1 ) Rombongan Mahasiswa Kecelakaan, Satu Tewas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/497503/

Thursday, 24 May 2012
CIREBON –Minibus rombongan mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bertabrakan dengan truk di tol Palimanan- Kanci (Palikanci) Cirebon Km 233, kemarin. Akibatnya, satu orang tewas dan empat lainnya luka berat. Berdasarkan informasi, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.45 WIB.Kejadian berawal ketika minibus travel nopol N 7420 AU yang ditumpangi mahasiswa ITN Malang ini melaju di belakang sebuah bus pariwisata nopol DK 9214 JE. Penumpang bus pariwisata itu sendiri diketahui masih satu rombongan dengan penumpang pada minibus travel. Saat bus yang dikemudikan Arif Rohman,32,warga Jalan Suropati, Malang,masuk gerbang tol Kanci, dari arah barat melaju sebuah truk nopol B 9380 DX.

…dst

2 ) SNMPTN 2012
206.678 Siswa Nekat Daftar SNMPTN
Meskipun Belum Ada Pengumuman Kelulusan
http://www.jpnn.com/read/2012/05/24/128255/206.678-Siswa-Nekat-Daftar-SNMPTN-

Kamis, 24 Mei 2012 , 05:39:00
JAKARTA – Panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mencatat, sebanyak 206.678 siswa telah mendaftar mengikuti ujian. Orang-orang tersebut bisa dikatakan nekat karena pengumuman kelulusan SMA, SMK, dan MA baru dilakukan 26 Mei mendatang. Bisa jadi yang mendaftar tidak dapat mengikuti ujian karena tidak lulus. Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab mengatakan, berdasarkan data yang diterima hingga Rabu (23/5) pukul 16.51 sebanyak 316.504 siswa telah membeli formulir ujian kelompok IPA, IPS, dan IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) atau gabungan IPA dan IPS. Namun, baru 206.678 saja yang mendaftar. “Masih ada siswa yang menunggu pengumuman kelulusan SMA. Tapi ada juga yang nekat sudah mendaftar. Mereka boleh-boleh saja melakukannya,” ujar Rochmat ketika dihubungi INDOPOS (JPNN Group) di Jakarta, Rabu (23/5).Meskipun begitu, Rochmat menilai, langkah yang dilakukan siswa-siswa nekat tersebut tidak salah. Menurutnya, pendaftaran yang dilakukan menandakan mereka yakin dengan hasil ujian nasional (Unas) dan ujian sekolah. “Mereka orang-orang dengan keyakinan tinggi. Masa Unas bisa dan ujian sekolah bisa tidak lulus,” nilai Rochmat.

…dst

3 ) Kesalahan Pengisian Form Pendaftaran Masih Banyak Terjadi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/23/21334299/Kesalahan.Pengisian.Form.Pendaftaran.Masih.Banyak.Terjadi

Rabu, 23 Mei 2012 | 21:33 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Panitia Lokal Bandung untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 mendapati banyaknya kesalahan pengisian pada biodata yang mengakibatkan kesalahan pada data calon peserta. Oleh karena itu, mereka menyarankan agar setiap calon peserta teliti sebelum menyetujui pendaftaran. Menurut Sekretaris Eksekutif Panitia Lokal Bandung-SNMPTN 2012, Asep Gana Suganda, salah satu kesalahan yang banyak ditemui adalah pengisian pada butir kebutuhan khusus oleh calon peserta yang seharusnya tidak membutuhkannya. Dia menjelaskan bahwa kebutuhan khusus disediakan bagi calon peserta tunanetra, tunarungu, tunawicara, atau tunadaksa. “Calon peserta yang tidak memiliki kebutuhan khusus tidak diperbolehkan mengisi butir tersebut. Seharusnya dikosongkan saja,” kata Asep, Rabu (23/5/2012) di Bandung, Jawa Barat.

…dst

4 ) Waspadai Penumpukan Pendaftar SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/634068/waspadai-penumpukan-pendaftar-snmptn

Rabu, 23 Mei 2012 13:33 wib
JAKARTA – Pendaftaran Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 diperkirakan akan mencapai puncaknya empat hari sebelum penutupan. Pendaftaran daring (online) SNMPTN 2012 dibuka sejak 10 Mei lalu hingga 31 Mei mendatang. Koordinator Humas dan Publikasi Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN Bandar Lampung Muhammad Komarudin menyatakan, penumpukan pendaftar terutama akan terjadi setelah pengumuman hasil jalur undangan, 28 Mei 2012. “Jadi akan ada waktu empat hari bagi mereka yang tidak lulus SNMPTN undangan untuk mendaftarkan diri pada SNMPTN tulis,” ujar Komarudin, seperti disitat dari situs Universitas Lampung (Unila), Rabu (23/5/2012). Komaruddin pun mengimbau, calon peserta SNMPTN sebaiknya segera mendaftar dan tidak perlu menunggu hingga akhir masa pendaftaran. Hal ini untuk mengantisipasi kendala pada akses internet. Meski begitu, Komaruddin memaparkan, panitia pusat sendiri telah mengantisipasi beratnya bebanserver pendaftaran SNMPTN. Bila pada hari biasa kecepatan aksesnya 100 megabite per detik, maka pada empat hari terakhir akan ditingkatkan dua kali lipat.

…dst

5 ) Mapala UI Terima Penghargaan Tugas Kemanusiaan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/23/17404718/Mapala.UI.Terima.Penghargaan.Tugas.Kemanusiaan

Rabu, 23 Mei 2012 | 17:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Tim Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) yang tergabung dalam penanganan, pencarian dan evakuasi korban pesawat Sukhoi Super Jet 100 menerima penghargaan dari Menteri Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Badan SAR Nasional (Basarnas). Penyerahan penghargaan dilakukan Rabu (23/5/2012) di Terminal Kedatangan Bandar Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta. Menurut ketua Mapala UI, Muhammad Ismatullah, penghargaan tersebut tidak terlalu diharapkan namun sekaligus membuat bangga, karena sesungguhnya bantuan yang dilakukan timnya adalah semata panggilan jiwa.”Bangga tapi bukan itu tujuan kami, sebab yang kami lakukan hanya misi kemanusiaan. Di mana tugas kami dalam kondisi sulit tersebut mencoba memberikan kontribusi. Saya sendiri mencoba mengkoordinasikan teman-teman yang mau turun menangani korban tersebut,” ujar Isma, panggilan akrab mahasiswa semester VIII Jurusan Kriminologi FISIP UI Depok ini.

…dst

6 ) Rektor UI Bangga dengan Mapala UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/23/16490226/Rektor.UI.Bangga.dengan.Mapala.UI

Rabu, 23 Mei 2012 | 16:49 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Somantri menyampaikan kebanggaannya kepada para mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UI. Hal itu ia katakan sesaat setelah menyerahkan piagam penghargaan kepada Mapala UI atas keterlibatan mereka dalam penanganan musibah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100. “Sebagai orang tua, saya bangga atas kecintaan Mapala UI yang tanpa pamrih kepada semua,” kata Gumilar, Rabu (23/5/2012), di Balai Kirti, Gedung Rektorat UI, Depok. Sebelum terjun pada musibah Sukhoi, kata Gumilar, Mapala UI juga seringkali ambil bagian di berbagai operasi kemanusiaan. Misalnya saat gempa dan tsunami di Aceh dan meletusnya gunung Merai di Yogyakarta beberapa tahun lalu.”Saya bangga dengan inisiatif dan semangat Mapala akan hal-hal seperti ini,” ungkapnya.

…dst

7 ) Mendikbud Berencana Resmikan Indonesian Studies di Inggris
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/24/321654/293/14/Mendikbud-Berencana-Resmikan-Indonesian-Studies-di-Inggris

Kamis, 24 Mei 2012 01:45 WIB
LONDON–MICOM: Mendikbud RI Mohammad Nuh akan meresmikan Indonesian Studies di Universitas Exeter, Inggris dalam rangkaian kunjungan kerja ke Inggris mulai tanggal 27 hingga 30 Mei mendatang. Menurut rencana Menteri juga akan mengadakan pertemuan dengan Minister of State for Universities and Science , David Willets, MP, di KBRI London dan berkunjung ke School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London dan Oxford University, demikian Atase Pendidikan KBRI London TA Fauzi Soelaiman di London, Inggris, Rabu (23/5). Dalam pertemuan dengan Minister of State for Universities and Science , David Willets, MP, Mendikbud akan didampingi Dubes RI TM Hamzah Thayeb, DCM Harry R.J. Kandou serta Atase Pendidikan akan melakukan penandatanganan MoU sebagai tindak lanjut dari kunjungan PM Inggris ke Indonesia beberapa waktu lalu. Salah satu butir dari MoU tersebut adalah pembentukan Joint Working Group (JWG) untuk membahas pelaksanaan kerja sama diantara kedua negara dengan melakukan workshop di Ruang Crutacala, KBRI London. Menurut Fauzi Soelaiman, kunjungan kerja Menteri pendidikan di Kerajaan Inggris ini akan memberikan perhatian khusus kepada peningkatan kerja sama di tingkat universitas.

…dst

8 ) PERTEMUAN TINGKAT MENTERI
Pendidikan Berkualitas Perlu Kolaborasi
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/24/05252478/pendidikan.berkualitas.perlu.kolaborasi

24 Mei 2012
Gyeongju, Kompas – Pendidikan masa kini menuntut perpaduan teknologi dan praktik pembelajaran yang inovatif. Perubahan ini menuntut kerja sama dan kolaborasi di antara penyedia layanan pendidikan, peneliti, dan pemangku kepentingan lain untuk memenuhi kebutuhan semua siswa dan pembelajar.Pendidikan ini untuk melengkapi siswa dengan kualitas pendidikan yang memampukan mereka beradaptasi dalam ekonomi global. Dunia kerja pun berubah dan berkembang menuntut tenaga kerja berpendidikan tinggi dan berkualitas serta kompeten. Ditambah perdagangan terbuka serta investasi dan integrasi ekonomi regional, penting menyediakan tenaga kerja terlatih, berpengetahuan, dan keahlian yang dibutuhkan mendukung pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, pendidikan penting memfasilitasi integrasi ekonomi regional dan meningkatkan kemakmuran di antara anggota APEC. Demikian pernyataan bersama para menteri pendidikan pada penutupan APEC Education Ministerial Meeting Ke-5 di Gyeongju, Korea Selatan, Rabu (23/5), seperti dilaporkan wartawan Kompas, Ester Lince Napitupulu. Sebanyak 21 pemimpin negara APEC bidang pendidikan sepakat bekerja sama dalam penelitian dan berbagi praktik terbaik untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan.

…dst

9 ) 50 Peneliti Se-Asia Ikuti International Camp
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/24/187273/50-Peneliti-Se-Asia-Ikuti-International-Camp

24 Mei 2012
SEMARANG- Sebanyak 50 akademisi dan peneliti dari berbagai universitas di Asia mengikuti International Camp, di kampus Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata, 23-25 Mei. Ketua Panitia Moediartianto menjelaskan, forum ilmiah tahunan ini berupa konferensi dan workshop tentang pengetahuan lokal yang ditemukan di beragam masyarakat serta inovasi perawatannya melalui teknologi digital media online. `’Topik-topik yang didiskusikan dari beragam bidang keilmuan, seperti teknologi, seni, lingkungan, hukum, ekonomi, bahasa, dan arsitektur,” katanya. Konferensi menghadirkan pembicara Dr Kuntoro dari Sanata Dharma Yogyakarta yang merupakan ahli di bidang teknologi informasi dan kebudayaan serta tiga pakar dari Indonesia dan Filipina yang menyampaikan kuliah umum dengan topik sama.

…dst

10 ) Ratusan PTS Jateng-DIY Tunggu Akreditasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/24/187274/Ratusan-PTS-Jateng-DIY-Tunggu-Akreditasi

24 Mei 2012
SEMARANG- Ratusan program studi (prodi) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jateng dan DIY menunggu hasil akreditasi yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi tersebut bagian dari ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, di mana seluruh prodi PTS harus terakreditasi. Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi di Jateng dan DIY Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, batas akreditasi bagi prodi PTS paling lambat 16 Mei lalu. Jika lebih dari itu, prodi yang belum terakreditasi dilarang menerbitkan ijazah. “Prodi PTS yang belum terakreditasi dan menerbitkan ijazah bagi mahasiswanya bisa dikenai denda hingga Rp 1 miliar,” katanya. Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V DIY Dr Bambang Supriyadi menyebutkan, 23% dari 508 prodi belum terakreditasi. Jumlah itu tersebar di 112 PTS. Adapun 133 prodi di sekitar 30 PTS kini sedang dalam proses akreditasi. Hasilnya bagaimana, hingga kini pihaknya belum mendapat informasi dari BAN PT. Pasalnya, proses akreditasi tanpa melalui Kopertis.

…dst

11 ) UGM Tuan Rumah Kongres Pancasila IV
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/24/079405805/UGM-Tuan-Rumah-Kongres-Pancasila-IV

KAMIS, 24 MEI 2012 | 10:16 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Kongres Pancasila IV pada 31 Mei dan 1 Juni 2012 mendatang di Balai Senat UGM Yogyakarta.  Kongres yang bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) dan Mahkamah Konstitusi (MK) akan melibatkan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. “Pada Kongres Pancasila IV, UGM kembali menjadi tuan rumah setelah sebelumnya juga pernah menjadi tuan rumah pada Kongres Pancasila I pada tahun 2009 lalu,” kata ketua panitia kegiatan, Prof Dr Sudjito, dalam pertemuan pers di Pusat Studi Pancasila UGM, Rabu petang kemarin, 23 Mei 2012. Kongres ini akan diikuti sekitar 400 peserta. Sebagai pembicara dihadirkan Ketua MK Prof Dr Moh. Mahfud Md., Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Ma’arif, Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin, guru besar Ekonomi Universitas Indonesia dan mantan anggota MPR Sri Edi Swasono, serta mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Transmigrasi Siswono Yudohusodo.

…dst

12 ) Pemkot Depok Gandeng IPB untuk One Day No Rice
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/634393/pemkot-depok-gandeng-ipb-untuk-one-day-no-rice

Kamis, 24 Mei 2012 10:04 wib
JAKARTA – Diversifikasi pangan, khususnya beras sebagai makanan pokok perlu dilakukan mengingat masih banyak hasil pertanian lain di Tanah Air dengan jumlah yang cukup melimpah. Untuk itu, Institut Pertanian Bogor (IPB) menelurkan inovasi beras analog sebagai pengganti beras.
Produk yang terbuat dari jagung dan sagu ini ternyata menarik perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Bahkan, Pemkot Depok pun menggandeng IPB untuk menyediakan beras analog dalam menyukseskan program One Day No Rice (ODNR) Pemda Kota Depok. Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail menyampaikan, Pemkot Depok telah menjalankan progam ODNR sejak 12 Februari 2012. Namun tidak mudah bagi Pemkot Depok untuk mengubah pola kebiasaan konsumsi beras warga Kota Depok. “Selama ini Pemkot Depok menjalankan ODNR setiap Selasa di lingkungan kantor Pemkot Depok dan mengganti nasi dengan rebusan umbi-umbian seperti jagung, ubi, kentang, dan sebagainya. Namun Walikota menilai hal tersebut tentunya tidak akan bisa berkelanjutan karena tidak sesuai dengan menu seimbang dan beragam. Sehingga harus ada contoh-contoh masakan terus,” kata Mahmudi, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (24/5/2012).

…dst

13 ) Inovasi UNY Ini Ubah Air Laut Jadi Tawar
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/372/634388/inovasi-uny-ini-ubah-air-laut-jadi-tawar

Kamis, 24 Mei 2012 09:03 wib
JaKARTA – Masyarakat di daerah pesisir pantai sering mengalami kesulitan untuk mendapatkan air tawar sebagai air minum. Melihat keadaan tersebut, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pun menciptakan sebuah alat instalasi untuk mengubah air laut menjadi air tawar. Adalah Akhmad Rivai Ardiantoro, Elgusti Haydanu, dan Priyo Purnomo. Ketiganya merupakan mahasiswa Teknik Sipil Faklutas Teknik (FT) UNY yang menghasilkan inovasi untuk membantu masyarakat di daerah pesisir. Rivai Ardiantoro menjelaskan, dalam kompetisi ini timnya membuat rancangan produk instalasi air laut menjadi air tawar. “Kami melihat teknologi semacam ini belum diekspos, padahal kesehariannya masyarakat di pesisir pantai masih sangat sulit mendapatkan air murni yang tidak terkontaminasi air laut. Apalagi fakta menunjukkan bahwa sebagian besar air laut di Indonesia tercemar dengan logam-logam berat,” kata Rivai, seperti dilansir dari situs UNY, Kamis (24/5/2012).

…dst

14 ) Pendaftaran Calon Praja IPDN 2012/2013 Dibuka
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/24/373/634565/pendaftaran-calon-praja-ipdn-2012-2013-dibuka

Kamis, 24 Mei 2012 09:46 wib
MEDAN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia yang ingin menjadi calon praja untuk tahun ajaran 2012/2013. Pendaftaran sudah dibuka mulai sejak 21 Mei lalu, dan berakhir pada 30 Mei mendatang. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Medan, Parluhutan Hasibuan mengatakan, bagi yang berminat, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya, warga negara Indonesia dan bagi pelamar maksimal berusia 21 tahun per 1 September 2012. Sedangkan pelamar dari PNS Tugas Belajar berusia maksimal 24 tahun dan mempunyai masa kerja minimal dua tahun. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 115 cm untuk wanita. Selanjutnya, calon peserta berijazah SMA untuk semua jurusan atau Madrasah Aliyah (MA) yang lulus tahun 2010, 2011, dan 2012 dengan nilai minimal rata-rata 7,00. Calon peserta juga tidak boleh bertato atau memiliki bekas tato. “Khusus bagi pelamar pria tidak ditindik atau memiliki bekas tindik di telinga atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama atau adat,” ungkapnya.

…dst

15 ) Unhas Tak Masuk Penanganan BPK
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/634113/unhas-tak-masuk-penanganan-bpk

Rabu, 23 Mei 2012 14:25 wib
MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) tidak termasuk ke dalam 21 perguruan tinggi negeri (PTN) yang terjebak ke dalam kasus yang ditangani Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Unhas tidak termasuk dalam 21 perguruan tinggi negeri tersebut,” kata Deputi BPK Bidang Investigasi Prof. Dr. Eddy Mulyadi Soepardi dalam kuliah umumnya di Gedung Ipteks Unhas, Rabu (23/5/2012). Selama ini Unhas memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama dua tahun berturut-turut. WTP merupakan indikator akuntabilitas keuangan negara yang benar. Untuk itu, pelaksanaan audit hendaknya dilakukan oleh lembaga yang kredibel dan sesuai dengan tata kelola keuangan negara. Eddy mencontohkan, audit harus dilaksanakan berkaitan dengan ketaatan dan keuangan yang berkaitan dengan kepatutan pada peraturan. Audit operasional yang berkaitan dengan efisiensi dan bagaimana prosesnya dilakukan dengan benar. Audit investigasi berkaitan dengan bagaimana mengungkap kebenaran atas suatu kasus pengelolaan keuangan.

…dst

16 ) Career Days FEB UGM, Fasilitasi Alumni & Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/634248/career-days-feb-ugm-fasilitasi-alumni-mahasiswa

Rabu, 23 Mei 2012 18:05 wib
JAKARTA – Mencari dan mendapatkan pekerjaan bukanlah hal mudah di tingkat persaingan saat ini. Untuk itu Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (MM FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar “Career Days FEB UGM Season I”. Ketua panitia kegiatan Affandi Rahmat mengatakan Career Days kali ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa dan alumni FEB UGM, baik dari program sarjana maupun pascasarjana, dalam mencari kerja. “Kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang yang lebih besar bagi mahasiswa dan alumni dalam memperoleh pekerjaan,” ujar Affandi, seperti dinukil dari laman UGM, Rabu (23/5/2012). Affandi menyebutkan, Career Days merupakan program rutin MM FEB UGM yang diselenggarakan dua kali dalam setahun dengan panitia dari anggota Club Career and Network Center MM UGM. Kegiatan kali ini diikuti 360 peserta pendaftaran online dan 260 peserta yang berhasil lolos tahapan verifikasi.

…dst

17 ) Ular Tangga UNY, Aplikasi Terbaik di Kompetisi Microsoft
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/634226/ular-tangga-uny-aplikasi-terbaik-di-kompetisi-microsoft

Rabu, 23 Mei 2012 15:57 wib
JAKARTA -Mendapat pengakuan aplikasi terbaik dari Microsoft tentu merupakan suatu kebanggan tersendiri. Hal ini yang dialami oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam kompetisi Microsoft Developer Conference 2012: Windows 8 Hackathon yang diikuti oleh ribuan peserta tersebut. Pada kompetisi tersebut UNY mengajukan aplikasi Ulo’ Ondo karya tim Ankringan yang merupakan mahasiswa jurusan Informasi Teknologi (IT) Fakultas Teknik (FT) UNY. Tim Ankringan beranggotakan Yanuar Arifin, Vivy Kusuma Hertantri, Dayan Ramly, Mirza Hikmatyar, dan Nuning Arumsari. Ulo’ Ondo merupakan aplikasi game edukasi dengan sasaran utama untuk anak kelas 1-3 SD. Game ini memiliki sistem permainan ular tangga seperti yang biasa dimainkan oleh anak-anak.

…dst

18 ) Mahasiswa Unibraw Buat Bakpao dari Buah Naga
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/23/18081553/Mahasiswa.Unibraw.Buat.Bakpao.dari.Buah.Naga.

Rabu, 23 Mei 2012 | 18:08 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Lima mahasiswa dari jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi dan Pertanian Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur, berhasil menciptakan kue bakpao yang kaya akan vitamin dan anti oksidan karena berbahan dasar buah Naga. Lima mahasiswa tersebut adalah Astya Rizky, Anik, Chintya, Guntur, dan Zulkifli. Pada Rabu (23/5/2012) hasil karya mereka dipamerkan dalam acara Seminar dan Pelatihan Nasional HACCP 2012 yang bertema ” Get A Better Food Safety by Applicating HACCP” di Universitas Brawijaya. Acara tersebut akan berlangsung mulai tanggal 22- 24 Mei 2012. Astya, sebagai perwakilan dari timnya menjelaskan, bahwa penganan yang mereka buat memang berbeda dan lebih sehat dari Bakpao yang ada selama ini. “Bakpao yang kami buat bebas pewarna buatan dan kaya anti oksidan. Mulai dari bahan dasar hingga pewarnaannya semuanya menggunakan buah Naga sehingga alami dan kaya akan vitamin A dan B,” jelasnya.

…dst

19 ) Kontroversi Lady Gaga Jadi Skripsi Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/23/13425221/Kontroversi.Lady.Gaga.Jadi.Skripsi.Mahasiswa

Rabu, 23 Mei 2012 | 13:42 WIB
KOMPAS.com — Ribut-ribut penolakan kedatangan Lady Gaga ke Indonesia karena dianggap mendukung kaum homoseks dan lesbian rupanya menginspirasi seorang mahasiswa Universitas Tarumanagara Jakarta untuk mengangkat topik itu sebagai bahan skripsi. Mahasiswa bernama singkat Ardi Putra itu mengangkat kontroversi tersebut dalam skripsi berjudul “Konstruksi Realitas Pro-Homoseksual Dalam Video Klip Born This Way”. Dalam ilustrasi pengajuan skripsinya untuk meraih gelar S-1 Ilmu Komunikasi itu, Ardi Putra mengaku tergugah mengangkat kontroversi itu sebagai bahan skripsi karena Lady Gaga sangat potensial memengaruhi pola pikir banyak orang karena kapasitasnya sebagai selebriti paling berpengaruh di muka bumi saat ini.

…dst

20 ) Tugu PON Riau Rp1,3 M Dihancurkan Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2012/05/24/128276/Tugu-PON-Riau-Rp1,3-M-Dihancurkan-Mahasiswa-

Kamis, 24 Mei 2012 , 08:32:00
PEKANBARU- Tugu countdown (penghitung waktu mundur) PON XVIII Riau yang terletak di Jalan Cut Nyak Din I antara Kantor Gubernurdengan Pustaka Wilayah Soeman HS, dirusak oleh pendemo yang menamakan diri mereka Aliansi Rakyat Riau berdaulat. Aksi merekaini awalnya berdemonstrasi di kantor Gubernur RIau. Di dalamnya tergabung BEM Unri, BEM UIN, BEM UMRI, BEM UIR,Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), PD KAMMI Riau, dan Gerakan Mahasiswa Pembebasan Riau.Aksi demo yang berujung pada pengrusakan tugu yang dibangun seharga lebih kurang Rp1,3 miliar ini terjadi Rabu (23/5) siang sekitar pukul 11.00 WIB. Dalam tuntutannya, para pendemo inimendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menetapkan petinggi Riau sebagai tersangka skandal suap dana venue PON XVIII Riau. Koordinator lapangan, Yopi Pranoto mengatakan aksi tersebutmerupakan wujud keprihatinan yang mendalam terhadap kondisikorupsi yang terjadi di Riau. Usai berorasi, para mahasiswa juga meluapkan rasa kecewa dengan membakar ban di depan pintu gerbang kantor GUbernur Riau.

…dst

21 ) Nazar Dicecar KPK Soal Kalender Anas dari Proyek Universitas
http://news.detik.com/read/2012/05/23/212036/1923249/10/nazar-dicecar-kpk-soal-kalender-anas-dari-proyek-universitas?n991103605

Rabu, 23/05/2012 21:20 WIB
Jakarta M Nazaruddin hari ini diperiksa penyidik KPK sebagai saksi Angelina Sondakh. Mantan Bendahara Umum Demokrat itu diperiksa penyidik mengenai uang suap proyek-proyek di universitas yang digunakan untuk membuat kalender bergambar Anas Urbaningrum. “Hari ini diperiksa soal masalah Angie soal tim TPF dan uang Rp 2 miliar yang dibayar Angie untuk kalendernya mas Anas tahun 2011. Ada pemesanan kalender 1 juta lembar,” tutur Nazar usai diperiksa KPK selama 10 jam, Rabu (23/5/2012). Nazaruddin mengatakan, uang pembuatan kalender itu berasal dari duit korupsi di proyek-proyek di universitas. “Uangnya dari proyek di universitas,” tuturnya. Dalam kesempatan ini, Nazaruddin juga kembali menembakkan peluru panas ke Anas. Dia menyebut Anas terlibat penerimaan uang dari Angie, hasil korupsi wisma atlet.

…dst

22 ) Nazaruddin: Angelina Pakai Uang Universitas untuk Kalender Anas
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/23/22343899/Nazaruddin.Angelina.Pakai.Uang.Universitas.untuk.Kalender.Anas

Rabu, 23 Mei 2012 | 22:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin mengatakan kalau Angelina Sondakh menyumbang Rp 2 miliar untuk biaya pembuatan kalender partai bergambar Anas Urbaningrum. Uang Rp 2 miliar tersebut, menurut Nazaruddin, didapat Angelina dari proyek pembangunan fasilitas universitas. “Uangnya katanya dari salah satu universitas,” kata Nazaruddin di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Rabu (23/5/2012) seusai menjalani pemeriksaan. Nazaruddin diperiksa sebagai saksi untuk Angelina, tersangka kasus dugaan suap penganggaran proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pendidikan Nasional. Menurut Nazaruddin, ihwal uang Rp 2 miliar yang diterima Angelina dari universitas itu telah disampaikannya ke penyidik KPK dalam pemeriksaan tadi. Selain itu, Nazaruddin mengatakan kalau Angelina menerima uang terkait proyek wisma atlet SEA Games 2011.

…dst

23 ) Suryadharma: Jangan Terprovokasi Buku Gambar Nabi
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/24/079405770/Suryadharma-Jangan-Terprovokasi-Buku-Gambar-Nabi

KAMIS, 24 MEI 2012 | 05:27 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:Menteri Agama Suryadarma Ali meminta masyarakat tak terprovokasi dengan beredarnya buku bergambar Nabi Muhammad di Surakarta. “Saya menghimbau agar masyarakat tidak merespon peredaran buku ini dengan berlebihan,” kata dia di kantornya Rabu, 23 Mei 2012.
Suryadarma menyatakan khawatir akan adanya pihak yang ingin mengganggu ketenangan masyarakat. Kasus ini seperti penyebaran pamflet menjelek-jelekkan Agama Islam di Temanggung itu yang tak diketahui penyebarnya itu berhasil membuat sebagian masyarakat tersulut kemarahan. Untuk mengatasinya, Suryadarma Ali berjanji mengusut tuntas peredaran buku. Menteri Agama telah meminta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menelusuri penerbit buku tersebut. “Saya kira tidak sulit menelusuri penerbitnya karena buku tersebut mencantumkan nama penerbit dan alamatnya,” kata Ali.

…dst

24 ) Malaysia larang peredaran buku Irshad Manji
http://www.antaranews.com/berita/312174/malaysia-larang-peredaran-buku-irshad-manji

Kamis, 24 Mei 2012 09:50 WIB |
Kuala Lumpur (ANTARA News) – Buku karangan Irshad Manji yang berjudul “Allah, Kebebasan dan Cinta” dilarang beredar di Malaysia berdasar keputusan Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), karena dinilai bertentangan dengan ajaran Islam. Wakil Menteri pada kantor Perdana Menteri Datuk Dr Mashitah Ibrahim mengatakan keputusan itu diambil setelah kajian mendapati bahwa buku tersebut mengandung ajaran liberalisme yang bisa menimbulkan kesalahpahaman di kalangan umat Islam. “Penelitian JAKIM juga mendapati Irshad mencoba mempengaruhi pembaca supaya menggunakan akal secara bebas dalam menafsir ajaran agama,” katanya seperti dikutip harian Berita Harian, Kamis.Sementara itu Sekjen Kementerian Dalam Negeri (KDN) Datuk Abdul Rahim Mohd Radzi mengatakan telah menerima hasil kajian JAKIM dan tengah menelitinya kembali.Ada beberapa proses perlu dibuat tetapi tindakan akan diambil secepat mungkin, ujarnya.

…dst

25 ) Awas, Obat Malaria Palsu Banjiri Asia Tenggara
http://www.jpnn.com/read/2012/05/24/128233/Awas,-Obat-Malaria-Palsu-Banjiri-Asia-Tenggara-

Kamis, 24 Mei 2012 , 00:04:00
PARIS – Lebih dari sepertiga obat-obatan anti-malaria yang diteliti ilmuwan di Asia Tenggara teryata palsu. Temuan ini didapatkan melalui hasil survei lapangan dan studi pustaka oleh para ilmuwan dari Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NIH) yang dipublikasikan Selasa (22/5) kemarin.Para peneliti menemukan bahwa di 7 negara Asia Tenggara, 36 persen dari 1,437 sampel obat malaria yang diteliti ternyata palsu. Selain itu, 30 persen dari keseluruhan sampel diketahui menggunakan bahan-bahan yang tidak diperkenankan atau berkualitas buruk. Sayangnya, penelitian tersebut tidak merinci apakah Indonesia termasuk negara tempat ditemukannya obat-obatan palsu tersebut. “Penemuan ini merupakan pengingat agar aparat yang berwenang lebih mengawasi dan mencegah produksi obat-obatan anti-malaria palsu atau dibawah standar,” kata ketua tim peneliti Joel Breman seperti diberitakan AFP, Rabu (23/5).Dari penelitian itu juga diketahui bahwa obat-obatan dengan jumlah yang sama di Afrika ternyata berkualitas di bawah standar. Hasil penelitian NIH di 21 negara di benua Afrika menunjukkan bahwa 20 persen dari 2,500 sampel obat ternyata merupakan produk palsu. Sedangkan 35 persen lainnya tidak memenuhi standar medis.

…dst