1 ) Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Diberikan Tahun Ini
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/29/316187/293/14/Bantuan-Operasional-Perguruan-Tinggi-Diberikan-Tahun-Ini

Minggu, 29 April 2012 01:57 WIB
SURABAYA–MICOM: Mendikbud Mohammad Nuh menyiapkan semacam bantuan operasional sekolah (BOS) untuk perguruan tinggi yakni bantuan operasional perguruan tinggi atau BOPT yang akan diberikan mulai tahun ini. “BOPT sudah kami masukkan dalam RUU PT untuk penguat. Tapi tanpa menunggu pengesahan RUU PT, kami sudah bisa memberikan BOPT karena sudah masuk APBN-P 2012,” katanya di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/4). Keberadaan BOPT akan membuat perguruan tinggi menjadi terjangkau oleh masyarakat. Sumber pendanaan PT selama ini ada tiga yakni pemerintah, mahasiswa, dan kerja sama atau penelitian. “Pemerintah membantu gaji karyawan PT dan mahasiswa membantu dalam bentuk SPP. Kalau kontribusi pemerintah dan kerja sama/riset naik, pendidikan pun terjangkau,” ujarnya. Menteri yang juga mantan Rektor ITS Surabaya itu mengatakan pihaknya akan mengatur kontribusi pemerintah dengan dua cara yakni pemerintah akan menaikkan kontribusi bila kontribusi dari kerja sama/riset juga naik. “Sebaliknya, kalau perguruan tinggi justru menaikkan kontribusi mahasiswa dengan menaikkan SPP, pemerintah akan menurunkan kontribusi padanya. Itu bukan ancaman, tapi kami akan melakukan itu untuk mendorong perguruan tinggi menjadi lebih terjangkau masyarakat,” katanya. (Ant/OL-5)

…dst

2 ) Yale Gandeng UI Bentuk Jaringan Kurikulum Ekonomi Global
http://news.detik.com/read/2012/04/29/054102/1904148/10/yale-gandeng-ui-bentuk-jaringan-kurikulum-ekonomi-global?n991102605

Minggu, 29/04/2012 05:41 WIB
Jakarta Sekolah bisnis terkenal Yale School of Management menggandeng 20 Universitas terpandang di dunia dalam program Global Network for Advance Management. Untuk di Indonesia, Yale memilih Universitas Indonesia. Magister Manajemen UI digandeng untuk untuk melatih para calon pemimpin global dengan mempersiapkan kurikulum baru yang lebih adaptif dan futuristik. Hal ini disampaikan saat dekan FEUI Firmanzah bersama Rhenald Kasali dan Ruslan Priadi diterima rektor Universitas Yale, Rick Levin dan Dekan Sekolah MBA Yale, Ted Snyder, Jumat (27/4) di kediaman rektor. “Tujuan dibentuknya the Global Network ini adalah untuk menjawab tantangan baru dalam perekonomian global yang ditandai dengan perubahan-perubahan serius dalam dunia yang lebih datar. Economic power akan terdistribusi secara merata, dan dunia usaha di semua sektor membutuhkan pemimpin-pemimpin baru yang bisa menjembatani antara pasar dengan negara dan komunitas, dalam konteks yang semakin kompleks, paradox dan diverse. Kita bersama-sama membangun suara yang lebih mewakili dalam menghadapi tuntutan-tuntutan baru dengan cara-cara yang lebih inovatif,” tutur Snyder.

…dst

3 ) Yale Gandeng MMUI dalam Global Network
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490480/38/

Sunday, 29 April 2012
NEW HAVEN – Yale School of Management berupaya menggandeng 20 universitas terpandang di dunia untuk membentuk Global Network for Advance Management. Sekolah bisnis ternama di New Haven,Connecticut, Amerika Serikat (AS) itu di antaranya menggandeng London School of Economics, National University of Singapore, dan Magister Manajemen Universitas Indonesia (MMUI). Menurut Dekan Fakultas Ekonomi UI (FEUI) Firmanzah, melalui jaringan ini, akan dilakukan reinvention untuk melatih para global leaders dengan mempersiapkan kurikulum baru yang lebih adaptif dan futuristik.”Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sekaligus menjembatani para peserta didik dan pengajar ke dalam jaringan ekonomi global,” ujar Firmanzah dalam keterangan resminya kepada harian Seputar Indonesia (SINDO).Firmanzah bersama Ketua Program MMUI Rhenald Kasali dan Ruslan Priadi dari MMUI diterima Rektor Universitas Yale Rick Levin dan Dekan Sekolah MBA Yale Ted Snyder, Jumat (27/4) malam waktu setempat, di kediaman Rektor.

…dst

4 ) Mendikbud: Asal Berkolaborasi Universitas Asing Boleh Masuk
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/28/m36phf-mendikbud-asal-berkolaborasi-universitas-asing-boleh-masuk

Saturday, 28 April 2012, 17:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Mendikbud Mohammad Nuh menyatakan universitas asing boleh masuk ke Indonesia, asalkan institusi itu bukan berdiri sendiri di Indonesia, melainkan pengelolaannya berkolaborasi dengan universitas domestik. “Dalam draft akhir RUU PT pada 4 April lalu, perguruan tinggi asing memang diperkenankan (masuk ke Indonesia), tapi ada dua persyaratan yang harus dipenuhi,” katanya di sela-sela sosialisasi RUU Perguruan Tinggi (PT) di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Sabtu. Didampingi Direktur PENS Ir Dadet Pramadihanto PhD dan Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono DEA, ia menjelaskan dua persyaratan itu adalah universitas asing itu harus terakreditasi dan harus bekerja sama (berkolaborasi) dengan universitas domestik.”Kalau universitas asing itu berdiri sendirian, maka kita bisa terjebak pada liberalisasi, karena itu boleh masuk asalkan terakreditasi dan mau bekerja sama, masak bekerja sama pengelolaan itu tidak boleh? Kerja sama justru memungkinkan transfer teknologi dan konvergensi peradaban,” katanya. Menteri yang juga mantan Rektor ITS Surabaya itu mencontohkan sikap ekstrem dari negeri jiran Malaysia yang membolehkan universitas asing secara bebas (tanpa syarat), bahkan pemerintah Malaysia menyiapkan satu kawasan khusus untuk universitas asing.

…dst

5 ) KKP Gandeng Universitas Brawijaya Terapkan “Blue Economy”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/28/19331483/KKP.Gandeng.Universitas.Brawijaya.Terapkan.Blue.Economy.

Sabtu, 28 April 2012 | 19:33 WIB
MALANG,KOMPAS.com – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, untuk menerapkan konsepblue economy di perairan Jawa Timur. Kerjasama tersebut dilakukan pada Sabtu (28/4/2012) di kampus UB Malang. Hadir dalam acara tersebut Staff ahli Menteri bidang Ekonomi Sosial dan Budaya Kementrian Kelautan dan Perikanan, Suseno Sukoyono. Kepada wartawan, Suseno menyampaikan, tujuan blue economy ini untuk mengembangkan kualitas kelautan dan perikanan khususnya di perairan Jawa Timur. Konsep tersebut jelasnya, merupakan pengembangan ekonomi yang mengandalkan sumberdaya kelautan yang secara massif dikaitkan dengan manajemen kesinambungan dan pelestarian aset. “Dalam konsep blue economy, Kementerian Kelautan dan Perikanan, akan berfokus pada tiga faktor. Yaitu, ekologi, sosial, dan ekonomi,” jelasnya.

…dst

6 ) Mendikbud Persilakan KPK Bongkar Kasus Angie
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/28/16442764/Mendikbud.Persilakan.KPK.Bongkar.Kasus.Angie

Sabtu, 28 April 2012 | 16:44 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mempersilakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membongkar kasus suap proyek, khususnya terkait proyek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2011 yang diduga melibatkan anggota DPR dari Partai Demokrat, Angelina Sondakh (Angie). “Saya belum tahu persis kasus Angie itu, tapi sayawellcome kalau ada aparat penegak hukum, apakah polisi, kejaksaan atau KPK untuk menyelidiki kasus itu lebih jauh,” kata Nuh di sela-sela sosialisasi RUU Perguruan Tinggi (PT) di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Sabtu (28/4/2012). Didampingi Direktur PENS Ir Dadet Pramadihanto dan Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono, Mendikbud menjelaskan, bahwa pihaknya akan bersikap kooperatif terhadap upaya penegakan hukum. Hal itu dilakukan karena pihaknya memang ingin membersihkan kementerian yang dipimpinnya dari orang-orang yang mencari keuntungan pribadi. “Kita nggak boleh main-main dengan melakukan kongkalikong untuk keuntungan pribadi,” kata Nuh. Mantan Rektor ITS Surabaya itu mengaku, pihaknya memang sering memberikan DIPA kepada kalangan universitas atau pihak lain. Namun, dirinya selalu berpesan agar dilakukan tender dengan mekanisme sesuai UU atau peraturan pemerintah.

…dst

7 ) Dunia Kampus Sedang Alami Krisis Spiritualisme Ilmu
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/28/373/620345/dunia-kampus-sedang-alami-krisis-spiritualisme-ilmu

Sabtu, 28 April 2012 19:30 wib
SURABAYA – Tumpulnya dunia akademisi terhadap persoalan bangsa disayangkan oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas. Terutama dalam hal menyorot persoalan undang-undang yang ada di negeri ini.”Kami perihatin dengan situasi kampus sekarang ini. Misalnya soal revisi undang-undang KPK dan Undang-undang Partai Politik. Salah satunya, undang-undang parpol kan bermasalah, kenapa kalangan kampus malah diam dan yang berteriak-teriak malah lembaga swadaya masyarakat (LSM). Kita masih beruntung punya LSM-LSM seperti itu,” kata Busyro Busyro usai usai acara seminar Nasional ‘Menggungat Fakultas Hukum Dalam Pusaran Korupsi Politik’ di Universitas Bhayangkara (Ubhara), Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Sabtu (28/4/2012). Seharusnya, di lembaga kampus ada Fakultas Ilmu Sosial dan Pilitik (Fisipol). Tentunya hal itu sangat disayangkan. Dia menilai, wacana untuk merevisi UU KPK dinilai akan melemahkan KPK sebagai lembaga super bodi.

…dst

8 ) Kementerian Kelautan & UB Kerja Sama TerapkanBlue Economy
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/28/373/620318/kementerian-kelautan-ub-kerja-sama-terapkan-blue-economy

Sabtu, 28 April 2012 18:33 wib
MALANG – Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, menerapkan konsep Blue Economy di perairan Jawa Timur. Kerja sama tersebut dilakukan staff ahli Menteri bidang Ekonomi Sosial dan Budaya Kementrian Kelautan dan Perikanan, Suseno Sukoyono di kampus UB, Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/04/2012). Menurut Suseno, tujuan kerja sama ini adalah untuk mengembangkan kualitas kelautan dan perikanan di perairan Jawa Timur. Dalam kerja sama ini, kata Suseno, kementerian akan fokus pada tiga faktor yakni, ekologi, sosial, dan ekonomi. “Konsep Blue Economy sudah diterapkan Fakultas Perikanan UB dengan membudidayakan Karang yang ada di daerah Kondang Merak, Kabupaten Malang,” ujar Suseno.

…dst

9 ) FE Unpad Adakan Kuliah Umum Tentang Perdagangan Berjangka
http://www.pikiran-rakyat.com/node/186444

Sabtu, 28/04/2012 – 13:45
BANDUNG, (PRLM).- Kepala Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Syahrul R Sempurnajaya mengatakan perdagangan berjangka merupakan kegiatan bisnis yang kompleks karena menyangkut pengelolaan dana masyarakat. Oleh karena itu, perlu diatur dengan membuat kepstian hukum yang jelas guna melindungi masyarakat dari praktik perdagangan yang merugikan “Bappebti sebagai regulator yang dilindungi UU nomor 10/2010 tentang Perdagangan Berjangka komoditi, berusaha mewujudkan kegiatan bisnis ini secara teratur, wajar, efisien, dan transparan serta melindungi semua pihak yang terrlibat dalam perdagangan berjangka,” katanya dalam Kuliah Umum Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia dan Peraturan Pelaksanaannya yang diselenggarakan di Aula Magister Manajemen Universitas Padjadjaran (Unpad) jalan Dipati Ukur nomor 46 Bandung, Sabtu (28/4). Kuliah umum itu merupakan kerjasama Bappebti Kementerian Perdagangan dengan Fakultas Ekonomi Unpad. Acara dihadiri sekitar 100 mahasiswa dari berbagai jenjang.

…dst

10 ) Universitas Djuanda Jalin Kerja Sama dengan Arab Saudi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/28/m35kvc-universitas-djuanda-jalin-kerja-sama-dengan-arab-saudi

Saturday, 28 April 2012, 02:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor siap menjalin kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi, terutama di bidang pendidikan. Hal itu ditegaskan Rektor UNIDA Dr Martin Roestamy SH MH usai menerima kunjungan Atase Atase Pertahanan Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Kolonel Osama Mohammed Al Shuaibi dan wakilnya Let-kol Riyadh Mohammed Al Khalifah. ”Kami siap menjalin kerja sama dengan Arab Saudi terutama di bidang pendidikan. Selama ini, UNIDA sudah menjalin kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), lembaga yang dibangun Kerajaan Arab Saudi di Indonesia, dengan mengirimkan tenaga pengajar bahasa Arab ke UNIDA,” papar Martin kepada wartawan di Bogor Jumat (27/4).

…dst

11 ) Marine Icon, Cara ITS Kenalkan Ilmu Perkapalan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/28/373/620200/marine-icon-cara-its-kenalkan-ilmu-perkapalan

Sabtu, 28 April 2012 14:12 wib
JAKARTA – Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (Himasiskal) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memiliki cara unik untuk mengenalkan dunia bahari kepada masyarakat awam. Salah satunya lewat Marine Icon 2012. Berlokasi di salah satu sudut Taman Prestasi Surabaya, tampak sekumpulan pemuda berjongkok dengan formasi melingkar. Sesekali mereka terlibat dalam diskusi serius dengan rekan sesama timnya. Mereka adalah tim-tim peserta kegiatan Marine Diesel Assembling. Para pemuda ini bertugas membongkar mesin diesel yang ada. Tidak hanya itu, mereka juga harus mengukur diameter piston, batang piston, dan merakitnya kembali sehingga mesin dapat hidup seperti semula. Setelah itu, tes tulis dan pertanyaan dari para juri telah menanti para peserta. Sementara itu, di area yang tidak jauh dari mereka, enam sepeda air berjejer di tengah-tengah kerumunan pengunjung. Keenamnya merupakan hasil karya yang diikutsertakan dalam ajang Water Bike Contest.

…dst

12 ) Menabung Sampah demi Hari Esok
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490413/

Sunday, 29 April 2012
Menabung identik dengan mengumpulkan uang. Tapi bagaimana kalau yang ditabung adalah sampah? Inilah yang dilakukan dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Suwerda. Di tangan Bambang Suwerda, menabung sampah hasil akhirnya berupa kumpulan uang. Bukan tumpukan sampah. Bahkan,kita bisa menabung sampah di Bank Sampah Gemah Ripah yang telah didirikan olehnya bersama warga Dusun Badegan, Bantul sejak 2008. Seperti apa sih bank sampah yang dibangun oleh Bambang Suwerda sehingga mampu menghasilkan uang? Berikut wawancara SINDO dengan Direktur Bank Sampah Gemah Ripah Bambang Suwerda. Bagaimana cara kerja bank sampah hingga bisa menghasilkan uang?

…dst

13 ) Jadikan Bank Sampah sebagai Laboratorium
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/490412/

Sunday, 29 April 2012
SETIAP manusia tentu menyimpan keinginan untuk mencapai titik puncak dari karier dari pekerjaan yang sedang dijalaninya.Kalau di sektor pendidikan, target mencapai jenjang tertinggi bergelar S-3 dengan gelar doktor menjadi impian yang ingin dicapai. Keinginan inilah yang tersimpan di dalam benak pendiri Bank Sampah Gemah Ripah,Bambang Suwerda. Dia tercatat aktif sebagai pengajar di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan pada Jurusan Kesehatan Lingkungan. Sebagai dosen, lelaki kelahiran Sleman 1969 tersebut sudah memenuhi standar seorang pengajar S-1 perguruan tinggi, yakni telah menyelesaikan S-2. Peluang membawa sistem bank sampah menjadi disertasi untuk mendapatkan gelar doktor tentu sangat terbuka lebar. “Masih belum, kalau mau dijadikan skripsi atau tesis silakan,saya membuka lebar peluangnya.Tetapi untuk saya saat ini pekerjaan mengaplikasikan seluruh bagian dari kesehatan lingkungan masih membutuhkan jalan panjang,” papar bapak tiga anak tersebut.

…dst

14 ) Motivasi Penerima Bidik Misi, Rektor Unnes Beri Laptop
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/28/373/620258/motivasi-penerima-bidik-misi-rektor-unnes-beri-laptop

Sabtu, 28 April 2012 17:02 wib
JAKARTA – Beragam cara dapat dilakukan untuk memotivasi orang lain. Demikian pula yang dilakukan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sudijono Sastroatmodjo untuk memotivasi para penerima Beasiswa Bidik Misi. Setelah pada upacara 17 Agustus 2012 memberikan hadiah bagi mereka yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) nyaris sempurna, kemudian menyambangi rumah beberapa dari mereka jelang Lebaran lalu, kini Rektor menghadiahkan penerima beasiswa bidik misi tersebut laptop. Adalah Amna Aulia yang kali ini ketiban motivasi nomplok itu. Karena berani menjawab dan menjelaskan ikhwal kelaziman penerima beasiswa kepada Rektor saat berlangsung Jambore Bidik Misi awal bulan lalu, dia diganjar laptop. Penyerahan laptop ini dilakukan langsung oleh Sudijono kepada Amna. Sudijono mengemukakan, dahulu kebanyakan orang memiliki pundak dan betis yang keras, juga tangan kasar karena tiap hari menjalani pekerjaan berat. Sekarang, beberapa di antaranya masih ada, namun berubah melalui upaya yang berbeda.

…dst

15 ) Bus Pengangkut Mahasiswa UGM Terperosok ke Jurang
http://regional.kompas.com/read/2012/04/29/0148483/Bus.Pengangkut.Mahasiswa.UGM.Terperosok.ke.Jurang

Minggu, 29 April 2012 | 01:48 WIB
GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Bus Puskopkar jalur 15 bernomor polisi AB 7426 AS yang mengangkut 27 mahasiswa UGM Fakultas Geologi terperosok ke dalam jurang sedalam empat meter, di Dusun Jentir, Sambirejo, Ngawen, Sabtu (28/4/2012). Informasi yang dihimpun Tribun Jogja menunjukkan bahwa kejadian tersebut bermula ketika dua bus rombongan mahasiswa UGM berjalan beriringan melewati jalur Ngawen-Wonosari. Rencananya, bus tersebut akan kembali ke Yogyakarta seusai melakukan penelitian di wilayah Gunung Kidul, sekitar pukul 17.30. Namun, saat melewati turunan di daerah Jentir, Sambirejo, Ngawen, bus rombongan bernopol AB 2518 CA yang dikendalikan Suprapto (50) diduga mengalami rem blong. Karena kehilangan kendali, bus tersebut menabrak bus bernopol AB 7426 AS yang dikemudikan Rakimin (37) warga Berbah, Sleman, hingga oleng dan terperosok ke dalam jurang. Beruntung bus yang terperosok ke dalam jurang terhalang tiang listrik sehingga tidak sampai ke dasar jurang yang curam.

…dst

16 ) Pendaki yang Terperosok di Merapi Berhasil Dievakuasi
http://regional.kompas.com/read/2012/04/29/07191549/Pendaki.yang.Terperosok.di.Merapi.Berhasil.Dievakuasi

Minggu, 29 April 2012 | 07:19 WIB
BOYOLALI, KOMPAS.com — Tim SAR gabungan asal Kabupaten Boyolali berhasil mengevakuasi pendaki Jumiko Apriansyah (19), mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, yang terperosok di puncak Gunung Merapi, Sabtu (28/4/2012) malam. Tim SAR berhasil mengevakuasi Jumiko yang mengalami patah tulang pada pergelangan tangan, dan bengkak di bagian kaki. Korban tiba dibasecamp New Selo di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, sekitar pukul 23.00, menurut anggota Tim SAR Barameru Desa Lencoh, Samsuri, di Boyolali, Minggu (29/4/2012). Jumiko merupakan warga Dusun Ngrawuh Karang Rayung Grobogan. Dia bersama tiga temannya, yakni Basofi Musoni asal Madiun; Fahmi Asidiqi asal Ciamis; dan Muh Nurwahid asal Kebumen. Setibanya di basecamp New Selo, dia kemudian dibawa ke puskesmas setempat.
Tim SAR memerlukan waktu sekitar sembilan jam untuk mengevakuasi korban dari Puncak Merapi hingga ke bawah dengan ditandu.

…dst

17 ) Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Terjatuh di Merapi
http://news.detik.com/read/2012/04/28/162221/1904029/10/mahasiswa-uin-sunan-kalijaga-terjatuh-di-merapi

Sabtu, 28/04/2012 16:22 WIB
Yogyakarta Satu dari empat mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta terjatuh saat mendaki Gunung Merapi yang ada di perbatasan Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Korban selamat namun mengalami luka patah tulang. Korban yang mengalami luka patah kaki kiri dan tangan kanan adalah Jumiko. Sementara itu tiga mahasiswa lainnya selamat dan masih tertahan di kawasan puncak Merapi. Tiga mahasiswa lainnya bernama Basofi, Fahmi dan Wahid. “Satu luka dan tiga mahasiswa selamat,” kata salah satu anggota SAR DIY, Ferry Ardiyanto ketika dikonfirmasi detikcom, Sabtu (28/4/2012). Menurut Ferry, lokasi tempat jatuh diperkirakan di daerah Pasar Bubar sekitar 150 meter dari puncak Merapi. Keempat mahasiswa tersebut sekarang masih berada di dekat lokasi kecelakaan dan menunggu tim SAR melakukan evakuasi. Diperkirakan mereka jatuh terpeleset di daerah Pasar Bubar yang penuh dengan medan pasir dan berbatu tajam.

…dst

18 ) Mau Komunikasi Asyik dengan Anak dan Guru? Ini Dia ‘Facebook’ Pelajar Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/27/m34zxp-mau-komunikasi-asyik-dengan-anak-dan-guru-ini-dia-facebook-pelajar-indonesia

Sabtu, 28 April 2012, 11:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Namanya, Studentbook. Secara singkat, boleh dibilang inilah ‘Facebook’ untuk para pelajar. Yang menarik, situs jejaring sosial ini tidak hanya melayani para pelajar, tetapi juga menghubungkan orangtua murid dan gurunya sekaligus. Asyiknya lagi, sistem Studentbook ini dilengkapi dengan SMS notifikasi perkembangan akademik siswa kepada orang tua masing-masing yang dikirim setiap hari melalui telepon selular mereka. Keuntungan dari SMS notifikasi ini adalah orang tua bisa memantau secara penuh perkembangan akademik anaknya di sekolah. Melalui SMS notifikasi ini orang tua selalu mendapatkan up-date harian tentang absensi siswa (setiap jam pelajaran), tugas-tugas (PR) yang diberikan, materi-materi yang sudah diajarkan, pelajaran yang perlu disiapkan, saran dari guru, dan pengumuman-pengumuman resmi dari sekolah.

…dst

19 ) Pengguna Narkoba di Indonesia Capai 5 Juta Orang
http://regional.kompas.com/read/2012/04/29/02131235/Pengguna.Narkoba.di.Indonesia.Capai.5.Juta.Orang

Minggu, 29 April 2012 | 02:13 WIB
BOGOR, Kompas.com – Yayasan Kesatuan Peduli Masyarakat (Kelima) DKI Jakarta mengemukakan, jumlah pengguna narkotika dan obat terlarang di Indonesia pada 2012 ini sekitar 5 juta orang. “Jumlah pengguna narkotika dan obat-obat terlarang akan semakin bertambah bila kita tidak melakukan upaya pencegahan sejak dini. Hingga 2012 ini tercatat jumlah pengguna narkotika dan obat terlarang mencapai 5 juta orang,” kata Kepala Bidang Medis Kelima, Bambang Eka Purnama Alam, dalam sosialisasi Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/4/12). Bambang menjelaskan, kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan masyarakat menyebabkan maraknya peredaran narkotika di Indonesia.

…dst

20 ) Wakil Dekan Ini Dipecat karena Gelar Doktor Palsu
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/27/373/619726/wakil-dekan-ini-dipecat-karena-gelar-doktor-palsu

Sabtu, 28 April 2012 09:07 wib
PENNSYLVANIA – Wakil dekan program pascasarjana bidang kajian Pendidikan di University of Pennsylvania Douglas E Lynch mengundurkan diri setelah gelar doktornya terbukti palsu. Douglas mencantumkan gelar doktor dalam bidang filsafat, ekonomi, dan pendidikan dari Columbia University pada curriulum vitae (CV)-nya. Petugas resmi kampus mengaku kepada The Philadelphia Inquirer telah mengetahui pemalsuan tersebut sejak beberapa bulan terakhir. Universitas juga telah memberikan “sanksi yang diperlukan” dan memutuskan untuk membiarkan Lynch memimpin kampus. Tetapi, setelah Inquirer meminta komentar Rektor University of Pennsylvania Amy Gutman, pihak kampus pun mengubah keputusannya dan meminta Lynch mengundurkan diri sambil menunggu hasil penyelidikan yang sedang berlangsung. Demikian seperti dilansir The Chronicle of Higher Education,Sabtu (28/4/2012).

…dst

21 ) Sekilas dalam Negeri
Kasus Angie
Busyro Kritik Balik Pengacara Angie Nasrullah
Kenapa Angie Harus Dijerat Pasal Pencucian Uang?
PPATK Juga Minta Angie Dikenai Pasal Pencucian Uang
KPK: Pasal Pencucian Uang Bagi Angie Tergantung Bukti
Tak Ada Keistimewaan Tahanan Angelina…
Sel Angie Tanpa AC, Toilet Pun ‘Nyampur”  
Ketua Dewan MI
JK Terpilih Jadi Ketua Dewan Masjid Indonesia
Sekilas Luar Negeri
Malaysia
Demo Besar-besaran di Malaysia, Mobil Polisi Dijungkir Balik Massa
Polisi Malaysia Bentrok dengan Demonstran Tuntut Pembaharuan Pemilu
Massa Pro-Demokrasi Malaysia Ditubruk Mobil Polisi
Senator Australia Jadi Korban Gas Air Mata Demo Malaysia
Malaysia tahan lebih 200 orang menyusul demo
Iran
Iran: Sanksi Barat Ilegal Namun Membuat Ekonomi Kami Kuat
Buktikan Nuklir Damai, Iran Siap Bertemu IAEA 
Osama
Pengadilan AS Tolak Rilis Foto Jenazah Osama
Mesir
Bersetubuh dengan Mayat Diperbolehkan di Mesir
China
Aktivis Buronan China Chen Guangcheng Mendapat Lindungan AS
Pembangkang Cina sembunyi di Kedubes AS