1 ) Biaya Pendidikan
PTN Didorong Tingkatkan Kerja Sama
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/19551118/PTN.Didorong.Tingkatkan.Kerja.Sama

Rabu, 28 Maret 2012 | 19:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mendorong perguruan tinggi negeri (PTN) untuk mendapat tambahan dana dari kerja sama di bidang riset atau lainnya, serta hibah dari institusi lain. Jika mampu menambah dana dari cara ini, pemerintah akan memberi insentif atau tambahan bantuan dari anggaran yang sudah dialokasikan. Sebaliknya, PTN yang lebih memilih untuk mendapatkan tambahan dana dengan memungut biaya pendidikan yang tinggi dari mahasiswa, pemerintah melakukan disinsentif. Pemerintah justru mengurangi bantuan dana dari APBN untuk kampus tersebut. “Kontrol pada PTN untuk tidak membebani masyarakat dengan biaya kuliah yang tinggi tetap dilakukan pemerintah,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Rabu (28/3/2012) di Jakarta. Menurut Nuh, pemerintah lebih mendorong PTN untuk bisa menfaatkan sumber daya yang ada di kampus itu untuk mendapatkan tambahan dana. Pemerintah sendiri sudah membantu PTN hingga 70 persen.

…dst

2 ) Dana PTN Terancam Dipotong, Dilarang Tarik SPP Tinggi
http://www.jpnn.com/read/2012/03/29/122348/Dana-PTN-Terancam-Dipotong,-Dilarang-Tarik-SPP-Tinggi-

Kamis, 29 Maret 2012 , 06:40:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) mengancam akan memotong dana yang diberikan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jika menarik sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) yang tinggi bagi mahasiswa. Langkah tersebut merupakan salah satu sanksi yang diberikan kalau universitas melakukan komersialisasi atau privatisasi pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjelaskan, ada tiga sumber utama pendapatan sebuah universitas yaitu, subsidi pemerintah, mahasiswa melalui SPP, dan penelitian. Sudah ada model insentif dan disintensif bagi 61 PTN di lingkup Kemendikbud. Insentifnya adalah menambah dana subsidi, sedangkan disintensifnya mengurangi subsidi, terutama bagi kampus-kampus ternama dan banyak peminatnya. “Misalnya PTN menerima dana dari SPP sebesar Rp 110 miliar. Karena dinilai terlalu mahal SPP yang dipungut, maka kami akan potong penerimaan mereka.

…dst

3 ) Mendikbud Ancam Potong Subsidi-Bagi Perguruan Tinggi Negeri yang Tetap Menaikkan Biaya SPP
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481613/

Thursday, 29 March 2012
JAKARTA– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menandaskan, kebijakan larangan menaikkan biaya sumbangan pendidikan dan pembangunan (SPP) bagi perguruan tinggi negeri (PTN) wajib dilaksanakan. Mendikbud mengatakan, bagi PTN yang membandel dan tetap menaikkan biaya SPP,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memotong subsidi yang diberikan. Menurut Nuh, kebijakan disinsentif ini dilakukan terkait penerapan otonomi pendidikan yang banyak dikritisi oleh masyarakat, khususnya di PTN badan hukum milik negara (BHMN) yang populer di masyarakat,namun dapat menarik biaya tinggi dari calon mahasiswanya. Karena itu, jelas Nuh, Kemendikbud sudah menyiapkan model insentif dan disinsentif kepada 61 PTN yang terdaftar di Kemendikbud. Nuh mengatakan, pemerintah akan memotong insentif pendidikan jika penerimaan SPP di PTN tersebut naik. Mantan Rektor ITS ini menggambarkan,misalkan PTN tersebut menerima SPP Rp110 miliar, maka insentif akan dipotong Rp10 miliar.

…dst

4 ) Pinjaman Kuliah untuk Mahasiswa Bakal Dikembangkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/18520991/Pinjaman.Kuliah.untuk.Mahasiswa.Bakal.Dikembangkan

Rabu, 28 Maret 2012 | 18:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- DPR dan pemerintah dalam pembahasan Rancangan Undnag-undnag Perguruan Tinggi (RUU PT) menggagas dikembangkannya pinjaman dana pendidikan untuk mahasiswa. Pinjaman lunak untuk mahasiswa ini sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kendala biaya untuk menyelesaikan kuliah. Rully Chairul Azwar, anggota Panitia Kerja RUU PT Komisi X DPR, di Jakarta, Rabu (28/3/2012), mengatakan, jaminan bagi anak bangsa yang berpotensi akademik untuk mengenyam pendidikan tinggi harus diamankan. Bantuan pendanaan untuk mahasiswa yang terkendala finansial bisa datang dari pemerintah, perguruan tinggi, dan dunia usaha. “Dukungan bagi mahasiswa bisa dalam bentuk beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa tidak mampu, serta pinjaman dana penddidikan oleh pemerintah atau lembaga keuangan,” kata Rully. Yonny Koesmaryono, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengatakan, ide untuk menerapkan pinjaman dana bagi mahasiswa merupakan kebijakan yang baik. Negara-negara lain juga sudah melakukan, sehingga mahasiswa tidak kesulitan untuk mengakses dan menyelesaikan kuliah.

…dst

5 ) Konsep Pinjaman Dana untuk Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/21425773/Konsep.Pinjaman.Dana.untuk.Mahasiswa

Rabu, 28 Maret 2012 | 21:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pinjaman dana pendidikan untuk mahasiswa perlu dikembangkan dengan konsep memberi kembali (giving back) dan gotong royong. Hal ini untuk membuat mahasiswa yang telah menerima pinjaman bertanggung jawab mengembalikan pinjaman yang dibutuhkan untuk memberi kesempatan kuliah bagi anak-anak bangsa lainnya. Konsep seperti inilah yang diterapkan Putera Sampoerna Foundation, yang mengembangkan pinjaman lunak lewat Koperasi Siswa Bangsa. Dengan pinjaman ini, lulusan SMA/SMK yang berhasrat kuliah namun terkendala ekonomi, bisa mendapatkan pinjaman untuk membiayai kuliah hingga selesai. Mahasiswa membayar enam bulan setelah lulus kuliah dan memperoleh penghasilannya sendiri. Mahasiswa dapat berkontribusi dengan memberikan 20 persen dari gaji mereka dan disalurkan ke Koperasi Siswa Bangsa. Dana kontribusi ini akan digunakan untuk membiayai generasi siswa berikutnya untuk ke pendidikan tinggi.

…dst

6 ) UGM Luncurkan Mobil Listrik
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/03/28/m1la9f-ugm-luncurkan-mobil-listrik

Kamis, 29 Maret 2012 05:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA –Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan mobil listrik atau elektrik yang rendah emisi, Rabu (28/3). Mobil ini, merupakan pengembangan mobil rendah emisi sejak tahun 2011. Menurut Rektor UGM, Sudjarwadi, mobil ini akan dioperasikan di wilayah kampus. Hal tersebut, menurutnya menjadi sarana transportasi yang mempermudah perjalanan di kawasan kampus UGM. Mobil yang dikerjakan oleh Tim Semar UGM bersama mahasiswa ini memang tidak mengeluarkan emisi jika digunakan, namun, bukan berarti bebas dari emisi. Emisinya dipindah di pusat charge baterai, yaitu listrik. Kendaraan yang rencananya akan dibuat 4 prototipe di UGM ini, lebih diperuntukkan bagi orang yang memiliki kekurangan kesehatan. “Nanti yang dapat mengakses, yang sudah lansia, penderita difabel serta kekurangan kesehatan lainnya,” kata Sudjarwadi saat ditemui wartawan, Rabu (28/3).

…dst

7 ) Sapu Angin 6 Tempuh 2.000 Km per Liter
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/29/08452539/Sapu.Angin.6.Tempuh.2.000.Km.per.Liter.

Kamis, 29 Maret 2012 | 08:45 WIB
URABAYA, KOMPAS.com — Tim Sapu AnginInstitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, siap mengirim mobil kreasinya untuk berlaga dalam Shell Eco Marathon Asia (SEM) 2012 di Malaysia Juli mendatang. Tim ini akan membawa mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, yakni Sapu Angin 6 dan Sapu Angin 7. Wawan Aries Widodo, pembina tim mobil Sapu Angin 7 menuturkan, lomba di sirkuit Sepang, Malaysia, itu ditujukan untuk mendapatkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar secara efisien. “Kami berupaya mengejar target penggunaan bahan bakar seefisien mungkin,” katanya.

…dst

8 ) ITS Luncurkan Mobil Sapu Angin 6 dan 7
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/20470871/ITS.Luncurkan.Mobil.Sapu.Angin.6.dan.7

Rabu, 28 Maret 2012 | 20:47 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) meluncurkan Mobil Sapu Angin 6 dan 7, Rabu (28/3/2012).
Mobil buatan mahasiswa jurusan Teknik Mesin ITS tersebut disiapkan untuk kompetisi Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2012 di Sepang, Malaysia, yang rencananya akan digelar Juli mendatang. Mobil Sapu Angin 6 akan berlaga di kelas prototipe berbahan bakar bensin. Sedangkan Sapu Angin 7 akan turun di kelas Urban Concept dengan mesin diesel yang berbahan bakar biofuel. “Prestasi yang membanggakan sangat kami harapkan dari kedua mobil tersebut, melebihi prestasi yang pernah diukir sebelumnya,” kata Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS Bambang Pramujati, Rabu (28/3/2012). Pihaknya mengapresiasi event SEM Asia tersebut karena sangat baik untuk mengaplikasikan teori mahasiwa dalam pembuatan mobil ramah lingkungan. Yang lebih penting, kata dia, karya mahasiswa ITS tersebut diharapkan dapat menginspirasi semua pihak dalam hal penggunaan kendaraan yang menggunakan energi alternatif, di tengah semakin tingginya harga BBM.

…dst

9 ) Bantu Publikasi Karya Ilmiah, Unnes Berbagi Server
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/28/373/601327/bantu-publikasi-karya-ilmiah-unnes-berbagi-server

Rabu, 28 Maret 2012 16:52 wib
JAKARTA – Menghadapi program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) terkait publikasi jurnal ilmiah, Universitas Negeri Semarang (Unnes) siap berbagi server dengan perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) se-Jawa Tengah. Menurut Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo, hal ini bertujuan untuk mempermudah publikasi karya ilmiah bagi universitas lain. “Ini untuk memberi kemudahan bagi yang terkendala server dalam menampung dan mempublikasikan karya ilmiah, terkait dengan pelaksanaan kebijakan Dirjen Dikti melalui surat edaran nomor 152/E/T/2012 sebagai syarat kelulusan mahasiswa,” kata Sudijono seperti dikutip dari laman Unnes, Rabu (28/3/2012). Sudijono menyebutkan, setiap kampus dapat menggunakan server Unnes tanpa dibatasi batas penyimpanannya. “Silakan gunakan server Unnes ini dengan gratis dan tidak dibatasi berapa pun penggunaan kapasitas penyimpanannya, karena apapun yang dimiliki Unnes pada hakikatnya adalah milik negara. Mari kita gunakan bersama,” tuturnya.

…dst

10 ) Ini Solusi Para Dosen Hadapi Kenaikan BBM
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/28/373/601415/ini-solusi-para-dosen-hadapi-kenaikan-bbm

Rabu, 28 Maret 2012 18:09 wib
JAKARTA – Beragam aksi demonstrasi marak terjadi di berbagai daerah menjelang penetapan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Menyikapi dengan berbeda, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, justru menggelar acara diskusi. Acara bertajuk “Urun Rembug Nasional, Mengantisipasi Dampak Kenaikan Harga BBM Untuk Kelangsungan Bangsa Indonesia” tersebut merupakan besutan Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad. Bertempat di Gedung Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor, diskusi ini menghadirkan lima pembicara yang berasal dari kalangan akademisi. Mereka adalah dua dosen FISIP Unpad Teuku Rezasyah dan Rizki Ananda Ramadhan, dosen Fakultas Hukum Unpad Dewi Kania, dosen jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan (ESP) Unpad Kodrat Wibowo, serta Ludiro Madu selaku Director of Diplomacy Department, sekaligus dosen di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

…dst

11 ) Mahasiswa Minta Kemendikbud Bentuk Kopertis di Aceh
http://aceh.tribunnews.com/2012/03/28/mahasiswa-minta-kemendikbud-bentuk-kopertis-di-aceh

Rabu, 28 Maret 2012 12:05 WIB
LHOKSUKON – Mahasiswa meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk membentuk Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) di Aceh. Tujuannya, untuk memudahkan kampus-kampus swasta di Aceh berkoordinasi dalam pengembangan kampus dengan Kopertis. Karena, selama ini Aceh tunduk ke Kopertis di Sumatera Utara.
Hal itu terangkum dalam rekomendasi pertemuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Aceh yang berlangsung di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, 25-27 Maret 2012. Rekomendasi lainnya, mahasiswa mendesak Pemerintah Aceh untuk merancang sistem pendidikan yang berbasis agama, adat, dan potensi daerah.

…dst

12 ) UI Sambut Baik Pemeriksaan KPK
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/29/063393233/UI-Sambut-Baik-Pemeriksaan-KPK

KAMIS, 29 MARET 2012 | 07:02 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: Universitas Indonesia menyambut baik dan terbuka bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk membuktikan sejumlah dugaan kasus korupsi di lembaga pendidikan itu. “Ini sangat positif, KPK memang berhak memeriksanya,” kata Juru Bicara UI, Siane Indriani, Rabu, 28 Maret 2012.Siane menyatakan UI sudah memberikan laporan mengenai hasil audit pada sejumlah proyek yang diduga ada tindak korupsi. Ia juga mengklaim UI sudah mulai melakukan beberapa rekomendasi yang diajukan BPK terkait dengan penyelidikan di universitas tersebut. “Silakan saja, kami siap mendukung pemeriksaan dan penyelidikan,” kata Siane yang baru dilantik menjadi juru bicara UI sejak tiga minggu lalu. Terkait dengan dugaan praktek korupsi, Siane menyatakan UI sangat mengharapkan KPK dan BPK mampu membuktikan semua dugaan itu. Berita-berita dugaan korupsi, menurut dia, merugikan UI karena membentuk suatu opini yang menyebar di masyarakat.

…dst

13 ) KPK Segera Selidik Kasus Korupsi Rektor UI
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/29/063393230/KPK-Segera-Selidik-Kasus-Korupsi-Rektor-UI

KAMIS, 29 MARET 2012 | 06:41 WIB
TEMPO.CO , Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi berjanji segera menyelidik kasus korupsi yang diduga melibatkan Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Soemantri. Janji itu diungkapkan pimpinan lembaga antikorupsi kepada Sivitas Akademika UI yang mempertanyakan kasus tersebut kepadanya di kantor KPK, Rabu, 28 Maret 2012. “Pimpinan KPK bilang ini hanya masalah waktu saja,” ujar Taufik Bahauddin, Ketua Kajian dan Pengembangan Soft Competency Fakultas Ekonomi UI, seusai menggelar pertemuan tertutup dengan pimpinan KPK. Taufik Bahauddin mengatakan kalau melihat ketegasan KPK itu, ia yakin penyelidikan kasus ini bakal dimulai April mendatang. “Mari kita semua berdoa semoga terwujud,” ujarnya.

…dst

14 ) Guru Besar UI Tanya Tindak Lanjut Kasus Dugaan Korupsi Rektor UI ke KPK
http://news.detik.com/read/2012/03/28/170809/1879244/10/guru-besar-ui-tanya-tindak-lanjut-kasus-dugaan-korupsi-rektor-ui-ke-kpk

Rabu, 28/03/2012 17:08 WIB
Jakarta Sejumlah guru besar Universitas Indonesia kembali mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka berniat menanyakan tindak lanjut penanganan aduan mengenai dugaan penyelewengan pengelolaan keuangan di UI. “Kami ingin tanyakan bagaimana sikap KPK atas temuan BPK. Kita kesini menanyakan, mendesak dan minta penjelasan,” kata Dekan Fakultas Kedokteran UI, Ratna Sitompul di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (28/3/2012). Berdasarkan laporan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK tertanggal 20 Desember 2011 atas pengadaan barang dan jasa tahun anggaran 2008-2010 UI, terdapat tiga permasalahan dalam pengelolaan keuangan yang terjadi di UI. Pertama, pembangunan rumah sakit UI Depok. Kedua bangun guna serah tanah di Jalan Pengangsaan Timur Nomor 17 dan ketiga, kerugian keuangan negara akibat buruknya pengelolaan pengadaan barang dan jasa.

…dst

15 ) Jerman Jadi Pilihan Favorit Mahasiswa Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/28/m1lt0o-jerman-jadi-pilihan-favorit-mahasiswa-indonesia

Kamis, 29 Maret 2012 00:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jerman merupakan tujuan favorit pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berminat belajar ke luar negeri, dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa. Hal ini disampaikan Direktur Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD), Irene Jansen, di Jakarta, Rabu (28/3). “Jerman berada urutan kelima, tapi yang teratas di antara negara-negara lain di Eropa,” kata Jansen. Berdasarkan data pendidikan global UNESCO 2011, Australia berada di peringkat teratas sebagai negara tujuan pendidikan luar negeri mahasiswa Indonesia dengan jumlah 10.205 orang, Amerika Serikat di urutan kedua (7.386), Malaysia di urutan ketiga (7.325), Jepang di posisi keempat dan (1.788) dan Jerman di urutan kelima (1.546). Biaya pendidikan yang relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa, kata dia, merupakan pertimbangan mahasiswa memilih pendidikan di Jerman. Sekitar 90 persen universitas di Jerman merupakan universitas milik pemerintah yang dana pendidikannya berasal dari pajak masyarakat.

…dst

16 ) Mahasiswa IPB diajak majukan bangsa melalui FFI
http://www.antaranews.com/berita/303658/mahasiswa-ipb-diajak-majukan-bangsa-melalui-ffi

Rabu, 28 Maret 2012 23:37 WIB
Bogor (ANTARA News) – Forum for Indonesia mengajak mahasiswa Institut Pertanian Bogor memajukan bangsa melalui wadah forum tersebut. “Forum ini merupakan kumpulan kaum intelektual muda yang terdiri atas mahasiswa yang ingin memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa sehingga memberikan dampak positif ke masyarakat,” kata National Chairman Forum for Indonesia (FFI) Ghufron Mustaqim dalam pernyataan yang dikeluarkan Humas IPB di Bogor, Rabu. Ia menjelaskan bahwa FFI berdiri pada bulan Maret 2011, dan sampai saat ini sudah ada 11 cabang di seluruh Indonesia dengan anggota 120 peserta. Ditegaskannya lagi bahwa kedatangannya ke IPB adalah ingin mengajak mahasiswa-mahasiswa IPB menyatukan persepsi dan tujuan demi kemajuan bangsa melalui wadah FFI. “Kami harus menjadi pemuda-pemuda yang lebih baik, untuk membentuk negara yang lebih baik ditahun tahun mendatang, ” katanya. Menurut Ghufron, FFI ini tidak ada motif politik atau pun mencari keuntungan, kecuali hanya ingin menggabungkan aspirasi pemuda untuk memajukan bangsa seperti halnya terjadinya Sumpah Pemuda, di mana pemuda saat itu semua mempunyai tujuan dan keinginan yang sama.

…dst

17 ) Menuju 47 Tahun Unnes
Ruang RektorTak Ber-AC Lagi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/29/181651/Ruang-RektorTak-Ber-AC-Lagi

29 Maret 2012
TANGGAL 30 Maret 2012 Universitas Negeri Semarang (Unnes) genap berusia 47 tahun. Usia yang tak muda lagi. Lembaga yang dikenal sebagai pencetak para pendidik ini belakangan lebih populer sebagai universitas konservasi. Sejak dideklarasikan 12 Maret 2010, kata konservasi memang identik dengan Unnes. Bukan hanya karena sosialisasi yang intens, tapi karena spirit konservasi tampaknya menjadi laku hidup warga universitas itu. Secara kasat mata, kampus di Sekaran kini ijo royo-royo. Pepohonan meneduhi hampir setiap sudut kampus seluas 125 hektare lebih itu.Meski demikian, Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo wanti-wanti, sebagai Universitas Konservasi, Unnes tak mau terjebak pada hal-hal yang tampak saja. Konservasi juga berkembang menjadi “isme” yang membimbing civitas academica memainkan perannya.

…dst

18 ) Mahasiswa Unsoed Masuk Tim Ekspedisi Khatulistiwa
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/28/373/601458/mahasiswa-unsoed-masuk-tim-ekspedisi-khatulistiwa

Rabu, 28 Maret 2012 19:02 wib
JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mengukir prestasi gemilang. Dia adalah M Hairul Amin yang menjadi satu-satunya wakil mahasiswa Biologi di Indonesia melakukan Ekspedisi Khatulistiwa. Bersama lebih dari 1.000 orang yang berasal dari berbagai bidang ilmu dan keahlian, Amin terlibat dalam ekspedisi yang berlokasi di Kalimantan. Ekspedisi yang digagas oleh Komando Pasukan Khusus TNI AD ini mengambil tema, Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia. Pembantu Dekan III Agus Nuryanto menyatakan dukungannya terhadap prestasi yang diraih Amin. “Sebagai seorang biolog sudah kewajiban kita untuk berperan serta dalam segala kegiatan yang benafaskan konservasi,” ujar Agus seperti dikutip dari laman Unnes, Rabu (28/3/2012).

…dst

19 ) Roket R-HAN 122 Tembus Jarak 15 Kilometer
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481632/

Thursday, 29 March 2012
BATURAJA – Kementerian Pertahanan (Kemhan) berhasil melakukan uji coba peluncuran roket R-HAN 122.Roket seharga Rp26 juta itu merupakan hasil produksi dalam negeri antara Kemhan, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), PT Pindad,PT Dahana, PT DI, dan PT Krakatau Steel. Uji coba roket yang akan menjadi andalan TNI itu dilakukan di Pusat Pelatihan Tempur (Puslatpur) dan Diklat TNI AD di Kemelak, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, kemarin. Uji coba roket berkaliber 122 mm dengan daya jangkau 11–15 km tersebut langsung dipimpin Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin. Sjafrie mengungkapkan, hasil uji coba roket R-HAN 122 sangat menggembirakan.

…dst

20 ) Perguruan Tinggi dan Mahasiswa Hadapi Masa Suram
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/28/373/601467/perguruan-tinggi-dan-mahasiswa-hadapi-masa-suram

Kamis, 29 Maret 2012 08:02 wib
BIAYA untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi semakin sulit untuk dijangkau. Hal ini terkuak dalam sebuah laporan yang disusun oleh Alex Usher dan Pam Marcucci dari konsultan Kanada, Asosiasi Strategi Pendidikan Tinggi (HESA). Laporan bertajuk Perubahan Global dalam Kebijakan Biaya Pendidikan dan Bantuan untuk Mahasiswa ini menganalisa data dari negara Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD). Laporan yang menganalisa perguruan tinggi negeri di 40 negara OECD itu menyatakan, pada tahun akademik 2011-2012, anggaran pemerintah untuk mendukung pendidikan tinggi terus menurun di tengah kondisi inflasi. Sementara bantuan keuangan untuk mahasiswa tidak ada perubahan atau malah menurun. Diperkirakan, pada tahun akademik mendatang, kondisi pendidikan tinggi semakin suram mengingat krisis utang di Eropa. Laporan menyebutkan, yang dimaksud dengan “keterjangkauan” adalah perubahan biaya pendidikan disesuaikan dengan perubahan bantuan keuangan untuk mahasiswa.

…dst

21 ) Peneliti Banten ciptakan mesin berbahan bakar air
http://www.antaranews.com/berita/303607/peneliti-banten-ciptakan-mesin-berbahan-bakar-air

Rabu, 28 Maret 2012 17:18 WIB
Tangerang (ANTARA News) – Peniliti yang tergabung dalam Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia (PATI) Wilayah Provinsi Banten berhasil menciptakan mesin perahu berbahan bakar air yang bisa mengurangi ongkos melaut para nelayan. “Mesin tersebut dapat mengurangi pemakaian bensin para nelayan hingga mencapai delapan puluh persen,” kata Ketua Umum PATI Wilayah Provinsi Banten, Lili Romli, di kantornya di Graha Telkom Serpong, Rabu. Ia mengatakan, mesin tersebut dinamai Eco Power Buster (EPB) yang dibuat oleh peneliti muda, Ajat Sudrajat asal Universitas Nasional. Bila biasanya para nelayan mengeluarkan uang sebesar Rp600 ribu per hari untuk kebutuhan membeli bahan bakar minyak, maka dengan mesin EPB pengeluaran bisa dikurangi. Mesin itu untuk menghidupkannya tetap menggunakan bahan bakar minyak, namun untuk selanjutnya bisa menggunakan air sebagai sumber energi.

…dst

22 ) Peneliti: pohon jambu bisa berbuah cengkeh
http://www.antaranews.com/berita/303594/peneliti-pohon-jambu-bisa-berbuah-cengkeh

Rabu, 28 Maret 2012 16:13 WIB
Padang (ANTARA News) – Pohon jambu dengan pucuk cengkeh berhasil dipersatukan sehingga memproduksi buah cengkeh, demikian hasil penelitian dari Kantor Ketahanan Pangan Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Rasmi R, S.St. M.Si. “Tekhnologinya cukup sederhana, antara lain jambu yang sudah relatif besar dipotong dahannya, setelah bertunas muda langsung disambungkan dengan pucuk cengkeh. Setelah 21 hari entris akan menyatu, maka akan muncul sebatang cengkeh yang siap berbuah cengkeh,” kata Rasmi R, di Padang, Rabu. Menurut dia, penyambungan pohon jambu –yang dimanfaatkan sebagai batang bawah– itu dengan pucuk cengkeh, nantinya akan memproduksi cengkeh tanpa repot-repot menanam dari awal. Sedangkan buah cengkeh sendiri, katanya, bernilai komersial karena merupakan salah satu komoditas non migas berskala ekspor ketimbang buah jambu. “Cengkeh atau `eugenia aromatica` merupakan tanaman yang berasal dari pulau Zanzibar ini pernah menjadi primadona pada hasil perkebunan di Indonesia,” katanya, namun kini pamor cengkeh relatif menurun lebih disebabkan oleh monopoli tataniaga, kuota dan serangan hama atau penyakit tanaman.

…dst

23 ) Lowongan PNS tahun ini 62.500 orang
http://www.antaranews.com/berita/303375/lowongan-pns-tahun-ini-62500-orang

Selasa, 27 Maret 2012 15:50 WIB
Pekanbaru (ANTARA News) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Azwar Abubakar mengatakan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2012 mencapai sekitar 62.500 orang. Azwar Abubakar usai Rakor Sosialisasi Birokrasi pada Pemda Regional I, di Pekanbaru, Selasa, mengatakan jumlah tersebut merupakan sebagian dari kebutuhan pemerintah untuk mengganti sebanyak 125.000 pegawai yang pensiun pada tahun ini. “Tahun 2012 ada sebanyak 125 ribu pegawai yang pensiun dan untuk memenuhi kebutuhan setengahnya dari penerimaan reguler,” katanya. Untuk alokasi formasi CPNS, lanjut dia, pemerintah akan berpedoman pada peta jabatan yang diajukan dari tiap daerah. Karena itu, daerah yang tidak mengirimkan jumlah kebutuhan pegawai tidak akan mendapatkan kuota pada formasi penerimaan CPNS tahun ini. “Batas waktu sampai dua bulan lagi untuk pemerintah daerah mengirimkan peta jabatan sesuai kebutuhan,” katanya.

…dst

24 ) Wartawan wajib ikuti uji kompetensi
http://www.antaranews.com/berita/303626/wartawan-wajib-ikuti-uji-kompetensi

Rabu, 28 Maret 2012 19:54 WIB
Bengkulu (ANTARA News) – Kalangan wartawan Indonesia diwajibkan mengikuti uji kompentensi guna sertifikasi profesi bidang kewartawanan dalam upaya meningkatkan sumberdaya manusia media.”Sertifikasi wartawan ini bertujuan meningkatkan SDM wartawan itu sendiri agar bisa menjadi wartawan yang profesional sehingga tidak kalah dengan kalangan warga jurnalis yang saat ini mulai bermunculan,” kata Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA, M Saiful Hadi, usai acara sertijab Kabiro ANTARA Bengkulu, di Bengkulu, Rabu. Sertifikasi wartawan tersebut kata dia bukan untuk membatasi atau membedakan antara satu wartawan dengan wartawan lainnya, karena belakangan ini untuk menyandang gelar sebagai wartawan sangat mudah dan gratis serta dapat dilakukan oleh siapa saja, sehingga perlu dilakukan sertifikasi wartawan. Untuk itu dia mengingatkan kalangan wartawan di Tanah Air agar dapat mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga kewartawanan di daerah masing-masing, sehingga dapat mengasah dan menguji kemampuan mereka guna bersaing dengan wartawan lainnya seiring dengan beralihnya trend pembaca belakangan ini dari media fisik ke jejaring sosial dan media internet.

…dst

25 ) Kapolres se-Indonesia gelar telekonferensi pengamanan demonstrasi
http://www.antaranews.com/berita/303675/kapolres-se-indonesia-gelar-telekonferensi-pengamanan-demonstrasi

Kamis, 29 Maret 2012 03:51 WIB |
Sampang, Jawa Timur (ANTARA News) – Kapolres di seluruh Indonesia menggelar telekonferensi, terkait pengamanan demonstrasi menolak rencana kenaikan BBM bersubsidi.”Telekonferensi mengevaluasi pengamanan BBM itu dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Timur Pradopo,” kata Kepala Bagian Operasional Polres Sampang, Kompol Danuri, Rabu malam. Selain membahas evaluasi pengamanan terkait isu BBM, dalam telekonfrensi antara Kapolri dengan para Kapolres dan Kepala Satuan di se-Indonesia itu, juga membahas perkembangan situasi terkini di masing-masing daerah. Danuri menjelaskan, dalam telekonferensi itu, Kapolri berpesan kepada petugas kepolisian di masing-masing daerah agar dalam melaksanakan tugas pengamanan, tetap memperhatikan prosedur yang telah ditetapkan. “Kapolri mewanti-wanti agar dalam menjalankan tugas polisi tidak emosional dan terpancing emosi massa,” kata Danuri.Selain pengamanan unjuk rasa menolak rencana kenaikan BBM, yang juga menjadi perhatian Kapolri ialah upaya memberantas peredaran narkoba di tanah air.

…dst

26 ) Polda Metro Perkirakan 5.500 Orang Geruduk Istana & DPR
http://news.detik.com/read/2012/03/29/090736/1879649/10/polda-metro-perkirakan-5500-orang-geruduk-istana-dpr?n991102605

Kamis, 29/03/2012 09:07 WIB
Jakarta Demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) saat ini masih dilakukan. Polda Metro Jaya memperkirakan pada hari ini sekitar 5.500 orang akan menggeruduk Istana Merdeka dan Gedung DPR. “Diperkirakan pendemo di Istana 2.500 orang dan di DPR 3.000 orang. Diharapkan tidak bertambah lagi,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, saat dihubungo detikcom, Kamis (29/3/2012).
Dikatakan dia, massa pendemo didominasi buruh dan dari Hitzbut Tahrir Indonesia (HTI). Untuk memfasilitasi demo dan menjaga aktivitas masyarakat, polisi menurunkan sejumlah personel seperti biasa. Penjagaan demo disiagakan hingga 5 April 2012. “Seperti kemarin, sekitar 22 ribu personel,” imbuh Rikwanto.

…dst

27 ) Gelar Pasar Murah, Dahlan Blusukan Kampung
http://www.jpnn.com/read/2012/03/29/122340/Gelar-Pasar-Murah,-Dahlan-Blusukan-Kampung-

Kamis, 29 Maret 2012 , 05:27:00
JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuktikan janjinya untuk ikut meringankan beban masyarakat tidak mampu terkait rencana kenaikan harga BBM. Meski harga BBM belum dinaikkan, kementerian tersebut sudah mulai menggelar operasi pasar murah. Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, pasar murah tersebut merupakan bagian dari kontribusi BUMN untuk membantu warga yang kurang mampu. “Semacam CSR (corporate social responsibility, Red) nya BUMN lah,” ujarnya saat mengunjungi pasar murah di Tanah Tinggi, Senen, Jakarta Pusat, kemarin (28/3). Dalam pasar murah tersebut, Kementerian BUMN membagikan total 50 ton beras dan 5.000 dus mi instant. Sembako tersebut dibagi dalam 10.000 paket masing-masing berisi 5 kilogram beras dan 20 mi instan. Menurut Dahlan, selain pasar murah di Tanah Tinggi, Kementerian BUMN juga akan mengkoordinir seluruh BUMN untuk mengadakan pasar murah di seluruh Indonesia. “Jadi, nanti akan banyak pasar murah di tempat-tenpat lain,” katanya.

…dst

28 ) Operasi Cangkok Wajah Ekstensif Sukses
http://www.pikiran-rakyat.com/node/182400

Kamis, 29/03/2012 – 05:36
MARYLAND, (PRLM).- Dokter di AS berhasil melakukan apa yang mereka sebut pencangkokan wajah paling ekstensif dan rumit yang pernah terjadi. Operasi dilakukan di Universitas Maryland yang memberi total wajah baru untuk Richard Norris termasuk rahang, gigi, dan lidah. Pria berusia 37 tahun itu hidup mengasingkan diri selama 15 tahun terakhir setelah mengalami luka-luka berat dalam sebuah kecelakaan senjata. Ia selalu mengenakan topeng setiap keluar rumah. Operasi itu dibiayai oleh Angkatan Laut AS yang berharap teknik serupa akan bisa diterapkan untuk korban dari perang Irak dan Afghanistan. Ahli bedah yang melakukan operasi selama 36 jam non-stop mengatakan pencangkokan itu bagian dari operasi lebih besar lagi yang menghabiskan waktu 72 jam, menggunakan organ dari lima pasien lain. Norris kehilangan bibir dan hidung dalam kecelakaan itu dan hanya bisa sedikit menggerakkan mulutnya. Ketua tim dokter bedah mengatakan Norris akan sekarang bisa hidup normal.

…dst

Sekilas luar negeri