1 ) Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Undangan Dipercepat
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/355

05/26/2012
Jakarta — Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur undangan semula dijadwalkan akan diumumkan 28 Mei 2012. Namun, karena hasil Ujian nasional (UN) diumumkan lebih cepat, maka pengumuman hasil SNMPTN jalur undangan dimajukan hari ini, Sabtu (26/05), pukul 17.00. “Pengumumannya bisa dilihat di http://www.snmptn.ac.id dan http://www.its.ac.id ” ujar Sekretaris Umum SNMPTN Rochmat Wahab, saat menggelar jumpa pers di Gedung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Sabtu (26/05) siang. Keputusan untuk mempercepat pengumuman hasil jalur undangan ini diambil dengan pertimbangan untuk memberi waktu lebih panjang bagi siswa untuk melengkapi pendaftaran SNMPTN ujian tulis. Hingga saat ini, kata Rochmat, masih sekitar 90 ribu pendaftar yang telah memiliki PIN, belum mendaftar online. “Kita pastikan tidak ada penambahan waktu pendaftaran seperti tahun lalu, yang diperpanjang hingga dua hari. Tahun ini, pendaftaran akan ditutup 31 Mei,” katanya. Jumlah pendaftar SNMPTN jalur undangan sebanyak 236.811 orang, termasuk di dalamnya siswa yang mendaftar untuk program bantuan biaya pendidikan Bidikmisi, yaitu 75.034 orang. Dari jumlah tersebut yang dinyatakan lulus seleksi sebanyak 53.401 orang, di dalamnya sebanyak 15.313 orang dinyatakan lulus seleksi akademik program Bidikmisi. “Untuk program Bidikmisi, yang sekarang dinyatakan lulus, baru lulus seleksi akademik saja. Mereka akan dipanggil pada 12-13 Juni untuk verifikasi,” ucap penanggung jawab teknologi informasi dan komunikasi SNMPTN, Triyogi Yuwono, yang juga Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

…dst

2 ) Beasiswa Bidik Misi Hanya untuk Siswa Miskin
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/26/15445138/Beasiswa.Bidik.Misi.Hanya.untuk.Siswa.Miskin

Sabtu, 26 Mei 2012 | 15:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Rochmat Wahab mengimbau agar seluruh siswa mengedepankan kejujuran saat akan melamar di program beasiswa Bidik Misi. Semua tindak kecurangan akan terungkap saat siswa bersangkutan melakukan verifikasi data. “Soal Bidik Misi, dari awal yang kita harapkan adalah kejujuran. Semua kebohongan akan ketahuan saat diverifikasi, kalau perlu kita lakukan visitasi ke rumah mahasiswa bersangkutan,” kata Rochmat, Sabtu (26/5/2012), di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta.Ia menegaskan, jika ditemukan upaya kecurangan, maka konsekuensinya adalah sanksi tegas bagi para pelakunya. Misalnya, digagalkan kesempatan memperoleh beasiswa tersebut, baik di PTN yang menerimanya maupun di PTN lain. “Bidik Misi hanya untuk siswa yang benar-benar miskin. Jika ketahuan curang, maka akan dibatalkan kesempatannya,” kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu.

…dst

3 ) Selamat bagi Peserta yang Lolos SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2881:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Jakarta, 26 Mei 2012–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menetapkan jumlah siswa yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui Jalur Undangan tahun ini.Tercatat, 53.401 siswa akan diterima di PTN melalui Jalur Undangan. Setidaknya, 236.811 siswa telah mendaftar SNMPTN Jalur Undangan, termasuk 75.034 siswa yang mendaftar melalui Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi. “Yang lolos Jalur Undangan itu sekitar 22,55%, termasuk didalamnya siswa penerima program Bidikmisi sebanyak 15.313 atau setara dengan 20.41%,” ujar Sekretaris Umum Panitia SNMPTN 2012, Rochmat Wahab kepada wartawan di Gedung D Kemdikbud, Jakarta.Rochmat yang juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengungkapkan, jumlah pendaftar SNMPTN Jalur Undangan tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, hingga 9%. “Peningkatan itu sebagian besarnya dari penerima program Bidikmisi yang naik sekitar 7%,” tambahnya. Program Bidikmisi diharapkan mengedepankan kejujuran. Kelayakan penerima dinilai melalui proses verifikasi ke tempat tinggal calon penerima bantuan. Apabila diindikasikan bahwa calon penerima Bidikmisi melakukan penipuan data, maka pencalonannya akan dibatalkan.

…dst

4 ) Hanya 33% Siswa Lulus Jalur Undangan SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/26/373/636084/hanya-33-siswa-lulus-jalur-undangan-snmptn

Sabtu, 26 Mei 2012 14:51 wib
JAKARTA – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur undangan telah selesai dilaksanakan. Dari sekira 230 ribu pendaftar jalur undangan, hanya 75.034 peserta yang dinyatakan lolos seleksi. Jumlah itu sekira 33 persen dari total peserta jalur undangan. Jumlah tersebut terdiri dari 53.401 peserta jalur undangan dan 15.313 merupakan penerima Bidik Misi. Dibandingkan tahun lalu, jumlah pendaftar jalur undangan 2012 meningkat sembilan persen. Demikian pula dengan peserta program Bidik Misi yang meningkat tujuh persen. Sekretaris Umum (Sekum) SNMPTN 2012 Rochmat Wahab menyebutkan, jumlah penerima Bidik Misi melalui jalur undangan masih jauh dari kuota yang ditetapkan oleh Kemendikbud, yakni 40 ribu. “Sisanya yang sekira 25 ribu akan diambil dari berbagai jalur baik jalur tulis maupun mandiri. Jadi mereka yang diterima melalui dua jalur tersebut dan merupakan siswa miskin akan diberikan beasiswa bidik misi tersebut,” kata Rochmat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2012).

…dst

5 ) Cara Rektor Tangani Mark Up Nilai Rapor
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/26/373/636102/cara-rektor-tangani-mark-up-nilai-rapor

Sabtu, 26 Mei 2012 15:28 wib
JAKARTA – Penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan rawan akan kecurangan pemalsuan nilai rapor. Hal ini terbukti dengan ditemukannya sejumlah aksi tersebut di berbagai wilayah. Tiap PTN memiliki cara berbeda untuk mengatasi kecurangan yang dilakukan pihak sekolah yang terbukti memalsukan nilai rapor sang siswa. Namun, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Tri Yogi Yuwono menanggapinya dengan santai. “Mungkin saja nilai rapor bisa dimark up tapi rangking tidak bisa. Kami tidak membandingkan nilai, tapi membandingkan rangking. Jadi hentikan saja mark up nilai itu,” kata Triyogi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2012). Institut Pertanian Bogor (IPB) punya cara lain untuk membuat jera para pelaku mark up nilai rapor. Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yonny Koesmaryono menyebutkan, IPB tidak tanggung-tanggung akan mengeluarkan mahasiswa yang terbukti melakukan kecurangan. “Tahun lau di IPB kami mengeluarkan 10-20 mahasiswa yang setelah diverifikasi lewat buku induk terbukti melakukan mark up nilai. Karena ini tingkat nasional, maka data prestasi tiap sekolah dikonsolidasikan di tingkat nasional dan dipakai di tiap PTN,” ujar Yonny menjelaskan.

…dst

6 ) PTN Kompak Proteksi Pengalokasian Bidikmisi
http://www.jpnn.com/read/2012/05/27/128582/PTN-Kompak-Proteksi-Pengalokasian-Bidikmisi-

Minggu, 27 Mei 2012 , 06:16:00
JAKARTA – Dari jumlah pelamar SNMPTN jalur undangan yang sudah dinyatakan, 15.313 pelamar diantaranya adalah penerima bidik misi. Dimana mereka akan mendapatkan beasiswa pendidikan penuh untuk delapan semester komplit dengan uang untuk biaya hidup. Pengucuran bidikmisi periode 2011 dipenuhi banyak penyimpangan. Diantara yang paling banyak adalah pemberian bidikmisi yang tidak tepat sasaran. Beasiswa ini sudah tegas diperuntukkan bagi calon mahasiswa miskin. Tetapi di beberapa kampus ada penerima bidikmisi yang diduga dari kalangan keluarga mampu. Kasus penyimpangan pengucuran Bidikmisi ini ramai dikabarkan terjadi di Universitas Sumatera Utara (USU). Sayangnya sampai saat ini Kemendikbud belum melansir hasil penelusurannya. Ternyata kasus pengucuran bidikmisi yang tidak tepat sasaran juga terjadi di ITS. Di kampus yang dipimpin Tri  Yogi Yuwono itu, sekitar 70 mahasiswa program bidikmisi ternyata berasal dari keluarga mampu bahkan kaya. “Kasus ini murni tidak ada unsur kesengajaan,” tutur Tri Yogi yang ikut mendampingi Rochmat, kemarin (26/5). Tri Yogi mengatakan, kasus ini terjadi karena ada salah persepsi dari pihak sekolah asal mahasiswa tadi. Dia mengatakan, pihak sekolah tidak tahu jika bidikmisi ini adalah diperuntukkan untuk keluarga miskin. Kondisi ini diperparah dengan pihak kampus yang tidak meneliti dengan seksama dokumen-dokumen yang diserahkan pelamar.

…dst

7 ) 4.918 Bangku Sisa Jalur Undangan Dioper ke Jalur Tulis
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/26/373/636092/4-918-bangku-sisa-jalur-undangan-dioper-ke-jalur-tulis

Sabtu, 26 Mei 2012 15:11 wib
JAKARTA – Dari 58.329 kursi yang disediakan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan, masih tersisa 4.918 kursi. Menurut Sekretaris Umum (Sekum) Rochmat Wahab, kursi kosong pada jalur undangan tidak dapat dipaksakan untuk terisi semua dengan berbagai pertimbangan. Rochmat menyebutkan, sejumlah kursi kosong ini terjadi dengan beberapa alasan. “Pertama, tidak semua PTN dapat peminat sesuai kuota dan kedua setiap PTN berhak menentukan passing grade tiap program studi (prodi),” kata Rochmat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2012). Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengungkapkan, upaya pengisian bangku kosong tersebut akan dilakukan lewat jalur tulis. “Setelah pengumuman jalur undangan, nanti rektor masing-masing PTN akan meng-update jumlah kuota prodi di PTN tersebut,” ujarnya menambahkan.

…dst

8 ) Unhas Terima 1.120 Peserta Jalur Undangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/25/373/635856/unhas-terima-1-120-peserta-jalur-undangan

Sabtu, 26 Mei 2012 16:12 wib
JAKARTA – Sebanyak 1.120 orang calon mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dinyatakan lulus Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Para calon mahasiswa tersebut tersebar dalam 58 program studi (prodi) yang ada di Unhas.Para calon mahasiswa baru ini terdiri atas 1.052 orang dari 12.123 peminat pilihan I Unhas dan 68 orang lainnya lulus dari 6.181 peminat yang menempatkan Unhas sebagai pilihan II. Pokja SNMPTN Jalur Undangan dari Unhas Andi Ilham Makhmud melalui Kepala Humas Unhas Dahlan Abubakar menyebutkan, dari 1.120 orang yang dinyatakan lulus, 332 orang (29,6 persen) dinyatakan memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa Bidik Misi.

…dst

9 ) Ketua Kabalitbang : Tidak Lulus Bukan Akhir Segalanya
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/26/373/636218/ketua-kabalitbang-tidak-lulus-bukan-akhir-segalanya

Minggu, 27 Mei 2012 10:04 wib
JAKARTA – Luapan kegembiraan tengah membuncah dalam diri para pelajar kelas XII di seluruh Indonesia. Mereka yang telah dinyatakan lulus bersiap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, di balik kegembiraan para pelajar tersebut, sejumlah 0,5 persen dari dua juta peserta Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA dan sederajat terpaksa menunda kelulusan mereka. Ketua Kabalitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar menyebutkan, meski tingkat kelulusan meningkat, kita harus tetap berempati terhadap mereka yang tidak lulus. “Bagaimanapun juga, setengah persen dari dari total peserta UN SMA/SMK/MA dan sederajat tahun ini adalah manusia. Maka, jangan hanya melihat jumlah saja, tapi kita harus tetap berempati,” ujar Khairil ketika berbincang dengan Okezone, Minggu (27/5/2012). Dia menyebutkan, keputusan lulus atau tidaknya siswa tidak hanya mempertimbangkan nilai UN tapi juga nilai Ujian Sekolah dengan komposisi 40-60 persen. “Saya kira, ketidaklulusan sudah memperhitungkan nilai UN dan ujian sekolah. Jadi ujian sekolah anak tersebut dinilai kurang, maka ke depan usahanya harus lebih ditingkatkan,” katanya menjelaskan. Menurut Dekan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut, tidak lulus dalam UN bukanlah akhir dari segalanya. Maka, dia mengimbau agar para pelajar yang tidak lulus tetap bersemangat. “Ikut ujian tidak hanya soal kelulusan. Jika seorang anak tidak lulus, bukan berarti akhir dari segalanya sebab masih ada kesempatan lain seperti Paket C atau kesetaraan maupun ikut UN tahun berikutnya,” tutur Khairil. Dia menegaskan, para pelajar yang akan mengikuti paket C tidak perlu merasa khawatir akan adanya perbedaan antara ijazah paket C dengan UN. “Tidak usah khwatir. Paket C merupakan program kesetaraan sehingga tidak akan berbeda dengan UN,” tukasnya.

…dst

10 ) Siswono: PTS Harus Bebas Biaya PBB!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/26/18081294/Siswono.PTS.Harus.Bebas.Biaya.PBB.

Sabtu, 26 Mei 2012 | 18:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua dan Pembina Yayasan Pendidikan Pancasila – Universitas Pancasila Siswono Yudo Husodo meminta pemerintah menghapus kewajiban perguruan tinggi swasta (PTS) membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kewajiban pajak itu memberatkan dan menghambat peningkatan mutu seluruh PTS. Siswono mengatakan, dengan luas sekitar 10 hektare, setiap tahun Universitas Pancasila membayar PBB hingga ratusan juta rupiah. Hal ini sontak menghambat kampusnya ketika ingin memberikan beasiswa melanjutkan studi kepada para dosen. “Pemerintah seharusnya menghapus kewajiban membayar PBB untuk kampus swasta,” kata Siswono, di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (26/5/2012). Ia beranggapan, kewajiban kampus swasta membayar PBB merupakan bentuk diskriminasi pada PTS. Pasalnya, seluruh PTN dibebaskan kewajibannya membayar PBB, termasuk ditanggung seluruh biaya operasionalnya. Baginya, beban membayar PBB tak sebanding dengan apa yang telah dihasilkan PTS dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. “Ribuan sarjana telah kita cetak, pemerintah harusnya membebaskan (bayar) PBB. Atau potongan,” ujarnya.

…dst

11 ) UGM Tambah 73 Dokter Hewan Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/25/373/635851/ugm-tambah-73-dokter-hewan-baru

Sabtu, 26 Mei 2012 15:14 wib
JAKARTA – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menambah jumlah dokter hewan di Indonesia sebanyak 73 orang. Upacara pelantikan berlangsung di University Club UGM dipimpin oleh Dekan FKH UGM Bambang Sumiarto. Ke-73 dokter hewan yang dilantik tersebut terdiri atas 41 pria dan 32 wanita, dengan masa studi rata-rata profesi satu tahun tiga bulan. Lulusan dokter hewan terbaik diraih oleh Imron Rosyiadi, mantan Ketua BEM FKH. Sementara lulusan termuda diraih Rian Hari Suharto dalam usia 23 tahun dua bulan. “Dengan 73 dokter hewan baru, maka hingga saat ini jumlah lulusan FKH UGM mencapai 4.078 lulusan. Dari data itu berarti sepertiga dokter hewan yang ada di Indonesia merupakan lulusan FKH UGM,” ujar Bambang, seperti dinukil dari laman UGM, Sabtu (26/5/2012). Menurut Bambang, tren kebutuhan dokter hewan yang meningkat dari tahun ke tahun diharapkan tidak meninabobokan lulusan FKH UGM. Beberapa dekade terakhir, kecepatan melahirkan dokter hewan tetap tidak dapat memenuhi tuntutan kebutuhan profesi.”Karenanya, saya mengingatkan bahaya sindrom cepat puas diri yang menggerogoti dan membekap kita. Hal itu bisa menurunkan tingkat kompetensi dalam persaingan yang semakin ketat dan akan membenamdasarkan profesi dokter hewan,” imbuhnya.

…dst

12 ) LPSK-UII Kerjasama untuk Memperkuat Perlindungan Saksi
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/05/26/m4mkgh-lpskuii-kerjasama-untuk-memperkuat-perlindungan-saksi

Sabtu, 26 Mei 2012, 17:20 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menjalin kerjasama dengan Fakulkas Hukum, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, dalam usaha mengoptimalkan peran lembaga tersebut dalam penegakan hukum dan criminal justice system di Indonesia. Kerjasama ini dituangkan dalam MoU yang ditandatangi Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai dan Rektor UII Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Sabtu (25/05). Ketua LPSK Abdul Haris mengatakan kerjasama dengan UII meliputi kegiatan pendidikan, pengajaran dan pelatihan perlindungan saksi dan korban, penelitian dan pengembangan perlindungan saksi dan korban, serta pengabdian masyarakat dalam upaya perlindungan saksi dan korban. Selain itu, kata dia, kerjasama ini juga dibutuhkan untuk penguatan peran dan fungsi LPSK menuju optimalisasi perlindungan saki dan perannya sebagai whistleblower dan justice collabolator.

…dst

13 ) UBH Kirim Ribuan Mahasiswa KKN di 55 Nagari
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/26/373/636036/ubh-kirim-ribuan-mahasiswa-kkn-di-55-nagari

Sabtu, 26 Mei 2012 17:01 wib
PADANG – Universitas Bung Hatta (UBH) menerjunkan ribuan mahasiswanya ke tujuh kabupaten dalam program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Sebanyak 1.676 mahasiswa tersebut akan disebar ke 55 kenagarian di tujuh Kabupaten, yakni Kabupaten Tanah Datar, Agam, Pesisir Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Sijunjung. Hal itu disampaikan Elfiondri, Koordinator pelaksana KKN-PPM 2012, saat pembekalan peserta KKN-PPM di Aula Balirung Caraka Gedung B, Sabtu (26/5/2012). Menurut Elfiondri, tahun ini merupakan kali kedua penyelenggaraan program KKN-PPM 2012 setelah 31 tahun kiprah UBH di dalam dunia pendidikan tinggi. “Selama kegiatan KKN-PPM berlangsung, mahasiswa akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen Koordinator Kabupaten. Semua peserta juga akan dilindungi asuransi dan jaminan kesehatan,” ujar Elfiondri.

…dst

14 ) Puluhan Perguruan Tinggi Ikuti Kontes Robot
http://tekno.liputan6.com/read/405658/puluhan-perguruan-tinggi-ikuti-kontes-robot

27/05/2012 06:17 | Kontes Robot
Liputan6.com, Sumedang: Sebanyak 67 tim dari 29 perguruan tinggi seluruh Indonesia mengikuti kontes robot Indonesia di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (26/5). Kontes robot melombakan aneka bentuk robot dan kategori mulai dari lomba kecepatan, ketangkasan, dan kecerdasan. Para peserta berlomba untuk menjadi yang terbaik dan tercepat. Ada pula beberapa perserta mengalami kendala dalam segi teknis. Banyak robot yang tak mau berfungsi dengan baik sehingga nilai yang diperoleh tiap peserta pun kurang memuaskan. Kontes robot ini akan digelar tiap tahun. Yaitu dengan mengikutsertakan seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. Dengan diadakannya kontes robot Indonesia ini, diharapkan kelak akan mampu bersaing di kancah internasional sekaligus memberikan kesempatan memperkenalkan hasil karya teknologinya.(AIS)

…dst

15 ) Sebagian siswa mulai bersiap masuk perguruan tinggi
http://www.antaranews.com/berita/312635/sebagian-siswa-mulai-bersiap-masuk-perguruan-tinggi

Sabtu, 26 Mei 2012 17:30 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Siswa tingkat akhir SMA Negeri 8 Jakarta yang tahun ini semuanya lulus ujian nasional memilih memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri guna mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi usai pengumuman hasil ujian, tidak ada acara khusus untuk merayakan kelulusan di sekolah. Anak-anak memilih intensif mempersiapkan diri untuk ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibanding kumpul-kumpul, kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum di SMA Negeri 8 Jakarta, Heri Budi Prasetyo, ketika ditemui Sabtu. Menurut dia, tahun ini 133 dari 419 siswa yang lulus mengikuti SNMPTN jalur undangan namun sekolah belum mengetahui kapan pengumuman tentang hasil seleksi tersebut disampaikan.

…dst

16 ) Mengenal Mutiarani, Siswi dengan Nilai UN Tertinggi se-Indonesia
http://news.detik.com/read/2012/05/27/061015/1925633/10/mengenal-mutiarani-siswi-dengan-nilai-un-tertinggi-se-indonesia?n991102605

Minggu, 27/05/2012 06:10 WIB
Semarang, Mutiarani, murid kelas XII Akuntansi 1 SMKN 2 Semarang mendapatkan nilai tertinggi dalam kelulusan tingkat SMA/SMK/MA tahun 2012. Meski hidup dalam kesederhanaan, ia tidak pernah setengah-setengah dalam menempuh pendidikan. Siswi yang dikenal pendiam tersebut tinggal bersama Ibu dan dua kakaknya yang sudah bekerja. Ibu Mutiarani, Sutarmi bekerja sebagai penjaga rumah milik pengusaha minyak di dekat rumahnya di desa Sutak RT6 RW4, Pudak Payung, Semarang. Sementara itu ayahnya, Juwarto meninggal sejak tahun 2007 lalu akibat penyakit ginjal. Dengan penghasilan ibunya yang hanya Rp 600 ribu/bulan, tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti pelajaran di bimbingan belajar selain sekolah. Namun demikian ia mengakali hal tersebut dengan belajar rutin mulai pukul 19.00 WIB. “Sampai rumah biasanya pukul 15.00 WIB terus istirahat sebentar setelah itu membantu ibu. Terus pukul 19.00 WIB disempatkan belajar,” kata Mutiarani di sekolahnya, jalan Dr. Cipto, Semarang, Sabtu (26/5/2012).

…dst

17 ) Triawati Raih Nilai UN SMA Tertinggi di Seluruh Indonesia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/27/322281/293/14/Triawati-Raih-Nilai-UN-SMA-Tertinggi-di-Seluruh-Indonesia

Minggu, 27 Mei 2012 07:12 WIB
KUNINGAN–MICOM: Nilai tertinggi hasil Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat diraih siswi SMAN II Kuningan, Jawa Barat. Triawati Octaviani meraih nilai di atas rata-rata 9 untuk semua mata pelajaran. Senyum terus mengembang di bibir Triawati. Bagaimana tidak, nilainya dinyatakan menjadi yang tertinggi di tingkat nasional. Triawati meraih angka kumulatif 58,60. Untuk mata pelajaran Kimia, ia mendapat angka 10, sedangkan Fisika dan Matematika 9,75. “Kaget aja enggak nyangka, soalnya masih ada yang lebih pintar (di kelas),” ujar Triawati, Sabtu (26/5). Kini Triawati fokus mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke bangku perguruan tinggi.(MTV/OL-11)

…dst

18 ) Mobil Listrik Sangat Dibutuhkan Indonesia
http://iptek.tvonenews.tv/berita/view/56906/2012/05/26/mobil_listrik_sangat_dibutuhkan_indonesia.tvOne

Sabtu, 26 Mei 2012 08:48 WIB
Purwokerto, (tvOne).Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta menyatakan mobil listrik yang diusung menjadi mobil nasional sangat dibutuhkan karena bisa menjadi solusi terhadap permasalahan krisis energi yang dihadapi Indonesia.”Saya, selaku Menteri Negara Riset dan Teknologi selalu mengimbau agar produk yang dibuat anak bangsa harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Gusti dalam pers rilis dari Tim Staf Khusus Menegristek, Sabtu (26/5) pagi. Selain menjadi solusi, mobil listrik karya anak bangsa dari empat perguruan tinggi juga dinyatakan sebagai mobil yang ramah lingkungan. Dia mengatakan, mobil listrik juga sangat dibutuhkan karena sangat efektif dan efisien menggantikan mobil yang berbahan bakar fosil (BBM) yang semakin hari semakin berkurang.”Oleh karena itu, kenapa mobil listrik ini sangat dibutuhkan? Karena bisa menjadi solusi terhadap krisis energi, ramah lingkungan, dan efisien. Semoga dengan adanya dukungan dari Presiden mobil ini cepat terealisasi,” kata Menristek.

…dst

19 ) Transit Venus, Momentum Kenalkan Astronomi ke Anak-anak
http://sains.kompas.com/read/2012/05/25/16474711/Transit.Venus.Momentum.Kenalkan.Astronomi.ke.Anak-anak

Jumat, 25 Mei 2012 | 16:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang hadirnya fenomena langka Transit Venus, yakni saat planet Venus melintas di muka Matahari pada 6 Juni 2012 mendatang, Universe Awareness (Unawe) mengadakan rangkaian kegiatan sosialisasi astronomi kepada anak-anak dan guru. Rangkaian kegiatan akan dipusatkan di Atambua, Nusa Tenggara Timur, sebuah kota yang berbatasan dengan Timor Leste. Kegiatan akan dilakukan selama tiga hari mulai 4-6 Mei 2012, mencakup kegiatan pelatihan lewat aktivitas serta pengamatan. “Kita akan adakan pelatihan lewat hands on activities kepada guru-guru, sekaligus mengetahui bagaimana astronomi diajarkan di sekolah,” ungkap Yatny Yulianty dari Unawe saat dihubungiKompas.com, Kamis (24/5/2012). “Selain itu, kita juga akan adakan kegiatan astro kids, bagaimana mengenalkan astronomi kepada anak-anak lewat permainan, misalnya lewat ular tangga yang petak-petaknya bernuansa astronomi,” tambah Yatny. Puncak kegiatan sosialisasi adalah pengamatan fenomena Transit Venus bersama dengan publik. Hasil pengamatan dari Atambua akan bisa dinikmati publik di Timor Leste lewat live streaming. Demikian pula sebaliknya. Dengan cara ini, pengamatan Transit Venus membawa misi perdamaian.

…dst

20 ) Transit Venus, Sekali Seumur Hidup
http://sains.kompas.com/read/2012/05/24/0624463/Transit.Venus.Sekali.Seumur.Hidup

Kamis, 24 Mei 2012 | 06:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena astronomi langka, Transit Venus, akan terjadi pada Rabu, 6 Juni 2012. Secara sederhana, fenomena Transit Venus adalah mampirnya Planet Venus di permukaan Matahari. Venus berada di antara Matahari dan Bumi. Karena piringan Venus kecil, maka saat transit, planet kedua terdekat dari Tata Surya ini akan tampak sebagai bintik hitam yang bergerak di permukaan matahari.
Fenomena ini terakhir terjadi pada tahun 2004 lalu. Periode terjadinya fenomena ini adalah 8, 121, 5, 8, dan 105,5 tahun. Setelah tahun ini, Transit Venus baru akan terjadi tahun 2117. Maka dari itu, pantaslah bila fenomena ini disebut sekali seumur hidup. Pada 6 Juni nanti, transit akan terjadi sekitar pukul 05.14 hingga 11.50 WIB. Fenomena ini hanya bisa diamati dengan teleskop. Komunitas astronom amatir di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung berencana mengajak publik menikmatinya. Wilayah Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat hanya berkesempatan melihat sebagian proses transit. Sementara itu, wilayah seperti Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua berkesempatan melihat proses transit dari awal hingga akhir.

…dst

21 ) Fenomena Langit Langka Akan Terjadi Tahun 2012
http://sains.kompas.com/read/2012/01/02/15164957/Fenomena.Langit.Langka.Akan.Terjadi.Tahun.2012

Senin, 2 Januari 2012 | 15:16 WIB (berita Januari di post ulang)
JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena langit langka akan terjadi pada pertengahan tahun ini, tepatnya 6 Juni 2012. Venus akan singgah di muka Matahari yang dalam astronomi dikenal sebagai transit Venus. Saat transit Venus terjadi, Bumi, Venus, dan Matahari ada dalam posisi segaris. Venus berada di antara Bumi dan Matahari. Posisi tersebut mirip seperti saat gerhana Bulan, yaitu saat Bulan, Bumi, dan Matahari ada dalam posisi segaris. Perbedaannya, saat transit Venus, piringan Venus tidak cukup besar untuk bisa menutupi piringan Matahari yang lebih besar.

…dst

22 ) Ditemukan Alat Musik Tertua di Dunia
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/05/26/92455/Ditemukan-Alat-Musik-Tertua-di-Dunia/3

Sabtu, 26 Mei 2012 16:49 WIB
Metrotvnews.com, Munich: Para peneliti berhasil mengidentifikasi apa yang mereka sebut sebagai alat musik tertua di dunia. Alat musik tiup, flute, yang terbuat dari tulang burung dan gading gajah purba itu ditemukan di sebuah gua di Jerman selatan. Penemuan alat musik ini juga membuktikan keberadaan manusia modern, Homo sapien, yang mendiami wilayah Eropa. Berdasarkan analisa karbon, kalangan ilmuwan meyakini alat musik tiup itu berusia antara 42 ribu dan 43 ribu tahun. Temuan ini dimuat dalam Journal of Human Evolution. Tim peneliti yang dipimpin Prof Tom Higham dari Universitas Oxford mengatakan, usia alat musik tidak jauh berbeda dengan usia tulang-belulang hewan purba yang ditemukan di gua Geissenkloesterle di kawasan Swabian Jura, Jerman. Prof Nick Conard, peneliti dari Universitas Tuebingen, melakukan penggalian di situs tersebut pada 2009. Conrad mengatakan, alat musik tersebut merupakan alat musik tertua di dunia.

…dst

23 ) Operasi caesar perbesar resiko obesitas anak
http://www.antaranews.com/berita/312294/operasi-caesar-perbesar-resiko-obesitas-anak

Kamis, 24 Mei 2012 17:57 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Bayi yang terlahir melalui operasi caesar dua kali lebih besar berpotensi mengalami obesitas ketimbang yang terlahir secara alami, demikian dinyatakan oleh tim peneliti dari Boston Children Hospital, Massachusetts, Amerika Serikat.Seperti dikutip dari laman BBC, tim peneliti menyatakan kelahiran dengan caesar dapat mengakibatkan perbedaan komposisi bakteri di dalam perut dan usus sehingga mempengaruhi bagaimana makanan dicerna–di antara kedua cara melahirkan yang berbeda.Tim peneliti menemukan potensi obesitas menjadi ganda ketika anak berusia tiga tahun. Penelitian dilakukan terhadap 1.255 pasangan ibu dan anak selama tahun 1999–2002. Para ibu yang bergabung dalam penelitian telah dicatat dalam arsip terhadap penyakit di masa anak-anak–sebelum minggu ke-22 masa kehamilan. Tim peneliti menemukan keterkaitan antara berat badan, ketebalan kulit, dan bagaimana bayi terlahir.

…dst

24 ) PNS dan “Skandal” Dana Perjalanan Dinas
http://fokus.vivanews.com/news/read/317169-perjalanan-dinas-diselewengkan–ini-modusnya

JUM’AT, 25 MEI 2012, 21:49 WIB
VIVAnews -Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Herry Purnomo, mengungkapkan cara Pegawai Negeri Sipil (PNS) nakal menyelewengkan anggaran perjalanan dinas kian pintar. Mereka mengakali celah sistem reimburstment yang baru diterapkan beberapa tahun ini. Herry menceritakan, ketika sistem itu baru diterapkan pada masa kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati, PNS masih mencari-cari kiat untuk curang. Kini, mereka telah punya banyak cara mengakali sistem, seperti memalsukan tiket penerbangan atau boarding pass pada saat reimburstment. “Tapi BPK pintar, dicari manifesnya, ada nggak. Ternyata tidak ada. Ini pola-pola lama,” ujarnya di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat 25 Mei 2012. Untuk menanggulanginya, Herry mengatakan, peran atasan sangat penting, khususnya dalam pengawasan. Hal itu mencakup, misalnya apakah bukti perjalanan dinas sah atau tidak, kemudian apakah perjalanan itu betul dilakukan oleh bawahannya. “Dia harus awasi itu, berangkat tidak, kemudian dicek boarding pass-nya bagaimana,” katanya. Meskipun demikian, Herry mengakui, “main mata” antar atasan dan bawahan masih terjadi.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.