1 ) RUU PT Penting untuk Kelola Dunia Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/29/322687/293/14/RUU-PT-Penting-untuk-Kelola-Dunia-Pendidikan

Selasa, 29 Mei 2012 00:55 WIB
JAKARTA–MICOM: Pasang surut penolakan terhadap Rancangan Undang Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) masih berlanjut. Namun Mendikbud M Nuh menanggapinya dengan dingin. Ia mempersilakan pihak yang merasa belum puas mengajukan keberatannya. Kemendikbud berpendapat keberadaan UU PT penting untuk mengelola negara termasuk sektor pendidikan . “Karena UU PT ini merupakan pengaturan setelah UU BHP dibatalkan. Pemerintah tidak boleh lepas tangan dan tidak boleh ada liberalisasi,” kata Mendikbud M Nuh di Jakarta, Senin (28/5). Nuh menegaskan UU PT bukan UU neolib atau neo-liberal, karena UU PT justru mematok 20 persen kursi untuk mahasiswa tidak mampu dan anggaran riset juga dibantu. Bahkan kalau ada universitas yang menaikkan SPP, maka pemerintah akan menurunkan kontribusi untuk universitas itu. Menurutnya, silakan saja kalangan yang tidak puas melakukan judicial review. Namun sebaiknya disampaikan terlebih dulu apa saja yang menjadi keberatan pihak pihak yang menolak itu.

…dst

2 ) Peraih Nilai Unas Tertinggi Bebas Pilih PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/05/28/128664/Peraih-Nilai-Unas-Tertinggi-Bebas-Pilih-PTN-

Senin, 28 Mei 2012 , 06:06:00
JAKARTA – Peraih nilai murni ujian nasional (unas) tertinggi Triawati Octavia dari SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat boleh melanjutkan kegirangannya. Sebab pemerintah pusat dan daerah siap membantu biaya kuliahnya. Bahkan, Tria -sapaan akrabnya- bebas memilih masuk PTN di manapun sesuka hatinya. Kabar baik ini disampaikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh yang kemarin masih berada di Jerman. “Beasiswa siap kita salurkan bagi siswa SMA/SMK dengan nilai unas tertinggi,” katanya. Menteri asal Surabaya itu menegaskan, walaupun siswa peraih nilai unas tertinggi berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas, berhak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu ini, diminta tidak putus harapan. “Cita-cita yang dipendam, harus diwujudkan,” ujar Nuh. Andaikata ingin jadi dokter, pemerintah mengupayakan bisa masuk fakultas kedokteran yang diidamkan. Untuk urusan biaya selama kuliah, akan ditanggung renteng antara pemerintah pusat dengan daerah. Bantuan ini menurut Nuh, cukup penting. Sebab dia yakin siswa-siswa yang berprestasi ini kelak berpeluang menjadi pemimpin bangsa.

…dst

3 ) Biaya Inflasi Pendidikan di Atas Rata-rata Nasional
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498800/

Tuesday, 29 May 2012
YOGYAKARTA – Biaya pendidikan bagi anak sangat mahal. Orang tua dituntut membuat rencana pendidikan bagi anak secara matang. Sebab, inflasi pendidikan bisa meningkat hingga dua kali lipat.”Inflasi pendidikan ini bisa mencapai dua kali rata-rata inflasi nasional,” ujar profesional financial planner, Aidil Akbar Madjid, pada Seminar Keuangan Untuk Pendidikan Anak kemarin. Mahalnya biaya pendidikan ini bisa menjadi bencana bagi setiap keluarga. Ini tidak lepas dari minimnya pemahaman orang tua terhadap rencana pendidikan buah hatinya. Padahal pendidikan anak menyangkut masa depan bagi mereka. Di Jakarta tingkat inflasi pendidikan bisa mencapai 20–30% per tahun, sedangkan untuk Yogyakarta yang merupakan Kota Pendidikan lebih rendah yakni 18–25%. Untuk menyiapkannya, dia menyarankan orang tua bersiap sejak dini, misalnya menentukan sekolah.Penentuan ini harus dihitung dengan tingkat inflasi.”Apa yang akan dipilih harus ditentukan dan dimengerti agar tidak salah produk,” katanya.

…dst

4 ) UNS Terapkan Uang Kuliah Tunggal
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/28/322648/293/14/UNS-Terapkan-Uang-Kuliah-Tunggal

Senin, 28 Mei 2012 19:59 WIB
SOLO–MICOM: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai tahun ini menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Walau dampaknya mahasiswa baru harus membayar lebih mahal, rektorat menolak disebut menaikkan biaya kuliah. “Itu tidak bisa disamakan dengan menaikkan SPP (sumbangan penyelenggaraan pendidikan),” tegas Rektor UNS Ravik Karsidi dalam penjelasannya di ruang rapat rektor di Solo, Jawa Tengah, Senin (28/5). Menurut Ravik uamh kuliah tunggal yang harus dibayar mahasiswa sudah mencakup seluruh biaya. Mulai dari SPP, uang gedung, bantuan pengembangan institusi, hingga biaya praktik laboratorium. Ia mencontohkan, di Fakultas Kedokteran sebelum ada uang kuliah tunggalT mahasiswa selain harus membayar SPP Rp800.000 per semester juga harus membayar uang laboratorium Rp1.200.000, bantuan pengembangan institusi, dan biaya sebagainya. Tetapi dengan uang kuliah tunggal, mahasiswa membayar satu kali setiap semester sebesar Rp5.549.000.

…dst

5 ) Studi Indonesia dan Bahasa di Inggris
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/29/079406827/Studi-Indonesia-dan-Bahasa-di-Inggris

SELASA, 29 MEI 2012 | 10:03 WIB
TEMPO.CO, London-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhammad Nuh, dan Menteri untuk Universitas dan Sains dari Inggris Raya, David Willetts, menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama pendidikan antarkedua negara. Kerja sama itu meliputi peningkatan pertukaran tenaga pendidikan kedua negara dalam bentuk tugas pengajaran, penelitian, publikasi, gelar bersama, dan kunjungan studi. Selain itu, memajukan pengembangan program-program bilateral di antara lembaga pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Selanjutnya menyediakan beasiswa bagi peserta didik dan tenaga pengajaran pada berbagai tingkat lembaga pendidikan. Ada pula kerja sama untuk transfer kredit program-program antar lembaga pendidikan serta pengakuan bersama kualifikasi akademik, profesional, dan vokasi. Dan terakhir mempromosikan pembentukan pusat studi Indonesia di Inggris.

…dst

6 ) Prototipe Mobil Listrik UNS Telah Siap
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/372/636944/prototipe-mobil-listrik-uns-telah-siap

Senin, 28 Mei 2012 17:32 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, telah siap dengan prototype mobil listrik untuk city car dengan kapasitas empat penumpang. “Hanya saja, kami belum bisa memenuhi persyaratan jarak tempuh, yakni 120 km sekali jalan,” ungkapProject Leader Mobil Listrik UNS Prof. Muhammad Nizam MT. Ph.D kepada wartawan di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (28/5/2012). Nizam berjanji, akan meningkatkan kemampuan mobil hingga mampu memenuhi syarat jarak tempuh tersebut. “Kami akan berupaya meningkatkan jarak tempuh yang saat ini baru 40 km menjadi paling tidak mendekati 120 km untuk sekali charge baterai,” jelasnya.Penyelesaian prototype mobil listrik sendiri dibatasi paling lambat hingga 2014 mendatang, karena pada 2018 telah direncanakan produksi massal 10 ribu unit mobil listrik secara nasional. Nizam menuturkan, pada 2011-2012, timnya menyempurnakan mobil listrik pada fungsi kontorl, efisiensi penggunaan energi, dan desain body mobil menggunakan komposit.

…dst

7 ) Mobil Listrik Siap Diproduksi Massal 2018
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498793/

Tuesday, 29 May 2012
SOLO– Pemerintah berencana memproduksinya massal mobil listrik pada 2018.Untuk keperluan itu, pemerintah menggandeng lima perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Satu di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. “Jumat (25/5) kemarin, UNS bersama empat rektor lainnya diundang ke Istana Negara terkait keikutsertaan UNS dalam proyek mobil nasional (mobnas) listrik. Pak SBY minta pada 2018 mendatang mobnas ini dapat diproduksi secara massal,”ungkap Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi saat menggelar jumpa pers di Ruang Rapat Rektor Gedung Rektorat UNS kemarin. Dia menjelaskan, mengenai seperti apa mobnas listrik telah disampaikan kepada kementerian terkait, seperti Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hingga Kementerian Perdagangan. Untuk mencapai target produksi massal, ditargetkan pada 2014 mendatang riset prototip sudah selesai dilakukan.

…dst

8 ) Prof Sofian Effendi: UGM Mengalami Resentralisasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/20500452/Prof.Sofian.Effendi.UGM.Mengalami.Resentralisasi

Senin, 28 Mei 2012 | 20:50 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini mengalami resentralisasi dalam penerimaan mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa baru yang hanya mendasarkan pada tes kemampuan akademik menyebabkan jumlah mahasiswa baru UGM asal luar daerah sangat sedikit. Demikian dikatakan Ketua Majelis Wali Amanat UGM Prof Sofian Effendi saat memberikan sambutan pada pelantikan rektor baru UGM, Prof Dr Pratikno, M Sos, di Balai Senat UGM di Yogyakarta, Senin (28/5/2012). “Sayang sekali proses resentralisasi terjadi di UGM, di hampir semua kelas program sarjana (S-1) UGM hanya terdapat 2-3 mahasiswa dari daerah. Bila dibiarkan, ini akan menjadikan UGM dan mungkin perguruan tinggi (PT) lain di DIY sebagai PT lokal atau Jawa-centris,” kata Sofian Effendi.

…dst

9 ) Rektor Baru UGM Pratikno Beberkan Tiga Tantangan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/29/322722/293/14/Rektor-Baru-UGM-Pratikno-Beberkan-Tiga-Tantangan-

Selasa, 29 Mei 2012 05:45 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Prof Pratikno, Senin (28/5), resmi menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta periode 2012-2017 dan menyatakan ingin mewujudkan tiga tantangan di era kepemimpinannya. Tiga hal yang akan dilakukannya yakni penguatan UGM sebagai simpul dari berkumpulnya generasi muda dari seluruh Indonesia, kebebasan mimbar akademik, dan peningkatan sektor hilir dalam mendukung publikasi dan produksi dari penelitian yang dilakukan. Pratikno menggantikan Rektor UGM sebelumnya Prof Sudjarwadi, setelah dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada, Prof Sofian Effendi, di Balai Senat UGM. Mantan Dekan Fisipol UGM tersebut mengungkapkan, mandat dari UGM sebagai universitas nasional, universitas kebangsaan, dan universitas kerakyatan membuat kita punya kewajiban sebagai universitas yang menjadi simpul dari berkumpulnya generasi muda dari seluruh Indonesia. Hal tersebut sudah dilakukan dari dulu.

…dst

10 ) UGM akan Perbanyak Mahasiswa dari Indonesia Timur
http://www.pikiran-rakyat.com/node/190239

Senin, 28/05/2012 – 19:09
YOGYAKARTA, (PRLM).- Universitas Gadjah Mada (UGM) mengubah kebijakan penerimaan mahasiswa baru, yang semula mengutamakan dari kawasan kota-kota di Jawa, akan diperbanyak mahasiswa baru dari Indonesia Timur. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat satu sampai tiga orang saja per kelas mahasiswa strata satu di UGM. Ini menyalahi semangat dan cita-cita pendiri UGM. Rektor UGM Prof Dr Pratikno menyatakan, orientasi kampus ini harus kembali ke jati diri sebagai simpul perkumpulan generasi terbaik dari seluruh Indonesia. Usai menerima jabatan dari pejabat lama Prof Dr Sudjarwadi, Senin (28/5/12), dia menyatakan problem serius dalam penerimaan mahasiswa baru di UGM menyangkut kesenjangan yang tinggi dengan seleksi terbuka dan mandiri. Mahasiswa dari kawasan Indonesia Timur kalah bersaing. Hanya sedikit yang bisa diterima di UGM.

…dst

11 ) Pelaku Pemalsuan Nilai dan Ijazah Beraksi Sejak 2006
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/19324731/Pelaku.Pemalsuan.Nilai.dan.Ijazah.Beraksi.Sejak.2006

Senin, 28 Mei 2012 | 19:32 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Salah satu pelaku pemalsuan nilai dan ijazah untuk masuk di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Dwi Hartono alias Ferry yang kini menjadi tersangka mengaku sudah menjalankan aksinya sejak 2006. Ia juga hanya mengaku sebagai perantara jika ada calon mahasiswa yang ingin masuk di FK Unissula namun nilainya tidak memenuhi standar. Kepada polisi, ia mengaku mendapatkan imbalan sebesar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta untuk setiap mahasiswa yang ia masukkan. Modus yang digunakan yakni ia menggunakan selebaran atas nama sebuah bimbingan belajar dari Yogyakarta dan Semarang dengan memberikan jaminan jika tidak masuk ke fakultas yang dituju, uang akan dikembalikan. “Itu ada tim marketingnya. Kalau saya hanya untuk Unissula kalau universitas lain tidak tahu, dan saya hanya perantara yang lain-lain ada teman yang mengurus,” ungkapnya saat gelar perkara di Mapolrestabes Kota Semarang, Senin (28/5/2012). Pada selebaran yang juga menjadi barang bukti disebutkan tarif bea masuk ke sejumlah universitas ternama baik swasta ataupun negeri di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur bahkan Jakarta dengan berbagai jurusan.

…dst

12 ) Ijazah Unissula Dipalsu Sindikat
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/498792/

Tuesday, 29 May 2012
SEMARANG– Kasus ijazah palsu di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang diduga melibatkan sindikat dengan jaringan yang lebih besar. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula Dwi Hartono alias Ferry, yang menjadi tersangka kasus ijazah palsu dan manipulasi nilai ini mengaku hanya berperan sebagai perantara. Ferry diketahui beraksi sejak tahun 2006 silam. “Saya mendapat bagian Rp5 hingga Rp10 juta dari tiap orang yang akan mendaftar,” ungkap mahasiswa angkatan 2004 tersebut saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang,kemarin. Modus yang digunakan, diakui Ferry, menggunakan selebaran atas nama Smart Solution, bimbingan belajar dari Yogyakarta-Semarang. Informasi pada selebaran tersebut adalah menjamin 100% pendaftar yang ingin diterima di jurusan dan universitas favorit di Yogyakarta,Semarang,Jawa Barat, Jawa Timur bahkan Jakarta. Jurusan favorit disebutkan adalah kedokteran, kebidanan, keperawatan, farmasi hingga akuntansi.

…dst

13 ) Pendaftar SNMPTN Naik Dua Kali Lipat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/11144149/Pendaftar.SNMPTN.Naik.Dua.Kali.Lipat

Selasa, 29 Mei 2012 | 11:14 WIB
KOMPAS.com — Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur ujian tertulis mengalami peningkatan dua kali lipat selama dua hari terakhir pascapengumuman hasil seleksi jalur undangan. Panitia Lokal Bandung SNMPTN 2012 Subbidang Informasi dan Humas, Weny Widyowati, di Bandung, Selasa (29/5/2012), mengatakan, jumlah pendaftar mengalami kenaikan hingga rata-rata mencapai 2.600 peserta per hari. “Sementara pada hari-hari sebelumnya jumlah calon peserta yang melakukan pendaftaran per hari rata-rata hanya 1.200 pendaftar,” ujar Wenny Widyowati.Hingga Senin, jumlah pendaftar SNMPTN 2012 di Panitia Lokal Bandung tercatat sebanyak 25.771 orang dengan perincian kelompok ujian lmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 9.043 orang, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 9.859 orang, dan campuran atau IPC sebanyak 6.869 orang.

…dst

14 ) Gagal di Jalur Undangan, Masih Ada SNMPTN Jalur Tulis
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/29/373/637403/gagal-di-jalur-undangan-masih-ada-snmptn-jalur-tulis

Selasa, 29 Mei 2012 11:14 wib
BANDUNG – Bagi peserta Jalur Undangan yang tidak lolos seleksi, jangan khawatir, apalagi putus asa. Sebab, peluang masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) masih terbuka lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Ujian Tulis. “Peserta yang tidak lolos Jalur Undangan masih memiliki kesempatan untuk mengikuti SNMPTN 2012 Jalur Ujian Tertulis,” kata Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Lokal Bandung-SNMPTN 2012 Weny Widyowati, melalui rilisnya kepada Okezone, Selasa (29/5/2012).
Pendaftaran SNMPTN 2012 Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan sendiri sudah dibuka sejak 10 Mei 2012 lalu. Maka, Wenny mengingatkan, peserta yang tidak lolos Jalur Undangan sebaiknya segera mendaftar SNMPTN Ujian Tulis. “Pendaftaran online akan berakhir pada 31 Mei 2012,” katanya.

…dst

15 ) Kuota Jalur Undangan Tidak Terpenuhi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/07013132/Kuota.Jalur.Undangan.Tidak.Terpenuhi

Selasa, 29 Mei 2012 | 07:01 WIB
Jakarta, Kompas – Kuota seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri untuk jalur undangan sebanyak 58.329 mahasiswa tidak terpenuhi. Dari 236.811 pendaftar tahun ini, jalur undangan hanya memperoleh 53.401 mahasiswa baru yang diterima di 61 perguruan tinggi negeri penyelenggara. Tidak tercapainya kuota itu, antara lain, karena tidak semua perguruan tinggi negeri memperoleh peminat yang memenuhi standar nilai. Hal itu dikemukakan Sekretaris Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Rochmat Wahab Sabtu (26/5), di Jakarta. Ia didampingi Ketua Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SNMPTN Triyogi Yuwono (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan Wakil Ketua Pokja Yoni Koesmaryono (Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor).

…dst

16 ) Bidik Misi di Universitas Andalas Masih Tersisa 497 Kursi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/08390872/Bidik.Misi.di.Universitas.Andalas.Masih.Tersisa.497.Kursi

Selasa, 29 Mei 2012 | 08:39 WIB
Kompas.com – Pendaftaran mahasiswa melalui program beasiswa pendidikan calon mahasiswa berprestasi (bidik misi) di Universitas Andalas (Unand) Padang baru terisi 253 kursi dari kuota sebanyak 750 kursi. Rektor Unand Werry Darta Taifur di Padang, Senin, mengatakan, lewat program bidik misi ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat ekonomi lemah yang tidak melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Ia menambahkan, dari 750 kuota yang tersedia di Unand baru 253 yang terisi, jadi masih ada sekitar 497 kursi lowong. “Peluang ini harus dimanfaatkan oleh mahasiswa kurang mampu. Pendaftaran sudah dilakukan oleh masing-masing sekolah untuk membantu siswanya yang berprestasi tetapi tidak mampu,” katanya. Selain itu, siswa yang didaftarkan melalui program bidik misi tidak membayar uang pendaftaran SNMPTN, baik jalur undangan maupun ujian tulis.

…dst

17 ) ITB Terima 900 Mahasiswa Jalur Bidik Misi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/28/m4qod8-itb-terima-900-mahasiswa-jalur-bidik-misi

Senin, 28 Mei 2012, 22:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun ajaran 2012 menerima sebanyak 2.880 orang mahasiswa yang terdiri atas 900 orang dari jalur bidik misi dan 1.980 orang dari jalur undangan biasa. Pengumuman penerimaan tersebut serentak dilakukan pada tanggal 26 Mei dan 27 Mei 2012, sehari setelah pengumuman kelulusan tingkat SMA dan sederajat melalui situs snmptn.itb.ac.id. Hal tersebut disampaikan Rektor ITB, Akhmaloka, Senin (28/5) di gedung Rektorat ITB. Jumlah ini merupakan hasil seleksi dari sekitar 13 ribu orang pelamar ke jalur undangan ITB. Namun untuk bidik misi hasil tersebut masih sementara karena seleksi baru sebatas dari nilai akademik, jelasnya.. Selanjutnya, kata Akhmaloka, tim verifikasi akan memeriksa apakah calon mahasiswa program bidik misi itu benar-benar berasal dari kalangan tidak mampu. “Jadi kalau secara akademik calon mahasiswa bidik misi itu dinyatakan lolos, tapi ternyata ketahuan dia anak orang mampu, maka harus dikeluarkan,” katanya.

…dst

18 ) UGM Terima 3.602 Mahasiswa Jalur Undangan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/28/322667/293/14/UGM-Terima-3.602-Mahasiswa-Jalur-Undangan

Senin, 28 Mei 2012 21:13 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun ini menerima 3.602 mahasiswa dari jalur undangan. Hal itu diungkapkan Budi Prasetyo Widyobroto, Direktur Administrasi Akademik UGM, Senin (28/5). “Di Universitas Gadjah Mada, dari 29.955 pendaftar jalur undangan, telah diterima 3.602 peserta, diantaranya adalah 783 peserta Bidik Misi (21,73%),” terang Budi. Mereka yang dinyatakan lulus seleksi atau diterima melalui Jalur Undangan SNMPTN 2012 di UGM selanjutnya harus mendaftar ulang (registrasi) di panitia Ujian Masuk UGM yang beralamat di Gedung Direktorat Administrasi Akademik, Jl Pancasila, BUlaksumur, Yogyakarta pada tanggal 12-13 Juni 2012.

…dst

19 ) Unsoed Terima 660 Mahasiswa Lewat Jalur Undangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/15244280/Unsoed.Terima.660.Mahasiswa.Lewat.Jalur.Undangan

Senin, 28 Mei 2012 | 15:24 WIB
Kompas.com – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012 menerima 660 calon mahasiswa melalui jalur undangan. Dari jumlah tersebut, 282 orang diantaranya mendapatkan beasiswa bidik misi. “Saat ini telah diumumkan sebanyak 660 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan,” kata Kepala Humas Unsoed Purwokerto Endang Istanti, di Purwokerto, Senin.Ia mengatakan, 660 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan ini diharuskan registrasi ulang hingga 31 Mei 2012. Jika terlambat registrasi ulang, calon mahasiswa dinyatakan gugur.”Tahun ini, Unsoed mendapat jatah 450 mahasiswa dengan beasiswa bidik misi yang dibebaskan dari seluruh biaya pendidikan ditambah dengan biaya hidup Rp 600 ribu per bulan. Dari jatah tersebut, telah dialokasikan sebanyak 282 untuk calon mahasiswa jalur undangan, sisanya akan diambilkan dari jalur SNMPTN ujian tertulis maupun jalur lainnya,” kata dia.

…dst

20 ) Prestasi Bantu Loloskan Peserta Jalur Undangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636940/prestasi-bantu-loloskan-peserta-jalur-undangan

Senin, 28 Mei 2012 16:24 wib
DEPOK – Dinas Pendidikan Kota Depok tengah mendata siswa di tiap sekolah yang lolos jalur undangan SNMPTN. Setiap sekolah diminta untuk mendata siswanya yang lolos jalur undangan. Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah mengatakan, siswa yang memiliki akreditasi A boleh mengirimkan 50 persen siswanya, terutama siswa yang memang rangking sepuluh besar. “Pakai biaya juga jalur undangan, jadi bayar ke bank dan keluar kode pendaftaran, pascapengumuman kami belum menerima berapa siswa, ini masih kami data di tiap sekolah,” katanya kepada wartawan, Senin (28/5/2012). Siti mengimbuhkan, biasanya tiap kampus memiliki catatan nilai tersendiri tentang sekolah siswa yang lolos jalur undangan.

…dst

21 ) Fakultas Kedokteran di UNS Paling Diminati
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/16264438/Fakultas.Kedokteran.di.UNS.Paling.Diminati

Senin, 28 Mei 2012 | 16:26 WIB
KOMPAS.com — Sekitar 2.634 calon mahasiswa mendaftar ke Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) melalui jalur undangan. Pada tahun akademik 2012/2013 ini, UNS menerima 26.043 pendaftaran calon mahasiswa melalui jalur undangan. Menurut Rektor UNS Prof Ravik Karsidi, fakultas kedokteran memang paling diminati oleh calon mahasiswa melalui jalur undangan. Sementara itu, hanya ada 133 calon mahasiswa yang mendaftar ke fakultas teknik.Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, UNS hanya menerima 1.209 orang dari jalur undangan dan 369 di antaranya diterima melalui jalur Bidik Misi. Pada tahun ini UNS juga akan menerapkan pembayaran uang kuliah tunggal bagi mahasiswa baru. “Mahasiswa baru akan menggunakan sistem pembayaran UKT, sementara itu mahasiswa lama berjalan seperti biasa dan tidak ada perubahan”, kata Ravik.

…dst

22 ) Cara Mudah Dapat Beasiswa S-1
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/368/636889/cara-mudah-dapat-beasiswa-s-1

Senin, 28 Mei 2012 15:13 wib
MENDAPAT beasiswa memang tidak selamanya mudah. Selain persyaratan yang sulit dipenuhi, proses seleksi pun sulit ditembus. Tetapi tahukah kamu, kesempatan beasiswa bertaburan di sekitarmu? Kita pun bisa dengan mudah mendapatkannnya. Situs Info Beasiswa S1, Senin (28/5/2012) melansir, kamu perlu bersiap sejak awal masuk kuliah untuk mendapatkan beasiswa sarjana secara penuh. Terlebih, kamu bukan satu-satunya mahasiswa yang ingin kuliah gratis. Langkah pertama adalah mengumpulkan informasi. Jangan malas mencari informasi beasiswa dari kampus incaranmu. Kamu bisa juga mengumpulkan berbagai informasi beasiswa yang diberikan oleh perusahaan atau yayasan yang bekerjasama dengan kampus-kampus di Tanah Air.

…dst

23 ) Profesor Indonesia Dapat Penghargaan Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/19470133/Profesor.Indonesia.Dapat.Penghargaan.Internasional

Senin, 28 Mei 2012 | 19:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Prof Dr HAR Tilaar, Guru Besar Emeritus Universitas Negeri Jakarta, mendapat penghargaan dari Universitas Indiana, Amerika Serikat. Penghargaan diserahkan langsung oleh Michael McRobbie, Presiden Universitas Indiana, dalam acara kumpul alumni Universitas Indiana di Jakarta, Senin (28/5/2012) malam ini. Penghargaan Benton Mural Medallion diberikan kepada HAR Tilaar karena kontribusinya sebagai alumnus Universitas Indiana bagi Indonesia dan pendidikan. Kriteria penerima antara lain terlibat dalam pelayanan publik atau pemerintahan, memiliki hubungan erat dengan Universitas Indiana atau Indiana, mendukung program-program Universitas Indiana, pelajar, atau fakultas, serta berkontribusi pada penelitian atau mendukung penelitian.

…dst

24 ) UNY Luncurkan TV Digital Gratis
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636894/uny-luncurkan-tv-digital-gratis

Senin, 28 Mei 2012 17:05 wib
JAKARTA – Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mempermudah manusia untuk mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. TV berlangganan menjadi salah satu sarana yang digunakan masyarakat untuk memperoleh informasi maupun hiburan dari negara mana pun. Namun, dua mahasiswa Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yakni Brilian Prasetyo dan Rizky Edy Juwanto, menciptakan teknologi televisi digital tanpa memerlukan sistem berbayar atau berlangganan. Teknologi tersebut diberi nama Central Prosessing Unit TV Satelit (CPU-TVsat). Teknologi televisi digital ini berbasis teknologi TV satelit, karena keunggulan TV satelit adalah mampu menerima siaran televisi dari luar negeri.

…dst

25 ) Mahasiswa UNY Raih Prestasi di Kompetisi Musik Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/636902/mahasiswa-uny-raih-prestasi-di-kompetisi-musik-internasional

Senin, 28 Mei 2012 19:02 wib
JAKARTA – Tidak hanya menelurkan inovasi dan kreativitas, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pun turut mengukir prestasi di kancah internasional. Kali ini, empat mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY menyabet juara dalam dua kategori pada ajang IV Concercorso Musicale Europeo di Philadelphia, Italia. Keempat mahasiswa tersebut adalah Ganter Hanggayuh Puji P, Grahita Tiar Praseti, Danar Gayuh Utama, dan Birul Walidaini. Mereka berhasil meraih peringkat dua Kwartet Guitar dan peringkat dua Solo Tunggal atas nama Birul Walidaini. Kompetisi Internasional kali ini diikuti oleh 16 negara. Di antaranya, Norwegia, Ukraina, New Zeland, Rusia, Spanyol, Turki, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, Iran, dan Italia. “Ajang ini merupakan ajang tahunan. Untuk mengikutinya, pihak panitialah yang menentukan, jadi tidak sembarang negara bisa berpartisipasi,” tutur pembimbing keempat mahasiswa tersebut Herwin Yogo Wicaksono, seperti dikutip dari laman UNY, Senin (28/5/2012).

…dst

26 ) Dua Dosen Universitas Wyoming Mengajar di Undip
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/22435675/Dua.Dosen.Universitas.Wyoming.Mengajar.di.Undip

Senin, 28 Mei 2012 | 22:43 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Selama dua pekan, mulai 28 Mei hingga 8 Juni, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, menerima dua dosen tamu dari Universitas Wyoming, Amerika Serikat, yakni Tom Seitz, PhD, dan Stephanie Anderson, PhD. Keduanya akan mengajar di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Undip. Ketua Prodi Ilmu HI FISIP Undip Tri Cahyo Utomo mengungkapkan, Tom Seitz memiliki keahlian dalam bidang perbandingan politik serta politik internasional, sedangkan Stephanie Anderson memiliki keahlian dalam bidang politik dan keamanan Eropa. Kedatangan dua dosen tersebut merupakan realisasi kerja sama antara Program Studi Ilmu HI FISIP Undip serta International Studies Program dan Jurusan Ilmu Politik Universitas Wyoming.

…dst

27 ) Unija Sumenep Ajukan Permohonan Jadi PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/17335069/Unija.Sumenep.Ajukan.Permohonan.Jadi.PTN

Senin, 28 Mei 2012 | 17:33 WIB
Kompas.com – Pengurus yayasan dan pimpinan Universitas Wiraraja Sumenep, Jawa Timur, mengajukan berkas permohonan petunjuk untuk perubahan status perguruan tingginya dari universitas swasta ke universitas negeri. Surat permohonan sudah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Rektor Universitas Wiraraja (Unija) Alwiyah di Sumenep, Senin menjelaskan, sejak Februari 2012, pihaknya dan pengurus Yayasan Arya Wiraraja berencana mengubah status perguruan tinggi tersebut dari swasta ke negeri. “Pekan lalu, kami secara resmi mengajukan berkas permohonan petunjuk untuk perubahan status Unija dari perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.

…dst

28 ) Perguruan Tinggi Swasta Harus Kejar Akreditasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/14203966/Perguruan.Tinggi.Swasta.Harus.Kejar.Akreditasi

Senin, 28 Mei 2012 | 14:20 WIB
Kompas.com – Program studi pada perguruan tinggi swasta yang belum terakreditasi harus segera mengejar akreditasi dalam satu tahun terakhir agar tidak ditutup pemerintah menyusul peraturan Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat, Edi Suandi Hamid, mengatakan, di Palembang, Senin, pemerintah memberikan penangguhan hingga 16 Mei 2013 kepada perguruan tinggi swasta yang terancam ditutup itu. “Aptisi mengimbau kepada perguruan tinggi swasta agar tidak menyia-nyiakan toleransi yang diberikan pemerintah ini karena tujuannya adalah baik yakni meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Edi setelah membuka Musyarawarah Wilayah Aptisi Wilayah II, Senin (28/5). Pemerintah telah menetapkan peraturan untuk meningkatkan kualitas program studi perguruan tinggi swasta, antara lain harus memiliki perpustakaan, laboratorium, dosen yang harus mempublikasikan karya ilmiah, dan lain sebagainya.

…dst

29 ) Peningkatan Status STKIP Siliwangi Terkendala Peraturan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/190235

Senin, 28/05/2012 – 18:36
CIMAHI, (PRLM).- Peningkatan status Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi Bandung menjadi institut terkendala peraturan dari pemerintah pusat. Padahal, sekolah tinggi di Kota Cimahi itu sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi institut sejak dua tahun lalu. “Jumlah mahasiswa yang mendaftar setiap tahun mencapai sekitar enam ribu orang. Kurikulum dalam berbagai program studi pun sudah memenuhi standar nasional. Kriteria itu sebenarnya sudah memenuhi persyaratan untuk peningkatan status,” kata Ketua Program Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung, Prof. Dr. Engking Suwarman seusai wisuda sarjana dan pascasarjana STKIP Siliwangi, Senin (28/5/12). Tak hanya itu, Engking mengungkapkan, STKIP Siliwangi Bandung juga menawarkan pendidikan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Tujuannya, agar masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah juga bisa menikmati pendidikan di kampus tersebut.

…dst

30 ) Institut Perancis Buka Cabang di UIN Jakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/28/15430025/Institut.Perancis.Buka.Cabang.di.UIN.Jakarta

Senin, 28 Mei 2012 | 15:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Institut Perancis di Indonesia (IFI) dan Campus France Indonesia serta Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, kegiatan ilmiah, dan budaya. Pusat Bahasa Kampus UIN Jakarta akan menjadi cabang IFI. Kegiatan akan dilaksanakan di Kampus UIN Jakarta pada Rabu (30/5/2012). Selain sambutan dari Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat akan hadir Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Bertrand Lortholary. Dalam bidang pendidikan, IFI akan mengadakan kelas pengenalan bahasa Perancis, kemudian Campus France Indonesia memberi presentasi gratis kepada para pengunjung mengenai informasi beasiswa serta studi di Perancis dengan berbagai jenjang. Berbagai pertunjukan seni dan budaya akan diadakan sepanjang hari, dimulai dari tari tradisional, demonstrasi kuliner Prancis, pemutaran film dan permainan dalam bahasa Prancis.

…dst

31 ) Rektorat Kecewa, Presma Usakti Terlibat Eksekusi Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/28/373/637194/rektorat-kecewa-presma-usakti-terlibat-eksekusi-kampus

Senin, 28 Mei 2012 20:13 wib
JAKARTA – Ketua Forum Komunikasi Karyawan Universitas Trisakti, Advendi Simangunsong menyatakan dengan tegas menolak eksekusi.Pada 23 Mei 2012, kata Advendi, pihaknya memperoleh pemberitahuan dari Pengadilan Negeri Jakarta Barat bahwa mereka akan melaksanakan eksekusi terkait dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.”Ini merupakan eksekusi yang keempat kalinya dan semuanya batal dilaksanakan. Eksekusi yang pertama dan keempat datang langsung ke kampus, yang kedua dan ketiga tidak datang,” ucap Advendi kepada wartawan di Kampus Usakti, Senin (28/5/2012). Advendi mengungkapkan, pihak Rektorat juga sebelumnya pernah mendatangi Pengadilan negeri Jakarta Barat untuk melakukan negosiasi penundaan eksekusi. “Kita juga menyampaikan aspirasi yang ditandatangi oleh Majelis Guru Besar, Senat Universitas, Forum Keluarga Karyawan, Perhimpunan Universitas,” ujarnya menambahkan.

…dst

32 ) Mahasiswa Fakultas Teknik UNY Kunjungi AAU
http://www.pikiran-rakyat.com/node/190222

Senin, 28/05/2012 – 16:29
YOGYAKARTA, (PRLM).- Sebanyak 37 mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Mesin Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dipimpin Dosen DR.Ir.Effendie T.,SU.,MM. berkunjung ke Akademi Angkatan Udara (AAU) guna melakukan studi banding melihat peralatan khususnya peralatan Laboratorium Teknik yang digunakan para Karbol AAU. Rombongan diterima oleh Kepala Departemen Aeronautika (Kadep AE) Kolonel Tek A.Tavianta, S.T.,SIP. di Laboratorium Aeronautika Ksatrian AAU Yogyakarta, Senin (28/5). Didampingi sejumlah karbol Kadep AE mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas dijadikannya AAU sebagai tempat studi bagi mahasiswa Fakultas Teknik UNY. Hal ini membuktikan bahwa AAU dapat dijadikan tolok ukur dalam pembelajaran mahasiswa khususnya bidang teknik sehingga secara bersama-sama dapat mengikuti perkembangan keilmuan dalam bidang teknik aeronautika, teknik industri dan manajemen logistik yang sangat pesat perkembangannya saat ini.

…dst

33 ) Bali Tuan Rumah Kongres Perpustakaan Asia
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/29/373/637463/bali-tuan-rumah-kongres-perpustakaan-asia

Selasa, 29 Mei 2012 12:23 wib
KUTA – Bali menjadi tuan rumah pertemuan tiga tahunan Congress of Southeast Asia Librarians (CONSAL) yang berusaha menemukan gagasan dan pemikiran tentang bagaimana upaya melestarikan warisan budaya bangsa. Pertemuan yang digagas Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) mengambil tema “National Heritage: Preservation and Dissemination”. Menko Kesra Agung Laksono membuka pertemuan yang dihadiri para kepala perpusatakaan negara anggota. Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpunas) Sri Sularsih mengungkapkan, manuskrip adalah salah satu warisan budaya bangsa berupa karya tulis yang mesti dilestarikan. Hanya saja, manuskrip yang dimiliki suatu bangsa kini tidak diketahui keberadaannya karena dimakan usia, bahkan ada yang berpindah tangan ke kolektor dan dijual dengan harga mahal ke luar negeri. Seiring dengan perkembangan zaman, kejayaan warisan budaya lambat laut mulai kehilangan tempat.

…dst

34 ) LIPI-Universitas Queesland Australia Kerjasama Promosi Ilmiah
http://www.pikiran-rakyat.com/node/190248

Senin, 28/05/2012 – 20:14
JAKARTA, (PRLM).- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjalin kerjasama penelitian dengan The University of Queensland (UQ) Australia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Maksud kerjasama antara lain mempromosikan kegiatan ilmiah. “Ruang lingkup kerjasama meliputi proyek penelitian bersama, pengembangan staf kedua belah pihak hingga program studi pasca sarjana. Ada juga pertukaran ilmuwan, penyelenggaraan kerjasama seminar maupun workshop, dan bentuk kerjasama lain yang disetujui kedua belah pihak,” kata Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan (LIPI), Bogie Soedjatmiko di sela-sela seminar bersama LIPI-UQ Australia di Jakarta, Senin (28/5). Ia mengungkapkan MoU yang baru saja ditandatangani antara LIPI dan UQ Australia merupakan payung untuk kemudian lebih detail dalam kerjasama departemen di UQ Australia dan beberapa Riset Center yang ada di LIPI. Nota kesepahaman akan berlaku dalam jangka waktu lima tahun. Kerjasama dapat diperpanjang atau diperbarui lagi dengan persetujuan kedua belah pihak setelah meninjau kembali pada akhir periode.

…dst

35 ) Kemdikbud Selenggarakan Kegiatan Donor Darah Bagi Pegawai
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/361

05/28/2012
Jakarta — Masih dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini digelar di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kemdikbud, Senin (28/05). Kepala Biro Umum Kemdikbud, Muhammad Qodrat Wisnu Aji, mengatakan, aksi donor darah ini ditargetkan mencapai 200 orang. Baik dari kalangan pegawai, maupun tenaga lepas dan lainnya di lingkungan Kemdikbud. “Sampai saat ini, pukul 10.30, sudah 100 orang. Mudah-mudahan tercapai 200 orang,” katanya. Acara donor darah ini selesai pada pukul 12.00 WIB. Wisnu mengatakan, kegiatan ini bukan sebuah kewajiban, tapi lebih menjadi imbauan untuk membantu sesama. Dia menambahkan, imbauan telah disampaikan pada semua level struktural yang ada di Kemdikbud. Dokter yang bertugas di Kemdikbud pun ikut memantau proses donor darah ini.

…dst

36 ) Pembayaran Tunjangan Guru Siap Diambil Alih
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/29/08043361/Pembayaran.Tunjangan.Guru.Siap.Diambil.Alih

Selasa, 29 Mei 2012 | 08:04 WIB
Jakarta, Kompas – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kemungkinan mengambil alih pembayaran tunjangan profesi pendidik demi kelancaran. Kepastiannya menunggu hingga Juli atau triwulan kedua pembayaran. “Kami akan lihat sampai Juli. Jika pemerintah daerah tetap tak bisa membayar lancar, kami akan cari mekanisme lebih baik,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, akhir pekan lalu, di Jakarta. Tunjangan profesi triwulan pertama 2012 semestinya disalurkan ke rekening pribadi penerima, April lalu. Namun, hingga Minggu lalu, ada yang tak kunjung cair karena tak ada SK pencairan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Nuh, SK masing-masing direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah selesai Maret. Dana pun sudah disalurkan kepada pemerintah provinsi.

…dst

37 ) Kucurkan Duit untuk Daerah Peraih Nilai Unas Terjelek
http://www.jpnn.com/read/2012/05/29/128774/Kucurkan-Duit-untuk-Daerah-Peraih-Nilai-Unas-Terjelek-

Selasa, 29 Mei 2012 , 06:06:00
JAKARTA – Setiap tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengucurkan Rp 1 miliar untuk setiap kabupaten atau kota peraih nilai unas jeblok. Kucuran ini digunakan untuk membantu peningkatan pendidikan setempat. Untuk tahun ini, bantuan tetap dikucurkan namun jumlahnya belum ditetapkan. Mendikbud Muhammad Nuh menuturkan, bantuan pemberian uang kepada daerah peraih nilai yang kurang bagus ini merupakan bentuk intervensi pemerintah pusat. Dia mengatakan, intervensi ini dalam prakteknya mampu meningkatkan pendidikan di daerah tertentu. Nuh mencontohkan pemberian subsidi pascaunas kepada Provinsi NTT beberapa tahun lalu. Setelah bantuan diberikan sebesar Rp 1 miliar per kota atau kabupaten, hasil unas di NTT terus mengalami peningkatan. Sekarang tingkat kelulusan di NTT terus naik walaupun masih berada di juru kunci diantara provinsi se Indonesia. Tahun ini, tingkat ketidaklulusan unas SMA/sederajat di NTT 5,50 persen.

…dst