1 ) Karya Ilmiah Harus Dipublikasikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/08521991/Karya.Ilmiah.Harus.Dipublikasikan

Jumat, 8 Juni 2012 | 08:52 WIB
Jakarta, Kompas – Untuk mengantisipasi plagiarisme, perguruan tinggi harus mengutamakan transparansi bidang akademik. Caranya, memublikasikan karya ilmiah mahasiswa dan dosen secara online. “Salah satunya melalui situs jurnal Garba Rujukan Digital Nusantara atau Garuda yang telah dibuat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak dua tahun lalu,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Kamis (7/6), di Jakarta. “Kuncinya, transparansi akademik. Selama hanya dipakai untuk kalangan internal, peluang plagiarisme terbuka lebar,” ujarnya. Ia menanggapi maraknya kembali plagiarisme yang terjadi di perguruan tinggi. Saat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud sedang menyelidiki dugaan kasus plagiarisme yang terjadi di perguruan tinggi negeri, termasuk di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Di perguruan tinggi itu terdapat dua kasus dugaan plagiarisme. Pertama, skripsi karya Sarika, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, yang dijiplak dan diklaim menjadi hasil penelitian salah seorang dosennya. Kasus kedua, skripsi mahasiswa bernama Muhammad Sidik yang diduga dijiplak kemudian diklaim sebagai karya dosen dan dikirim ke jurnal ilmiah.

…dst

2 ) Mendikbud: Transparansi Keilmuan Cegah Plagiasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/21021429/Mendikbud.Transparansi.Keilmuan.Cegah.Plagiasi

Kamis, 7 Juni 2012 | 21:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menilai transparansi dapat menekan peluang seseorang untuk berbuat kecurangan. Hal itu ia sampaikan menyusul ditemukannya kasus plagiat yang dilakukan seorang dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Dikatakan Nuh, plagiasi di dunia pendidikan terjadi lantaran ada kesempatan. Dalam hal ini adalah tidak adanya upaya untuk mempublikasikan karya ilmiah secara lebih luas. “Plagiat terjadi karena ada ruang gelap yang membuka kesempatan untuk melakukan kecurangan, atau penyimpangan,” kata Nuh, Kamis (7/6/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

…dst

3 ) Mendikbud Sangkal RUU PT Ancam Kebebasan Akademik
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/08/324850/293/14/Mendikbud-Sangkal-RUU-PT-Ancam-Kebebasan-Akademik-

Jumat, 08 Juni 2012 04:33 WIB
JAKARTA–MICOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh membantah jika RUU Perguruan Tinggi (PT) yang saat ini dibahas, dikhawatirkan bakal mengancam kebebasan akademik. Mendikbud di Jakarta, Kamis (7/6), menyatakan RUU PT yang tengah dibahas oleh DPR RI dan pemerintah justru dasarnya adalah kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan. “Bagian mana yang dikatakan mengancam kebebasan akademik? Kami tidak membatasi itu. Justru dalam RUU PT ini mendorong kewenangan kepada PT untuk mengembangkan akademik keilmuan (kebebasan akademik), bebas memberikan pendapatnya bagi seseorang yang sudah punya otoritas keilmuan (mimbar akademik),” pungkas Nuh saat ditemui Media Indonesia di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

…dst

4 ) Korupsi Proyek Universitas
Mendikbud Tak Akan Halangi Proses Hukum
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/12093394/Mendikbud.Tak.Akan.Halangi.Proses.Hukum

Jumat, 8 Juni 2012 | 12:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mempersilakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan proses hukum terkait dugaaan korupsi proyek universitas yang melibatkan rektor dan mantan rektor dari 16 universitas. “Silakan ditangkap dan diproses secara hukum jika memang karyawan di lingkungan Kemdikbud ataupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbukti melakukan korupsi,” kata Nuh, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/6/2012). Mantan Menkominfo ini menegaskan, dirinya tak akan menutup-nutupi atau mencegah KPK untuk memeriksa dugaan korupsi tersebut. “Sejak kapan saya pernah melarang KPK memeriksa? Silakan saja, kalau memang menemukan kejanggalan, silakan dijelaskan karena semua bisa dihitung,” ucapnya.

…dst

5 ) Korupsi Proyek Universitas
KPK Periksa Rektor Satu Per Satu
http://cetak.kompas.com/read/2012/06/08/03194727/kpk.periksa.rektor.satu.per.satu

08 Juni 2012
Jakarta, Kompas – Komisi Pemberantasan Korupsi mulai mengusut keterlibatan pihak lain dalam dugaan korupsi pembahasan anggaran pengadaan sarana dan prasarana di 16 universitas negeri senilai Rp 600 miliar. Rektor dan mantan rektor dari 16 universitas itu satu per satu diperiksa KPK. KPK memeriksa mantan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Rahman Abdullah, Kamis (7/6). Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha memastikan kehadiran Rahman. Sebelumnya, Selasa lalu KPK memanggil Rektor IPB Herry Suhardiyanto. Namun, Herry tak dapat memenuhi panggilan KPK karena berada di luar negeri. KPK menjadwalkan ulang pemanggilan Herry pada Kamis pekan depan. Para rektor diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Angelina Sondakh. KPK baru menetapkan Angelina sebagai tersangka kasus suap dalam pembahasan anggaran pengadaan sarana dan prasarana di 16 universitas negeri. Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi, KPK tengah menelisik keterlibatan pihak lain. “Untuk kasus ini, kami fokus pada soal pembahasan anggarannya. KPK tengah menelisik pihak lain di luar AS (Angelina Sondakh), apakah yang lain ikut menerima suap juga atau tidak,” kata Johan.

…dst

6 ) Ada Pihak yang Coba ‘Bermain’ Dalam Proyek di Universitas Tadulako
http://news.detik.com/read/2012/06/06/181125/1934654/10/ada-pihak-yang-coba-bermain-dalam-proyek-di-universitas-tadulako?9922022

Rabu, 06/06/2012 18:11 WIB
Jakarta Setelah dipimpin oleh Basyir Cyio, seluruh proyek yang ada di Universitas Tadulako, Sulawesi Selatan, harus melalui Dirjen Dikti. Namun tetap saja ada pihak-pihak yang ingin ‘bermain’ dalam proyek tersebut. Basyir menjabat sebagai rektor Universitas Tadulako, sejak Maret 2011 lalu. Setelah menjabat, Basyir meneken pakta integritas di depan Dirjen Dikti, untuk tidak mau terseret kasus korupsi. “Tahun ini mulai masa jabatan saya usulan kita dari Untad langsung ke Dirjen Dikti,” kata Basyir saat dihubungi, Rabu (6/6/2012). Meski begitu, tetap saja ada sejumlah pihak yang ingin ‘bermain’ dalam proyek-proyek yang ada di kampus itu. Namun Basyir mengaku menolak mentah-mentah segala rayuan yang ada.

…dst

7 ) UGM-Kemenristek Kembangkan Teknologi Roket Uji Muatan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/19203340/UGM-Kemenristek.Kembangkan.Teknologi.Roket.Uji.Muatan

Kamis, 7 Juni 2012 | 19:20 WIB
YOGYAKARTA,KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI membentuk Komunitas Roket Uji Muatan (RUM) dalam rangka mendukung kesiapan sumber daya manusia dalam pengembangan teknologi industri roket di tanah air. Komunitas RUM akan memanfaatkan kawasan pantai pandansimo Bantul sebagai area pelatihan peluncuran uji roket muatan. Staf ahli pertahanan dan keamanan Kemenristek RI, Ir. Hari Purwanto, M.Sc., DIC mengungkapkan pakar roket di Indonesia jumlahnya masih sangat terbatas. Dengan adanya komunitas ini diharapkan akan banyak generasi muda yang tertarik untuk mendalami teknologi roket. Selama ini pemerintah masih sangat bergantung pada roket impor untuk memenui kebutuhan roket dalam negeri, baik untuk pertahanan maupun untuk kebutuhan yng lain.

…dst

8 ) Unnes Jamin Peraih Nilai UN Tertinggi Terima Beasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/07/m58os6-unnes-jamin-peraih-nilai-un-tertinggi-terima-beasiswa

Kamis, 07 Juni 2012, 15:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Negeri Semarang menjamin Mutiarani (17) peringkat pertama Ujian Nasional (UN) se-Indonesia jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) tetap mendapatkan beasiswa Bidik Misi. “Mutiarani memang berasal dari keluarga tidak mampu dan meraih peringkat pertama UN SMK secara nasional. Layak mendapat Bidik Misi,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hubungan Masyarakat Unnes Sucipto HP di Semarang, Kamis. Ia menjelaskan, lulusan SMK Negeri 2 Semarang yang menempati peringkat pertama UN SMK secara nasional dengan nilai 29,6 itu memang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Menurut dia, SNMPTN undangan mendasarkan penilaian kepada nilai rapor, bukan nilai UN, sementara nilai rapor yang diperoleh Mutiarani selama bersekolah setelah diverifikasi ternyata tidak lolos seleksi. “Tidak lolosnya pada SNMPTN undangan, bukan pada Bidik Misi. Kami membagi kuota Bidik Misi dengan total untuk 1.500 penerima melalui tiga jalur, yakni SNMPTN undangan, SNMPTN tulis, dan jalur mandiri,” katanya. Oleh karena itu, kata dia, sebenarnya masih ada kesempatan Mutiarani mendapat Bidik Misi melalui SNMPTN tulis dan jalur mandiri, namun sayangnya yang bersangkutan tidak mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN tulis.

…dst

9 ) 63 Pendaftar Tidak Lolos Survei Bidikmisi Unnes
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/08/188913/63-Pendaftar-Tidak-Lolos-Survei-Bidikmisi-Unnes

08 Juni 2012
SEMARANG- Sebanyak 63 pendaftar Bidikmisi Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tidak lolos dalam survei atau verifikasi. Dalam proses survei, calon mahasiswa tidak mampu membuktikan status miskinnya. Dalam daftar pengumuman SNMPTN jalur undangan, Bidikmisi dialokasikan 64% atau 994 beasiswa dari 1.450 kuota yang diterima Unnes. Akan tetapi, pada proses survei lapangan atau verifikasi yang dilakukan tim Unnes di Jawa dan luar Jawa, ditemukan pemalsuan data oleh pendaftar yang sebenarnya mampu, tapi mengaku miskin, sehingga yang dinyatakan lolos Bidikmisi pada jalur undangan 931 pendaftar. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Agus Wahyudin mengatakan, setelah pengumuman SNMPTN jalur undangan pihak Unnes langsung menerjunkan tim survei atau verifikator 150 personel untuk membuktikan kebenaran data calon mahasiswa penerima Bidikmisi dari jalur tersebut. Ternyata dari jatah 994 mahasiswa Bidikmisi dari jalur undangan, 63 peserta terbukti tidak miskin.

…dst

10 ) Kiat Lulus SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/07/14234043/Kiat.Lulus.SNMPTN

Kamis, 7 Juni 2012 | 14:23 WIB
Kompas.com – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) boleh dibilang masih menjadi pilihan utama para siswa untuk melanjutkan studi karena alasan kualitas yang unggul dan biayanya murah. Alasan gengsi juga terkadang memengaruhi mengapa banyak siswa berlomba-lomba memilih PTN. Ada beberapa jalur pendaftaran PTN, mulai dari penelurusan minat dan kemampuan (PMDK) hingga jalur prestasi. Jalur lain yang banyak dinantikan mereka yang tidak lolos jalur-jalur tersebut adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Tahun ini SNMPTN rencananya akan dilaksanakan pada 12-13 Juni 2012. Kendati risikonya tak seberat menghadapi ujian nasional, tetap diperlukan keseriusan dalam mempersiapkan diri.

…dst

11 ) Anda Mau Ikut SNMPTN? Ingat, Jangan Sampai Lupa yang Satu Ini
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/07/m5909b-anda-mau-ikut-snmptn-ingat-jangan-sampai-lupa-yang-satu-ini

Kamis, 07 Juni 2012, 20:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Menjelang pelaksanaan ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 12 dan 13 Juni 2012 nanti, Panitia Lokal Bandung kembali mengingatkan pentingnya pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN. “Karena Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN merupakan syarat mutlak ketika berlangsungnya ujian tulis dan keterampilan SNMPTN. Kartu itu juga sebagai bukti bahwa calon peserta telah melakukan prosedur pendaftaran SNMPTN yang sah,” ujar Weny Widyowati, humas Panitia Lokal Bandung untuk SNPMTN 2012. Weny mengimbau kepada peserta yang telah memilih Kota Bandung sebagai lokasi ujian dan telah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran secara online, namun mengalami kendala dalam pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN, mereka bisa segera datang ke Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung di Kampus ITB Jl Ganesha No. 10 Bandung, Gedung Rotunda atau hubungi Call Centre SNMPTN 2012: 0804-1-450-450.

…dst

12 ) Kartu Tanda Bukti Pembayaran Wajib Dibawa
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191525

Kamis, 07/06/2012 – 14:39
BANDUNG, (PRLM).- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengimbau kepada calon peserta yang mengalami kesulitan untuk mencetak kartu tanda bukti pendaftaran agar segera mendatangi Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung. Sebab kartu tanda bukti pembayaran merupakan syarat wajib yang harus dibawa peserta saat ujian tulis berlangsung 12-13 Juni mendatang. “Jadi, kepada peserta yang telah memilih Kota Bandung sebagai lokasi ujian dan telah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran secara online, namun mengalami kendala dalam pencetakan kartu tanda bukti pendaftaran, calon peserta harus secepatnya datang langsung ke Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung untuk menyelesaikan proses pendaftaran hingga kartu selesai dicetak,” kata Humas SNMPTN Panlok Bandung Weny Widyiowati, Kamis (7/6). Seperti yang telah diberitakan, jumlah calon peserta SNMPTN jalur tertulis yang tercatat di Panlok Bandung mencapai 40.253 peserta. Terdiri dari 14.592 peserta kelompok IPA, 15.042 peserta kelompok IPS, dan 10.619 peserta kelompok IPC.

…dst

13 ) Denah Lokasi SNMPTN Dilengkapi GPS
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/08/188912/Denah-Lokasi-SNMPTN-Dilengkapi-GPS

08 Juni 2012
SEMARANG – Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis tidak perlu risau mencari lokasi ujian yang akan digelar 12-13 Juni. Pasalnya, Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN telah menambahkan fasilitas Global Positioning System (GPS) pada info lokasi ujian yang bisa diakses melalui laman www.um.undip.ac.id. Panlok SNMPTN 2012 Semarang Sudjadi mengatakan, pengalaman tahun lalu tidak sedikit siswa yang salah lokasi. Mereka mengira lokasi ujian di kampus Undip Pleburan, ternyata yang benar di kampus Tembalang. “Ada juga peserta yang saat ujian langsung menuju kampus Teknik Mesin, padahal lokasinya di Teknik Arsitektur. Padahal, dua kampus itu jauh jaraknya,” kata Sudjadi yang menangani IT, kemarin. Karena itu, dia berharap peserta ujian tertulis SNMPTN membuka website sebelum ke lokasi. Namun, mereka juga harus mengecek langsung lokasi untuk memastikan agar bisa datang tepat waktu dan tidak terjebak macet.

…dst

14 ) Lebihi Kuota, Panlok Siapkan Kursi Tambahan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501583/

Friday, 08 June 2012
BANDUNG – Sebanyak 40.129 calon mahasiswa mendaftar ke Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Kota Bandung. Pendaftaran SNMPTN ditutup sejak 2 Juni lalu. Rinciannya sebanyak 14.547 calon peserta untuk kelompok ujian IPA, 14.994 kelompok IPS,dan 10.588 calon peserta kelompok IPC. Sebelumnya panitia mengumumkan kuota Kota Bandung mencapai 38.500 peserta SNMPTN. Humas Panlok SNMPTN 2012 Bandung Weny Widyowati menjamin kelebihan kuota tersebut dapat diatasi dengan baik. “Kami harus menambah kursi dan ruangan tambahan, tapi pasti kami usahakan semua pendaftar di Bandung tertampung,” ujarnya,kemarin. Dia menjelaskan,untuk ujian SNMPTN sudah disiapkan sejumlah gedung sekolah dan perguruan tinggi di Kota Bandung antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).Penyelenggaraan SNMPTN 2012 jalur ujian tertulis digelar serentak di seluruh Indonesia pada 12-13 Juni.

…dst

15 ) Biaya Sumbangan Masuk Undip Turun
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/08/188914/Biaya-Sumbangan-Masuk-Undip-Turun

08 Juni 2012
SEMARANG- Universitas Diponegoro (Undip) mulai tahun ini menurunkan biaya Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan (SPMP) bagi mahasiswa baru. Penurunan berkisar Rp 1 juta – Rp 5 juta. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, penurunan SPMP didasari adanya Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN). Bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini sebesar 10% dari unit cost atau biaya pendidikan tinggi di Undip. “Pemanfaatan BOPTN sebenarnya fleksibel, tapi kami berkomitmen digunakan untuk mengurangi beban orang tua mahasiswa,” ujarnya, semalam. Ke depan, dia berharap BOPTN bisa bertambah, sehingga beban biaya kuliah yang dibayar mahasiswa bisa semakin berkurang. Dengan demikian, dari unit cost tersebut diharapkan biaya kuliah yang dikeluarkan mahasiswa cukup 30% saja.

…dst

16 ) FE Unissula Pertahankan Akreditasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/08/188915/FE-Unissula-Pertahankan-Akreditasi

Juni 2012
SEMARANG- Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) kembali mempertahankan akreditasi, baik Ekonomi Manajeman maupun Ekonomi Akuntansi meraih akreditasi A. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 035/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XI/2011 untuk program studi Akuntansi dan nomor 001/BAN-PT/Ak-XV/S1/IV/2012 untuk program Ekonomi Manajemen, tentang status, nilai, peringkat, dan masa berlaku hasil akreditasi program sarjana di perguruan tinggi memutuskan bahwa Fakultas Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Unissula meraih akreditasi A. BAN-PT telah menetapkan status, peringkat, dan nilai program studi untuk program pendidikan sarjana sebagai hasil penilain BAN-PT. Keputusan ini berlaku selama lima tahun.

…dst

17 ) Festival Budaya Indonesia di Nanchang University Jiangxi China
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/381

06/08/2012
Sepuluh gadis cantik mahasiswi School of Art and Design berbaris rapi di panggung Auditorium Xingzhenglou Nanchang University (NCU) dengan seragam warna biru tampak anggun dan mempesona. Pembawa acara kemudian meminta hadirin untuk berdiri karena lagu kebangsaan Indonesia Raya akan dikumandangkan oleh 10 gadis cantik itu. Sejenak hadirin terpaku menyimak suara merdu paduan suara yang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut. Meriding seluruh tubuh mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan dengan penuh penghayatan. Siapa sangka bahwa 10 gadis cantik itu bukan orang Indonesia bila mendengar begitu sempurnanya suara merdu mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dengan syahdu, memang sejatinya mereka orang China yang sedang belajar di School of Art and Design Nanchang University (NCU).

…dst

18 ) Mahasiswa Indonesia Jadi Duta Budaya di Vietnam
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/07/079409061/Mahasiswa-Indonesia-Jadi-Duta-Budaya-di-Vietnam

Kamis, 07 Juni 2012 | 16:36 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Ganendra Awang Kristandya, mahasiswa kedokteran hewan Universitas Brawijaya Malang, menjadi duta budaya selama sepekan di Vietnam. Dia mengikuti Bilateral Student Leader”s Adventure Camp (BiSAC) mulai 21-27 Mei. “Saya sempat menjadi dosen bahasa Indonesia di sana,” katanya, Kamis, 7 Juni 2012. Kebetulan University of Social Sciences and Humanities (USSH) memiliki jurusan bahasa Indonesia. Perguruan tinggi yang terletak di Kota Ho Chi Minh, Vietnam Selatan, ini menjadi tempat dilangsungkannya pertukaran budaya antarnegara di ASEAN. Kegiatan ini diselenggarakan ASEAn Youth Friendship Network, sebuah organisasi persahabatan negara ASEAN. Organisasi bermoto Forming an International Through Cultures ini sering melakukan kegiatan serupa.

…dst

19 ) Pameran Binatang Edukasi Mahasiswa ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643693/pameran-binatang-edukasi-mahasiswa-its

Jum’at, 08 Juni 2012 13:03 wib
JAKARTA – Saat ini ragam permainan untuk anak-anak semakin canggih seiring perkembangan teknologi. Namun, hal ini tidak menghalangi mahasiswa Jurusan Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, memberi suguhan mainan anak berbahan dasar kayu. Pada pameran produk bertajuk Play 2 Ride The New Experience, mereka menampilkan aneka permainan anak-anak berbentuk binatang berbahan dasar kayu. Acara yang digelar selama tiga hari sejak Rabu, 6 Juni ini, menunjukkan, ide kreatif dari mahasiswa Despro seolah tidak pernah habis. Ketua Pelaksana pameran Retno Palupi menyebut, pameran kali ini tidak sama dengan pameran yang sering mereka lakukan. Meski sudah menggelar puluhan pameran, selalu saja ada hal yang mampu menarik pengunjung. “Pameran ini berbeda,” ungkap Retno, seperti dikutip dari ITS Online, Jumat (8/6/2012).

…dst

20 ) Peneliti Perempuan Didorong Lahirkan Karya-karya Sains
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/382

06/08/2012
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), L’Oréal, dan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) melalui program Fellowship for Women in Science (FWIS) mendukung perempuan peneliti muda untuk melahirkan karya-karya sains terbaiknya demi kemajuan Indonesia. Kontribusi program ini dalam meningkatkan peranan perempuan peneliti Indonesia mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pemerintah. Melalui dukungan tiga kementerian yaitu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Kementerian Riset dan Teknologi, program ini setiap tahunnya melahirkan sosok-sosok perempuan peneliti muda unggulan yang mendedikasikan karir dan pengetahuannya untuk menciptakan berbagai inovasi sains sebagai kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara. Bersama KNIU, tahun ini program L’Oréal Indonesia Fellowship For Women In Science (FWIS) kembali digelar untuk kesembilan kalinya.

…dst

21 ) 2 Pimpinan PTS Tandatangani Kontrak Program Hibah Pembinaan PTS
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/380

06/08/2012
Yogyakarta — Dua Perguruan tinggi swasta (PTS) menandatangani kontrak Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) Tahun anggaran 2012, di Yogyakarta, Selasa (5/6). Kedua PTS tersebut adalah Universitas Tridinanti Palembang dan AMIK Polibisnis Medan. Total PTS yang memperoleh bantuan PHP-PTS Tahun anggaran 2012 berjumlah 101. “Dari 878 proposal yang masuk, dievaluasi dan diumumkan 101 perguruan tinggi pemenang.” kata Maryanthi, Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Kelembagaan, Direktorat Kelembagaan dan Kerja sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Tidak semua proposal yang masuk, akan disetujui. Faktor kegagalan untuk mendapatkan bantuan ini, salah satunya adalah plagiasi. Pemberian bantuan PHP PTS ini menurut Maryanthi, dapat dibatalkan apabila dikemudian hari ternyata PTS belum berbadan hukum, ada konflik dalam PTS tersebut ataupun terbukti adanya data yang menunjukkan ketidaktaatazasan di PTS Pemenang.

…dst

22 ) Herbatic, Paduan Es Krim dan Jamu Karya Mahasiswa UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/09572358/Herbatic.Paduan.Es.Krim.dan.Jamu.Karya.Mahasiswa.UGM

Jumat, 8 Juni 2012 | 09:57 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Jamu memang identik dengan obat dan rasa pahit. Namun di tangan sekelompok mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada, aneka herbal untuk membuat jamu dimodifikasi dengan es krim. Herbatic atau Herbal Nabati Ice Cream tersebut adalah hasil kreativitas Elok Pawening Maharani, Sari Yuslia, Arif Sugianto, Anisa Dian Safitri, dan Aryo Dwi Nugroho. Elok mengungkapkan, pemilihan bahan nabati dan herbal sebagai bahan baku es krim ini berawal dari keprihatinan mereka pada rendahnya minat masyarakat mengonsumsi jamu. “Jamu itu minuman menyehatkan, tetapi tidak praktis dan kurang diminati masyarakat. Untuk itulah kami mencoba berinovasi mengemas jamu dalam bentuk yang lebih menarik yaitu es krim, produk yang bisa dibilang disukai oleh semua kalangan,” papar Elok , Jumat (8/6).

…dst

23 ) 1.000 Anggrek Endemik Sulawesi dari Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643662/1-000-anggrek-endemik-sulawesi-dari-unhas

Jum’at, 08 Juni 2012 11:27 wib
MAKASSAR – Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) mengembangkan 1.000 jenis anggrek endemik di Pulau Sulawesi. Mereka akan menanam varian Anggrek tersebut secara massal di hutan pendidikan Bengo-Bengo, Kabupaten Maros, pada 8-10 Juni 2012.Anggrek-anggrek tersebut diperoleh dari hasil perburuan di berbagai daerah di Sulawesi serta hasil kultur jaringan yang dikembangkan di Screen House Anggrek milik Fakultas Pertanian Unhas. Jenis anggrek yang akan ditanam tersebut antara lain phalaenopsis var.celebes (Anggrek Bulan Sulawesi), phalaenopsis amboinensis, grammatophyllum speciosom (Anggrek Tebu), grammatophylum scriptum (Anggrek Macan), Anggrek Hitam Sulawesi, Anggrek Bambu, dan beberapa jenis anggrek hibrida.

…dat

24 ) Kalender Ramalan Curah Hujan dari ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/372/643094/kalender-ramalan-curah-hujan-dari-its

Jum’at, 08 Juni 2012 09:02 wib
JAKARTA – Pemanasan global menyebabkan perubahan cuaca dan iklim yang tidak menentu. Kondisi cuaca, termasuk curah hujan yang tidak menentu kerap menjadi masalah di bidang pertanian hingga berakibat pada kegagalan panen para petani di Mojokerto. Untuk mengatasinya, tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merancang kalender yang bisa meramalkan curah hujan lebih akurat. Gagasan yang dipaparkan dalam ajang National Youth Scientist Conference ini mendapat penghargaan The Best Presentator di Institut Pertanian Bogor (IPB). Cuaca ekstrim menyebabkan petani susah menentukan waktu tepat untuk bercocok tanam. Sementara itu belum ada ramalan cuaca yang dapat memberikan prediksi jangka panjang dengan akurasi tinggi. Maka, tiga mahasiswa ITS Jurusan Statistika, Ari Miftahul Huda, Osaliana Budiarto, dan Achmad Choiruddin mengemukakan gagasan kalender ramalan curah hujan.

…dst

25 ) PTS di Sumut siap jalankan “e-learning”
http://www.antaranews.com/berita/314648/pts-di-sumut-siap-jalankan-e-learning

Kamis, 7 Juni 2012 12:24 WIB
Medan (ANTARA News) – Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara siap melaksanakan e-learning atau pendidikan jarak jauh yang merupakan sebagian upaya untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi. “Namun syarat utama sebuah PTS untuk menjalan pogram e-learning ini adalah program studi harus memiliki akreditasi minimal B,” kata Ketua Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh M Nawawiy Lubis di Medan Kamis. Ia mengatakan tujuan e-learning tersebut antara lain untuk meningkatkan daya serap dari mahasiswa atas materi yang diajarkan, meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa, meningkatkan kemampuan para mahasiswa. Konsep program e-learning tersebut untuk menyediakan kemudahan bagi siapa saja yang berminat belajar, yang mempunyai keterbatasan waktu, keterbatasan jarak, cacat fisik, para pekerja di perusahaan yang ingin meningkatkan pengetahuannya tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.

…dst

26 ) Majelis Wali Amanat IPB gelar pertemuan
http://www.antaranews.com/berita/314772/majelis-wali-amanat-ipb-gelar-pertemuan

Kamis, 7 Juni 2012 21:18 WIB
Bogor (ANTARA) – Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor menggelar sidang pleno khusus guna membahas program kerja satu tahun ke depan salah satunya pemilihan rektor. “Ini merupakan rapat lanjutan dari rapat khusus I pada saat pemilihan ketua. Dalam rapat ini kita membahas dan menetapkan progam MWA satu tahun ke depan,” kata Ketua Majelis Wali Amanat IPB, Prof Dr Ir. Muhamad Achmad Chozin, MAgr, di Bogor, Kamis. Chozin mengatakan, rapat tersebut akan dihadiri seluruh anggota MWA IPB yang berjumlah 21 orang yang terdiri atas unsur-unsur perwakilan senat akademik, masyarakat, alumni, staf institut, mahasiswa, serta rektor IPB dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Chozin, pokok pembahasan sidang nantinya akan membahas terkait pemilihan rektor yang masa jabatannya akan berakhir November mendatang. “Kami akan membahas tata cara pemilihan, pembentukan panitia hingga persiapan pelaksanaan pemilihan,” katanya.

…dst

27 ) Pendaftaran calon Rektor UI dibuka 11 Juni
http://www.antaranews.com/berita/314722/pendaftaran-calon-rektor-ui-dibuka-11-juni

Kamis, 7 Juni 2012 17:40 WIB
Depok (ANTARA News) – Pendaftaran calon Rektor Universitas Indonesia mulai dibuka pada 11 Juni 2012, kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI, Said Agil Siradj. “Panitia pemilihan rektor akan menjalankan tugas menjaring nama calon rektor,” kata Said Agil di Gedung rektorat UI Depok, Kamis. Pendaftaran rektor ini terbuka untuk umum. Ia mengatakan pihak panitia pemilihan sudah membahas soal syarat-syarat calon rektor. Ia menjelaskan, panitia akan menyaring seluruh calon yang mendaftar, menjadi tujuh besar pada Juli. Selanjutnya panitia akan menyaring menjadi tiga nama terbaik, dan kemudian menetapkan rektor terpilih. Pelantikan rektor baru akan dilakukan pada Agustus. Rektor UI dipilih oleh anggota MWA yang berhak memilih, kecuali rektor. Mereka terdiri dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), sebelas orang dari fakultas, satu perwakilan karyawan, satu mahasiswa, dan enam perwakilan masyarakat.

…dst

28 ) Pilrek UI Dibekingi Parpol?
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/08/373/643677/pilrek-ui-dibekingi-parpol

Jum’at, 08 Juni 2012 11:50 wib
DEPOK – Isu muatan politis membayangi pemilihan rektor Universitas Indonesia (UI) yang akan dimulai bulan Juni ini. Isu tersebut muncul menjelang pemilihan presiden 2014. Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya (FIB) UI Bambang Wibawarta tak menampik isu tersebut. Namun dia ingin agar agenda pemilihan rektor ini tidak digiring ke ranah politik. “Jangan menjadi proses politisasi, mungkin saja dibekingi partai politik, UI ini kan sangat seksi, banyak orang pintar, banyak karyanya,” ujar Bambang kepada wartawan usai rapat Majelis Wali Amanat (MWA) di gedung Rektorat UI, kemarin. Bambang bertutur, banyak calon yang akan maju dalam pemilihan rektor nanti. Salah satunya dari Fakultas Teknik UI. “Bahkan saya dengar FT sampai membuat konvensi, karena banyaknya calon yang mau ikut,” ujarnya. Dia berharap, calon rektor selanjutnya dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional. Serta harus memiliki jiwa yang jujur, inovatif dan berkarakter. “Calon rektor juga harus mempunyai jiwa wirausaha, dan memikirkan bagaimana caranya kami semua civitas akademika UI ini dituntut untuk membangun peradaban,” pungkasnya.

…dst

29 ) Kasus Tanda Tangan Palsu Tak Pengaruhi Pilrek UI
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/373/643206/kasus-tanda-tangan-palsu-tak-pengaruhi-pilrek-ui

Kamis, 07 Juni 2012 15:39 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) tengah mempersiapkan pemilihan rektor yang akan dimulai bulan Juni ini. Sebab Agustus mendatang, UI sudah akan memiliki rektor yang baru. Panitia pemilihan rektor juga sudah mulai dibentuk. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Said Agil Siradj mengatakan pendaftaran calon rektor akan mulai dilakukan pada 11 Juni 2012. “Tanggal 11 pendaftaran calon rektor dimulai, siapa pun, jumlahnya berapa pun, terbuka sebanyak–banyaknya,” kata Said usai rapat MWA di Gedung Rektorat UI, Kamis (7/6/2012). Terkait dengan kisruh UI yang dilanjuti dengan pelaporan kasus dugaan tanda tangan palsu 11 dokumen dalam pembangunan perpustakaan UI, Said menyerahkan proses tersebut ke ranah hukum. Hal itu tentu tidak akan memengaruhi pemilihan rektor. “Ya itu urusan hukumlah, tak mengganggu pemilihan rektor. KPK juga punya wewenang untuk itu, tidak terpengaruh,” tegasnya.

…dst

30 ) Dosen Sering Absen, Mahasiswa IAIN Mataram Demo
http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/08/12390359/Dosen.Sering.Absen.Mahasiswa.IAIN.Mataram.Demo

Jumat, 8 Juni 2012 | 12:39 WIB
MATARAM, KOMPAS.com – Puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram, Jum’at (8/6) pagi, menggelar unjuk rasa di Kampus IAIN Mataram. Aksi yang sudah berlangsung sejak awal pekan ini menyoal berbagai persoalan di kampus mereka, terutama terkait proses belajar mengajar yang terganggu karena banyaknya doses yang mendapat tugas belajar ke luar daerah. Para mahasiswa juga mendesak agar diadakan audit independen terhadap pengelolaan keuangan kampus yang dikelola oleh rektor. Dalam aksi yang diwarnai pembakaran ban bekas, para mahasiswa mengancam untuk melakukan boikot Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jika pihak rektorat tidak segera menanggapi tuntutan para mahasiswa.

…dst

31 ) Mahasiswa Mercu Buana Promosikan Pakaian Batik
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/06/06/324823/293/14/-Mahasiswa-Mercu-Buana-Promosikan-Pakaian-Batik

Rabu, 06 Juni 2012 18:53 WIB
JAKARTA–MICOM: Sebanyak 130 peserta lomba pemilihan Putra dan Putri kampus Universitas Mercu Buana, Jakarta mempromosikan pakaian batik saat kuliah. “Tema yang kita usung memang tradisional maka semua pakaian peserta dan penonton menggunakan batik,” kata Ketua Panitia Pemilihan Putra dan Putri Kampus Universitas Mercu Buana, Endi Rekardi di Jakarta, Rabu (6/6). Ia menjelaskan, dengan dilakukannya pemakaian batik saat acara, diharapkan dapat diikuti para mahasiswa ketika kuliah. “Jadi, kita ingin tekankan bila batik tidak dipakai saat acara tertentu saja tetapi juga pada momen lainnya,” kata Endi Rekardi yang juga sebagai Direktur Kemahasiswaan. Dalam acara pemilihan putra dan putri kampus, ditampilkan pula beberapa batik dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, para dosen pengajar pun ikut tampil seperti model yang menggenakan pakaian batik.

…dst

32 ) 11 Tokoh Terima Anugerah Pemimpin Pancasila
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/07/079409084/11-Tokoh-Terima-Anugerah-Pemimpin-Pancasila

Kamis, 07 Juni 2012 | 17:45 WIB
TEMPO.CO, Sleman – Sebanyak 11 tokoh nasional bakal menerima anugerah sebagai Pemimpin Pancasila 2012 dari Indonesia Satu Foundation. Pemberian anugerah dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila ini bakal berlangsung di Pagelaran Keraton Yogyakarta pada Jumat, 8 Juni 2012. “Anugerah ini untuk menunjukkan bahwa yang dicari bangsa ini bukan pejabat dan penguasa, tapi pemimpin yang berani mengambil keputusan,” kata pendiri Indonesia Satu Foundation Freddy Ndolu dalam seminar nasional “Rakyat Mencari Pemimpin” di Hotel Rich Jalan Magelang, Kamis 7 Juni 2012. Sebelas tokoh penerima penghargaan ini adalah Jimly Ashidiqqie, Syarif Hassan, Yusril Ihza Mahendra, Fadel Muhammad, Chappy Hakim, Siswono Yudohusodo, Effendy Choiri, Ratna Sarumpaet, Hadar Gumay, Fadjroel Falakh, dan Bambang Harimurti dari Tempo.

…dst

33 ) Beasiswa S-1 di University of Queensland Australia
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/368/642915/beasiswa-s-1-di-university-of-queensland-australia

Kamis, 07 Juni 2012 11:13 wib
JAKARTA – University of Queensland, Australia, membuka program beasiswa strata satu (S-1) pada Fakultas Sains. Penerima beasiswa pada program Science International Undergraduate Excellence Scholarships ini akan mendapatkan total 12 ribu dolar Australia atau sekira Rp112,04 juta (Rp9.336,5 per dolar Australia), yang akan dibayarkan 6.000 dolar Australia (Rp56,01 juta) pada semester satu dan dua. Sementara itu, program Science International Undergraduate Merit Scholarships meliputi fasilitas biaya studi total 5.000 dolar Australia atau sekira Rp46,68 juta, biaya ini dibayarkan 3.000 dolar Australia (Rp28,009 juta) pada semester pertama dan 2.000 dolar Australia (Rp18,67 juta) pada semester kedua.

…dst

34 ) Kembali Ingatkan Agar Tak Rekrut Honorer
Pemerintah Anggap Bahaya karena Kelak Tuntut Pengangkatan
http://www.jpnn.com/read/2012/06/08/129913/Kembali-Ingatkan-Agar-Tak-Rekrut-Honorer-

Jum’at, 08 Juni 2012 , 04:48:00
JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tidak henti-hentinya mewanti-wanti semua instansi pemerintahan di pusat maupun daerah tidak merekrut tenaga honorer. Apalagi setelah Peraturan Pemerintah (PP) Pengangkatan Honorer menjadi CPNS disahkan presiden. Menurut Sekretaris Kemen PAN-RB Tasdik Kinanto, peringatan itu harus terus dilakukan karena selama ini instansi di daerah cukup membandel. Dalam artian, mereka tetap saja merektrut tenaga honorer. “Intinya kami (pemerintah) sudah tidak mau menghabiskan tenaga hanya untuk urusan tenaga honorer,” katanya. Tasdik menegaskan, setelah keluarnya PP Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS, persoalan CPNS sudah tuntas untuk honorer Kategori 1/K1 dan Kategori 2/K2. Dalam amanat putusan PP tersebut, pengangkatan tenaga honorer K1 menjadi CPNS dilaksanakan tahun ini. Sedangkan untuk tenaga honorer K2 diangkat menjadi CPNS secara bertahap mulai 2013 sampai 2014.

…dst

35 ) Gaji ke-13 Cair Bulan Ini
http://www.jpnn.com/read/2012/06/08/129921/Gaji-ke-13-Cair-Bulan-Ini-

Jum’at, 08 Juni 2012 , 06:06:00
JAKARTA – Kabar gembira bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Gaji ketiga belas bakal bisa segera mereka nikmati. Akhir bulan lalu, persisnya 28 Mei, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2012 yang akan memberikan tambahan penghasilan berupa gaji atau pensiun bulan ketiga belas. Kementrian Keuangan tengah memproses mekanisme pencairan gaji ke-13 tersebut. Rencananya pelaksanaannya di bulan Juni ini. “Nanti aku cek dulu ya. Itu harusnya di Dirjen Anggaran,” kata Menkeu Agus Martowardojo di kantornya, Kamis (7/6). Gaji ke-13 bisa dicairkan setelah Menkeu menerbitkan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) tentang pencairan gaji tambahan tersebut. Setelah itu, Ditjen Perbendaharaan akan menerbitkan Surat Edaran kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di tiap daerah untuk mencairkan. Tahun ini pemerintah menganggarkan belanja pegawai sebesar Rp 212,24 triliun. Anggaran tersebut sudah memperhitungkan pembayaran gaji ke-13.

…dst

36 ) Sho Yano, 21 Tahun Jadi Dokter
http://kampus.okezone.com/read/2012/06/07/373/643228/sho-yano-21-tahun-jadi-dokter

Kamis, 07 Juni 2012 17:40 wib
CHICAGO – Cowok ini mulai kuliah pada usia sembilan tahun. Tiga tahun kemudian, dia memulai pendidikannya di sekolah kedokteran. Dalam usianya ke-21, dia pun akan menjadi dokter termuda di University of Chicago, Amerika Serikat (AS). Sho Yano bisa membaca pada usia dua tahun, menulis pada tiga tahun, dan membuat musik di usianya yang kelima. Minggu ini, Yano akan lulus dari Pritzker School of Medicine, tempat dia juga mengantongi gelar PhD (doktor) dalam bidang genetik molekular dan bilogi sel. Gelar ini diperolehnya dalam usia 21 tahun. “Saya tidak pernah mengerti, mengapa menantang diri sendiri dianggap membahayakan ketimbang menjadi sangat bosan?” kata Yano, seperti dilansir Huffington Post, Kamis (7/6/2012). University of Chicago menerima Yano pada 2003. Salah satu petugas penerima mahasiswa, Dr. Joel Scwab, mengenang momennya mewawancarai Yano yang ketika itu berusia 11 tahun. “Saya ingat, bocah 11 tahun yang sopan itu datang mengenakan jas kecil. Tetapi saya tahu, dia bukan tipe anak yang akan diantar ibunya ke lapangan softball, dia akan menjadi dokter,” kata Scwab.

…dst

37 ) Facebook diprediksi mati 8 tahun lagi
http://www.antaranews.com/berita/314669/facebook-diprediksi-mati-8-tahun-lagi

Kamis, 7 Juni 2012 14:04 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Anjloknya harga saham Facebook menjadi pertanda awal keterpurukan jejaring sosial ini. Seorang analis investasi senior Ironfire Capital Eric Jackson memprediksi Facebook akan kolaps di lantai saham dan hilang delapan tahun kedepan lapor Dailymail. Jackson memperkirakan nasib Facebook akan sama susah payah berjuang menghadapi era mobile web yang modern dan akhirnya akan punah. Kepada CNBC dalam program Squawk on the Street, dia mengatakan bahwa Facebook seharusnya terus berjuang dengan inovasi dan versi mobile yang lebih baik jika tidak ingin ditinggalkan. “Dalam lima sampai delapan tahun terlihat tanda-tanda keterpurukan mereka seperti yang dialami oleh Yahoo. Yahoo tetap menghasilkan keuntungan, tetap memperkerjakan 13.000 karyawan tetapi secara real hanya 2.000 karyawan yang benar-benar bekerja. Bisa dikatakan ini merupakan sebuah keterpurukan,” kata Jackson. Jackson memprediksi Facebook akan kesulitan mengikuti generasi-generasi teknologi terbaru dan berusaha beralih ke “mobile”.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.