1 ) Beginilah Membedakan Ijazah Palsu dan Asli
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/14/0135473/Beginilah.Membedakan.Ijazah.Palsu.dan.Asli

Kamis, 14 Juni 2012 | 01:35 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Polisi membeberkan ciri-ciri paling mudah untuk membedakan ijazah palsu dan asli. Kanit II Haki, Subdit I Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Kompol Andy Arisandi menjelaskan, form kertas ijazah asli dikeluarkan oleh perusahaan kertas milik negara, Perum Peruri yang dilengkapi logo atau tanda khusus. ”Ijazah palsu hanya form kertas cetakan biasa,” katanya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/6/2012). Sebelumnya, diberitakan, polisi berhasil mengungkap praktik pemalsuan ijazah atas nama beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jatim. Ijazah palsu untuk S1 dan akta IV dibandrol Rp 12,5 juta, S2 seharga 20 juta, dan S3 dijual Rp 70 juta. Pelakunya ditangkap jajaran Ditreskrimsus Polda Jatim, akhir Mei lalu. Selain jenis kertas, ijazah palsu juga dapat dilihat dari hologram yang menempel di form kertas ijazah. Pada ijazah asli, hologram menjadi satu kesatuan dengan form kertas yang dikeluarkan Perum Peruri. Sementara hologram pada ijazah palsu dibuat sendiri dan ditempelkan di bagian tertentu.

…dst

2 ) Eks Dosen Otaki Bisnis Ijazah Palsu
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/14/373/647044/eks-dosen-otaki-bisnis-ijazah-palsu

Kamis, 14 Juni 2012 11:31 wib
SURABAYA – Sindikat pemalsuan ijazah di Jawa Timur dibongkar Polda Jatim. Sindikat yang beroperasi sejak 2007 telah membuat ratusan ijazah palsu jenjang S-1, S-2, dan S-3 dari sejumlah perguruan tinggi ternama. Ijazah palsu buatan sindikat yang dipimpin Sucipto, warga Jalan Hasanudin, Malang ini diduga telah beredar luas di berbagai kalangan di Jawa Timur. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Hilman Thayib menjelaskan, sindikat pembuat ijazah palsu tersebut terungkap dari hasil penyelidikan berbagai kasus pemalsuan ijazah yang melibatkan politisi. Dalam pemeriksaan, kasus-kasus ini bermuara pada satu sindikat pemalsuan di Malang. Setelah ditelusuri,muncul nama Sucipto yang ternyata adalah bos sindikat tersebut. “Selanjutnya tersangka kami intai dan berhasil kami tangkap saat bertransaksi untuk membuat ijazah palsu di Malang,” ujar Hilman di Mapolda Jatim, kemarin. Sucipto lalu digelandang di rumahnya, Jalan Hasanudin, Malang. Di tempat itu polisi menemukan ratusan lembar ijazah palsu dari berbagai universitas ternama di Jawa Timur, seperti Universitas Dr Soetomo (Unitomo), Universitas Merdeka (Unmer) Malang, dan Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang.

…dst

3 ) 1.661 Ijazah Palsu Dijual dalam 5 Tahun
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/14/12191675/1.661.Ijazah.Palsu.Dijual.dalam.5.Tahun

Kamis, 14 Juni 2012 | 12:19 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Praktek penjualan ijazah palsu di Jawa Timur yang dilakukan oleh pelaku bernama Sucipto (48) sejak tahun 2007 diperkirakan telah menyebar 1.661 ijazah palsu. Pelaku saat ini sudah ditangkap dan kasusnya sedang dikembangkan kepolisian. “Kami masih terus melakukan penelusuran dan pengembangan kasus karena tersangka tidak mungkin bergerak sendiri,” kata Kanit II Haki, Subdit I Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jatim, Kompol Andy Arisandi. Dari 1.661 ijazah yang sudah diedarkan itu, sebanyak 62 persen adalah ijazah akta IV, 31 persen ijazah S1, 4 persen ijazah S2, dan 1 persen S3. Ijazah palsu yang dijual itu atas nama beberapa perguruan tinggi swasta di Jawa Timur, diantaranya Universitas Dr Soetomo Surabaya, Universitas Merdeka Malang, dan Universitas Darul Ulum Jombang. Harga yang dibandrol untuk ijazah S1 dan akta IV tersebut Rp 12,5 juta, ijazah S2 seharga Rp 20 juta, dan ijazah S3 Rp 70 juta.

…dst

4 ) Ijazah Palsu Unissula
Ferry Ngaku Kerja Sama dengan Mahasiswa UII
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/14/373/647041/ferry-ngaku-kerja-sama-dengan-mahasiswa-uii

Kamis, 14 Juni 2012 11:02 wib
SEMARANG – Dwi Hartono alias Ferry, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang yang menjadi tersangka pemalsuan ijazah dan nilai di lingkungan FK Unissula membuat pengakuan mengejutkan. Saat diperiksa polisi, dia mengaku praktik pemalsuan ijazah itu dilakukan bersama dengan seorang mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang, AKP Bejo mengatakan, hal tersebut terungkap dari pemeriksaan tersangka yang dilakukan pihaknya. “Tersangka mengaku bekerja sama dengan Rizal, mahasiswa UII Yogyakarta. Sebelumnya kami sempat cari keberadaannya, namun ternyata yang bersangkutan (Rizal) sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Sukoharjo,” kata Bejo, kemarin.

…dst

5 ) Hati-hati Ijazah Bodong
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/14/07590199/Hati-hati.Ijazah.Bodong

Kamis, 14 Juni 2012 | 07:59 WIB Oleh Ki Supriyoko
Salah satu isu yang paling hangat di kalangan pendidikan tinggi adalah masalah ijazah “bodong”. Proses pencapaiannya dilakukan secara legal dan diberikan oleh lembaga yang sah kepada seseorang yang berhak menerima, tetapi ternyata tidak berlaku karena program studi pada perguruan tinggi tersebut tidak terakreditasi. Isu ini berawal dari Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditetapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 16 Mei 2005. Di dalamnya secara jelas termuat berbagai ketentuan tentang keberlakuan ijazah dikaitkan status akreditasi pada perguruan tinggi. Sebagai catatan, PP SNP merupakan penjabaran UU Sistem Pendidikan Nasional, khususnya Pasal 61 Ayat (2). Disebutkan, ijazah diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi.

…dst

6 ) Mahasiswa Indonesia raih penghargaan di Universitas UAE
http://www.antaranews.com/berita/315954/mahasiswa-indonesia-raih-penghargaan-di-universitas-uae

Kamis, 14 Juni 2012 04:56 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Dua mahasiswa Indonesia, Rahmi Mabruri dan Ferdy Fegafetta Hijriassa, menorehkan prestasi membanggakan meraih predikat “cum laude” dan masing-masing berhak atas cek sebesar AED 20.000 (Rp48 juta) yang diberikan Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Sheikh Khalifa. Siaran pers KBRI Abu Dhabi yang diterima ANTARA News di Jakarta, Rabu, menyebutkan, kedua mahasiswa itu mengambil jurusan Keuangan di Universitas United Arab Emirat di Al Ain. Pada Rabu (6/6) lalu kedua mahasiswa itu bersama 107 mahasiswa hadir dalam acara wisuda sekaligus menerima sertifikat dan penghargaan sebagai mahasiswa terbaik, dengan jumlah total yang diwisuda 828 mahasiswa. Penganugerahan diserahkan langsung oleh Sheikh Mohammed Bin Rasyid Al Maktoum, Wakil Presiden UAE sekaligus perdana menteri UAE dan emir Dubai, dan disaksikan oleh Menteri Pendidikan UAE, putera mahkota dari beberapa emirat di UAE yaitu Ajman, Fujairah, Umm Al Quain, Ras Al Khaimah, rektor UAE University dan 43 duta besar asing di UAE, termasuk Dubes RI, Salman Al Farisi. Selain Rahmi dan Ferdy, ada seorang mahasiswa Indonesia lain yang ikut diwisuda yaitu Juwakhid Hadi dari Fakultas Pemasaran. Ketiga mahasiswa ini merupakan putera-puteri Indonesia yang menempuh pendidikan sejak SMP hingga universitas dengan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah UAE.

…dst

7 ) Mahasiswa Kembangkan Robot Pelacak Bom Senilai Rp15 Juta
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/14/372/647011/mahasiswa-kembangkan-robot-pelacak-bom-senilai-rp15-juta

Kamis, 14 Juni 2012 10:03 wib
YOGYAKARTA – Setiap negara memiliki potensi serangan teroris. Ancaman itu mengilhami Doni Ermawan dan Hadi Sutrisno, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang lolos program kreativitas mahasiswa, bereksperimen membuat robot pelacak bom berkendali jarak jauh. Robot ini mereka kerjakan selama empat bulan terakhir. Namun robot pelacak bom tersebut bukan untuk mencari bom yang diletakkan di beberapa tempat oleh teroris. Fungsi utamanya adalah mendeteksi adanya benda yang dicurigai sebagai bom pada radius 100–200 meter. Robot ini terdiri dari bahan dasar yang mudah ditemui di Indonesia. Di antaranya, motor penggerak, motor servo sebagai lengan penjepit benda yang terdeteksi sebagai bom, pengendali, kamera atau webcam, sensor, controller, dan software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mendukung proses kontrol. Software ini berfungsi menggerakkan robot dari jarak jauh.

…dst

8 ) Dibuka, Beasiswa dari Seoul National University!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/14/12252414/Dibuka.Beasiswa.dari.Seoul.National.University.

Kamis, 14 Juni 2012 | 12:25 WIB
KOMPAS.com – Seoul National University (SNU) menawarkan beasiswa untuk program S-1 dan S-2 untuk tahun akademik 2013/2014. SNU akan memberikan sebanyak 240 beasiswa untuk kedua program tersebut. Adapun bidang studi diprioritaskan untuk menerima beasiswa ini meliputi Sains dan Pertanian, Administrasi Bisnis, Ilmu Pendidikan, Teknik, Humaniora, Sosial, Biologi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat (S-2), Administrasi Pemerintahan (S-2), dan International Studies (S-2). Bagi yang berminat, skema beasiswa ini meliputi uang kuliah, tunjangan hidup, tunjangan asrama, serta tiket pulang. Aplikasi dibuka Juni – Desember 2012 dan informasi detail bisa dilihat di http://en.snu.ac.kr/apply/info.

>>>

9 ) PTN Ramai-ramai Turunkan Biaya Kuliah
http://www.jpnn.com/read/2012/06/14/130600/PTN-Ramai-ramai-Turunkan-Biaya-Kuliah-

Kamis, 14 Juni 2012 , 08:43:00
BANDUNG-Desakan Menteri Pendidikan M Nuh untuk menurunkan biaya pendidikan tinggi, akhirnya meluluhkan tiga perguruan tinggi besar di Bandung yakni UPI, ITB dan Unpad. Ketiganya pun sepakat untuk menurunkan biaya pendidikan khususnya jalur mandiri. “Kemendiknas memang berencana memberikan alokasikan anggaran khusus berupa bantuan operasional bagi perguruan tinggi negeri. Dan kami diminta untuk menurunkan biaya pendidikan yang dilihatnya dari operasional mahasiswa,” ujar Rektor ITB, Prof Akhmaloka, Rabu(13/6). Rencananya Kemendiknas sendiri akan menganggarakan Rp 1,5 triliun untuk seluruh PTN yang berjumlah 73 PTN di seluruh Indonesia. Rencananya bantuan operasional ini dikucurkan pada APBN perubahan 2012. “Untuk ITB sendiri belum ada hitungannya berapa penurunanya, yang jelas yang akan diturunkan adalah dana pengembangan,” ujarnya. Ia mengaku masih menunggu kepastian berapa anggaran operasional yang akan diturunkan pemerintah kepada ITB sendiri. “Katanya bantuan operasional itu akan diberikan, tapi baru di atas kertas. Karena harus disetujui DPR dulu, harus masuk APBNP dulu, Dan saya juga tidak mengetahui secara persis berapa dana yang dialokasiakan pemerintah untuk ITB,” paparnya.

…dst

10 ) Duh! Mahalnya Biaya Masuk Universitas Negeri di Indonesia
http://news.detik.com/read/2012/06/14/073438/1940929/10/duh-mahalnya-biaya-masuk-universitas-negeri-di-indonesia?n990102mainnews

Kamis, 14/06/2012 07:34 WIB
Jakarta Setelah mengikuti ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), perjuangan para calon mahasiswa belum selesai. Jika lulus, mereka masih harus dihadapkan pada biaya masuk yang cukup tinggi. Duh! Sekadar informasi, ada sekitar 618 ribu calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN. Mereka memperebutkan 120 ribu kursi yang tersedia di 61 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Selain jalur SNMPTN tulis, 53 ribu mahasiswa juga diberikan jatah untuk masuk lewat jalur undangan. Sisanya, melalui sistem seleksi mandiri.Nah, dari sejumlah proses seleksi tersebut, jalur mandiri biasanya cukup memakan biaya. Selisihnya dengan calon mahasiswa yang masuk melalui SNMPTN, cukup besar, hingga mencapai puluhan juta rupiah. Sebagai contoh, Universitas Brawijaya (Unibraw) mematok uang Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan (SPFP) bagi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran sebesar Rp 155 juta. Sumbangan sebesar itu merupakan jalur mandiri.

…dst

11 ) UI Klaim Jadi Kampus Negeri Termurah, Fakultas Kedokteran Rp 25 Juta
http://news.detik.com/read/2012/06/14/084224/1940971/10/ui-klaim-jadi-kampus-negeri-termurah-fakultas-kedokteran-rp-25-juta?n990102mainnews

Kamis, 14/06/2012 08:42 WIB
Jakarta Universitas Indonesia (UI) mengklaim sebagai universitas negeri termurah. Bahkan untuk fakultas kedokterannya, mereka hanya menerapkan biaya sumbangan pendidikan sebesar Rp 25 juta.Hal ini diungkapkan oleh Martarizal, wakil ketua panitia tetap penerimaan mahasiswa baru UI. Dia memastikan, fakultas Kedokteran UI masih jadi favorit para lulusan SMA di Indonesia. “Kalau peminat ya paling banyak kedokteran, karena daya tampungnya lebih besar,” ujar Martarizal saat ditemui di gedung pendaftaran simak UI, kampus UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (13/06/2012). Menurut Martarizal, banyaknya peminat calon mahasiswa untuk daftar ke fakultas kedokteran UI karena biayanya termurah se PTN Indonesia

…dst

12 ) UI Siap Terima 4.555 Calon Mahasiswa Program Sarjana
http://news.detik.com/read/2012/06/14/063719/1940910/10/ui-siap-terima-4555-calon-mahasiswa-program-sarjana?nd992203605

Kamis, 14/06/2012 06:37 WIB
Jakarta Universitas Indonesia menyediakan 4.555 kursi bagi calon mahasiswa program sarjana reguler tahun ajaran 2012/2013. Program ini berasal dari SNMPTN undangan, SNMPTN tulis dan SIMAK UI. “Untuk SNMPTN undangan yang mendaftar ada sekitar 20.000, SNMPTN tertulis dan SIMAK UI belum ada datanya,” ujar Wakil Ketua Panitia Tetap Penerimaan Mahasiswa Baru, Dr Martarizal di kampus UI, Depok, Rabu (12/06/2012). Menurutnya, dari 20 ribu pendaftar jalur SNMPTN Undangan, yang diterima hanya sekitar 2 ribu mahasiswa. Jumlah pendaftar itu menurun dari tahun sebelumnya. “Enggak terlalu besar, tahun lalu sekitar 24 ribu sekarang jadi 20 ribu untuk yang jalur undangan,” tutur Martarizal.

…dst

13 ) Masuk ITB Rp 55 Juta, Mahasiswa Miskin Bisa Gratis!
http://news.detik.com/read/2012/06/14/095550/1941047/10/masuk-itb-rp-55-juta-mahasiswa-miskin-bisa-gratis

Kamis, 14/06/2012 09:55 WIB
Jakarta ITB tidak membuka lagi jalur mandiri atau kelas khusus. 100 Persen mahasiswa dan mahasiswi ITB direkrut dari jalur SNMPTN. Setelah lulus tes, mereka akan dimintai kesanggupan membayar Rp 55 juta, tetapi bagi mahasiswa tidak mampu bisa mendapat subsidi 100 persen. “Kalau masuk ITB, pertama pada masa pendaftaran mengisi formulir pernyataan kesanggupan membayar di muka, dituliskan Rp 55 juta. Tapi, untuk kesanggupan membayar itu pun diberikan subsidi 20 persen, 40, persen, 60, 80, hingga 100 persen. Tentu dengan menunjukkan dokumen,” kata Humas ITB Marliah Singgih saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/6/2012). ITB menutup jalur mandiri sejak 2 tahun lalu. PTN terkemuka itu kini murni menyeleksi mahasiswa berdasarkan seleksi SNMPTN, walau ada juga jalur undangan. Nah, untuk biaya masuk yang Rp 55 juta itu, bagi mahasiswa yang tidak mampu bisa mendapat subsidi dan pengurangan, namun untuk mahasiswa yang sangat mampu bisa juga membayar lebih dari angka itu.

…dst

14 ) Tahun Ini UGM Tidak Terima Mahasiswa Baru Via Jalur Mandiri
http://news.detik.com/read/2012/06/14/093317/1941030/10/tahun-ini-ugm-tidak-terima-mahasiswa-baru-via-jalur-mandiri?nd992203605

Kamis, 14/06/2012 09:33 WIB
Jakarta Tahun 2012 ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tidak menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Semua mahasiswa baru untuk program sarjana diterima melalui satu jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Tahun ini full SNMPTN. Tidak ada jalur mandiri,” ujar Kepala Humas UGM, Wiwit Wijayanti, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (14/6/2012). Tidak dibukanya jalur mandiri ini, lanjutnya, berdasar dari evaluasi tahun lalu. Tahun ini dirasa cukup penerimaan melalui SNMPTN. “Kita akan selalu evaluasi apakah akan membuka lagi tahun depannya atau tidak. Setahu saya, UGM dan ITB tahun ini tidak buka jalur mandiri,” lanjutnya. Menurut Wiwit, tahun lalu saat jalur mandiri dibuka, universitas memiliki keleluasaan untuk menyusun soal ujian sendiri. Namun setelah itu, tidak ada pengelompokan mahasiswa yang masuk melalui SNMPTN maupun jalur mandiri.

….dst

15 ) 60.194 Orang Perebutkan 3.442 Kursi yang Disediakan UGM
http://news.detik.com/read/2012/06/14/095741/1941050/10/60194-orang-perebutkan-3442-kursi-yang-disediakan-ugm

Kamis, 14/06/2012 09:57 WIB
Jakarta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dilakukan. Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi salah satu favorit calon mahasiswa baru. Sebanyak 60.194 orang mencantumkan UGM dalam pilihannya. “Peminat UGM sebanyak 60.194 orang untuk pilihan 1, 2, dan 3,” ujar Kepala Humas UGM, Wiwit Wijayanti, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (14/6/2012). Nah, 60.194 orang ini akan memperebutkan 3.442 kursi yang disediakan. UGM membebaskan Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi atau beasiswa UGM.Nah 21,73 persen dari penerima Bidik Misi ini telah diterima di SNMPTN undangan.Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang orang tuanya memiliki pendapatan kurang dari atau sama dengan Rp 1.000.000.

…dst

16 ) Rektor IPB Diperiksa KPK sebagai Saksi Angie
http://news.detik.com/read/2012/06/14/101111/1941068/10/rektor-ipb-diperiksa-kpk-sebagai-saksi-angie?n991102605

Kamis, 14/06/2012 10:11 WIB
Jakarta Setelah absen karena berhalangan, Rektor IPB Prof DR Ir Herry Suhardiyanto MSc akhirnya memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Angelina Sondakh. Herry yang mengenakan batik coklat tiba dengan menumpang kendaraan dinas sedan Altis bernopol F 1 PB di Kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/6/2012). Dia tidak berkomentar banyak mengenai pemeriksaan yang akan dijalaninya. “Nanti saja ya,” ujar Herry singkat. Pihak KPK menjelaskan ada pemanggilan untuk Herry. “Ada pemanggilan ini penjadwalan ulang,” tutur Jubir KPK Johan Budi di Jakarta, Kamis (14/6/2012). Pada Selasa (5/6) lalu, Herry sedianya dipanggil KPK. Namun batal diperiksa karena sedang di luar negeri. Herry pun sudah mengkonfirmasi perihal ketidakhadirannya kemarin kepada KPK. “Kemarin Beliau memberi tahu,” kata Johan.

…dst

17 ) Rektor IPB Siap Penuhi Panggilan KPK
http://www.jpnn.com/read/2012/06/14/130599/Rektor-IPB-Siap-Penuhi-Panggilan-KPK-

Kamis, 14 Juni 2012 , 08:34:00
BOGOR-Setelah sebelumnya tak hadir pada panggilan pertama, Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto kembali dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini. Orang nomor satu di Kampus IPB ini bakal dimintai keterangan sebagai saksi untuk kasus dugaan suap di proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan Nasional dengan tersangka Angelina Sondakh. “Seharusnya yang bersangkutan dimintai keterangan sebagai saksi, pekan lalu. Tapi karena tidak bisa hadir, maka dijadwalkan ulang Kamis besok,” ujar Humas KPK Johan Budi kepada Radar Bogor (Grup JPNN), kemarin. Selain Herry, KPK juga bakal memintai keterangan dari para petinggi Universitas lainnya yang turut kebagian kue anggaran Kemendiknas. Kesaksian Herry menjadi penting, karena Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Korwil Bogor itu dinilai mengetahui alur kasus dugaan rasuah (korupsi) pada proyek pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sejumlah universitas negeri. Nilainya pun cukup fantastis, yakni mencapai Rp600 miliar. Kesaksian Herry diharapkan dapat menguatkan dugaan tindakan korup dua lakon utama patgulipat proyek, M Nazaruddin dan Angelina Sondakh. Sebelumnya Johan mengungkapkan, Herry sebagai salah satu rektor berpengaruh di Indonesia mengikuti pembahasan anggaran di Kementerian Pendidikan Nasional (kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Sudah dua kali berturut-turut, Herry dipercaya menjadi Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Indonesia. “Yang diusut KPK adanya dugaan penerimaan yang isinya anggaran di beberapa universitas. Kalau mengenai mananya saya belum dapat informasi,” ucap Johan.

…dst

18 ) Satu Joki SNMPTN Tertangkap
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/13/19392757/Satu.Joki.SNMPTN.Tertangkap

Rabu, 13 Juni 2012 | 19:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Akhmaloka membeberkan adanya seorang joki yang tertangkap pada hari kedua pelaksanaan ujian tulis SNMPTN. Peristiwa itu terjadi di salah satu lokasi ujian di kota Jember, Jawa Timur. Ia mengatakan, seorang joki ditangkap oleh panitia lokal lantaran wajahnya berbeda dengan wajah yang terpampang pada foto di kartu ujian. Setelah ditelisik, ternyata yang bersangkutan benar menggantikan seorang peserta yang diakui sebagai temannya. “Kami dapat satu joki di Jember. Jadi dia membantu atau menggantikan seorang peserta yang katanya adalah temannya,” kata Akhmaloka saat dihubungi, Rabu (13/6/2012) sore. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menambahkan, seorang joki yang tertangkap basah kemudian digelandang panitia lokal untuk dimintai keterangan untuk dilampirkan dalam berita acara.

…dst

19 ) Dikira Joki, Peserta SNMPTN di UGM Diperiksa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/503247/

Thursday, 14 June 2012
YOGYAKARTA– Ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hari kedua di Yogyakarta kemarin sempat diwarnai dugaan praktik perjokian. Panitia Lokal mencurigai seorang peserta ujian tulis di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM). “Kecurigaan panitia bermula ketika seorang peserta perempuan berjilbab selama menjalani ujian bertingkah mencurigakan,”kata Ketua Panitia Lokal SNMPTN 2012 Yogyakarta Budi Prasetyo Widyobroto di Yogyakarta,kemarin. Kecurigaan muncul karena pengawas mengetahui ada seorang peserta yang tingkahnya tampak tidak wajar. Panitia lantas mencatat identitasnya dan mengawasi ketat. Peserta itu mendaftar pada salah satu program studi kelompok IPA.

…dst

20 ) Kunci Soal Diselipkan di Ketiak
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/14/417/647082/kunci-soal-diselipkan-di-ketiak

Kamis, 14 Juni 2012 12:03 wib
SURABAYA – Ujian resmi dalam sistem pendidikan nasional lagi-lagi diwarnai aksi curang. Setelah dugaan kebocoran soal terjadi di Ujian Nasional (UN), kejadian serupa terjadi di ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Panitia Lokal (Panlok) 50 menangkap basah seorang peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang membawa kunci jawaban di handphone. Peserta berinisial SN itu tertangkap basah petugas di UPMB 103 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, kemarin. SN yang berasal dari Surabaya ini, sempat berusaha mengelabuhi pengawas dengan aksinya yang cukup licin. Saat berlangsungnya ujian, SN pamit ke toilet cukup lama. Ternyata, saat kembali ke ruang ujian, dia membawa handphone yang disembunyikan di balik ketiaknya. “Di handphone tersebut ternyata ada SMS jawaban. Dan itu tidak boleh,” kata Ketua Panlok 50 Surabaya, Achmad Syahrani, kemarin.

…dst

21 ) Berbagai Jalur Masuk Kedokteran Unhas, Uang Masuk Capai Rp 125 Juta
http://news.detik.com/read/2012/06/14/103109/1941087/10/berbagai-jalur-masuk-kedokteran-unhas-uang-masuk-capai-rp-125-juta?n991101605

Kamis, 14/06/2012 10:31 WIB
Makassar Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menawarkan beragam jalur masuk ke jurusan favorit di Fakultas Kedokteran. Mulai dari jalur SNMPTN, undangan, hingga non-subsidi. Biayanya juga beragam, dari Rp 600 ribu per semester hingga Rp 125 juta. Humas Panlok 82 SNMPTN Unhas, Dahlan Abubakar, menyatakan total mahasiswa Kedokteran yang diterima berjumlah 300 orang. Mereka berasal dari jalur SNMPTN, undangan, non-subsidi reguler dan internasional, program kemitraan, dan Jalur Penelusuran Potensi Belajar (JPPB). “Kuota jalur undangan 65 mahasiswa. Mereka adalah mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Dahlan kepada detikcom, Kamis (14/6/2012). Dahlan menjelaskan jalur SNMPTN undangan berjumlah 65 orang. Biaya antara mahasiswa yang diterima di jalur undangan dan tulis adalah sama yakni Rp 600 ribu per semester. Paling mahal, kata Dahlan, merupakan jalur non-subsidi. Mahasiswa yang diterima melalui jalur non subsidi reguler dan internasional diharuskan membayar Rp 100 juta dan Rp 125 juta. “Jalur ini kuotanya 70 orang,” jelasnya.

…dst

22 ) Fakultas Kedokteran Universitas Riau Banderol Tarif Rp 125 Juta
http://news.detik.com/read/2012/06/14/080340/1940944/10/fakultas-kedokteran-universitas-riau-banderol-tarif-rp-125-juta?nd992203605

Kamis, 14/06/2012 08:03 WIB
Pekanbaru Selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Kampus Universitas Riau (UR) membuka jalur mandiri. Khusus Fakultas Kedoteran, setiap calon mahasiswa diwajibkan membayar Rp 125 juta. “Bagi yang lewat jalur mandiri itu, kita berikan syarat untuk bersedia membayar dana bantuan tersebut. Artinya setelah dinyatakan lulus seleksi, nantinya calon mahasiswa langsung membayarkan uang Rp 125 juta tersebut,” kata Kabiro Administrasi Akademik Kemahasiswaan (KAAK), UR, Afrinaldi. Hal tersebut dia ungkapkan saat ditemui detikcom di ruang kerjanya di Kampus UR Panam, Pekanbaru, Rabu (13/6/2012). Afrialdi menjelaskan, bahwa dana Rp 125 juta untuk Fakultas Kedokteran itu merupakan bantuan dana pendidikan. Dana tersebut diberlakukan bagi calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN, sehingga pihak kampus membua peluang lewat jalur mandiri penelusruan bibit unggal daerah (PBUD) dan bina lingkungan.

…dst

23 ) Kenapa Biaya Sumbangan Fakultas Kedokteran di Kampus Negeri Mahal?
http://news.detik.com/read/2012/06/14/093423/1941023/10/kenapa-biaya-sumbangan-fakultas-kedokteran-di-kampus-negeri-mahal?nd992203605

Kamis, 14/06/2012 09:34 WIB
Jakarta Dari sejumlah fakultas di universitas negeri, fakultas kedokteran selalu menjadi yang termahal. Di beberapa universitas, dana sumbangan untuk jalur masuk mandiri bahkan mencapai ratusan juta. Kenapa? Pengamat pendidikan Arif Rahman menilai, biaya itu tinggi karena persoalan peralatan. Butuh alat yang mahal dan canggih supaya operasional fakultas tersebut bisa berjalan. “Harus cermat menghitungnya. Pendidikan kan memang butuh biaya, fakultas kedokteran dan teknik itu butuh peralatan yang mahal,” ujar Arif saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/6/2012). Pengajar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini menambahkan, dana yang dibebankan ke calon mahasiswa pasti sudah melalui penilaian objektif. Mulai dari peralatan hingga biaya gaji dosen dan kebutuhan lainnya.

…dst

24 ) Ratusan Calon Mahasiswa Unnes Jalur Undangan Tidak Hadir
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/13/23322544/Ratusan.Calon.Mahasiswa.Unnes.Jalur.Undangan.Tidak.Hadir

Rabu, 13 Juni 2012 | 23:32 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Ratusan calon mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) undangan, didiskualifikasi karena tidak hadir pada tahapan lapor diri. “Calon mahasiswa yang lolos SNMPTN diwajibkan datang saat lapor diri yang dilaksanakan pada 12-13 Juni 2012. Kalau mereka tidak datang maka dinyatakan gugur,” kata Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin di Semarang, Rabu (13/6/2012). Ia menjelaskan bahwa tahapan lapor diri dan verifikasi bagi calon mahasiswa yang lolos SNMPTN undangan dibagi dalam dua tahapan, yakni pada 12 Juni 2012 sebanyak 1.897 orang dan pada 13 Juni 2012 sebanyak 1.863 orang. Pada hari pertama lapor diri, kata dia, tercatat 153 orang yang diterima Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) namun tidak hadir 24 orang. Pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) diterima 739 orang dan sebanyak 107 orang tidak hadir.

…dst

25 ) 90 Maba Jalur Undangan UNS Gugur
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/13/417/646656/90-maba-jalur-undangan-uns-gugur

Rabu, 13 Juni 2012 17:01 wib
SOLO – Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo memastikan, 90 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Undangan gugur menjadi mahasiswa baru di kampus tersebut. Ke-90 siswa yang telah diterima UNS itu tidak melakukan registrasi pada hari yang telah ditentukan, yakni 12 dan 13 Juni 2012. “Mahasiswa program sarjana yang diterima UNS tahun akademi 2012/2013 melalui SNMPTN 2012 jalur undangan sebetulnya ada 1.029 orang. Tetapi sampai batas waktu penutupan registrasi, ternyata hanya 939 orang yang mendaftar ulang,” ungkap Rektor UNS Prof. Ravik Karsidi kepada wartawan di kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2012). Ravik berkata, meski ada kekosongan kursi dari jalur undangan, tidak ada penambahan jumlah mahasiswa yang diterima melalui jalur ini. “Tidak ada cadangan atau apa pun. Tetap dibiarkan kosong,” tegasnya.

…dst

26 ) UNS Tak Mau Paparkan Biaya Masuk Jalur Mandiri
http://news.detik.com/read/2012/06/14/090629/1940983/10/uns-tak-mau-paparkan-biaya-masuk-jalur-mandiri?nd992203605

Kamis, 14/06/2012 09:06 WIB
Solo Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tidak bersedia memberikan data harga seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) yang melalui jalur mandiri. Rektor mengatakan data harga telah tertera di web resmi UNS, namun setelah dicek data tersebut kosong. Sedangkan pihak humas universitas mangatakan biaya yang ditetapkan masih dalam pembahasan. Ketika ditanya seputar pelaksanaan pendaftaran untuk mahasiswa baru jalur swadana, Rektor UNS, Ravik Karsidi, memaparkan pihaknya membuka pendaftaran pada tanggal 7-11 2012 Juli mendatang. Hasilnya akan diumumkan pada 14 Juli dan dilanjutkan registrasi bagi yang diterima pada 16-18 Juli lalu pemeriksaan dokumen dan tes kesehatan pada 19-20 Juli 2012.

…dst

27 ) 2.500 Peserta tak Hadir di Hari Kedua SNMPTN
http://www.pikiran-rakyat.com/node/192211

Rabu, 13/06/2012 – 17:55
YOGYAKARTA, (PRLM).- Sebanyak 2.500 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Yogyakarta tidak mengikuti ujian tulis pada penjaringan hari kedua, Rabu (13/6/12). Tidak ada alasan yang jelas dari para peserta SNMPT yang disampaikan ke panitia mengapa mereka tidak mengikuti ujian lagi. Dalam pernyataannya Rabu (13/6), Ketua Panitia Lokal SNMPTN Yogyakarta Budi Prasetyo Widyobroto menyatakan jumlah peserta SNMPTN yang mengikuti seleksi ujian tulis di tiga universitas negeri di Yogyakarta sebanyak 36. 490 peserta. Peserta yang tidak hadir pada hari kedua di lokasi ujian di Universitas Gadjah Mada (UGM) sebanyak 1.149 orang, di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 947 orang, dan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga sebanyak 404 orang. “Jika dipersentasi, jumlah calon peserta yang tidak hadir mencapai 6,85 persen yang tidak hadir,” kata dia.

…dst

28 ) Peserta SNMPTN Palembang salah jadwal
http://www.antaranews.com/berita/315888/peserta-snmptn-palembang-salah-jadwal

Rabu, 13 Juni 2012 22:29 WIB
Palembang (ANTARA News) – Sejumlah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Sriwijaya, di Palembang, Rabu, tidak mengikuti ujian karena salah mengartikan jadwal untuk hari kedua, Ketua Panitia Lokal Zulkifli Dahlan. “Sekitar pukul 10.00 WIB, beberapa peserta melapor ke panitia karena salah jadwal dan meminta diulang karena mengira waktu ujian serentak dengan pilihan program IPS. Padahal jadwal jelas tertera untuk pilihan IPA dimulai pukul 08.00 WIB,” ujarnya. Panitia lokal tidak dapat memenuhi keinginan pelapor itu mengingat berkas ujian sudah disegel dan segera dikirimkan ke Unsri, Bukit Besar. “Beberapa peserta sampai menangis tapi tetap saja tidak bisa dibantu karena aturannya memang seperti begitu,” katanya. Kesalahan serupa juga terjadi pada lokasi SNMPTN di SMP Muhammadiyah I Palembang.

…dst

29 ) Unibraw Bergerilya Cari Calon Mahasiswa Difabel
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/14/10000086/Unibraw.Bergerilya.Cari.Calon.Mahasiswa.Difabel

Kamis, 14 Juni 2012 | 10:00 WIB
Kompas.com – Program Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, terus ‘bergerilya’ mencari calon mahasiswa difabel ke beberapa Sekolah Luar Biasa dan Yayasan Penyandang Anak Cacat di berbagai daerah. Ketua PSLD Universitas Brawijaya (UB) Fadillah Putra, mengatakan, dari kuota yang disediakan untuk calon mahasiswa difabel sebanyak 20-25 kursi tersebut, baru terisi 12 kursi. “Karena belum terpenuhinya kuota ini, kami secara kontinyu harus jemput bola ke sekolah-sekolah luar biasa (SLB) maupun Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) di berbagai daerah. Ternyata banyak SLB maupun yayasan yang tidak tahu adanya jalur khusus difabel di UB,” tegasnya, Kamis (14/6). Meski proses tes tulis melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah selesai, namun pendaftaran untuk mahasiswa difabel tersebut masih dibuka dan akan ditutup 21 Juni mendatang. Oleh karena itu, katanya, pihaknya terus bergerilya ke SLB-SLB maupun YPAC agar mereka tahu bahwa UB menerima mahasiswa penyandang difabel dan mereka juga segera mendaftarkan diri.

…dst

30 ) UGM Gagas Komunitas Mahasiswa Antikorupsi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/14/m5l6tu-ugm-gagas-komunitas-mahasiswa-antikorupsi

Kamis, 14 Juni 2012, 09:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menggagas program Mahasiswa dan Siswa Antikorupsi atau Mahasaksi. “Mahasaksi merupakan wujud keprihatinan kami terhadap masalah korupsi yang saat ini ditengarai telah masuk hingga ranah pendidikan,” kata Koordinator Humas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Ivan Nashara di Yogyakarta, Kamis. Menurut dia, korupsi di bidang pendidikan cukup berbahaya, karena menghambat perbaikan kualitas anak negeri, dan membiasakan perilaku negatif itu pada peserta didik.

…dst

31 ) 71 Pengajar Muda Dikirim ke Daerah Terpencil
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/14/06545813/71.Pengajar.Muda.Dikirim.ke.Daerah.Terpencil

Kamis, 14 Juni 2012 | 06:54 WIB
Jakarta, Kompas – Wakil Presiden Boediono untuk keempat kali melepas puluhan pengajar muda yang tergabung dalam program Indonesia Mengajar. Sebanyak 71 pengajar akan mengajar setahun di sepuluh kabupaten di daerah terpencil. Keberadaan pengajar muda memberi optimisme semangat kebangsaan. “Saya bangga. Di tengah orang skeptis karena nilai-nilai Pancasila dianggap luntur, saya lebih optimistis,” tutur Boediono didampingi Ny Herawati Boediono, Rabu (13/6), di Kantor Wakil Presiden. Ke-71 pengajar muda Indonesia Mengajar angkatan IV itu lulusan 30 perguruan tinggi. Lima perguruan tinggi di antaranya di luar negeri. Sebanyak 24 pengajar lulusan baru, sedangkan 48 orang sudah bekerja. Menurut Boediono, kehadiran pengajar muda di daerah terpencil bisa memberi optimisme. Keikutsertaan mereka dalam Indonesia Mengajar sekaligus akan memperkaya pengalaman. “Ini bentuk pengalaman yang tidak ada di sekolah,” ucapnya.

…dst

32 ) 500 kata berujung studi ke Belanda
http://www.antaranews.com/berita/315794/500-kata-berujung-studi-ke-belanda

Rabu, 13 Juni 2012 15:34 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Hanya dengan 500 rangkaian kata yang kemudian diikutsertakan pada program KompetiBlog 2012 bertema “Dutch Creativity”, Nurlela dan Ricky Mardiansyah, berhasil belajar singkat di Universitas Utrecht, Belanda, selama dua minggu. Kompetisi menulis blog ini diadakan oleh Kantor Bantuan Pendidikan Belanda (Nuffic Neso), sejak 16 April lalu. Nurlela dan Ricky Mardiansyah mengalahkan 755 bloger lain yang mengikuti KompetiBlog 2012 bertema “Dutch Creativity” tersebut. “Rasanya seperti mimpi, nggak menyangka banget bisa juara satu dan pergi ke Belanda,” ujar Nurlela, mahasiswi S2 Fakultas MIPA, Universitas Indonesia, usai penyerahan hadiah KompetiBlog di kantor Nuffic Neso, Jakarta, Rabu. Sementara Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker mengatakan, ide kreatif sengaja dipilih untuk mempromosikan program pendidikan tinggi Belanda dan mengajak masyarakat Indonesia untuk menuangkan kreatifitasnya dalam bentuk tulisan.

…dst

33 ) Studi Gratis ke Belanda karena Einstein
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/13/16433374/Studi.Gratis.ke.Belanda.karena.Einstein

Rabu, 13 Juni 2012 | 16:43 WIB
Kompas.com – Rumus E = mc2 dari Albert Einstein berhasil membawa Ricky Mardiansyah, alumni Sastra Perancis Universitas Padjajaran, memenangkan kompetisi blog yang diselenggarakan Netherlands Education Officer (NESO). Ricky juara kedua Kompetiblog 2012 dengan hadiah studi musim panas di Belanda selama dua minggu. Tulisan yang membawanya ke Belanda tersebut berjudul E-mc2 Rahasia Kesuksesan Belanda. Kompetisi ini sudah dua kali ia ikuti. “Ini percobaan kedua saya, tahun lalu saya sudah mencoba dan menang juara tiga. Alhamdulillah sekarang juara dua dan baru bisa ke Belanda,” ungkap Ricky seusai acara pemberian hadiah di kantor Neso, di Jakarta (13/6/12).

…dst

34 ) Keselarasan Renstra Perguruan Tinggi dan Ditjen Dikti Terus Diupayakan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/394

06/13/2012
Bekasi — Keselarasan rencana stategis (renstra) antara perguruan tinggi negeri (PTN) dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus diupayakan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Sub Direktorat Program dan Evaluasi, Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti, Selamet Soleh di Bekasi beberapa hari yang lalu. “Dengan adanya keselerasan renstra ini kita akan melangkah bersama menuju masa depan yang lebih baik.” ujarnya. Salah satu upayanya adalah diselenggarakannya Workshop Pemberdayaan Kelembagaan dan Peningkatan Tata Kelola Perguruaan Tinggi di Bekasi Jawa Barat minggu yang lalu.
Acara workshop tersebut mengundang perguruan tinggi swasta di bawah koordinasi Kopertis wilayah II, III dan IV yang berjumlah 46 perguruan tinggi terpilih. Selain itu juga acara ini pun menghadirkan 8 perguruan tinggi yang baru saja dinegerikan seperti Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Nusa Utara, Universitas Bangka Belitung, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Musamus Merauke dan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

…dst

35 ) Pelatihan Bahasa Indonesia dan Pengenalan Budaya Indonesia di China
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/395

06/13/2012
Shanghai — Atase Pendidikan KBRI Beijing bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan China menyelenggarakan acara pelatihan Bahasa Indonesia. Acara tersebut digelar di Pusat Pelatihan Guru Bantu Hanban di East China Normal University (ECNU) Shanghai pada tanggal 11-14 Juni 2012. Peserta diklat yang berjumlah sebanyak 70 orang rata-rata berumur antara 24-26 tahun dan berasal dari provinsi seperti Jiangsu, Heilongjia, Gansu, Zhejiang, dan Liaoning. Selain pelatihan Bahasa Indonesia juga digelar diskusi tentang budaya Indonesia. Dalam diskusi muncul pertanyaan seperti: Apakah di Indonesia Internet aksesnya mudah? Apakah makanan di Indonesia higienis? Apakah di Indonesia ada AC? Pakaian jenis bagaimanakah yang harus saya pakai? Apakah yang boleh dan apa yang tidak boleh? Bagaimana transfer uang ke Indonesia dan sebaliknya?

…dst

36 ) Wapres Beri Penghargaan Bagi Peraih Nilai UN Tertinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/13/1523145/Wapres.Beri.Penghargaan.Bagi.Peraih.Nilai.UN.Tertinggi

Rabu, 13 Juni 2012 | 15:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden RI, Boediono, menyerahkan penghargaan kepada sejumlah siswa peraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi dan Gubernur yang tercepat menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2012 pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Jakarta, Rabu (13/6/2012). Para penerima penghargaan terdiri dari siswa SMA dan SMK. Di jenjang SMA, penghargaan atas prestasi UN diberikan kepada Triawati Octavia dengan nilai 58,6 (SMAN 2 Kuningan Jawa Barat), Novi Wulandari dengan nilai 58,5 (SMAN 2 Lamongan Jawa Timur), Kadek Dewi Ari Fransiska dengan nilai 58,5 (SMAN 4 Denpasar Bali), Florencia Irena dengan nilai 58,45 (SMA Santa Ursula DKI Jakarta), dan Anggi Arsandi Apriliyanto dengan nilai 58,45 (SMAN 2 Lamongan Jawa Timur).

…dst

37 ) Korupedia, Eksiklopedia Koruptor Indonesia
http://teknologi.inilah.com/read/detail/1871627/korupedia-eksiklopedia-koruptor-indonesia

Rabu, 13 Juni 2012 | 18:45 WIB
Portal http://www.korupedia.org ini resmi diluncurkan di Jakarta. Penggagas portal ini adalah para penggiat antikorupsi dari Transparency International dan Indonesia Corruption Watch (ICW) bersama sejumlah redaktur media nasional dan aktivis media sosial. Sumber data dari portal ini berasal dari putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Sehingga dapat diketahui profil koruptor dan uraian perbuatan yang dilakukan sesuai dengan apa yang dituduhkan kepadanya.

…dst

38 ) KPK siap dukung korupedia.org
http://www.antaranews.com/berita/315659/kpk-siap-dukung-korupediaorg

Selasa, 12 Juni 2012 22:09 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Komisi Pemberantasan Korupsi siap mendukung pengurus portal ensiklopedia koruptor Indonesia, korupedia.org, dalam bentuk pertukaran informasi, demikian disampaikan Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas. “Situs ini sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat sekaligus upaya mencegah kekuatan-kekuatan tertentu untuk mengajak masyarakat melupakan dokumen para koruptor baik dahulu atau sekarang,” kata Busyro dalam peluncuran korupedia.org di Jakarta, Selasa malam.

…dst

39 ) Tiga Bulan Gaji PNS Terancam tak Dibayar
http://www.jpnn.com/read/2012/06/14/130608/Tiga-Bulan-Gaji-PNS-Terancam-tak-Dibayar-

Kamis, 14 Juni 2012 , 09:42:00
TAPAKTUAN – Keadaan keuangan kabupaten Aceh Selatan, benar-benar carut marut. Pasalnya, APBK Tahun 2011 mengalami devisit sebesar Rp hingga 36,5 miliar. Akibatnya, tiga bulan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) terancam tidak terbayar. Demikian penuturan Koordinator SOMASI,Saipul Bismi kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Rabu (13/6). Fenomena tahun 2012 keadaan keuangan semangkin genting, ungkapnya, selain gaji PNS terancam tak terbayar mencapai tiga bulan, sejumlah proyek di Bintang terganggu. Bahkan TC PNS juga akan dihapus selama enam bulan, termasuk belanja pegawai dirasionalkan. “Ini merupakan presiden terburuk disepanjang sejarah pemerintahan Aceh Selatan, perjalanan tahun 2012 baru enam bulan tetapi dililit devisit mencapai Rp 60 miliar,” ujar Saipul Bismi. Diakui koordinator Sodalitas Masyarakat Anti Korupsi (SOMASI) wilayah Aceh Selatan itu, bocoran yang diterima, salah satu penyebab anggaran tahun 2012 terjadi devisit yaitu kesalahan dalam perhitungan anggaran, diantaranya kalkulasi gaji pokok pegawai tidak mencukupi jumlah PNS yang ada.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.