1 ) Biaya Pendidikan
PTN Bingung Dilarang Naikkan SPP
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/11263336/PTN.Bingung.Dilarang.Naikkan.SPP

Kamis, 15 Maret 2012 | 11:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengaku belum memiliki solusi untuk menutup kekurangan biaya operasional. Strategi pembiayaan operasional pendidikan menjadi pemikiran PTN-PTN setelah keluarnya larangan untuk menaikkan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab mengatakan, selama ini kebutuhan operasional UNY diperoleh melalui dua pintu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dua sumber pendanaan PNBP itu adalah pungutan dari mahasiswa baru sebesar 40 persen dan pungutan dari mahasiswa lama serta kerja sama dengan pihak luar sebesar 60 persen. Dengan adanya larangan menaikkan SPP, kata Rochmat, UNY merasa kesulitan memenuhi kekurangan dana untuk menutupi biaya operasional kampusnya. Rochmat menjelaskan, proporsi 40 persen yang berasal dari pungutan mahasiswa baru akan berkurang hingga 30 persen. Pasalnya, dalam perhitungannya, pemeritah hanya akan menutup 10 persen dari angka tersebut.

…dst

2 ) Hambatan Biaya Kuliah Tarif Tunggal
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/10303737/Hambatan.Biaya.Kuliah.Tarif.Tunggal

Kamis, 15 Maret 2012 | 10:30 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Rektor Universitas Diponegoro Semarang Prof Sudharto P. Hadi mengakui, kendala penerapan tarif tunggal atau satu komponen pembiayaan perkuliahan akan terjadi pada semester awal. Hal itu dikatakannya menanggapi rencana penerapan tarif tunggal untuk biaya perkuliahan perguruan tinggi.”Kendala anggaran memang akan ditemui pada semester-semester awal, setidaknya pada semester satu dan dua,” kata Sudharto, di Semarang, Rabu (14/3/2012), seusai mendampingi Wamendikbud Musliar Kasim menyampaikan orasi ilmiah di Kampus Universitas Diponegoro. Sudharto mengungkapkan, biasanya mahasiswa memang membayar biaya kuliah lebih mahal pada semester awal karena banyak komponen yang harus dibayarkan pada semester-semester awal. Salah satunya sumbangan pengembangan institusi (SPI).

…dst

3 ) Pembatasan SPP Tidak Berlaku bagi PTS
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593472/pembatasan-spp-tidak-berlaku-bagi-pts

Kamis, 15 Maret 2012 09:25 wib
JAKARTA – Kebijakan pelarangan menaikkan biaya sumbangan pembangunan pendidikan (SPP) terkait dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tidak berlaku bagi perguruan tinggi swasta (PTS).Kemendikbud tidak dapat melarang pembatasan kenaikan SPP bagi PTS. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, pemerintah tidak dapat mencampuri operasional PTS karena pemerintah juga tidak memberikan biaya. Meskipun sekadar imbauan, Kemendikbud tidak dapat memberikan penegasan mengenai beban biaya masyarakat yang akan naik akibat kenaikan BBM pada April nanti. Meski demikian, ujarnya, Kemendikbud akan tetap membantu mahasiswa di PTS dengan mengalokasikan 2.000 kuota beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswa berprestasi dengan kemampuan ekonomi terbatas.

…dst

4 ) Mahasiswa PTS Dapat Beasiswa
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120731/Mahasiswa-PTS-Dapat-Beasiswa-

Kamis, 15 Maret 2012 , 11:24:00
JAKARTA – Angin segar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi di kampus swasta (PTS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) mengalokasikan 2.000 dari 40.000 kuota beasiswa Bidikmisi untuk PTS tahun ini. Pihak kampus swasta pun menyambut gembira alokasi itu. Tapi, mereka meminta ada peningkatan alokasi setiap tahunnya. “Itu agar dikotomi perlakuan pemerintah terhadap mahasiswa di kampus negeri dan swasta tidak kian tebal,” kata Ketua Umum Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Edy Suandi Hamid. Rektor UII Jogjakarta itu mengatakan, sejatinya alokasi dari pemerintah tersebut masih terlalu minim. Sebab, saat ini jumlah PTS di seluruh Indonesia mencapai 3.100 unit. “Jadi kalau dibagi satu-satu per kampus, tidak cukup,” katanya. Dia meminta, ke depan pemerintah terus meningkatkan alokasi Bidikmisi kepada kampus swasta. Dia membandingkan ada beberapa PTN yang memperoleh jatah Bidikmisi hingga ribuan kursi. Menurut Edy, di PTS juga banyak mahasiswa miskin yang berprestasi.

…dst

5 ) PTS Berharap Alokasi Beasiswa Bisa Dinaikkan
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120692/PTS-Berharap-Alokasi-Beasiswa-Bisa-Dinaikkan-

Kamis, 15 Maret 2012 , 04:19:00
JAKARTA – Angin segar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi di kampus swasta (PTS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) mengalokasikan 2.000 dari 40.000 kuota beasiswa Bidikmisi untuk PTS tahun ini. Pihak kampus swasta pun menyambut gembira alokasi itu. Tapi, mereka meminta ada peningkatan alokasi setiap tahunnya. “Itu agar dikotomi perlakuan pemerintah terhadpa mahasiswa di kampus negeri dan swasta tidak kian tebal,” kata Ketua Umum Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Edy Suandi Hamid kemarin. Rektor UII Jogjakarta itu mengatakan, sejatinya alokasi dari pemerintah tersebut masih terlalu minim. Sebab, saat ini jumlah PTS di seluruh Indonesia mencapai 3.100 unit. “Jadi kalau dibagi satu-satu per kampus, tidak cukup,” katanya. Dia meminta, ke depan pemerintah terus meningkatkan alokasi Bidikmisi kepada kampus swasta. Dia membandingkan ada beberapa PTN yang memperoleh jatah Bidikmisi hingga ribuan kursi. Menurut Edy, di PTS juga banyak mahasiswa miskin yang berprestasi.

…dst

6 ) Antisipasi Manipulasi, PTN Cermati Rapor Calon Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120673/Antisipasi-Manipulasi,-PTN-Cermati-Rapor-Calon-Mahasiswa-

Rabu, 14 Maret 2012 , 19:19:00
JAKARTA – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia sekarang ini harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menerima calon mahasiswa melalui jalur undangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa kini marak manipulasi nilai agar siswa dapat diterima di PTN melalui jalur undangan.Hal tersebut turut diakui Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto. Akan tetapi, IPB juga selalu memproteksi diri dari kecurangan dan bertindak lebih selektif dalam menjaring siswa yang masuk di dalam jalur undangan. “Ya memang harus diakui bahwa di dalam proses penerimaan jalur undangan itu ada oknum sekolah yang berupaya untuk memanipulasi data atau nilai siswa. Tapi bagaimanapun kita tetap selalu selektif dalam menjaring siswa,” ungkap Herry ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Rabu (14/3).

…dst

7 ) PTN Berhak Tolak Calon Mahasiswa Dari Sekolah Curang
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120666/PTN-Berhak-Tolak-Calon-Mahasiswa-Dari-Sekolah-Curang-

Rabu, 14 Maret 2012 , 18:18:00
JAKARTA – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diperbolehkan menolak calon mahasiswa dari sekolah yang terbukti melakukan kecurangan dalam memberi nilai rapor. Bahkah PTN juga berhak memasukkan calon mahasiswa yang terbukti curang ke dalam daftar hitam (black list). Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kemdikbud, Toto Supriyanto mengatakan, langkah tersebut terpaksa diterapkan guna menekan angka kecurangan di lingkungan sekolah. “Sebenarnya pemerintah juga tidak terlalu kaku untuk menerapkan mekanisme ini. Tentunya kita akan mendorong sekolah dan siswa untuk berlaku jujur terlebih dahulu,” kata Toto di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (14/3). Namun ia juga memasang syarat. “Kalau sudah didorong masih melakukan (kecurangan), maka terpaksa mekanisme ini harus dilakukan,” tegasnya. Dengan begitu, lanjut Toto, pemerintah meminta kepada seluruh sekolah di Indonesia untuk bertindak jujur, apalagi yang menyangkut dengan nilai akademik siswa. Ia mengingatkan pentingnya kejujuran termasuk dalam hal akademik.

…dst

8 ) Penghapusan SNMPTN Tulis Tunggu Evaluasi UN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/16542673/Penghapusan.SNMPTN.Tulis.Tunggu.Evaluasi.UN

Rabu, 14 Maret 2012 | 16:54 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, rencana penghapusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis pada tahun 2013 mendatanga, masih menunggu evaluasi pelaksanaan ujian nasional. Hal itu dikatakan Musliar, seusai menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/3/2012). “Kami mau lihat dulu. Tahun ini tes terakhir untuk pelaksanaan UN yang kredibel. Pemerintah melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) serius melakukan itu,” ujar Musliar.

…dst

9 ) SNMPTN Ujian Tulis Dihapus, ITB Pilih Langkah Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593597/snmptn-ujian-tulis-dihapus-itb-pilih-langkah-ini

Kamis, 15 Maret 2012 11:35 wib
JAKARTA – Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Akhmaloka menyebut, setidaknya ada dua kemungkinan solusi jika SNMPTN Jalur Ujian Tulis jadi dihapus. Pertama, masing-masing PTN dipersilakan menyelenggarakan ujian mandiri masing-masing.”Sementara kemungkinan kedua adalah seluruh Indonesia bersepakat melaksanakan ujian tulis secara bersama-sama,” kata Akhmaloka di Gedung Ditjen Dikti Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2012).Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menambahkan, pada kemungkinan kedua, ujian tertulisnya nanti akan melibatkan konsorsium perguruan-perguruan tinggi. Pelaksanaannya pun tidak lagi di masing-masing kampus, tetapi secara bersama-sama melalui Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia. “Jadi, ini jalur mandiri tapi secara nasional. Di luar pemerintah melalui Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia. Kemungkinan besar ITB akan mengambil pilihan ini,” ujarnya.(rfa)

…dst

10 ) Dua Mahasiswi Terancam Dikeluarkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/15/180273/Dua-Mahasiswi-Terancam-Dikeluarkan

15 Maret 2012
SOLO – Dua mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terancam dikeluarkan, lantaran terseret kasus perjokian ujian masuk One Day Service (ODS) Admission. Saat ini kasus sudah sampai di tangan Komisi Disiplin Mahasiswa UMS dan keduanya akan dimintai keterangan pada pertengahan pekan ini.Ketua ODS Admission UMS Dr Mujiburrohman mengatakan, satu mahasiswi yang terdaftar di Program Studi Kesehatan Masyarakat ingin diterima di Kedokteran Umum. Ia kemudian mendaftar dan untuk memuluskan rencananya, ia meminta teman SMP-nya yang juga telah menjadi mahasiswi Kedokteran Gigi untuk menjadi joki. ”Mahasiswi Kedokteran Gigi ini bisa menjadi joki dengan modus mendaftar di Fakultas Hukum. Sebenarnya tidak semua soal ia yang mengerjakan, hanya tes psikologi,” kata Mujiburrohman, Rabu (14/3). Mujiburohman belum mengetahui sanksi apa yang akan dijatuhkan kepada keduanya. Namun, menurutnya, sanksi yang paling ringan adalah skorsing dan yang terberat dikeluarkan.

…dst

11 ) Wajib Kejar S-2, Dosen Tak Boleh Ngajar Dobel
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593496/wajib-kejar-s-2-dosen-tak-boleh-ngajar-dobel

Kamis, 15 Maret 2012 09:52 wib
TANGERANG – Pada 2014 mendatang, seluruh dosen di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta wajib memiliki titel S-2. Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah IV Abdul Hakim Halim berharap, untuk mengejar target tersebut, para dosen fokus mengajar di satu kampus. Jika seorang dosen mengajar di lebih dari satu kampus, dia harus memenuhi batas maksimal SKS. Guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menambahkan, ketentuan S-2 bagi dosen pada 2014 nanti menimbulkan konsekuensi perlu adanya pembenahan substansial pada para dosen. “Sesuai aturan bekerja di perguruan tinggi, beban kerja minimal dosen adalah 12 SKS per semester, atau 12×3 jam yakni 36 jam per minggu. Beban kerja maksimal adalah 16 SKS,” kata Abdul kemarin. Dukungan atas program titel S-2 bagi dosen pada 2014 ini juga didukung oleh Universitas Islam Syekh-Yusuf (Unis) Tangerang. Dengan menggandeng Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Unis memfasilitasi pelatihan Penyusunan Beban Kerja Dosen bagi sedikitnya 98 dosen perguruan tinggi swasta se-Banten.

…dst

12 ) PPS Unhas Buka Beasiswa Unggulan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/368/592877/pps-unhas-buka-beasiswa-unggulan

Rabu, 14 Maret 2012 13:04 wib
JAKARTA – Para dosen dan tenaga kependidikan di luar Pulau Jawa dapat memilih Program Pascasarjana (PPs) Universitas Hasanuddin (Unhas) ketika melamar Beasiswa Unggulan. Direktur Program Pascasarjana Unhas Mursalim menjelaskan, tahun ini, program Beasiswa Unggulan diperuntukan bagi lulusan terbaik perguruan tinggi yang ingin berkarier sebagai calon dosen. Program ini juga terbuka bagi tenaga kependidikan (staf) berprestasi yang ingin meningkatkan kualifikasi sesuai tugas dan fungsinya. “Persyaratan Umum Calon Penerima Beasiswa Unggulan adalah calon dosen (bukan CPNS/PNS) dan tenaga kependidikan di lingkungan Kemendikbud. Peserta juga wajib mengikuti dan memenuhi seluruh persyaratan proses seleksi yang diselenggarakan oleh PPs Unhas,” ujar Mursalim seperti dikutip dari laman Unhas, Rabu (14/3/2012).

…dst

13 ) Film Fourplay Tim Undip Raih Juara
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/593318/film-fourplay-tim-undip-raih-juara

Kamis, 15 Maret 2012 10:02 wib
JAKARTA – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang unjuk gigi di ajang Crea-Bo (Creative and Broadcast). Karya mereka berupa film pendek berdurasi 20 menit ini menjadi jawara pada Pekan Komunikasi 2012 Universitas Indonesia (UI).Tim ini terdiri dari empat mahasiswa Undip dan seorang mahasiswa Unika Atma Jaya Yogyakarta. Mereka adalah mahasiswa Komunikasi angkatan 2009, yaitu Sigit Haryadi, Dyah Kusumawardani, Bareta Hendi, Gella Islamey, dan Gilang Mahardika. Dyah Kusumawardani memaparkan, Crea-Bo adalah kategori lomba yang mengasah kreativitas kaum muda di bidang penyiaran melalui workshop dan seminar. Dyah dan kawan-kawan pun membuat film bertema Persahabatan yang diberi judul Fourplay.

…dst

14 ) Lintas Jurusan, New Generation Justru Tuai Kemenangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/593029/lintas-jurusan-new-generation-justru-tuai-kemenangan

Rabu, 14 Maret 2012 17:02 wib
JAKARTA – Meski baru memiliki ide menulis sebelum lima hari batas pengumpulan, Tim Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil menyandang jawara pertama pada Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) di Universitas Indonesia (UI).Tim yang terdiri dari Vicky Wahyu Endriyana, Go Peter Christian T H, Ardhilla Chadarisman, dan Wawan Setyawan menamakan diri sebagai New Generation. Lomba yang digelar dalam rangka Mechanical Fair UI ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia.”Ada kepuasan tersendiri bagi kami. Apalagi suatu kebanggaan membawa nama ITS di ajang nasional. Terlebih, selain tim kami meraih juara pertama tim ITS lainnya juga meraih juara dua dan tiga,” ujar Wawan seperti dilansir dari ITS online, Rabu (14/2/2012).

…dst

15 ) Tanda Bakti, Alumni IPB Berikan Cincin Emas untuk Dosen
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/593308/tanda-bakti-alumni-ipb-berikan-cincin-emas-untuk-dosen

Rabu, 14 Maret 2012 19:49 wib
JAKARTA – Lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan 1977 memberikan tanda terima kasih kepada para dosen senior. Pemberian tanda terima kasih berupa cincin emas ini diberikan kepada 18 dosen IPB.Para dosen yang menerima cincin emas dalam Reuni Akbar Generasi Kreatif Seni dan Intelektual (Genksi) 2012 tersebut di antaranya, Norman T Uphooff, Haryadi, Sayogyo, Aida Vitayala, Dondin Sajuthi, Otje Salman, Elly Surya, Sediono MP Tjondronegoro, Audrey T Ungerer, Tun Teja, dan Lily E Abunawan.Presiden Genksi Budi Santoso mengatakan, pemberian cincin emas ini merupakan ungkapan terima kasih atas bimbingan dan pengajaran yang diberikan oleh para dosen semasa mereka kuliah dulu

…dst

16 ) FK Indonesia Belum Akrab dengan Bioetika
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593523/fk-indonesia-belum-akrab-dengan-bioetika

Kamis, 15 Maret 2012 11:02 wib
SURABAYA – Bioetika boleh dibilang baru masuk ke Fakultas Kedokteran (FK) di kampus Indonesia. Sampai saat ini belum banyak FK yang mengajarkannya kepada mahasiswa calon dokter. Sebagai sebuah konsep, Bioetika sebenarnya sudah dipraktikkan sejak ribuan tahun yang lalu. Memasuki periode 1970-an, Van R Potter pertama kali memperkenalkannya sebagai disiplin ilmu tersendiri melalui bukunya yang terkenal yakni Bioethics: A Bridge to the Future. Di Indonesia sendiri, Bioetika masuk dalam kurikulum FK sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baru pada periode tahun 1990-2000-an. Dan saat ini, dari 72 FK yang ada, belum semua memasukkannya dalam kurikulum. Bioetika sendiri adalah pembahasan etika kedokteran mulai dari etika medis (Medical Ethics) sampai etika pelayanan kesehatan (Health Care Ethics). Cakupan bahasannya pun luas, tidak hanya etika hubungan dokter-pasien, melainkan sampai pada etika riset.

…dst

17 ) Sstt..Rektor Dikumpulkan untuk ‘Redam’ Demo Mahasiswa
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/03/15/m0wn5a-ssttrektor-dikumpulkan-untuk-redam-demo-mahasiswa

Kamis, 15 Maret 2012 09:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menyusul rencana kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), para rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ‘dikumpulkan’ di kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Kamis (15/3). Para rektor ini mendapatkan pengarahan dari sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Masing- masing Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam), Djoko Suyanto dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh. Pertemuan yang mengambil tajuk ‘Silaturahim dengan Para Rektor’ ini disebut- sebut sebagai pertemuan untuk ‘meredam’ aksi kalangan mahasiswa, terkait munculnya aksi besar- besaran mahasiswa sebagai dampak penerapan kebijakan kenaikan harga BBM ini. Di hadapan para rektor, Menkopolhukam, Djoko Suyanto meminta agar bisa mengajak mahasiswanya untuk menyampaikan aspirasi secara santun dan tetap mengedepankan nilai- nilai demokrasi. Karena menyampaikan pendapat di muka umum juga dilindungi UU.

..dst

18 ) “Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan BBM Itu Wajar”
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593610/mahasiswa-demo-tolak-kenaikan-bbm-itu-wajar

Kamis, 15 Maret 2012 11:46 wib
JAKARTA – Menjelang rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa melakukan sosialisasi kepada para akademisi khususnya pimpinan Perguruan Tinggi. Bertempat di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hatta, didampingi oleh hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, dan Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso menjadi pembicara dalam sosialisasi yang melibatkan perwakilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Nusantara.

…dst

19 ) Rektor UKI: Demo Boleh asal Jangan “Chaos”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/05485943/Rektor.UKI.Demo.Boleh.asal.Jangan.Chaos

Kamis, 15 Maret 2012 | 05:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pascabentrokan antara mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan polisi, Rektor UKI Maruli Gultom mengingatkan kepada seluruh mahasiswanya agar tak melakukan tindak anarki dalam setiap unjuk rasa.”Kalau demo boleh, asal jangan chaos-lah, biasa-biasa saja, yang penting aspirasi disampaikan. Kalau ada yang chaos jangan ikut-ikutan,” ujarnya kepada wartawan seusai bertemu Kapolres Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2012). Maruli mengadakan pertemuan dengan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Angesta Romano Yoyol untuk menyepakati beberapa hal. Poin yang paling penting adalah bahwa pihak rektorat harus mengawasi aktivitas mahasiswanya agar peristiwa bentrokan tidak terulang. Ia berharap aksi unjuk rasa mahasiswanya untuk menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah tersebut bukan

…dst

20 ) Jelaskan Duduk Persoalan Baik-baik, 3 Aktivis HMI Dibebaskan Aparat
http://news.detik.com/read/2012/03/15/043921/1867716/10/jelaskan-duduk-persoalan-baik-baik-3-aktivis-hmi-dibebaskan-aparat?n990102mainnews

Kamis, 15/03/2012 04:39 WIB
Jakarta Tiga aktivis HMI yang ditahan aparat kepolisian dibebaskan. Mereka dilepas setelah ketiganya menjelaskan duduk persoalan secara baik-baik.”Tiga orang dilepas polisi karena menjelaskan persoalan dengan baik-baik,” tutur Wakil Sekretaris Umum PTKP Badko HMI Jabotabeka-Banten, Alfian Ramadhani ketika ditemui detikcom di Polda Metro Jaya, Kamis (14/3/2012) dinihari.Ramadhani menuturkan, tiga temannya itu bernama Safi, Ramadhan dan Soliha. Ketiganya ditangkap terkait peristiwa penyerangan sekretariat HMI di Cilosari, Jakarta Pusat. Tiga orang itu, lanjutnya, setelah ditangkap di kawasan Cilosari dibawa ke Polsek Menteng, (sebelumnya diberitakan dibawa ke Polda Metro Jaya). “Mereka dilepas, tapi kondisinya luka-luka,” ujar Alfian.

…dst

21 ) Markas HMI Jakarta Diacak-acak Aparat
http://news.detik.com/read/2012/03/15/013729/1867698/10/markas-hmi-jakarta-diacak-acak-aparat?nd992203605

Kamis, 15/03/2012 01:37 WIB
Jakarta Markas HMI Jakarta disatroni aparat keamanan. Markas tersebut tepatnya beralamat di kawasan Cilosari 17, Cikini, Jakarta Pusat.”Kawan-kawan (HMI) melakukan aksi mengkritisi kebijakan kenaikan harga BBM di Cikini Raya dan direspon dengan sikap represif aparat,” kata Wakil Sekretaris Umum PTKP Badko HMI Jabodetabeka-Banten, Alfian Ramadhani, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (14/3/2012). Dijelaskan Alfian, aparat mendatangi markas HMI dan buku-buku yang tersimpan di situ langsung diobrak-abrik aparat yang datang. Aparat tersebut datang pada Rabu sekitar pukul 20.00 WIB.

…dst

22 ) Mahasiswa IAIN Geruduk Gedung DPRD
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477798/

Thursday, 15 March 2012
SEMARANG– Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Walisongo Semarang kemarin mendatangi gedung DPRD Provinsi Jateng. Kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi penolakan terhadap kenaikan bahan bakar minyak (BBM). “Kami minta semua kalangan Dewan menolak kenaikan BBM, sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat,” ungkap koordinator aksi Risya Islami, ditemui di sela-sela aksi,kemarin. Menurutnya, dampak dari kenaikan BBM ini merupakan bentuk kebodohan dan kelalaian pemerintah, sehingga rakyat harus menanggung dampaknya.

…dst

23 ) Kemendikbud Seleksi Pengelola Jurnal Ilmiah
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/593104/kemendikbud-seleksi-pengelola-jurnal-ilmiah

Rabu, 14 Maret 2012 16:19 wib
JAKARTA – Meski gelombang kontroversi masih berlanjut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tampaknya tetap akan memberlakukan kebijakan kewajiban menulis dan mempublikasikan karya ilmiah bagi mahasiswa, Agustus mendatang. Buktinya, Kemendikbud kini tengah menyeleksi para pengelola jurnal ilmiah yang akan menangani penerbitan karya ilmiah para mahasiswa S-1 hingga S-3 di tiap kampus. Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbud Suryo Hapsoro Tri Utomo menyatakan, pihaknya akan menyelenggarakan pelatihan pelatih atau training of trainer (TOT) Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Perguruan Tinggi bagi dosen/peneliti perguruan tinggi.

…dst

24 ) Publikasi Karya Ilmiah, PT Dapat Insentif
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/16110849/Publikasi.Karya.Ilmiah.PT.Dapat.Insentif

Rabu, 14 Maret 2012 | 16:11 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, kewajiban publikasi karya ilmiah di perguruan tinggi (PT) berimplikasi terhadap pemberian insentif terhadap perguruan tinggi bersangkutan. Ia mengungkapkan, kebijakan publikasi karya ilmiah ini belum dituangkan dalam peraturan menteri. Kewajiban publikasi sebelumnya dikeluarkan melalui surat edaran Ditjen Dikti tanggal 27 Januari 2012. “Kebijakan ini memang masih tertuang dalam surat edaran (SE) Ditjen Pendidikan Tinggi, belum dituangkan dalam peraturan menteri (permen),” kata Musliar, seusai menyampaikan orasi ilmiah, di Universitas Diponegoro, Semarang, Rabu (14/3/2012). Bagi perguruan tinggi yang mau menjalankan kewajiban publikasi karya ilmiah sebagai syarat kelulusan akan mendapatkan bantuan pendanaan untuk pengembangan jurnal ilmiah yang dimilikinya.

…dst

25 ) Pendidikan Cepat Saji
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/08061548/Pendidikan.Cepat.Saji

Kamis, 15 Maret 2012 | 08:06 WIB
KOMPAS.com – Inilah gejala “penyakit ijazah” yang akan mewabah di Indonesia jika tidak diantisipasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Seorang profesor di satu perguruan tinggi negeri (PTN) dipecat mengajar dan membimbing oleh ketua program studi. Alasannya karena proses belajar- mengajar dan cara penilaian sang profesor dianggap bermasalah. Pemecatan didasarkan adanya surat kaleng mahasiswa yang tak dapat dibuktikan kebenarannya. Dalam surat itu tak disebutkan nama dan nomor induk mahasiswa. Hanya diterangkan bahwa sang profesor pelit memberi nilai, petunjuk tugas tak jelas, tugas terlalu banyak, dan kesempatan ujian perbaikan tidak ada. Ketua program studi dan rektor PTN tersebut langsung setuju dengan isi surat tanpa adanya usaha klarifikasi kepada sang profesor sebelum memecatnya. Fenomena di atas merupakan fakta teori yang dikemukakan Rendall Collin (1979) tentang masyarakat kredensial (credentials). Masyarakat kredensial ini menganggap ijazah salah satu hal yang sangat penting dalam usaha untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi, baik dalam pemerintahan maupun swasta.

…dst

26 ) Karya Ilmiah Mirip 60?70%, Tak Lulus
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593508/karya-ilmiah-mirip-60-70-tak-lulus

Kamis, 15 Maret 2012 10:18 wib
PALEMBANG – Guna memberantas plagiator karya ilmiah di kalangan dosen, pihak perguruan tinggi pun menetapkan aturan khusus. Karya ilmiah yang memiliki kemiripan antara 60 hingga 70 persen akan otomatis didiskualifikasi, dan penulisnya tidak akan lulus sertifikasi. Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II Diah Natalisha menuturkan, pihaknya pun meluncurkan portal khusus yang dinamai Portal Kopertis II untuk berfungsi mendeteksi kemiripan karya ilmiah dosen-dosen dalam mengurus jenjang jabatan akademis. “Jadi, nanti dosen harus lebih berhati-hati memublikasikan karya ilmiahnya, harus bisa dipertanggungjawabkan. Kalau sampai mirip 60–70 persen, bisa tidak lulus sertifikasinya,” ujar Diah.

…dst

27 ) Anugrah UPI untuk Karya Tulis bagi Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180699

15 Maret 2012
BANDUNG, (PRLM).- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan memberikan Anugrah UPI untuk penulisan karya tulis bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Rektor menyediakan hadiah dan insentif yang menarik sesuai dengan ketentuan di UPI. Karya yang diikutsertakan dalam penilaian dapat dikirim langsung ke Kantor Humas UPI, Gd. University Centre, Lantai 1 Jln. Dr. Setiabudhi Bandung. Info lebih lanjut bisa diunduh di [email protected], atau hubungi 022-2016444. Adapun syarat dan ketentuan adalah karya yang dinilai pernah diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi, pernah diterbitkan dalam Jurnal Nasional Terakreditasi, merupakan karya ilmiah populer yang pernah dimuat di koran atau majalah, terbit dalam bentuk buku, karya lain selain di atas, dan hanya untuk karya tulis yang dipublikasikan pada tahun 2011. (A-157/A-108)***

…dst

28 )Mahasiswa UGM Demo Proses Pemilihan Rektor
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/13292895/Mahasiswa.UGM.Demo.Proses.Pemilihan.Rektor

Rabu, 14 Maret 2012 | 13:29 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Aliansi Peduli Universitas Gajah Mada Yogyakarta menggelar aksi demonstrasi menuntut perombakan struktur panitia ad hoc pemilihan rektor yang dinilai subyektif. Mahasiswa juga menilai, Majelis Wali Amanat bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan pemilihan yang tidak transparan dan akuntabel. Hal yang sama, Panitia Ad-Hoc (PAH) juga banyak melakukan penyimpangan. “Bubarkan PAH sebagai penyelenggara pemilihan rektor dan tolak swalayan Majelis Wali Amanat (MWA) yang menjualbelikan pasal tata cara pemilihan rektor,” kata Koordinator Mahasiswa Pandhuri Jayadi, di Balairung UGM, Yogyakarta, Rabu (13/3/2012).

…dst

29 ) Hari Ini, 7 Calon Rektor UGM Ikuti Seleksi Tahap I
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/07354549/Hari.Ini.7.Calon.Rektor.UGM.Ikuti.Seleksi.Tahap.I

Kamis, 15 Maret 2012 | 07:35 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak tujuh calon rektor Universitas Gajah Mada Yogyakarta akan menjalani seleksi tahap pertama hari ini, Kamis (15/3/2012). Proses seleksi ini akan dilakukan oleh gabungan Majelis Guru Besar dan Senat Akademik. Pada tahap pertama ini akan dipilih lima kandidat yang masuk tahap berikutnya. Tujuh calon rektor UGM yang akan mengikuti seleksi tahap pertama adalah:
1. Prof. Dr. Djagal Wiseso Marseno (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM );

…dst

30 ) Beasiswa S-1 ke London, Siapa Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/368/593311/beasiswa-s-1-ke-london-siapa-mau

Kamis, 15 Maret 2012 09:02 wib
JAKARTA – Biaya pendidikan di United Kingdom (UK) alias Inggris sangatlah mahal. Maka, tidak jarang membuat pelajar Indonesia berpikir dua kali untuk melanjutkan pendidikan ke Negara asal David Beckham tersebut. Terutama mereka yang menggunakan biaya pribadi.Tapi sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, salah satu universitas swasta Inggris, yakni London School of Commerce (LSC) memberikan beasiswa parsial bagi 20 pelajar Indonesia berprestasi untuk menjadi mahasiswa mereka. Untuk tahun ini, program beasiswa tersebut ditawarkan dalam dua periode, yakni pada Juni dan Oktober. Demikian seperti dikutip dari siaran pers yang diterimaokezone, Kamis (15/3/2012). Tidak hanya beasiswa, sebagai asosiasi dari Cardiff Metropolitan University, lulusan LSC akan mendapat gelar sarjana oleh Cardiff Metropolitan University. LSC yang telah terakreditasi penuh oleh ASIC (Accreditation Service for International Colleges) ini merupakan kampus pilihan 7.000 mahasiswa yang berasal dari 130 negara.

…dst

31 ) Beasiswa S-2 dan S-3 di UK, Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/368/593316/beasiswa-s-2-dan-s-3-di-uk-mau

Kamis, 15 Maret 2012 11:03 wib
JAKARTA – Selain beasiswa bagi program sarjana, London School of Commerce (LSC) juga menawarkan beasiswa untuk jenjang mater dan doktoral.Program S-2 di LSC, membutuhkan waktu satu tahun. Dengan mengikuti program beasiswa tersebut, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 3.950 poundsterling atau setara dengan Rp14 juta (Rp14.418 per poundsterling). Demikian seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Kamis (15/3/2012). Jika kamu bukanlah lulusan S-1 bidang bisnis maupun manajemen namun berniat melanjutkan program master di LSC, maka diharapkan untuk mengikuti program penyesuaian terlebih dahulu. Program ini berlangsung selama empat bulan dengan biaya 500 poundsterling atau sekira Rp7,2 juta.

…dst

32 ) Kunci Sukses Wawancara Beasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/07550455/Kunci.Sukses.Wawancara.Beasiswa

Kamis, 15 Maret 2012 | 07:55 WIB
KOMPAS.com – Tes waawancara merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh kandidat penerima beasiswa. Tahapan ini, tak sedikit yang menilai cukup berat untuk dilalui. Meski telah mengirimkan aplikasi dengan penulisan esai dan rekomendasi yang meyakinkan, para juri tetap ingin bertemu dan berbincang langsung dengan kandidat penerima beasiswa. Tujuannya, menilai kepribadian Anda dan meyakinkan bahwa apa yang tertulis dalam aplikasi sesuai dengan kenyataan. Tahapan wawancara ini memang menjadi faktor penentu. Tetapi, jangan takut! Ada sejumlah kiat yang bisa Anda terapkan saat harus menjalani tahapan ini. Apa saja?

…dst

33 ) Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Rakornas Pendidikan Untuk Semua
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/293

03/15/2012
Yogyakarta – Sebanyak 360 peserta rapat koordinasi nasional pendidikan untuk semua (PUS) hadir di Yogyakarta guna membahas percepatan pendidikan untuk semua tahun 2015. Rapat ini dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Informal (PAUDNI), Lidiya Freyani Hawadi, yang mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh. Rakornas akan berlangsung dari tanggal 14-16 Maret 2012. Pertemuan antara pusat dan daerah ini diagendakan akan membahas strategi PUS tahun 2012-2013, dan evaluasi pelaksanaan PUS 2011 lalu. Dengan PUS, disparitas gender, dan buta aksara, diharapkan menghilang dari Indonesia. “PUS menjamin tahun 2015 semua anak terutama perempuan, mempunyai akses sama ke pendidikan berkualitas,” tutur Dirjen PAUDNI saat memberi sambutan pembukaan di Hotel Saphir, Yogyakarta, Rabu (14/03). Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Yogyakarta, R. Kadarmanta Baskara Aji, mengakui bahwa Yogyakarta masih memiliki angka buta huruf yang tinggi. Aji menyampaikan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan tersebut. Usia harapan hidup masyarakat Yogyakarta relatif lebih tinggi dari daerah lainnya. Kondisi tersebut berpengaruh pada banyaknya masyarakat usia sepuh yang buta aksara. Faktor lainnya adalah karena sifat rendah hati penduduk Yogyakarta.

…dst

34 ) Diserahkan Mei 2012
Save UI: Honoris Causa untuk Pangeran Charles Hanya Pencitraan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/17322837/Save.UI.Honoris.Causa.untuk.Pangeran.Charles.Hanya.Pencitraan

Rabu, 14 Maret 2012 | 17:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Senat Akademik Universitas Indonesia (SAU-UI) yang juga penggagas gerakan Save UI Ade Armando mengungkapkan, pada Mei 2012 mendatang, Rektor UI Gumilar R Somantri akan memberikan gelar Honoris Causa (HC) kepada Pangeran Charles. Gelar itu akan diserahkan langsung oleh Gumilar bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Inggris.Ia menilai, pemberian gelar itu hanya untuk kepentingan pencitraan dan tidak ada tujuan yang jelas. Pangeran Charles, menurutnya, tidak memiliki peran mencolok untuk pendidikan di kancah global.”Saya anggota SAU, informasi ini dijamin benar. Karena apa? Apa coba jasa Pangeran Charles? Itu hanya pencitraan,” kata Ade, di Gedung Komisi Informasi Publik (KIP), Jakarta, Rabu (14/3/2012).

…dst

35 ) Kerjasama
UI-Rajawali Fondation Bentuk Pusat Kajian Kebijakan Publik
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/10111869/UI-Rajawali.Fondation.Bentuk.Pusat.Kajian.Kebijakan.Publik.

Kamis, 15 Maret 2012 | 10:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk menjawab tantangan masa depan yang makin sulit, diperlukan sumber daya manusia yang berkompetensi dan berkeahlian dan handal.Untuk itulah, UI dan Rajawali Fondation meembentuk Pusat Kajian Kebijakan Publik yang diberi nama Indonesia Center for Public Policy Studies/ICPPS. Grand launching ICPPS dilakukan, Kamis (15/3/2012) di Hotel Four Seasson, Jakarta. Chairman ICPPS adalah Prof Dorodjatun Kuntjoro-Jakti Ph.D dengan CEO Dr Ir Nining Indroyono Soesilo MA, dan dewan penasehat salah satunya Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Prof Firmanzah PhD.

…dst

36 ) Fisikawan Itu Akhirnya Menjadi Guru Besar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/21080152/Fisikawan.Itu.Akhirnya.Menjadi.Guru.Besar

Rabu, 14 Maret 2012 | 21:08 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Fisikawan Universitas Indonesia (UI), Prof Dr Terry Mart, dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Fisika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).Pengukuhan dipimpin Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri, Rabu (14/3/2012), di Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat. Terry Mart, salah satu fisikawan Indonesia yang produktif. Lebih kurang 117 publikasi ilmiah telah dihasilkan dalam jurnal Physical Review, yang merupakan jurnal fisika bergengsi dalam lingkup internasional. Terry Mart lahir pada 3 Maret 1965 di Palembang, Sumatera Selatan. Kecemerlangan Terry Mart sudah terlihat sejak ia mahasiswa. Lulusan Sarjana Fisika berpredikat cum laude FMIPA UI pada tahun 1988 ini, memperoleh gelar doktor berpredikat cum laude dari Institut f¨ur Kernphysik, Universit¨at Mainz, Jerman, pada 1996 dengan tesis berjudul “Electromagnetic Production of Kaons off the Nucleon and 3He”.

…dst

37 ) Cuma 500 Kampus Berteknologi
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/14/079390148/Cuma-500-Kampus-Berteknologi

RABU, 14 MARET 2012 | 12:23 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Teknologi informasi dan komunikasi baru digunakan oleh 500 dari 3.011 perguruan tinggi dalam proses belajar-mengajarnya pada tahun ini. Angka ini meningkat dibandingkan angka tahun lalu sebanyak 355 kampus di Tanah Air. “Saat ini baru sekitar 17 persen,” kata Direktur Enterprice & Wholesale Telkom, Arief Yahya, di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2012. Menurut Arief, kenaikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi itu seiring dengan meningkatnya kesadaran para civitas academica.PT Telkom Indonesia merekam dan melakukan pemeringkatan pemakaian teknologi di kampus-kampus melalui TeSCA. Program TeSCA adalah rangkaian dari INDIGO Award untuk perguruan tinggi sebagai bagian kegiatan CSR Telkom di bidang pendidikan.

…dst

38 ) UI Kampus Tercerdas Versi Telkom
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/14/079390148/Cuma-500-Kampus-Berteknologi

Rabu, 14 Maret 2012 | 18:06 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Untuk keempat kalinya, Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai Kampus Tercerdas di Indonesia oleh Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2011. UI menyabet penghargaan ini sejak anugerah digelar tahun 2008. Anugerah kampus tercerdas diikuti oleh 355 perguruan tinggi di Indonesia. Penghargaan ini diterima Wakil Rektor UI Sunardji SE MM dan Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI) UI Prof Dr Riri Fitri Sari, Rabu (14/3/2012), di Jakarta. Penghargaan ini diberikan kepada kampus yang memiliki dedikasi dan inovasi dalam pengembangan infrastruktur kampus berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

…dst

39 ) Earth our Save, Cara Anak Undip Peduli Bumi
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/372/593553/earth-our-save-cara-anak-undip-peduli-bumi

Kamis, 15 Maret 2012 11:46 wib
SEMARANG – Sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil. Setidaknya, pepatah itu konsisten dilakukan oleh Earth Our Save. Sebuah komunitas yang mengampanyekan penyelamatan alam lewat seruan hemat energi.
Komunitas yang berdiri pada Maret 2011 ini didominasi mahasiswa Jurusan Planologi Universitas Diponegoro (Undip). Dengan jumlah anggota aktif mencapai 20 orang, mereka berkampanye lewat berbagai media. Mereka menyebar pamflet, menyablon kaus, membuat pin, dan mencetak stiker ajakan menjaga bumi. “Kami terus mengajak masyarakat luas menjaga bumi, dari mulai membakar sampah plastik hingga hemat listrik dengan tidak menyalakan lampu jika tidak diperlukan. Kita butuh bumi dan sebaliknya, bumi membutuhkan kita untuk merawatnya,” papar Intan Muning H, pegiat Earth Our Save Kota Semarang.

…dst

40 ) Berminat Belajar Perbankan? BCA Bikin Pelatihan Program Diploma
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/14/m0v9vh-berminat-belajar-perbankan-bca-bikin-pelatihan-program-diploma

Kamis, 15 Maret 2012 03:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—BCA meresmikan pusat pelatihan perbankan program diploma perbankan di kampus Universitas Brawijaya, Malang dalam rangka menunjang proses belajar mengajar mahasiswa diploma. “Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program bakti BCA dalam bidang pendidikan,” ucap Sekretaris Perusahaan BCA, Inge Setiawati. Dalam kerja sama ini, lanjut Inge, BCA dapat turut berpartisipasi membantu peserta didik advokasi, Universitas Brawijaya untuk menjadi lulusan yang siap pakai, di industri finansial khususnya di bidang perbankan. Dengan fasilitas yang ada, program pusat pelatihan perbankan akan sangat berguna bagi mahasiswa, karena program diploma perbankan Universitas Brawijaya sebagai modal awal untuk memasuki dunia kerja, tegasnya.

…dst

41 ) Kemah Remaja
Uji Coba Pendidikan Karakter di 25 Sek
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/07253564/Uji.Coba.Pendidikan.Karakter.di.25.Sekolah

Kamis, 15 Maret 2012 | 07:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 500 siswa dan guru dari 25 SMA negeri dan swasta di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi mengikuti pendidikan karakter dalam bentuk kemah remaja di Lembang, Bandung Barat, 13-18 Maret 2012. Siswa dan guru yang mengikuti proyek percontohan pendidikan karakter ini dipilih dari sekolah-sekolah yang memiliki potensi kekerasan, baik sebagai pelaku maupun korban kekerasan. Direktur Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno, Rabu (14/3/2012), di Lembang, mengatakan, pendidikan karakter mendesak diberikan untuk mengantisipasi kekerasan yang belakangan sering terjadi di sekolah atau lingkungan sekitar sekolah.

…dst

42 ) Kemah Remaja Cetak Siswa dan Guru Jadi Trainer Pendidikan Karakter
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/294

03/15/2012
Lembang – Kemah Remaja Pendidikan Karakter Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk pertama kalinya diselenggarakan pada 13-18 Maret 2012. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen), memilih 25 SMA, yang terdiri dari SMA negeri dan swasta di Jabotabek, sebagai SMA pilot project dalam Kemah Remaja tersebut. Kemah Remaja berlangsung selama enam hari di Lembang, Jawa Barat. Tema yang diangkat dalam Kemah Remaja pertama ini adalah “Meningkatkan Kematangan Jiwa dan Kestabilan Emosi dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Terpuji”. Sebanyak 25 SMA yang dipilih untuk mengikuti Kemah Remaja ini, masing-masing mengirimkan 20 orang, yang terdiri dari 18 sisa dan dua guru. Pemilihan sekolah dilakukan dengan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Salah satu pertimbangannya adalah sekolah yang dinilai rawan atau berpotensi terjadi tindak kekerasan.

…dst

43 ) Kemenkes Pastikan Harga Obat Naik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477828/

Thursday, 15 March 2012
JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan harga obat generik akan mengalami kenaikan, seiring dengan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TTL) per April 2012 mendatang.Meski naik, Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu mengatakan, besaran kenaikan harganya tidak akan terlalu besar. Langkah itu dilakukan dengan memperbesar volume produksi obat. “Sebetulnya sejalan dengan kenaikan BBM dan TDL, tentu saja harga obat generik harus disesuaikan. Tetapi di lain pihak,pada saat yang sama kita berupaya untuk memperbesar volume obat,dengan melakukan upaya universal coverage,” katanya kepada wartawan di Jakarta,kemarin.

…dst

44 ) Dikembangkan, Obat Kanker Murah
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120722/Dikembangkan,-Obat-Kanker-Murah-

Kamis, 15 Maret 2012 , 09:40:00
JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang mengembangkan pengobatan penyakit kanker dengan biaya yang lebih murah. Sekarang ini, pengobatan penyakit tersebut masih memakan dana yang sangat besar. Mencapai puluhan juta. Hal tersebut karena dianognosis dan menentukan faktor resiko yang cukup sulit. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, penanganan kanker masih belum optimal. Hampir 70 persen pasien datang ketika sudah berada pada stadium 3 dan 4. Akibatnya, pengobatan yang bisa dilakukan juga kurang optimal. Selain itu, tidak semua puskesmas memiliki peralatan yang dapat mendiagnosis keberadaan kanker.”Kanker disebabkan oleh berbagai macam faktor risiko dan penanganannya pun bisa dilakulan dengan kombinasi berbagai pengobatan. Hal inilah yang membuat pengobatan kanker menjadi mahal dan sulit dijangkau masyarakat,” ujar Endang usai meresmikan PET Scan di RS Pusat Kenker Nasionnal Dharmais di Jakarta, (14/3).

…dst

45 ) Laporan dari Den Haag
Prof. Sofjan: Amandemen KUHP, Gantung Anas
http://news.detik.com/read/2012/03/14/185257/1867527/10/prof-sofjan-amandemen-kuhp-gantung-anas?n990102mainnews

Rabu, 14/03/2012 18:52 WIB
Den Haag KUHP Indonesia memang tidak mengenal hukum gantung, namun kalau bangsa ini menghendaki, bisa saja KUHP diamandemen, sehingga sesuai ucapan Anas, dia bisa digantung jika terbukti korupsi. Hal itu disampaikan Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA kepada detikcom di Den Haag, Rabu (14/3/2012) menanggapi simpang-siur seputar dugaan peran Anas Urbaningrum dalam perkara korupsi dan pernyataannya siap digantung di Monas. “Pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang siap digantung, jika terbukti korupsi, harus direspon dan ditindaklanjuti oleh KPK. Segera tangkap dan periksa Anas sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku,” ujar Prof. Sofjan.

…dst

46 ) Keuntungan Zona Satu Waktu
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120733/Keuntungan–Zona-Satu-Waktu-

Kamis, 15 Maret 2012 , 11:30:00
JAKARTA– Rencana pemerintah untuk menyatukan zona waktu bakal menguntungkan Indonesia dalam berbagai hal, utamanya dalam hal perekonomian. Dengan zona satu waktu, banyak biaya yang bakal dihemat, mulai dari jam kerja, traffic, hingga ke aktivitas ekonomi yang lebih efektif dan efisien. Wacana penyatuan zona waktu itu pada awalnya sering dilontarkan Penasihat Indonesia Marketing Association (IMA), HM Alwi Hamu pada berbagai kesempatan pertemuan nasional, tujuh tahun silam. Hal itu juga sudah disampaikannya kepada pemerintah, sampai akhirnya kembali mencuat setelah Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa mengungkapkan bahwa anggaran bakal hemat triliunan rupiah jika zona waktu dijadikan satu. Saat ini Indonesia terdiri dari tiga zona waktu; Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi wilayah Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali,” Waktu Indonesia Tengah (WITA) dengan wilayah Kalimantan dan Sulawesi, dan Waktu Indonesia Timur (WIT) yang didalamnya terdapat Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua.

…dst

47 ) Prof Thomas Djamaluddin: Zona Waktu Harus Perhatikan Jam Matahari
http://news.detik.com/read/2012/03/14/165149/1867389/158/prof-thomas-djamaluddin-zona-waktu-harus-perhatikan-jam-matahari?n990102mainnews

Rabu, 14/03/2012 16:51 WIB
Jakarta Kalangan pebisnis sepakat dengan rencana penyatuan zona waktu di Indonesia. Sebelum rencana ini direalisasikan harus ada kajian yang komprehensif tentang sisi positif dan negatifnya. Yang juga perlu diperhatikan, kebijakan zona waktu juga harus memperhatikan jam matahari.”Kalau saya sebagai peneliti terkait masalah matahari dan perubahan harian matahari, maka akan concern pada perilaku manusia yang terkait terbit dan terbenamnya matahari. Matahari ini lebih berpengaruh pada aktivitas manusia ketimbang jam. Jam itu menyesuaikan aktivitas, bukan aktivitas menyesuaikan jam,” ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

…dst

48 ) ‘Facebook’ Islami, Salam World, Siap Meluncur Saat Ramadhan
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/03/15/m0wh13-facebook-islami-salam-world-siap-meluncur-saat-ramadhan

Kamis, 15 Maret 2012 10:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Buat penggemar jejaring sosial, siap-siap menyambut kehadiran Salam World. Inilah Facebook versi Islam yang direncanakan meluncur Juli nanti bertepatan dengan bulan Ramadhan. Menurut para penggagas, ini akan menjadi situs yang menjunjung tinggi “norma dan nilai kehidupan keluarga”. Sama seperti Facebook, Salamworld juga komersial. Menurut warga Rusia Abdulvahit Niyazov, salah seorang pendiri Salamworld.com, ada kebutuhan untuk platform serupa ini, karena remaja Muslim tidak merasa nyaman di Facebook karena terkesan cukup bebas lantaran masuknya konten pornografi. Para penggagas situs baru ini melihat kemungkinan keberhasilan komersial. Mereka ingin menciptakan akses ke sejumlah besar e-books (buku-buku elektronik) Islam sampai akses ke buku panduan perjalanan yang khusus bagi muslim.

…dst

49 ) Sekilas dalam Negeri
Markas HMI diserang
Inilah Kronologi ‘Penyerangan’ Aparat ke Markas HMI
Polisi Cek Aparatnya yang Diduga Acak-acak Sekretariat HMI Jakarta
Bekas Telapak Sepatu Aparat di Pintu Sekretariat HMI Jakarta
Polisi Amankan Tiga Aktivis HMI karena Bakar Ban & Tutup Jalan
Luka Lebam, 3 Aktivis HMI Minta Visum ke Polda Metro Jaya
Alumni HMI: Aparat Jangan Jadi Centeng Kekuasaan
Inspeksi Mendadak
DPR Anggap Protes Menkeu Berlebihan
KPK diuji
Wewenang KPK Terancam Dipreteli, Busyro Yakin Masyarakat akan Melawan
Pimpinan KPK Harus Kompak
Kasus Nunun-Angie Picu Kisruh di KPK
Kasus-kasus yang Memunculkan Ketegangan di KPK
Pemeriksaan Angie Terancam ‘Mangkrak’  
Kasus Dhana
Hari Ini Kejagung Sita Tanah Milik Dhana di Jatiasih
Status Anak di luar Nikah
MK Harus Libatkan Institusi Lain
Kemenag Jadi Berat Jalankan Putusan MK
Kemenag: Ada Beda Penafsiran Soal Status Anak
Mendagri: Tak Mudah Cari Ayah Biologis
Ulama Pecah Jadi Dua
Gempa
Gempa 6,4 SR Guncang Papua Nugini, Tak Berpotensi Tsunami
Sekilas luar negeri
Serangan Israel
Indonesia kutuk serangan Israel ke Gaza
Iran
Obama-Cameron Ingin Berunding dengan Iran, Bukan Aksi Militer
AS minta Rusia peringatkan Iran soal program nuklirnya
Belgia
Kecelakaan Bus Wisata, 28 Tewas