1 ) Pemerintah Susun Skema Bantuan Operasional PTN
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/10/079416014/Pemerintah-Susun-Skema-Bantuan-Operasional-PTN

Selasa, 10 Juli 2012 | 14:21 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun skema pemberian dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Nasional (BOPTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, perguruan tinggi yang lebih sedikit menghimpun dana dari masyarakat akan mendapat BOPTN lebih besar, begitu juga sebaliknya. “BOPTN itu akan menjadi insentif sekaligus disinsentif,” kata Nuh ketika ditemui pada Selasa 10 Juli 2012. Menurut Nuh, perguruan tinggi bisa menghimpun dana dari tiga sumber utama, yaitu pungutan dari mahasiswa, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, serta dari kerja sama penelitian perguruan tinggi dengan pihak lain.Nuh mengatakan kementerian akan memberikan penilaian positif buat perguruan tinggi yang tidak sepenuhnya menggantungkan biaya operasional dari pungutan mahasiswa. “Yang mengandalkan dana dari kerja sama lebih baik nilainya,” kata Nuh.

…dst

2 ) Kemendikbud Segera Rilis Situs Warisan Budaya Nasional
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/509700/

Tuesday, 10 July 2012
YOGYAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhir Juli ini akan merilis situs Warisan Budaya Nasional. Situs resmi ini juga menjadi akses bagi masyarakat untuk mendaftarkan ragam kebudayaan Indonesia di manapun dan kapan pun.Kebijakan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya memproteksi kebudayaan Indonesia, sekaligus memperkenalkannya kepada dunia melalui dunia maya. “Saat ini kami siapkan pencatatan secara online agar semua masyarakat bisa memiliki akses terhadap kebudayaan Indonesia.Ini juga usaha kami agar kebudayaan bangsa bisa dicatatkan di UNESCO.Salah satu syaratnya adalah kebudayaan tersebut harus sudah tercatat di tingkat nasional dulu,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti kemarin.

…dst

3 ) Tiga Ilmuwan Indonesia Raih Penghargaan
http://sains.kompas.com/read/2012/07/09/18264648/Tiga.Ilmuwan.Indonesia.Raih.Penghargaan

Senin, 9 Juli 2012 | 18:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Tiga ilmuwan Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional meraih penghargaan dalam ajang Congress of Indonesian Diaspora yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 6-8 Juli 2012 lalu. Tiga ilmuwan tersebut adalah Dr. Eng. Khoirul Anwar (Japan Advanced Institute of Science and Technology, Jepang) untuk bidang Innovation, Dr. Taufik (Calpoly State University, Amerika Serikat) untuk bidang Education, dan Achmad Adhitya (Leiden University, Belanda) untuk bidang Youth Activism. Penghargaan tersebut memberi momentum yang baik bagi masyarakat Indonesia di luar negeri. Ajang yang dihadiri 4000an orang dari penjuru dunia ini menjadi kesempatan bagi masyarakat di Indonesia di luar negeri untuk turuit memikirkan solusi permasalahan yang dihadapi Indonesia.

…dst

4 ) Tiga Tahun Berturut-turut, ITS Juarai SEM Asia
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/09/373/660722/tiga-tahun-berturut-turut-its-juarai-sem-asia

Senin, 09 Juli 2012 13:27 wib
JAKARTA – Berlaga bersama 136 tim dari 18 negara dari Asia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil membuktikan diri sebagai tim terbaik. Dalam ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2012 di Sepang, Malaysia itu Tim Sapu Angin ITS mempertahankan gelar juara tiga kali berturut-turut. Mobil Sapu Angin 7 menjadi juara pertama Urban Concept Biodisel dengan capaian 167 kilometer (km) per liter. “Alhamdulillah, ini adalah kali ketiga secara berturut-turut kami juara pertama di ajang SEM. Ini adalah capaian tertinggi dari tim Indonesia yang mengirimkan wakilnya dalam ajang SEM Asia 2012,” ujar Rektor ITS Triyogi Yuwono, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (9//7/2012). Dalam kejuaraan tahunan tersebut, ITS mengirim tiga tim, yakni ITS Team 1 dengan mobil Sapu Angin 6, ITS Team 2 dengan Sapu Angin 7, dan SEM ITS Team 2012
dengan mobil terbaru Antasena 1. Sebanyak 15 mahasiswa yang turut di dalamnya, dengan dosen pembimbing tim Bambang Sampurno.

…dst

5 ) Pimnas Ke-25 Harus Munculkan Inovasi Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/10/14053423/Pimnas.Ke-25.Harus.Munculkan.Inovasi.Baru

Selasa, 10 Juli 2012 | 14:05 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 1.426 peserta dari 95 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XVV tahun 2012 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berlangsung dari Selasa (10/7/2012) hingga Kamis (12/7/2012). Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Pendidikan Muslihar Kasim, dalam pidatonya mengharapkan, Pimnas ke-25 ini mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. “Inovasi teknologi baru yang sederhana namun banyak bermanfaat bagi masyarakat patut terus didorong,” kata Muslihar dalam Pembukaan Pimnas XXV 2012, Selasa (10/7/2012).

…dst

6 ) 72 Mahasiswa Undip Ikut Pimnas
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/07/10/192188/72-Mahasiswa-Undip-Ikut-Pimnas

10 Juli 2012
SEMARANG- Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2012 merupakan momentum kebangkitan Undip. Sedikitnya 72 mahasiswa akan mengikuti Pimnas ke-25 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 10-12 Juli.”Ada enam kelompok kompetisi yang akan diikuti mahasiswa Undip. Meliputi kelompok penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, karsa cipta, karya terapan, dan gagasan tertulis,” kata Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi saat melepas mahasiswa peserta Pimnas 2012, kemarin, di halaman GSG Undip Tembalang.Dia meminta peserta berprestasi dengan baik, sehingga bisa mengharumkan nama fakultas dan universitas. Menurutnya, Pimnas menjadi salah satu tolok ukur perguruan tinggi dalam melakukan riset. “Pimnas menumbuhkan budaya akademik di kampus, sehingga akan terbentuk komunitas riset bersama antara dosen dan mahasiswa,” ungkapnya.

…dst

7 ) Pimnas XXV Angkat Budaya Yogya
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/509680/

Tuesday, 10 July 2012
YOGYAKARTA– Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXV yang dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hari ini resmi dibuka. Kegiatan tahunan yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini akan dibuka dengan sajian budaya khas Kota Yogyakarta, seperti gamelan mix,wayang, dan tarian.Acara pembukaan ini digelar di Sportorium UMY. “Konsep acara pembukaan sendiri memang ingin mengangkat budaya Yogyakarta, baik budaya yang sudah menasional maupun kebudayaan hasil perpaduan dengan budaya nusantara,” kata Penanggung Jawab Opening dan Closing Ceremony Pimnas XXV, Krisna Mulawarman, kemarin.

…dst

8 ) Rektor Dukung Ujian Tulis Dihapus
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/509758/

Tuesday, 10 July 2012
YOGYAKARTA – Jalur tulis dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tetap akan dihapus. Ini sesuai hasil rapat antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan para rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jakarta,kemarin.Namun secara teknis masih akan ada ujian tulis untuk jalur mandiri di masing-masing PTN. Oleh Kemendikbud,jalur mandiri itu diberikan kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 40%. Selain itu,ujian tulis juga teta pada untuk memberikan kesempatan bagi peserta SNMPTN yang gagal tahun ini dan 2011 dengan mekanisme yang sama seperti 2012.Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso menambahkan, mekanisme untuk jalur undangan juga akan diubah.Persentasenya tidak lagi tetap 60% seperti saat ini, namun bisa saja ditambah atau dikurangi sesuai dengan kesepakatan hasil rapat dengan para rektor nantinya. Djoko menerangkan, Kemendikbud menetapkan untuk jalur undangan, mahasiswa yang akan diterima disesuaikan dengan parameter yang ditetapkan masing-masing kampus.Parameter ini nanti yang akan disandingkan dengan nilai ujian nasional (UN) murni. “Jadi misalkan ada siswa yang mau masuk jurusan olahraga basket. Kampus itu menetapkan tinggi badan harus di atas 170 cm,maka peserta di bawah tinggi itu tidak dapat masuk meski nilai UN-nya tinggi,” ujar mantan Rektor ITB ini kemarin.

…dst

9 ) UGM Setuju Penghapusan Ujian Tulis SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/10/10593019/UGM.Setuju.Penghapusan.Ujian.Tulis.SNMPTN

Selasa, 10 Juli 2012 | 10:59 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno menyambut baik rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan menghapus ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013. Menurutnya, kebijakan ini adalah kebijakan yang positif.”Penghapusan ujian tulis itu akan menambah kuota penerimaan mahasiswa pada jalur undangan. Kuota jalur undangan akan meningkat dari 40 persen menjadi 60 persen,” ujar Pratikno, di Yogyakarta, Senin (9/7/2012). Menurutnya, kuota jalur undangan sebesar 60 persen itu akan dibagi dalam dua bentuk, yakni undangan tanpa ujian tulis dan undangan dengan ujian tulis untuk mengakomodasi lulusan tahun sebelumnya.

…dst

10 ) Jalur Undangan Rawan Manipulasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/10/373/661120/jalur-undangan-rawan-manipulasi

Selasa, 10 Juli 2012 08:07 wib
JAKARTA – Ujian tulis seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dinilai masih diperlukan. Penghapusan SNMPTN dikhawatirkan ikut mengerek biaya pendidikan dari jalur mandiri.Sekretaris Jenderal Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Suyatno berkata, pemerintah juga harus memastikan mahasiswa yang diterima melalui seleksi nasional itu mengandung prinsip keadilan dan kesetaraan yang sama untuk masuk ke PTN. Jika memang tidak ada jalur tulis, jalur undangan harus menjadi pintu masuk bagi mahasiswa miskin agar bisa masuk jalur favorit seperti kedokteran dan teknik.Namun, dia melihat, jalur undangan berpotensi banyak dimanipulasi karena sekolah mengatrol nilai. Tidak hanya itu, jalur undangan pun selalu tidak mencapai kuota karena PTN malas mencari mahasiswa yang memenuhi kriteria miskin. “Seleksi akademik harus menjadi prioritas. Jangan jalur undangan asal mengundang orang saja,” tutur Suyatno, kemarin.

…dst

11 ) Efektivitas, Unpad Satukan Tes Mandiri dengan SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/09/373/660911/efektivitas-unpad-satukan-tes-mandiri-dengan-snmptn

Senin, 09 Juli 2012 19:02 wib
JAKARTA – Tahun ini, Ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung atau yang biasa disebut (SMUP) untuk jenjang S-1 ditiadakan. Sebab, pelaksanaan seleksi dilakukan bersamaan dengan ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Maka, peserta SMUP Unpad jenjang S-1 hanya perlu mengikuti SNMPTN dan tidak perlu melakukan ujian khusus lagi. Demikian disampaikan oleh salah satu panitia SMUP 2012, Slamet Usman Ismanto. Menurut Slamet, salah satu alasan penerapan kebijakan ini adalah efektivitas. “Ada banyak keuntungan apabila ujian SMUP disatukan dengan Ujian SNMPTN. Bukan hanya dari segi pesertanya, tetapi juga secara nasional,” ujar Slamet, seperti dikutip dari situs Unpad, Senin (9/7/2012).

…dst

12 ) Jalur Mandiri = Swastanisasi di Kampus Negeri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/10/08492271/Jalur.Mandiri.Swastanisasi.di.Kampus.Negeri

Selasa, 10 Juli 2012 | 08:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Suyatno menilai, dibukanya jalur mandiri dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan bentuk swastanisasi di PTN yang mengarah pada komersialisme. Ia mengimbau agar PTN jangan terlalu memaksakan dan dapat mengukur kemampuannya dari segi kuota penerimaan. “Jalur mandiri ini bentuk swasta di dalam kampus negeri,” kata Suyatno, yang juga Rektor Universitas Dr Hamka, saat ditemui di Universitas Dr Hamka, Jakarta, Senin (9/7/2012). Menurutnya, proses yang berlangsung dalam seleksi mahasiswa PTN melalui jalur mandiri sama halnya yang terjadi di kampus swasta sehingga berlomba-lomba mencari calon mahasiswa sebanyak-banyaknya.

…dst

13 ) Unimed Buka Seleksi SLMPTN
http://www.jpnn.com/

10 Juli 2012
MEDAN-Unimed membuka pendaftaran melalui jalur Seleksi Lokal Masuk Perguruan Tinggi (SLMPTN) Unimed tahun 2012. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 9 sampai dengan 20 Juli 2012, melalui sistem online dan dapat dilakukan dari manapun melalui website http://www.unimed.ac.id. “Adapun pelaksanaan ujian SLMPTN akan berlangsung pada tanggal 24-25 Juli 2012, dan pengumuman hasil ujian tanggal 04 Agustus 2012,”ujar ketua SLMPTN Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd saat dikonfirmasi Senin (9/7). Sementara sekretaris SLMPTN Unimed Prof. Dr. Biner Ambarita, M.Pd menyampaikan tata cara pendaftaran SLMPTN. Di antaranya yakni calon peserta harus membayar biaya ujian kelompok IPA atau IPS sebesar Rp. 150.000,- kelompok IPC (IPA+IPS) Rp175.000 dan biaya ujian keterampilan sebesar Rp175.000,- melalui bank BNI.

…dst

14 ) PTS Jadi PTN
“Lebih Baik Bangun PTN di Daerah Tertinggal…”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/10/12154613/Lebih.Baik.Bangun.PTN.di.Daerah.Tertinggal.

Selasa, 10 Juli 2012 | 12:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengkonversi sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) di sejumlah daerah. Rencana ini lagi-lagi menuai kontroversi. Sekretaris Jenderal Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Suyatno mengatakan, pemerintah lebih baik memperkuat PTS daripada mengkonversinya menjadi PTN. Selain mengancam keberadaan PTS, menurut Suyatno, pengadaan PTN seharusnya diutamakan di daerah-daerah yang masuk kategori 3T. “Pengadaan PTN diutamakan dilakukan di daerah-daerah yang masuk dalam kategori terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Entah melalui konversi, atau dengan pembangunan PTN baru,” kata Suyatno, di Jakarta, Senin (9/7/2012).

…dst

15 ) RUU Pendidikan Tinggi Disahkan 13 Juli?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/10/10063859/RUU.Pendidikan.Tinggi.Disahkan.13.Juli

Selasa, 10 Juli 2012 | 10:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Meski masih diwarnai pro dan kontra, RUU Pendidikan Tinggi akan disahkan sesuai target Pemerintah dan DPR, pada Juli 2012 ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan sinyal kuat itu. Ia mengatakan, RUU Pendidikan Tinggi (RUU PT) akan disahkan pada sidang paripurna DPR, 13 Juli 2012. Draf RUU akan difinalkan dalam rapat kerja Kemdibud dan DPR sehari sebelum sidang paripurna, Kamis (12/7/2012).”Tanggal 12 Juli raker bersama DPR. Esok harinya, hasil dari raker itu nanti dibawa ke pleno. Itu masa sidang terakhir untuk bulan ini,” kata Nuh, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (9/7/2012).Nuh menjelaskan, tak terdapat banyak perubahan dalam draf RUU PT. Jika dalam draf 4 April ada pengaturan mengenai 3 persen dana fungsi pendidikan untuk membiayai penelitian, kini diubah menjadi 30 persen dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BO PTN) yang digunakan untuk menutupi kebutuhan penelitian.

…dst

16 ) Kontroversi RUU Pendidikan Tinggi
RUU PT Disahkan, Aptisi Ancam Ajukan Judicial Review
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/09/17093029/RUU.PT.Disahkan.Aptisi.Ancam.Ajukan.Judicial.Review

Senin, 9 Juli 2012 | 17:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) mengancam akan mengajukan permohonan judicial review jika Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) tetap disahkan oleh pemerintah bersama DPR pada bulan Juli ini. Alasannya, RUU tersebut belum memihak kepada masyarakat dan belum mengakomodasi usulan dari pihak swasta. Sekretaris Jenderal Aptisi Suyatno mengatakan, permohonan judicial review merupakan langkah terakhir jika pemerintah tetap mengesahkan RUU tersebut sebelum direvisi dan dilakukan penambahan ayat sesuai usulan Aptisi. “Jangan tergesa mengesahkan. Jika tetap disahkan sebelum diperbaiki, maka kami akan lakukan judicial review,” kata Suyatno di Universitas Dr Hamka, Jakarta, Senin (9/7/2012).

…dst

17 ) Draf Terbaru RUU PT Masih Sarat Liberalisme
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/09/373/660724/draf-terbaru-ruu-pt-masih-sarat-liberalisme

Senin, 09 Juli 2012 14:31 wib
JAKARTA – Draf Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) terbaru versi 26 Juni 2012 dinilai masih memiliki watak liberalisme. Draf RUU PT tersebut meyakini keterbukaan, globalisasi, dan komersialisasi pendidikan memiliki peran penting dalam proses pembangunan bangsa.Staf peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Hastangka berpendapat, draf tersebut masih menyimpan persoalan yang menimbulkan perdebatan di tengah masyarakat. Salah satunya pandangan kritis terkait dengan Pasal 51 Ayat 1 yang menyebut perguruan tinggi asing dapat menyelenggarakan pendidikan tinggi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

…dst

18 ) Beasiswa Bidik Misi UIN Khusus untuk SPMB PTIN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/09/15194133/Beasiswa.Bidik.Misi.UIN.Khusus.untuk.SPMB.PTIN

Senin, 9 Juli 2012 | 15:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta mengalokasikan 150 kursi bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun 2012 ini, beasiswa Bidik Misi di UIN tidak lagi dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melainkan Kementerian Agama. “Mulai tahun 2012, untuk Bidik Misi UIN Jakarta dikelola oleh Kemenag, jumlahnya 150 orang,” kata Amel Hidayatullah, Staf Bagian Beasiswa UIN Jakarta, saat ditemui di Kampus UIN Jakarta, Senin (9/9/2012). Pengalihan pengelolaan dari Kemdikbud ke Kemenag ini membawa pada proses penerimaan. Penerima Bidik Misi juga khusus untuk calon mahasiswa yang mengikuti tes melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Islam Negeri (SPMB PTIN). Jalur tes ini diadakan oleh perguruan-perguruan tinggi Islam negeri. Tahun sebelumnya, Bidik Misi terbuka bagi peserta yang mengikuti setiap jalur penerimaan mahasiswa baru.

…dst

19 ) Beberapa Beasiswa di APU yang Perlu Dicermati
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/09/15163882/Beberapa.Beasiswa.di.APU.yang.Perlu.Dicermati

Senin, 9 Juli 2012 | 15:16 WIB
KOMPAS.com – Ada beberapa program beasiswa studi di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), terutama beasiswa bagi mahasiswa asing di APU, Beppu, Jepang. Umumnya beasiswa diberikan selama maksimal 4 tahun (hingga lulus) tanpa ikatan apapun. Tidak perlu khawatir bisa berbahasa Jepang, karena perkuliahan di APU menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Yang justeru perlu diperhatikan adalah proses seleksi beasiswa APU karena sangat ditentukan berdasarkan kualitas dokumen, meski tanpa tes tertulis dan wawancara.

…dst

20 ) SNMPTN 2012, Teknologi Informatika Paling Ketat di UNS
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/09/373/660849/snmptn-2012-teknologi-informatika-paling-ketat-di-uns

Senin, 09 Juli 2012 16:11 wib
SOLO – Teknologi Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah program studi yang paling ketat dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis 2012.”Ketetatannya mencapai 2,03 %. Selain peminatnya banyak, juga tempatnya terbatas, atau mahasiswa yang diterima terbatas,” ungkap Ketua Panitia SNMPTN 2012 UNS, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc. PhD saat memberi keterangan pers terkait pelaksanaan SNMPTN 2012 Jalur Tulis, di Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (9/7/2012).

…dst

21 ) Jalur Swadana UNS Kebanjiran Pelamar
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/09/332013/293/14/Jalur-Swadana-UNS-Kebanjiran-Pelamar

Senin, 09 Juli 2012 20:57 WIB
SOLO–MICOM: Penerimaan mahasiswa baru jalur swadana di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, kebanjiran pelamar. Sejak dibuka Jumat (6/7) lalu, hingga Senin (9/7), jumlah pelamar mencapai 10.939 orang.”Kemungkinan peserta masih akan bertambah lagi karena masa pendaftaran masih dibuka hingga 11 Juli,” kata Pembantu Rektor I UNS Sutarno. Tahun ini, UNS menyediakan 1.300 kursi untuk mahasiswa baru jalur swadana. Sistem seleksinya didasarkan pada hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis lalu. “Skor SNMPTN tulis akan menjadi dasar penentuan kelulusan peserta,” ujarnya.Selain swadana, jalur penerimaan lain di UNS yang juga mulai diserbu pendaftar adalah Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT).

…dst

22 ) Bingung Daftar SMPU Unnes? Ini Caranya
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/09/373/660861/bingung-daftar-smpu-unnes-ini-caranya

Senin, 09 Juli 2012 17:04 wib
JAKARTA – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) baik jalur undangan maupun ujian tulis telah berakhir. Namun, jika masih berminat untuk menjadi mahasiswa PTN, jalur mandiri dapat menjadi pilihan terakhir yang bisa dijalani. Nah, bagi mereka yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universita Negeri Semarang (Unnes) atau SPMU berikut panduan singkat mengenai alur pendaftaran yang harus ditempuh. Pertama, buka laman http://spmu.unnes.ac.id. Pada tahap ini, persiapkan data identitas diri dan data pendidikan terakhir. Isilah formulir yang tersedia di laman ini. Pada tahap tahap ini, pendaftar akan mendapatkan formulir pendaftaran dan PIN. Ingat, tahapan ini hanya berlangsung hingga 20 Juli 2012. Demikian seperti dilansir dari laman Unnes, Senin (9/7/2012).

…dst

23 ) Daftar Ulang PTN, Harus Apa?
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/09/417/660692/daftar-ulang-ptn-harus-apa

Senin, 09 Juli 2012 12:58 wib
JAKARTA – Mulai pekan ini, 123.225 calon mahasiswa baru yang lulus Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 bisa mendaftarkan diri di kampus masing-masing. Sebelum melakukan registrasi, ada baiknya calon mahasiswa baru bersiap, dimulai dengan mengecek berbagai persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran ulang di tiap-tiap kampus. Penelusuran Okezone di berbagai situs resmi PTN, Senin (9/7/2012), menemukan, syarat dan kelengkapan berkas yang diperlukan saat pendaftaran ulang dapat ditemukan di laman-laman resmi masing-masing PTN. Situs resmi SNMPTN 2012 menyediakan daftar laman resmi PTN.

…dst

24 ) “Indonesian Week” Jadi Obat Kangen Tanah Air
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/09/15430581/Indonesian.Week.Jadi.Obat.Kangen.Tanah.Air

Senin, 9 Juli 2012 | 15:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi mereka yang pernah mengecap studi di luar negeri, pasti pernah merasakan kerinduan akan kampung halaman alias “homesick”. Tetapi, rasa rindu ini justru merekatkan hubungan antarmahasiswa satu bangsa yang menuntut ilmu di suatu negara. Ini salah satu kisah yang dibagi alumni Asia PAsific University (APU) Jepang, Wenda Gumulya. Untuk mengobati kerinduan, Wenda bergabung dengan APUIna, wadah bergabungnya para mahasiswa Indonesia di Jepang. Dua kali dalam setahun, perkumpulan ini mengadakan “Indonesian Week” untuk memperkenalkan budaya Indonesia.”Perasaan jauh dari Tanah Air juga membuat saya menjadi kangen dengan makanan, budaya, dan hal-hal yang berbau Indonesia lainnya. Dengan APUIna, ada perasaan berbagi kekangenan itu, dan mewujudkannya dalam pentas seni, masak bersama, dan acara kumpul-kumpul lainnya,” kata Wenda kepada Kompas.com, Sabtu (7/7/2012).

…dst

25 ) Ikut Summer School Bernilai Tiga SKS
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/09/373/660924/ikut-summer-school-bernilai-tiga-sks

Selasa, 10 Juli 2012 10:04 wib
JAKARTA – Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki cara khusus untuk mengisi liburan semester genap. Melalui kerjasama Universiti Teknologi Malaysia (UTM), maka digelar ITS-UTM Summer School 2012 yang berlangsung hingga 17 Juli mendatang. Sebanyak 15 mahasiswa dari UTM dikirim ke Indonesia untuk mengikuti Summer School di Jurusan Teknik Sipil ITS. Tidak hanya itu, 18 mahasiswa ITS juga turut mengikuti kegiatan tersebut. ”Yang boleh ikut hanya mahasiswa Jurusan Teknik Sipil semester empat ke atas,” kata koordinator acara, Mona, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (10/7/2012).Tidak hanya peserta yang berasal dari ITS dan UTM, melainkan juga dosen pengajar.

…dst

26 ) Gumilar Berhentikan Dekan Fakultas Kedokteran UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/10/1343125/Gumilar.Berhentikan.Dekan.Fakultas.Kedokteran.UI

Selasa, 10 Juli 2012 | 13:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. der Soz. Gumilar R. Somantri secara resmi memberhentikan Dr. dr. Ratna Sitompul, sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) terhitung mulai tanggal 6 Juli 2012. Dengan pemberhentian ini, maka Ratna dikembalikan statusnya kepada instansi induk yakni Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Selama ini, Ratna diperbantukan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai dosen luar biasa dan mendapat tambahan sebagai Dekan Fakultas Kedokteran periode 2008-2012, melalui Keputusan Rektor tgl 22 April 2008. Pada tanggal 22 April 2012 masa jabatannya telah habis, lalu diangkat menjadi Plh Dekan FKUI.”Pengembalian ini dimaksudkan agar masa kerja dan tugasnya di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tidak terhambat,” kata Prof. Dr. der Soz. Gumilar R. Somantri, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa, (10/7/2012).

…dst

27 ) Dekan FKUI Dikembalikan ke Kementerian Kesehatan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/07/10/332133/293/14/Dekan-FKUI-Dikembalikan-ke-Kementerian-Kesehatan

Selasa, 10 Juli 2012 11:26 WIB
JAKARTA–MICOM: Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ratna Sitompul pada Jumat (6/7) statusnya dikembalikan ke Kementerian Kesehatan. Rektor UI Gumilar R Soematri dalam keterangan persnya mengatakan bahwa pengembalian Ratna ke Kementerian Kesehatan karena masa tugasnya sebagai Dekan FKUI telah berakhir dan Ratna merupakan Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Kesehatan. “Beliau selama ini diperbantukan pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai dosen luar biasa dan mendapat tambahan sebagai Dekan Fakultas Kedokteran periode 2008-2012, melalui Keputusan Rektor tgl 22 April 2008. Pada tanggal 22 April 2012 masa jabatannya telah habis, lalu
diangkat menjadi Plh Dekan FKUI,” tulis Sumantri dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia.

…dst

28 ) UI Bersih: Rektor UI Takut Indikasi Korupsinya Terbongkar!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/10/13573473/UI.Bersih.Rektor.UI.Takut.Indikasi.Korupsinya.Terbongkar.

Selasa, 10 Juli 2012 | 13:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Gerakan Universitas Indonesia Bersih (UI Bersih) menolak keputusan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Somantri untuk memberhentikan Ketua UI Bersih, Dr. Ratna Sitompul, selaku Dekan Fakultas Kedokteran dan dosen Fakultas Kedokteran UI.Ade Armando, selaku anggota UI Bersih mengatakan, tindakan tersebut dianggap mencerminkan rendahnya pengetahuan dan penghargaan Rektor UI terhadap berbagai kesepakatan dan disiplin tata kelola universitas. Ade juga menambahkan, bahwa sikap tersebut menunjukkan ketakutan Gumilar akan semakin terbongkarnya persoalan mismanajemen dan indikasi korupsi di tubuh UI.

…dst

29 ) Pemberhentian Dekan FKUI
UI Bersih: Tindakan Gumilar Memalukan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/10/13074134/UI.Bersih.Tindakan.Gumilar.Memalukan

Selasa, 10 Juli 2012 | 13:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Gerakan Universitas Indonesia Bersih menilai keputusan Rektor UI Gumilar Somantri memberhentikan Dekan Fakultas Kedokteran UI Ratna Sitompul sebagai tindakan memalukan dan membahayakan. Upaya penyingkiran Ratna dinilai bertujuan melindungi rektor dari gugatan yang dilakukan Ratna dan UI Bersih.Pada Senin kemarin, Gumilar melayangkan surat kepada Ratna yang berisi pemberitahuan berakhirnya tugas Ratna sebagai dekan dan pelaksana harian Dekan FKUI. Pada hari yang sama, Gumilar mengeluarkan surat penugasan kepada dr Priyo Sidipratmo untuk menjalankan tugas harian sebagai Dekan FKUI.

…dst

30 ) Pemberhentian Dekan FKUI Diprotes
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/10/079416010/Pemberhentian-Dekan-FKUI-Diprotes

Selasa, 10 Juli 2012 | 14:14 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Keputusan Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri memberhentikan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ratna Sitompul menuai protes dari berbagai pihak. Dewan Guru Besar (DGB) Universitas Indonesia, DGB FKUI, Senat Akademik Fakultas, dan mahasiswa, Selasa, 10 Juli 2012, menolak keputusan tersebut. “Keputusan ini sangat tidak elegan dan tak beretika,” kata Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia Biran Affandi di Jakarta. Menurut Biran, keputusan itu tidak mematuhi kesepakatan yang telah dibuat bersama. Adapun kesepakatan-kesepakatan yang dilanggar Gumilar, di antaranya kesepakatan Majelis Wali Amanat (MWA) dan Rektor dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, arahan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, ketetapan MWA, serta penegasan Ketua Tim Transisi UI bahwa penggantian dekan baru akan dilakukan setelah penggantian Rektor UI pada Agustus mendatang.

…dst

31 ) PENELITIAN
Indonesia Memerlukan Institut Kanker Nasional
http://cetak.kompas.com/read/2012/07/10/0232494/indonesia.memerlukan.institut.kanker.nasional

10 Juli 2012
Jakarta, Kompas – Indonesia memerlukan institut kanker nasional sebagai pusat penelitian khusus penyakit kanker. Peraih Nobel dalam studi genetik dasar kanker sekaligus Direktur The United States National Cancer Institute, Harold Varmus, mengatakan, pendirian lembaga itu diperlukan untuk memahami aspek kanker secara spesifik di tiap negara dan mengambil langkah efektif untuk pencegahan dan pengobatan kanker. “Penelitian menjadi kunci pemberantasan kanker. Karena itu, perlu dicari data dasar kasus kanker di Indonesia,” kata Varmos, Senin (9/7), di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Penelitian menyeluruh tentang kanker akan menemukan faktor-faktor risiko timbulnya kanker. Varmos mencontohkan, karena 63 persen lelaki dewasa di Indonesia merokok, konsumsi tembakau menjadi salah satu penyebab serius kanker.”Faktor genetik menjadi salah satu penyebab kanker. Tapi, kebiasaan penduduk merokok juga harus diwaspadai,” ujarnya. Dekan FKUI Ratna Sitompul mengatakan, karena belum ada data secara nasional tentang penyakit kanker, seakan-akan jumlah kasus kanker di Indonesia tidak seberapa. Di sisi lain, pengobatan kanker membutuhkan biaya ratusan juta rupiah.

…dst

32 ) Riset Terapan Diusulkan Diserahkan ke Swasta
Menristek Nilai Peran Balitbangda Belum Optimal
http://cetak.kompas.com/read/2012/07/10/02332463/riset.terapan.diusulkan..diserahkan.ke.swasta

10 Juli 2012
Jakarta, Kompas – Puluhan tahun meriset, hasil riset ratusan peneliti lembaga pemerintah tak dapat diterapkan optimal bagi kesejahteraan publik. Swastanisasi riset terapan diusulkan sebagai jalan lain untuk menjamin riset benar-benar dibutuhkan publik dan hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat. “Seperti kementerian penerangan yang melepaskan tanggung jawab media massa kepada publik atau swasta, akhirnya berkembang dengan baik. Begitu pula kegiatan riset aplikatif ini, semestinya pemerintah menyerahkan kepada swasta,” kata Ciputra, pendiri Yayasan Ciputra Entrepreneur, kepada wartawan pada Kompetisi Technopreneurship Pemuda 2012 di Jakarta, Senin (9/7). Menurut Ciputra, yang diberi gelar Perekayasa Utama Kehormatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, swastanisasi riset tak berarti semua riset diserahkan kepada swasta. Pemerintah masih bertanggung jawab mengembangkan riset-riset tertentu, misalnya di bidang pertahanan dan keamanan serta riset ilmu dasar.

…dst

33 ) Ika Unpad Jajaki Kerjasama Dengan Jerman
http://www.pikiran-rakyat.com/node/195251

Senin, 09/07/2012 – 17:37
JAKARTA, (PRLM).- Ikatan Alumni (Ika) Universitas Padjadjaran jajaki kerjasama dengan Jerman untuk program beasiswa pascasarjana dan doktor bagi dosen. Jerman menjadi salah satu negara Eropa yang menyediakan fasilitas pendidikan yang baik dan berbiaya murah. Ketua Ika Unpad Sapta Nirwandar mengatakan, saat ini masih belum banyak pengajar yang menempuh studi di Jerman. Ia berharap mulai tahun ini peminat studi ke Jerman bisa meningkat. “Target utamanya para dosen. Dosen ini sekarang masih belum banyak yang mendapatkan beasiswa ke sana,” katanya ditemui usai audiensi antara Ika Unpad, Prof. Bernhard Damn dari Passau University, Jerman, Duta Besar Indonesia untuk Jerman, dengan Megawati Soekarnoputri di kediamannya Jln. Teuku Umar Jakarta, Senin (9/7). Ia mengatakan, program beasiswa Debt Swap yang ditawarkan Jerman menjadi salah satu prigram yang diincar Ika Unpad. “Program itu untuk 3.000 orang, kalau Unpad bisa dapat satu persennya saja kan sudah lumayan,” katanya.

…dst

34 ) Unair Lepas 1.940 Mahasiswa KKN
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/10/373/661223/unair-lepas-1-940-mahasiswa-kkn

Selasa, 10 Juli 2012 14:35 wib
JAKARTA – Sebanyak 1.940 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya terjun untuk mengabdi dan memberdayakan masyarakat pedesaan di lima daerah di Jawa Timur dalam program Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM). Peserta KKN-BBM angkatan ke-46 ini dilepas resmi oleh Rektor Universitas Airlangga Fasich, kemarin.Ketua KKN-BBM yang juga Ketua LPPM Unair Djoko Agus Purwanto, KKN ke-46 ini akan berlangsung mulai 9 Juli hingga 4 Agustus 2012. Kabupaten Bojonegoro memperoleh mahasiswa peserta KKN paling banyak, yaitu 826 orang yang diterjunkan di enam kecamatan. “Kemudian 520 mahasiswa diterjunkan di enam kecamatan di Kota Surabaya, 389 mahasiswa mengabdi di tiga kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, 274 mahasiswa terjun di Kabupaten Sampang yang terbagi di tiga kecamatan, serta 241 mahasiswa mengabdi di satu kecamatan di Kabupaten Probolinggo,” ujar Djoko, seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (10/7/2012).

…dst

35 ) Mahatva Unpad Ulik Potensi Obat di Sunda Lesser Island
http://kampus.okezone.com/read/2012/07/10/373/661162/mahatva-unpad-ulik-potensi-obat-di-sunda-lesser-island

Selasa, 10 Juli 2012 13:15 wib
BANDUNG – Perhimpunan Mahasiswa Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Mahatva (PMPR & PG Mahatva) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) akan melakukan eksplorasi di Kawasan Sunda Lesser Island pada 10 – 14 Juli 2012. Kepala UPT Humas Unpad Weny Widyowati berkata, eksplorasi tersebut dilakukan untuk menggali Potensi Obat dan Pangan di kawasan Sunda Lesser Island. Tim PMGR dan PG Mahatva Unpad akan memfokuskan kegiatannya di di Taman Nasional Komodo (Pulau Komodo), Taman Nasional Laiwangi Wanggameti dan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru (Pulau Sumba), dan Taman Nasional Kelimutu (Pulau Flores).

…dst

36 ) Stres, Mahasiswa UI Tusuk Dosen UGM
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/509678/

Tuesday, 10 July 2012
SLEMAN– Dosen Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta,Farid Mustofa, 44, mengalami nahas, Minggu (8/7) lalu.Dia ditusuk di bagian lehernya oleh Khoirul,26,yang mengaku mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Peristiwa itu terjadi saat Farid usai menunaikan salat Magrib di masjid dekat rumahnya Dusun Rejodani, Sariharjo, Ngaglik,Sleman. Belum diketahui motif penusukan itu,namun diduga pelaku mengalami depresi.Pelaku kini ditahan di Mapolsek Ngaglik. Ditemui di rumahnya,Farid mengaku kaget karena dia sebelumnya tidak pernah bertemu dengan Khoirul. Farid hanya kenal pelaku melalui situs jejaring sosial.”Secara pribadi saya tidak kenal, hanya lewat Facebooksaja saat saya masih di Jerman”kata dia,kemarin. Dari perkenalannya itu, Farid mengaku sering berkomunikasi dengan pelaku. “Dia itu kagum dan mulai memuja seperti halusinasi,”katanya. Menurut Farid,kekaguman pelaku kepada dirinya kemungkinan karena sering membaca tulisannya di Facebook. Sepulangnya ke Indonesia, pelaku meminta bertemu.Pelaku meminta ingin diobati dari penyakitnya, namun Farid kembali mengatakan tidak bisa.

…dst

37 ) 4 Mahasiswa Akan Diperiksa Polisi Lagi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/509697/

Tuesday, 10 July 2012
SEMARANG– Proses penyidikan kasus dugaan ijazah palsu di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang terus digarap penyidik Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang. Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Agustinus Barlianto Pangaribuan menyatakan, dari keterangan empat orang mahasiswa yang menjadi saksi, keterangan satu dengan lainnya berbeda sehingga penyidik harus jeli dan membutuhkan tambahan waktu.Oleh sebab itu, penyidik akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap keempat mahasiswa dari angkatan 2010, yaitu Hery Abdul Hakim, Ana Sofiana, Urfia Hukmy, Rizqi Lina Septiana, serta Ari Arifinanto. (andik)

…dst