1 ) Hardiknas 2012 Akan Diwarnai Berbagai Kegiatan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/297

01 Mei 2012
Jakarta — Menyongsong peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menggelar berbagai kegiatan sejak April sampai Juni mendatang. Hardiknas yang jatuh tepat pada tanggal 2 Mei akan diwarnai dengan kegiatan rutin upacara, dan resepsi hardiknas pada malam harinya. Selain itu, Kemdikbud juga menggelar pameran internal di halaman parkir gedung Kemdikbud. “Stand-stand pameran sedang digarap,” demikian dijelaskan Mendikbud Mohammad Nuh, di Gedung Kemdikbud, Senin (30/04). Dalam resepsi Hardiknas nanti, akan dilakukan penandatanganan dengan Garuda dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni). “Kita akan menyerahkan beasiswa kepada keluarga penyandang cacat,” katanya. Mendikbud juga akan menyerahkan Al-Qur’an Braille, komputer bicara, dan buku-buku Braille. Pemutaran film animasi pun telah disiapkan untuk menghibur siswa-siswi pada kesempatan tersebut.

…dst

2 ) Kemendikbud Siapkan Generasi Emas Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/373/621064/kemendikbud-siapkan-generasi-emas-indonesia

Senin, 30 April 2012 15:36 wib
JAKARTA – Menjelang Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada 20 Mei, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki sejumlah misi khusus. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) demi menghasilkan generasi muda yang luar biasa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mengatakan, berdasarkan data, saat ini jumlah penduduk Indonesia usia muda lebih banyak dibandingkan dengan usia tua. Jumlah anak usia 0-9 tahun sebesar 45 juta sementara anak usia 10-19 tahun berjumlah 43 juta jiwa. “Kita siapkan anak-anak usia 0-9 tahun lewat paudisasi dan pendidikan dasar karena nanti pada 2045, mereka berusia 35-45 tahun sedangkan usia 10-20 tahun berusia 45-54. Ini sesuai dengan usia masyarakat yang seharusnya memegang peran di suatu negara,” kata M Nuh di Kemendikbud Senayan, Jakarta Selatan, Senin (30/4/2012).

…dst

3 ) Pemerintah Sambut May Day – Beri Empat Kado untuk Buruh
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490865/

Tuesday, 01 May 2012
JAKARTA – Pemerintah memberikan empat kado kebijakan baru untuk para buruh dalam perayaan Hari Buruh Sedunia yang jatuh hari ini.Kebijakan tersebut dinilai akan memperkuat dan menyejahterakan para buruh. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, keempat kebijakan ini dikeluarkan sebagai langkah awal dan momentum memperbaiki keadaan para buruh serta seluruh regulasi perburuhan. “Semua regulasi yang menyangkut perburuhan akan kita sempurnakan, kemudian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga kita dorong untuk membantu para buruh,”ujar Muhaimin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin. Menurut dia,keempat kebijakan baru bagi para buruh tersebut merupakan hadiah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Empat kebijakan itu yakni kenaikan batas minimal penghasilan tidak kena pajak (PTKP) menjadi Rp24 juta per tahun atau Rp2 juta per bulan, pembangunan rumah sakit khusus para buruh di tiga titik lokasi yaitu Tangerang, Bekasi, dan Surabaya, transportasi murah untuk buruh di kawasan Industri, dan pembangunan rumah murah untuk para buruh.

…dst

4 ) Mendikbud Heran Ada Perguruan Tinggi Swasta Tertipu
http://www.pikiran-rakyat.com/node/186714

Senin, 30/04/2012 – 20:46
JAKARTA, (PRLM).- Adanya 40-an Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tertipu menyetorkan uang Rp50jutaan kepada pengirim surat Penerima Dana Program Hibah Pembinaan PTS (PHP-PTS) 2012 yang mengatasnamakan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, sangat mengejutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).”Saya merasa heran, ini bukan SD, ini Perguruan Tinggi kok bisa tertipu? Kan agak aneh sedikit dan saya berharap agar kawan-kawan di Dikti menindaklanjutinya,” ujar Mendikbud Mohammad Nuh, saat memberikan keterangan pers dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional dan Evaluasi UN SMP sederajat di Gedung Kemdikbud Jakarta, Senin (30/4). Menurut Nuh, Perguruan Tinggi bisa tertipu dikarenakan dua kemungkinan, yaitu pertama yang menipu memang sangat canggih dan yang kedua yang ditipu memang sangat bodoh. “Oleh karena itu dua arah dan sudah beberapa kali saya sampaikan jangan percaya dengan yang begitu-begitu,” sesalnya. Begitu juga saat ada penggantian pejabat baru, lanjutnya, selalu saja ada yang menelepon meminta uang karena kebutuhan pejabat yang di atas. “Tentu kalau seseorang tidak mengetahui apa yang tidak kita lakukan, bukan berarti kita tidak melakukannya,” katanya. Nuh menambahkan hal-hal yang sifatnya seperti itu tidak selamanya operasinya harus terang-terangan. Kemdikbud akan menindaklanjuti kalau ada dugaan-dugaan seperti itu.

…dst

5 ) Tergiur Dana Hibah, Puluhan PTS Tertipu
http://www.jpnn.com/read/2012/05/01/125998/Tergiur-Dana-Hibah,-Puluhan-PTS-Tertipu-

Selasa, 01 Mei 2012 , 07:47:00
JAKARTA – Kucuran dana hibah senilai Rp 190 miliar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk kampus swasta (PTS) ternyata dimanfaatkan penjahat. Berbekal kecenderungan PTS yang kerap tergiur kucuran dana dari pusat, penjahat melakukan penipuan dengan meminta bagian dari uang hibah tersebut. Kali ini, lahan yang menjadi santapan empuk penjahat itu adalah Program Hibah Pembinaan (PHP) PTS. Program ini dikelola Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama, Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud. Anggaran totalnya mencapai Rp 190 miliar. Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti Kemendikbud Achmad Jazidie mengatakan, penipuan dimulai dengan menyebar semacam surat keputusan penerima PHP PTS. Surat ini ditujukan ke sejumlah PTS. “Saking ngawurnya, surat ini juga ditujukan ke PTN. Padahal program ini khusus untuk PTS,” kata mantan pembantu rektor III ITS Surabaya itu. Pengiriman surat dilakukan mendekati masa-masa pengumuman penerimaan PHP PTS. Tahun ini, pengumuman penerima PHP PTS sedianya dilakukan pada 27 April lalu. Tetapi karena ada kendala, pengumuman diundur dan dijadwalkan pada 7 Mei mendatang. Salah satu surat abal-abal yang dikirim penipu tertuju kepada rektor Universitas Mataram. Dari alamat atau pihak yang dituju, surat ini sudah terasa janggal. Sesuai dengan aturan, PHP PTS hanya dikukucurkan untuk PTS. Tetapi Universitas Mataram adalah salah satu dari sekitar 90 PTN. “Sudah kelihatan kan ngawurnya,” kata dia. Surat disebar layaknya jaring ikan. Penjahat berharap, dari sekian banyak surat yang disebar, akan ada kampus yang tergiur dan memberinya uang pelicin.

…dst

6 ) Lima Pertimbangan Memilih Perguruan Tinggi
http://118.98.223.68/kemdikbud/berita/292
04/30/2012
Surabaya — Menjelang masa penerimaan mahasiswa baru tahun 2012, para calon mahasiswa diajak untuk teliti memilih tempat kuliah. Setidaknya ada lima hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan pilihan. Lingkungan kampus dan pembiayaan menjadi salah satu pertimbangan penting yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Surabaya, Sabtu (28/04). “Kalau seorang siswa mau milih perguruan tinggi, yang pertama kali dilihat adalah latar belakang akreditasi kampusnya,” tutur Menteri Nuh. Dari akreditasi tersebut, kata Mendikbud, bisa diketahui keberadaan dan kualitas kampus tersebut mulai dari pengelolaan sampai performa akademik. Kedua, Mendikbud mengingatkan agar mahasiswa mengetahui program studi yang akan dipilihnya. Harus disesuaikan dengan keinginan, jangan sampai hanya ikut-ikutan. Selain akreditasi dan program studi, lingkungan akademis kampus harus terukur. Salah satu indikator pengukurnya adalah prestasi-prestasi yang dicapai oleh kampus.

…dst

7 ) Pendaftaran Dimulai 10 Mei
Peserta SNMPTN Diprediksi Naik 10 Persen
http://www.pikiran-rakyat.com/node/186771

Selasa, 01/05/2012 – 07:55
BANDUNG, (PRLM).- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis 2012 akan dimulai pada Kamis (10/5) mendatang. Panitia Lokal Bandung memperkirakan jumlah peserta SNMPTN jalur tertulis naik 10 persen dibanding SNMPTN 2011 lalu.”Pendaftaran secara online mulai 10 Mei sampai dengan 31 Mei 2012. Estimasi kami pendaftar tahun ini naik 10 persen. Tahun lalu pendaftar di Panlok Bandung mencapai 35 ribu, tahun ini kami sudah sediakan 35.800 ditambah dengan cadangan 1.800 kursi. Kalau nanti ternyata peserta lebih banyak kita cari lagi tempat, bahkan kalau tidak cukup juga kita arahkan ke Jatinangor,” kata Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panlok Bandung Prof. Asep Gana Suganda dalam konferensi pers SNMPTN 2012 Panlok Bandung di University Center Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Senin (30/4/12). Asep menjelaskan, masih sama seperti tahun lalu, peserta yang akan mendaftar terlebih dahulu harus melakukan transaksi pendaftaran melalui Bank Mandiri melalui loket, ATM, e-banking, atau sms banking. Setelah memperoleh bukti pembayaran berupa Kode Akses Pendaftaran dan PIN SNMPTN, baru kemudian peserta mengisi data peserta melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id.

…dst

8 ) 4 PTN Bandung Tampung 16.543 Mahasiswa Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/373/621229/4-ptn-bandung-tampung-16-543-mahasiswa-baru

Senin, 30 April 2012 18:09 wib
BANDUNG – Empat perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung menyediakan kuota 16.543 kursi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Keempat PTN tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjdjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati. Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panita Lokal (Panlok) Bandung Asep Gana mengatakan, tahun ini ITB menyediakan 3.300 kursi bagi mahasiswa baru. Asep mengatakan, lewat SNMPTN jalur tulis (reguler), ITB akan menerima 1.320 mahasiswa baru, dan melalui SNMPTN jalur undangan 1.980 mahasiswa baru. ITB juga menyediakan kuota Bidikmisi bagi 900 mahasiswa baru. “Total penerimaan S-1 ITB sekira 3.300 mahasiswa baru,” kata Asep, dalam jumpa pers SNMPTN di UPI, Bandung, Senin (30/4/2012). Untuk diketahui, ITB tidak mengadakan ujian mandiri. Jalur ini biasanya mengutip biaya kuliah yang mahal.

…dst

9 ) Mau Masuk PTN Bandung? Silakan Berebut 35 Ribu Kursi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/30/m3a6gq-mau-masuk-ptn-bandung-silakan-berebut-35-ribu-kursi

Tuesday, 01 May 2012, 02:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG—Panitia lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Bandung menyediakan sebanyak 35.800 kursi untuk para peserta ujian tertulis yang akan diselenggarakan pada 12-13 Juni 2012. Dalam konferensi pers di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Sekretaris Eksekutif SNMPTN 2012 panitia lokal Bandung, Asep Gana Suganda mengatakan, lokasi ujian di Bandung akan disebar di berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kota Bandung. Selain itu, panitia lokal juga menyiapkan 1.800 kursi cadangan di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). “Kalau nanti tiba-tiba banyak sekali calon peserta yang memilih lokasi ujian di Bandung, maka kampus Unpad yang di Jatinangor juga bisa dipersiapkan untuk lokasi ujian,” tutur Asep. Berdasarkan data empat tahun terakhir, lanjut dia, jumlah peserta SNMPTN meningkat 10 persen setiap tahun. Berdasarkan data itu, ia memperkirakan peserta SNMPTN pada 2012 bisa mencapai 250 ribu orang untuk jalur undangan dan 600 ribu orang untuk ujian tertulis.

…dst

10 ) Tak Terbukti Miskin, Mahasiswa Bidikmisi Harus Bayar
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/01/185012/Tak-Terbukti-Miskin-Mahasiswa-Bidikmisi-Harus-Bayar

01 Mei 2012
SOLO – Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) segera membentuk tim verifikasi mahasiswa yang dinyatakan masuk dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur Bidikmisi. Tujuannya untuk memastikan kondisi ekonomi keluarga mahasiswa, apakah memang benar-benar dari keluarga tidak mampu. Ketua SNMPTN Panlok 44 UNS Prof Drs Sutarno MSc PhD mengatakan, tim terdiri atas panitia SNMPTN, dosen, dan mahasiswa. Mereka akan terjun langsung melakukan home visit yang mendetail meliputi kondisi rumah, penghasilan, dan daya listrik rumah. ”Jika mereka diterima Bidikmisi, namun ternyata tidak memenuhi syarat, ya harus membayar,” kata Sutarno di ruang kerjanya, Senin (30/4). Tahun ini kuota yang disediakan 500 mahasiswa, meski upaya meningkatkan kuota terus dilakukan panitia SNMPTN UNS. Jumlah pendaftar ada 4.800-an dari beberapa wilayah. Mahasiswa yang masuk dalam Bidikmisi akan memperoleh dana Rp 6 juta per semester. Sebanyak Rp 3,6 juta untuk biaya hidup dan Rp 2,4 juta untuk biaya pendidikan.

…dst

11 ) Sejumlah PTN Buka Prodi Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621485/sejumlah-ptn-buka-prodi-baru

Selasa, 01 Mei 2012 09:52 wib
BANDUNG – Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung membuka program studi (prodi) baru pada tahun ajaran 2012/2013 mendatang. Dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun ini, prodi-prodi baru tersebut sudah bisa menerima mahasiswa. Salah satunya Universitas Padjadjaran (Unpad) yang membuka prodi Teknik Informatika (TI) yang masuk Fakultas Matematika dan IPA. Menurut Pembantu Rektor I Unpad Engkus Kuswarno, Teknik Informatika ini awalnya program diploma (D-3) yang ditutup, kemudian dibuat menjadi program strata satu (S-1). “Tahun ini kami akan menerima 40 mahasiswa, 20 orang dari SNMPTN dan sisanya dari jalur mandiri, untuk sementara belum menjaring mahasiswa dari jalur undangan,” katanya usai konferensi pers SNMPTN Panlok Bandung di University Center UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, kemarin.

…dst

12 ) Untag Bentuk Enam Pusat Studi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/01/185013/Untag-Bentuk-Enam-Pusat-Studi

01 Mei 2012
SEMARANG- Untuk memenuhi tanggung jawab sosial, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang membentuk enam pusat studi di kampus tersebut. Pusat studi itu berfungsi memecahkan persoalan-persoalan sosial budaya, ekonomi, dan hukum. Hal itu disampaikan Rektor Untag Semarang Wijaya SH MH pada upacara wisuda ke-65 di Convention Hall MAJT, Sabtu (29/4). Dia mengatakan, pembentukan pusat studi tersebut merupakan bagian dari persiapan dan pengembangan Untag dalam mendukung kembalinya kejayaan bangsa. ”Setelah tahun ini sistem penjaminan mutu Untag berhasil menjadi yang terbaik tingkat nasional, diharapkan dengan kehadiran pusat studi ini mampu membawa Untag menjadi lebih baik,” ungkapnya. Enam pusat studi yang terbentuk itu adalah, Pusat Studi Antikorupsi, Reformasi Pajak, Bahasa dan Kepariwisataan, Good Corporate Governance, Kebijakan Publik Daerah, serta Wanita. Selain pusat studi, kampus kebangsaan ini juga akan mengembangkan pembentukan program studi S-

…dst

13 ) Tahun Ini Unpad Tak Buka Program D-3
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621572/tahun-ini-unpad-tak-buka-program-d-3

Selasa, 01 Mei 2012 11:31 wib
BANDUNG – Tahun ini Universitas Padjadjaran (Unpad) tidak menerima mahasiswa ekstensi dan program D-3. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran Kemahasiswaan Unpad Engkus Kuswarno, menyatakan, kampusnya memang tengah mengurangi jumlah mahasiswa program ekstensi dan D-3. “Malah ke depan, Unpad akan tutup 12 program studi (prodi) D-3. Di antaranya informatika, sastra, Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP). Ke-12 prodi ini sebagian dijadikan S-1 dan sebagian lagi difokuskan ke S-3,” kata Engkus di Bandung, Selasa (1/5/2012). Engkus mengimbuhkan, pengurangan jumlah mahasiswa D-3 dan ekstensi tersebut sejalan dengan misi Unpad mengarahkan kebutuhan mahasiswanya ke jenjang S-2 dan S-3. Sehingga, dari 28 prodi, saat ini tinggal 16 prodi D-3 yang masih berjalan di antaranya Penyiaran dan Ilmu Komunikasi.

…dst

14 ) UGM-Lapan Pantau Merapi dengan Pesawat Nir Awak
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/373/621305/ugm-lapan-pantau-merapi-dengan-pesawat-nir-awak

Selasa, 01 Mei 2012 11:03 wib
JAKARTA – Sebagai gunung berapi yang paling aktif di dunia, Gunung Merapi yang berlokasi di Yogyakata harus terus dipantau aktivitasnya. Namun, pemantauan kondisi puncak Merapi membutuhkan tenaga ekstra.
Karena kondisi itu, tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), mencoba memanfaatkan teknologi pesawat terbang nir awak (Unmanned Aerial Vehicle). Pesawat ini berhasil memotret kubah Merapi untuk pertama kali sejak letusan besar pada 2010. Alasan para peneliti menggunakan pesawat nir awak ini berdasarkan kondisi aktivitas Merapi yang tinggi dengan frekuensi letusan yang kerap muncul. Maka, diperlukan sistem pemantauan dengan tingkat keamanan yang tinggi serta persyaratan terbang yang murah dan mudah. Uniknya, pesawat kecil ini dibuat dengan menggunakan bahan stereoform. Memiliki panjang sekitar 1,2 meter dan panjang sayap 1,6 m, yang dilengkapi sistem terbang otomatis, sehingga dapat terbang bebas sesuai sasaran dan jalur terbang yang telah ditentukan.

…dst

15 ) UAV Buatan UGM-Lapan Potret Puncak Merapi
http://sains.kompas.com/read/2012/04/30/1717113/UAV.Buatan.UGM-Lapan.Potret.Puncak.Merapi

Senin, 30 April 2012 | 17:17 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memanfaatkan teknologi pesawat terbang nirawak atau unmanned aerial vehicle (UAV) berhasil melakukan pemotretan kubah Gunung Merapi dari udara. Dari teknik tersebut diperoleh gambar puncak Gunung Merapi untuk pertama kali sejak Merapi mengalami letusan besar tahun 2010. Para peneliti menggunakan pesawat nir-awak karena aktivitas Gunung Merapi yang tinggi dan frekuensi letusan yang sering terjadi sehingga diperlukan sistem pemantauan dengan tingkat keamanan yang tinggi serta persyaratan terbang yang murah dan mudah. Uniknya, pesawat kecil ini dibuat hanya menggunakan bahan styrofoam. Memiliki panjang sekitar 1,2 meter dan bentang sayap 1,6 meter. Dilengkapi sistem terbang otomatis, sehingga dapat terbang bebas sesuai sasaran dan jalur terbang yang telah ditentukan. “Pesawat ini mampu terbang hingga ketinggian 3.300 meter. Yang sudah kami lakukan, terbang sekitar 400 meter di atas puncak Merapi dan melakukan misinya terbang selama 30 menit,” kata peneliti Elektronika dan Intsrumentasi FMIPA UGM, Drs Tri Kuntoro Priyambodo, MSc, Senin (30/4/2012).

…dst

16 ) Mahasiswa USU kembangkan mobil hemat energi
http://otomotif.antaranews.com/berita-otomotif/1335776188/mahasiswa-usu-kembangkan-mobil-hemat-energi

Senin, 30 April 2012 15:56 WIB |
Medan (ANTARA News) – Mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengembangkan mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang diberi nama “Mesin USU” hasil karya 14 mahasiswa Fakultas Teknik perguruan tinggi negeri itu. Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu di Medan Senin mengatakan, mobil hemat energi “Mesin USU” akan diikutkan pada lomba Shell Eco Marathon (SEM) Asia pada Juli 2012 di Sirkuit Sepang, Malaysia yang juga diikuti 145 tim dari 17 negara. Selain USU, dalam lomba tersebut Indonesia juga akan diwakili oleh 17 tim lain yakni empat tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga tim dari Institut Teknologi Surabaya (ITS), dua tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).Kemudian tiga tim dari Universitas Indonesia (UI), satu tim Politeknik Negeri Jakarta, dua tim dari Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), satu tim universitas Gadjah Mada (UGM), dan satu tim dari Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bandung. USU sendiri mengirimkan satu tim yang diberi nama tim “Horas”. Ke-14 mahasiswa yang akan mengikuti lomba itu juga diharapkan dapat membawa semangat yang dapat mewakili semua warga Sumatera Utara.

…dst

17 ) Pemerintah Didesak PTN-kan Trisakti
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/01/373/621533/pemerintah-didesak-ptn-kan-trisakti

Selasa, 01 Mei 2012 10:48 wib
JAKARTA – Universitas Trisakti (Usakti) diusulkan menjadi sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) yang merupakan aset bekas Badan Permusjawaratan Kewarganegaraan Indonesia (Baperki). Chairman Indonesian Beraucracy and Service Watch (IBSW) Nova Andika menegaskan, sebagai salah satu aset Baperki, diminta untuk tidak jatuh ke tangan pihak swasta. Menurut Nova, Usakti yang awalnya bernama Universitas Respublica milik Baperki kemudian ditutup dan diambil alih oleh pemerintah, sehingga kini menjadi Universitas Trisakti. Usakti diharapkan bisa menjadi universitas negeri milik negara. “Artinya jelas, Universitas Trisakti adalah milik pemerintah, namun sekarang ada upaya dari pihak swasta yaitu Yayasan Trisakti untuk mengambil alih dengan tameng hukum dan menguasai aset yang sejatinya sudah menjadi milik negara tersebut” kata Nova dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (1/5/2012). Nova mengimbuhkan, pemerintah harus berani dan tidak ragu untuk menjadikan Usakti sebagai PTN.

…dst

18 ) Jurnal Ilmiah Nasional Diharapkan “Go International”
http://sains.kompas.com/read/2012/04/28/1116037/Jurnal.Ilmiah.Nasional.Diharapkan.Go.International.

Sabtu, 28 April 2012 | 11:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Jurnal ilmiah nasional diupayakan masuk Web of Science sehingga bisa dibaca oleh akademisi dan ilmuwan dari seluruh dunia. “Saat ini Indonesia belum punya jurnal yang masuk Web of Science. Kalau Malaysia sudah punya 10 jurnal,” kata Deputi Bidang Data dan Informasi Iptek, Kementerian Riset dan Teknologi, Agung Sediadi, di Jakarta, Kamis (26/4/2012) lalu. Web of Science adalah produk layanan Thomson Reuters yang memberikan akses bagi akademisi dan ilmuwan untuk mengakses dan mengutip hasil penelitian lebih mudah. Kini, ada 12.000 jurnal yang masuk Web of Science. Wong Woei Fuh, Managing Director Rest of Asia Pacific Intellectual Property and Science di Thomson Reuters, mengatakan bahwa masuknya jurnal ilmiah Indonesia penting dalam upaya memberikan dampak hasil riset. “Berdasarkan analisis kami, peneliti itu maksimum membaca 200 paper dalam setahun. Mereka tidak mungkin membaca semua jurnal yang ada,” ungkap Fuh.

…dst

19 ) Prof Andrew Weintraub: Dangdut Bukan dari India!
http://oase.kompas.com/read/2012/04/30/20025523/Prof.Andrew.Weintraub.Dangdut.Bukan.dari.India.

Senin, 30 April 2012 | 20:02 WIB| Senin, 30 April 2012 | 20:02 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com–Peneliti musik dangdut dari University of Pittsburg, Amerika Serikat, Prof Andrew Weintraub BA MA PhD, menegaskan bahwa dangdut merupakan musik asli dari Indonesia, bukan dari Malaysia atau India. “Ada yang bilang dangdut itu dari Malaysia karena ada unsur Melayu, atau ada juga yang bilang dari India karena ada unsur India-nya, tapi saya sudah meneliti sejak 1984 dan ternyata sifat dangdut itu khas Indonesia,” katanya di Surabaya, Senin.
Ia mengemukakan hal itu dalam peluncuran bukunya bertajuk “Dangdut; Musik, Identitas dan Budaya Indonesia” di Aula Fisip Unair Surabaya yang juga menampilkan Rachmah Ida M Comms PhD (pakar komunikasi Unair) dan Sholehuddin SH MH (PAMMI). Profesor yang beristrikan orang India itu mengaku lagu dangdut berjudul “Termenung” memiliki kesamaan dengan musik dari sebuah film India yang diproduksi pada tahun 1957, tapi lirik lagunya sangat khas Indonesia, meski ada unsur India-nya. “Jadi, dangdut itu memang asli Indonesia, karena ada sifat khas Indonesia yang tidak ditemukan dari musik Melayu dan India, di antaranya tema lagu yang dekat dengan kehidupan orang Indonesia,” paparnya.

…dst

20 ) Tersedia, Beasiswa S-2 Matematika di Perancis
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/368/621309/tersedia-beasiswa-s-2-matematika-di-perancis

Selasa, 01 Mei 2012 10:02 wib
JAKARTA – Bagi kamu para pecinta Matematika ada tawaran beasiswa melanjutkan beasiswa S-2 di luar negeri. Tidak tanggung-tanggung, Prancis menjadi negara tujuan beasiswa ini.Program beasiswa besutan Jacques Hadamard Mathematics Foundation (FMJH) ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi dalam bidang Matematika untuk menempuh pendidikan selama satu tahun di negara yang merupakan salah satu ikon fesyen tersebut. Beasiswa ini terbuka bagi kamu yang memiliki gelar sarjana di bidang Matematika atau terkait dengan ilmu Matematika. Kamu dapat memilih satu dari tiga institut yang berada di bawah naungan FMJH, yakni Departemen Matematika Terapan dari École Polytechnique, École Normale Supérieure de Cachan, atau Paris Sud University di Orsay. Dengan mengikuti program beasiswa ini, pihak sponsor akan menanggung seluruh biaya perkuliahan. Selama satu tahun, kamu akan mendapatkan 10 ribu Euro atau sekira Rp12.154.000 (Rp12.154 per Euro). Tidak hanya itu, selama di sana kamu juga mendapat jaminan asuransi kesehatan.

…dst

21 ) Mendikbud: Perbaikan Pendidikan Tak Pernah Usai
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/30/373/621153/mendikbud-perbaikan-pendidikan-tak-pernah-usai

Senin, 30 April 2012 16:52 wib
JAKARTA – Pendidikan menuntut peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Oleh karena itu, perbaikan mutu pendidikan di berbagai aspek akan selalu dilakukan. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh dalam jumpa pers mengenai Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Kebijakan Aktual Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). “Percayalah, perbaikan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) tidak akan pernah berhenti dan akan dilakukan terus-menerus,” kata M Nuh di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (30/4/2012). M Nuh menyebutkan, perbaikan dalam delapan SNP mencakup seluruh pemangku dan penunjang pendidikan di Indonesia. Mulai dari tenaga pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, serta regulasi.

…dst

22 ) Jumlah Politeknik Akan Ditambah
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/293

04/30/2012
Surabaya — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kekuatan utama sebuah politeknik berada pada keterampilan teknis. Untuk meningkatkan kualitas politeknik, ada tiga hal yang harus diperbaiki yaitu dosen yang memiliki kompetensi, laboratorium yang memadai, dan kerja sama dengan dunia industri. “Itu sebabnya kita buka master dan doktor terapan, karena yang paling baik untuk menjadi dosen politeknik adalah lulusan pendidikan vokasi. Tapi selama ini politeknik hanya memfasilitasi hingga D4,” tuturnya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Surabaya, Sabtu (28/04). Saat ini jumlah politeknik negeri di Indonesia masih jauh dari ideal, hanya 32 lembaga dari total ideal sebanyak 150. Pemerintah akan mendirikan beberapa politeknik secara bertahap hingga kebutuhan ideal tersebut tercukupi. “Pendirian politeknik juga ditujukan untuk mendukung Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3I),” kata Mendikbud.. Pembangunan politeknik juga akan menyesuaikan dengan kebutuhan industri daerah. Pendanaan sebuah politeknik jauh lebih besar daripada pendanaan universitas. Satu kelas di politeknik tidak boleh lebih dari 30 orang, karena lebih banyak praktek yang dipelajari. Untuk membuka akses yang lebih besar lagi pada pendidikan vokasi, pemerintah juga menaikkan akses ke sekolah menengah kejuruan dan membuka community college. “Yang dari SMA juga bisa melanjutkan ke community college, D3 atau D4 politeknik, atau D3 di perguruan tinggi reguler,” tutur Menteri Nuh.

…dst

23 ) Mahasiswa Bandung Tolak RUU PT
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490908/

Selasa, 01 Mei 2012
BANDUNG – Gerakan Mahasiswa Bandung (GMB) yang mewakili tujuh organisasi mahasiswa yakni FMN, GMKI, GMNI, HMI, KAMMI, KMHDI dan PMKRI menolak isi Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) yang akan disahkan DPR pada Agustus 2012. “Kami nyatakan penolakan terhadap RUU Pendidikan Tinggi karena ada indikasi komersialisasi, liberalisasi, dan pro kapitalisme dalam pendidikan tinggi,” ujar perwakilan Gerakan Mahasiswa Bandung, Aldi Febrian, dalam konferensi pers di Taman Dago, Jalan Cikapayang, kemarin. Aldi mengatakan, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh GMB, ada lima poin masalah yang terkandung dan disoroti dalam RUU tersebut. “Salah satunya yakni mengenai pendidikan Indonesia didorong masuk dalam perdagangan bebas lintas negara,” katanya, tanpa mampu menunjukkan pasal mana yang dimaksud.

…dst

24 ) Kemdikbud Tunggu Kabar dari KPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/30/15595554/Kemdikbud.Tunggu.Kabar.dari.KPK

Senin, 30 April 2012 | 15:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menunggu kabar dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Hal itu disampaikan Mendikbud, Mohammad Nuh, menanggapi dugaan keterlibatan anggota Komisi X DPR RI Angelina Sondakh dalam kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Kemdikbud beberapa tahun lalu. “Kami menunggu kabar dari KPK,” kata Nuh, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (30/4/2012). Dijelaskan Nuh, saat ini pihaknya belum bisa menentukan langkah lanjutan. Mengingat, belum ada penjelasan akurat mengenai duduk perkara dugaan kasus korupsi yang melibatkan Angie tersebut. “Bagaimana duduk perkara sebenarnya. Yang tahu persis adalah KPK. Apa yang sedang kita lakukan, sekarang? Kita tunggu hasil penyelidikan KPK,” ujarnya.

…dst

25 ) KPK: Angie Diduga Terlibat Korupsi Universitas dari Sumatra Hingga NTB
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/04/30/m39mtu-kpk-angie-diduga-terlibat-korupsi-universitas-dari-sumatra-hingga-ntb

Senin, 30 April 2012, 07:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Selain kasus suap wisma atlet SEA Games, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menetapkan Angelina Sondakh sebagai tersangka pada kasus korupsi proyek pengadaan laboratorium di beberapa universitas negeri. Jumlah proyek pengadaan itu ada di banyak universitas, mulai dari Pulau Sumatra hingga ke Nusa Tenggara Barat.”Saya lupa jumlah dan nama universitasnya. Tapi itu mulai dari Sumatra Utara (Indonesia Barat) sampai ke Nusa Tenggara Barat (Indonesia Tengah). Proyeknya tersebar di sana,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Depok, Senin (30/4) pagi. Menurut Bambang, Angelina diduga terlibat pada korupsi pengadaan barang untuk penyediaan laboratorium untuk kegiatan universitas. “Kebanyakan pengadaan barang untuk laboratorium. Untuk kegiatan universitas,” katanya.

…dst

26 ) Integrasi UN dengan SNMPTN Perlu Dikaji Cermat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/30/19554861/Integrasi.UN.dengan.SNMPTN.Perlu.Dikaji.Cermat

Senin, 30 April 2012 | 19:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pemerintah memberlakukan kebijakan mengintegrasikan Ujian Nasional (UN) sebagai syarat seleksi masuk perguruan tinggi negeri harus dikaji secara cermat. Masih banyaknya persoalan terkait penyelenggaraan dan hasil UN yang diragukan kredilitasnya harus menjadi pertimbangan pemerintah sebelum memberlakukan kebijakan ini. “Selama masih terjadi berbagai kecurangan dalam penyelenggaraan UN, kredibilitas hasil UN patut dipertanyakan dan belum layak dijadikan tiket masuk ke PTN,” kata Raihan Iskandar, Anggota Komisi X DPR di Jakarta, Senin (30/4/2012). Kementerian Pendidikan Kebudayaan meminta agar hasil UN SMA sederajat diintegrasikan dalam penilaian masuk PTN mulai tahun 2012. Hal ini seiring dengan keinginan pemerintah untuk menggratiskan biaya ujian masuk PTN yang secara nasional nantinya lewat jalur undangan. Raihan menambahkan, dengan keragaman sekolah-sekolah yang ada, baik dari segi sarana dan prasarana serta kualitasnya, berpengaruh terhadap kualitas peserta didiknya. “Jadi, jika UN dijadikan tiket masuk ke PTN, maka hanya sekolah-sekolah tertentu yang berpeluang diterima di PTN,” jelas Raihan.

…dst

27 ) Seminar Pengelolaan Pendidikan RI-China
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/299

05/01/2012
KBRI Beijing bekerjasama dengan Beijing Municipal Education Commission melaksanakan Seminar bertajuk School management in Chinese Primary and Middle School yang berlangsung di kantor Bejing Municipal Education Commission pada tanggal 26-27 April 2012. Dalam Paparannya Prof. Wang dari Beijing Institute of Education menjelaskan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang administrasi pendidikan di Tiongkok dari waktu sangat cepat. Perkembangan ini merupakan suatu hal yang menggembirakan, karena perkembangan ilmu Administrasi Pendidikan menunjukkan adanya kesinambungan dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam praktik penyelenggaraan pendidikan di Tiongkok. Dalam dimensi ruang dan waktu yang berbeda, praktik penyelenggaraan pendidikan inipun berbeda pula. Tentu saja hal ini terkait dengan situasi dan kondisi yang menyertai pendidikan itu sendiri yang bervariasi di dalam Negeri Tiongkok.

…dst

28 ) Pengadaan Barang dan Jasa Harus Akuntabel
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/295

04/30/2012
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengingatkan kepada seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengelola pengadaan barang dan jasa dengan prinsip akuntabilitas. Hal tersebut disampaikannya usai melantik 118 pejabat eselon tiga dan empat dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, di Gedung Kemdikbud, Senin (30/04). “Pengadaan barang dan jasa itu sangat sensitif, untuk itu pegang prinsip akuntabilitas,” ujar Menteri Nuh. Disamping barang dan jasa, Mendikbud juga mengingatkan, agar dalam mengelola sumber daya manusia beserta pekerjaannya, harus digunakan pendekatan yang relevan. Menteri Nuh menegaskan, untuk mengelola staf harus digunakan pendekatan kemanusiaan, sedangkan untuk mengelola pekerjaan harus terus digali kompetensi masing-masing. “Dengan demikian, tugas yang dikelola bisa efektif dan efisien,” tuturnya. Baik promosi maupun rotasi, kata Mendikbud, merupakan kesempatan bagus untuk mengembangkan potensi diri. Pengembangan kompetensi tersebut ditujukan agar dapat memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Mendikbud menyampaikan, semua orang memiliki keterbatasan. Untuk itu dia mengharapkan agar setiap pegawai maupun pimpinan bisa saling memberi nilai positif. “Jangan sampai lengah dan melalaikan tugas-tugas yang diberikan,” katanya. (AR)

…dst

29 ) Evaluasi UN 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/298

04/30/2012
Jakarta — Ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah pertama (SMP) telah selesai. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk UN SMA, sedangkan untuk UN SMP masih dalam proses. Dari tiga media yaitu online, cetak, dan televisi, yang digunakan sebagai bahan monitoring Kemdikbud terhadap pelaksanaan UN, diketahui ada tiga jenis pemberitaan. Yaitu positif, netral, dan negatif. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua media yang telah ikut membantu memantau UN. “Berarti ada rasa kepemilikan terhadap UN dari semua pihak,” ujar Mendikbud di Gedung Kemdikbud, Senin (30/04).

…dst

30 ) LIPI Miliki Penghasil Bioetanol dari Limbah Sawit
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/30/316606/89/14/LIPI-Miliki-Penghasil-Bioetanol-dari-Limbah-Sawit

Senin, 30 April 2012 23:00 WIB
JAKARTA–MICOM: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan meresmikan pilot plant penghasil bioetanol dari limbah sawit yang mampu menghasilkan etanol dengan kemurnian 99,5 persen sebanyak 10 liter per hari. “Limbah sawit yang jadi sumber biomasa lignoselulosa itu adalah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) atau Oil Palm Empty Fruit Bunch dan pelepah kelapa sawit yang sangat melimpah di Indonesia,” kata Peneliti Pusat Penelitian Kimia LIPI, Dr. Agus Haryono dalam siaran pers LIPI di Jakarta, Senin (30/4). Jika luas perkebunan Indonesia sekitar 8,4 juta hektare maka dihasilkan 21,3 juta ton minyak sawit dengan potensi TKKS 20 juta ton keadaan basah atau 10 juta ton kering.

…dst

31 ) Indonesia Masuk Daftar Negara Pembajak
http://m.tempo.co/2012/05/01/400856/

SELASA, 01 MEI 2012 | 11:10 WIB
TEMPO.CO, Washington – Isu pembajakan rupanya masih mengancam posisi Indonesia dalam kancah perdagangan dan kerjasama internasional. Departemen Perdagangan Amerika Serikat (US Trade Representative/USTR) mengumumkan Indonesia dan 12 negara lain masuk dalam daftar pengawasan atas dugaan pembajakan hak kekayaan intelektual dan hak cipta. Kantor berita Reuters melaporkan Indonesia dan negara-negara “rawan pembajakan” itu masuk dalam laporan berjudul Special 301 Report yang dirilis USTR pada Selasa, 1 Mei 2012. Selain Indonesia, negara-negara yang masuk daftar pengawasan prioritas adalah Cina, Rusia, Argentina, Kanada, India, Aljazair, Chili, Israel, Pakistan, Thailand, Ukraina, dan Venezuela. Menurut Menteri Perdagangan Amerika, Ron Kirk, tingkat kewaspadaan akan bahaya pembajakan tahun ini lebih ditingkatkan mengingat pengaruhnya amat signifikan pada perekonomian. Sebab, saat ini sektor industri dengan penggunaan hak intelektual tinggi (IP Intensive) menjadi dagangan utama Amerika. “Ada 40 juta tenaga kerja yang terserap dalam sektor industri ini, proporsinya pada nilai ekspor pun mencapai 60 persen.” kata dia.

…dst

32 ) Sekilas dalam Negeri
UN 2012
Kemdikbud Kaji Penggunaan 20 Paket Soal UN
DPR: Potensi Kecurangan UN Akan Tetap Ada
Guru Bagikan 4 Paket Jawaban UN
Memperingati May day
May Day, Kepala BIN Ingatkan Buruh Waspadai Penyusup
May Day, Polri Instruksikan Tiap Polda Kerahkan Dua Pertiga Kekuatan
SBY Simak Tuntutan Para Buruh dari Istana
30 Polwan Cantik Berjaga di Istana Hadapi Buruh
52 Ribu Buruh Penuhi Jalan, Jakarta Dijamin Aman
Ini Dia Alternatif Pengalihan Arus di 15 Titik Jakarta Saat Demo Buruh
KontraS Imbau Pemerintah Tidak Alergi Terhadap Peringatan Hari Buruh Dunia
Kisah Patung yang ditumbangkan
Kisah Patung Zainal Abidin, Stalin dan Saddam Husein
5 Patung yang Menimbulkan Kontroversi
Penumbangan Patung Kakek Bupati Lampung Selatan Disaksikan Ribuan Warga
Rycko, Bupati yang Bangun Patung Kakek Ukuran Raksasa
Kantor Pengadilan Ikut Dirusak Warga, Polisi Harus Bertanggungjawab!
Bus Pariwisata Terbakar di Sumbar
Bus Terbakar, 14 Penumpang Tewas
Balita dan Ibu Tewas Berpelukan di Bus Maut di Sumbar
WNI dibunuh di AS
Susiani Dibunuh di AS, Keluarga Terpukul
Susiani Sebenarnya Akan Menikah Tahun Depan
Kemlu Fasilitasi Kepulangan Jenazah WNI di AS
Sekilas Luar Negeri

Malaysia
Najib Mungkin Gelar Pemilu Malaysia Juni
Perancis
Tepis Dana Kadhafi, Sarkozy Siap Gugat Situs Internet
Nigeria
Korban serangan kantor surat kabar Nigeria jadi 40
China
Chen Sembunyi di Kedubes AS
Irak
Wapres Irak dituduh bunuh enam hakim
Amerika
AS Diam-diam Kerahkan Jet Tempur F-22 ke Uni Emirat Arab

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.