1 ) ITB dan UPI Berubah dari BHMN Menjadi PTP
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/20/079398440/ITB-dan-UPI-Berubah-dari-BHMN-Menjadi-PTP

JUM’AT, 20 APRIL 2012 | 11:15 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Terhitung mulai April 2012, dua perguruan tinggi negara (PTN) besar di Bandung, Jawa Barat, berubah status dari badan hukum milik negara menjadi perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah (PTP). Laman Sekretariat Kabinet melansir perubahan status Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu disebabkan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2012 dan Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2012 yang sudah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 April lalu. Dengan penetapan ini, keduanya menjadi perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan bertanggung jawab kepada Kementerian. Dengan perubahan itu, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) digunakan untuk membiayai penyelenggaraan ITB dan UPI. Akan tetapi, keduanya dapat menerima dana dari sumber lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan serta harus menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum.

…dst

2 ) ITK dan ISBI Beroperasi Tahun Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615192/itk-dan-isbi-beroperasi-tahun-ini

Jum’at, 20 April 2012 12:22 wib
BALIKPAPAN – Kemendikbud menyetujui penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada tahun ini. Penerimaan mahasiswa baru direncanakan melalui sistem kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Hasil pertemuan dan kesepakatan ini diumumkan langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, tadi malam di Bandara Sepinggan, Balikpapan, sepulangnya dari pertemuan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta. “Sudah disepakati, tahun ini ITK buka pendaftaran di ITS. Kami menargetkan, tahap pertama ini 100 mahasiswa mendaftar. Nanti dititipkan di ITS,” ungkap Gubernur Awang Faroek didampingi Kabag Humas Balikpapan Aji Sofyan, tadi malam. Awang mengimbuhkan, kesepakatan tentang penerimaan mahasiswa ITK ini nantinya akan disusul dengan keputusan menteri. Sejak awal, ITS memang ditunjuk Kemendikbud sebagai lembaga yang mempersiapkan kelahiran ITK. Dia juga dititipkan Kemendikbud untuk menerima mahasiswa tahun pertama ITK.

…dst

3 ) Kemdikbud: Sudah Kredibel, PTN Tak Perlu Ragukan UN!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/12310755/Kemdikbud.Sudah.Kredibel.PTN.Tak.Perlu.Ragukan.UN.

Jumat, 20 April 2012 | 12:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menilai Ujian Nasional (UN) jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK/MA) telah selesai dilaksanakan dengan sangat kredibel. Untuk itu, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diimbau tidak perlu ragu untuk mengintegrasikan hasil UN sebagai komponen penting pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemdikbud Chairil Anwar Notodiputro menjelaskan, salah satu indikator penting menentukan kredibilitas UN adalah tidak adanya kebocoran soal atau kunci jawaban. Kalaupun ada, hal itu hanya kecurangan ringan yang melibatkan segelintir oknum dan tidak dapat digeneralisir. “Sekarang tak ada bukti kebocoran, maka tak ada lagi alasan untuk tidak diintegrasikan masuk PTN,” kata Chairil, Jumat (20/4/2012), di Jakarta.

…dst

4 ) UAD Beri Beasiswa Olahraga
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615096/uad-beri-beasiswa-olahraga

Jum’at, 20 April 2012 11:16 wib
YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada tahun akademik 2013/2014 berencana memberikan beasiswa kepada pelajar SMA sederajat yang punya kemampuan olahraga dan seni untuk menempuh pendidikan di kampus ini.Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Pemberdayaan Alumni UAD Muchlas mengatakan, selain sudah menjadi komitmen kampus yang tidak hanya fokus pada pembinaan akademik, tapi juga bidang minat bakat, kebijakan ini diambil lantaran mahasiswa yang menekuni bidang tersebut, terutama olahraga, umumnya tidak terlatih sejak awal. Artinya dalam pembinaannya dilakukan dari nol. “Tapi bukan berarti mahasiswa itu saat diterjunkan dalam event olahraga tidak dapat meraih prestasi. Justru banyak yang mampu menjadi juara, baik regional maupun nasional,” ungkap Muchlas di Kampus UAD, kemarin.

…dst

5 ) Beasiswa Kedokteran Khusus Santri
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614589/beasiswa-kedokteran-khusus-santri

Kamis, 19 April 2012 14:15 wib
MALANG – Universitas Islam Malang (Unisma) membuka program beasiswa untuk Fakultas Kedokteran khusus alumni pondok pesantren. Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Unisma Pardiman, program yang baru dibuka tahun ajaran 2012 ini memang khusus untuk menarik calon mahasiswa dari kalangan pesantren.Salah satu persyaratannya, kata Pardiman, adalah mereka harus benar-benar lulusan pondok pesantren. Hal ini dibuktikan dengan surat rekomendasi dari pengasuh pondok pesantren tempat calon mahasiswa itu belajar. “Kami juga tetap melakukan tes bagi mereka yang mengambil beasiswa itu,” ujar Pardiman, Kamis (19/4/2012). Pardiman menjelaskan, program beasiswa ini merupakan program Kementerian Agama (Kemenag) dan Unisma mendapatkan kuota 40 santri.

…dst

6 ) Beasiswa S-2 Pariwisata ke Italia, Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/13145013/Beasiswa.S-2.Pariwisata.ke.Italia.Mau.

Jumat, 20 April 2012 | 13:14 WIB
KOMPAS.com — Bermimpi melanjutkan kuliah pariwisata ke Italia? Kini waktunya mewujudkan mimpi karena MIB School of Management of Trieste, Italia, menawarkan beasiswa S-2 Tourism & Leisure untuk Anda. Beasiswa edisi ke-12 (Oktober 2012-Oktober 2013) dari MIB School ini digunakan untuk biaya pendidikan. Beasiswa yang diberikan mencakup hingga 70 persen dari biaya pendidikan penuh atau sekitar 18.000 euro. Besarnya beasiswa akan dipertimbangkan sesuai dengan biaya pendidikan secara keseluruhan. Apa saja persyaratannya? Lulusan sarjana S-1, fasih berbahasa Inggris dengan memiliki sertifikat TOEFL atau IELST atau PTE, dan memiliki pengalaman bekerja. MIB School of Management hanya akan memberikan beasiswa untuk para kandidat terbaik yang terpilih berdasarkan kualifikasi pendidikan, keterampilan, pengetahuan luas, dan motivasi yang diperlihatkan selama tes wawancara.

…dst

7 ) Bangkai Roket AS Lintasi RI Malam Nanti, Bakal Hantam Bumi Jumat
http://news.detik.com/read/2012/04/19/153913/1896556/10/bangkai-roket-as-lintasi-ri-malam-nanti-bakal-hantam-bumi-jumat?n990102mainnews

Kamis, 19/04/2012 15:39 WIB
Jakarta Bangkai roket Atlas Centaur dengan nomor katalog 16102 milik Amerika Serikat telah menjadi sampah antariksa. Nah, bangkai roket ini diperkirakan akan menghantam Bumi pada 20 April besok.”Bekas roket peluncur satelit milik AS diperkirakan akan jatuh besok,” ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (19/4/2012). Roket ini pertama diluncurkan pada 1985 lalu. Meski diperkirakan jatuh besok, namun rentang ketidakpastiannya adalah sekitar 15 jam. “LAPAN akan memantau benda ini hingga jatuh ke permukaan Bumi karena kemiringan orbitnya kecil, yakni 22 derajat,” imbuh Djamaluddin. Menurut dia ukuran bangkai roket ini adalah 2,5 x 7 meter. Lapan akan terus memantau untuk mengantisipasi adanya serpihan yang berpotensi jatuh di wilayah Indonesia. “Wilayah yang dilintasi itu 22 derajat lintang utara dan 22 derajat lintang selatan. Di sekitar itu kan laut sehingga potensi jatuhnya di laut,” terang alumnus Universitas Kyoto, Jepang, ini.

…dst

8 ) Mahasiswa Indonesia-AS Digenjot Naik 100 Persen
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/19/m2qdei-mahasiswa-indonesiaas-digenjot-naik-100-persen

Kamis, 19 April 2012, 21:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Indonesia dan Amerika Serikat menjalin kerja sama dalam program pertukaran pelajar untuk meningkatkan jumlah mahasiswa hingga 100 persen dalam beberapa tahun ke depan. “Hal itu merupakan wujud tindak lanjut dari deklarasi bersama antara Presiden AS Barack Obama dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang berkomitmen menjalin kerja sama secara komperehensif, salah satunya dalam bidang pendidikan,” kata Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi, Nizam di Yogyakarta, Kamis (19/4). Menurut dia usai menghadiri acara “US-Indonesia Joint Council on Higher Education Partnership” (Dewan Kerja Sama Indonesia-AS untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi), kerja sama itu ditujukan untuk meningkatkan kembali jumlah mahasiswa AS yang mengambil studi di Indonesia dan sebaliknya.

…dst

9 ) Aset Unpad Dikomersialkan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615078/aset-unpad-dikomersialkan

Jum’at, 20 April 2012 10:26 wib
BANDUNG – Sejumlah bangunan milik Universitas Padjadjaran (Unpad) yang tersebar di beberapa titik strategis di Kota Bandung akan dikomersialkan dengan pihak lain. “Kami (Unpad) punya aset, nilainya triliunan rupiah. Kalau dikerjasamakan sangat bermanfaat untuk kampus. Tapi nanti bentuk kerja samanya seperti apa masih dibicarakan, ada beberapa model, tapi memungkinkan adanya public private partnership,” kata Rektor Unpad Ganjar Kurnia saat ditemui di Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Bangunan-bangunan tersebut ada yang masih digunakan seperti di Jalan Dago No 4. Meski digunakan, kata Ganjar, namun penggunaannya tidak optimal. Selain itu, ada juga yang sudah kosong karena kegiatannya atau kantornya dipindahkan ke Jatinangor. Seperti bangunan yang ada di Casangkuy 62 dan Dago 248. Selain itu, salah satu bangunan di Kampus Dipatiukur juga akan dikerjasamakan. Ganjar menawarkannya menjadi tempat pelatihan, diklat, dan sebagainya.

…dst

10 ) Penyusun RUU Kedokteran Tak Paham Filosofi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/20/183874/Penyusun-RUU-Kedokteran-Tak-Paham-Filosofi-

20 April 2012
YOGYAKARTA – Dekan Fakultas Kedokteran UGM dokter Rr Titi Savitri Prihatiningsih MA MMedEd PhD menilai, RUU Kedokteran tidak sesuai konteks dan ahistoris. Alih-alih memberikan solusi pendidikan kedokteran, RUU ini justru memporak-porandakan sistem pendidikan kedokteran yang telah berjalan puluhan tahun di Indonesia.”Secara umum RUU ini ahistoris dan out of context. Penyusun RUU Kedokteran tidak paham government university, (tata kelola universitas), sehingga akan memancing timbulnya permasalahan baru yang lebih kompleks,” katanya, baru-baru ini. Salah satu kelemahan mendasar RUU ini, menurut Titi, adalah menempatkan Fakultas Kedokteran sebagai institusi yang independen. Kesalahan ini sangat fatal, karena fakultas berada di bawah aturan universitas dan universitas di bawah Kemdikbud. Dalam konteks ini, kinerja yang dilakukan fakultas terkait dengan pendidikan, tidak bisa dilepaskan dari universitas yang menaungi. Tetapi, kenyataanya RUU ini justru tidak menyinggung keterlibatan universitas. “Padahal, sudah jelas, fakultas harus tetap ikut aturan universitas, misalnya dalam jumlah SPP mahasiswa dan pembiayaan lainya,” katanya.

…dst

11 ) Dr Angelina Dosen Berprestasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/20/183876/Dr-Angelina-Dosen-Berprestasi

20 April 2012
SEMARANG- Dr Angelina Ika Rahutami (Unika Soegijapranata Semarang) menjadi juara I Lomba Dosen Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah VI, belum lama ini. Juara II dan III diraih Dr Mutamimah (Unissula) dan Dr Wiranto Herry Utomo (UKSW). Mereka memperoleh trofi, piagam, dan uang pembinaan dari Kopertis Wilayah VI, serta berhak mewakili PTS Jateng ke tingkat nasional. Prof Andreas Lako, salah satu anggota dewan juri mengatakan, Angelina Ika Rahutami terpilih sebagai juara I karena lebih baik dari peserta lain, baik menyangkut karya tridharma perguruan tinggi, potensi unggulan, penguasaan bahasa Inggris, maupun aspek lainnya. Mengenai peluang masuk 15 besar tingkat nasional, Lako optimistis wakil PTS Jateng mampu meraih target

…dst

12 ) Sinergi UGM-Keraton agar Hasilkan Inovasi Pendidikan dan Kebudayaan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/05543570/Sinergi.UGM-Keraton.agar.Hasilkan.Inovasi.Pendidikan.dan.Kebudayaan

Jumat, 20 April 2012 | 05:54 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada diharapkan bisa bersinergi dengan Keraton sebagai entitas kebudayaan dalam mendorong kemajuan peradaban bangsa di bidang pendidikan dan kebudayaan. Harapan itu merupakan kesinambungan hubungan UGM-Keraton yang sudah terjalin sejak berdirinya kampus UGM. Bahkan masa-masa awal eksistensi UGM, tidak lepas dari dukungan Almarhum Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang mencita-citakan agar UGM menjadi “Miniatur Indonesia” di bidang pendidikan. Hal itu disampaikan oleh ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam diskusi ‘Sinergi UGM dengan Keraton untuk Kemajuan Bangsa’ di gedung University Club, Kamis (19/4/2012). Sinergi UGM-Keraton menurut hemat Sultan harus menerapkan tiga prinsip dasar, pertama kesediaan untuk saling berbagi. Tanpa kesediaan untuk saling berbagi , sinergi tidak bisa terlaksana.

…dst

13 ) Politeknik Negeri Punya Seleksi Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/19/19165155/Politeknik.Negeri.Punya.Seleksi.Nasional

Kamis, 19 April 2012 | 19:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Politeknik negeri juga puya seleksi nasional mahasiswa baru layaknya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Seleksi masuk yang dinamakan ujian masuk politeknik negeri (UMPN) ini memungkinkan calon mahasiswa di seluruh Indonesia bisa memilih politeknik secara lintas daerah. “Sebenarnya, seleksi masuk di politkenik negeri, tidak jauh berbeda dengan yang di perguruan tinggi negeri,” kata Bambang Wasito Adi, Direktur Politeknik Media Kreatif Negeri (PoliMedia) Jakarta, Kamis (19/4/2012). Pendaftaran UMPN dibuka hingga 7 Juli 2012. Pelaksanaan ujian tulis pada 14 Juli dan ada juga ujian gambar untuk program studi tertentu. Pengumuman peserta yang lulus pada 18 Juli.

…dst

14 ) Politeknik Dukung Industri Kreatif
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/19/19224794/Politeknik.Dukung.Industri.Kreatif

Kamis, 19 April 2012 | 19:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Berkembangnya industri kreatif membutuhkan banyak tenaga ahli terdidik yang siap pakai. Dalam upaya memenuhi sumber daya manusia di bidang industri kreatif, pemerintah mendirikan politeknik dengan program studi untuk memenuhi tenaga ahli madya di bidang industri kreatif. Politeknik untuk menyiapkan tenaga kerja di bidang industri kreatif yang didirikan pemerintah adalah Politeknik Media Kreatif Negeri (Polimedia) Jakarta. Pemerintah juga mengembangkan politeknik serupa di Makassar (Sulawesi Selatan) dan Medan (Sumatera Utara).Direktur Polimedia Jakarta Bambang Wasito Adi mengatakan, kebutuhan dunia usaha/industri akan lulusan politeknik cukup tinggi, terutama untuk lulusan yang memiliki program unik.

…dst

15 ) Yuk, Ikut Seminar Pembangunan Karakter di Undip!
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614445/yuk-ikut-seminar-pembangunan-karakter-di-undip

Kamis, 19 April 2012 13:18 wib
JAKARTA – Sudahkah kamu memiliki rencana untuk menghabiskan akhir pekan ini? Jika belum, bagi kamu yang berada di Semarang dan sekitarnya dapat mengikuti seminar Nasional di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dengan tema “Pembangunan Karakter dan Kemandirian Masa Depan Bangsa.” Dalam acara besutan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Konsentrasi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Undip tersebut, akan hadir berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Ketua DPR RI Marzuki Ali, politikus Akbar Tandjung, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Hadi Prabowo yang akan membawakan keynote speech, serta Pemerhati Politik Endang Larasati. Tajus Syarofi selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan bersama dan diamalkan aktif dalam membangun bangsa dan negara yang bermartabat.

…dst

16 ) UI Gandeng BNI Tanam Seribu Pohon
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614770/ui-gandeng-bni-tanam-seribu-pohon

Kamis, 19 April 2012 17:35 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) bersama Bank BNI menanam pohon di depan Perpustakaan pusat UI. Pohon yang ditanam berjenis eboni, akasia, dan trembesi.Penanaman simbolik dilakukan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri, berdekatan dengan pohon Africa Baobab yang eksotis dari Subang. Direktur Utama BNI Gatot Suwondo juga turut menanam satu pohon. Wakil Dirut BNI Felia Salim mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen BNI untuk berkontribusi secara besar dalam upaya merevitalisasi hutan dan lingkungan. “Penanaman pohon ini merupakan upaya jajaran direksi untuk berkomitmen menyentuh masalah lingkungan dan sosial, yang merupakan bagian dari CSR kami. Kami senang sekali bisa berperan pada revitalisasi hutan UI seribu pohon,” kata Felia, Kamis (19/4/2012).

…dst

17 ) Taklukkan Seven Summits, Mahitala Unpar Tulis Buku
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/19/373/614536/taklukkan-seven-summits-mahitala-unpar-tulis-buku

Kamis, 19 April 2012 13:26 wib
JAKARTA – Setelah berhasil menaklukkan tujuh puncak tinggi di tujuh benua, tim Indonesia Seven Summits Expeditions Mahitala Universitas Parahiyangan (Unpar) atau ISSEMU kini meluncurkan buku bertajuk Menapak Tiang Langit. Empat pendaki yang tergabung dalam Tim ISSEMU tersebut, yakni Sofyan Arief Fesa, Xaverius Frans, Broery, dan Janatan, berbagi kisah sukses mereka dalam mengukir prestasi menjadi tim mahasiswa Indonesia pertama yang menjadi The Seven Summiters. Dalam buku tersebut tertuang suka duka para pendaki muda itu bersama tim yang selalu berada di balik mereka.”Dua setengah tahun lalu kami memulai perjalanan ini yang diawali dengan Ekspedisi Sudirman. Itu menjadi langkah awal untuk meneruskan perjalanan dan bentuk komitmen kami untuk menaklukkan puncak tertinggi lainnya,” kata Sofyan di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2012).

…dst

18 ) BKKBN Gandeng Kampus untuk Sukseskan KB
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615118/bkkbn-gandeng-kampus-untuk-sukseskan-kb

Jum’at, 20 April 2012 11:45 wib
MEDAN – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggandeng universitas-universitas di Indonesia untuk mendorong dan memperluas program Keluarga Berencana (KB). Kepala BKKBN Pusat DR dr Sugiri Syarif menyebutkan, kerja sama tersebut untuk memberikan pemahaman KB kepada mahasiswa dan diharapkan bisa menularkannya kepada masyarakat. “Paling tidak, KB itu dipahami oleh mahasiswa itu sendiri. Tapi, kami harapkan, mahasiswa bisa menularkan pemahaman kepada masyarakat. Setelah itu kami mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengembangan,” katanya usai pembukaan pertemuan konsultasi kepala seksi di lingkungan service centre di Novotel Sochie, Medan, kemarin malam.

…dst

19 ) UII Ikuti Overseas Immersion Program di Korsel
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615088/uii-ikuti-overseas-immersion-program-di-korsel

Jum’at, 20 April 2012 10:51 wib
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti Overseas Immersion Program. Kegiatan ini merupakan pertemuan student council di Solbridge International School of Business, Woosong University, Daejeon, Korea Selatan (Korsel). Kali ini ada 30 mahasiswa dan dosen UII dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknologi Industri yang mengikuti kegiatan tersebut. Wakil rektor III Bidang Kemahasiswaan UII Bachnas direncanakan akan melepas keberangkatan mereka, hari ini (Jumat, 20/4/2012) di Kampus UII Cik Ditiro, Yogyakarta. Ketua rombongan sekaligus Direktur ERP Competence Center UII Primanita Setyono mengatakan, pertemuan tersebut berlangsung selama tujuh hari.

…dst

20 ) Sering Berkata Kotor, Ketua STAIN Harus Minta Maaf
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/373/615116/sering-berkata-kotor-ketua-stain-harus-minta-maaf

Jum’at, 20 April 2012 10:48 wib
PAMEKASAN – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan yang tergabung dalam Komunitas Peduli Kampus (KPK) menggelar aksi protes menuntut Ketua STAIN Dr Idri MAg meminta maaf secara terbuka.Idri dianggap telah melecehkan mahasiswa dan dosen karena telah mengeluarkan umpatan dan kata-kata kotor. Koordinator KPK, Jailani, menyatakan, penghinaan yang dilakukan ketua STAIN menimpa hampir seluruh mahasiswa dan sebagian dosen. “Itu kami nilai melampaui batas, apalagi dilakukan di kampus. Oleh karenanya, kami menuntut agar dia (ketua) meminta maaf secara terbuka,” ujarnya.Jailani menjelaskan, jika permintaan tersebut tidak dilakukan, mahasiswa tidak akan segan-segan untuk menempuh aksi massa, dengan jumlah yang lebih banyak.

…dst

21 ) Untuk Memindai 1.780.000 LJUN, 20 Alat Pemindai Dioperasikan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/185268

Kamis, 19/04/2012 – 18:16
BANDUNG,(PRLM).- Sekitar 20 alat pindai atau scaning dioperasikan untuk memindai 1.780.000 Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) tingkat SMA/MA/SMK 2012 yang ujiannya berakhir, Kamis (19/4). Tim pemindaian menargetkan proses pemindaian bisa selesai dalam enam hari ke depan. “Setelah pemindaian selesai, langsung dikirim ke Jakarta. Ada 20 alat yang tersedia dan digunakan, dengan cadangan alat lima unit. Untuk membantu proses pemindaian ini kami juga mengerahkan sekitar 220 pegawai selama proses pemindaian dilakukan,” kata Ketua Tim Pemindaian LJUN SMA/SMK/MA Dr. Munir saat dihubungi, Kamis (19/4). Pemindaian yang berlokasi di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia, kata Munir, bertugas untuk memindai seluruh LJUN SMA/SMK/MA dari seluruh wilayah kabupaten kota. Setiap hari usai pelaksanaan ujian, semua daerah mengirimkan LJUN ke lokasi pemindaian di UPI. “Kemarin (Rabu (18/4)) daerah yang paling awal datang ke kami itu dari Kota Cimahi. Sementara daerah yang datang paling terakhir itu ada Kabupaten Bogor. Ya mungkin karena lokasi dan daerahnya yang cukup jauh sehingga memerlukan waktu yang lama di perjalanan,” ujarnya.

…dst

22 ) KemenPAN: kuota PNS 60 ribu orang
http://www.antaranews.com/berita/307031/kemenpan-kuota-pns-60-ribu-orang

Jumat, 20 April 2012 11:55 WIB
Denpasar (ANTARA News) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) menyediakan kuota penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) reguler pada tahun 2012 sebanyak 60 ribu orang. “Kuota itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pegawai yang benar-benar dibutuhkan secara khusus, seperti tenaga medis dan pengajar,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abubakar dalam pertemuan anggota Badan Pemeriksa Keuangan dengan Wali Kota/Bupati seluruh Bali dan Nusa Tenggara, di Denpasar, Jumat. MenPAN mengatakan, jumlah tersebut sepertiga dari kuota yang disiapkan beberapa waktu lalu, di mana sebanyak 20 ribu orang untuk di tingkat pusat. Oleh karena itu, tambah Azwar, pihaknya memberikan kesempatan kabupaten/kota mengajukan kebutuhan pegawai seusai analisanya. Azwar menjelaskan, setiap kabupaten/kota akan disiapkan tenaga analis jabatan untuk menentukan kebutuhan di wilayah tersebut. Masih kata MenPAN, alasan disiapkan kuota sebanyak itu karena adanya pegawai yang akan pensiun sebanyak 120 ribu orang, tapi untuk menutupinya hanya dibutuhkan setengahnya saja dari PNS baru.

…dst

23 ) MenPAN jamin penerimaan PNS lebih baik
http://www.antaranews.com/berita/307033/menpan-jamin-penerimaan-pns-lebih-baik

Jumat, 20 April 2012 12:08 WIB
Denpasar (ANTARA News) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menjamin proses penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) reguler pada tahun 2012 lebih baik. “Kami akan melibatkan perguruan tinggi dengan pengawalan hasil pelaksanaan oleh polisi. Kami jamin pelaksanaan akan lebih baik dari sebelumnya,” kata Azwar dalam pertemuan anggota Badan Pemeriksa Keuangan dengan Wali Kota/Bupati seluruh Bali dan Nusa Tenggara, di Denpasar, Jumat. MenPAN juga menjamin tidak akan ada lagi permainan dalam penerimaan PNS baru. “Semuanya akan berjalan murni”, katanya. Sesuai rencana pada tahun ini pihaknya akan menerima sebanyak 60 ribu PNS reguler baru untuk menutupi kekurangan pegawai akibat pensiun sebanyak 120 ribu orang.

…dst

24 ) Berperan Ganda di Negeri Orang, Menjadi Ibu dan Mahasiswi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/19/15511812/Berperan.Ganda.di.Negeri.Orang.Menjadi.Ibu.dan.Mahasiswi

Kamis, 19 April 2012 | 15:51 WIB
Oleh: Dhitri
KOMPAS.com – Duduk di tempat tidur sempit, saya memangku bayi yang sedang menyusui sambil menyusun tugas esai yang tenggat waktunya sudah dekat di layar laptop di meja kecil di samping tempat tidur. Di laci dresser terletak buku pinjaman perpustakan sebagai alas bagi thermometer dan obat penurun panas bayi untuk bersiap-siap mengukur panas si kecil, yang walaupun sudah terkantuk-kantuk tetap tak mau tidur di tempat lain selain di pelukan ibunya. Sementara kaki kiri ini, yang dipakai untuk menopang bantal menyusui dan sebagian besar beban tubuh si kecil, mulai mati rasa.

…dst

25 ) Sekilas dalam Negeri
UN 2012
Kemdikbud Tangani 800 Aduan UN
Serikat Guru Cium 3 Kecurangan UN SMA di Jakarta
Kecurangan Terjadi Sebelum UN Dilaksanakan
Muhammad Nuh Bantah Ada Kebocoran Soal UN
Kasus Nazaruddin
Nazaruddin dijatuhi hukuman penjara 58 bulan
Nazaruddin Dihukum Jauh Lebih Ringan daripada Tuntutan?
Nazaruddin Persilahkan KPK Sita Hartanya
Kondisi Menkes
Menkes Jalani Perawatan Radioterapi Kanker di RSCM
Kondisi Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih Membaik