1 ) Kemdikbud: Dijamin Tak Ada Manipulasi Jalur Mandiri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/12/1519596/Kemdikbud.Dijamin.Tak.Ada.Manipulasi.Jalur.Mandiri

Kamis, 12 Juli 2012 | 15:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjamin tak akan ada manipulasi pasca diubahnya mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pada tahun 2013 mendatang, Kemdikbud akan menghapus SNMPTN jalur tulis. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso mengatakan, mulai tahun depan, pemerintah memastikan hanya akan ada dua jalur masuk ke PTN, yakni jalur undangan (SNMPTN) dan ujian mandiri.”Jadi tak ada lagi jalur ujian tulis, hanya satu jalur dalam SNMPTN dan jalur ujian mandiri yang dilaksanakan masing-masing PTN,” kata Djoko, Kamis (12/7/2012).Untuk jalur mandiri, Djoko menjamin tak akan ada manipulasi pada pelaksanaannya. Sebab, masing-masing PTN akan berkoordinasi langsung dengan Kemdikbud terkait pelaksanaan ujian dalam jalur mandiri.

…dst

2 ) Biaya Kuliah Jalur Nasional dan Mandiri Bakal Disamakan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/11/20471798/Biaya.Kuliah.Jalur.Nasional.dan.Mandiri.Bakal.Disamakan

Rabu, 11 Juli 2012 | 20:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Biaya kuliah mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur nasional dan mandiri direncanakan untuk tidak dibedakan. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk memberikan beasiswa operasional perguruan tinggi. “Terkait rencana pemerintah untuk memberikan biaya operasional perguruan tinggi. Biaya kuliah bisa lebih murah dibandingkan yang sekarang. Pemerintah mendorong agar biaya kuliah mahasiswa baru yang lewat seleksi nasional dan mandiri bisa sama besarnya,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso di Jakarta, Rabu (11/7/2012).Menurut Djoko, idealnya tidak ada lagi pembedaan biaya pendidikan yang lewat seleksi nasional dan mandiri. “Kami berharap ini bisa secepatnya terwujud dan masih perlu membahas bersama para rektor PTN,” ujar Djoko.

…dst

3 ) Raker RUU PT Malah Tak Bahas Substansi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/12/16003996/Raker.RUU.PT.Malah.Tak.Bahas.Substansi

Kamis, 12 Juli 2012 | 16:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rapat kerja terakhir Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) antara pemerintah bersama DPR, Kamis (12/7/2012), tidak membahas hal yang bersifat subtansial. Pada pelaksanaannya, rapat hari ini lebih banyak membahas redaksional dari pasal perpasal yang terdapat pada RUU PT. Dalam pengamatan Kompas.com, hampir terjadi perdebatan ringan di semua pasal. Khususnya pasal yang mengatur tentang ijazah perguruan tinggi, badan standarisasi, dan wewenang Kementerian Agama dalam mengelola pendidikan. Anggota Komisi X DPR, Raihan Iskandar menyesalkan hal tersebut. Menurutnya, rapat terakhir yang diagendakan untuk mengesahkan RUU PT menjadi terhambat. Pasalnya, pembahasan keluar dari apa yang seharusnya dilakukan.”Rapat ini harusnya hanya mengesahkan RUU PT di tingkat Komisi, tapi lihat saja jadi tidak membahas subtansi dan hanya seputar redaksional saja,” kata Raihan saat ditemui Kompas.com, di sela-sela rapat, Kamis (12/7/2012), di Gedung DPR, Jakarta.

…dst

4 ) Malam Ini, Pimnas ke-25 akan Ditutup
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/12/m71bnu-malam-ini-pimnas-ke25-akan-ditutup

Kamis, 12 Juli 2012, 13:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Perhelatan Pekan Ilmiah Nasional(Pimnas) ke-25 akan ditutup di Sportorium Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis (12/7) malam.Dalam penutupan ini akan ditampilkan kolaborasi budaya tradisional Yogyakarta dengan budaya kontemporer.”Ada sekitar 85 pelajar dan mahasiswa yang tampil dalam bentuk orkestra , paduan suara dan gamelan. Mereka berasal dari mahasiswa UMY, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Seni Indonesia, Sekolah Menengah Kejuruan dan SMP I Bantul,” kata Koordinator Acara Penutupan Pimnas ke-25 Krisna Mulawarman kepada Republika Online, Kamis (12/7).Sebelumnya, akan diputarkan video refleksi kegiatan Pimnas ke-25 dari awal yakni saat registrasi, pembukaan PIMNAS hingga presentasi PKM (Program Kegiatan Mahasiswa), lomba-lomba dan sebagainya.

…dst

5 ) Unnes Juarai Lomba Debat Bahasa Arab di Ajang Pimnas ke-25
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/07/12/m70mym-unnes-juarai-lomba-debat-bahasa-arab-di-ajang-pimnas-ke25

Kamis, 12 Juli 2012, 04:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjuarai lomba debat bahasa Arab Daurul Araby yang diselenggarakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke- 25 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (10/7) sore.Setelah melalui empat babak, Tim UNNES ini terdiri dari dua orang peserta, Jamat Jamil dan Gilar Rizqi. Selain sebagai pemenang debat. Di samping itu, Jamat Jamil juga meraih gelar Ahsan Munadhir (Best Speaker) dalam kompetisi yang diikuti 24 tim dari 13 universitas.Sementara itu, Universitas Negeri Malang menempati peringkat kedua dan peringkat ketiga diraih Universitas Islam Indonesia. Tema yang diangkat dalam babak final mengenai hukuman mati bagi para koruptor.Selama debat berlangsung dan tim menyampaikan argumen mereka, penonton sering melontarkan kata “Balaa”. Seruan itu bermaksud menyatakan persetujuan terhadap argumen yang disampaikan.

…dst

6 ) Peserta Pimnas Kian Banyak
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/12/373/662228/peserta-pimnas-kian-banyak

Kamis, 12 Juli 2012 10:23 wib
YOGYAKARTA – Berdasarkan data grafik proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang masuk dari tahun ke tahun, jumlah mahasiswa yang berminat mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) semakin banyak. Kondisi itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan, riset dan teknologi di Tanah Air, sekaligus menjadi tantangan baru. Demikian dikatakan Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Agus Subekti dalam Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan di Ballroom Asri Medical Center (AMC) Universitas Muhammadiyah (UMY) kemarin. Sarasehan yang dihadiri oleh pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan yang mengikuti Pimnas ke-25 tersebut juga membahas refleksi kegiatan tersebut.

…dst

7 ) Lembaga Akreditasi Mandiri Setara BAN-PT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/11/20401094/Lembaga.Akreditasi.Mandiri.Setara.BAN-PT

Rabu, 11 Juli 2012 | 20:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) mengkritisi Lembaga Akreditasi Mandiri yang diijinkan pemerintah seperti tertuang dalam Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU PT). APTISI akan memperjuangkan agar Lembaga Akreditasi Mandiri nanti sejajar dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang dibentuk pemerintah. Edy Suandi Hamid, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Rabu (11/7/2012), mengatakan, pendirian Lembaga Akreditasi Masyarakat/LAM (APTISI menyebutnya Badan Akredsitasi Mandiri) yang digagas dalam RUU PT dinilai tidak menempatkan LAM setara dengan BAN-PT.

…dst

8 ) APTISI Dorong Badan Akreditasi Mandiri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/11/19502056/APTISI.Dorong.Badan.Akreditasi.Mandiri

11 Juli 2012 | 19:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia mengkaji dan mengusulkan adanya Badan Akreditasi Mandiri. Alasannya, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dinilai tidak mampu melayani akreditasi semua program studi di perguruan tinggi negeri dan swasta.Hingga batas akhir akreditasi program studi di perguruan tinggi pada Mei lalu, tercatat 6.433 program studi yang belum selesai diakreditasi. Padahal, program studi yang dikirimkan perguruan tinggi sudah mendapat tanda terima dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).Pada laman resmi BAN-PT terdata 13.990 program studi. Sebanyak 11.043 program studi belum kadaluarsa atau hampir kadaluarsa dan 2.947 program studi sudah kadaluarsa. Kemudian, pemerintah memberikan perpanjangan akreditasi bagi program studi yang sudah didaftarkan, namun hal ini dinilai tidak menyelesaikan masalah.

…dst

9 ) Pendaftaran Institut Teknologi Kalimantan hingga 13 Juli
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/12/0954380/Pendaftaran.Institut.Teknologi.Kalimantan.hingga.13.Juli

Kamis, 12 Juli 2012 | 09:54 WIB
BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Tim Persiapan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) membuka pendaftaran mahasiswa baru secara manual hingga 13 Juli 2012. Sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online pada 2-11 Juli 2012. Akan tetapi, banyak yang tak bisa mengakses pendaftaran secara online sehingga pendaftaran diperpanjang hingga 13 Juli.”Namun, karena banyak yang tidak bisa mengakses pendaftaran online, kami buka pendaftaran secara manual sampai 13 Juli ini,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana, di Balikpapan, Rabu (11/7/2012). Menurut Sudirman, kendala dalam pendaftaran online antara lain sistem jaringan belum mengenal ITK sehingga selalu dialihkan sistem ke ITS, yang memang “induk” ITK. Kendala lainnya adalah bagi calon pendaftar asal Kalimantan, tetapi menyelesaikan SMA atau sekolah sederajatnya di Jawa atau tempat lain selain Kalimantan.

…dst

10 ) Perdana, Institut Teknologi Sumatera Terima 100 Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/05/14101323/Perdana.Institut.Teknologi.Sumatera.Terima.100.Mahasiswa

Kamis, 5 Juli 2012 | 14:10 WIB
BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com – Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang baru berdiri di Lampung, mulai menerima mahasiswa baru untuk pertama kalinya. Pendaftaran dibuka pada 6 Juli 2012. Informasi dari pengelola Itera Lampung, proses penerimaan mahasiswa baru bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Hal ini dilakukan mengingat gedung Kampus Itera di kawasan Sukarame Bandarlampung sedang dalam proses pembangunan. “Penerimaan perdana ini, kami hanya menerima 100 mahasiswa dengan lima program studi, yakni Fisika, Teknik Elektro, Teknik Geometrika, Teknik Geofisika, dan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota,” kata Panitia Pembangunan Itera dari ITB, Prof Dr Ir Indratmo Soekarno, Kamis (5/7/2012), di Bandarlampung. Menurut dia, pengumuman penerimaan mahasiswa baru itu dapat dilihat secara langsung melalui website resmi yang ada.

…dst

11 ) 20% Pendaftar Perebutkan Beasiswa Bidikmisi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/12/192390/20-Pendaftar-Perebutkan-Beasiswa-Bidikmisi

12 Juli 2012
SEMARANG – Peminat Beasiswa Bidikmisi dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (SPMU) terbilang tinggi. Pada hari kelima pendaftaran, Rabu (11/7), tercatat hampir 20% dari jumlah pendaftar berminat mendapatkan beasiswa bebas biaya kuliah itu. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin mengatakan, pada jalur mandiri SPMU, Unnes menyediakan 300 beasiswa bebas biaya kuliah, yaitu Beasiswa Bidikmisi, bagi mahasiswa tidak mampu. Kini, pada hari kelima pendaftaran SPMU, dari 1.500 calon mahasiswa, 20% berminat untuk memperebutkan beasiswa tersebut. “Pada jalur SPMU, 1.879 kursi masih tersedia bagi pendaftar yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Unnes. Pendaftaran masih dibuka hingga 20 Juli 2012 mendatang secara online di laman http://spmu.unnes.ac.id,” ungkapnya, kemarin. Semua program studi D-3 dan S-1 diikutkan dalam seleksi tersebut sehingga calon mahasiswa bebas memilih jurusan sesuai dengan minat masing-masing.

…dst

12 ) Pendaftar SPMB Swadana UNS Lampaui 19.000 Orang
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/12/192389/Pendaftar-SPMB-Swadana-UNS-Lampaui-19.000-Orang

12 Juli 2012
SOLO – Jumlah Pendaftar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jalur swadana di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) telah melampaui angka 19.000 pendaftar hingga Rabu (11/7) pukul 13.00. Akibat membeludaknya jumlah pendaftar, waktu pendaftaran yang dijadwalkan hingga pukul 13.00 dimundurkan hingga pukul 15.00.Ketua Panitia Penyelenggara Lokal SPMB UNS Prof Drs Sutarno MSc PhD mengemukakan, pendaftaran yang berakhir Rabu (11/7) terus diserbu pendaftar. Hingga kemarin, dari jumlah tersebut, baru 8.857 pendaftar yang melakukan cetak kartu dengan lebih dulu membayar di bank. Sisanya 10.000 pendaftar belum melakukan cetak kartu lantaran masih antre di bank. “Karena jumlah yang belum cetak kartu masih sangat banyak, pembayaran kami tunggu hingga Kamis (12/7) pukul 10.00,” papar Tarno, kemarin.

…dst

13 ) Sekolah Khusus Ilmuwan Ditunda
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/12/373/662215/sekolah-khusus-ilmuwan-ditunda

Kamis, 12 Juli 2012 09:26 wib
JAKARTA – Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka sekolah khusus ilmuwan bagi pemenang olimpiade gagal diwujudkan karena belum ada persiapan. Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengaku, hingga saat ini Kemendikbud belum berniat membuka sekolah tersebut. Tidak hanya karena belum ada persiapan, namun juga belum ada pembicaraan khusus dengan DPR. Sekolah khusus ilmuwan diusulkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Manado, September tahun lalu. Mendikbud berharap, tahun ini sekolah khusus ilmuwan dapat dibangun. Siswa yang belajar akan dijaring dari pemenang olimpiade dan tidak dipungut biaya pendidikan. Menurut dia, adanya sekolah khusus ini agar tradisi budaya keilmuan terbangun sejak anak usia dini. Lebih dari itu, sekolah ini juga untuk membangun peradaban Indonesia hingga 15–20 tahun lagi.

…dst

14 ) UI Juara Umum Olahraga Antar-Perguruan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/12/07180377/UI.Juara.Umum.Olahraga.Antar-Perguruan.Tinggi

Kamis, 12 Juli 2012 | 07:18 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Universitas Indonesia (UI) keluar sebagai juara umum The 25th Biennale Intervarsity Games 2012. UI meraih 13 medali, sementara di tempat kedua terdapat National University of Singapore (NUS) dengan perolehan 7 medali.Adapun posisi ketiga diraih University of Malaya (UM) yang memperoleh 5 medali dan University of Macau (Umac) dengan 5 medali.Pesta Olahraga Antar-Perguruan Tinggi se-Asia Pasifik digelar selama empat hari. Demikian siaran pers UI, Kamis (12/7/2012).Penutupan perhelatan olahraga pada Rabu kemarin ditandai dengan serah terima bendera BIG dari Chairman Organizing The 25th Biennale Intervarsity Games 2012 (The 25th BIG 2012) AG Sudibyo kepada Faithal Hj Hassan dari University of Malaya selaku tuan rumah The 26th BIG. “Melalui penyelenggaraan The 25th BIG 2012, kita berharap persahabatan para mahasiswa antar-negara terus terjaga,” kata Sudibyo.

…dst

15 ) Politeknik LP3I Medan Juara II National Debat Bahasa Inggris
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/lp3i-pendidikan/12/07/12/m7071u-politeknik-lp3i-medan-juara-ii-national-debat-bahasa-inggris

Rabu, 11 Juli 2012, 22:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN — Tim Debat Bahasa Inggris Politehnik LP3I Medan, pada 30 Mei 2012 lalu berhasil meraih prestasi sebagai juara II dalam perlombaan National Polytechnic English Debating Competition (NPEDC) XI se-Indonesia di Tual – Maluku tenggara.Tim Politeknik LP3I Medan yang diwakili oleh :Reza Syahdan, Marina WP Sihombing, dan Wienenda Agussella berhasil menyaingi 33 Tim lainnya yang berasal dari berbagai politehnik se-Indonesia dan berhasil mencapai grand final.Pada tahap awal politehnik LP3I Medan berhasil mengalahkan Politehnnik Padang, kemudian berturut – turut mengalahkan tim politehnik Manufacture Bandung, Politeknik Kesehatan Bengkulu dan akhirnya lolos menuju Grand Final.

…dst

16 ) Mobil Irit ITB Membanggakan
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/12/373/662217/mobil-irit-itb-membanggakan

Kamis, 12 Juli 2012 09:41 wib
BANDUNG – Mobil hemat energi Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mencetak hattrick pada kejuaraan Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2012 di Sepang International Circuit, Kuala Lumpur, Malaysia, 4-7 Juli lalu. Sebanyak 124 tim dari 18 negara mengikuti kejuaraan tersebut. Di ajang internasional itu, mobil irit hasil rakitan mahasiswa ITB meraih tiga penghargaan yaitu tim Cikal Cakrasvarna menjadi juara pertama pada kelas bahan bakar bensin, tim Cikal Cakrawala sebagai runner-up untuk kelas bahan bakar baterai lithium, dan tim Cikal Diesel sebagai runner-up pada kelas bahan bakar diesel alternatif. “Shell Eco-Marathon merupakan sebuah kompetisi yang menantang para pelajar di seluruh dunia untuk membuat sebuah kendaraan ultrahemat energi,” ujar anggota tim Cikal Cakrawala, Febri Arwan Nugraha, di Gedung Annex ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, kemarin.

…dst

17 ) Rektor ITS sambut kedatangan tim “Sapu Angin”
http://www.antaranews.com/berita/321123/rektor-its-sambut-kedatangan-tim-sapu-angin

Kamis, 12 Juli 2012 00:13 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Rektor ITS Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA, jajaran rektorat, para alumni, dan rekan-rekan sivitas akademika ITS, Rabu, menyambut kedatangan tim mobil hemat bahan bakar “Sapu Angin” yang mengukir prestasi pada ajang “Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2012″ di Malaysia.Mereka dijemput saat tiba di Stasiun Pasar Turi Surabaya dan kemudian diarak beramai-ramai dengan konvoi sepanjang jalan menuju kampus ITS di kawasan Sukolilo Surabaya.Satu unit bis dan beberapa sepeda motor mengiringi perjalanan tim menuju kampus ITS. Setelah tiba di kampus, mereka langsung menemui Rektor ITS dan jajaran pimpinan serta para alumni yang hadir.”Sekali lagi kita membuktikan eksistensi ITS di ajang internasional,” kata Triyogi di hadapan puluhan hadirin yang didampingi pembimbing Tim Sapu Angin Ir Witantyo MEng.Sc.

…dst

18 ) Kunci Sukses Tim Robot RI-NHO ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/11/373/662104/kunci-sukses-tim-robot-ri-nho-its

Kamis, 12 Juli 2012 09:02 wib
JAKARTA – Menjadi jawara pertama dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2012 yang digelar beberapa waktu lalu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Keberhasilan yang mereka raih tentu buah dari rangkaian kerja keras dan perjuangan yang panjang. Lantas, apa kunci sukses tim yang beranggotakan Zaini Latif, Isa Hafidz, Moch Wahyu Kurniawan, M Fatkhulloh Arrohman, dan Pinky Rexa Buana itu? Ditanya soal faktor kemenangan, Rexa kontan melontarkan beberapa aspek yang menurutnya sangat berpengaruh. Pertama, kesiapan tim robot, baik dari sisi robot maupun operator yang menggerakkan robot manual. Dan salah satu keunggulan robot kolektor ITS, yakni kecepatan serta program cadangan yang berfungsi jika terjadi error pada saat mengambil bakpau.

…dst

19 ) Pemberhentian Dekan FKUI Dinilai Sesuai Prosedur
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/12/09110028/Pemberhentian.Dekan.FKUI.Dinilai.Sesuai.Prosedur

Kamis, 12 Juli 2012 | 09:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak Rektorat Universitas Indonesia berketetapan pemberhentian Pelaksana Harian Dekan Fakultas Kedokteran UI Ratna Sitompul sudah sesuai prosedur. Apalagi, berdasarkan Keputusan Rektor UI Nomor 404/SK/R/UI/2008 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dekan FKUI, Rektor UI berwenang memberhentikan pejabat yang diangkat dari jabatannya sewaktu-waktu berdasarkan hasil evaluasi tim yang ditunjuk. Dari beberapa dokumen yang dikirimkan Rektorat UI kepada Kompas, Rektor UI Gumilar R Somantri pernah memberi teguran tertulis terkait dugaan pelanggaran disiplin PNS kepada Ratna Sitompul selaku Pelaksana Harian (Plh) Dekan FKUI. Pelanggaran itu antara lain tidak memegang rahasia jabatan yang menurut sifatnya atau perintah harus dirahasiakan serta jarang menghadiri rapat koordinasi dengan pimpinan universitas.Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani lewat siaran persnya, Rabu (11/7/2012), mengatakan, sehubungan dengan berakhirnya masa tugas Ratna Sitompul sebagai Plh Dekan FKUI pada 6 Juli 2012, Rektor UI mengembalikan statusnya kepada instansi induk, Kementerian Kesehatan. Sebab, Ratna merupakan PNS Kementerian Kesehatan.

…dst

20 ) UGM Mengonservasi 142 Rumah Era Megalitik Nias
http://cetak.kompas.com/read/2012/07/12/02311940/ugm.mengonservasi.142.rumah.era.megalitik.nias

12 Juli 2012
Yogyakarta, Kompas – Tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada dan Jepang berniat mengonservasi rumah adat yang dibangun pada zaman batu (megalitik) di Desa Bawomataluo, Nias, Sumatera Utara, yang kini kondisinya kian memburuk. Niat tersebut disertai perjuangan untuk menjadikan rumah adat Nias itu sebagai salah satu warisan budaya dunia. “Secara akademis, kami ingin menyelamatkan rumah adat yang masih berupa perkampungan itu. Kalau tidak diselamatkan, 142 bangunan itu akan rusak, tidak karena faktor usia, tetapi bisa juga disebabkan gempa,” kata T Yoyok Wahyu Subroto, Ketua Tim Peneliti Perkampungan Bawomataluo, di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UGM, Yogyakarta, Selasa (10/7). Menurut Yoyok, perkampungan itu benar-benar menakjubkan. Perkampungan itu merupakan monumen hidup yang tak hanya terlihat dari sisi arsitektur, tetapi juga sosial budaya masyarakatnya.”Rumah-tumah tersebut masih dihuni masyarakat adat, sekitar 6.000 jiwa. Jadi, benar-benar merupakan monumen yang hidup,” katanya.

…dst

21 ) UGM Sosialisasikan Pewarna Alami Batik
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/11/373/661983/ugm-sosialisasikan-pewarna-alami-batik

Rabu, 11 Juli 2012 19:02 wib
JAKARTA – Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus terus dijaga kelestariaanya oleh seluruh lapisan masyarakat. Sayangnya, salah satu budaya yang telah mendunia ini masih menggunakan bahan pewarna sintesis yang berbahaya bagi lingkungan dalam pewarnaannya. Kondisi inilah yang mengusik hati salah satu pengajar Jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Edia Rahayuningsih. Dia mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaan pewarnaan batik sintetis kembali menggunakan pewarna berbahan alami. “Sebagai pengajar dan peneliti tentu saya terusik, karena kita sesungguhnya adalah bagian dari solusi,” ujar Edia dalam Workshop dan Pameran Zat Pewarna Alami Untuk Mendukung Program Pemberdayaan UMKM Ramah Lingkungan di UC UGM, seperti dinukil dari laman UGM, Rabu (11/7/2012).

…dst

22 ) Es Krim untuk Obat Batuk
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/12/079416487/Es-Krim-untuk-Obat-Batuk

Kamis, 12 Juli 2012 | 09:53 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Banyak ide kreatif bermunculan pada tema “Program Kreativitas Mahasiswa”, yang bersaing di kompetisi Pekan Ilmiah Nasional 2012 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sebagian bertema sepele, tapi muatan inovasinya layak mendapat apresiasi.Ambil contoh, karya bertajuk “Edutourism English Course: Bisnis Kursus Bahasa Inggris dengan Metode Pembelajaran Wisata Budaya dan Sejarah”. Kursus unik ini menjadi kegiatan bisnis sampingan tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada jurusan Sastra Inggris: Mirza Prasetya, Nehu Tegar, dan Dyla Nur Amaany. “Kami mencoba membuat kursus bahasa Inggris yang tak monoton,” kata Mirza.Mirza mengatakan konsep kursus mereka adalah pembelajaran bahasa Inggris yang dipadukan dengan wisata sejarah dan budaya di Yogyakarta. Peserta kursus diwajibkan menggali pengetahuan mengenai tempat-tempat bersejarah dan kemudian diarahkan menjelaskannya ke wisatawan asing di lokasi wisata. Tempat langganan kursus ini, di antaranya Candi Prambanan, Tamansari, Malioboro, dan Borobudur.

…dst

23 ) “Kompas” Gelar Diskusi Panel RUU Pendidikan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/12/14503015/Kompas.Gelar.Diskusi.Panel.RUU.Pendidikan.Tinggi

Kamis, 12 Juli 2012 | 14:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Harian Kompas menggelar diskusi pendidikan bertajuk “Mengkaji RUU Pendidikan Tinggi Menuju Pendidikan Tinggi Indonesia yang Unggul dan Berdaya Saing” di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Kamis (12/7/2012).Diskusi melibatkan sejumlah undangan yang menjadi peserta aktif, meliputi kalangan praktisi pendidikan tinggai, anggota DPR, wakil dari pemerintah/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, organisasi swadaya masyrakat, mahasiswa, serta pemerhati pendidikan tinggi. Narasumber berasal dari kalangan eksekutif sebagai pihak yang bertanggung jawab menyelenggarakan kebijakan pendidikan. Pihak legislatif yang berkewajiban mengawasi jalannya pendidikan serta fungsi anggaran. Para praktisi pendidikan tinggi yang telah berpengalaman panjang mengelola dan mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia dan memiliki perspektif pengembangan sektor pendidikan tinggi secara global.

…dst

24 ) China dan India Dominasi Lulusan Universitas Dunia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/12/10034742/China.dan.India.Dominasi.Lulusan.Universitas.Dunia

Kamis, 12 Juli 2012 | 10:03 WIB
Pada akhir dekade ini, empat dari 10 lulusan universitas di dunia berasal dari China dan India. Prediksi ini dikeluarkan Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dan bila menjadi kenyataan akan mengubah peta jumlah lulusan universitas di dunia. Pada 2020, OECD mengatakan, jumlah lulusan perguruan tinggi (PT) Asia akan melebihi lulusan PT di Amerika Serikat dan Eropa barat. Menurut OECD, lulusan PT China yang berusia 25-34 tahun akan mencapai 29 persen dari jumlah total lulusan PT di seluruh dunia, yang diperkirakan berjumlah 204 juta orang.

…dst