1 ) Juara Mobil Irit dari ITB Masih Berhutang
http://m.tempo.co/2012/07/11/416314/

13 July 2012
TEMPO.CO, Bandung — Tiga gelar juara mobil irit se-Asia kini sudah di tangan mahasiswa ITB. Namun di balik kesuksesan itu, dua tim juara kini masih berhutang ratusan juta rupiah. Dua dari tiga tim asal ITB, sepakat menggabungkan diri sejak pembentukan 6 bulan lalu. Mereka membuat mobil irit Cikal Cakrasvarna yang berbahan bakar bensin dan Cikal Cakrawala dengan biodiesel. Sejak setahun sebelum lomba, mereka berusaha mencari dana lewat proposal sebesar Rp 700 juta untuk pembuatan tiga mobil.Hingga menjelang lomba, duit yang terhimpun dari berbagai sponsor masih sedikit. “Kurang dari setengahnya, terpaksa satu mobil gagal dibuat,” kata manajer tim Cikal Cakrasvarna, Peter Lukito Ferdian, di Gedung Rektorat ITB, Rabu 11 Juli 2012. Segelintir sponsor yang menyumbang cukup besar yaitu PT PLN dan Perusahaan Gas Negara. Total dari keduanya sebanyak Rp 100 juta. “Sisanya kami pinjam dari orang tua masing-masing,” Peter berujar. Dari kampus ITB, kata anggota tim lainnya, Kevin Yohanes Lisandi, bukan nihil bantuan. “ITB sudah menyediakan fasilitas tempat dan alat buat kami,” katanya.Selesai lomba, tim rencananya akan meminta sumbangan dari sponsor lain yang telah menyatakan bersedia membantu tapi belum memberikan uangnya hingga lomba selesai. Mereka berharap dengan dana itu bisa melunasi hutang mereka ke orang tua.

…dst

2 ) Bank Dunia Nilai Program BOS Sukses
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/14/333074/293/14/Bank-Dunia-Nilai-Program-BOS-Sukses

Sabtu, 14 Juli 2012 08:01 WIB
Sejak diluncurkan tujuh tahun lalu, alokasi dana BOS telah meningkat lima kali lipat, yakni dari Rp5 triliun (2005) menjadi Rp27,6 (2012). BANK Dunia menilai program bantuan operasional sekolah (BOS) di Indonesia sukses dalam menjangkau sekolah-sekolah dan anak-anak. Selanjutnya, lembaga donor itu akan fokus mendanai pelatihan bagi para guru dan aktivitas lain yang akan meningkatkan kualitas pendidikan.”Dalam kajian yang kami lakukan pada 2009 terhadap BOS, Bank Dunia merasa bangga telah mendukung suatu program yang telah memberikan dampak luar biasa bagi pendidikan anak-anak Indonesia sebagai generasi akan datang,” ujar Stefan Koeberle, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, pada acara BOS untuk Generasi Emas Indonesia, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, kemarin. Hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim serta perwakilan Uni Eropa dan AUSAID yang menjadi mitra pemerintah dalam mendukung Program BOS.

…dst

3 ) Rektor UI Ditegur Dewan Guru Besar
Kemendikbud Memilih Lepas Tangan
http://www.jpnn.com/read/2012/07/14/133797/Rektor-UI-Ditegur-Dewan-Guru-Besar-

Sabtu, 14 Juli 2012 , 14:10:00
JAKARTA – Konflik buntut dari pemecatan Plh (pelaksana harian) Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FK UI) Ratna Sitompul semakin runcing. Atas tindakan pemecatan ini, Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri ditegur Dewan Guru Besar (DGB) UI. Kondisi ini diperparah dengan sikap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang terkesan lepas tangan.Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso menegaskan pihaknya tidak mau ikut campur mengurusi konflik yang kembali melanda UI. Ditemui usai pengesahan Undang-undang Pendidikan Tinggi (UU PT) di DPR Jumat (13/7), Djoko mengatakan biarlah pejabat internal kampus kuning itu menyelesaikan persoalannya ini. Mantan rektor ITB itu tidak memungkiri jika selama dalam status quo tidak boleh ada agenda pecat-pecatan atau mutasi-mutasian. “Tapi itukan kesepakan internal mereka. Bukan kesepakan mereka dengan kami,” tandasnya. Kalaupun saat ini ada salah satu pihak yang melanggar kesepakan tersebut, Djoko meminta supaya bisa segera diatasi. Harapan dari Kemendikbud supaya internal UI bisa menyelsaikan konflik ini dengan cepat, seperti bakal membentur dinding tebal. Koordinator Humas dan IRO (International Relation Office) FK UI Minarma Siagaan dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, upaya pemecatan Plh Dekan FK UI Ratna Sitompul oleh rektor berbuntut panjang.

…dst

4 ) Menteri Nuh Buka Akademi Pendidikan Setara D1-D2
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/14/079417006/Menteri-Nuh-Buka-Akademi-Pendidikan-Setara-D1-D2

Sabtu, 14 Juli 2012 | 14:56 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana membuka akademi komunitas setingkat D-1 atau D-2 di setiap kota atau kabupaten. Rencana ini untuk memberi peluang lulusan SMA/SMK atau yang sederajat agar bisa melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi. “Lulusan SMA/SMK atau sederajat harus kita dorong supaya masuk perguruan tinggi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Moh. Nuh di kantornya, Jumat malam, 13 Juli 2012. Ia mengatakan Indonesia membutuhkan SDM yang berkualitas ke depannya. Menurut Nuh, pada tahun 2011, lulusan menengah atas usia 19-23 hanya 26 persen yang terserap masuk perguruan tinggi. Sisanya, 74 persen, tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Perguruan tinggi negeri, baik universitas, institut, mupun politeknik yang dikelola Kemendikbud berjumlah 90 instansi. Nuh menjelaskan pembangunan PTN di kota maupun kabupaten tak harus berupa universitas atau institut, tetapi juga bisa setara D-1 atau D-2. “Anak-anak lulusan SMA tak perlu menunggu lama masuk perguruan tinggi,” kata mantan Rektor ITS ini. Selain itu, ia berencana membangun universitas atau institut baru di berbagai daerah.

…dst

5 ) RUU Pendidikan Tinggi Disahkan Menjadi UU
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/498
07/13/2012

Jakarta – Rapat penutupan Paripurna DPR RI pada Jumat, (13/7), diputuskan bahwa RUU Pendidikan Tinggi disahkan menjadi Undang-undang Pendidikan Tinggi. Keputusan ini disetujui semua fraksi anggota DPR RI dan pemerintah.
Draf RUU tentang Pendidikan Tinggi ini terdiri dari 12 bab dan 100 pasal dengan pokok-pokok pengaturan substansi sebagai berikut :
1. Ketentuan umum, dasar, asas, fungsi, tujuan (pasal 1 sampai dengan pasal 5)
2. Penyelenggara pendidikan tinggi (pasal 6 sampai dengan pasal 49)
3. Kerja sama internasional (pasal 50)
4. Penjamin mutu (pasal 51 sampai dengan pasal 57)
5. Pengelolaan perguruan tinggi (pasal 58 sampai dengan pasal 72)
6. Kemahasiswaan (pasal 73 sampai dengan pasal 77)
7. Pengembangan perguruan tinggi (pasal 79 sampai dengan pasal 82)
8. Pendanaan dan pembiayaan pendidikan tinggi (pasal 83 sampai dengan pasal 89)
9. Penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh lembaga negara lain (pasal 90)
10. Peran serta masyarakat (pasal 91)

…dst

6 ) Atasi Perbedaan Pandangan UU Pendidikan Tinggi Melalui Dinamika Akademis
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/499

07/14/2012
Jakarta — Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) telah disahkan menjadi undang-undang pendidikan tinggi, pada sidang paripurna DPR, Jumat (13/07) pagi. Dengan disahkannya UU tersebut, muncul perbedaan pandangan dari berbagai kalangan menyikapi UU tersebut. Untuk itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengharapkan dinamika akademis lebih ditonjolkan jika terjadi perbedaan.”Kalau ada perbedaan pandangan, sampaikan dengan rasionalitas yang kuat,” demikian disampaikan Mendikbud saat memberi keterangan pers di kantornya, Jumat (13/07).Mendikbud menjelaskan, kehadiran UU pendidikan tinggi di bulan Juli ini memiliki makna besar. Setelah 1,5 tahun dirancang, akhirnya disahkan sekarang. Dari sisi akademik, dimulainya tahun akademis 2012-2013 dimulai bulan Juli. Dengan demikian, eksekusi UU ini bisa dimulai tahun ini. Dari sisi anggaran, rencana kerja pemerintah untuk tahun 2013 pun mulai dirancang sekarang, sebelum disampaikan oleh presiden pada 16 Agustus mendatang. Sehingga anggaran untuk pendidikan tinggi pun bisa disusun dengan mengacu undang-undang ini.

…dst

7 ) Nuh Siap jika UU PT Digugat ke MK
http://www.jpnn.com/read/2012/07/13/133744/Nuh-Siap-jika-UU-PT-Digugat-ke-MK-

Jum’at, 13 Juli 2012 , 23:14:00
JAKARTA–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memastikan pihaknya segera menerbitkan aturan turunan dari Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU PT) pada tahun ini. Aturan turunan itu antara lain berbentuk Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri (Permen). Dijelaskan, ketentuan di UU PT ini baru bisa diimplementasikan 100 persen setelah ada aturan turunannya. “Yakni, harus ada PP dan Permen agar semuanya bisa dilaksanakan dengan baik. Tentu isi dari PP dan Permen yang akan diterbitkan akan lebih bersifat teknis,” ungkap Nuh di dalam konferensi pers UU PT di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (13/7) malam.Nuh menyatakan bahwa pihaknya hingga saat ini masih menangkap berbagai pandangan dari masyarakat, termasuk adanya kalangan masyarakat yang akan membawa UU PT ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Mengenai hal itu, tidak apa-apa. Pastinya, kami akan sosialisasikan supaya (semua kalangan masyarakat) paham betul isi konten dari UU ini,” tukasnya.

..dst

8 ) Mahasiswa UI Isyaratkan Lakukan Uji Materi ke MK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/13/17240810/Mahasiswa.UI.Isyaratkan.Lakukan.Uji.Materi.ke.MK

Jumat, 13 Juli 2012 | 17:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Perwakilan Mahasiswa Universitas Indonesia yang terwadahi dalam Badan Eksekutif Mahasiswa akan melakukan uji materi Undang-Undang Perguruan Tinggi ke Mahkamah Konstitusi. Uji materi Undang-undang Perguruan Tinggi tersebut akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Komite Nasional Pendidikan Senin lusa (16/07/2012). “Karena UU PT(Undang-Undang Perguruan Tinggi) sudah disahkan DPR siang tadi. Maka kami (BEM UI) akan melakukan judicial review ke MK. Judicial Review tersebut tergantung keputusan senin nanti, akan dimohonkan oleh Komite Nasional Pendidikan atau perwakilan setiap lembaga mahasiswa seperti BEM atau senat Universitas,” ujar Faldo Maldini, ketua BEM UI dalam aksi unjuk rasa damai sebagai aksi simbolik atas kekecewaan diketoknya palu persetujuan UU PT oleh DPR di depan Mahkamah Konstitusi, Jum’at (13/07/2012).

…dst

9 ) RUU PT Disahkan, BEM Ajukan Judicial Review
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/13/m73xcr-ruu-pt-disahkan-bem-ajukan-judicial-review

Jumat, 13 Juli 2012, 23:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jawa Barat akan melakukan judicial review (uji materi) ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika Rancangan Undang-undang (RUU) Perguruan Tinggi (PT) disahkan menjadi UU. “Kalau RUU PT disahkan, BEM Jabar yang berkonsolidasi dengan BEM Seluruh Indonesia (SI), akan melakukan judicial review,” kata Menko Kebijakan Publik KM ITB, Wirana, di sela aksi penolakan RUU PT di Jalan Cikapayang, Jumat(13/7/2012).Wirana mengungkapkan, ada dua poin yang menjadi ruh berbahaya dalam RUU PT, yakni otonomi keuangan PT dan internasionalisasi pendidikan yang akan memicu liberalisme. Menurutnya otonomi keuangan dalam PT itu suatu hal yang kebablasan. “Pemerintah bisa saja mengklaim akan lepas tanggung jawab terhadap pendidikan. Kemudian pendidikan akan diarahkan jadi PT yang otonom yang berorientasi kepada profit atau bisnis, yang seharusnya berorientasi kepada akademik,” katanya.

…dst

10 ) Nuh: UU PT Sudah Menampung Seluruh Aspirasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/13/15483378/Nuh.UU.PT.Sudah.Menampung.Seluruh.Aspirasi

Jumat, 13 Juli 2012 | 15:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, Undang-undang Pendidikan Tinggi (UU PT) telah menampung seluruh aspirasi masyarakat. Aspirasi tersebut diakomodasi dalam proses perbaikan draf RUU PT yang dibahas Kemdikbud bersama Komisi X DPR. “Draf terus bergerak dan kita sempurnakan. Di dalamnya kami tampung semua aspirasi dari masyarakat,” kata Nuh, saat ditemui Kompas.com, setelah menghadiri sidang paripurna DPR dengan agenda pengesahan RUU PT, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (13/7/2012).Ia mengungkapkan, layaknya sebuah UU, semua diputuskan atas dasar kesepakatan bersama, antara pemerintah dan parlemen, yang berprinsip pada kepentingan masyarakat luas. “Namanya undang-undang itu tanggung jawab pemerintah dan DPR. Tapi kita tetap tak bisa semena-mena,” ujarnya.Oleh karena itu, kata Nuh, pengesahan RUU ini sempat ditunda. Saat itu, pemerintah menilai ada beberapa aturan yang perlu diperkuat dan dipertegas subtansinya. “Bukan ingin melama-lamakan, kami ingin memastikan aspirasi masyarakat telah terwakili,” katanya.

…dst

11 ) UU PT Diharap Mampu Dongkrak APK Mahasiswa
PTN Akan Dibangun di Setiap Provinsi
http://www.jpnn.com/read/2012/07/13/133735/PTN-Akan-Dibangun-di-Setiap-Provinsi-

Jum’at, 13 Juli 2012 , 20:48:00
JAKARTA–Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang baru saja disahkan, Jumat (13/7), diharapkan mendongkrak jumlah angka partisipasi kasar (APK) mahasiswa. Dimana, tahun 2011 hanya 26 persen siswa lulusan SMA atau sederajat yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. “Kami memandang bahwa UU ini untuk perluasan akses yang berkeadilan. APK perguruan tinggi di Indonesia untuk anak usia 19 – 23 tahun tahun 2011 baru 26 persen yang masuk Perguruan Tinggi. Artinya, 74 persen sisanya tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Padahal taruhan ke depan, tingkat SDM itu semakin dibutuhkan. Lulusan SMA/SMK dan sederajat harus kita dorong supaya masuk perguruan tinggi,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dalam konferensi pers mengenai UU PT di Gedung Kemdikbud, Jumat (13/7) malam. Untuk mengatasi hal tersebut, Nuh menerangkan bahwa di dalam UU PT sudah ada jawabannya. Yakni, siswa lulusan SMA/SMK yang ingin masuk ke perguruan tinggi namun memiliki hambatan pembiayaan atau masalah ekonomi, maka berhak memperoleh kursi di dalam 20 persen kuota jatah untuk mahasiswa miskin berprestasi yang diberikan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

…dst

12 ) PTN Wajib Prioritaskan Terima Mahasiswa Pintar yang Miskin
http://www.jpnn.com/read/2012/07/13/133710/PTN-Wajib-Prioritaskan-Terima-Mahasiswa-Pintar-yang-Miskin-

Jum’at, 13 Juli 2012 , 16:18:00
JAKARTA — Sidang paripurna DPR, Jumat (13/7), mengesahkan Undang-undang Perguruan Tinggi (UU PT). Rancangan UU yang dibahas pemerintah dan DPR itu disetujui semua fraksi untuk disahkan menjadi UU.”Undang-undang Perguruan Tinggi disetujui penuh semua fraksi,” kata Anggota Komisi X DPR, Zulfadhli, Jumat (13/7), di Jakarta.Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Barat itu menegaskan di dalam UU PT ini, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diwajibkan mencari serta menjaring calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi tapi kurang mampu secara ekonomi.”Dan calon mahasiswa dari daerah terdepan, terluar dan tertinggal untuk diterima paling sedikit 20 persen dari seluruh mahasiswa baru yang diterima dan tersebar pada semua program studi,” kata Zulfadhli lagi.Politisi Partai Golongan Karya, itu menegaskan bahwa jika PTN tidak melaksanakan hal tersebut maka ada sanksinya. “Dikenakan sanksi administratif,” tegasnya.

…dst

13 ) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri Gratis
http://id.berita.yahoo.com/ujian-masuk-perguruan-tinggi-negeri-gratis-122408173.html

14 July 2012
TEMPO.CO, Jakarta -Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Moh. Nuh menyatakan akan menggratiskan ujian bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun depan. Rencana penghapusan biaya ujian tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan lebih pada calon mahasiswa dari kalangan yang kurang mampu.Selama ini biaya pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) Jalur Undangan Tahun 2012 sebesar Rp 175 ribu per pelamar. Sedangkan SNMPTN Jalur Ujian Tertulis atau Keterampilan sebesar Rp 150 ribu untuk IPA, IPS atau ketrampilan. Sedangkan yntuk kelompok IPC, gabungan IPA dan IPS, sebesar Rp 175.ribu. “Bagi orang tertentu bukan angka yang kecil,” kata Nuh ketika ditemui di kantornya, Jumat, 13 Juli 2012.

…dst

14 ) Mahasiswa Bayar Kuliah Sesuai Kemampuan Orang Tua
http://id.berita.yahoo.com/mahasiswa-bayar-kuliah-sesuai-kemampuan-orang-tua-194609587.html

14 July 2012
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi akan menanggung biaya kuliah sesuai kemampuan ekonomi.Hal tersebut dinyatakan pada Undang-Undang (UU) Pendidikan Tinggi Pasal 88 Ayat (4) yang telah disahkan saat Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Jumat (13/07/2012). Pasal tersebut menjelaskan bahwa biaya yang ditanggung mahasiswa harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tuanya atau siapa pun yang membiayainya.Selanjutnya, penetapan biaya yang ditanggung ini akan menjadi standar satuan biaya operasional oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Adapun standar ini menjadi dasar pengalokasian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk PTN.APBN menjadi sumber Dana pendidikan Tinggi yang akan dialokasikan untuk tiga kepentingan. Yakni, sebagai biaya operasional, dosen dan tenaga kependidikan untuk PTN, sebagai bantuan tunjangan profesi dosen serta tunjangan kehormatan profesor, serta sebagai dukungan biaya untuk mahasiswa.

…dst

15 ) Perguruan Tinggi Kini tidak Lagi Seperti BUMN
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/13/333033/293/14/Perguruan-Tinggi-Kini-tidak-Lagi-Seperti-BUMN

Jumat, 13 Juli 2012 19:48 WIB
JAKARTA–MICOM: Ketua Komisi X Agus Hermanto mengaku UU Pendidikan Tinggi yang baru saja disahkan hari ini Jumat (13/7) akan mengatur bagaimana agar perguruan tinggi tidak menyerupai BUMN, melainkan lembaga nirlaba. Sehingga, otonomi yang dijalankan harus diatur agar perguruan tinggi tidak diharuskan mendapat profit melainkan membantu masyarakat mendapatkan pendidikan. “UU ini betul-betul mengakomodir mahasiswa yang kurang mampu dengan menciptakan pendidikan berkualitas dan terjangkau. Intinya perguruan tinggi ini bertujuan membantu masyarakat, karena dalam pembiayaannya dilibatkan APBN dan APBD,” kata Agus di DPR RI, Jumat (13/7). Terkait dengan salah satu pasal yang menghendaki adanya dugaan liberalisasi pendidikan dengan masuknya perguruan tinggi asing, Agus membantahnya. Masuknya perguruan tinggi asing tersebut, menurut Agus, bisa meningkatkan mutu pendidikan nasional, terlebih jika melihat banyaknya mahasiswa Indonesia yang lebih memilih sekolah di luar negeri.

…dst

16 ) UU PT: Upaya Pemerintah Mengembalikan Otonomi Kampus yang Wajar?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/14/m751xa-uu-pt-upaya-pemerintah-mengembalikan-otonomi-kampus-yang-wajar

Sabtu, 14 Juli 2012, 15:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA– Pengamat pendidikan Arif Rahman Hakim menilai, Undang-undang Perguruan Tinggi (UU PT) yang baru disahkan pemerintah Jumat (13/7) lalu sudah tepat. Menurutnya UU PT tersebut lahir, karena pemerintah kewalahan menghadapi perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Arif mengatakan, UU PT ini merupakan reaksi dari pemerintah yang sudah kewalahan menghadapi perguruan tinggi yang menggunakan otonominya melewati batas wajar. Untuk itu, Arif justru menilai UU PT ini dapat lebih mengendalikan dan mengatur otonomi setiap perguruan tinggi agar lebih terpantau. “Beberapa perguruan tinggi, banyak yang sudah kelewat batas dalam menjalankan otonominya. Untuk itu undang-undang ini justru diperlukan untuk mengawasinya,” ujar Arif saat dihubungi ROL, Sabtu (14/7).

…dst

17 ) KAMMI : Otonomi Kampus dalam RUU PT Bias
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/13/373/662945/kammi-otonomi-kampus-dalam-ruu-pt-bias

Jum’at, 13 Juli 2012 16:04 wib
JAKARTA – Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) yang kini telah disahkan menjadi UU PT masih menuai kontroversi di kalangan akademisi. Salah satunya Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Pengurus Pusat KAMMI menilai, otonomi perguruan tinggi yang tertuang dalam UU PT menjadi bias. Menurut KAMMI, secara filosifis, universitas atau perguruan tinggi hakekatnya bukanlah sekadar institusi formal tempat menjalankan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana doktrin Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Tapi lebih dari itu, perguruan tinggi memegang posisi strategis dalam kelanjutan suatu bangsa dan peradaban. Perguruan tinggi, lanjutnya, adalah laboratorium peradaban, tempat eksperimentasi dialektis secara ilmiah sekaligus tempat menempa manusia untuk lahirnya insan berkarakter, tumbuh sebagai pilar-pilar peradaban yang integral dengan berbagai peran.

…dst

18 ) Universitas Gunadarma Juara Umum Kejurnas Catur Mahasiswa 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/495

07/13/2012
Jakarta — Universitas Gunadarma meraih juara umum dalam Kejurnas Catur Mahasiswa V tahun 2012 dengan perolehan dua emas, satu perak dan satu perunggu. Kejurnas catur ini digelar dari tanggal 8 hingga 12 Juli 2012 di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Gunadarma unggul di nomor beregu putra, disusul STIE Indonesia dan Universitas Pajajaran.Kejutan terjadi di tim beregu putri, dimana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil menyapu bersih poin dalam setiap pertandingan dan tampil sebagai juara. Tim ini behasil menyisihkan tim beregu putri unggulan dari Universitas Gunadarma yang harus puas berada di peringkat dua. Pecatur nasional GM Susanto Megaranto memboyong hadiah sebesar Rp 9 juta setelah menjuarai nomor peserorangan putra pada Kejurnas Catur Mahasiswa V.

…dst

19 ) Ujian Masuk Kedokteran UGM Rawan Praktik Perjokian
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/13/m73uuo-ujian-masuk-kedokteran-ugm-rawan-praktik-perjokian

Jumat, 13 Juli 2012, 22:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Ujian masuk fakultas kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta rawan praktik perjokian. Hal itu setelah tim menemukan adanya dugaan praktik perjokian pada ujian masuk seleksi program internasional Fakultas Kedokteran yang dilaksanakan di kampus setempat, Jumat. “Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) juga mengamankan barang bukti 52 telepon seluler yang diduga digunakan untuk melakukan kecurangan dalam ujian tersebut,” kata Direktur Administrasi Akademik (DAA) UGM Budi Prasetyo Widyobroto. Menurut dia, dugaan adanya praktik perjokian bermula dari kejelian panitia saat sesi pertama ujian. Berdasarkan prosedur pelaksanaan ujian, panitia melakukan penggeledahan, dan ditemukan telepon seluler yang telah dirangkai dengan kabel. “Ketika semua alat komunikasi diminta diletakkan di depan, ada gerak-gerik seseorang yang mencurigakan, kemudian kami geledah, dan ditemukan alat komunikasi yang sudah dirangkai dengan kabel,” katanya.

…dst

20 ) Ditemukan, Joki di Fakultas Kedokteran UGM
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/13/m73xq2-ditemukan-joki-di-fakultas-kedokteran-ugm

Jumat, 13 Juli 2012, 23:27 WIB
Menurut dia, dugaan adanya praktik perjokian bermula dari kejelian panitia saat sesi pertama ujian.Berdasarkan prosedur pelaksanaan ujian, panitia melakukan penggeledahan, dan ditemukan telepon seluler yang telah dirangkai dengan kabel.”Ketika semua alat komunikasi diminta diletakkan di depan, ada gerak-gerik seseorang yang mencurigakan, kemudian kami geledah, dan ditemukan alat komunikasi yang sudah dirangkai dengan kabel,” katanya. Ia mengatakan temuan itu kemudian dilanjutkan dengan penggeledahan pada semua peserta yang tersebar di tujuh ruangan. Saat penggeledahan, ditemukan barang bukti serupa di semua ruangan hingga mencapai 40 buah. “Total 400 peserta ujian yang digeledah, dan ditemukan 52 telepon seluler rakitan yang saling terhubung. Semuanya kami sita, termasuk kartu pendaftaran dan barang bukti,” katanya.Namun, kata dia, peserta bersangkutan masih diizinkan mengikuti ujian. Setelah ujian, 52 peserta diserahkan ke Polres Sleman untuk ditindak secara hukum, tetapi ada empat orang yang kabur.

…dst

21 ) Wamenkes: Tindak Tegas Joki di FK UGM
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/14/m756w8-wamenkes-tindak-tegas-joki-di-fk-ugm

Sabtu, 14 Juli 2012, 15:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti berharap ada tindakan tegas yang diberikan kepada puluhan peserta ujian masuk program internasional Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta apabila benar-benar terbukti menjadi joki. “Joki adalah tindakan ilegal dan secara moral tidak dibenarkan sehingga apabila terbukti menjadi joki, para peserta ujian itu perlu diberi tindakan tegas,” kata Ali Ghufron di Yogyakarta, Sabtu.Menurut dia, dokter adalah sebuah profesi pilihan dan membutuhkan tanggung jawab besar sehingga untuk bisa menjadi dokter tidak dibenarkan jika dilakukan dengan jalan yang tidak bisa diterima.Saat dia menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran UGM, Ali Ghufron mengatakan pernah mengeluarkan seorang mahasiswa yang diketahui lolos ujian masuk dengan menggunakan jasa joki.”Setelah diketahui ada mahasiswa yang menggunakan joki untuk lolos ujian, mahasiswa yang bersangkutan itu langsung dikeluarkan,” katanya.

…dst

22 ) Polisi Tetapkan 1 Tersangka Kasus Joki UGM
http://news.detik.com/read/2012/07/14/145726/1965395/10/polisi-tetapkan-1-tersangka-kasus-joki-ugm?n991102605

Sabtu, 14/07/2012 14:57 WIB
Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda
Yogyakarta Kepolisian Resort (Polres) Sleman telah menetapkan satu orang tersangka kasus perjokian calon di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan 52 orang lainnya yang saat ini berstatus saksi sudah dilepaskan. “Yang sudah kami tetapkan sebagai tersangka satu orang berinisial IS (24),” kata Kasatreskrim Polres Sleman, AKP Widy Saputra di Mapolres Sleman di Jl Magelang, Yogyakarta, Sabtu (14/7/2012). Menurut Widy, tersangka masih menjalan pemeriksaan untuk mengungkap aktor jaringan perjokian tersebut. Sedangkan calon mahasiswa yang ditangkap oleh panitia UGM seusai tes sudah dilepaskan pada hari Sabtu dinihari. “Kami masih mendalami dan memeriksa secara intensi tersangka. Sedangkan yang lain masih berstatus saksi dan menyatakan siap dipanggil dan diperiksa setiap saat bila diperlukan,” katanya. Menurut dia, mereka yang diserahkan oleh panitia ujian masuk program mandiri kelas internasional Fakultas Kedokteran UGM sebagian besar adalah perempuan. Saat melakukan praktek perjokian untuk mengelabui petugas menggunakan pakaian jilbab dan baju panjang.

…dst

23 ) Joki Tes Masuk UGM Sindikat Profesional
Sindikat itu menggunakan alat canggih dalam beroperasi.
http://m.viva.co.id/news/read/335424-joki-tes-masuk-ugm-sindikat-profesional

Sabtu, 14 Juli 2012, 10:10 WIB
VIVAnews – Puluhan joki tes masuk mahasiswa baru program Internasional Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang ditangkap Jumat 13 Juli 2012, diduga sudah sering melakukan operasi perjokian. “Kami menduga sindikat perjokian tes masuk UGM itu sudah lama beroperasi dan sering melakukan itu,” kata Kapolres Sleman Komisaris Besar Polisi Herry Sutrisman, saat dihubungi VIVAnews di Yogyakarta, Sabtu 14 Juli 2012.Herry menjelaskan, para joki tersebut sudah sangat terorganisir dan profesional dalam beroperasi. Ini tampak dari peralatan canggih yang mereka gunakan. Peralatan itu sudah dirancang dengan rapi. Para joki itu menggunakan perkakas elektronik. Perkakas elektronik itu berupa receiver atau penerima sinyal yang dimodifikasi dan dipasang di badan peserta. Jadi joki-joki itu menyampaikan kunci jawaban kepada puluhan peserta yang menggunakan jasa mereka dari luar ruangan, sementara peserta itu sendiri berada di dalam ruangan untuk mengikuti tes.”Mereka menggunakan receiver yang dipasang di balik baju peserta. Ada juga LCD monitor yang dipasang di luar ruangan,” ujar Herry.

…dst

24 ) UGM Tangkap Puluhan Joki Tes Masuk FK
Sebanyak 43 orang masih diperiksa pihak kepolisian.
http://m.viva.co.id/news/read/335387-ugm-tangkap-puluhan-joki-tes-masuk-fk

Jum’at, 13 Juli 2012, 23:03 WIB
VIVAnews – Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menangkap puluhan orang peserta tes jalur masuk mahasiswa baru program Internasional Fakultas Kedokteran yang diduga melakukan pelanggaran dan penyelewengan dalam proses ujian dengan menggunakan joki, Jumat 13 Juli 2012. Puluhan orang itu hingga malam ini masih diperiksa oleh pihak kepolisian Polres Sleman, Yogyakarta. “Ada 52 peserta yang kami temukan tadi dan langsung kami serahkan kepada pihak Kepolisian Polres Sleman,” kata Wijayanti, Humas UGM Yogyakarta kepada VIVAnews, 13 Juli 2012. Wijayanti menuturkan, pihak panitia tes jalur masuk mahasiswa baru program Internasional Fakultas Kedokteran UGM memeriksa para peserta sebelum tes tulis berlangsung dan dari 430 peserta ditemukan 52 peserta membawa alat komunikasi elektronik yang mencurigakan. “Dalam peraturan para peserta tidak boleh membawa alat komunikasi selama tes (ujian),” ujarnya. Selain itu, pihak UGM merasa sangat dirugikan dalam aksi perjokian dalam tes masuk mahasiwa baru tersebut. Sebelumnya, lanjut Wijayanti, kasus seperti ini pernah beberapa kali terjadi di UGM.

…dst

25 ) Hadapi Mafia Joki, UGM Akan Kerahkan Ahli IT
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/14/079416973/Hadapi-Mafia-Joki-UGM-Akan-Kerahkan-Ahli-IT

Sabtu, 14 Juli 2012 | 09:01 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Rektor Universitas Gadjah Mada, Pratikno, mengaku telah meminta bantuan sejumlah ahli teknologi informasi (IT) di kampusnya untuk segera mendesain sistem pelacak keberadaan joki. Para joki itu kini mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Dia melakukan koordinasi itu beberapa jam seusai mendengar kabar ada mafia joki beroperasi di ujian masuk Program Internasional S-1 Fakultas Kedokteran UGM. “Ternyata mereka makin canggih dan bukan trik sederhana lagi yang dipakai,” kata dia saat dihubungi Tempo. Pratikno sebelumnya tak menyangka mafia joki masih bisa melihat ada peluang beroperasi di UGM, mengingat kampusnya telah menerapkan sistem pengawasan ketat dalam ujian, mulai dari pemeriksaan bawaan peserta hingga alat pelacak sinyal komunikasi di toilet.

…dst

26 ) Gondol 6 Medali Emas, ITS Finish Ketiga di Pimnas
http://m.okezone.com/read/2012/07/13/373/663144/gondol-6-medali-emas-its-finish-ketiga-di-pimnas

13 July 2012
JAKARTA – Kendati berhasil menggondol banyak medali pada Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) XXV, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya harus rela finish di peringkat ketiga. Hasil ini diterima dengan lapang dada oleh para kontingen ITS yang ikut berlaga di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sejak 10 Juli lalu.Tim ITS mengaku telah memberikan usaha terbaik atas hasil maksimal yang telah dicapai. “Kita tetap syukuri teman-teman atas perolehan ini. Vivat! ” ujar Gilang Maulana Abdi, salah satu peserta Pimnas ketika berkumpul dengan rekan-rekan lainnya. Demikian, seperti dikutip dari ITS Online, Jumat (13/7/2012).Meski menyayangkan hasil ini, para peserta cukup puas atas pencapaian mereka pada Pimnas kali ini. “Kita meraih hasil maksimal pada tiap kategori, baik kategori favorit, perunggu, perak, dan emas, itu hal yang baik,” ujarnya menambahkan.

…dst

27 ) Tim UGM Gagal Total
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/510780/

Saturday, 14 July 2012
YOGYAKARTA– Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta gagal mempertahankan predikat juara umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXV yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 9–14 Juli, kemarin. Kepala Bagian Kemahasiswaan Unibraw Zuchro Wardi mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas keberhasilan para mahasiswanya. Dia tidak menyangka dengan 24 tim, kontingennya dapat mengalahkan kontingen lain.Ada beberapa persiapan yang dilakukan kontingen Unibraw sebelum berlaga di Pimnas,salah satunya mengarantina peserta.”Karantina tersebut kami lakukan selama kurang lebih tiga hari. Dalam karantina mereka dilatih pakar ilmiah tentang bagaimana melakukan presentasi yang baik serta melatih mental mereka ketika nanti menghadapi lawannya,”ungkap ZuchroWardi. Lomba PKM yang diadakan untuk mahasiswa baru juga menjadi salah satu kunci Unibraw mengembangkan kualitas penelitian mahasiswa.Lomba tersebut memang dirancang dalam upaya menumbuhkan minat mahasiswa sejak mahasiswa awal masuk ke universitas.

…dst

28 ) Tips UB Kembali Jadi Juara Umum di Pimnas
http://m.okezone.com/read/2012/07/13/373/662873/tips-ub-kembali-jadi-juara-umum-di-pimnas

13 July 2012
YOGYAKARTA – Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Zuchro Wardi mengaku bangga atas keberhasilan mahasiswanya menjuarai Pekan Ilma Nasional (Pimnas) XXV yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Bahkan, dia tidak menyangka bakal menjuarai Pimnas tahun ini.Zuchro merasa terkejut atas kemenangan ini karena kontingen yang turut dalam ajang bergengsi itu hanya berjumlah 24 tim. Jumlah itu masih berada di bawah dengan kontingen yang berasal dari Universitas peserta Pimnas XXV lainnya. “Ada beberapa persiapan yang telah dilakukan sebelum berlaga di Pimnas. Salah satunya dengan mengkarantina bagi para peserta,” kata Zuchro, Jumat (13/7/2012).Dia menambahkaan, karantina ini dilakukan selama kurang lebih tiga hari. Dalam karantina mereka dilatih oleh para pakar ilmiah tentang bagaimana melakukan presentasi yang baik, serta melatih mental ketika nanti menghadapi lawannya.

…dst

29 ) Dua Kampus Raih Predikat Kampus Hijau
http://www.pikiran-rakyat.com/node/195919

Sabtu, 14/07/2012 – 10:48
YOGYAKARTA,(PRLM).-Universitas Islam Indonesia dan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta meraih penghargaan Green Awards 2012. Penghargaan diberikan oleh Menteri Kehutanan dan Kementerian Perindustrian, sedang penyelenggara penilaan kampus peduli lingkungan dilakukan oleh La Tofi School of CSR (Corporate Social Responsibility).Dalam pernyataannya, Sabtu (14/7), Wakil Rektor II UII, Dra Neni Meidawati, M.Si. Ak menyataan penghargaan kampus hijau sebagai bentuk apresiasi terhadap para pihak yang telah menjadikan perilaku hijau sebagai nafas hidup dan tanggung jawab dalam kegiatan sehari-hari. Penghargaan yang “ditawaran” penyelenggara terdiri Green School, Green Campus dan Green Local Hero. Di tempat terpisah, Rektor UMY Ir. H. M. Dasron Hamid, M.Sc menyatakan penghargaan kampus hijau meunjukkan sivitas akademika kampus ini memiliki komitmen untuk mengembangkan pelestarian alam yang berkelanjutan.

…dst

30 ) Akademisi UI: Taksi Ferrari Sepertinya Trik Iklan untuk Cari Perhatian
http://news.detik.com/read/2012/07/14/122254/1965309/10/akademisi-ui-taksi-ferrari-sepertinya-trik-iklan-untuk-cari-perhatian?n990102mainnews

Sabtu, 14/07/2012 12:28 WIB
Jakarta Taksi mewah dengan armada Ferrari 360 Modena dan Porsche Boxster S model tahun 2003 berkeliaran di Jakarta sejak Kamis 12 Juli 2012 lalu. Berbagai kejanggalan dalam operasional taksi itu menimbulkan tebak-tebak buah manggis, itu taksi betulan atau cuma iklan. Apa pendapat akademisi bidang periklanan? “Saya pikir itu memang gimmick, bukan betulan taksi karena nggak mungkin taksi menggunakan mobil semacam itu. Di sini sudah ada taksi Alphard ya, saya lihat nggak begitu tinggi penggunaannya,” jelas dosen periklanan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Indonesia (UI) Dra Sri Sedyastuti Syafei, MSi. Hal itu disampaikan Sri dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (14/7/2012). Sri sendiri mengaku mengetahui hal itu baru pada Jumat kemarin.”Itu sepertinya trik dari satu produk untuk melaunch produknya dengan cara yang lain sehingga getting attention,” imbuhnya.

…dst

31 ) Prof. Sofjan: Tradisi Perbedaan Awal Puasa Itu Laknat, Bukan Rahmat
http://news.detik.com/read/2012/07/14/071232/1965232/10/prof-sofjan-tradisi-perbedaan-awal-puasa-itu-laknat-bukan-rahmat?n990102mainnews

Sabtu, 14/07/2012 07:12 WIB
Den Haag Perbedaan awal puasa antar negara adalah hal yang bisa difahami, walau pun tidak mesti terjadi pada masa sekarang yang serba canggih bahwa setelah konjungsi hilal sudah muncul di atas horizon setelah terbenam matahari. Hal itu disampaikan staf pengajar pada Islamic University of Europa, Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA kepada detikcom, Sabtu (14/7/2012). “Namun jika perbedaan awal Ramadan di satu negara apalagi di kota yang sama seperti Jakarta bahkan di satu gang yang sama, maka itu bukan lagi rahmat, namun laknat bagi umat Islam di tanah air,” ujar Sofjan. Menurut Sofjan, perbedaan penetapan awal Ramadan sejak dulu bukan karena beda methode antara rukyah dan hisab, namun karena gengsi antara Muhammadiyah yang menerapkan methode horizon bebas dan Kemenag yang didominasi pemikiran horizon lokal. “Karena methode apa pun yang dipakai jika masing-masing pihak memahami bahwa tujuan dari rukyah dan hisab adalah sama yaitu hilal, pasti bisa ketemu dan puasa bersama,” tandas Sofjan. Lanjut Sofjan, hakekat dan esensi perintah merukyah bukan ibadah dan tidak boleh disakralkan, tapi justru adalah untuk mengetahui apakah hilal sudah muncul atau belum. Jika kita sudah tahu hilal jauh sebelumnya, mengapa lajnatul isbath Kemenag dan ormas islam lainnya harus menunggu 29 Syaban setiap tahun untuk observasi hilal?

…dst

32 ) Karya Ilmiah Bisa Dibaca di Mana Saja
Kerja Sama UNS-Suara Merdeka
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/14/192592/Karya-Ilmiah-Bisa-Dibaca-di-Mana-Saja-

14 Juli 2012
SOLO – Karya ilmiah sivitas akademika di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) secara periodik akan dipublikasikan oleh PT Suara Merdeka Press. Sebab, Suara Merdeka sebagai media yang memiliki tanggung jawab moral terhadap kemajuan pendidikan di Jawa Tengah terpanggil secara aktif untuk mengembangkannya. Hal itu tertuang dalam nota kesepahaman antara Suara Merdeka dan UNS di kampus perguruan tinggi itu, kemarin. Penandatanganan dilakukan oleh CEO PT Suara Merdeka Press Kukrit Suryo Wicaksono dan Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS. Dalam kesempatan itu, Rektor memberikan kenang-kenangan berupa plakat gunungan. “Gunungan itu artinya, semuanya ada. Ini sebagai simbol bahwa semuanya ada di Suara Merdeka,” kata Ravik dalam sambutannya di hadapan rombongan Suara Merdeka Press, pimpinan universitas dan fakultas yang hadir dalam acara itu.

…dst

33 ) 14 Mahasiswa Asing Ditawari Program Magister/Doktor
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/510750/

Saturday, 14 July 2012
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melepas 14 mahasiswa asing yang mengikuti Program Dharmasiswa di Kampus Undip kemarin. Mereka terdiri atas 1 mahasiswa dari Republik Ceko, Madagaskar (1 orang), dan 12 orang dari Vietnam. Kesemuanya telah memperoleh sertifikat dari Undip. Ketua Program Dharmasiswa Undip Muzaka mengatakan, ke-14 mahasiswa asing itu selama di Undip mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia. Mereka belajar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB).”Mereka belajar mengenai bahasa dan budaya di sini (Indonesia),” ujarnya kemarin.

…dst

34 ) Mahasiswa Diminta Tampilkan Budaya Terbaik Indonesia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/500
07/14/2012
Nanjing — Duta Besar Republik Indonesia di China menggelar temu wicara dengan mahasiswa Indonesia di Nanjing, Rabu (11/07), bertempat di hotel Lakeview Xuanwu, Nanjing, China. 53 mahasiswa Indonesia yang hadir dalam acara tersebut berasal dari berbagai universitas di selatan Tiongkok. Misalnya, Nanjing Agriculture University, Nanjing University of Aeronautics and Astronautics dan Southeast University. Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk China, Imron Cotan, menyampaikan, tentang peran dan fungsi KBRI Beijing di RRT. Imron menyatakan, mahasiswa merupakan duta bangsa dalam rangka menjalin hubungan baik kedua bangsa melalui hubungan orang per orang. Karena itu, mahasiswa diharapkan dapat menampilkan budaya Indonesia terbaiknya, sehingga memberi kesan baik terhadap masyarakat di Tiongkok. “Tiongkok sudah sejak dulu ingin menjalin hubungan persahabatan dengan seluruh bangsa di dunia termasuk Indonesia,” katanya.

…dst

35 ) 250 Pelajar Ikuti Pembekalan Studi di Belanda
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/14/11302491/250.Pelajar.Ikuti.Pembekalan.Studi.di.Belanda

Sabtu, 14 Juli 2012 | 11:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Nuffic Neso Indonesia memberikan pembekalan mengenai studi luar negeri pada 250 pelajar Indonesia yang akan melanjutkan studi di Belanda. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada calon mahasiswa tersebut. Dalam acara ini, para calon mahasiswa dibantu oleh para alumni untuk mempersiapkan diri agar masa studinya berjalan dengan baik. Termasuk di dalamnya digelar juga forum diskusi sebagai wadah untuk berbagi pengalaman. Dalam sambutannya, Direktur Nuffic Neso, Mervin Bakker memberikan selamat kepada seluruh mahasiswa Indonesia yang akan berangkat studi ke Belanda. Ia berharap, para mahasiswa dapat memperoleh pengalaman internasional dan mempererat hubungan kedua negara. “Bukan hanya secara pribadi dan profesionalisme, tapi juga dapat meningkatkan pemahaman budaya untuk mempererat hubungan,” kata Mervin, di kantor Nuffic Neso, Jakarta, Sabtu (14/7/2012).

…dst

36 ) Memahami Indonesia di Seminar of Indonesia
http://m.kompas.com/news/read/2012/07/13/18574773/Memahami.Indonesia.di.Seminar.of.Indonesia–edukasi

13 July 2012
BEPPU, KOMPAS.com — Tekad komunitas Indonesia di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) atau biasa disebut APUINA untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat internasional terus dilakukan. Jika pekan lalu menggelar pekan budaya Indonesia yang dikemas apik melalui Indonesian Week 2012: “Feel Indonesia”, APUINA menggelar Seminar of Indonesia di Kampus Ritsumeikan APU, Beppu, Jepang, Jumat (13/7/2012).Mengundang akademisi dan praktisi dari Indonesia, serta para peneliti masalah Indonesia dari dalam Jepang atau negara lain, seminar bertema “Indonesian Economy: Relationship with Three New Asian Giants and its Current Development” ini diselenggarakan bekerja sama dengan Research Center for Asia Pacific Studies (RCAPS-APU). Beberapa pembicara utama yang hadir adalah Dr Hendri Saparini (Managing Director of Econit) dan Miki Hamada, peneliti senior dari Institute of Developing Economies (IDE), yaitu sebuah lembaga penelitian di bawah naungan Japan External Trade Organization (JETRO).

…dst

37 ) Peraih Nobel Bidang Kanker Beri Kuliah di UGM
http://m.okezone.com/read/2012/07/13/373/662974/peraih-nobel-bidang-kanker-beri-kuliah-di-ugm

13 July 2012
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) kedatangan tamu istimewa. Peraih nobel bidang genetika kanker Harold E Varmus memberikan kuliah umum di hadapan para mahasiswa mengenai penyakit kanker.Varmus mengatakan, penyakit kanker lebih banyak tumbuh di negara-negara yang belum berkembang dan berpendapatan rendah. “Faktor pemicu timbulnya kanker disebabkan dari rokok dan obesitas meskipun gen seseorang juga sangat menentukan,” kata Varmus seperti dilansir dari laman UGM, Jumat (13/7/2012).Dalam kuliah umum yang dihadiri sekira 300 peserta tersebut, peraih nobel pada 1989 ini menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan dalam peningkatan kesadaran masyarakat dan memberikan andil dalam pengambilan kebijakan pemerintah. Peraih Hadiah Nobel di bidang penelitian tentang dasar genetik kanker pada 1989 dan menjadi Direktur US National Cancer Institute (NCI) sejak Juli 2012. NCI melakukan penelitian kanker di kampus NIH Bethesda, Maryland, dengan melaksanakan kegiatan mendukung penelitian dan pelatihan di seluruh negeri melalui hibah kompetitif sekaligus menyebarkan informasi kesehatan tentang kanker.

…dst

38 ) Gandeng IKOPIN, ETF Berikan Beasiswa untuk Lulusan Pesantren
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/13/333049/293/14/Gandeng-IKOPIN-ETF-Berikan-Beasiswa-untuk-Lulusan-Pesantren

Jumat, 13 Juli 2012 21:43 WIB
BANDUNG–MICOM: Sebagai bagian dari kepedulian mereka terhadap dunia pendidikan di Indonesia, Eka Tjipta Foundation (ETF) memberikan beasiswa program S1 untuk para lulusan pesantren. Hal itu tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman ETF dengan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) di Kampus IKOPIN, Jatinangor, Jawa Barat, Jumat (13/7)”Kesepakatan ini memungkinkan para lulusan pesantren yang berpotensi dan memenuhi syarat akademik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di sini,” ujar Ketua Umum ETF, G. Sulistiyanto. Dalam acara yang dihadiri Menteri Perindustrian, M.S. Hidayat, dan Rektor IKOPIN Burhanuddin Abdullah itu, nantinya sebanyak 20 siswa lulusan pesantren yang setara dengan sekolah menengah umum dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang Studi Manajemen Strata-1 .

…dst

39 ) Wamendikbud, “Lestarikan Wayang”
http://www.pikiran-rakyat.com/node/195843

14 July 2012
JAKARTA, (PRLM).- Indonesia harus melestarikan wayang, terlebih lagi UNESCO pada tahun 2003 meresmikan Wayang Indonesia sebagai warisan pilar bangsa Indonesia. “Saya menyadari bahwa warisan budaya ini perlu dilestarikan, karena hidup berabad-abad sampai sekarang. Bahkan sampai ada wayang modern,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Windu Nuryanti saat Pembukaan Festival Wayang Indonesia 2012 yang digelar di pelataran Museum Fatahilah, Jakarta Barat, Jumat (13/7/12). Festival Wayang Indonesia 2012 digelar selama tiga hari berturut turut hingga Minggu (15/7/12).

…dst

40 ) Wamendikbud: Pungutan No, Sumbangan Yes
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/14/333134/293/14/Wamendikbud-Pungutan-No-Sumbangan-Yes

Sabtu, 14 Juli 2012 14:37 WIB
JAKARTA–MICOM: Sekolah negeri penerima BOS tidak diperbolehkan memungut biaya pendidikan dari orang tua murid. Hal itu tertuang dalam Permendikbud No 60 tahun 2011 tentang Larangan Pungutan di SD dan SMP. Wamendikbud Musliar Kasim menegaskan pungutan tidak boleh dilakukan di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) negeri.”Bagi yang sudah menerima dana BOS tidak boleh melakukan pungutan. Pungutan dalam hal ini adalah yang jumlah pungutannya ditentukan sekolah dan memaksa. Namun, kalau sumbangan boleh dilakukan. Jadi sifatnya tidak mengikat,” pungkasnya, Sabtu (14/7). Pihaknya menilai pendidikan bukanlah tanggung jawab pemerintah semata. Semua pihak termasuk orangtua murid bisa serta-merta memberikan sumbangan untuk pembangunan pendidikan anaknya di sekolah.”Orangtua yang merasa ingin membantu secara sukarela memberikan dana untuk kegiatan anaknya disekolah seperti ekstrakulikuler bisa saja dilakukan. Besaran dananya pun tidak ditentukan oleh pihak sekolah, tergantung kemampuan orangtua siswa. Dan jumlahnya berbeda-beda setiap siswa,” lanjutnya.

…dst

41 ) Uji Kompetensi Guru Tak Pengaruhi Gaji
http://id.berita.yahoo.com/uji-kompetensi-guru-tak-pengaruhi-gaji-072152657.html

14 July 2012
TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berjanji bahwa uji kompetensi ulang guru tidak akan mempengaruhi insentif untuk para pengajar. “Tak akan pengaruhi tunjangan profesi,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, saat ditemui seusai Dialog tentang BOS di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Jumat, 13 Juli 2012. Menurut Musliar, ujian ini untuk melihat potensi yang ada pada setiap guru. Karena kemampuan guru, kata Musliar, juga ikut mempengaruhi kemampuan anak didiknya, misalnya nilai UN kelulusan. Musliar mengatakan jika ada guru yang tidak lulus ujian sertifikasi, Kemendikbud akan memberikan training. “Bodoh kalau mereka menolak uji kompetensi,” kata Musliar.

…dst

42 ) Menparekraf Minta Mendikbud Dirikan Sekolah Talenta
http://m.antaranews.com/berita/321477/menparekraf-minta-mendikbud-dirikan-sekolah-talenta

13 July 2012
Surabaya (ANTARA News) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu meminta Mendikbud untuk mendirikan sekolah talenta, seperti sekolah film, musik, kuliner, fashion, dan sebagainya. “Pendidikan di Indonesia masih banyak mengajarkan hal-hal yang bersifat hafalan, pemikiran yang seragam, belum berani bicara di depan kelas, dan sebagainya,” katanya di Surabaya, Jumat.Didampingi Rektor Ubaya Prof Joniarto Parung PhD, ia mengemukakan hal itu di sela-sela peresmian Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Surabaya (Ubaya).”Sekarang, cara berpikir seorang guru harus dibalik, jangan memandang negatif kepada siswa yang pemikirannya berbeda dari kawannya, tidak suka menghafal karena suka musik atau menggambar,” katanya.

…dst

43 ) Tes Tertulis Honorer K2 Tanggung Jawab Gubernur
http://m.jpnn.com/news.php?id=133700

13 July 2012
JAKARTA – Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Tumpak Hutabarat mengatakan bahwa pelaksanaan ujian tertulis honorer kategori dua (K2) di instansi daerah menjadi tanggung jawab gubernur. Para Bupati/walikota, kata dia, hanya melaksanakan apa yang sudah diatur gubernur.”Gubernur menjadi koordinator pelaksanaan tes honorer K2 menjadi CPNS. Jadi bupati/walikota belum bisa melaksanakan tes kalau belum berkoordinasi dengan gubernur,” kata Tumpak Hutabarat di Jakarta, Jumat (13/7). Berbeda dengan daerah kabupaten/kota, untuk instansi pusat dan provinsi dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing. “Sebelum pelaksanaan tes ini akan dilakukan pemeriksaaan kelengkapan administrasi, dan untuk dapat diangkat menjadi CPNS para tenaga honorer harus lulus ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesama tenaga honorer K2,” ujarnya.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

No Comments

    Leave a Comment

     

    You must be logged in to post a comment.