1 ) Beasiswa Pendidikan untuk Keluarga Korban Tenggelam di Kupang
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/246
04/10/2012
Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberi beasiswa pendidikan kepada saudara kandung Rizki, Heru, dan Mundhus, yang telah menjadi korban keganasan laut Kupang pada 4 April 2012 lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti, Supriadi, saat bertemu media di Gerai Informasi dan Media Kemdikbud, Selasa (10/04). Rizki dan Heru merupakan peserta program sarjana mendidik di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal, yang pada hari Rabu siang, 4 April 2012 lalu terseret ombak di Pantai Tanjung Mas, Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Rizki dan Heru sedang membawa 20 siswa siswi SMA Negeri 1 Amfoang Barat Daya untuk berlibur pada saat libur paskah. Ikut juga terseret ombak bersama Rizki dan Heru, yaitu Mundhus, siswa kelas II IPA SMA Negeri 1 Amfoang Barat Daya. Mundhus telah ditemukan oleh perahu nelayan kemarin (9/04) di 30 kilometer dari lokasi kejadian dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Sedang Heru dan Rizki belum jelas nasibnya sampai saat ini. Kemdikbud, kata Supriadi, menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa itu. Selain itu, juga disiapkan beasiswa terhadap kelangsungan pendidikan dari ketiga keluarga korban. Mengingat mereka bertiga, pendidikan adalah tumpuan harapan dari keluarga masing-masing. Untuk keluarga Mundhus, beasiswa akan diberikan kepada kakaknya yang telah lulus sarjana dari Universitas Cendana, Kupang, jurusan fisika. Padanya akan diberikan pilihan akan menjadi guru atau dosen. Bahkan, orang tua Mundhus yang merupakan tokoh masyarakat di Amfoang Barat Daya menginginkan agar kakak Mundhus ikut menjadi peserta sarjana mendidik, agar tidak menimbulkan trauma pada program ini.

…dst

2 ) Guru Pengabdi di Daerah Terpencil Hilang Ditelan Ombak
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/15361162/Guru.Pengabdi.di.Daerah.Terpencil.Hilang.Ditelan.Ombak

Selasa, 10 April 2012 | 15:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Dua peserta program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM3T) hilang digulung ombak. Peristiwa itu terjadi, Rabu (4/4/2012) lalu, di pantai Tanjung Mas, Amfoang Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembantu Rektor I Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Zainal Rafi mengatakan, salah seorang korban, Rizki Susdiasto, merupakan peserta SM3T dari UNJ. Sementara peserta lainnya adalah Heru, peserta SM3T dari Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). “Dua peserta SM3T hilang di Kupang, dan sampai saat ini belum ditemukan,” kata Zaenal dalam jumpa pers di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (10/4/2012). Dia menjelaskan, peristiwa tersebut bermula dari rekreasi yang dilakukan kedua korban dalam rangka liburan Paskah di Pantai Tanjung Mas. Kedua korban juga mengajak Ahmad Munirudin beserta 20 siswa SMAN 1 Amfoang Barat Daya. Di tengah berekreasi, Heru terseret ombak saat berenang di tepi pantai.

…dst

3 ) Akhirnya… RUU Perguruan Tinggi Batal Disahkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/11/11505095/Akhirnya.RUU.Perguruan.Tinggi.Batal.Disahkan

Rabu, 11 April 2012 | 11:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi kembali batal disahkan oleh DPR. Dalam rapat paripurna hari ini, Rabu (11/4/2012), DPR menerima usulan pemerintah untuk menunda pengesahan RUU tersebut. Sedianya, RUU PT disahkan dalam rapat paripurna, pekan lalu. Awalnya, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin paripurna membacakan surat dari Komisi X. Surat itu berisi permintaan penambahan waktu pembahasan RUU PT hingga masa sidang berikutnya. Usulan tersebut sesuai permintaan pemerintah. Namun, dalam surat itu tak dijelaskan alasan permintaan penundaan. Dedi Gumelar, anggota Panja RUU PT, meminta penjelasan alasan penundaan. Pasalnya, seluruh anggota panja sudah sepakat agar RUU itu disahkan. “Kami kecewa, mengapa permintaan penundaan berada di ujung pengambilan keputusan tingkat satu. Masalah seharusnya disampaikan dalam proses panja. Panja sudah selesai, sudah sepakat seluruhnya,” kata Dedi.

…dst

4 ) Tiga Pokok Bahasan Penyebab Penundaan Pengesahan RUU PT
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/248

04/11/2012
Jakarta –- Pemerintah meminta kepada DPR untuk memperpanjang pembahasan Rancangan Undang-undang perguruan tinggi dalam satu kali masa sidang. Permintaan tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam rapat kerja pemerintah dan Komisi X DPR RI pada Senin, (9/04) di Gedung DPR RI. Usulan RUU tersebut sangat bagus, kata Mendikbud, namun sangat disayangkan jika tidak dilengkapi pemikiran-pemikiran baru. Karena menurutnya, mengubah UU itu lebih sulit daripada membuatnya. “Makanya sebaiknya disempurnakan terlebih dahulu,” terang Menteri Nuh kepada wartawan di Gedung Kemdikbud, Selasa (10/04). Menteri Nuh menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk memperpanjang pembahasan RUU PT. Tiga hal penting tersebut harus bisa mengantisipasi perkembangan di masa depan, yaitu modal pengetahuan, mobilitas, dan kovergensi peradaban. Mendikbud menyampaikan, pengetahuan manusia yang semakin hari semakin luas harus bisa diantisipasi oleh perguruan tinggi. Karena dengan pengetahuan yang luas itu pulalah, menyebabkan manusia mudah untuk berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya.

…dst

5 ) Titisan Kampus BHMN Urung Lahir
Tidak Komplit, Pengesahan RUU PT Diundur
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123818/Titisan-Kampus-BHMN-Urung-Lahir-

Rabu, 11 April 2012 , 04:24:00
JAKARTA – Masyarat sempat cemas menjelang pengesahan RUU Pendidikan Tinggi (PT) yang rencananya digelar dalam sidang paripurna DPR hari ini (11/4). Untungnya, karena pemerintah menilai RUU itu tidak lengkap, mereka mengusulkan perpanjangan pembahasan lagi. Usul itupun direstui dewan. Kecemasan masyarakat terhadap RUU PT itu muncul karena publik menilai rancangan undang-undang ini merupakan reinkarnasi UU BHP (Badan Hukum Pendidikan) . Karena dinilai masih sejenis, masyarakat khawatir biaya kuliah kian mahal setelah RUU PT ini disahkan. Pasalnya, RUU ini bisa melahirkan kampus-kampus BHMN (Badan Hukum Milik Negara) baru yang bertarif mahal. Puncak pengambilan keputusan apakah RUU PT ini akan disahkan atau ditunda pengesahannya, digelar dalam raker Komisi X DPR dengan beberapa kementerian hingga menjelang Selasa dinihari kemarin (10/4). Pada awal perjalanan raker, sejumlah anggota dewan sempat mengutarakan jika SMS yang isinya penolakan pengesahan RUU ini masih berseliweran.

…dst

6 ) Mendikbud: “RUU PT Ibarat Kereta yang Akan Kita Beli”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/1959313/Mendikbud.RUU.PT.Ibarat.Kereta.yang.Akan.Kita.Beli.

Selasa, 10 April 2012 | 19:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh membeberkan alasan Pemerintah menunda pengesahan Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi (RUU PT). Nuh mengatakan, permohonan penundaan pengesahan itu sama sekali tidak berkaitan dengan niat untuk mengubah subtansi, akan tetapi lebih kepada menambah dan menyempurnakan RUU tersebut.”Tidak ada hubungannya dengan siap atau tidak siap, apalagi niat mengubah subtansi. Kami hanya ingin menambahkan, agar RUU PT dapat lebih sempurna,” kata Nuh, Selasa (10/4/2012) petang, di Kemdikbud, Jakarta.

…dst

7 ) Mendikbud: Jangan Khawatir dengan Transformasi Demokrasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/21280531/Mendikbud.Jangan.Khawatir.dengan.Transformasi.Demokrasi

Selasa, 10 April 2012 | 21:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, semua pihak jangan khawatir dengan usulan dimasukkannya transformasi demokrasi ke dalam RUU-PT. Hal itu ia sampaikan, Selasa (10/4/2012) petang di gedung Kemdikbud, Jakarta, menyusul adanya kekhawatiran sejumlah pihak jika muatan baru pendidikan tinggi yang harus melaksanakan dan mengawal proses transformasi demokrasi mengarah pada pembungkaman hak berpendapat sampai dengan pelarangan melakukan aksi demonstrasi. “Transformasi demokrasi bukan sekadar hak menyampaikan pendapat. Tapi nilainya lebih kepada akses publik dalam memiliki kesempatan yang sama dan perlindungan hak dasar,” kata Nuh. Seperti diketahui, opini akan dilarangnya mahasiswa berdemonstrasi melalui RUU-PT mulai berkembang. Pasalnya, belum lama ini gelombang aksi deminstrasi cukup besar menyusul rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

…dst

8 ) RUU PT: Si Miskin Sulit Dapat Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/11/01160842/RUU.PT.Si.Miskin.Sulit.Dapat.Pendidikan

Rabu, 11 April 2012 | 01:16 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi di Bundaran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (10/4/2012). Para mahasiswa berpandangan, RUU PT akan berdampak pada semakin sulitnya akses masyarakat kurang mampu dalam melanjutkan kuliah di universitas. Selain itu, kehadiran RUU PT hanya akan melanggengkan kondisi faktual pendidikan, yakni otonomi yang kebablasan, kastanisasi perguruan tinggi, pelanggaran akses masyarakat miskin, privatisasi dosen dan tenaga kependidikan, bisnis penerimaan mahasiswa baru, tidak transparannya kampus, serta diskriminasi terhadap hak warga negara untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas.

…dst

9 ) Mahasiswa Ambon Demo Tolak RUU PT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/21225429/Mahasiswa.Ambon.Demo.Tolak.RUU.PT

Selasa, 10 April 2012 | 21:22 WIB
AMBON, KOMPAS.com – Puluhan aktivis dari Pusat Perjuangan Mahasiswa untuk Pembebasan (Pembebasan) Kolektif Kota Ambon, Selasa (10/4/2012) sekitar pukul 12.00 WIT berunjuk rasa di simpang Tugu Gong Perdamaian Dunia, menolak pengesahan Rancangan Undang Undang (RUU) Perguruan Tinggi (PT) oleh pemerintah. Dalam aksinya mahasiswa membagikan sejumlah plakat yang berisi seruan penolakan RUU PT kepada setiap masyarakat yang melintasi lokasi aksi unjuk rasa. Puluhan mahasiswa ini juga mengecat wajah dan tubuhnya dengan warnah putih sehingga mengundang perhatian warga yang melintasi kawasan tersebut.Aksi yang berlangsung damai ini tidak mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. Sejumlah personel polisi bahkan tidak kelihatan mengamankan jalannya aksi mahasiswa.

…dst

10 ) Pemerintah Tak Solid Bahas RUU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609596/pemerintah-tak-solid-bahas-ruu-pt

Rabu, 11 April 2012 15:09 wib
JAKARTA – Penundaan pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) dan Pendidikan Kedokteran (RUU Dikdok) tentu menimbulkan berbagai spekulasi di berbagai kalangan, terutama anggota dewan. Menurut salah satu anggota Komisi X, Raihan Iskandar, permintaan penundaan yang dilakukan pemerintah terhadap dua RUU ini akibat tidak efektifnya komunikasi internal di kubu pemerintah. “Dua kali penundaan membuat saya merasa sangat sedih. Hal ini menunjukkan kinerja eksekutif tidak ligas. Padahal kami (Panja) yang terdiri dari pemerintah dan anggota dewan sudah bekerja siang malam untuk merumuskan RUU tersebut,” kata Raihan ketika berbincang dengan okezone, Rabu (11/4/2012). Raihan menyesalkan permohonan penundaan datang pada tingkat pengambilan keputusan, bukan dilakukan sejak pembahasan Panja. “Secara perundangan, permohonan penundaan harusnya diajukan saat Panja. Meskipun Mendikbud mengakui kesalahan berasal dari pihak pemerintah, bukan anggota dewan,” ujarnya menambahkan.

…dst

11 ) RUU Dikdok Juga Ditunda
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609239/ruu-dikdok-juga-ditunda

Rabu, 11 April 2012 08:37 wib
JAKARTA – Senasib dengan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT), Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran (RUU Dikdok) terpaksa mengalami penundaan. Hal ini disampaikan salah satu anggota Komisi X DPR Reni Marlinawati. Dia menyebutkan, dalam rapat kerja (raker) tadi malam, pemerintah yang diwakili oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh mengajukan permohonan penundaan pengesahan RUU Dikdok. “Sama seperti RUU PT, RUU Dikdok juga ditunda. Satu paket,” kata Reni ketika dihubungi okezone, Rabu (11/4/2012). Reni mengungkapkan, alasan pemerintah mengajukan penundaan adalah Presiden belum mengetahui RUU Dikdok tersebut. “Alasannya, menteri belum melaporkan RUU Dikdok kepada presiden. Maka, kami setuju memberikan waktu penundaan hingga awal masa sidang berikutnya,” ujar Reni menjelaskan.

…dst

12 ) Selektif Pilih PTS Terakreditasi
http://www.jpnn.com/read/2012/04/10/123752/Selektif-Pilih-PTS-Terakreditasi-

Selasa, 10 April 2012 , 12:55:00
PADANG–Mulai 16 Mei mendatang, seluruh program studi (prodi) di perguruan tinggi (PT) sudah harus terakreditasi. Jika tidak, prodi tersebut dilarang mengeluarkan ijazah. Ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang menentukan selambat-lambatnya 16 Mei 2012, PT sudah harus terakreditasi. Menyikapi hal itu, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X (Sumbar, Riau, Kepri, dan Jambi), Damsar mengaku sudah meminta dan mendorong seluruh perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayahnya untuk mengajukan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT. Damsar menjelaskan, jumlah PTS yang tidak terakreditasi di Sumbar, tidak banyak. Kini, 20 persen PTS yang belum terakreditasi sudah mengajukan proses akreditasi ke BAN PT. “Saat ini, masih dalam tahap menunggu hasilnya,” tuturnya. Secara terpisah, pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Padang, Asrul mengatakan, PT yang belum terakreditasi tidak boleh berleha-leha, karena akreditasi adalah bentuk jaminan mutu layanan pendidikan. “Ini tugas berat Kopertis. Jangan sampai mahasiswa rugi karena keterlambatan mengurusnya,” katanya.

…dst

13 ) UGM Luluskan 79 Dokter Baru
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/11/m2b1zf-ugm-luluskan-79-dokter-baru

Rabu, 11 April 2012, 14:54 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Fakultas Kedokteran (FK) UGM kembali meluluskan dokter baru tahun ini. FK UGM melantik 79 dokter baru. Pada lulusan tahun ini Felicia Noviani Setia Santoso menjadi lulusan terbaik. Lulusan termuda diraih Ni Putu Dian Ayu Permatasari dengan usia 21 tahun 8 bulan. “Hingga saat ini, FK UGM telah meluluskan 7.480 dokter, terdiri 4.571 pria dan 2.909 wanita,” terang Wakil Dekan Akademik FK UGM, Djoko Prakosa, Rabu (11/4). Sementara itu Dekan FK UGM Savitri Prihatiningsih, mengatakan lulusan dokter UGM selalu siap ditempatkan di mana saja oleh pemerintah baik di daerah terpencil atau di daerah perbatasan. Sebagi bentuk dari pengabdian lulusan UGM untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. “Dokter lulusan UGM terkenal, siap ditempatkan di daerah terpencil dan selalu bersikap nrimo. Ini bagian dari sikap dan nilai-nilai kegadjahmadaan yang selalu kita tanamkan,” terangnya.

…dst

14 ) Pemda Diminta Pakai RSP Kanker Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/608605/pemda-diminta-pakai-rsp-kanker-unhas

Selasa, 10 April 2012 12:39 wib
MAKASSAR – Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Sulsel diimbau untuk memanfaatkan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) pusat kanker dan trauma Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk peningkatan taraf dan pelayanan kesehatan masyarakat. Sekretaris Komisi E DPRD Sulsel Jafar Sodding berharap, pemerintah daerah di Sulsel memikirkan subsidi untuk jaminan kesehatan berobat di RSP khususnya kepada warga yang tidak mampu. Mengingat RSP Unhas baru melayani keringanan berobat bagi pengguna kartu Jaminan Pelayanan Kesehatan (JPK) Askes. “Semestinya ditindaklanjuti, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus manfaatkan fasilitas yang ada didaerah kita. Daripada harus berobat penyakit kanker keluar daerah yang tidak bisa dijangkau harganya oleh masyarakat kecil,” katanya, kemarin.

…dst

15 ) ITB Gelar Lomba Pemrograman Mesin ProduksiTweet
http://www.pikiran-rakyat.com/node/184007

Selasa, 10/04/2012 – 20:54
BANDUNG, (PRLM).- Dunia industri masih membutuhkan mesin tanpa campur tangan manusia atau Programmable Logic Controller (PLC). Dengan PLC, keuntungan hasil produksi jauh lebih meningkat dan jumlah tenaga manusia bisa dikurangi dan memangkas anggaran. “Di Indonesia perusahaan yang memproduksi PLC belum ada. Infrasruktur harus dibangun terlebih dahulu. Bila pengguna PLC sudah standar, PLC bisa diproduksi di Indonesia,” demikian kata Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB Yazid Bindar, saat ditemui “PRLM” di ruang kerjanya, Selasa (10/4/12). Untuk memunculkan ide kreatif mahasiswa dalam merancang program PLC yang memudahkan dunia industri, ITB menggelar Lomba PLC tingkat nasional yang berlangsung dari 10-12 April 2012. “Jika ada peserta yang memiliki ide kreatif, perusahaan mana pun akan bersedia menggunakan hak cipta dari gagasan mahasiswa tersebut,” ucap Yazid.

…dst

16 ) Kemenkeu Gandeng UI & ITS Teliti SBN
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/609010/kemenkeu-gandeng-ui-its-teliti-sbn

Selasa, 10 April 2012 17:39 wib
JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) menunjuk dua perguruan tinggi negeri (PTN) dalam proyek riset keuangan dan surat berharga negara (SBN). Kedua PTN tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Dalam surat keterangan yang dikeluarkan DJPU, Selasa (10/4/2012) disebutkan, UI melalui Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) akan bertanggung jawab atas dua penelitian. Sedangkan ITS, menangani satu penelitian lainnya. UI akan mengampu riset berjudul Analisis Potensi Permintaan Surat Utang Negara dan Peranan Pelaku Indstri dalam Peningkatan Likuiditas dan Kedalaman Pasar Surat Utang Negara, serta Kajian Pengembangan Interest Rate Swap dalam rangka Meningkatkan Likuditas dan Kedalaman Pasar Surat Berharga Negara.

…dst

17 ) Kuliah Umum, Dubes Brasil Buka Rahasia Atasi Kemiskinan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/609086/kuliah-umum-dubes-brasil-buka-rahasia-atasi-kemiskinan

Selasa, 10 April 2012 19:07 wib
JAKARTA – Program ketahanan pangan yang dianut Brasil patut menjadi rujukan bagi Indonesia untuk mengatasi permasalahan serupa. Salah satunya, memprioritaskan ketahanan pangan sebagai kebijakan nasional dengan melibatkan multisektor.Hal ini disampaikan Duta Besar (Dubes) Brasil Paulo Alberto da Silveira Soares dalam kuliah umum “Ketahanan Pangan dalam Pembangunan Masyarakat” di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, belum lama ini.”Pemerintah harus memahami mengapa dan di mana orang lapar. Setelah itu memberikan mereka perlindungan sosial sebagai bentuk investasi masa depan, bukan sekadar kegiatan kemanusiaan,” kata Alberto seperti dikutip dari situs UGM, Selasa (10/4/2012). Pada 2002, Brasil memiliki sekira 50 juta rakyat menderita kelaparan kronis. Namun, kini negara tersebut menjelma menjadi negara eksportir utama pangan ke seluruh dunia. Keberhasilan ini karena Brasil menganut ide program zero hunger (nol kelaparan) yang berfokus pada peningkatan akses pangan dan gizi.

…dst

18 ) Hari ini, Menteri BUMN “Ngajar” di STIE Nobel Makassar
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609249/hari-ini-menteri-bumn-ngajar-di-stie-nobel-makassar

Rabu, 11 April 2012 08:55 wib
MAKASSAR – Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneng BUMN) Dahlan Iskan dijadwalkan akan memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Makassar hari ini. Humas Multiniaga Group Sultan Makkawaru mengatakan, Dahlan Iskan dijadwalkan memberi mata kuliah umum terkait “Roadmap Pengembangan dan Manajemen Masa Depan Indonesia Melalui Potensi yang Dikelola BUMN”. Acara tersebut dijadwalkan pukul 09.00 wita di Kampus STIE Nobel, di Ballroom lantai 2 Kampus STIE Nobel, Jalan Sultan Alauddin 212, Makassar.”Acara ini sudah dinantikan para civitas akademika STIE Nobel, dan ini merupakan tradisi lama mendengarkan kuliah umum langsung dari pelaku,” bebernya kepada wartawan di Makassar, kemarin.

…dst

19 ) Peran Sultan HB IX Dalam Pendirian UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/10/21461736/Peran.Sultan.HB.IX.Dalam.Pendirian.UGM

Selasa, 10 April 2012 | 21:46 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Lahirnya UGM tidak terlepas dari peranan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX. Sultan HB IX menjadi salah satu founding father UGM sejak mulai pendirian Balai Perguruan Tinggi UGM pada 17 Februari 1946 sampai pendirian UGM pada 19 Desember 1949 hingga berubah menjadi Universitiet Negeri Gadjah Mada sampai menjadi Universitas Gadjah Mada pada tahun 1954. Demikian dipaparkan sejarawan UGM, Prof. Djoko Suryo dalam acara peringatan 1 Abad Sri Sultan HB IX yang digelar di Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjasoemantri (PKKH) UGM, Selasa (10/4/2012). Djoko mengatakan saat diresmikannya pembentukan Balai Perguruan Tinggi UGM pada 3 Maret 1946, Sultan HB IX dan Ki Hajar Dewantara menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Kurator Balai Perguruan Tinggi UGM.

…dst

20 ) ITS Bagi Ilmu Pembuatan Paving Block
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/609088/its-bagi-ilmu-pembuatan-paving-block

Rabu, 11 April 2012 09:13 wib
JAKARTA – Himpunan Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi (HMMT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berbagi ilmu kepada masyarakat Kelurahan Pakal, Benowo, Surabaya mengenai pembuatan alat pencetak paving. Ketua pelaksana acara Rieco Malik Darmawan menyebutkan, program ini merupakan bentuk kepedulian para mahasiswa terhadap masyarakat. “Kami ingin memberikan kontribusi konkret kepada masyarakat sebagai suatu pengabdian. Kontribusi tersebut direalisasikan melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan di masyarakat,” kata Rieco seperti dilansir dari ITS online, Rabu (11/4/2012). Dalam acara bertajuk Social Development and Technology (Solvent) tersebut berbagai materi praktis disampaikan. Mulai dari pengetahuan seputar bahan adonan dan pengolahan paving yang baik. Selain berbagi materi, panitia juga memperkenalkan alat pembuat paving yang ekonomis.

…dst

21 ) Untan Eksplorasi Riset di Malaysia
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/10/373/609028/untan-eksplorasi-riset-di-malaysia

Selasa, 10 April 2012 17:56 wib

PONTIANAK – Universitas Tanjungpura Pontianak, bertekad mengeksplorasi, mempromosikan, serta melakukan studi banding hasil perkembangan riset dan kreativitas mahasiswa di Universiti Malaysia Sarawak (Unimas), Malaysia Timur. Kegiatan yang akan dihelat pada 26–29 April mendatang ini dikemas dengan tajuk Science and Engineering Expedition 2012.Ketua Dewan Pembina Kegiatan Ferry Hadari mengatakan, Science and Engineering Expedition 2012 ini merupakan ajang promosi seni budaya Indonesia di negeri tetangga. “Ini akan menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan kearifan lokal bangsa Indonesia di Negeri Jiran,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (10/4/2012).Menurut Ferry, Untan dan Unimas adalah dua perguruan tinggi yang telah bekerja sama dalam hal peningkatan kualitas keilmuan sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu program yang dilakukan adalah studi banding dan pertukaran pelajar.

…dst

22 ) Perbanas Institute Canangkan ISO 9001: 2008
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/10/311923/293/14/Perbanas-Institute-Canangkan-ISO-9001-2008

Selasa, 10 April 2012 22:59 WIB
JAKARTA–MICOM: Perbanas Institute mengumumkan penerapan ISO 9001: 2008, Selasa (10/4), sebagai upaya mengedepankan kualitas pelayanan. Diharapkan dengan standar mutu yang lebih baik itu menurut Rektor Perbanas Institute Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, dapat meningkatkan kualitas lembaga. “Kalau kita meningkatkan pelayanan kita, maka akan terjadi customer satisfaction,” jelas Marsudi di Jakarta, Selasa (10/4). Bagi Marsudi, penerapan standar tersebut dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa, orang tua, rekan kampus, alumni dan juga masyarakat. Penerapan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan nilai mahasiswa karena proses belajar mengajar yang lebih baik dan akreditasi program studi mereka juga meningkat.

…dst

23 ) Unisbank Gandeng PT Luar Negeri
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/11/182869/Unisbank-Gandeng-PT-Luar-Negeri

11 April 2012
SEMARANG- Universitas Stikubank (Unisbank) menggandeng beberapa lembaga pendidikan di luar negeri untuk menunjang pembelajaran di kampus tersebut. Lembaga pendidikan itu berasal dari Malaysia dan Singapura yang juga memiliki fakultas dan program studi seperti halnya di Unisbank. Perjanjian kerja sama dilakukan 2 April hingga 5 April 2012 di perguruan tinggi Malaysia dan Singapura, antara lain di Informatics (Singapura), Help University College (Kuala Lumpur, Malaysia), Universiti Utara Malaysia (UUM), dan Berjaya College. Rektor Unisbank Dr Bambang Suko Priyono MM mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah lembaga pendidikan itu, karena memiliki fakultas dan prodi sama, di antaranya di bidang teknik informasi, hukum, bahasa, dan ilmu budaya, teknik industri, serta pariwisata.

…dst

24 ) “Judicial Review” Digelar, Pemerintah Kerahkan Ahli
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/11/14524158/Judicial.Review.Digelar.Pemerintah.Kerahkan.Ahli

Rabu, 11 April 2012 | 14:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sidang judicial reviewRintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) kembali digelar, Rabu (11/4/2012), di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta. Rencananya, sidang hari ini akan mendengarkan keterangan saksi ahli dari Pemerintah terkait penyelenggaraan RSBI. Berbeda dari persidangan sebelumnya, perwakilan Pemerintah hari ini terlihat lebih komplet. Selain menghadirkan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar (Dirjen Dikdas), Suyanto, Pemerintah juga memboyong Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen), Hamid Muhammad, Direktur Pembinaan SD, Ibrahim Bafadal, serta Direktur Pemdinaan SMP, Didik Suhardi, dan lainnya.

…dst

25 ) Tak Sekadar Mengusulkan, Warisan Budaya Harus Dipelihara
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/245

04/09/2012

Jakarta – Empat warisan budaya Indonesia akan diusulkan masuk dalam daftar warisan dunia ke Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) oleh pemerintah. Keempat warisan tersebut adalah token dari Papua, musik dangdut, tenun Sumba, dan tari Bali. Meski warisan budaya Indonesia sangat banyak, namun tidak serta-merta bisa dicatatkan seluruhnya. “Tidak sekadar diusulkan warisan budaya tersebut. Ada persyaratan dari UNESCO, bahwa ada jaminan warisan tersebut terus dirawat,” tutur Menteri pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh saat ditemui wartawan di Gedung A Kemdikbud, Senin (9/04). Menteri Nuh menjelaskan, tujuan pengusulan pencatatan warisan itu adalah untuk melindungi warisan itu sendiri. Dalam mengajukan apakah warisan tersebut layak atau tidak untuk diakui dunia, pemerintah telah membentuk tim pengevaluasi. “Kalau tidak dievaluasi dulu kelayakannya, kan sayang sudah diajukan tapi di-drop lagi,” ucapnya.

…dst

26 ) Siapkan Sanksi bagi Daerah Boros Belanja Pegawai
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123827/Siapkan-Sanksi-bagi-Daerah-Boros-Belanja-Pegawai-

Rabu, 11 April 2012 , 07:07:00
JAKARTA – Alokasi APBD yang banyak tersedot untuk gaji pegawai sudah lama menjadi keprihatinan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Kementerian dengan slogan Melayani Masyarakat itu bahkan mengancam vonis keras kepada daerah yang APBD-nya didominasi untuk belanja pegawai. Ancaman vonis itu adalah, Kemen PAN-RB tahun ini tidak akan mengalokasikan CPNS baru bagi daerah-daerah yang boros membelanjakan APBD tanpa mempertimbangan pengeluaran untuk belanja pembangunan publik itu. “Kita memang berharap daerah jangan jor-joran membelanjakan APBD untuk gaji pegawai saja,” kata Wakil Menpan-RB Eko Prasojo, Selasa (10/4). Guru besar FISIP Universitas Indonesia itu mengatakan, pihaknya memiliki cara untuk mengatahui apakah APBD untuk gaji pegawai itu boros atau tidak. “Kita akan melihat juga melalui hasil anjab (analisis jabatan, red),” ujar dia. Jika nanti daerah yang alokasi belanja gaji pegawainya dominan, dan menunjukkan hasil anjab kekurangan beban kerja, maka telah terjadi pemborosan atau kelebihan pegawai. “Daerah dengan hasil anjab seperti ini, juga tidak bisa mendapatkan alokasi CPNS baru,” ujarnya.

..dst

27 ) Honorer Siluman Tanggung Jawab BKN
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123826/Honorer-Siluman-Tanggung-Jawab-BKN-

Rabu, 11 April 2012 , 06:33:00
JAKARTA – Keberadaan laporan tenaga honorer kategori 1/K1 (digaji APBN/APBN) siluman membuat resah. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar menyatakan, pembersihan tenaga honorer K1 siluman menjadi tanggung jawab BKN (Badan Kepegawaian Negara).Azwar menuturkan, pihaknya sudah memprediksi dalam masa uji publik sebelum pengangkatan honorer bakal diwarnai penolakan-penolakan. Penolakan ini diantaranya muncul dari suara masyarakat yang menemukan tenaga honorer jadi-jadian atau silumuan.”Lebih baik seperti ini, ramai di depan dulu,” kata Azwar usai mengikuti raker Komisi X DPR tentang Rancangan Undang-undang Pendidikan Tinggi, kemarin. Azwar menjelaskan sesuai dengan harapan presiden, pemerintah tidak ingin ada protes dari masyarakat setelah honorer diangkat dan disahkan menjadi CPNS.

…dst

28 ) Diajukan 91 Honorer, Lolos Semua
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123859/Diajukan-91-Honorer,-Lolos-Semua-

Rabu, 11 April 2012 , 12:12:00
PALUTA – Sejumlah daerah langsung mengumumkan daftar honorer kategori 1 (K1) yang telah diferifikasi oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Pengumuman ini untuk memberikan waktu bagi masyarakat untuk melakukan koreksi jika menemukan ada data honorer yang palsu alias siluman. Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta), Sumut, misalnya. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Paluta Mora Harahap menjelaskan, pihaknya sudah menerima daftar nominatif tenaga honorer kategori I yang memenuhi kriteria dari BKN Regional IV Sumatera Utara.

…dst

29 ) Sekilas dalam Negeri
Gempa
Gempa 8,9 SR Terjadi di Aceh & Sumut
UN 2012
UN Itu Gratis
407.875 Siswa Jakarta Ikut Ujian Nasional 2012
Naskah UN SMA Dibuat Lima Paket
Pengawas UN Tandatangani Pakta Kejujuran
Soal UN, Pemerintah Beri Contoh Membangkang
Honor Pengawas UN Rp32 Miliar
Pemda Jangan Tunda Penyaluran Dana BOS Ke Sekolah
Jelang UN, Siswa Malang Lakukan Penandatanganan Kejujuran
Kasus Nunun
Keterangan Saksi Kuatkan Kedekatan Nunun-Miranda
Saksi: Miranda Sering Ke Rumah Nunun
Nunun Nurbaetie Hadirkan Saksi Meringankan
BBM
Pemerintah Kembali akan Batasi Pemakaian Premium Mobil Pribadi
Pemerintah akan batasi pemakaian Premium mobil pribadi
Internet
Kemenkominfo: seluruh kecamatan tersambung internet
Pidato Bocor
Pidato SBY Bocor, Petinggi Demokrat Sibuk Bantah
Pidato SBY Bocor: Tolak Harga BBM Naik = Mau Jatuhkan Pemerintah
Tunjangan Hakim
Tunjangan Hakim Dicairkan
Kepala Daerah
Mendagri Resmi Berhentikan Empat Kepala Daerah 
Sekilas Luar Negeri
Irak
PBB: 613 Tewas di Irak Awal 2012
Libya
Sarkozy Dituduh Berencana Jual Nuklir ke Qaddafi
Sumber: utusan PBB dijadikan target ledakan di Libya timur
Iran
Ahmadinejad: Embargo tak Berpengaruh, Iran Miliki Banyak Uang 5.510 views
Iran Stop Ekspor Minyak ke Spanyol
Iran Ciptakan Sistem Radar Baru Bernama Thamen 
Iran Setop Ekspor Minyak ke Eropa Barat 3.884 views 
Iran Tangkap Otak Teroris yang Didukung Israel
Israel memproduksi senjata nuklir
Negara-negara “P5” meminta Iran tutup fasilitas nuklir
Suriah
Kofi Annan Rayu Iran Bujuk Suriah
Suriah Mulai Tarik Pasukan
Hillary Tuding Suriah Masih Bergejolak karena Rusia Lamban
China
China Palsukan Ijazah Kampus AS