1 ) Kedubes Jepang Tawarkan Beasiswa untuk Lulusan SMA
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/14/1601170/Kedubes.Jepang.Tawarkan.Beasiswa.untuk.Lulusan.SMA

Senin, 14 Mei 2012 | 16:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah Jepang membuka tawaran beasiswa (Monbukagakusho) bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dari seluruh Indonesia yang memenuhi syarat. Hal itu disampaikan dalam siaran pers Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (14/5/2012).
Beasiswa diberikan bagi mereka yang lulus persyaratan untuk melanjutkan ke jenjang-jenjang pendidikan Universitas (S-1), College of Technology (D-3), atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2013 (April 2013). Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2. Sejumlah syarat yang diterapkan antara lain (1) Lahir antara tanggal 2 April 1991 dan tanggal 1 April 1996. (2) Nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester/cawu terakhir minimal: 8,4 untuk program S-1, 8,0 untuk program D-3, dan 8,0 untuk program D-2 Jika pada saat penutupan (15 Juni 2012) nilai ijazah asli belum bisa dikeluarkan, maka nilai ijazah sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima.

…dst

2 ) Presentasi Peneliti di Forum Internasional akan Dibiayai Pemerintah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/10134560/Presentasi.Peneliti.di.Forum.Internasional.akan.Dibiayai.Pemerintah

Selasa, 15 Mei 2012 | 10:13 WIB
Kompas.com – Pemerintah akan terus mendorong peneliti Indonesia untuk mempublikasikan hasil risetnya ke jurnal internasional. Selain penggunaan skema berstandar internasional, hasil riset para peneliti juga akan diikutsertakan dalam konferensi keilmuan. Demikian disampaikan Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Agus Subekti. “Kami juga akan biayai keperluan peneliti untuk mempresentasikan hasil risetnya di konferensi. Ini juga sebagai fasilitas dan penghargaan finansial untuk para peneliti,” ujarnya. Menurut Agus, selain mahasiswa S2 dan S3, mahasiswa S1 Indonesia juga sudah bisa membuat penelitian yang berkualitas dan layak dimuat di jurnal internasional, karena peran dosen yang sinergis dengan mahasiswa dalam tim-tim penelitian.

…dst

3 ) Teliti Potensi Panas Bumi, Undip Bangun Geothermal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/14/m40ava-teliti-potensi-panas-bumi-undip-bangun-geothermal

Selasa, 15 Mei 2012, 05:44 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Universitas Diponegoro Semarang membangun Gedung Geofisika dan Pusat Penelitian Geothermal. Gedung tersebut nantinya akan menjadi tempat penelitian potensi panas bumi Indonesia. Peletakan batu pertama pembangunan gedung dilaksanakan Senin (14/5) oleh pimpinan universitas dan fakultas. Dekan Fakultas MIPA Undip, Dr Muhammad Nur mengatakan, pembangunan tersebut akan rampung November 2012. “Pembangunan dimulai hari ini dan ditargetkan rampung November 2012,” ujarnya. Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan tersebut mencapai Rp 7,2 milyar. Dana tersebut didapat dari bantuan Fuel Retail Marketing Region IV Jateng. Menurut Nur, gedung tersebut direncanakan dibangun diatas lahan seluas 2.105 meter peregi. “Pembangunan tersebut atas dukungan PT Pertamina,” tuturnya.

…dst

4 ) Usia Senja Tak Hambat Raih Doktor
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/15/186492/Usia-Senja-Tak-Hambat-Raih-Doktor

15 Mei 2012
SEMARANG- Meski berusia senja, tekad dan semangat Kunaryo Hadikusumo (69) untuk lulus dari program S-3 tidak bisa dihalangi. Buktinya, kakek empat cucu itu belum lama ini berhasil meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan dari Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes).Tidak ada alasan lain selain ingin terus berkarya dan mengabdi pada profesi sebagai dosen di Stikes Ngudi Waluyo Ungaran dan IKIP PGRI Semarang. Lelaki kelahiran Kudus 8 Juli 1943 ini, terus belajar dan berkarya untuk menghindari pikun. “Motivasi saya kuliah di PPs Unnes dan mendapat gelar doktor, selain untuk meningkatkan kompetensi sebagai pengajar, juga tidak ingin cepat pikun meski usia sudah senja,” ungkapnya saat ditemui di PPs Unnes, kemarin. Pada dasarnya pendidikan itu harus dilakukan seumur hidup atau sepanjang hayat. Karena itu, tidak ada kata terlambat atau terlalu tua untuk belajar.

…dst

5 ) Pendaftar SNMPTN agar Cermat dan Tak Tergesa-gesa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/07350962/Pendaftar.SNMPTN.agar.Cermat.dan.Tak.Tergesa-gesa

Selasa, 15 Mei 2012 | 07:35 WIB
Solo, Kompas – Calon peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri diminta cermat dalam mengisi formulir saat mendaftar secara online. Ketidakcermatan dan tergesa-gesa mengisi formulir bisa menyebabkan kekeliruan sehingga peserta harus mengulang pengisian dan membayar. Konsekuensi kekeliruan, calon peserta membayar kembali biaya pendaftaran untuk mendapatkan nomor identifikasi (PIN) dan kartu akses pembayaran.”Kasihan kalau siswa berasal dari keluarga kurang mampu, harus mengeluarkan uang lagi untuk mendaftar. Kalau sudah klik kirim, tidak bisa diperbaiki lagi,” kata Koordinator Humas Panitia SNMPTN Ravik Karsidi, yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (14/5). Untuk itu, guru dan sekolah diharapkan memberi bimbingan kepada siswanya agar berhati-hati mengisi formulir pendaftaran SNMPTN.

…dst

6 ) Sembarangan Isi Formulir SNMPTN Online, Ini Akibatnya
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/05/14/m402b9-sembarangan-isi-formulir-snmptn-online-ini-akibatnya

Tuesday, 15 May 2012, 02:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG–Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Kota Bandung mengimbau kepada para peserta, untuk lebih hati-hati dalam mengisi biodata orang (borang) pendaftaran online. “Dalam pengisian Borang terdapat beberapa hal yang jika telah dipilih dan disetujui oleh calon peserta, maka hal tersebut tidak dapat diubah. Ketentuan ini berlaku dalam pemilihan kelompok ujian dan panlok tempat mengikuti ujian,” ujar Weny Widyowati, Kepala Sub Bidang Informasi dan Humas Panlok SNMPTN Bandung 2013. Weny juga menjelaskan ketika log in, kelompok ujian dalam halaman pertama SNMPTN diisi berdasarkan Program Studi (Prodi) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih termasuk dalam kelompok ujian yang mana, bukan berdasarkan jurusan pada saat SMA. “Sehingga calon peserta diharapkan mencari informasi terlebih dahulu mengenai persyaratan prodi pada PTN yang diminati termasuk persyaratan kelompok ujian yakni IPA, IPS, dan IPC,” ujar dia.

…dst

7 ) Sistem Online Permudah Calon Mahasiswa
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/15/319732/293/14/Sistem-Online-Permudah-Calon-Mahasiswa

Selasa, 15 Mei 2012 01:07 WIB
JAKARTA–MICOM: Pendaftaran Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 yang dibuka dengan sistem online sejatinya mempermudah calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran di tempat yang terdekat di wilayahnya masing masing tanpa harus mendatangi lagi PTN setempat. Sekretaris SNMPTN 2012 Rochmat Wahab mengungkapkan itu menjawab Media Indonesia, Senin (14/5). Menurut dia, melalui sistem ini akan mengurangi biaya ekonomi dan biaya sosial serta mengurangi mobilitas peserta untuk menempuh ke PTN dari tempat tinggal mereka yang jauh dari perguruan tinggi tujuan. “Hal ini juga mengurangi risiko sosial dan kecelakaan lalu lintas yang mungkin terjadi saat calon mahasiswa mendaftar ke PTN,” jelasnya. Ditanya sejumlah calon mahasiswa yang kesulitan mendaftar melalui sistem online mengingat kesulitan internet, Rochmat mengatakan pihaknya sudah mengupayakan semua calon mahasiswa dapat lebih terjangkau mendaftar ketimbang tahun lalu yang harus mendatangi PTN setempat.

…dst

8 ) Mudahkan Calon Mahasiswa, Panitia SNMPTN Gandeng Kantor Pos
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629572/mudahkan-calon-mahasiswa-panitia-snmptn-gandeng-kantor-pos

Senin, 14 Mei 2012 20:03 wib
SOLO – Terobosan terbaru dilakukan Panitia penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Salah satunya dengan menggandeng kantor pos. Langkah ini ditujukan untuk memudahkan akses internet bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar, terutama bagi calon mahasiswa yang berada di wilayah Indonesia Timur dan di daerah-daerah kepulauan.”Tujuannya agar calon mahasiswa di wilayah timur bisa terlayani. Apalagi untuk Indonesia timur yang memang masih sangat minim,” papar Koordinator Humas Panitia SNMPTN pusat, Prof Dr Ravik Karsidi di Solo, Jawa Tengah, Senin (14/5/2012). Selain akses internet, pendaftar juga bisa melakukan pembayaran langsung di kantor pos tersebut. Menurut Ravik, hal ini untuk mengantisipasi minimnya jumlah kantor cabang Bank Mandiri di wilayah Indonesia timur.”Ini juga berlaku bagi pendaftar yang berada di daerah-daerah kepulauan. Kalau ada permintaan di daerah yang masih minim akses internet dan bank, bisa dilakukan di kantor pos,” jelasnya.

…dst

9 ) Mendikbud Himbau PTN Perkuat SOP Bidikmisi05/14/2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/336

Jakarta – Tahun 2012 ini Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidikmisi) memasuki tahun ke-3. Untuk memastikan ketepatan penyaluran beasiswa kepada mahasiswa yang layak menerimanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan evaluasi setiap tahun. Terutama terhadap informasi adanya kemungkinan Bidikmisi yang salah sasaran. Karena itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menghimbau Perguruan Tinggi Negeri untuk memperkuat SOP (Standard Operational Procedure) dalam penyaluran Bidikmisi. Hal tersebut dikatakannya usai mengikuti kegiatan Sepeda Santai dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2012, Minggu (13/5) pagi, di Senayan, Jakarta.

…dst

10 ) Rektor Diimbau Sosialisasikan RUU-PT
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/339

05/14/2012
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengimbau kepada rektor untuk menyosialisasikan undang-undang pendidikan tinggi yang sedang dalam tahap akhir untuk disahkan. Dalam undang-undang tersebut, ada tiga hal penting yang harus disampaikan dan dikomunikasikan dengan seluruh civitas akademika. Pertama, pendidikan tinggi adalah tempat untuk mempersiapkan pemimpin bangsa. “Kita semai, kita rawat, adik-adik di perguruan tinggi untuk menjadi pemimpin bangsa,” demikian disampaikan Mendikbud saat melantik lima rektor di Gedung A Kemdikbud, Senin (14/05). Kedua, perguruan tinggi harus menjadi inspirasi untuk menjalankan nilai demokrasi. Salah satunya adalah patuh pada pranata hukum. Demokrasi juga mengajarkan untuk menghargai hak orang lain, dan melestarikan budaya positif. Dan yang ketiga, undang-undang pendidikan tinggi berisi tentang konvergensi peradaban.

…dst

11 ) RUU Pendidikan Tinggi Memunculkan Komersialisme
http://www.pikiran-rakyat.com/node/188381

Senin, 14/05/2012 – 14:17
BANDUNG, (PRLM).- Sekitar 3.200 perguruan tinggi yang ada di Indonesia bersiap untuk menentang pemerintah jika RUU Pendidikan Tinggi diteruskan dan sampai disahkan menjadi UU. Selain akan memunculkan komersialisme dan liberalisasi pendidikan yang banyak ditentang banyak pihak, pembentukan RUU PT pascapembatalan UU Badan Hukum Pendidikan dianggap hanya menghamburkan anggaran negara karena isinya tidak jauh berbeda dengan UU BHP yang sudah dibatalkan. “Kenapa pemerintah begitu ‘keukeuh’, memaksakan diri untuk mengesahkan RUU ini. Kalau mau jangan RUU PT yang dibuat, tapi RUU Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang khusus membahas PTN. PTN hanya 80 sementara swasta ada 3.200. Kenapa kami harus ikut tunduk. Kalau ini sampai disahkan, kami siap melawan,” kata Ketua Asosiasi Badan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPTSI) Sali Iskandar, saat ditemui di Bandung, Senin (14/5). Secara resmi, kata Sali, dalam pertemuan DPP ABPTSI beberapa waktu lalu, DPP telah memutuskan untuk menolak pengesahan RUU PT ini. DPP ABPTSI menganggap, untuk PTS tidak perlu lagi ada UU yang mengatur. Cukup dengan UU yang ada yakni UU no 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Yayasan Nomor 28/2004, PP No 17/2010 tentang pengelolaan penyelenggaraan pendidikan, serta PP 66/2010 tentang perubahan PP 17/2010 masih tentang pengelolaan penyelenggaraan pendidikan.

…dst

12 ) UNJ-University of Sydney Kembangkan Pendidikan Guru
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629297/unj-university-of-sydney-kembangkan-pendidikan-guru

Senin, 14 Mei 2012 14:52 wib
JAKARTA – Sebagai perguruan tinggi berbasis pendidikan keguruan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memfokuskan semua program pendidikannya dalam pengembangan kompetensi guru. Salah satunya dilakukan melalui kerjasama dengan University of Sydney, Australia. Rektor UNJ Prof. Bedjo Sujanto menjelaskan, kerjasama antara UNJ dengan University of Sydney difokuskan dalam perbaikan kualitas dan pengembangan pendidikan guru di Tanah Air. “Bentuk kerjasama di antaranya melalui pengirirman dosen untuk belajar di Australia, seperti yang sudah kami lakukan. Kami juga akan membahas standar dan kurikulum pendidikan guru,” kata Bedjo ketika ditemuiOkezone usai menandatangani perjanjian kerjasama antara UNJ dengan University of Sydney di Hotel Fpur Seasons, Jakarta, Senin (14/5/2012).

…dst

13 ) PKM Unnes Dapatkan Pendanaan Dikti Terbanyak Tahun Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629422/pkm-unnes-dapatkan-pendanaan-dikti-terbanyak-tahun-ini

Senin, 14 Mei 2012 18:02 wib
JAKARTA – Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah mendapat pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak se-Indonesia. Ini hal yang luar biasa mengingat Unnes bukanlah perguruan tinggi besar, namun bisa mengirimkan lebih dari 3.000 proposal. Hal itu diungkapkan Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Jamasri, saat memberi pengarahan pada pembukaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2012. Kegiatan dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Prof Masrukhi di auditorium kampus Sekaran, Senin (14/5). “Bisa dibayangkan kalau yang dikirim 3.000 proposal, setiap proposal ditulis lima orang maka mahasiswa yang terlibat 15 ribu orang. Padahal jumlah mahasiswa Unnes sekira 26 ribu. Artinya, 58 persen mahasiswa Unnes terlibat dalam kegiatan ilmiah. Inilah yang kita sebut dengan pengembangan akademik atmosfer,” kata Jamasri seperti dilansir dari laman Unnes, Senin (14/5/2012).

…dst

14 ) UNM Fokus Basmi Anarkisme Di Lingkungan Kampus
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/338

05/14/2012
Jakarta — Universitas Negeri Makassar akan fokus pada pengurangan anarkisme di lingkungan kampus. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UNM yang baru saja dilantik untuk kedua kalinya, H. Arismunandar, oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, Senin (14/05), di Gedung A Kemdikbud. Rektor yang sebelumnya menjabat di tahun 2008-2012 ini menjelaskan, penyebab kehadiran anarkisme di lingkungan kampus adalah tidak adanya perhatian dari kampus untuk menangani anarkisme, dan kurangnya jangkauan dari pihak kampus untuk melayani semua kebutuhan-kebutuhan dari mahasiswa. Sehingga, kampus akan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan oleh mahasiswa, dan menciptakan lingkungan kampus yang kondusif bagi mahasiswa. Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, Arismunandar mengatakan ruang-ruang pengembangan minat bakat mahasiswa akan ditambah. Selain itu, pengembangan sektor kewirausahaan akan semakin ditingkatkan.

…dst

15 ) Kampus Diimbau Beri Nilai Keteladanan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/337

05/14/2012
Jakarta — Perguruan tinggi sebagai komunitas akademik, sudah semestinya menggunakan pendekatan berbasis akademik untuk mengelola sumber dayanya. Pendekatan yang digunakan harus berdasarkan tujuan pendidikan tinggi, yaitu menguatkan karakter pada calon pemimpin bangsa. “Tidak boleh nilai anarsitas masuk ke kampus, kampus harus beri nilai keteladanan,” demikian disampaikan Mendikbud saat melantik lima rektor, di Gedung A, Kemdikbud, Senin (14/05). Mendikbud mengimbau kepada para pemimpin perguruan tinggi untuk memahami prinsip-prinsip manajemen, birokrasi, dan berpegang teguh pada nilai dan tradisi budaya akademik. Jangan sampai demokrasi di universitas terjebak dalam demokrasi yang berbasis komunitas politik. “Perguruan tinggi berbeda dengan politik. Komunitas akademik adalah komunitas yang memegang teguh nilai-nilai akademik. Tidak semua nilai politik bisa diterapkan dkampus,” ujarnya.

…dst

16 ) Laksanakan Instruksi Presiden, Kemdikbud Hemat Anggaran
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/335

05/14/2012
Jakarta — Sesuai Instruksi Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono yang mengharuskan setiap kementerian dan lembaga menghemat anggaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun telah melakukannya. “Salah satunya dengan merampingkan struktur organisasi,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh seusai mengikuti kegiatan sepeda santai dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, Minggu (13/5) pagi, di Senayan, Jakarta. Untuk bidang kebudayaan, Kemdikdud merampingkannya menjadi satu direktorat jenderal saja. Sebelumnya, bidang kebudayaan di Kementerian Budaya dan Pariwisata memiliki dua direktorat jenderal. Perampingan struktur ini mencerminkan efisiensi, karena dapat berdampak pada pembiayaan. “Efisiensi anggaran harus diawali dari perencanaan, termasuk perencanaan struktur organisasi,” ucap Menteri Nuh. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, Kemdikbud pada 2013 jua akan menggunakan pendekatan segi tiga. Pendekatan ini adalah gabungan dari penggunaan teknologi informasi, integrasi proses, dan berbagi sumber daya.

…dst

17 ) Sampan Berbahan Bakar Air Laut ala ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/372/629439/sampan-berbahan-bakar-air-laut-ala-its

Selasa, 15 Mei 2012 10:02 wib
JAKARTA – Kondisi lingkungan sekitar sering kali menjadi inspirasi utama datangnya inovasi. Ini pula yang mendasari lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk menghasilkan karya berupa sampan berbahan bakar air laut. Adalah Rizky fauzi, R Zainal Fatah, Iqbal Safirul Barqi, Yusuf Hasan Habibie, dan Derry Pradana. Para pemuda jurusan Teknik Fisika ITS ini menawarkan sebuah desain sampan berbahan bakar air laut melalui proses elektrolisa. Alat yang dinamakan Sea Water Electro Chemical Cell (SWECELL) tersebut akan menghasilkan listrik yang dijadikan penerangan para nelayan. Menurut Rizky, selama ini penggunaan lampu genset sebagai alternatif oleh nelayan masih belum mengurangi penggunaan bahan bakar. “Selain menelan biaya yang besar, suara bising dari genset justru mengakibatkan jauh dari keberadaan ikan. Berbeda dengan alat SWECELL. Selain ramah lingkungan alat ini juga tidak menimbulkan suara bising yang berakibat pada ikan hasil tangkapan,” kata Rizky seperti disitat dari ITS online, Senin (14/5/2012).

…dst

18 ) Mahasiswa UGM Promosi Kampung Indonesia di Jerman
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629494/mahasiswa-ugm-promosi-kampung-indonesia-di-jerman

Selasa, 15 Mei 2012 11:03 wib
JAKARTA – Sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mendapat kesempatan untuk memperkenalkan beberapa Kampung Kota di kawasan Yogyakarta kepada empat universitas di Jerman. Sebanyak 12 tersebut merupakan mahasiswa program studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik UGM yang tergabung dalam kelompok studi Planogama. Mereka adalah Zeindha Hamidi, Raisa Savitri Ramadani, Nur Azizzah Irawati, Akhmad Fais Fauzi, Mayang Rahmi Novita Sari, Nur Restiani Setyaningrum, Emi Fatma Widayani, Jati Pramono, Salsabila Daniastri, Diniarsari Nur Izzati, Wahyu Kusuma Astuti, dan Rendy Adriyan Diningrat

…dst

19 ) Unika Kembangkan Game Technology
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/15/186494/Unika-Kembangkan-Game-Technology

15 Mei 2012
SEMARANG – Pemerintah melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI), mendorong pertumbuhan ekonomi melalui usaha-usaha kreatif bangsa. Hal ini bukan tanpa alasan jika melihat kontribusi industri kreatif di Indonesia yang mencapai 7% dari total pendapatan domestrik bruto negara ini. “Jika potensi kreatif bangsa ini terus dikembangkan, ada peluang besar untuk menjadi kekuatan utama dunia,” kata Ketua Program Game Technology Unika Soegijapranata Semarang Dr Ridwan Sanjaya. Dia menjelaskan, Unika menjawab tantangan tersebut dengan mengembangkan Program Game Technology di bawah Fakultas Ilmu Komputer. Diharapkan dengan program ini dapat menghasilkan pengembang dan entrepreneur di bidang game yang merupakan salah satu industri kreatif yang berkembang di Tanah Air. Dukungan terhadap program ini juga diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui beasiswa unggulan untuk siswa-siswa SMA berpotensi yang lolos dalam seleksi Program Game Technology Unika Soegijapranata. Biaya pendidikan mereka selama studi akan ditanggung pemerintah.

…dst

20 ) Mahasiswa UGM Membuat Selai dari Ampas Tahu
http://www.pikiran-rakyat.com/node/188376

Senin, 14/05/2012 – 13:33
YOGYAKARTA, (PRLM).- Ampas tahu sebagian besar dibuang oleh para produsen tahu, sebagian lainnya dimanfaatkan sebagai makanan ternak. Sekelompok mahasiswa mencoba memfungsikan ampas tahu secara lebih produktif, dijadikan bahan dasar selai aneka rasa. Selai buatan tangan para mahasiswa UGM itu memiliki aneka rasa dan gizi tinggi terutama kandungan serat pada kacang hijau yang mencapai delapan persen atau lebih tinggi dua persen dari selai yang beredar di pasaran. “Serat tinggi itu baik dikonsumsi untuk membantu kelancaran pencernaan,” kata anggota tim kreatif, Alfarisy, Senin (14/5). Mereka yang terlibat proyek kreatif ini Ahmad Muhaimin Alfarisy (Pembangunan Wilayah UGM), Dian Purnami Handayani (Teknik Kimia UGM), Friestisya Blorindayoga Hariandrie (Teknik Kimia UGM), Mudrikah (Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM) serta Ristiani Puji Lestari (Akuntansi UGM

…dst

21 ) Tak Ada Biaya, 9 Siswa Batal Ikut Lomba di UGM
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/15/373/629698/tak-ada-biaya-9-siswa-batal-ikut-lomba-di-ugm

Selasa, 15 Mei 2012 10:25 wib
WATAMPONE – Sembilan siswa SMAN I Watampone batal mengkuti lomba ilmu pengetahuan alam (IPA) dan kedokteran tingkat nasional di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, karena tidak memiliki biaya. Mereka seharusnya mewakili Provinsi Sulawesi Selatan setelah terpilih sebagai juara I dan II di ajang serupa tingkat regional pada April 2012 lalu. Shabiel Zakaria, guru pendamping siswa mengatakan, seharusnya saat ini mereka sudah berada di Yogyakarta untuk mempersiapkan diri. Sedangkan perlombaan berlangsung dua hari, 18-19 Mei. “Kami akan berusaha mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten dan provinsi agar mereka bisa berangkat,” kata Shabiel kemarin. Guru IPA ini mengungkapkan, dari sembilan peserta, tiga siswa di antaranya mendapat undangan khusus dari Fakultas Kedokteran UGM untuk tur dan mendapat beasiswa selama satu tahun. Ketiga siswa berprestasi itu adalah, Akifah, Andi Devi Oktaviani, dan Kasima. “Jika tidak bisa hadir, kesempatan ini hilang,” ujar dia.

…dst

22 ) Indonesia dan AS memulai kerja sama Iptek
http://www.antaranews.com/berita/310612/indonesia-dan-as-memulai-kerja-sama-iptek

Senin, 14 Mei 2012 20:51 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Indonesia dan Amerika Serikat memulai kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ditandatangani kedua negara di Jakarta pada Maret 2010. “Ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang iptek oleh Indonesia dan Amerika Serikat dua tahun lalu,” kata Staf Ahli Menristek Prof Dr Amin Subandrio pada The First Indonesia US Joint Committee Meeting (JCM) on Science and Technology di Jakarta, Senin. Disebutkan Amin, pertemuan ini sangat spesial karena kedua belah pihak telah menunggu selama dua tahun untuk kegiatan ini dimana akhirnya peneliti Indonesia dan Amerika Serikat dapat mengadakan JCM untuk mengembangkan kerja sama yang prospektif dan strategis. Kerja sama tersebut meliputi bidang iptek kesehatan, teknologi pertanian, serta kelautan, keanekaragaman hayati, dan perubahan iklim yang sengaja dipilih karena kedua negara menganggap ketiga bidang itu sangat penting. “Setelah pertemuan dua hari ini, kami akan menghasilkan Action Plan yang dalam sebulan diharapkan sudah selesai dan kerja sama segera dimulai,” katanya.

…dst

23 ) Wamendikbud: karakter tidak terbentuk otomatis
http://www.antaranews.com/berita/310642/wamendikbud-karakter-tidak-terbentuk-otomatis

Selasa, 15 Mei 2012 02:17 WIB
Denpasar (ANTARA News) – Karakter tidak terbentuk secara otomatis, tetapi dapat dibangun secara perlahan melalui proses belajar berkelanjutan, baik secara teoritis keilmuan maupun praktik, kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim.”Pendidikan karakter memberikan solusi jangka panjang bagi kualitas generasi muda sehingga mampu menghadapi tantangan setiap bangsa pada masa depan,” kata Kasim di Denpasar, Senin. Hal tersebut disampaikan saat dirinya membuka Konferensi Internasional “South East Asia School Principal Forum” (SEASPF) Best Practice ke-3 yang diikuti 200 kepala sekolah dari 11 negara Asia Tenggara dan satu Asia Timur di Denpasar, 14–17 Mei 2012. Negara hadir adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Korea Selatan. Menurut dia, siswa di Indonesia menghabiskan hampir seluruh masa muda di ruang kelas dan hal itu merupakan kesempatan emas untuk menjelaskan dan memperkuat dasar nilai-nilai karakter positif pada para siswa. Di sekolah, pendidikan karakter dicapai melalui pendekatan komprehensif yang mencakup kualitas emosional, intelektual, dan moral, serta di lingkungan sekolah.

…dst

24 ) Beasiswa 10 Juta untuk 10 Pendaftar Pertama
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/11295556/Beasiswa.10.Juta.untuk.10.Pendaftar.Pertama

Selasa, 15 Mei 2012 | 11:29 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Untuk menarik minat para lulusan SMA dan sederajat, Sekolah Tinggi Teknologi (STT) STIKMA Internasional, Kota Malang, Jawa Timur, menyediakan beasiswa senilai Rp 10 juta untuk 10 pendaftar yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik. “Bagi calon mahasiswa baru disini, untuk 10 pendaftar berprestasi dapat beasiswa Rp 10 juta. Mau mendaftar saja sudah mendapat beasiswa, apalagi kalau sudah masuk dan aktif dalam perkuliahan nanti,” jelas Edy Kadarwanto, Humas STT STIKMA Internasional, Selasa (15/5/2012). Menurut Edy, sepuluh beasiswa tersebut akan diberikan kepada seluruh mahasiswa baru pada berbagai jurusan. Beasiswa lain juga tersedia selama masa perkuliahan. Antara lain beasiswa bantuan belajar, beasiswa peningkatan prestasi akademik, dan beasiswa dari yayasan.

…dst

25 ) Penerimaan PNS Bergantung APBD
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/495012/38/

Tuesday, 15 May 2012
JAKARTA – Meskipun pemerintah akan menerima 125.000 pegawai negeri sipil (PNS) baru, tidak semua daerah bisa mengajukan rekrutmen. Hanya daerah yang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-nya di bawah 50% yang boleh mengajukan untuk menerima CPNS. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan- RB) Eko Prasojo mengatakan, penerimaan PNS tahun ini dibuka untuk tenaga honorer kategori 1 (K1) dan reguler,di mana diprioritaskan bagi tenaga pendidik,kesehatan, dan tenaga mendesak lainnya. “Untuk K1,daftarnya sudah dipublikasikan dan tinggal menuju persetujuan wakil presiden yang disusun dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Tenaga Honorer,”kata Eko kepada SINDOkemarin. Bagi pemerintah yang akan mengajukan formasi CPNS, Kemenpan-RB akan menganalisis apakah APBD-nya di bawah 50% atau tidak.Hal ini tertuang dalam Surat Edaran No B/027/M.PAN&RB/4/2012 tertanggal 4 April 2012 kepada gubernur,bupati,dan wali kota. Kebijakan ini diambil karena jika belanja pegawainya terlalu besar maka akan menyedot anggaran terlalu banyak.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.