Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP) pada tahun depan. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengatakan, pembebasan seluruh biaya selain SPP dapat diwujudkan karena pemerintah akan mengintensifkan penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang disetor oleh 92 PTN di Indonesia. Dia mengungkapkan, nilai PNBP yang diterima Kemendikbud mencapai Rp12 triliun.Dari nilai itu, Rp7 triliun di antaranya disumbang oleh tujuh PTN Badan Hukum Milik Negara (BHMN),seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Airlangga (UNAIR).”Mereka menyetor Rp6,5 triliun, sisanya Rp5,5 triliun dari PTN lain,”ungkap Djoko di Gedung Kemendikbud, Jakarta, kemarin. Djoko mengatakan, dari Rp12 triliun itu,Kemendikbud akan menghitung berapa yang akan digunakan untuk biaya investasi, operasional, maupun gaji dosen.

…dst

6 ) PT Asing Tetap Dibatasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/18/192978/PT-Asing-Tetap-Dibatasi

18 Juli 2012
SEMARANG- Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Harris Iskandar menegaskan, meskipun Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU PT) membuka peluang masuknya Perguruan Tinggi Asing (PTA), keberadaannya tetap akan dibatasi. PTA juga wajib terakreditasi. Selain itu, mereka diharuskan menggandeng perguruan tinggi di dalam negeri beserta tenaga pengajarnya. “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menentukan lokasi, jenis, dan prodi yang dapat diselenggarakan perguruan tinggi asing,” kata Harris dalam sosialisasi Undang-Undang Pendidikan Tinggi di Rektorat Undip, Senin (16/7). Dia menjelaskan, pemerintah membuat beberapa aturan yang wajib dipenuhi perguruan tinggi asing yang ingin masuk ke Indonesia. Hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah status akreditasi. Pasalnya, hanya perguruan tinggi asing dengan mutu baik diizinkan masuk ke Indonesia. Selanjutnya, UU PT juga mewajibkan setiap perguruan tinggi asing yang masuk ke Indonesia harus berbasis nirlaba dan melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia, seperti diatur dalam Pasal 90. Dalam waktu dekat akan dikeluarkan Peraturan Mendikbud yang mengatur perguruan tinggi asing.

…dst

7 ) Perguruan Tinggi Negeri Diminta Lebih Transparan
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/18/079417828/Perguruan-Tinggi-Negeri-Diminta-Lebih-Transparan

Rabu, 18 Juli 2012 | 17:07 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik Indonesian Corruption Watch (ICW), Febri Diansyah, meminta perguruan tinggi negeri transparan dalam menetapkan biaya operasional yang dibutuhkan. Apalagi mulai tahun anggaran 2013 nanti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan anggaran senilai Rp 12 triliun untuk biaya operasional ini. “Sejak awal PTN harus mengumumkan berapa biaya operasional yang dibutuhkan, sehingga memudahkan pengawasan,” kata Febri Diansyah saat dihubungi pada Rabu, 18 Juli 2012. Menurut Febri, selama ini perguruan tinggi masih kurang transparan dalam memaparkan berapa biaya operasional yang dibutuhkan setiap tahunnya. Bahkan ada PTN yang sama sekali tidak mengumumkan. Akibatnya sewaktu-waktu PTN bisa saja meminta pungutan tambahan kepada mahasiswa dengan dalih untuk penambahan biaya operasional. “Karena itu kami minta PTN mengumumkan secara rutin total biaya yang dibutuhkan.”

…dst

8 ) Pemerintah Susun Skema Bantuan Operasional PTN
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/10/079416014/Pemerintah-Susun-Skema-Bantuan-Operasional-PTN

Selasa, 10 Juli 2012 | 14:21 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun skema pemberian dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Nasional (BOPTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan perguruan tinggi yang lebih sedikit menghimpun dana dari masyarakat akan mendapat BOPTN lebih besar. Begitu juga sebaliknya. “BOPTN itu akan menjadi insentif sekaligus disinsentif,” kata Nuh ketika ditemui pada Selasa, 10 Juli 2012. Menurut Nuh, perguruan tinggi bisa menghimpun dana dari tiga sumber utama, yaitu pungutan dari mahasiswa, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, serta dari kerja sama penelitian perguruan tinggi dengan pihak lain.Nuh mengatakan kementerian akan memberikan penilaian positif buat perguruan tinggi yang tidak sepenuhnya menggantungkan biaya operasional dari pungutan mahasiswa. “Yang mengandalkan dana dari kerja sama lebih baik nilainya,” kata Nuh.

…dst

9 ) Izin Prodi Terbit, Otomatis Terakreditasi
http://www.jpnn.com/read/2012/07/17/134051/Izin-Prodi-Terbit,-Otomatis-Terakreditasi-

Selasa, 17 Juli 2012 , 18:35:00
JAKARTA–Perguruan tinggi akan mendapatkan akreditasi secara otomatis baik untuk penyelenggaraan institusi maupun program studi (prodi) pada saat memperoleh izin penyelenggaraan. Ketentuan tersebut diatur melalui Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) yang telah disahkan menjadi UU Dikti oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada 13 Juli 2012 lalu. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemdikbud) Djoko Santoso menyampaikan, kendala yang dihadapi selama ini adalah banyaknya program studi yang belum terakreditasi sehingga tidak bisa mengeluarkan ijazah. Hal ini disebabkan tidak terpenuhinya batas waktu akreditasi yaitu pada 16 Mei lalu atau tujuh tahun sejak dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. “Padahal yang belum mengeluarkan akreditasi jumlahnya empat ribu (prodi),” terang Djoko di Jakarta, Selasa (17/7). Djoko menyampaikan, menurut UU Dikti, institusi atau prodi yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan maka berakreditasi minimum C. Dengan demikian, kata dia, sudah dapat mengeluarkan ijazah. “Jadi ini akreditasi minimum institusi. Program studi juga minimum begitu izinnya terbit. Akreditasi berikutnya adalah apakah menjadi lebih baik atau sebaliknya, mestinya lebih baik,” katanya.

…dst

10 ) Pendidikan Swasta Kurang Diperhatikan, DPR Prihatin
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/17/m7bbxv-pendidikan-swasta-kurang-diperhatikan-dpr-prihatin

Selasa, 17 Juli 2012, 23:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM – Anggota Komisi VIII DPR H Mahrus Munir menyatakan prihatin pendidikan swasta kurang mendapat perhatian pemerintah termasuk yang berada di lingkungan Kementerian Agama. “Melihat perbandingan antara pendidikan negeri dan swasta, saya termasuk orang yang selalu mengelus dada. Karena itu sejak awal di Komisi VIII saya bersama teman lainnya berupaya mengubah pola penggaran di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama,” katanya di Mataram, Selasa (17/7). Pada acara dialog dengan para tokoh agama dan jajaran Kanwil Kementerian Agama NTB, dia mengatakan amanat undang-undang tidak membedakan antara pendidikan di lingkungan Kemdikbud dan Kementerian Agama. “Amanat undang-undang tidak menyebutkan persentase untuk pendidikan di lingkungan Kemdikbud dan Kementerian Agama. Kedua-duanya sama untuk kepentingan pendidikan 20 persen,” katanya. Namun, kata Mahrus, realitanya di lingkungan Kemdikbud cukup banyak anggarannya, sementara pendidikan di lingkungan Kementerian Agama hanya beberapa persen.

…dst

11 ) DPR Nilai UU PT Beri PTS Ruang Besar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/16/m794wd-dpr-nilai-uu-pt-beri-pts-ruang-besar

Senin, 16 Juli 2012, 18:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Ketua Komisi X DPR RI Agus Hermanto menilai, Undang-Undang Pendidikan Tinggi (PT) yang baru saja disahkan memberi ruang besar bagi kalangan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk berkembang. “Dalam UU PT ini, PTS betul-betul diperhatikan, hingga anggaran-anggaran untuk kegiatan penelitian dan riset,” katanya, di sela kunjungan kerja Komisi X DPR RI ke Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (16/7). Menurut dia, dalam UU PT penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) dilaksanakan oleh pemerintah dan bersifat gratis, namun jika ada kalangan PTS yang mau ikut bergabung juga diperbolehkan. Ia mengatakan UU PT itu juga dimaksudkan untuk “mengerem” mahasiswa untuk belajar ke perguruan tinggi luar negeri, dengan cara memperkuat dan memperluas akses masyarakat untuk menempuh kuliah di tanah air. “Karena itu, nantinya tidak ada lagi calon mahasiswa yang kesulitan berkuliah karena masalah biaya, sebab ada keberpihakan kepada peserta didik dari keluarga kurang mampu,” kata politisi Partai Demokrat itu.

…dst

12 ) Joki Universitas Airlangga Dilaporkan ke Polisi
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/18/079417820/Joki-Universitas-Airlangga-Dilaporkan-ke-Polisi

Rabu, 18 Juli 2012 | 16:49 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Universitas Airlangga akhirnya bersikap tegas terhadap pelaku perjokian penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri. Tadi malam satu dari lima pelaku perjokian bernama Muhammad Abit Hidayatullah dilaporkan ke Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya. Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokoler Universitas Airlangga, Mangestuti Agil, mengatakan laporan ke polisi baru bisa dilakukan tadi malam, atau empat hari setelah praktek tersebut terungkap. Sebab, kata dia, panitia ujian butuh waktu untuk menemukan indikasi yang lebih kuat. Setelah diselidiki, hanya satu dari lima orang yang terindikasi kuat. “Semalam tim rapat sampai pukul 19.00 sebelum akhirnya bersama-sama ke Polrestabes untuk melapor,” kata Mangestuti, Rabu, 18 Juli 2012. Menurut Mangestuti, pelaku sebenarnya sudah tercatat sebagai mahasiswa Unair dari Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Kimia. Modus Abit, kata Mangestuti, adalah mengikuti ujian lagi untuk jadi joki calon mahasiswa.

…dst

13 ) Komplotan Joki Ujian Layak Dihukum Berat
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/18/079417674/Komplotan-Joki-Ujian-Layak-Dihukum-Berat

Rabu, 18 Juli 2012 | 04:54 WIB
TEMPO.CO, Jakarta– Praktisi pendidikan, Arief Rachman, menilai praktek perjokian dalam ujian masuk Program Internasional Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, sebagai perbuatan kriminal yang layak dihukum berat. “Saya sangat prihatin dan sedih. Ini kejahatan intelektual yang sangat berbahaya jika masih terjadi,” ujarnya saat dihubungi Selasa 17 Juli 2012. Hukuman berat bagi komplotan joki itu diharapkan dapat menghasilkan efek jera. Dengan demikian, tidak ada lagi yang ingin melakukan aksi serupa saat mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri favorit. “Harus ada gebrakan yang membuat pelaku joki kapok dan malu. Kalau hal ini dibiarkan membudaya, gawat sekali,” kata Arief Rachman.

…dst

14 ) 2014, Dosen di Universitas Bengkulu tidak Ada yang S1
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/18/333918/293/14/2014-Dosen-di-Universitas-Bengkulu-tidak-Ada-yang-S1

Rabu, 18 Juli 2012 10:34 WIB
BENGKULU–MICOM: Tenaga dosen di Universitas Bengkulu pada 2014 seluruhnya sudah kualifikasi strata-2 dan strata-3.”Kami akan menghabiskan tenaga dosen berkualifikasi strata-1 untuk meningkatkan sumber daya manusia di universitas tersebut,” kata Rektor Universitas Bengkulu (UNIB) Zainal Muktamar, Rabu (18/7). Ia mengatakan, sekurang-kurangnya pada 2014 tercapai rasio dosen dengan kualifikasi S2 dibanding S3 yakni 60:40. Untuk mewujudkan hal itu dilakukan tugas belajar dengan target menghabiskan dosen yang masih berkualifikasi S1. Dosen S1 yang diberi tugas belajar tersebut berusia tidak lebih dari 55 tahun. Tugas belajar S3 diberikan kepada dosen S2 yang ada sekarang. Untuk studi S3 itu akan direkrut dan baru lulus S2 dan paling banyak 20 persen dari total seluruh dosen per program studi diperkenankan mengikuti studi lanjut. Unib pada 2012 mempunyai 735 staf dosen yang terdiri atas 532 berkualifikasi S2, 151 berkualifikasi S3, serta 30 orang guru besar.

…dst

15 ) Atasi Kesulitan Air, UGM-Kemenristek Pasang Pompa Surya
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/18/373/664975/atasi-kesulitan-air-ugm-kemenristek-pasang-pompa-surya

Rabu, 18 Juli 2012 12:30 wib
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bersama Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) memberikan solusi bagi daerah sulit air berupa teknologi sederhana, ramah lingkungan, dan biaya murah, yaitu pompa surya. Pompa yang memanfaatkan energi matahari ini mampu mengalirkan air ke daerah-daerah kering, seperti Gunung Kidul.Pembangunan pemasangan pompa surya ini ditandai secara simbolis dengan penyerahan pompa oleh Asisten Deputi Iptek Masyarakat Kemenristek Momon Sadiyatmo kepada wakil Bupati Gunung Kidul Imawan Wahyudi, dalam acara sosialisasi program pemasangan pompa surya di Balai Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, kemarin. Penyerahan pompa surya tersebut disaksikan Wadek Bidang Kemahasiswaan, Penelitian dan Kerjasama Fakultas Teknik UGM Jamasri, Kepala Satker PAM PU DIY Hardjono Sudjanadi, serta Kepala Desa Purwodadi Suprihatin.

…dst

16 ) IPB Bahas Tempe di Seminar Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/18/373/665275/ipb-bahas-tempe-di-seminar-internasional

Rabu, 18 Juli 2012 18:56 wib
JAKARTA – Tempe merupakan produk bioteknologi dengan memanfaatkan bakteri. Namun, komposisi bakteri pada tempe ternyata dapat berbeda tergantung tempat pembuatan, proses fermentasi dan tahapan yang dilakukan selama pengolahan. Demikian disampaikan peneliti mikrobiologi Institut Pertanian Bogor (IPB) Antonius Suwanto dalam konferensi bertaraf international. Anton menyebutkan, tempe di Sidoardjo memiliki banyak bakteri Klebsiella yang merupakan penghasil vitamin B 12. “Sementara pada tempe yang banyak diproduksi di Malang banyak mengandung bakteri R. Oryzae yang merupakan penghasil asam laktat dan mempunyai kemampuan mengurai lemak kompleks menjadi trigliserida dan asam amino,” ujar Anton, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (18/7/2012).

…dst

17 ) IPB: Marah, Berarti Kehilangan 2.500 Miligram Vitamin C
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/17/373/664753/ipb-marah-berarti-kehilangan-2-500-miligram-vitamin-c

Rabu, 18 Juli 2012 10:03 wib
JAKARTA – Puasa bukan sekadar menahan hawa nafsu tapi juga mengendalikan emosi. Ternyata, hasil penelitian menunjukkan marah tidak hanya menguras energi kita, tapi juga menghilangkan kandungan vitamin C dalam tubuh kita.Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan menyebut, setiap kali marah maka kita akan kehilangan banyak vitamin C dalam tubuh. “Marah dapat menghilangkan vitamin C sebanyak 2.500 miligram atau sama dengan kandungan yang ada dalam lima buah jeruk,” kata Khomsan, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (18/7/2012).Menurut Khomsan, tidak dapat mengendalikan emosi atau marah juga dapat menurunkan efisiensi dalam pemompaan jantung dan serangan jantung kedua. “Kebutuhan gizi manusia saat berpuasa sama dengan kebutuhan gizi saat tidak berpuasa. Namun pada saat awal puasa banyak orang yang berat badannya turun antara dua sampai dengan tiga kilogram, karena indeks asupan energi yang menurun,” paparnya.

…dst

18 ) Peneliti IPB Temukan Antibiotik Alami untuk Lele
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/17/373/664711/peneliti-ipb-temukan-antibiotik-alami-untuk-lele

Rabu, 18 Juli 2012 09:03 wib
JAKARTA – Para peternak lele kini dapat bergembira. Pasalnya, Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) Sri Lestari Angka menemukan antibiotik alami dengan harga murah untuk menangkal penyakit Motile Aeromonad Septicaemia atau MAS yang kerap menyerang lele. Peneliti pada Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB ini berhasil menemukan antibiotik alami berupa ekstrak campuran daun sirih, daun jambu biji, dan sambiloto. Ekstrak dedaunan ini selain ramah lingkungan juga dapat meningkatkan daya tahan atau imunitas ikan. Popularitas ketiga tanaman tersebut dalam dunia pengobatan tradisional tidak disangsikan, karena terbukti mujarab dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, bahan pembuat antibiotik ini mudah didapat dan dibudidayakan serta proses pembuatannya juga mudah. “Harganya pun lebih murah dari antibiotik komersil lainnya. Melalui proses ekstraksi dan penggabungan yang tepat akan diperoleh khasiat yang maksimal,” ujar Sri, seperti disitat dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (18/7/2012).

…dst

19 ) Jurnal “TELKOMNIKA” yang dikelola dosen-dosen UAD hadir di Beijing (China)”
Melalui lobby yang dilakukan IAES Committee, panitia 2012 International Conference on Information Technology and Software Engineering (ITSE2012) will be hosted by Beijing Jiaotong University in Beijing during December 8-10, 2012, setuju bekerjasama dengan IAES yang ditandai dengan pemasangan “Logo IAES” sebagai sponsor. Beberapa best selected papers nantinya akan diterbitkan di TELKOMNIKA dan beberapa international journal lain yang terindeks oleh SCI or EI. Sekedar informasi, TELKOMNIKA adalah salah satu jurnal yg terindeks oleh EI.Info lengkap silakan kunjungi >>> http://www.icitse.org/

…dst

20 ) Sumbar-AS berencana kerja sama bidang pendidikan
http://www.antaranews.com/berita/322023/sumbar-as-berencana-kerja-sama-bidang-pendidikan

Selasa, 17 Juli 2012 19:08 WIB
Padang (ANTARA News) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pemerintah Amerika Serikat berencana menjalin kerja sama bidang pendidikan mulai dari tingkat sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi. Penjajakan kerja sama itu terungkap dalam kunjungan Pelaksana Tugas Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Kristen Bauer didampingi Konjen AS di Medan Trevor bertemu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa. Dubes AS berkunjung ke Sumbar dengan sejumlah agenda di antaranya berdialog dengan Gubernur Sumbar, pertemuan dengan alumni AS di Sumbar dan berkunjung ke Sanggar Tari Nan Jombong. Kristen Bauer menyampaikan, selama ini dan ke depan pemerintah AS tetap memberi kesempatan beasiswa kepada calon mahasiswa asal Sumbar. Namun, ke depan ingin menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi (PT) di Sumbar, dan melalui pertemuan dengan gubernur mungkin ada bentuk baru terhadap persiapan bagi calon yang ingin belajar ke AS.

…dst

21 ) Freeport dukung kerjasama LPMAK-Unipa
http://www.antaranews.com/berita/321852/freeport-dukung-kerjasama-lpmak-unipa

Senin, 16 Juli 2012 20:26 WIB
Timika (ANTARA News) – PT Freeport Indonesia mendukung penuh jalinan kerja sama antara Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) dengan Universitas Negeri Papua (Unipa) Manokwari dalam bidang pengembangan masyarakat lokal di Kabupaten Mimika. Senior Manajer Sosial Local Development PT Freeport, Arief Susanto di Timika, Senin mengatakan perusahaan sangat mendukung langkah LPMAK yang menggandeng sejumlah pihak termasuk Unipa Manokwari dalam rangka mempercepat pembangunan masyarakat di Kabupaten Mimika. Arief Susanto berharap melalui kerja sama tersebut maka berbagai program di bidang pengembangan masyarakat lokal bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan. Kemitraan antara LPMAK dengan Unipa Manokwari sudah berlangsung selama beberapa tahun. Pada 1 Mei lalu, kedua belah pihak sepakat memperpanjang kerja sama selama kurun waktu lima tahun ke depan. Nota kesepahaman antara kedua belah pihak ditandatangani oleh Sekretaris Eksekutif LPMAK, Emanuel Kemong dan Rektor Unipa Manokwari, DR Suriel Mofu.

…dst

22 ) Abdurrahman Wahid Centre Hadir di Kampus UI
http://nasional.kompas.com/read/2012/07/18/1301173/Abdurrahman.Wahid.Centre.Hadir.di.Kampus.UI

Rabu, 18 Juli 2012 | 13:01 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Abdurrahman Wahid Centre rencananya diresmikan keberadaannya di Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, Rabu (18/7/2012) siang ini. Kehadiran Abdurrahman Wahid Centre di Kampus UI, dalam rangka menjaga dan meneruskan pemikiran Gus Dur. Abdurrahman Wahid Centre menempati salah satu ruangan di area perpustakaan UI. Informasi ini disampaikan Ahmad Suaedy, peneliti senior The Wahid Institute dan salah seorang penggagas Abdurrahman Wahid Centre for Inter-Faith Dialogue and Peace-Universitas Indonesia kepada Kompas. “Rencana pendirian lembaga ini sudah dibicarakan enam bulan sebelumnya. Kami berterima kasih kepada UI yang dapat memfasilitasi kehadiran lembaga ini,” tutur Suaedy. Peresmian lembaga ini berlangsung pukul 12.30 WIB di Perpustakaan UI lantai 3. Rencananya acara ini dihadiri sejumlah tokoh antara lain Mahfud MD, Said Aqil Siroj, Garin Nugroho, Romo Mudji Sutrisno, dan Yeni Wahid.

…dst

23 ) Abdurrahman Wahid Centre telah Dibuka
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/18/1458136/Abdurrahman.Wahid.Centre.telah.Dibuka

Rabu, 18 Juli 2012 | 14:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sinta Nuriyah Wahid membuka ABDURRAHMAN WAHID Centre for Inter-Faith Dialogue and Peace Universitas Indonesia (AWC-UI). Pembukaan AWC ini ditandatangani oleh Sinta Nuriyah Wahid, Gumilar Roesmiwa, Rektor UI, dan Said Aqil Siradj, ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI. Lounching AWC ini dilaksanakan sebagai rangkaian dialog Agama dan Toleransi di Persimpangan Jalan di Auditorium Terapung Perpustakaan Pusat UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (18/7/2012). Lounching ini juga dihadiri oleh pemuka agama, keluarga besar Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan sahabat-sahabat Gus Dur. ABDURRAHMAN WAHID Centre bertempat di Perpustakaan UI lantau III adalah lembaga yang mengkhususkan diri pada dialog, penelitian, pengembangan akademik, dan mediasi konflik. Lembaga ini diinspirasi oleh karya dan kiprah Abdurrahman Wahid sebagai pimpinan Indonesia dan pimpinan Islam yang selalu berkomitmen pada dialog antar iman dan perdamaian dunia.

…dst

24 ) 8 Ilmuwan Dapat Penghargaan dari MIPA UI
http://www.jpnn.com/read/2012/07/18/134085/8-Ilmuwan-Dapat-Penghargaan-dari-MIPA-UI-

18 July 2012
DEPOK – Sebanyak delapan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu menerima penghargaan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Indonesia (UI). Penghargaan diberikan di malam puncak acara MIPA untuk Negeri (MUN) 2012 di UI Depok, Selasa (17/7) malam. MUN merupakan sebuah acara berskala nasional yang diharapkan akan menjadi ajang berinovasi, berkarya, dan berbagi inspirasi untuk menyebarkan semangat berkreasi khususnya di bidang keilmiahan sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan negeri ini. Acara MUN ini merupakan yang kedua kali diadakan. Tahun ini tema yang diambil adalah “Demi Indonesia”. Tema ini dipilih karena Indonesia membutuhkan ilmuwan-ilmuwan dan mahasiswa yang punya kecintaan untuk membangun Indonesia.

…dst

25 ) Mahasiswa UNY Kembangkan Software Wayang
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/18/333901/293/14/Mahasiswa-UNY-Kembangkan-Software-Wayang

Rabu, 18 Juli 2012 08:39 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan software atau perangkat lunak yang berisi berbagai seri cerita wayang dan penokohannya.”Perangkat lunak yang dinamakan puppet comics mobile itu mengombinasikan perkembangan software aplikasi pada java dan aspek budaya wayang,” kata Koordinator Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) FT UNY Fera Zulkarnain, Rabu (18/7).Menurut dia, perangkat lunak itu menyediakan dua menu bahasa, yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Karya tersebut diharapkan dapat menjadi titik awal untuk sarana promosi dan pengembangan media wayang. “Aplikasi itu mudah digunakan karena proses instalasi yang tidak rumit. Setelah pengguna memasukkan file instalasi program ke dalam perangkat telepon seluler, program akan terpasang dan siap digunakan,” katanya.

…dst

26 ) Mobile Comics Puppet , Cara UNY Lestarikan Wayang
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/18/373/665101/mobile-comics-puppet-cara-uny-lestarikan-wayang

Rabu, 18 Juli 2012 15:32 wib
JAKARTA – Wayang adalah warisan budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang perlahan mulai ditinggalkan oleh generasi penerus. Mencegah kepunahan wayang, sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pun mengkombinasikan perkembangan software aplikasi pada java dan aspek budaya wayang.Ide kreatif Fera Zulkarnain, Aqimi Dinana, Nafngan Fitriansah, dan Fadli Rozaq itu diberi nama software “Mobile Comics Puppet”. Software ini berisi barbagai macam seri-seri cerita wayang serta penokohan. “Software ini menyediakan dua menu bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Mulai dari sinilah sejarah perkembangan wayang dimulai kembali,” ujar Fera Zulkarnain selaku ketua kelompok, seperti disitat dari laman UNY, Rabu (18/7/2012).

…dst

27 ) Mahasiswa UMY Bisa Bayar SPP dan DPP Online
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/18/373/665131/mahasiswa-umy-bisa-bayar-spp-dan-dpp-online

Rabu, 18 Juli 2012 16:30 wib
JAKARTA – Sebagai wujud untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi mahasiswa maka Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuka sistem pembayaran Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP), Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), dan Kartu Rencana Studi (KRS) secara online. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa yang mayoritas berasal dari luar DI Yogyakarta untuk melakukan pembayaran.Demikian disampaikan oleh Rektor UMY Dasron Hamid dalam sambutannya pada acara Launching SPP, DPP, dan KRS Online bersama Bank Bukopin yang diselenggarakan di Ballroom Asri Medical Center (AMC) UMY, Rabu (18/7/2012). Menurut Dasron, selain untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan transaksi biaya kuliah sistem online ini juga bermanfaat bagi orangtua/wali mahasiswa UMY.

…dst

28 ) Bahas Budaya ASEAN, Unesa Gandeng Hankuk University
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/18/373/665106/bahas-budaya-asean-unesa-gandeng-hankuk-university

Rabu, 18 Juli 2012 16:02 wib
JAKARTA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar seminar bertaraf internasional terkait kebudayaan Asia Tenggara dengan menggandeng Hankuk University of Foreign Studies, Seoul, Korea Selatan. Dalam seminar bertajuk “South East Asian Culture: Trend and Challenges” ini hadir para pakar budaya dari kedua pihak. Sejumlah pembicara dari Hankuk University of Foreign Studies, yaitu Kim S hong, Lee Hoon Dong, Yoon Kyung Won, Byu Hae Cheol, Soh Byung Kuk, dan Koh Young Hun. Sementara Guru besar dari Unesa Budi Darma, Ayu Sutarto, dan Budinuryanta menjadi beberapa perwakilan pembicara dari Unesa. Menurut Kim S Hong, kampus memiliki kekuatan paling kuat dalam membentuk ideologi. “Kunjungan ini diharapkan dapat membangun kerjasama antara Unesa dan Hankuk University dalam pembentukan ideologi dan kerjasama lainnya,” ujar Kim, seperti dinukil dari laman Unesa, Rabu (18/7/2012).

…dst

29 ) Esa Unggul Gaet ITB Kembangkan Keilmuan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/18/18051786/Esa.Unggul.Gaet.ITB.Kembangkan.Keilmuan

Rabu, 18 Juli 2012 | 18:05 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Universitas Esa Unggul melakukan kerja sama pendidikan dan penelitian dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) oleh masing-masing rektor di kedua universitas tersebut. Rektor Universitas Esa Unggul, Arief Kusuma mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah besar dan strategis bagi pengembangan keilmuan dan penelitian di kampusnya. “ITB adalah salah satu pusat pengembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni. Kampus yang membanggakan dan pelecut kami untuk lebih baik,” kata Arief pada acara penandatanganan Mou, di ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/7/2012).

…dst

30 ) Lulusan Sampoerna Academy Masuk Universitas Amerika
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/18/333928/293/14/Lulusan-Sampoerna-Academy-Masuk-Universitas-Amerika

Rabu, 18 Juli 2012 11:38 WIB
JAKARTA–MICOM: Tahun ini, 226 siswa Sampoerna Academy Malang dan Palembang menjadi lulusan pertama Sampoerna Academy, sekolah berasrama dengan standar internasional tingkat sekolah menengah atas di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation. Para lulusan itu merupakan angkatan pertama (masuk di tahun 2009) yang memiliki prestasi cemerlang. Mereka merupakan pembuktian konsep Sampoerna Academy dalam menciptakan pemimpin masa depan. Para lulusan Sampoerna Academy telah diterima di berbagai universitas ternama, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Sebanyak 129 lulusan telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri /SNMPTN. Selain itu, 15 lulusan juga telah diterima melalui jalur undangan di universitas-universitas terbaik di Indonesia, seperti Universitas Airlangga, Intitut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Indonesia.

…dst

31 ) 25 Siswa Prasejahtera Siap Kuliah di Luar Negeri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/17/16233123/25.Siswa.Prasejahtera.Siap.Kuliah.di.Luar.Negeri

Selasa, 17 Juli 2012 | 16:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 25 siswa dari golongan prasejahtera diterima di beberapa universitas ternama di Amerika Serikat. Para siswa tersebut merupakan lulusan pertama Sampoerna Academy angkatan 2009. Universitas di Amerika yang menerima ke-25 siswa alumni Sampoerna Academy tersebut adalah, Texas Tech University, University of Missouri, University of Minnesota, West Virginia University, University of Hawaii Manoa, University of Kentucky, dan Lonestar Community College. Managing Director Putera Sampoerna Foundation Nenny Soemawinata mengatakan, para siswa yang lolos sudah memiliki bekal yang cukup untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan tinggi. “Sebuah kebanggaan melihat mereka tumbuh menjadi individu dewasa dan memiliki keahlian serta keterampilan untuk siap menjalani pendidikan selanjutnya,” katanya, dalam acara pelepasan di Jakarta, Selasa (17/7/2012). Tahun ini dan untuk pertama kalinya, Sampoerna Academy meluluskan ratusan siswanya. Dari dua lokasi di Malang dan Palembang, sedikitnya 226 siswa dinyatakan lolos dari sekolah setingkat SMA tersebut. Selain 25 siswa yang berhasil diterima di beberapa universitas di Amerika, ratusan siswa lainnya juga cukup memiliki hasil yang memuaskan.

…dst

32 ) Pendidikan Menengah 60% SMK
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/18/192976/Pendidikan-Menengah-60-SMK

18 Juli 2012
WONOGIRI – Secara nasional pendidikan menengah formal di Indonesia ke depan diformat 40% untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 60% lainnya untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ini berbeda dengan format dulu, yang menempatkan 40% untuk SMK dan 60% SMA. Demikian diungkapkan Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Surya Dharma MPA PhD, ketika menyampaikan paparan dalam seminar nasional “Peningkatan Profesionalisme Guru Pascasertifikasi”. Seminar digelar di gedung pertemuan SMK Negeri 2 Wonogiri bersamaan dengan pameran potensi pendidikan Wonogiri tahun 2012.

…dst

33 ) SMK Perkebunan Dikembangkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/18/17405342/SMK.Perkebunan.Dikembangkan

Rabu, 18 Juli 2012 | 17:40 WIB
SAMPIT, KOMPAS.com – Potensi perkebunan yang berkembang di daerah, membutuhkan sumber daya manusia yang terampil dan terdidik mengelola perkebunan. Untuk itu, sejumlah daerah mengembangkan program keahlian di Sekolah Menengah Kejuran (SMK), sesuai dengan potensi yang ada di daerah. Di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, pemerintah daerah memperbanyak SMK pertanian dengan program keahlian perkebunan. Pembukaan SMK baru difokuskan untuk menyediakan lulusan, yang dapat bekerja di perkebunan kelapa sawit maupun karet yang masih membuuthkan tenaga kerja profesional. Ino, Kepala SMKN 2 Sampit, Rabu (18/7/2012), mengatakan, peminat di program keahlian masih minim, kalah dibandingkan dengan otomotif maupun teknik komunikasi dan informatika. Padahal, permintaan lulusan SMK perkebunan meningkat seiring bertambahnya perusahaan kelapa sawit dan karet, baik milik perusahaan maupun perorangan.

…dst