1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih berpulang
http://www.antaranews.com/berita/308704/menteri-kesehatan-endang-sedyaningsih-berpulang

Rabu, 2 Mei 2012 12:26 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Kesehatan, Endang R Sedyaningsih, yang telah mengajukan pengunduran diri dari jajaran pemerintahan dan sejak lama dirawat di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, berpulang, pukul 11.41 WIB Rabu. Banyak yang kehilangan atas kepergian perempuan menteri ini, di antaranya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar. Dia ditemui di Jakarta, dan berduka cita mendalam atas kepergian selamanya koleganya itu. “Saya sangat berduka, beliau merupakan puteri terbaik bangsa” kata Gumelar, di Jakarta, Rabu. Sejak lama Sedyaningsih diketahui mengidap kanker paru-paru. Sebelum berpulang, dia dirawat super intensif di Paviliun Kartika RS Cipto Mangunkusumo. Dengan alasan kesehatan, dia mengajukan surat pengunduran diri dari pemerintahan kepada Presiden Susilo Yudhoyono, beberapa hari lalu. Di antara koleganya, adalah Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, yang juga berduka di paviliun itu. Sesaat setelah menjenguk, Laksono menyatakan kepada pers, keluarga almarhumah memintakan maaf jika perempuan dokter itu memiliki kesalahan dalam bentuk apa saja. Sedyaningsih lahir di Jakarta pada 1 Februari 1955 dan sebelum menjadi menteri kesehatan adalah peneliti di bagian Penelitian dan Pengembangan Departemen Kesehatan. Ibu dua putra dan satu putri ini kemudian melanjutkan spesialisasi Kesehatan Masyarakat di Harvard School of Public Health di Boston, Amerika Serikat pada 1992.

…dst

2 ) Kemdikbud Gelar Upacara Peringati Hardiknas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/08581069/Kemdikbud.Gelar.Upacara.Peringati.Hardiknas.

Rabu, 2 Mei 2012 | 08:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh di setiap 2 Mei. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hardiknas kali ini dipimpin langsung oleh Mendikbud, Mohammad Nuh beserta jajaran seluruh pejabat eselon 1 Kemdikbud. Dalam sambutannya, Nuh mengatakan, peringatan Hardiknas merupakan momentum penting untuk memperkuat komitmen bangsa terhadap pembangunan negara.”Khususnya bidang pendidikan, sebab pembangunan pendidikan merupakan jalan utama untuk bangkit meraih kemajuan dan kehormatan bangsa,” kata Nuh, saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hardiknas, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (2/5/2012).

…dst

3 ) Kemdikbud Ingin Cetak Generasi Emas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/11324267/Kemdikbud.Ingin.Cetak.Generasi.Emas

Rabu, 2 Mei 2012 | 11:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan fokus mencetak generasi emas. Wacana itu sekaligus menjadi tema pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjelaskan, dijadikannya kebangkitan generasi emas sebagai tema peringatan Hardiknas tahun ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, sejak 2010 sampai 2035 merupakan saat Indonesia mendapatkan bonus demografi, yakni populasi usia produktif paling besar sepanjang sejarah Indonesia berdiri.”Itulah mengapa kita fokus pada kebangkitan generasi emas, karena ini pertama kalinya, dan harus kita manfaatkan,” kata Nuh, sesaat setelah memperingati Hardiknas di Kemdikbud, Jakarta, (Rabu (2/5/2012).

…dst

4 ) PPI UK terinspirasi semangat Ki Hadjar Dewantara
http://www.antaranews.com/berita/308673/ppi-uk-terinspirasi-semangat-ki-hadjar-dewantara

Rabu, 2 Mei 2012 06:58 WIB
London (ANTARA News) – Para pelajar Indonesia yang terhimpun dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) UK terinspirasi dengan semangat Ki Hadjar Dewantara, “Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.” Kutipan Ki Hadjar Dewantara menjadi bekal bagi PPI UK yang akan mengelar Temu Ilmiah PelajarInternational/Indonesian Scholar International Convention (ISIC) yang akan dilaksanakan November mendatang di London, Inggris, , ujar Sekretaris Jenderal PPI UK, R. Rizky PH kepada ANTARA London, Rabu. Dikatakannya setidaknya kutipan tersebut memberikan pedoman kepada kita bagaimana bersama-sama membangun bangsa ini dengan sumbangsih para cendikiawan Indonesia yang mendunia dalam Konvensi Masa Depan Bangsa di London. Ketua Temu Ilmiah Pelajar International/Indonesian Scholar International Convention (ISIC) Steven Marcelino, menggambarkan Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan Indonesia menunjukan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar di kemudian hari melalui pendidikan.

…dst

5 ) Kurang Transparan Picu Penipuan Dana Hibah PTS
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/02/316906/293/14/Kurang-Transparan-Picu-Penipuan-Dana-Hibah-PTS

Rabu, 02 Mei 2012 04:49 WIB
JAKARTA–MICOM: Tertipunya puluhan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terhadap Program Hibah Pembinaan PTS (PHP-PTS) terjadi karena Kemendikbud tidak transparan dalam pengelolaan dana untuk PTS. “Kami ikut perihatin terhadap kasus penipuan program PHP PTS, namun kami melihat ini dapat terjadi karena pembinaan dan transparansi Kemendikbud dalam pendanaan kepada PTS tidak jelas sehingga dimanfaatkan oknum tertentu untuk menipu,” kata Sekjen Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Suyatno didampingi Ketua Umum Aptisi Edy Suandi Hamid menjawab wartawan seusai MoU Aptisi dengan University of Technology Sydney Australia,di Jakarta, Selasa (1/5). Menurut Suyatno,kasus ini merupakan otokritik terhadap pemerintah agar tidak selalu menyalahkan PTS. Hemat dia, kalau Ditjen Dikti Kemendikbud dan jajarannya saja dapat ditipu dengan bentuk surat palsu, bagaimana pula dengan PTS. “Ditjen Dikti saja bisa dicatut oleh penipu itu. Intinya kami meminta Kemendikbud transparan terhadap pagu dana PHP PTS dan dana lainnya dari APBN seperti apa,” tambah Rektor UHAMKA ini. Menurut dia pagu dana PHP PTS yang dikucurkan Kemendikbud ada yang tidak sesuai misalnya untuk universitas mestinya mendapat Rp1 miliar, dan ternyata hanya diberikan Rp500 juta.

..dst

6 ) Dua PTN Baru di Babel Tuntut Status PNS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/02/05395427/Dua.PTN.Baru.di.Babel.Tuntut.Status.PNS

Rabu, 2 Mei 2012 | 05:39 WIB
PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Dua perguruan tinggi negeri (PTN) baru di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yakni Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Negeri Bangka Belitung), menginginkan percepatan peralihan status kepegawaian. “Istilahnya, kapal kami sudah dicap ‘negeri’, tapi awak kapalnya masih belum. Kami ingin kejelasan status,” kata Muntoro, Ketua Forum Kepegawaian Universitas Bangka Belitung, Selasa (1/5/2012). Muntoro berharap, peralihan status kepegawaian di sembilan PTN baru segera terealisasi. “Sekarang sudah dua tahun sejak dinegerikan, kami ingin ketegasan pemerintah agar status kami sebagai pegawai negeri sipil (PNS) segera terealisasi,” kata dia.

…dst

7 ) Komitmen Pemerintah terhadap PTS Tidak Jelas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/01/13283163/Komitmen.Pemerintah.terhadap.PTS.Tidak.Jelas

Selasa, 1 Mei 2012 | 13:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah didesak untuk memberikan komitmen yang jelas pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Edi Suandi Hamid kepada Kompas.com, Selasa (1/5/2012), di Jakarta. Dia mengatakan, pemerintah selama ini terkesan melakukan dikotomi perguruan tinggi. Layanan yang diberikan antarperguruan tinggi, khususnya terhadap PTS, masih belum merata dan proporsional. “Bantuan memang ada, tapi belum proporsional, dan komitmen pemerintah tidak jelas, seperti melakukan dikotomi,” kata Edi. Ia menjelaskan, dikotomi perguruan tinggi semakin jelas lantaran Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) tidak mencantumkan porsi anggaran pengembangan penelitian untuk PTS. Sejatinya, kata dia, pemerintah juga mengatur jatah anggaran untuk penelitian di PTS sebagai upaya peningkatan mutunya.

…dst

8 ) 113 PTS di Sumbagsel Terancam Tak Bisa Luluskan Mahasiswa
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/02/04342336/113.pts.di.sumbagsel.terancam.tak.bisa.luluskan.mahasiswa

Rabu, 02 Mei 2012
PALEMBANG, KOMPAS – Sebanyak 113 perguruan tinggi swasta atau hampir separuh dari total 244 perguruan tinggi swasta di Sumatera bagian selatan belum terakreditasi. Tanpa akreditasi, perguruan tinggi swasta itu tak bisa meluluskan mahasiswa. Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Diah Natalisa mengatakan, banyaknya perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera bagian selatan yang belum mengantongi akreditasi ini mengkhawatirkan. Batas akhir akreditasi pada 16 Mei 2012. “Kami mendorong semua PTS segera mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sebelum batas akhir,” katanya saat dihubungi dari Palembang, Sumatera Selatasn, Senin (30/4). Sejumlah tokoh pendidikan Sumsel, Pemerintah Provinsi Sumsel, dan sejumlah rektor perguruan tinggi di Sumsel, Senin, berdiskusi di Palembang. Salah satu topik, banyaknya PTS yang belum terakreditasi. Perguruan-perguruan tinggi itu ada di wilayah Sumbagsel, meliputi empat provinsi, yaitu Sumsel, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Bandar Lampung. Faktor penyebab : Sebagian PTS yang belum mengantongi akreditasi adalah PTS- PTS baru yang belum meluluskan mahasiswa serta PTS-PTS yang sebelumnya sekolah tinggi kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan belum lama dialihkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

…dst

9 ) Beasiswa Pemprov Makassar Belum Cair
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/01/19100866/Beasiswa.Pemprov.Makassar.Belum.Cair

Selasa, 1 Mei 2012 | 19:10 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Sebanyak dua semester dana beasiswa luar negeri program strata dua (S-2) yang merupakan bagian dari program 1.000 beasiswa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan belum cair. engan terhambatnya dana beasiswa tersebut otomatis mempengaruhi proses belajar mengajar para mahasiswa penerima beasiswa di Malaysia. “Sudah dua semester ini, kami belum mendapatkan dana beasiswa, padahal pendidikan kami harus terus berjalan,” kata Wawan, salah seorang mahasiswa universitas di Malaysia, Selasa (1/5/2012). Sebagai gambaran, lanjut Wawan, untuk membuat makalah dan mencari referensi serta biaya hidup membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. “Sementara dana yang dialokasikan per semester Rp 50 juta per penerima beasiswa,” katanya.Keluhan serupa juga diakui Ria, penerima beasiswa Pemprov Sulsel lainnya. Dia mengatakan, kini sudah memasuki tahun kedua, namun dana beasiswa yang dijanjikan pihak Pemprov yang notabene salah satu program andalan Gubernur Sulsel H Syarul Yasin Limpo, belum cair.

…dst

10 ) UE Akan Pangkas Bantuan Pendidikan ke RI
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621629/ue-akan-pangkas-bantuan-pendidikan-ke-ri

Selasa, 01 Mei 2012 12:07 wib
JAKARTA – Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN dan Indonesia Julian Wilson mengatakan, Uni Eropa akan memotong bantuan ke Indonesia yang sebesar 500 juta euro. Dana tersebut sebelumnya digunakan untuk menyokong sektor pendidikan, perubahan iklim, tata kelola pemerintahan, serta investasi. Hingga saat ini, bantuan terbesar disalurkan ke sektor pendidikan Indonesia, yakni 350 juta euro sejak 2007 lalu. Wilson mengatakan, pemotongan dana itu akan dialokasikan untuk membantu sejumlah negara-negara miskin yang ada di belahan dunia ini. “Kami yakin dengan Pemerintah Indonesia, peringkat pendidikan di Indonesia sudah membaik. Indonesia pun sudah mengalokasikan 20 persen anggaran negaranya ke bidang pendidikan, ini adalah sesuatu yang cukup baik,” ujar Dubes Wilson, di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (1/5/2012).

…dst

11 ) Minat Mahasiswa ke PTS Masih Tinggi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/491366/

Wednesday, 02 May 2012
BANDUNG – Seleksi melalui jalur mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung tidak menurunkan minat calon mahasiswa untuk mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS). Sebelum pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) digelar, sejumlah PTS di Bandung telah menerima mahasiswa. Rektor Unikom Edi Suryanto Soegoto mengatakan, adanya jalur mandiri PTN tidak membuat peminat ke Unikom menjadi sepi. Bagi dia, hal tersebut merupakan kondisi yang normal dan tidak menjadi hambatan. “Antara PTN dan PTS memang harus ada kompetisi yang normal, keunggulan PTS tentunya harus menonjolkan kualitas, bagaimana PTS berupaya memberikan mutu, pelayanan serta sarana dan prasarana yang baik sehingga tetap diminati,” katanya saat dihubungi SINDO,kemarin.

…dst

12 ) Aptisi Gandeng Perguruan Tinggi di Australia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/316908/293/14/Aptisi-Gandeng-Perguruan-Tinggi-di-Australia

Rabu, 02 Mei 2012 05:20 WIB
JAKARTA–MICOM: Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) menjalin kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di Australia, University of Technology, Sydney (UTS). Diharapkan dengan kerja sama itu, terjadi penguatan kelembagaan dan peningkatan sumber daya manusia serta terjalinnya hubungan kedua negara, Indonesia dan Australia menjadi lebih baik. Hal tersebut dikemukakan Ketua Umum Aptisi Edy Suandi Hamid dan Sekjen Aptisi Suyatno pada penandatangan atau MoU dengan perwakilan UTS, Brian Leis, di Jakarta, Selasa (1/5). Edy Suandi Hamid menyatakan kerja sama itu sebagai salah bentuk realisasi mendukung kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan Australia dalam cakupan kerja sama yang lebih luas dalam bidang perdagangan ,investasi, dan pendidikan. Untuk itu, kata Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) itu,pada tanggal 28 Juni mendatang pihaknya akan mengadakan kunjungan ke UTS. “Kunjungan Aptisi nanti guna merealisasikan penandatangan kerja sama kita ini, kami berharap anggota Aptisi dapat berpartisipasi aktif,” kata Edy.

…dst

13 ) UGM Gandeng Universitas Reutlingen di Bidang Bisnis
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621733/ugm-gandeng-universitas-reutlingen-di-bidang-bisnis

Selasa, 01 Mei 2012 15:02 wib
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Universitas Reutlingen, Jerman. Kerja sama ini meliputi pertukaran pelajar baik S-1 maupun jenjang S-2. Penjajakan kerjasama ini ditandai dengan kunjungan Wakil Rektor untuk Kerjasama Internasional Universitas Reutlingen Hendrik Brumme ke UGM, belum lama ini. Dalam kunjungannya tersebut Hendrik didampingi oleh Balder Veit selaku Director of International Affairs dan Petra Greiner dari ESB Business School. Hendrik menjelaskan, bentuk kerjasama antara dua universitas tersebut berupa student exchange atau pertukaran mahasiswa tingkat S-1 bidang bisnis international serta di tingkat MBA. “Kita mencoba menjalin kerja sama untuk pertukaran mahasiswa S-1 dan S-2 bidang bisnis internasional,” kata Hendrik seperti dilansir dari laman UGM, Selasa (1/5/2012).

…dst

14 ) Dideklarasikan Hari Kebangkitan Pendidikan Pertanian
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/316851/293/14/Dideklarasikan-Hari-Kebangkitan-Pendidikan-Pertanian

Selasa, 01 Mei 2012 21:26 WIB
BOGOR–MICOM: Institut Pertanian Bogor mendeklarasikan tanggal 27 April sebagai Hari Kebangkitan Pendidikan Pertanian Indonesia. Acara deklarasi itu dilakukan pada rangkaian 60 tahun pendidikan pertanian bersamaan dengan simposium dan seminar bertema “Mendukung Kedaulatan Pangan dan Energi yang berkelanjutan” di IPB International Convention Centre (IICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/5). Deklarasi tersebut ditandatangani oleh Menteri Pertanian Suswono, Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, Menteri Pertanian periode 80-an Prof Sjarifuddin Baharsjah dan Prof Yustika Baharsjah, Rektor Universitas Brawijaya, Rektor Universitas Jambi, 20 dekan Fakultas Pertanian seluruh Indonesia, dan ketua himpunan profesi. Himpunan profesi itu unsur dari Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI), Perhimpunan Hortikultura Indonesia (PERHORTI), Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia (PERIPI), dan Himpunan Ilmu Gulma Indonesia (HIPI). Sekretaris Umum kegiatan 60 tahun pendidikan pertanian Syarifah Iis Aisyah menjelaskan, deklarasi yang disebut “Deklarasi Baranangsiang” itu, merencanakan tanggal 27 April, di mana 60 tahun yang lalu dilakukan peletakan batu pertama oleh Presiden RI pertama Ir Soekarno pada pembangunan Kampus IPB Baranangsiang, menjadi Hari Kebangkitan Pendidikan Pertanian Indonesia.

…dst

15 ) Unpad Gelar Lomba Promo Objek Wisata di Bandung
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/622046/unpad-gelar-lomba-promo-objek-wisata-di-bandung

Rabu, 02 Mei 2012 09:02 wib
JAKARTA – Apakah kamu begitu mengenal seluk-beluk Kota Bandung dan sekitarnya? Jika iya, Bandung Tourism Competition 2012 dapat menjadi tantangan yang tepat bagimu. Bandung Tourism Competition 2012 merupakan kompetisi besutan Himpunan Mahasiswa (Hima) Manajemen Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang telah digelar secara berkala. Ajang ini menguji kreativitasmu dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kota Kembang tersebut.Kali ini, obyek wisata terkemuka di Bandung, yakni Tangkuban Perahu, dipilih menjadi tema kompetisi. Untuk bisa mengikuti kompetisi ini, kamu harus mengajak dua orang teman kampusmu. Tidak harus berasal dari jurusan yang sama, kamu juga dapat mengajak teman lintas jurusan.

…dst

16 ) Unpad buka program studi teknik informatika
http://www.antaranews.com/berita/308405/unpad-buka-program-studi-teknik-informatika

Senin, 30 April 2012
Bandung (ANTARA News) – Universitas Padjadjaran pada 2012 membuka program studi baru Teknik Informatika yang kegiatan belajarnya akan diselenggarakan di kampus Jatinangor. Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Engkus Kuswarno hari ini di Bandung, mengatakan untuk tahun pertama program studi tersebut baru menerima 40 mahasiswa. 40 mahasiswa itu, menurut dia, dijaring melalui ujian tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 20 orang dan dari ujian mandiri yang diselenggarakan Unpad Sendiri sebanyak 20 orang. “Untuk sementara ini, program studi baru ini belum menerima dari jalur undangan, tapi baru melalui jalur tes tertulis dan jalur mandiri,” ujarnya. Pada 2012, Engkus mengatakan, Unpad siap menerima 6.415 mahasiswa baru. Sebanyak 61,98 persen atau 3.932 orang dijaring dari SNMPTN dan 38,75 persen atau 2.483 orang dari jalur mandiri.

…dst

17 ) Mahasiswa ITS rancang kran hemat air wudhu
http://www.antaranews.com/berita/308680/mahasiswa-its-rancang-kran-hemat-air-wudhu

Rabu, 2 Mei 2012 08:08 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITS Surya Mahendra bersama dua rekannya merancang kran hemat air, terutama untuk kran air wudhu. “Kalau dipakai kran air wudhu bisa menghemat 1,5 liter air. Biasanya, setiap orang membutuhkan empat liter air wudhu, tapi dengan kran itu hanya 2,5 liter,” katanya di Surabaya, Rabu. Didampingi dosen pembimbing Suwito, ia menjelaskan, penghematan itu dapat dilakukan dengan menggunakan sensor dan alat otomatis yang disebut “solenoid valve”. “Kran hemat air itu memang memakai baterai berdaya enam watt, tapi dalam kondisi tidak dipakai memakai 0,1 watt. Untuk pengganti baterai bisa menggunakan sel surya,” kata mahasiswa semester 6 itu. Menurut dia, sel surya mampu menyerap energi 100 watt saat matahari bersinar terang dan bisa disimpan untuk kebutuhan malam hari. “Yang jelas, saat merancang alat yang dapat dibuat dalam waktu satu jam itu karena saya sering menyaksikan kran wudhu di masjid yang tidak dimatikan,” katanya.

…dst

18 ) Unesco tetapkan Danau Batur jadi geopark dunia
http://www.antaranews.com/berita/308582/unesco-tetapkan-danau-batur-jadi-geopark-dunia

Selasa, 1 Mei 2012 16:46 WIB
Denpasar (ANTARA News) – UNESCO akan mengumumkan penetapan kawasan Danau Batur sebagai salah satu Geopark Dunia pada September 2012. “Direncanakan dari tanggal 10 sampai 17 Mei ini, Bupati Bangli dan Dirjen dari Kementarian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan ke Jepang untuk mengikuti sidang serangkaian penetapan geopark itu. Jika tidak ada masalah, penetapannya nanti September di Spanyol,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli I Wayan Gobang Edy Sucipto, Selasa. Dirjen Pengembangan Destinasi Kementerian Paiwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim menyampaikan optimismenya bahwa Danau Batur dapat ditetapkan sebagai salah satu Geopark Dunia. “Batur mempunyai daya tarik yang kuat baik bagi wisatawan nasional maupun internasional serta masih banyak potensi yang bisa dikembangkan di sana,” kata Firmansyah. Kawasan Batur menjadi salah satu dari dua kawasan di Indonesia yang dinominasikan menjadi Geopark Dunia. Di dunia ada 78 negara yang masuk menjadi nominasi. Indonesia mengajukan dua, Batur dan Pacitan, hanya saja sampai saat ini Batur yang dinyatakan lebih siap.

…dst

19 ) Englishtown, Belajar Bahasa Inggris Berbasis “e-learning”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/01/15505166/Englishtown.Belajar.Bahasa.Inggris.Berbasis.e-learning

Selasa, 1 Mei 2012 | 15:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Belajar bahasa Inggris meskipun dilakukan bersama sebuah institusi nonformal tidak selamanya dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Pelayanan sistem pembelajaran bahasa Inggris melalui internet (e-learning) yang dikenal dengan Englishtown ini, misalnya. Diperkenalkan oleh English First (EF), Englishtown, akan menjadi sebuah sekolah bahasa Inggris online yang menawarkan pelayanan sistem pembelajaran bahasa Inggris melalui internet (e-learning). Country Manager EF Indonesia, Elliot Davernass, menjelaskan sistem ini memberikan berbagai kemudahan belajar bahasa Inggris bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan memerlukan efisiensi waktu. Selain itu, Englishtown juga menawarkan kursus online dan kelas langsung dipimpin oleh guru-guru yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya.

…dst

20 ) Sarjana Bisa Bekerja di Luar Jurusan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/491316/

Wednesday, 02 May 2012
SEMARANG – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Diponegoro ( Undip) Agus Hermani mengatakan, seorang lulusan dari perguruan tinggi harus mampu masuk ke dunia kerja di luar keilmuan selama mereka kuliah. “Ada tiga hal yang harus dimiliki calon pekerja agar dapat menjadikan setiap pekerjaan menjadi amanah.Yaitu,harus tahu dan menguasai peranan dan keterampilan apa yang dibutuhkan. Kemudian,calon pekerja juga harus punya target yang jelas untuk karier kerjanya.Dan, dia wajib memberikan pengaruh awal yang positif atas keberadaanya di perusahaan,”papar Agus saat melepas lulusan FISIP Undip,beberapa waktu lalu. Terpisah,Ketua International Representative of ICRS Yogyakarta Bernard Adeney berpendapat, pendidikan merupakan jembatan dan bekal bagi tiap individu untuk menghadapi tantangan globalisasi.

…dst

21 ) Inilah Sebagian Data Aliran Uang ke Angelina
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/02/07415474/Inilah.Sebagian.Data.Aliran.Uang.ke.Angelina

Rabu, 2 Mei 2012 | 07:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki bukti adanya 16 kali aliran uang miliaran rupiah dan ratusan dollar Amerika Serikat ke Angelina Sondakh, terkait dugaan korupsi di Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aliran uang yang diduga hasil korupsi tersebut diterima Angelina sepanjang tahun 2010. Inilah sebagian data aliran uang ke Angelina yang diperoleh Kompas, Rabu (2/5/2012). Pada bulan Maret mengalir uang sebesar Rp 70 juta. Pada bulan berikutnya, Maret, jumlahnya meningkat drastis menjadi 100.000 dollar Amerika Serikat (AS). Di bulan Mei, KPK menemukan dua bukti aliran uang ke Angelina. Pertama sebesar Rp 2,5 miliar, yang berikutnya Rp 3 miliar. Pada bulan Juni, KPK menemukan bukti Angelina menerima tiga kali aliran dana. Pertama sebesar Rp 3 miliar, kedua Rp 2 miliar dan ketiga sebesar 100.000 dollar AS. Tak berhenti di bulan Juni, KPK kembali mendapatkan bukti adanya aliran uang ke Angelina pada bulan Oktober. Jumlahnya mencapai Rp 3 miliar.

…dst

22 ) Milik Negara, Usakti Harus Dijadikan PTN
http://www.jpnn.com/read/2012/05/02/126096/Milik-Negara,-Usakti-Harus-Dijadikan-PTN-

Rabu, 02 Mei 2012 , 02:30:00
JAKARTA – Chairman Indonesian Beraucracy And Service Watch (IBSW), Nova Andika mengatakan Universitas Trisakti (Usakti) merupakan milik negara yang sebelumnya menjadi aset Badan Permusjawaratan Kewarganegaraan Indonesia (Baperki). Karenanya, Baperki yang kini dinyatakan sebagai gerakan yang punya hubungan G30S PKI dan organisasi terlarang maka seluruh asetnya harus dikembalikan ke Negara dan tidak boleh jatuh ke tangan swasta. “Jelas – jelas Usakti yang tadinya bernama Universitas Respublica yang dimiliki oleh Baperki kemudian di tutup dan diambil alih oleh Pemerintah, kemudian menjadi Universitas Trisakti,” kata Nova dalam rilisnya yang diterima JPNN, Selasa (1/5). Menurut Nova, seiring dengan perjalanannya, banyak pihak kini berupaya agar Universitas Trisakti jatuh ke tangan swasta. Kata dia, yang paling berkepentingan adalah pihak yayasan. “Artinya jelas, Universitas Trisakti adalah milik pemerintah, namun sekarang ada upaya dari pihak swasta yaitu Yayasan Trisakti untuk mengambil alih dengan tameng hukum dan menguasai aset yang sejatinya sudah menjadi milik Negara tersebut,” ucapnya.

…dst

23 ) FIB UGM Mejeng di Perak
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/622045/fib-ugm-mejeng-di-perak

Rabu, 02 Mei 2012 08:02 wib
JAKARTA – Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM) Yogyakarta tampil dalam Festival Colours of the World (FESCO 2012) di Perak, Malaysia. Dalam event internasional tersebut, mereka mempersembahkan Tari Kecak. Grup yang mengusung nama Kecak Nusantara ini bernaung di bawah Ikatan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris (IMAJI) UGM. Tim tersebut terdiri atas 30 penari yang berasal dari Jurusan Sastra Inggris angkatan 2009 dan 2010 FIB UGM dan satu penari tamu dari staf Sekolah Vokasi UGM Dewi Cahya Ambarwati sebagai sutradara. Wakil Dekan Bidang Akademik, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat Amir Ma’ruf selaku pimpinan rombongan mengungkapkan, FESCO 2012 merupakan kegiatan besutan Universiti Teknologi Petronas (UTP). Partisipasi FIB UGM dalam ajang ini merupakan kali keempat setelah dimulai pada 2009.

…dst

24 ) KM ITB: Pemerintah Tak Mampu Kelola Sisdiknas
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/02/373/622246/km-itb-pemerintah-tak-mampu-kelola-sisdiknas

Rabu, 02 Mei 2012 13:14 wib
BANDUNG – Puluhan mahasiswa dari Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar aksi damai memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di depan Gerbang Utama ITB, Jalan Ganeca, Rabu (2/5/2012). Dalam aksinya, KM ITB mengkritik pemerintah yang belum mampu mengelola sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Padahal, dalam pembukaan UUD ’45, pemerintah bertugas “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Tugas ini kemudian ditegaskan dalam pasal 31, yakni pemerintah harus menenuhi hak setiap warga untuk memperoleh pendidikan. “Pemerintah memiliki peran sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam pendidikan ini,” ujar Ketua Kabinet KM ITB Anjar Dimara Sakti, di sela aksi. Anjar menilai, sisdiknas masih belum berpihak kepada seluruh warga Indonesia. Dia menyebutkan, pada 2008, 70 persen siswa tidak bisa sekolah karena masalah keuangan. “Padahal tugas pemerintah membuka akses seluas-luasnya kepada seluruh warga negara,” katanya.

…dst

25 ) Pendidikan Mahal, Mahasiswa UPI Bagi-Bagi Uang
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/02/373/622275/pendidikan-mahal-mahasiswa-upi-bagi-bagi-uang

Rabu, 02 Mei 2012 13:25 wib
BANDUNG – Belasan mahasiswa yang tergabung Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (BEM Rema UPI) bagi-bagi uang fotokopian kepada pengendara dan wartawan pada Hari Pendidikan Nasional 2012 ini. Presiden BEM Rema UPI Hamdan Ardiansyah mengatakan, aksi bagi-bagi uang ini adalah sebuah simbol mahalnya pendidikan di Indonesia. “Simbol uang ini menggambarkan jika pendidikan di Indonesia hanya dinilai dengan uang terus,” kata Hamdan kepada wartawan di sela-sela aksi unjuk rasa di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (2/5/2012). Hamdan menilai, seharusnya pemerintah menyediakan pendidikan murah bagi masyarakat. Pasalnya, saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mengakses pendidikan di Indonesia dengan harga terjangkau.

…dst

26 ) 15 Juta Anak Usia 0-6 Tahun Belum Terlayani
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/02/05274941/15.juta.anak.usia.0-6.tahun.belum.terlayani

Rabu, 02 Mei 2012
Jakarta, Kompas – Sekitar 15 juta anak usia dini berumur 0-6 tahun belum terlayani fasilitas pendidikan. Padahal, pemerintah menargetkan setidaknya 75 persen dari 30,2 juta anak usia dini bisa terlayani pendidikan anak usia dini pada tahun 2014. Hal itu dikemukakan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Nonformal, dan Informal Lydia Freyani Hawadi, Selasa (1/5), di Jakarta. “Target itu sulit tercapai. Sekarang baru 58 persen anak usia dini ikut PAUD, termasuk yang di taman baca Al Quran. Kalau jumlah PAUD yang seratus persen kami kelola, angkanya jauh lebih sedikit,” ujarnya. Untuk meningkatkan angka partisipasi kasar PAUD, pemerintah berencana membuat standar pelayanan dan model PAUD. Selama ini PAUD di berbagai daerah memiliki model dan standar berbeda-beda sehingga mutu lulusannya berbeda pula. Mutu anak usia dini yang dihasilkan pun bergantung pada kualitas guru. Sayangnya, lanjut Lydia, jumlah dan mutu guru PAUD jauh dari harapan.

…dst

27 ) Pengajar PAUD Harus Sarjana
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/316788/293/14/Pengajar-PAUD-Harus-Sarjana

Selasa, 01 Mei 2012 18:03 WIB
JAKARTA–MICOM: Kemendikbud mengusung program Bangkitnya Generasi Emas Indonesia di Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap 2 Mei. Untuk mendukung kebangkitan generasi emas, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal-Informal (PAUDNI) Kemendikbud Lydia Freyani Hawadi mengatakan pihaknya berupaya meningkatkan kompetensi ketenagaan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD dinilai sangat penting untuk mewujudkan generasi Indonesia yang berkarakter, cerdas, dan kreatif. Selama ini, ketenagaan PAUD terdiri atas pendidik dan tenaga pendidik mencakup tiga lingkup yaitu formal, informal, dan non formal. Pada tahun 2012 ini , peningkatan kompetensi pada lingkup formal akan dilakukan pada tataran guru. “Kita berharap guru-guru ini memiliki kualifikasi S1,” kata Lydia Menurut Lydia, pihaknya akan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan universitas yang memiliki program studi PAUD atau Psikologi. Sehingga, para tenaga kependidikan yang belum memiliki kualifikasi S1 dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1.

…dst

28 ) Pemerintah Tak Hadir
Panggilan Ketiga Terkait UN Diharapkan Datang
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/02/0528157/pemerintah.tak.hadir

Rabu, 02 Mei 2012
Jakarta, Kompas – Pemerintah kembali tidak memenuhi panggilan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (1/5). Panggilan kedua ini terkait eksekusi keputusan perihal ujian nasional yang telah berkekuatan hukum tetap. Pemerintah dalam hal ini adalah Presiden, Wakil Presiden, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Keterangan tertulis tidak bisa memenuhi panggilan datang, menurut Ketua Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Suharto, hanya dari Mendikbud. Keterangan ditujukan kepada kuasa hukum dan pemohon eksekusi yang tergabung dalam Tim Advokasi Korban UN (Tekun). Adapun Presiden, Wakil Presiden, dan Ketua BSNP tidak memberikan keterangan. Pada surat tertulis kepada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Mendikbud meminta agar sidang dijadwalkan seusai ujian nasional (UN) tahun ini. Kemdikbud juga sedang menyiapkan data serta jawaban tepat dan akurat terkait peningkatan sarana prasarana, kualitas guru, dan sistem informasi sebagai syarat pelaksanaan ujian nasional.

…dst

29 ) Pola letusan gunung api berubah sejak 2004
http://www.antaranews.com/berita/308585/pola-letusan-gunung-api-berubah-sejak-2004

Selasa, 1 Mei 2012 18:11 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sejak gempa besar mengguncang Aceh pada 26 Desember 2004, pola letusan gunung api berubah, kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono. “Banyak riset membuktikan perubahan pola itu,” kata Surono usai pemaparan hasil penelitian gempa dan gunung api di Indonesia oleh peneliti Indonesia dan Jepang di Jakarta, Selasa. Surono mencontohkan, perubahan paling menonjol terlihat pada pola letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sejak tahun 1.600 letusan gunung api itu tidak dikenali tapi pada Agustus 2010 mengagetkan penduduk setempat karena tiba-tiba memuntahkan lava, debu dan pasir. “Bagaimanapun deformasi tektonik memang berpengaruh pada aktivitas vulkanik,” katanya. Saat itu gunung yang memiliki ketinggian 2.460 meter dan letusannya tidak pernah dipantau tersebut harus diubah dari gunung api tipe B menjadi tipe A dengan status awas yang harus diamati selama 24 jam.(D009)

…dst

30 ) LIPI-KIST kembangkan 15 sumber energi alternatif
http://www.antaranews.com/berita/308586/lipi-kist-kembangkan-15-sumber-energi-alternatif

Selasa, 1 Mei 2012 18:55 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Korea Institute of Science and Technology (KIST) melakukan penelitian bersama untuk mengembangkan 15 bahan limbah pertanian dan perkebunan menjadi sumber bahan bakar alternatif. “Kami sudah mendaftar 15 bahan baku yang mengandung selulosa dan hemi-selulosa seperti tandan kosong kelapa sawit dan pelepah kelapa sawit,” kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Syahrul Aiman, di Pusat Penelitian Kimia Serpong, Tangerang Selatan, Selasa. Menurut Ketua Proyek Kerjasama Produksi Bioetanol LIPI-KIST, Haznan Abimanyu, limbah pertanian dan perkebunan yang akan digunakan antara lain batang singkong, bagas tebu, jerami, dan bonggol jagung.”Paling tidak bahan itu mengandung selulosa sebesar 25 persen, lebih tinggi lebih bagus,” kata Haznan.

…dst

31 ) 1 Januari 2013 e-KTP Berlaku, Tetap Simpan KTP Lama!
http://nasional.kompas.com/read/2012/05/02/06314560/1.Januari.2013.e-KTP.Berlaku.Tetap.Simpan.KTP.Lama.

Rabu, 2 Mei 2012 | 06:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — KTP elektronik diberlakukan mulai 1 Januari 2013. Segala urusan, mulai dari kependudukan, pengurusan surat, pembelian tanah dan kendaraan bermotor, hingga urusan perbankan, akan menggunakan e-KTP. Namun, salinan atau fotokopi KTP lama diharapkan tetap disimpan untuk pencocokan data di berbagai instansi. Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2011 tentang Penerapan KTP Berbasis NIK secara Nasional, menurut Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Selasa (1/5/2012) di Jakarta, menunjukkan bahwa penggunaan KTP elektronik tunggal secara nasional. Oleh karenanya, pembelian tanah, kendaraan, serta urusan perbankan dan asuransi bisa dilakukan dengan menggunakan e-KTP.

…dst

Sekilas dalam Negeri
Menkes Berpulang
Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih berpulang
Jenazah Menteri Kesehatan akan disemayamkan di rumah duka
SBY Akan Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Menkes
Menteri Kesehatan mungkin dimakamkan di San Diego Hills
PNS tak bisa jadi Caleg
Mahkamah Konstitusi: PNS tak Bisa Jadi Caleg
Kasus Wa Ode
Berikut Surat Menyurat Banggar dengan Menkeu Soal Dana PPID
PAN Dorong Anis Matta Buka-bukaan kepada KPK
Klarifikasi Soal Banggar, Anis Matta Gelar Konferensi Pers Siang Ini
Wa Ode Desak KPK Jerat Anis Matta
Kasus Nazaruddin
Neneng Minta Dijemput KPK, Siap Kooperatif
Elza Syarif: Neneng Minta Dijemput, Bukan Ditangkap
Nazaruddin Surati KPK soal Pemulangan Neneng

Kasus Anas