1 ) Curang, 30 SMA Didepak Jalur Undangan SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/22/373/598030/curang-30-sma-didepak-jalur-undangan-snmptn

Kamis, 22 Maret 2012 13:19 wib
JAKARTA – Hingga usai masa pendaftaran, tercatat sedikitnya 30 sekolah terindikasi curang pada Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012. Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Jalur Undangan Sugeng P Harianto menyatakan, panitia SNMPTN telah mendiskualifikasi sekolah-sekolah yang terindikasi curang tersebut. Panitia, kata rektor Universitas Lampung (Unila) itu, tidak akan memproses data mereka dalam SNMPTN undangan tahun ini.”Semua rektor, termasuk Unila, menolak data dari sekolah yang selama proses pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan terpantau mengutak-atik data siswa mereka. Sekolah mereka akan kami blacklist. Paling tidak untuk dua tahun mendatang,” kata Sugeng seperti dinukil dari situs Unila, Kamis (22/3/2012).

…dst

2 ) Penghapusan Ujian Tulis SNMPTN Belum Final
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/22/373/598028/penghapusan-ujian-tulis-snmptn-belum-final

Kamis, 22 Maret 2012 14:16 wib
JAKARTA – Wacana penghapusan Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menimbulkan kontroversi dan meresahkan banyak pihak. Meski demikian, rencana yang akan diterapkan pada 2013 ini belum final. Pasalnya, menurut Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Jalur Undangan Sugeng P Harianto, saat ini para rektor perguruan tinggi negeri (PTN) tengah mengkaji konsep integrasi SNMPTN dengan ujian nasional (UN) tersebut. Rektor Universitas Lampung (Unila) ini mengimbuhkan, kajian yang dilakukan para rektor sesuai dengan instruksi Majelis Rektor PTN Indonesia. “Hal itu ditujukan untuk mengetahui apakah hasil ujian nasional berbanding lurus dengan hasil SNMPTN tulis yang selama ini diselenggarakan,” kata Sugeng seperti dikutip dari situs Unila, Kamis (22/3/2012).

…dst

3 ) Kemendikbud Diminta Tambah Kuota Bidik Misi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480048/

Friday, 23 March 2012
BANDUNG – Perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Barat menyambut baik rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan mengeluarkan beasiswa Bidik Misi untuk mahasiswa PTS pada 2013.Namun demikian,beberapa PTS mengharapkan jumlah kuotanya ditingkatkan.Dalam agendanya, Kemendikbud akan mengalokasikan beasiswa Bidik Misi kepada PTS dengan kuota 2.000 mahasiswa.Beasiswa tersebut rencananya hanya disalurkan bagi mahasiswa tidak mampu dan berasal dari programstudi unggulan atau terakreditasi. “Dengan jumlah 2.000 memang sangatlah kurang jika dibandingkan jumlah mahasiswa setiap PTS.Kami berharap, pemerintah dapat menambahkuotanya,” ucap Wakil Pembantu Rektor I Universitas Islam Bandung (Unisba) Edi Setiadi, kemarin. Terkait dengan penentuan hanya program studi (prodi) akreditasi yang memperoleh beasiswa Bidik Misi,Edi mengaku, pihaknya menanggapi positif. “Kebijakan itu sangat baik karena menggenjot semangat semua prodi untuk terus meningkatkan kualitasnya,” ujar Edi.

…dst

4 ) Antasena, Mobil Baru Besutan ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/22/372/597979/antasena-mobil-baru-besutan-its

Kamis, 22 Maret 2012 13:11 wib
JAKARTA – Siap berlaga dengan Sapu Angin 6&7 pada ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2012 mendatang, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ternyata juga memiliki jagoan baru. Saat ini mereka tengah mempersiapkan mobil hemat energi berbahan bakar air yang mereka namai Antasena. Tim Antasena yang merupakan mahasiswa dari Jurusan Teknik Material dan Metalurgi, serta Teknik Mesin dan Mekatronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) itu optimistis, Antasena akan menjuarai kompetisi tingkat dunia. Penanggung jawab Antasena, Achmad Fachrudiin menyatakan, ide penggarapan mobil mungil itu bermula dari pembatasan kendaraan penyebab macet dan polusi udara di Indonesia. “Konsep Antasena sebagai mobil hemat energi telah ada sejak tahun lalu,” kata Fachruddin seperti dinukil dari laman ITS, Kamis (22/3/2012).

…dst

5 ) Perguruan Tinggi Negeri Rancang Mobil Nasional Listrik
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/310
03/21/2012
Jakarta – Untuk meminimalisir penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada kendaraan, pemerintah berencana membuat mobil nasional (mobnas) bertenaga listrik. Pembuatan mobnas listrik tersebut akan melibatkan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pada Senin (19/3) lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso, dan empat rektor PTN mengadakan pertemuan dengan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara untuk membahas rencana mobnas listrik. Empat PTN tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Mendikbud M. Nuh mengatakan, UI, ITB, UGM dan ITS dipilih karena empat PTN itu sudah memiliki riset-riset awal tentang mobil listrik. Ia juga menjelaskan alasan dirancangnya mobil listrik. Meski tarif dasar listrik bisa naik menyusul kenaikan harga BBM, efisiensi internal motor listrik jauh lebih tinggi daripada efisiensi motor dengan bahan bakar.

…dst

6 ) Terpilih sebagai Rektor UGM, Pratikno Langsung Temui Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/22/16095868/Terpilih.sebagai.Rektor.UGM.Pratikno.Langsung.Temui.Mahasiswa.

Kamis, 22 Maret 2012 | 16:09 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Begitu dinyatakan menang dalam pemilihan Rektor Universitas Gajah Mada, Kamis (22/3/2012), Prof Dr Pratikno langsung menemui puluhan mahasiswa yang berunjuk rasa di Balairung, Gedung Pusat UGM. Kepada mahasiswa yang meminta berorasi, Pratikno menyatakan senang karena mendapatkan kepercayaan dari MWA yang telah memilihnya menjadi Rektor. “Terima kasih kepada rekan mahasiswa telah mendukung dan mengawal proses pemilihan rektor ini dengan baik,” kata Pratikno. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ini berjanji akan mengawal proses demokratisasi dan menjadikan UGM rujukan bagi kemajuan bangsa. “Di sinilah tempat merujuk segala bidang ilmu,” ujarnya.

…dst

7 ) Pratikno Terpilih Jadi Nahkoda Baru UGM
http://www.pikiran-rakyat.com/node/181687

Kamis, 22/03/2012 – 15:53
YOGYAKARTA,(PRLM).-Prof. Dr. Pratikno terpilih sebagai nahkoda baru Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta periode 2012-2017. Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik UGM tersebut meraih 26 dari 32 suara dalam pemilihan rektor tahap ketiga di Balai Senat UGM, Kamis (22/3). Dua pesaingnya, Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo (Dekan Fakultas Hukum UGM) hanya meraih lima suara dan Prof. Danang Parikesit (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat/LPPM) meraih satu suara. Guru besar ilmu politik kelahiran Bojonegoro, 13 Februari,1962 akan dilantik sebagai rektor UGM pada 28 Mei menggantikan pejabat lama, Pro. Dr. Sudjarwadi. Terpilihnya Praktikno sebagai pimpinan UGM sudah diduga banyak pihak sejak proses pemilihan rektor tahap pertama. Dari tujuh calon yang mengikuti pemilihan tahap pertama, dia meraih 146 suara atau terbanyak dari calon peraih suara terbanyak. Dia meraih suara tertinggi lagi pada pemilihan tahap kedua Perolehan suaranya meningkat lagi pada pemilihan tahap kedua menjadi 172 suara.

…dst

8 ) Juru Bicara UI: “Driving Range” Ada dalam “Masterplan”!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/22/15291379/Juru.Bicara.UI.Driving.Range.Ada.dalam.Masterplan.

Kamis, 22 Maret 2012 | 15:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rektorat Universitas Indonesia tampaknya memang telah siap membabat rindang dan teduh hutan kampusnya demi pembangunan driving range. Rencananya, pembangunan sarana berlatih golf untuk pemula ini diperuntukkan guna menyambut tamu internasional yang akan berlaga dalam olimpiade universitas tingkat Asia. Driving range tersebut juga ditujukan untuk melengkapi fasilitas olahraga agar mampu menampung seluruh kegiatan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang jumlahnya cenderung meningkat. Saat ini, pembangunan telah selesai 100 persen, termasuk di dalamnya terdapat kolam renang berskala olimpiade dan ruang serbaguna, lapangan tenis dan basket, serta ruang pertemuan.

…dst

9 ) SPP Naik, Mahasiswa UNY Demo
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480091/

Friday, 23 March 2012
YOGYAKARTA– Puluhan mahasiswa dari lintas fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berdemonstrasi di depan rektorat kampus tersebut, kemarin. Aksi dilakukan untuk menyampaikan aspirasi penolakan terhadap rencana pengelola Kampus UNY yang akan menaikan SPP bagi mahasiswa baru 2012/2013.”Rencana menaikan biaya SPP jelas membebani mahasiswa, untuk itu kami meminta agar rektor membatalkan rencana kenaikan SPP itu,”tuntut Ketua BEM UNY Zamzam Adnan saat berorasi kemarin. UNY diketahui berencana menaikkan SPP bagi mahasiswa regular maupun nonreguler. Bagi mahasiswa regular kenaikannya hingga 30% dan nonreguler 40%. Artinya, SPP mahasiswa reguler naik dari Rp705.000 menjadi Rp1,005 juta atau meingkat Rp300.000, dan nonreguler dari Rp1,550 juta menjadi Rp2,205 juta atau naik Rp655.000. “Padahal setelah ada larangan menaikkan SPP di perguruan tinggi negeri (PTN) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudyaan (Mendikbud) M Nuh, rektor telah menyatakan akan mengurungkan niat menaikkan SPP bagi mahasiswa baru 2012/2013. Tetapi kenyataannya sosialisasi kenaikkan SPP tetap digelar.

…dst

10 ) Djarum Bantu Undip Rp13,4 M
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480077/

Friday, 23 March 2012
SEMARANG – Fasilitas megah di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang semakin bertambah.Kemarin Undip meresmikan gedung baru milik Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) di kampus Tembalang. Gedung berlantai lima bercorak kuning dipadu oranye dan merah itu bahkan disebutsebut bangunan yang terbaik di Undip saat ini.Pembangunan ini diprakarsai Djarum Foundation dan mitra kerja lain seperti Polytron,Kudos Furniture, dan Bank Central Asia (BCA). Di proyek peduli pendidikan ini, Djarum Foundation membantu anggaran cukup besar, yakni mencapai Rp13,4 miliar.” Begitu bagusnya bangunan ini, sampai-sampai kantor rektorat pun kalah,” ujar Rektor Undip Sudharto P Hadi saat memberi sambutan peresmian di kampus Undip Tembalang kemarin.

…dst

11 ) Temukan Antiseptik Organik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480089/

Friday, 23 March 2012
SEMARANG – Tim peneliti dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (Undip) berhasil menemukan bahan yang dapat dibuat sebagai antiseptik organik dari spesies kerangkerangan.  Antiseptik ini diklaim lebih aman dibandingkan produk di pasaran. “Kami awalnya meneliti spesies kerang-kerangan yang ada di Laut Ternate (Maluku Utara) untuk mengetahui daya tahan yang mereka miliki pada habitatnya.Dari penelitian itu, kami ketahui kerang-kerang tersebut memiliki kandungan beberapa jenis bakteri yang memiliki sifat baik,” ungkap Ketua Tim Penjaminan Mutu Fakultas FPIK Undip Delianis Pringgenies kemarin. Spesies kerang-kerangan yang diteliti di antaranya conus miles, stramonita armigera, dan Olivia Vidual.

…dst

12 ) Undip Tambah 44 Jurnal Ilmiah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480090/

Friday, 23 March 2012
SEMARANG – Sejalan terbitnya kebijakan publikasi artikel ilmiah dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Universitas Diponegoro (Undip) berencana menambah 44 jurnal ilmiah. Ke-44 jurnal itu untuk program sarjana, magister, dan doktor. “Setiap prodi kami tambah satu jurnal online sehingga akan ada tambahan 44 jurnal,” ujar Rektor Undip Sudharto P Hadi kemarin. Untuk seluruh program studi (prodi), Undip sudah memiliki 45 jurnal.Sebanyak 15 jurnal di antaranya sudah terakreditasi, tapi hal itu dianggap masih kurang sehingga perlu ditambah jurnal yang harus disediakan. “Agar dapat menampung artikel yang dihasilkan mahasiswa yang akan lulus setiap tahunnya dengan jumlah 6.000 mahasiswa,”katanya. Proses penambahan jurnal kini sudah sampai pada pembagian pedoman pembuatan jurnal dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) yang akan mengelola jurnal-jurnal online tersebut.

…dst

13 ) Angkat Kondisi PKL, Mahasiswa Unsoed Menang Tingkat Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/21/373/597690/angkat-kondisi-pkl-mahasiswa-unsoed-menang-tingkat-nasional

Kamis, 22 Maret 2012 12:02 wib
JAKARTA – Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menorehkan prestasi terbaiknya di kancah nasional. Enam mahasiswa jurusan Ilmu Politik Unsoed ini berhasil meraih posisi tiga terbaik dalam kompetisi besutan Universitas Indonesia (UI). Mereka adalah Faisal Yanuar, Akhmad Budi Sunaryo, Ahmad Jaetuloh, Antonius Panel, Chamid Sutikno, dan Fetty Wiyani. Keenam mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed ini berhasil mengundang decak kagum para mahasiswa politik lain dari berbagai universitas yang hadir dalam Political Science Student’s Fair 2012. Demikian seperti dikutip dari laman Unsoed, Kamis (22/3/2012). Kekaguman para peserta lain ternyata disebabkan oleh tema yang mereka usung. Sesuai kriteria lomba, yakni mengangkat permasalahan yang terjadi di daerah, maka mereka pun membahas Implementasi Perda Nomor 4 tahun 2003 tentang Penataan Pedagang Kaki Lima di Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto.

…dst

14 ) Dosen Unhas Lolos Jadi Anggota Bawaslu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480153/

Friday, 23 March 2012
JAKARTA– Komisi II DPR telah memilih tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk masa tugas lima tahun ke depan. Satu di antara anggota Bawaslu yang lolos adalah dosen Universitas Hasanuddin (Unhas), Muhammad Alhamid. Muhammad mengatakan, terpilihnya sebagai anggota Bawaslu merupakan amanah besar yang pernah dia emban selama hidupnya. Untuk memaksimalkan kinerjanya, dia meminta dukungan semua pihak agar pengawasan dan pemantauan terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang berjalan secara demokratis. Dia juga meminta dukungan kepada media massa dan perguruan tinggi agar gesekan dan persaingan tidak sehat di pemilu bisa dihindari. “Semoga ini bisa saya pikul karena ini merupakan amanah besar.Karena itu saya minta dukungan seluruh kerabat, sahabat, dan kawan-kawan semua,” katanya kepada SINDO saat dihubungi dari Jakarta tadi malam.

…dst

15 ) Anggota KPU dan Bawaslu Terpilih
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480171/1/

Friday, 23 March 2012
JAKARTA – Siapa yang akan menjadi tulang punggung penyelenggara Pemilu 2014 nanti sudah terpilih tadi malam.Komisi II DPR telah memilih tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk masa tugas lima tahun ke depan.  Komposisi KPU dan Bawaslu yang dipilih melalui voting di Komisi II DPR itu dinilai sudah ideal karena dari segi kompetensi mewakili semua unsur, yakni akademisi, aktivis LSM, dan praktisi pemilu.” …cut…Ketujuh anggota KPU yang terpilih itu adalah Ketua KPU Jawa Timur Arief Budiman yang mendapatkan 43 suara, Ketua KPU Jawa Tengah Ida Budhiati (45), dosen politik UGM Sigit Pamungkas (45), Husni dan Kamil Manik dari KPU Sumatera Barat (39), Ketua KPU Jabar Ferry Kurnia Rizkiansyah (35), Ketua KPU DKI Jakarta Juri Ardiantoro (34),dan aktivis pemantau pemilu Hadar Navis Gumay (35).

…dst

16 ) Daftar Tujuh Anggota KPU Terpilih 2012-2017
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/22/078392017/Daftar-Tujuh-Anggota-KPU-Terpilih-2012-2017

KAMIS, 22 MARET 2012 | 21:40 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat memilih tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum periode 2012-2017 melalui rapat pleno Komisi II di Gedung DPR di Jakarta, Kamis malam, 22 Maret 2012. Pemilihan digelar melalui pemungutan suara dan tujuh peraih suara terbanyak pertama dinyatakan sebagai yang terpilih.
Berikut nama-nama tujuh anggota KPU terpilih:
1. Sigit Pamungkas (Dosen UGM, 45 suara)
2. Ida Budhiati (45 suara)
3. Arief Budiman (43 suara)
4. Husni Kamil Manik (39 suara)
5. Hadar Nafis Gumay (35 suara)
6. Ferry Kurnia Rizkyansyah (35 suara)
7. Juri Ardiantoro (34 suara)
Tujuh anggota KPU itu terpilih setelah Komisi II melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota.

…dst

17 ) Potensi Industri Makanan Halal di Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/universitas-muhammadiyah-jakarta/12/03/23/m1apy7-potensi-industri-makanan-halal-di-indonesia

Jumat, 23 Maret 2012 00:01 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Siapa bilang makanan halal tidak menjadi potensi industri? Melihat kondisi ekonomi di Asia yang diperkirakan akan terus mengalami lonjakan, plus dengan potensi jumlah penduduk khususnya di kawasan Indonesia dan Malaysia, potensi makanan halal berkembang menjadi industri akan semakin besar. Penilaian ini diungkapkan Mohd Fuad Mohd Saleh PhD., Dekan Fakultas Bisnis/ Ekonomi Universitas Selangor (Unisel), Malaysia, pada Selasa (13/3) lalu di Aula Pascasarjana UMJ, saat menjadi pembicara seminar Internasional dengan tema Indonesian and Malaysian Economic Potentiality at The Global Era. Selain Mohd Fuad, hadir sebagai pembicara antara lain Ir Imam Bahaqie, MSi (UHAMKA) dan Dr Tajuddin Togo (UMJ). Seminar dihadiri oleh sekitar 300 mahasiswa FE-UMJ yang merupakan awal kerjasama FE-UMJ dan Unisel.

…dst

18 ) Inilah Vaksin Berkelas Dunia Buatan Anak Bangsa
http://www.republika.co.id/berita/nasional/bio-farma/12/03/22/m1agkw-inilah-vaksin-berkelas-dunia-buatan-anak-bangsa

Kamis, 22 Maret 2012 20:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kepala Bagian Evaluasi Produk PT Bio Farma, dr Novilia Sjafri Bachtiar MKes, menekankan bahwa vaksin yang digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung program imunisasi nasional, merupakan buatan anak bangsa Indonesia, yaitu PT Bio Farma (Persero) yang letaknya di Pasteur Bandung. Hal itu diungkapkannya saat berdialog dengan rombongan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Provinsi Jawa Tengah, di Bandung, Kamis (22/3). Selain digunakan oleh pemerintah Indonesia, kelebihan kapasitas produksi di ekspor ke lebih dari 110 negara, termasuk ke sekitar 30 negara Islam, bahkan akhir tahun 2011, telah mengekspor ke negara Iran, akhir tahun ini Bio Farma juga akan memasarkan vaksin Pentavalent, yaitu gabungan dari lima antigen sekaligus (Difteri, Tetanus, Pertusis, Hepatitis B dan HIB) ungkap, Sarimuddin Sulaeman, Direktur Pemasaran PT Bio Farma, menambahkan.

…dst

19 ) Universitas Pertahanan Kerja Sama dengan Pascasarjana AL AS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/22/2109536/Universitas.Pertahanan.Kerja.Sama.dengan.Pascasarjana.AL.AS

Kamis, 22 Maret 2012 | 21:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Pertahanan (Unhan) menjalin kerja sama pascasarjana dengan program pascasarjana Angkatan Laut Amerika Serikat dan Norwich University. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dalam peresmian kerja sama di Jakarta International Defense Dialogue (JIDD), Kamis (22/3/2012), mengatakan, pendidikan di bidang pertahanan sangat penting karena proyeksi ancaman sekarang berubah dari gangguan konvensional. “Isu besar saat ini adalah energy security dan food security. Ancaman dari perang konvensional bergeser ke tanggap bencana, insurgency (pemberontakan), terorisme, dan kejahatan cyber,” Menhan memaparkan. Selain dengan mitra AS, Unhan juga menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Mulawarman, Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, dan STIK-PTIK.

…dst

20 ) Unhan Tambah Tiga Program Studi Baru
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480157/

Friday, 23 March 2012
JAKARTA – Tren perang yang bergeser ke nonmiliter mendorong Universitas Pertahanan (Unhan) untuk berupaya mencetak intelektual yang bisa memenuhi kebutuhan menghadapi ancaman itu. Unhan menambah tiga program studi (prodi) yang bersinggungan dengan masalah ini. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, tiga prodi baru di bidang tersebut yakni Peace and Conflict Resolution, Energy Security, dan Asymmetric Warfare. “Tiga prodi ini bertujuan membangun kompetensi sumber daya manusia Indonesia, baik sipil maupun militer, untuk kepentingan pertahanan dan keamanan dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya seusai peresmian prodi di Jakarta kemarin. (fefy dwi haryanto)

…dst

21 ) Dosen Boleh Keliru Tapi Jangan Bohong
http://www.kopertis6.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=668:dosen-boleh-keliru-tapi-jangan-bohong&catid=47:news&Itemid=182

Bendan Nduwur – Kejujuran merupakan hal yang wajib dilakukan dosen dalam menulis jurnal karya ilmiah pada khususnya, dan berbagai hal pada umumnya.Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. Mustafid saat memberikan pengarahan dalam Rakor Pimpinan PTS Bidang Akademik di kantor setempat (20/3). “Dosen boleh melakukan kesalahan, tetapi jangan sampai melakukan kebohongan. Indikator kebohongan ternyata masih bisa dijumpai adanya plagiasi dalam pembuatan jurnal ilmiah maupun penelitian. Untuk itu, perlu memenuhi kaidah ilmiah, norma akademik, hukum terhadap pencegahan plagiasi yang bisa berdampak pada aspek pidana,” ungkap Prof. Mustafid. Dia menambahkan, membuat jurnal ilmiah sifatnya harus linier, sesuai dengan bidang ilmu, dan memenuhi kaidah-kaidah akademik. Ada kebijakan baru yang harus dipatuhi, bahwasannya Jurnal karya ilmiah harus diakses melalui on line. Dengan demikian, masing-masing perguruan tinggi (PT) diharapkan memiliki WEB atau portal yang difungsikan mengupload karya-karya dosen maupun mahasiswa.

…dst

22 ) Amin Rais: Kampus UMY Berkualitas
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/22/373/598128/amin-rais-kampus-umy-berkualitas

Kamis, 22 Maret 2012 15:19 wib
YOGYAKARTA – Kualitas suatu perguruan tinggi dapat dilihat dari program-program pendidikan yang diselenggarakan. Salah satunya dengan membuka program doktor. Dan ini yang telah dibuktikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui program doktor yang telah meluluskan dua orang Doktor Politik Islam dengan predikatcumlaude. Hal itu disampaikan Amin Rais usai menguji Mahmud Hamzawi Fahim Usman, angkatan ketiga Program Doktor Politik Islam, Pascasarjana UMY di Kampus Terpadu UMY, Kamis (22/3/2012). Mahasiswa berkebangsaan Mesir ini mengusung disertasi berjudul Kebijakan Rezim Otoriter Terhadap Islam Politik (Studi Kasus Rezim Soeharto dan Anwar Sadat).  Amien menyampaikan, keberhasilan meluluskan mahasiswa bergelar doktor ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa. “Prestasi seperti ini harus terus ditingkatkan karena UMY memiliki dosen serta sistem akademik yang berkualitas dan dengan melahirkan doktor-doktor yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat,” kata mantan ketua MPR itu.

…dst

23 ) Tunjangan Profesi Guru Tahap I Cair April
http://www.jpnn.com/read/2012/03/23/121617/Tunjangan-Profesi-Guru-Tahap-I-Cair-April-

Jum’at, 23 Maret 2012 , 03:56:00
JAKARTA – Para guru penerima tunjangan profesi pendidik (TPP) tidak perlu lama-lama menunggu rapelan pencairan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta TPP dicairkan tepat waktu. Yaitu dirapel tiga bulan sekali. Untuk tahap pertama, dijadwalkan cair bulan depan. Mendikbud Mohammad Nuh menjelaskan, tahun ini tidak perlu lagi ada kasus keterlambatan pencairan TPP. Selain itu, dia berharap skenario pencairan TPP yang dirapel tiga bulan sekali tidak kacau seperti tahun lalu. Dia menjelaskan, tahun ini diharapkan seluruh guru penerima TPP tidak lama-lama menunggu pencairan rapelan. Dia menjelaskan, pada tahap pertama TPP diterima April depan. TPP yang dikucurkan bulan depan itu merupakan rapelan sejak Januari, Februari, dan Maret. Sedangkan untuk tahap kedua nanati, TPP dijadwalkan cair pada Juli. Lalu untuk tahap ketiga TPP cair pada Oktober, Kemudian gelombang terakhir pencairan TPP peride 2012 dijadwalkan Desember. “Harus dipaskakan untuk bisa dicairkan sesuai aturan. Yaitu dirapel tiga bulan sekali,” tegas mantan Rektor ITS itu.

…dst

24 ) Ribuan Guru Bergaji Rp100 Ribu per Bulan
http://www.jpnn.com/read/2012/03/22/121608/Ribuan-Guru-Bergaji-Rp100-Ribu-per-Bulan-

Kamis, 22 Maret 2012 , 22:26:00
MADINA-Ribuan guru Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut, harus bersabar menunggu kenaikan gaji yang selama ini hanya Rp100 ribu per bulan. Karena, untuk Tahun Anggaran (TA) 2012 ini, rencana kenaikan dari Rp100 ribu ke Rp150 ribu per bulan terkendala anggaran yang belum ditampung. Meski demikian, para guru ini sangat berharap Pemkab Madina untuk bisa menambahi jumlah gaji yang amat kecil itu. Hasfi, salah seorang guru MDA di Siabu mengatakan, sampai hari ini gaji yang mereka terima setiap bulannya dari pemerintah hanya Rp100 ribu. “Kami sempat mendengar gaji kami akan naik di tahun 2012 menjadi Rp150 ribu, tapi nyatanya belum ada. Namun kami masih sangat berharap agar jumlah itu bisa lagi ditambahi,” ujar Hasfi kepada Metro Tabagsel (grup JPNN). Sementara Ketua Komisi 4 DPRD Madina, Edi Anwar Nasution mengatakan, kenaikan gaji untuk guru MDA ini sebenarnya sudah dibahas dengan Pemkab Madina, sebelum ditetapkannya anggaran. Saat itu muncul kesepakatan untuk kenaikan gaji pada tahun 2012, tetapi akhirnya anggaran untuk kenaikan gaji guru MDA itu tidak tertampung.

…dst

25 ) Unjuk Rasa di Kampus Wiraraja Ricuh
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/22/373/598122/unjuk-rasa-di-kampus-wiraraja-ricuh

Kamis, 22 Maret 2012 15:04 wib
SUMENEP – Mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija), Sumenep, berunjuk rasa menuntut rektor yang dinilai gagal memimpin karena belum memadainya fasilitas kampus. Aksi unjuk rasa menuntut ini berlangsung ricuh. Setelah menyandera mobil rektor di halaman kampus, mahasiswa memukuli seorang satpam yang menghalangi aksi tersebut. Tidak hanya itu, para pengunjuk rasa juga mengeluarkan paksa sejumlah karyawan kampus. Akibatnya, aksi saling dorong dengan karyawan pun tak dapat dihindari. Aksi unjuk rasa kian panas ketika para demonstran membakar ban bekas di depan kantor rektor. Pada aksi yang digelar Kamis, (23/3/2012) ini, mahasiswa juga menuntut rektor mundur dari jabatannya.

…dst

26 ) Mahasiswi “Kumpul Kebo” dengan Tukang Ojek
http://regional.kompas.com/read/2012/03/23/0520186/Mahasiswi.Kumpul.Kebo.dengan.Tukang.Ojek

Jumat, 23 Maret 2012 | 05:20 WIB
KUPANG, KOMPAS.com — Tim Gabungan Pemerintah Kabupaten Ende, Flores, NTT, merazia sejumlah rumah kos mahasiswa di sekitar wilayah Kampus Universitas Flores (Unflor) di Kelurahan Puupire, Kecamatan Ende Tengah, Sabtu (17/3/2012) malam lalu. Hasilnya, 6 pasangan mahasiswa-mahasiswi yang disinyalir kumpul kebo diciduk. Saat diciduk, kepada petugas, oknum mahasiswa-mahasiswi itu mengaku bersaudara. Namun, anehnya, ada seorang mahasiswi yang sudah hamil enam bulan. Kehamilan oknum mahasiswi ini tidak diketahui orangtuanya. Seperti disaksikan wartawan, Tim Gabungan Pemkab Ende mulai menggelar razia pukul 22.00 Wita. Tim gabungan terdiri dari Satpol PP, Polsek Kota, Badan Kesbangpol, dan Kelurahan Puupire. Dalam razia malam itu, tim berhasil menjaring 6 pasangan mahasiswa-mahasiswi (12 orang). Mereka dijaring karena sudah larut malam, tetapi masih berduaan dalam kamar kos salah satu pasangan.

…dst

27 ) Sosialisasi Terbuka Bukan Pembagian Paket Wisata
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/307

03/19/2012
Jakarta — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh pada Kamis ((15/3) lalu menyosialisasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) kepada sejumlah pemimpin perguruan tinggi. Tujuan sosialisasi yang berlangsung di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tersebut adalah untuk menginformasikan latar belakang kenaikan harga baru BBM. “Selanjutnya, para rektor diharapkan dapat menyosialisasikannya kembali kepada para mahasiswa,” kata Menteri Nuh dalam jumpa pers Senin (19/3) siang di Gedung A Kemdikbud, Jakarta. Pernyataan ini sekaligus membantah isu adanya paket wisata keluarga yang ditawarkan kepada para rektor agar bisa menghalangi demonstrasi mahasiswa yang menentang kenaikan harga BBM. “Sama sekali tidak benar ada program dari Menko Perekonomian terkait paket wisata untuk meredam kenaikan harga BBM,” ujar Menteri Nuh. Kemdikbud juga tidak mungkin menawarkan paket wisata kepada pemimpin perguruan tinggi, baik dari sisi etika, komitmen, maupun anggaran. “Yang ada adalah, pada Kamis pekan lalu cuma sosialisasi terbuka,” ujarnya. Dalam sosialisasi itu, Menteri Hatta menjelaskan latar belakang kenaikan, serta risiko-risiko yang dihadapi negara jika harga BBM tidak dinaikkan, maupun sebaliknya. Penjelasan tersebut disampaikan bukan untuk meredam demonstrasi, tetapi supaya mahasiswa memiliki nalar dalam menanggapi kebijakan itu.

…dst

28 ) Kenaikan BBM: Mengusung Penderitaan Baru Rakyat Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/20/367/596815/kenaikan-bbm-mengusung-penderitaan-baru-rakyat-indonesia

Rabu, 21 Maret 2012 09:43 wib
SEJAK 2003, Indonesia mulai mengalami defisit minyak, yaitu tingkat konsumsi terhadap BBM melampaui tingkat produksi. Tahun berikutnya, defisit BBM ini tidak dapat ditutupi lagi dari cadangan nasional, sehingga untuk pertama kalinya pula Indonesia harus menutup kekurangan 176 kbpd dengan mengimpor minyak dari luar negeri. Pada 2010, tercatat produksi minyak Indonesia hanya 986 kbpd, di lain sisi tingkat konsumsi melonjak hingga menembus angka 1,304 kbpd atau defisit 318 kbpd. Dengan data tersebut, pemerintah melalui lembaga-lembaga terkaitnya makin asyik meningkatkan produksi minyak dengan mendatangkan minyak impor. Pemerintah berpandangan, harga BBM dalam negeri lebih murah daripada harga BBM di pasar internasional karena memperoleh subsidi dari negara. Karena itu, menaikkan harga BBM adalah upaya untuk mengurangi beban anggaran negara. Rakyat di negeri ini sepertinya memang tidak akan pernah lagi bisa bernafas lega. Kebijakan pembatasan BBM bersubsidi tidak bisa ditawar lagi. Satu April nanti pemerintah sudah akan ketok palu untuk menaikan harga BBM. Dalih untuk menyelamatkan negara karena alokasi anggaran untuk BBM terlalu membebani APBN menjadi senjata andalan pemerintah untuk menaikkan harga BBM, membatasi BBM bersubsidi, dan mencabut subsidi.

…dst

29 ) Aktivis ke China Disebut Pengkhianat
http://www.jpnn.com/read/2012/03/23/121634/Aktivis-ke-China-Disebut-Pengkhianat-

Jum’at, 23 Maret 2012 , 07:48:00
BOGOR- Keberangkatan 87 mahasiswa dan pengurus organisasi pemuda ke Tiongkok mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dianggap sebagai pengkhianat perjuangan bangsa. Para aktivis Bogor menilai, mengajak mahasiswa dan organisasi pemuda merupakan upaya pemerintah meredam penolakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) pada 1 April mendatang. Apalagi, dilakukan di saat seluruh elemen masyarakat sibuk melakukan aksi unjuk rasa sejak beberapa hari terakhir. Koordinator Perhimpunan Aktivis Mahasiswa (PAM) Bogor, Tigar Sugiri mengecam keras keikutsertaan mahasiswa ke Tiongkok. Hal itu dinilai telah menodai perjuangan yang dilakukan untuk menekan pemerintah agar membatalkan kenaikan BBM. “Secara masif pemerintah ingin membungkam mulut rekan-rekan aktivis melalui ajakan berangkat keluar negeri,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

…dst

30 ) Syahrul Waspadai Demo Ditunggangi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480154/

Friday, 23 March 2012
MAKASSAR– Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyesalkan aksi penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berakhir anarkistis di depan pintu 1 Universitas Hasanuddin (Unhas), Rabu (21/3). Dia pun berharap, demostran mewaspadai masuknya kepentingan tertentu yang bisa merusak gerakan mereka. Syahrul mengingatkan kepada mahasiswa dan masyarakat yang melakukan demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM,jangan sampai aksinya disusupi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Informasi yang diterimanya, beberapa pria bertopeng ikut dalam aksi anarkistis di Tamalanrea itu, tidak tercatat sebagai mahasiswa setempat. “Sampai sekarang ini informasi yang saya terima, itu ternyata bukan mahasiswa. Ada juga dibuka topengnya,ternyata bukan mahasiswa. Olehnya itu, kita harus berhati-hati jangan sampai ada tumpangan kepentingan tertentu, termasuk mungkin saja politik lokal,” katanya. Syahrul mengaku,aksi anarkistis tersebut akan memperburuk kondisi perekonomian di Sulsel dan mengganggu ketertiban masyarakat.”Janganlah anarkis. Saya harap jadi pelajaran kita semua.Kondisi ekonomi kita sekarang cukup bagus. Kita memang prihatin dengan naiknya harga BBM, tapi kalau disikapi dengan anarkis, tentu akan menyulitkan kita sendiri,”ujarnya kepada wartawan di Makassar,kemarin.

…dst

31 ) BEM UI jual bensin murah di depan Istana Negara
http://www.antaranews.com/berita/302632/bem-ui-jual-bensin-murah-di-depan-istana-negara

Kamis, 22 Maret 2012 12:02 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi damai dengan menjual bensin murah seharga di depan Istana Negara. Aksi tersebut, menurut juru bicara aksi, Anisa Pamungkas, dilakukan sebagai protes para mahasiswa terhadap rencana pemerintah yang akan menaikkan harga bahan bahan minyak (BBM) per 1 April mendatang. “Kami ingin menyampaikan pesan pada pemerintah bahwa mahasiswa yang tidak mengerti soal APBN saja mampu memberi subsidi kepada rakyat, tapi kenapa pemerintah tidak?” kata Anisa di sela-sela aksi di depan Istana Negara, Jakarta, Kamis. BEM UI menyediakan 150 liter bensin yang dijual seharga Rp2500 kepada para pengendara motor yang melintas di depan Istana. “Kami mengumpulkan uang secara mandiri dan menjual bensin kepada pengendara sepeda motor sebagai bentuk kepedulian kami,” katanya. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa harga Rp2500 bensin per liter ditentukan oleh mahasiswa berdasarkan harga bensin yang ditetapkan oleh pemerintah sebelum pemerintahan Presiden Bambang Yudhoyono.

…dst

32 ) Mahasiswa Rusak Mobil Pelat Merah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480198/

Friday, 23 March 2012
MEDAN– Aksi unjuk rasa mahasiswa yang menentang kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) 1 April mendatang kian meluas dan menjurus anarkistis. Mobil dinas aparatur pemerintah berpelat merah pun jadi sasaran perusakan. Kemarin, puluhan mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan yang tergabung dalam Forum Sutomo Merintis Kemerdekaan (FSMK) memblokade Jalan Perintis Kemerdekaan, persis depan kampus mereka, dengan membakar sejumlah ban bekas di badan jalan. Secara kebetulan mobil Mitsubishi Kuda pelat merah BK 1028 H yang dikemudikan Andreas Perangin-angin, PNS yang bertugas di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan melintas. Mahasiswa langsung menghadang dan memaksa pengemudi keluar dari mobil. Seketika itu pula kendaraan dinas itu dirusak. Awalnya, kaca bagian depan dipecahkan,kemudian belakang serta jendela kiri dan kanan. Beberapa mahasiswa menaiki kap mesin dan atap mobil sembari melompat-lompat hingga bodi mobil penyok.Sontak petugas kepolisian menghalau puluhan mahasiswa dari mobil sembari mendorong masuk ke kampus.

…dst

33 ) Tolak Kenaikan BBM – Mahasiswa Dorong Motor 1 KM
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480224/

Friday, 23 March 2012
PALEMBANG – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam BEM se-Sumsel kemarin melakukan aksi dorong motor sejauh 1 km,mulai depan Pasar Cinde hingga Bundaran Air Mancur. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 1 April nanti. Ratusan massa ini berkumpul sejak pukul 14.00 WIB di Bundaran Cinde dan mulai melakukan long march sambil mendorong motor, dengan diiringi yel-yel penolakan kenaikan harga BBM. Massa juga melakukan aksi teatrikal menggunakan keranda jenazah, sebagai simbolisasi matinya kepemimpinan SBY-Boediono dalam menjalankan pemerintahan. Dalam orasinya,koordinator aksi yang juga Presiden Mahasiswa (Presma) Unsri Daud Zen menilai rencana kenaikan harga BBM yang dilakukan pemerintah sangat tidak beralasan. Dengan dalih menyejahterakan rakyat, kenaikan ini justru akan membuat rakyat semakin sengsara. Daud Zen juga menuding pemerintah sudah tak mampu lagi menyelesaikan segala persoalan di Negeri ini.

…dst

34 ) Takut Dibajak Pendemo, Distribusi BBM Distop
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480119/

Friday, 23 March 2012
JAKARTA – Jelang rencana penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada 1 April mendatang, pemerintah mengambil kebijakan mengejutkan. PT Pertamina (Persero) akan menghentikan sementara pasokan BBM di jalur rawan aksi unjuk rasa. “Penghentian sementara dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tentu tidak diinginkan semua pihak, seperti penyegelan SPBU dan truk-truk pengangkut BBM.Ini demi keamanan bersama,”ujar Vice President Corporate Communication Pertamina,Mochamad Harun, di Kantor Pertamina Pusat Jakarta,kemarin.  Harun menjelaskan, bila pasokan BBM tidak dihentikan, dampaknya bisa sangat berbahaya.Jika tangki pembawa BBM tersulut api,bisa meledak dan menimbulkan korban jiwa.Harun menegaskan,kebijakan ini hanya bersifat sementara hingga suasana kembali kondusif. “Untuk itu Pertamina menyarankan kepada kendaraan- kendaraan baik itu roda dua dan empat,lebih baik mengisi BBM di SPBU yang tidak berada di jalur rawan demontrasi,”ucapnya.

…dst

35 ) Harga minyak dunia turun
http://www.antaranews.com/berita/302739/harga-minyak-dunia-turun

Jumat, 23 Maret 2012 05:15 WIB
New York (ANTARA News/AFP) – Harga minyak dunia turun pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena menghadapi kekhawatiran internasional bahwa harga tinggi mengancam pemulihan global dan berita melemahnya data ekonomi China.”Upaya terkoordinasi Saudi, Eropa, dan AS untuk `merendahkan` harga minyak terbukti cukup berhasil dalam jangka pendek,” kata analis di BMO Capital Markets. Kontrak utama New York, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, mengakhiri hari di 105,35 dolar AS per barel, turun 1,92 dolar dari tingkat penutupan Rabu.

…dst

36 ) Usulan PNS Baru Ditutup 31 Maret
Jika Telat Tidak Dapat Jatah Tahun Ini
http://www.jpnn.com/read/2012/03/23/121619/Usulan-PNS-Baru-Ditutup-
31-Maret-

Jum’at, 23 Maret 2012 , 04:27:00
JAKARTA – Meski sedang moratorium CPNS baru, instansi pusat maupun daerah berkesempatan meminta jatah PNS baru tahun ini. Tapi, sebagian besar instansi pusat dan daerah belum tertib administrasi persyaratan pengajuan PNS baru. Mereka ditenggat hingga 31 Maret depan, untuk melengkapinya. Seperti diketahui, selama pemerintah menjalankan moratorium atau penghentian sementara perekrutan CPNS baru, syarat pengajuan kebutuhan PNS baru cukup banyak. Diantaranya, harus melampirkan hasil analisis jabatan, hasil analisis beban kerja, dan proyeksi kebutuhan PNS lima tahun ke depan. Padahal umumnya, selama ini instansi di pusat maupun daerah cukup melayangkan jumlah nominal kebutuhan PNS baru saja kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

…dst

37 ) Dipensiunkan, PNS Tak Dapat Pesangon
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480159/

Friday, 23 March 2012
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) menyatakan, pegawai negeri sipil (PNS) yang terkena sanksi pensiun dini tidak akan diberikan pesangon.
Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemenpan dan RB Ramli Effendi Naibaho mengatakan, tidak ada kompensasi pesangon yang diberikan ke PNS yang dipensiundinikan. Jika pemerintah menyediakan anggaran pesangon, semua PNS akan berlomba untuk meminta pensiun dini. Dia menyatakan,bagi kementerian, lembaga, atau instansi yang formasi PNS sudah terlalu gemuk, Kemenpan dan RB akan mengirimkan surat imbauan untuk melakukan pensiun dini kepada PNS yang telah memenuhi syarat. Mengenai uji kompetensi yang akan digelar untuk PNS,Ramli menjelaskan, pemerintah masih akan memberikan kompensasi bagi PNS yang tidak lulus. Menurut dia, PNS yang tidak lulus uji kompetensi tidak serta merta dipensiundinikan. Namun,Kemenpan dan RB meminta kepada masing-masing instansi untuk menawarkan dua solusi kepada PNS bersangkutan. Solusi pertama adalah, PNS yang tidak lulus, namun memiliki potensi yang bagus akan dididik kembali. Namun, jika sudah dididik tetap saja tidak berkembang, akan ditawarkan pensiun dini.

…dst

38 ) Dahlan Juga Kesal dengan Mahalnya Harga Obat
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/23/173392054/Dahlan-Juga-Kesal-dengan-Mahalnya-Harga-Obat

JUM’AT, 23 MARET 2012 | 08:09 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Mahalnya harga obat di Indonesia juga dirasakan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, sejak memiliki riwayat penyakit Hepatitis B, obat Lamifudin selalu dikonsumsi walau harganya bisa mencapai Rp1 juta untuk kebutuhan sebulan.”Saya selalu minum Lamifudin sehari sekali. Saya tidak boleh lengah untuk terus minum obat seperti selama ini seumur hidup saya,” kata Dahlan dalam surat elektroniknya di Jakarta, Kamis 22 Maret 2012 Ia mengakui selain mengonsumsi Lamifudin, dirinya juga diwajibkan untuk minum obat berupa kapsul kecil bernama AFK berukuran 0,5 miligram (mg).

…dst

39 ) Ekonomi Indonesia Masih Terpusat di Jawa-Bali
Berdasarkan Laporan Terbaru ILO
http://www.jpnn.com/read/2012/03/23/121623/Ekonomi-Indonesia-Masih-Terpusat-di-Jawa-Bali-

Jum’at, 23 Maret 2012 , 05:29:00
JAKARTA – Organisasi PBB yang mengurusi soal perburuhan, ILO, merilis Laporan Tren Sosial dan Ketenagakerjaan di Indonesia 2011. Dalam laporan terbarunya tersebut, ILO menguraikan bahwa Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat selama satu dasawarsa terakhir.  Namun, pertumbuhan dalam kegiatan ekonomi dan peluang kerja tidak tersebar secara merata di semua provinsi. Melainkan masih terpusat di Pulau Jawa dan Bali. “Akibat perbedaan kondisi sosio-ekonomi dari satu provinsi dengan provinsi lain dan tata pemerintahan yang terdesentralisir, sangatlah penting untuk menganalisis tantangan penciptaan lapangan kerja dan mengembangkan kebijakan yang efektif,” ujar Direktur ILO di Indonesia Peter van Rooijdalam di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, kemarin (22/3). Ekonom ILO Kazutoshi Chatani menjelaskan, kurang dari 60 persen total angkatan kerja Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Bali. Terkait lapangan kerja, Kazu memaparkan Indonesia mengalami tingkat pertumbuhan lapangan yang sangat bebreda.

…dst

40 ) Biaya Kuliah Naik 75 Persen, Puluhan Ribu Mahasiswa Protes
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/03/23/m1bbc0-biaya-kuliah-naik-75-persen-puluhan-ribu-mahasiswa-protes

Jumat, 23 Maret 2012 07:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA–Puluhan ribu siswa Kanada turun ke jalan. Mereka memprotes kenaikan 75 persen biaya kuliah di universitas-universitas provinsi Quebec. “Siswa dari seluruh Quebec marah dan berbaris di pusat kota Montreal untuk mengekspresikan perlawanan mereka terhadap kenaikan uang iuran kuliah di Quebec yang direncankan akan berlaku akhir tahun ini,” CBC melaporkan, Kamis (22/3). Mereka juga melakukan unjuk protes pada halaman twitter mereka,”Jika pemerintah tidak mengumumkan mundurnya kenaikan biaya kuliah hari ini, langkah berikutnya kami akan melibatkan tindakan yang mengganggu perekonomian,” diposting sekelompok protes besar pada halaman Twitter-nya. kibat unjuk rasa tersebut, polisi juga bentrok dengan para demonstran dan menggunakan semprotan kimia untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

…dst

41 ) Sekilas dalam Negeri
Tomcat
Tomcat Sampai di Jakarta!
Dalam Kondisi Terparah, Iritasi Akibat Tomcat Bisa Sampai 10 Hari
Populasi Tomcat Harus Diawasi
Anggota Bawaslu dan KPU Terpilih
Ini 5 Anggota Bawaslu Terpilih
Ini 7 Anggota KPU Terpilih
Kasus Korupsi Banggar
Pimpinan Banggar Tak Tahu Sepak Terjang Wa Ode
Tamsil Linrung: Nanti Kita Buktikan!
Antisipasi Demo BBM
Menhan: Tidak Masalah TNI Dikerahkan Antisipasi Demo BBM
Priyo: Amankan Demo, Jangan Libatkan TNI
Unjuk Rasa BBM Diperkirakan Meningkat
49 Unjuk Rasa BBM di Seluruh Indonesia
Presiden Minta Demo BBM Tertib
Akbar: SBY Tak Punya Pilihan Lain Selain Naikkan BBM   
Tolak Kenaikan Harga BBM – PKS Dinilai Kembali Cederai Koalisi
Pengkhianat ?
Aktivis ke China Disebut Pengkhianat
87 Anggota KNPI Ikut SBY Ke China
KNPI: Kunjungan ke China Bukan Suap
Ramai-ramai Gantung di Monas
Cuma Perantara Suap, Nyoman Minta Hukuman Disiplin
Nyoman: Saya Juga Mau Digantung di Monas!
Tes Urine
73 Kru Pesawat Jalani Tes Urine Mendadak 
Anak dil luar nikah
Nasab Anak Ditentukan oleh Akad Nikah, Bukan Tes DNA
Sekilas Luar Negeri
Pakistan
943 Perempuan Dibunuh demi Kehormatan
China
Inilah “Minyak Bumi” Abad ke-21
Iran
Iran Dukung Penuh Stabilitas Suriah
Terus Ditekan AS, India ‘Ngotot’ Impor Minyak Iran
Rusia: Iran akan buat senjata nuklir jika diserang
Inggeris
Inggris Anggarkan Dana Besar untuk Penelitian