1 ) Pemerintah Siapkan Subsidi Biaya Operasional Kuliah
Agar Biaya Kuliah Tak Melambung
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120580/Pemerintah-Siapkan-Subsidi-Biaya-Operasional-Kuliah-

Rabu, 14 Maret 2012 , 06:36:00
JAKARTA – Pemerintah menjamin tidak ada kenaikan biaya kuliah, meski harga BBM diperkirakan naik bulan depan. Untuk menekan biaya kuliah agar tidak naik, pemerintah mensubsidi biaya operasional kuliah sebesar Rp 1,2 triliun untuk seluruh kampus negeri. Hanya saja, sampai sekarang belum ada tanda-tanda kepatian waktu pencairan biaya operasional tersebut. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, biaya yang didapat dari pos APBNP 2012 ini baru bisa cair jika kampus melayangkan daftar SPP tunggal ke kantornya. “Sampai sekarang sudah ada yang melayangkan, tapi belum banyak,” ujar Djoko di Jakarta, Selasa (13/3). Dia menegaskan, harus menunggu seluruh kampus negeri yang jumlahnya hampir seratus menyerahkan rincian SPP tunggal, baru bisa menyalurkan subsidi tadi. Sebab, kata dia, SPP tunggal itu adalah acuan bagi Ditjen Dikti untuk membagi rata dan adil subsidi operasional kuliah tadi.

…dst

2 ) Wanita Indonesia Terpilih Jadi Presiden UT Internasional
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/13/m0tclj-wanita-indonesia-terpilih-jadi-presiden-ut-internasional

Selasa, 13 Maret 2012 14:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Universitas Terbuka (UT) memperoleh kebanggaan dan pengakuan di dunia internasional. Rektor UT Prof Tian Belawati telah terpilih sebagai presiden lembaga internasional pendidikan terbuka dan jarak jauh atau International Council for Open and Distance Education (ICDE), di Oslo Norwegia, 29 Februari 2012 lalu. Tian terpilih secara aklamasi menjadi Presiden ICDE periode 2012 hingga 2015. Prof. Ia mengukir prestasi yang membanggakan karena menjadi wanita Asia pertama yang terpilih sebagai Presiden ICDE. “Ini kebanggan dan penghargaan bagi Indonesia. Jika dunia internasional percaya dengan UT, kami berharap masyarakat Indonesia bisa mendukung peningkatan kualitas layanan UT dalam pendidikan tinggi jarak jauh yang dapat melayani semua anak bangsa di dalam dan luar negeri,” ujar Tian, dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (13/3). ICDE merupakan organisasi internasional yang memayungi perbagai komunitas pendidikan terbuka dan jarak jauh di seluruh dunia. Organisasi ini didirikan tahun 1938, dan berpusat di Oslo, Norwegia. Saat ini ICDE memiliki anggota lebih dari 60 negara, yang dipresentasikan oleh 6 orang anggota Executive Committee (EC). Satu EC dipilih oleh seluruh individu anggota ICDE, dan 5 EC dipilih oleh anggota lembaga pendidikan jarak jauh. Anggota executive inilah yang memperoleh mandat untuk memilih Presiden ICDE.

…dst

3 ) KBRI Berlin gelar sosialissi beasiswa debt swap
http://www.antaranews.com/berita/301263/kbri-berlin-gelar-sosialissi-beasiswa-debt-swap

Rabu, 14 Maret 2012 01:46 WIB
London (ANTARA News) – KBRI Berlin mengelar acara ekspose dan sosialisasi Program Beasiswa Debt Swap untuk pertama kalinya sejak Program Beasiswa Debt Swap, yang merupakan kesepakatan antara Pemerintah RI dan Pemerintah Jerman disepakati akhir tahun 2011 lalu kepada perwakilan-perwakilan perguruan tinggi di Jerman. Sebanyak 19 orang perwakilan perguruan tinggi dan seorang dari German Academic Exchange Service (DAAD) telah hadir dalam acara tersebut, ujar Atase Pendidikan KBRI Berlin, Yul Y. Nazaruddin kepada ANTARA London, Rabu. Dalam kesempatan itu KBRI Berlin telah mengundang perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menjelaskan secara rinci mengenai program beasiswa dimaksud kepada wakil-wakil perguruan tinggi di Jerman. Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kemdikbud, Prof. Dr. Supriadi Rustad, sebagai nara sumber dalam rangka acara tersebut memberikan presentasi mengenai Indonesian German Scholarship Program (IGSP), yang merupakan bagian dari kesepakatan pengalihan hutang (Debt Swap) antara ke dua negara.

…dst

4 ) RI-Singapura Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/592754/ri-singapura-tingkatkan-kerja-sama-pendidikan

Rabu, 14 Maret 2012 10:19 wib
BOGOR – Pemerintah Indonesia dan Singapura menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman terkait bidang pendidikan dan reformasi birokrasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, nota kesepahaman tersebut di antaranya membahas program pertukaran dosen, student mobility, dan penelitian. “Ada juga program untuk saling mengakui hasil pendidikan masing-masing negara. Lulusan dari Indonesia bisa diakui di Singapura, dan sebaliknya,” ujar Nuh usai mendampingi Presiden SBY bertemu PM Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor, Jawa Barat, kemarin.

…dst

5 ) Penerimaan Mahasiswa Baru
2013, SNMPTN Gratis!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/08252864/2013.SNMPTN.Gratis.

Rabu, 14 Maret 2012 | 08:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pada tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana menggratiskan biaya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan, saat ini Kemdikbud tengah menghitung dana yang diperlukan untuk menerapkan SNMPTN gratis.Tahun 2011, pemerintah mengalokasikan Rp 30 miliar untuk menyelenggarakan SNMPTN. Besaran dana itu mampu menutupi biaya operasional SNMPTN jalur undangan dan ujian tulis sekitar 35 persen. Rencana ini, jelas Djoko, sejalan dengan akan dihapuskannya SNMPTN jalur ujian tertulis. Menurutnya, dengan hanya membuka jalur undangan dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN, beban penyelenggaraan SNMPTN lebih ringan karena tidak perlu lagi mencetak naskah untuk ujian tulis.

…dst

6 ) Berlaku 2013
SNMPTN Tulis Akan Dihapus, “Ngapain Ujian Dua Kali?”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/09283669/SNMPTN.Tulis.Akan.Dihapus.Ngapain.Ujian.Dua.Kali.

Rabu, 14 Maret 2012 | 09:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, rencana menghapus jalur ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan berlaku tahun 2013 mendatang. Hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu dan anggaran, serta sebagai pelecut untuk memperkokoh nilai rapor dan nilai ujian nasional (UN) yang kredibel.Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan, ke depannya calon mahasiswa tak perlu lagi melaksanakan dua kali ujian. Setelah selesai melaksanakan dan lulus UN, para siswa dapat langsung dipromosikan oleh sekolah untuk ikut SNMPTN melalui jalur undangan.

…dst

7 ) Komisi X: Penghapusan Ujian Tulis SNMPTN Belum Diputuskan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/11152028/Komisi.X.Penghapusan.Ujian.Tulis.SNMPTN.Belum.Diputuskan

Rabu, 14 Maret 2012 | 11:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi X DPR yang membidangi Pendidikan, Pariwisata dan Olahraga, Tubagus Dedi Gumelar mengatakan, rencana penghapusan ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 belum diputuskan. Pada dasarnya, kata dia, Komisi X hanya menginginkan terbukanya akses Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk seluruh kalangan masyarakat. Ia mengatakan, keterbukaan akses PTN bagi masyarakat luas dapat dimulai dari sisi biaya. Komisi X mendorong agar pendaftaran SNMPTN dapat digratiskan dan biaya pendidikan tinggi tidak memberatkan masyarakat dari golongan tidak mampu. “Penghapusan ujian tulis belum kami putuskan. Yang kami dorong adalah keterbukaan akses PTN, khususnya dari segi pembiayaan agar tidak memberatkan masyarakat miskin,” kata Dedi, Rabu (14/3/2012), di Jakarta.

…dst

8 ) Pendaftar Jalur Mandiri Melonjak
Dampak Penghapusan SNMPTN Jalur Ujian Tulis
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120572/Pendaftar-Jalur-Mandiri-Melonjak-

Rabu, 14 Maret 2012 , 05:05:00
JAKARTA – Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mengantisipasi dampak dari penghapusan SNMPTN jalur Ujian Tulis. Kebijakan ini diantaranya akan berdampak membludaknya pendaftar ujian mandiri masuk PTN. Di saat prediksi bakal terjadi pelonjakan jumlah pendaftar ujian mandiri masuk PTN, masyarakat menilai jika biaya kuliah melalui jalur mandiri lebih mahal. Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, pihaknya menjamin tidak akan ada kenaikan biaya. Baik itu bagi mahasiswa yang lolos dari seleksi SNMPTN maupun jalur mandiri, nominalnya sama. Djoko menerangkan, penghapusan SNMPTN jalur Ujian Tulis dan menggeser untuk jalur Undangan, akan membuat pola baru pendaftaran calon mahasiswa. Mantan rektor ITB itu mengatakan, ketika masih ada SNMPTN jalur Ujian Tulis, calon mahasiswa mendapat kesempatan ujian tulis hingga tiga kali. Jika sudah tiga kali tetapi tetap tidak lulus, jalan satu-satunya untuk kuliah di PTN adalah melalui jalur ujian mandiri.

…dst

9 ) IPB Tak Terpengaruh Peraturan Mendikbud
http://www.jpnn.com/read/2012/03/14/120605/IPB-Tak-Terpengaruh-Peraturan-Mendikbud-

Rabu, 14 Maret 2012 , 10:28:00
BOGOR– Peraturan Menteri Pendidikan dan Kabudayaan (Mendikbud) yang hanya memberlakukan jalur undangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mendatang, diakui Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry tak terlalu berpengaruh. Herry menyebutkan, pihaknya sudah menerima sosialisasi mengenai kebijakan tersebut. Menurutnya, pemerintah tidak akan menghapus sistem ujian tertulis dalam SNMPTN tahun depan. Melainkan hanya mengurangi kuotanya. Dengan memperbanyak jalur undangan, maka resistensi ujian tertulis akan lebih terminimalisir, seperti kasus joki SNMPTN. “Dalam Permendiknas Nomor 34 Tahun 2010, penerimaan mahasiswa baru melalui dua cara, yakni melalui jalur undangan dan mandiri. Disitu dijelaskan bahwa jumlah mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan itu sekurang-kurangnya 60 persen. Sedangkan kami sudah melaksanakan sejak lama,” katanya kepada Radar Bogor (Group JPNN). Dalam kebijakan tersebut disebutkan, minimal 60 persen mahasiswa diterima melalui jalur undangan. Sedangkan 40 persennya dari jalur mandiri, yakni diserahkan ke perguruan tinggi masing-masing.

…dst

10 ) SNMPTN Tulis Akan Dihapus
Penghapusan Ujian Tulis SNMPTN Dinilai Gegabah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/10404225/Penghapusan.Ujian.Tulis.SNMPTN.Dinilai.Gegabah

Rabu, 14 Maret 2012 | 10:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana pemerintah menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur tertulis dinilai gegabah. Pengamat Pendidikan dari Universitas Paramadina, Muhammad Abduhzen mengatakan, hal itu akan semakin membuka celah kecurangan yang berpengaruh pada kualitas lulusan pendidikan tinggi di masa yang akan datang. Apalagi, menurutnya, saat ini belum ada peta data pokok serta kualitas pendidikan secara nasional. “Jalur undangan bisa menjadi baik hasilnya, kalau kita sudah memiliki data dan peta sekolah rapi, dan tertata lengkap. Peta kualitas sekolah dan data-data pokok pendidikan kita saja masih kacau. Kebijakan penghapusan ujian tulis SNMPTN itu akan merugikan,” kata Abduhzen, Rabu (14/3/2012), di Jakarta.

…dst

11 ) Penghapusan Ujian Tertulis Masuk SNMPTN Dinilai Belum Wajar
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180544

Selasa, 13/03/2012 – 17:31
JAKARTA, (PRLM).- Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menghapus ujian tertulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, mulai menuai polemik. Sekretaris Panitia SNMPTN, Rochmat Wahab menegaskan, jika kebijakan itu dilakukan, akan memicu makin maraknya manipulasi nilai sekolah siswa SLTA. “Selama ini saja, jalur undangan masuk PTN masih diwarnai dengan aksi manipulasi nilai siswa oleh pihak sekolah, seperti terjadi di SMAN 5 Medan. Maka, jika seleksi SNMPTN tahun depan memberikan jatah lebih besar lagi lewat jalur undangan, akan semakin banyak sekolah yang melakukan kecurangan, dengan harapan siswanya bisa diterima di PTN lewat jalur undangan itu,” ujar Rochmat Wahab di Jakarta, Selasa (13/3). Menurutnya, nilai ujian sekolah dan nilai rapor tidak terjamin dibuat secara jujur. Sekolah bisa saja memberi nilai 9 atau 10 semua kepada siswanya, toh guru sekolah yang memberikan nilai itu. “Bagaimana kami bisa menjamin kualitas siswa itu nantinya,” tegasnya.

…dst

12 ) PTN Khawatirkan Manipulasi Rapor
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/14/180150/PTN-Khawatirkan-Manipulasi-Rapor

14 Maret 2012
SEMARANG- Rencana penghapusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis pada 2013 mendapat dukungan perguruan tinggi. Namun begitu banyak persoalan mengganjal yang harus dibenahi dimana salah satunya adalah kekhawatiran terhadap kemungkinan manipulasi nilai rapor serta proses ujian nasional (UN).Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengungkapkan, sisi positif dari rencana tersebut adalah bentuk pengakuan dari PTN terhadap hasil belajar siswa dalam bentuk rapor semester serta hasil UN. Permintaan untuk menggunakan nilai UN menjadi dasar seleksi masuk PTN sebenarnya sudah lama dilontarkan tetapi selalu ditolak karena UN bersifat sumatif (evaluasi). “Sedangkan seleksi ujian masuk lebih bersifat prediksi,” kata dia.

…dst

13 ) SNMPTN Tanpa Ujian Tulis, Sekolah Diminta Objektif
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/592685/snmptn-tanpa-ujian-tulis-sekolah-diminta-objektif

Rabu, 14 Maret 2012 08:39 wib
PALEMBANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan formulasi baru dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013, dengan jalur undangan 60 persen dan jalur mandiri 40 persen, sedangkan SNMPTN jalur tulis dihapus.Kebijakan menetapkan menghapus SNMPTN jalur ujian tulis merupakan implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 34/2010. Dalam peraturan menteri tersebut dinyatakan, penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui dua skema, yaitu SNMPTN dan/atau jalur mandiri. Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya (Unsri) Zulkifli Dahlan, DEA, mengatakan, sesuai peraturan menteri, tahun depan seleksi masuk PTN dibagi menjadi dua, yaitu SNMPTN dengan pagu 60 persen dari total kuota nasional dan seleksi jalur mandiri dengan pagu 40 persen. Adapun pagu 60 persen untuk SNMPTN ini dilaksanakan dengan jalur undangan semuanya.

…dst

14 ) Unnes Setuju SNMPTN Tulis Dihapuskan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/1224188/Unnes.Setuju.SNMPTN.Tulis.Dihapuskan

Selasa, 13 Maret 2012 | 12:24 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyepakati rencana penghapusan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tulis pada 2013. Dengan dihapuskannya jalur tulis, maka penerimaan mahasiswa baru di PTN hanya melalui jalur undangan. “Kami bukan hanya setuju, namun sangat setuju (SNMPTN tulis dihapus). Menurut kami, tidak ada masalah jika SNMPTN jalur tulis akan dihapus,” kata Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Senin (12/3/2012). Menurut dia, selama ini Unnes telah memberi porsi sangat besar untuk calon mahasiswa melalui SNMPTN undangan dibandingkan jalur tulis. Hal itu dilakukan sebagai upaya menghargai hasil jerih payah guru dan sekolah mendidik para siswanya.

…dst

15 ) 2.000 Mahasiswa PTS Akan Dapat Bidik Misi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/14/09515941/2.000.Mahasiswa.PTS.Akan.Dapat.Bidik.Misi

Rabu, 14 Maret 2012 | 09:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar baik datang untuk para mahasiswa di perguruan tinggi swasta. Mulai tahun 2013, pemerintah akan memberikan program beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswa PTS.Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, pihaknya akan memberikan program beasiswa itu kepada 2.000 mahasiswa di PTS. Akan tetapi, kata dia, beasiswa itu hanya diberikan kepada mahasiswa miskin berprestasi dari PTS dengan program studi (prodi) terakreditasi A.”Kita akan berikan Bidik Misi kepada 2.000 mahasiswa PTS. Dengan catatan, mahasiswa tersebut miskin dan berasal dari prodi terakreditasi A,” kata Djoko, Selasa (13/3/2012) sore, di Jakarta.

…dst

16 ) “Agar Berakhir Cerita Batal Kuliah karena Biaya”
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/13/079390030/Agar-Berakhir-Cerita-Batal-Kuliah-karena-Biaya

SELASA, 13 MARET 2012 | 21:14 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Ketua Komisi Pendidikan Dewan Perwakilan Rakyat Mahyuddin mengatakan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi diharapkan memberi jaminan pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu. “Semangatnya agar tidak ada lagi pelajar yang batal masuk universitas karena kendala biaya,” ujar Mahyuddin, Selasa, 13 Maret 2012. Menurut Mahyuddin, pembahasan RUU yang sudah hampir rampung dibahas Panitia Kerja ini akan memberi penekanan kepada universitas untuk menerima siswa kurang mampu. Bentuk dan mekanisme pemberian beasiswa kepada mahasiswa dan calon mahasiswa kurang mampu akan diatur lebih tegas. “Biaya pendidikan tinggi yang terjangkau, akan diatur sepenuhnya dalam RUU ini.”

…dst

17 ) IPB kembangkan koperasi syariah berbasis masjid desa
http://www.antaranews.com/berita/301319/ipb-kembangkan-koperasi-syariah-berbasis-masjid-desa

Rabu, 14 Maret 2012 11:06 WIB
Bogor (ANTARA News) – Sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor mengembangkan koperasi syariah berbasis masjid di desa, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga setempat. “Ide dasar ini muncul karena ada keinginan kami untuk lebih menyejahterakan masyarakat desa melalui kegiatan ekonomi di masjid, ditambah lagi seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW di mana masjid juga digunakan sebagai pusat pemerintahan,” kata Riki Cahyo Edy, salah satu mahasiswa penggagas program itu di Bogor, Jawa Barat, Rabu. Lima mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan kegiatan itu adalah Randy, sebagai ketua tim dengan anggota Riki Cahyo Edy, M. Wahyu Sautomo, Asep Hambali, dan Pipit Pratama. Mereka menggagas koperasi syariah di Masjid Al-Ghomidi, Desa Cibitung Tengah, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa yang telah didanai oleh Ditjen Dikti Kemendikbud, kelima mahasiswa IPB itu memiliki motivasi menggandeng desa untuk lebih jauh mengenal koperasi syariah.

…dst

18 ) Lulusan Agribisnis Justru Banyak Dicari
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/17362661/Lulusan.Agribisnis.Justru.Banyak.Dicari

Selasa, 13 Maret 2012 | 17:36 WIB
CIANJUR, KOMPAS.com — Pertanian kerap menjadi jurusan dalam ilmu pendidikan yang kurang populer di mata remaja masa kini, berbeda dengan ilmu komputer yang banyak digandrungi. Padahal, lulusan ilmu pertanian justru banyak dicari di pasar tenaga kerja, seperti yang terjadi pada para lulusan Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura di SMKN 1 Pacet, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (13/3/2012). Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultra di SMKN 1 Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, misalnya, kini mendapat saingan baru. SMKN I membuka Jurusan Teknologi Komputer Jaringan. Siswa baru berbondong-bondong mendaftar ke jurusan baru ini, tetapi para tenaga pengajar di sekolah tersebut mengatakan bahwa sebenarnya pasar tenaga kerja tetap lebih mudah menyerap lulusan agribisnis.

…dst

19 ) Sah-Sah Saja Lulusan IPB Bekerja di Luar Bidang Pertanian
http://regional.kompas.com/read/2012/03/14/0716209/Prof.Rai.Gamelan.Bali.Berkembang.di.Manca.Negara

Selasa, 13 Maret 2012 06:36 WIB
JAKARTA–MICOM: Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Hery Suhardiyanto mengungkapkan bahwa wajar jika banyak lulusan IPB yang pada akhirnya bekerja di luar bidang studi pertanian. “Saya tidak menyalahkan jika banyak lulusan IPB yang bekerja di bidang lain selain pertanian karena memang sistem insentif belum memberi apresiasi di bidang pertanian di negeri ini,” kata dia pada jumpa pers peluncuran Agrinex Expo 2012 di Jakarta, Senin (12/3). Ia mengungkapkan hal tersebut terkait dengan anggapan bahwa mundurnya pertanian lokal disebabkan oleh kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. “Masyarakat kita masih belum bisa memberi apresiasi positif pada dunia pertanian, masih ada ‘misleading’ mengenai peluang pertanian di masyarakat kita, pertanian identik dengan kemiskinan sehingga citranya cenderung negatif,” kata dia.

…dst

20) PTS Akan Gugat Edaran Dikti soal Publikasi Karya Ilmiah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/13524657/PTS.Akan.Gugat.Edaran.Dikti.soal.Publikasi.Karya.Ilmiah

Selasa, 13 Maret 2012 | 13:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) akan menggugat Surat Edaran Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud no 152/E/T/2012 tentang publikasi karya ilmiah sebagai persyaratan lulus bagi sarjana strata satu, dua dan tiga ke Mahkamah Agung (MA). Surat edaran ini dikeluarkan pada 27 Januari lalu dan akan berlaku bagi lulusan setelah bulan Agustus 2012. “Jika pemerintah memaksakan pemberlakuan SE itu, maka tidak ada jalan lain bagi kami untuk menggugatnya ke MA,” kata Ketua Umum Aptisi Prof Dr Edy Suandi Hamid di Jakarta, Senin (12/3/2012). Saat ini, kata Edy, pihaknya masih berupaya mendesak Mendiknas agar mencabut SE yang dijadwalkan akan diberlakukan kepada seluruh perguruan tinggi Indonesia pada Agustus 2012 tersebu.

…dst

21 ) Anggaran Riset Unsoed Purwokerto Rp 10 Miliar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/19342946/Anggaran.Riset.Unsoed.Purwokerto.Rp.10.Miliar

Selasa, 13 Maret 2012 | 19:34 WIB
PURWOKERTO, KOMPAS.com — Anggaran riset dan penelitian dosen di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, terus meningkat. Pada 2011, misalnya, anggaran riset naik dari kisaran Rp 600 juta pada 2012, menjadi hingga Rp 6 miliar. Bahkan, bila ditambah dengan sumber-sumber dana yang lain, untuk tahun 2011 dana penelitian Unsoed mencapai Rp 10 miliar lebih. Hal ini diungkapkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsoed, Prof Totok Agung Dwi Haryanto, MP, Ph.D, Selasa (13/3/2012). “Kenaikan anggaran riset ini sejalan dengan terus menerusnya LPPM memfasilitasi peningkatan kualitas sumber daya periset Unsoed. Dalam setahun, kami dapat menyelenggarakan hingga 10 kali pelatihan dan pendampingan,” ujarnya. Hasilnya pun sepadan. Pada 2011, sekitar 650 dosen terlibat dalam penelitian, 40 publikasi internasional dan 85 publikasi nasional terakreditasi.

…dst

22 ) Mahasiswa UT Bisa Dapat Beasiswa Bidik Misi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/16554645/Mahasiswa.UT.Bisa.Dapat.Beasiswa.Bidik.Misi

Selasa, 13 Maret 2012 | 16:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Keikutsertaan Universitas Terbuka, dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada tahun 2013, membuka peluang bagi mahasiswa UT baru juga menerima beasiswa bidik misi. Beasiswa bidik misi tersedia dalam SNMPTN setiap tahunnya. Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi jarak jauh dan terbuka milik pemerinta. “Kuliah di UT belum jadi pilihan banyak lulusan SMA/SMK. Padahal, selain murah, kuliah di UT juga fleksibel. Kami mau menjadilan UT sebagai salah satu pilihan PTN dalam SNMPTN,” kata Rektor Universitas Terbuka, Tian Belawati, Selasa (13/3/2012). Menurut Tian, restu UT untuk ikut SNMPTN pada tahun 2013 nanti sudah diberikan Majelis Rektor PTN Indonesia sebagai penyelenggara PTN. “Nanti, teknisnya akan diperjelas,” ujar Tian.

…dst

23 ) Seleksi UT Melalui SNMPTN Mulai 2013
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/14/04000997/seleksi.ut.melalui.snmptn.mulai.2013…

13 Maret 2012
Jakarta, Kompas – Mulai tahun 2013, Universitas Terbuka direncanakan menjadi salah satu pilihan dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN. Pencantuman Universitas Terbuka dalam SNMPTN ini untuk lebih memperkenalkan Universitas Terbuka kepada lulusan SMA/SMAK. “Pola belajarnya tetap, yakni terbuka dan sistem jarak jauh,” kata Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati di Jakarta, Selasa (13/3). Menurut Tian, Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi terbuka, sistem belajar jarak jauh, dan berstatus negeri, tetapi masih kurang dikenal kalangan muda lulusan SMA/SMK. Karena itu, untuk lebih memperkenalkan UT, pilihan UT akan dicantumkan dalam SNMPTN. Selain untuk memperkenalkan UT, lanjut Tian, pencantuman pilihan UT dalam SNMPTN juga menguntungkan mahasiswa karena calon mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa bidik misi dari pemerintah untuk biaya hidup dan biaya kuliah. “Jika memilih UT, peluang diterimanya sangat besar karena UT terbuka untuk siapa pun, berapa pun usianya,” kata Tian.

…dst

24 ) Pusat Studi Pancasila UGM Gelar Kongres Budi Pekerti
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/14/373/592699/pusat-studi-pancasila-ugm-gelar-kongres-budi-pekerti

Rabu, 14 Maret 2012 10:14 wib
YOGYAKARTA – Konsep pendidikan di Indonesia dinilai tidak selaras dengan sistem pengajaran ketimuran. Pengajarannya hanya menitikberatkan pada ilmu pengetahuan atau intelektual individu dan mengabaikan masalah budi pekerti.”Sistem pengajaran ini merupakan konsep pengajaran Barat. Sedangkan pengajaran ketimuran, selain intelektual, juga tetap memperhatikan pada budi pekerti,” kata Ketua Tim Ahli Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM Sutaryo kemarin. Saat ini antara pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan dilakukan secara terpisah. Padahal tujuan pendidikan dan pengajaran seharusnya untuk kebudayaan, yakni memanusiakan manusia berdasarkan kebangsaan. Bila filosofinya dipisah maka undang-undangnya pun jadi terpisah dan pelaksanaannya akhirnya ikut terpisah. “Harusnya ketiganya tidak boleh dipisah,” tandasnya.

…dst

25 ) Komunikasi PAH Pilrek UGM Dikritik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477485/

Wednesday, 14 March 2012
YOGYAKARTA – Tata cara komunikasi Panitia Ad Hoc (PAH) Pemilihan Rektor (Pilrek) Majelis Wali Amanah (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) menuai kritik. Persoalan yang paling disorot adalah penyampaian informasi para calon rektor yang lolos seleksi administrasi kepada Senat Akademik dan Majelis Guru Besar UGM. Tersendatnya komunikasi menyebabkan salah satu tahapan pilrek,yakni pemilihan lima dari tujuh calon rektor yang sedianya dilakukan Senin (12/3) menjadi tertunda hingga Kamis (15/3). “Penundaan ini menunjukkan masalah kinerja PAH dalam komunikasi yang belum berjalan maksimal,”ujar Presiden Mahasiswa (Presma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UGM Giovanni Fadillah Van Empel kepada SINDO kemarin.

…dst

26 ) Pertukaran Mahasiswa dan Dosen
ISI Denpasar-Universitas Okinawa Jalin Kerja Sama
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/1226204/ISI.Denpasar-Universitas.Okinawa.Jalin.Kerja.Sama

Selasa, 13 Maret 2012 | 12:26 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com — Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sepakat menjalin kerja sama dengan Okinawa University of Arts Jepang, sebagai upaya mendukung proses belajar-mengajar yang menguntungkan kedua belah pihak. Naskah kerja sama ditandatangani antara Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S, MA, dan President Okinawa University of Arts Jepang Tsuguo Sakumoto di kampus ISI Denpasar, Selasa (13/3/2012). “Jalinan kerja sama dua perguruan tinggi seni antarnegara itu diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan,” kata Prof Dr I Wayan Rai S. Kerja sama tersebut juga menyangkut bidang studi fotografi dan program studi desain. Terealisasinya kerja sama itu melalui proses yang cukup panjang, berawal dari penjajakan kedua belah pihak.

…dst

27 ) Prof Rai: Gamelan Bali Berkembang di Mancanegara
http://regional.kompas.com/read/2012/03/14/0716209/Prof.Rai.Gamelan.Bali.Berkembang.di.Manca.Negara

Rabu, 14 Maret 2012 | 07:16 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com — Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S.MA menegaskan, sekitar 17 jenis instrumen musik tradisional Bali (gamelan) berkembang di mancanegara, bahkan mampu sejajar dengan seni musik barat. “Gamelan Bali mampu naik gengsi, bahkan gong kebyar menjadi kehormatan dalam menyambut tamu-tamu penting pada acara wisuda perguruan tinggi di Amerika Serikat,” kata Wayan Rai di Denpasar, Rabu (14/3/2012). Ia mengatakan, hasil penelitian yang dilakukan di sejumlah negara, masyarakat setempat sangat menikmati konser gamelan Bali yang disajikan seniman dan mahasiswa yang piawai memainkan aneka jenis alat musik Bali.

…dst

28 ) Puluhan Karya Arsitektur Dipamerkan di Unika
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477482/

Wednesday, 14 March 2012
SEMARANG – Melalui ajang “Best on Studio & External Examination”, puluhan karya terbaik mahasiswa jurusan arsitektur perguruan tinggi terkemuka di Semarang maupun kota-kota lainnya dipamerkan di Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, kemarin. Di antaranya karya arsitektur dari mahasiswa Universitas Diponegoro dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketua panitia “Best on Studio & External Examination” Emerentiana MK mengungkapkan, acara tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu digelar di Unika. “Pelaksanaan kali ini merupakan kegiatan yang sudah kelima kalinya dilakukan di sini. Pameran akan berlangsung dari Senin (12/3) hingga Kamis (15/3),”paparnya kemarin.

…dst

29 ) Riset PT Dinilai Tak Aplikatif
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477488/

Wednesday, 14 March 2012
SEMARANG – Dekan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (Undip) Muhammad Nur menilai masih banyak riset yang dihasilkan di tingkat perguruan tinggi (PT) pada bidang sains maupun teknik, belum seluruhnya aplikatif. Riset yang dilakukan masih sebatas pengembangan ilmu murni saja. “Itu terjadi karena selama ini masih terbatas pada ilmu murninya saja. Sedangkan yang aplikatif dan dapat dirasakan manfaatnya di masyarakat masih belum banyak,” ungkapnya kemarin. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undip Imam Ghozali berharap budaya penelitian di kalangan dosen akan terus meningkat serta hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas. (susilo himawan)

…dst

30 ) USU Diminta Kurangi Kuota Mahasiswa Asing
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/13/373/592055/usu-diminta-kurangi-kuota-mahasiswa-asing

Selasa, 13 Maret 2012 11:11 wib
MEDAN – DPRD Sumatera Utara (Sumut) meminta Universitas Sumatera Utara (USU) Medan mengurangi kuota penerimaan untuk mahasiswa asing.Langkah ini untuk memaksimalkan penerimaan masyarakat Sumut di universitas yang menjadi ikon pendidikan daerah tersebut. “Saya kira akan lebih adil jika kuota yang ada diberikan lebih banyak kepada warga Sumut. Sebab kami berharap USU sebagai ikon pendidikan juga memberikan kesempatan khusus bagi masyarakat Sumut,” tutur Wakil Ketua Komisi E DPRD Sumut Zulkifli Husein saat rapat kerja dengan USU dan Universitas Negeri Medan (Unimed), di Gedung Dewan, kemarin.

…dst

31 ) Gandeng BCA, UB Dirikan Pusat Pelatihan Perbankan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/13/373/592325/gandeng-bca-ub-dirikan-pusat-pelatihan-perbankan

Selasa, 13 Maret 2012 17:02 wib
JAKARTA – Demi menunjang proses pembelajaran mahasiswa jurusan perbankan, Universitas Brawijaya (UB) Malang mendirikan Pusat Pelatihan Perbankan, Program Diploma Perbankan.Dalam pendirian pusat pelatihan tersebut, UB menggandeng PT Bank Central Asia sebagai mitra kerja sama. Dan hari ini, Selasa (13/2/2012), pusat pelatihan perbankan ini diresmikan oleh Komisaris BCA Cyrillus Harinowo dan Rektor UB Yogi Sugito. Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati mengungkapkan, pusat pelatihan ini merupakan wujud konsistensi keterlibatan aktif Bank BCA dalam mendukung perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Serta membantu menyiapkan lulusan yang siap pakai dalam sektor industri keuangan dan perbankan.

…dst

32 ) MAHASISWA BUAT DONAT DARI BAHAN BEKATUL-Olah Bekatul Jadi Makanan Bernilai Tinggi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477468/

Wednesday, 14 March 2012
Bekatul padi –hasil sampingan penggilingan padi dari lapisan luar beras– selama ini belum dimanfaatkan optimal. Untuk pemenuhan konsumsi pun masih terbatas,kebanyakan hanya dimanfaatkan untuk pakan ternak. Juga dibiarkan menjadi limbah.Namun,di tangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini, bekatul padi dapat dijadikan panganan lezat. Sebenarnya bekatul padi dapat digunakan sebagai bahan baku industri makanan maupun industri farmasi.Di antaranya campuran pembuatan kue.Bekatul diketahui memiliki nilai gizi tinggi,seperti kaya vitamin B,vitamin E,asam lemak esensial,serat pangan,protein,oryzanol,dan asam ferulat.

…dst

33 ) Demo BBM-Mahasiswa-Aparat Bentrok, Tiga Luka
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477351/

Wednesday, 14 March 2012
CIREBON – Aksi demonstrasi menolak rencana kenaikan harga BBM di Jawa Barat terus berlanjut. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Mahasiswa Cirebon Bersatu (BMCB), kemarin bentrok dengan petugas kepolisian. Pendemo juga memblokade jalan pantura di perempatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Akibat bentrokan itu, tiga mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) terluka. Salah satunya Bachtiar yang luka memar pada bagian wajah serta telinga berdarah. Dia sempat diamankan petugas di Polsek Kedawung, Kabupaten Cirebon,karena diduga sebagai pemicu kericuhan. Peristiwa itu bermula ketika massa mencoba memblokade salah satu ruas jalan dengan menghadang kendaraan yang melintas. Namun,aksi itu langsung dihalangiaparatyangberjaga.

…dst

34 ) Rp2,07 miliar untuk manajemen pelayanan pendidikan Padang
http://www.antaranews.com/berita/301076/rp207-miliar-untuk-manajemen-pelayanan-pendidikan-padang

Selasa, 13 Maret 2012 00:01 WIB
Padang (ANTARA News) – Pemerintah Kota Padang menyediakan dana sebesar Rp2,07 miliar untuk pelaksanaan program manajemen pelayanan pendidikan di daerah tersebut selama 2012. Dana yang bersumber dari APBD 2012 tersebut akan dimanfaatkan untuk membiayai delapan kegiatan yang terkait dengan program manajemen pelayanan pendidikan, kata Wali Kota Padang, Fauzi Bahar di Padang, Senin. Ia merinci, kegiatan-kegiatan itu meliputi, sistem informasi manajemen pendidikan yang pelaksanaannya akan dibiayai Pemerintah Kota (Pemkot) Padang dengan anggaran Rp67,75 juta. Lalu, kegiatan penerimaan siswa baru dengan sistim online disediakan dana sebesar Rp305,87 juta dan aplikasi sistim informasi manajemen database pada tingkat SD dan TK dialokasikan dana Rp75 juta.

…dst

35 ) Mendagri Minta Jumlah PNS di Pemprov Dipangkas
http://www.jpnn.com/read/2012/03/13/120440/Mendagri-Minta-Jumlah-PNS-di-Pemprov-Dipangkas-

Selasa, 13 Maret 2012 , 01:13:00
MEDAN – Masalah penataan pegawai kembali mendapat sorotan dari Mendagri Gamawan Fauzi saat memberikan arahan di acara Rapat Koordinasi Pemerintahan Kabupaten/Kota se-Sumut di Medan, Senin (12/3). Secara khusus, Gamawan meminta agar jumlah PNS di lingkup Pemprov jumlahnya dipangkas.Gamawan memberi contoh jumlah PNS di lingkup Pemprov Sumut yang mencapai 12 ribu. “Di Pemprov Sumut berapa? Dua belas ribu? Itu terlalu banyak,” ujar Gamawan Fauzi di atas podium, sembari bertanya kepada plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho yang duduk di meja depan. Gamawan tampak agak terkejut tatkala disebutkan jumlah PNS di lingkup Pemprov Sumut mencapai 12 ribu pegawai. Menurutnya, untuk tingkat provinsi jumlah pegawainya tidak perlu banyak. Alasannya, urusan yang diotonomikan dan menjadi kewenangan provinsi hanya mencapai 24 persen saja.

…dst

36 ) Anggaran Dipangkas, Penataan Pegawai Terancam Tak Tuntas
http://www.jpnn.com/read/2012/03/13/120510/Anggaran-Dipangkas,-Penataan-Pegawai-Terancam-Tak-Tuntas-

Selasa, 13 Maret 2012 , 13:16:00
JAKARTA – Usulan penambahan anggaran Rp 10,2 miliar yang diajukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak disetujui Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas. Padahal tambahan anggaran Rp 10,2 miliar itu, menurut Menteri PAN&RB Azwar Abubakar, untuk kegiatan pelatihan tenaga analis jabatan, analis beban kerja dan evaluasi jabatan dalam upaya program percepatan reformasi birokrasi. Dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2012, alokasi anggaran (Pagu Definitif) Kementerian PAN&RB tahun anggaran 2012 sebesar Rp 170,471 miliar. Namun dalam rapat koordinasi tiga menteri koordinator tanggal 28 Februari 2012, ditetapkan pemotongan anggaran Kementerian PAN&RB dalam RAPBN-P 2012 sebesar Rp 39,039 miliar atau 22,2 persen dari pagu total Rp 170,471 miliar. Dengan demikian alokasi anggaran setelah pemotongan sebesar Rp 131,432 miliar.

…dst

37 ) Federasi Guru Minta SKB 5 Menteri Dibatalkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/13/15130554/Federasi.Guru.Minta.SKB.5.Menteri.Dibatalkan.

Selasa, 13 Maret 2012 | 15:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai, diterbitkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) 5 Menteri tentang Penataan dan Pendistribusian guru PNS banyak mendatangkan dampak negatif. Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti mengatakan, pihaknya menuntut sejumlah hal. Salah satunya pembatalan SKB 5 Menteri. Setidaknya, kata dia, harus ada evaluasi terhadap kebijakan tersebut untuk meminimalisir dampak negatif yang terjadi pada saat diimplementasikan. Selain itu, FSGI juga meminta agar DPR segera merevisi UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen, terutama pasal 35 ayat (2) yeng mereduksi tugas-tugas guru sebagaimana disebutkan dalam pasal 35 ayat (1) menjadi hanya tatap muka yang diwajibkan minimal 24 jam dan maksimal 40 jam per minggu.

…dst

38 ) Kemenag Segera Verifikasi Data Guru Honorer
http://www.jpnn.com/read/2012/03/13/120545/Kemenag-Segera-Verifikasi-Data-Guru-Honorer-

Selasa, 13 Maret 2012 , 18:15:00
JAKARTA—Kementerian Agama (Kemenag) dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi data guru honorer yang berada di bawah kewenangan Kemenag. Hal ini dilakukan guna mengetahui jumlah guru honorer madrasah di Indonesia.Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Nursyam mengatakan, verifikasi ini juga bertujuan untuk mengawasi jumlah guru honorer madrasah. Sehingga jumlahnya tidak membludak layaknya guru honorer yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).”Kemdikbud kewalahan karena memang jumlah (guru honrer) cukup banyak. Tapi saya kira di Kemenag jumlahnya lebih sedikit. Maka itu tunggu saja dulu sembari kita selesai melakukan verifikasi ini. Kita tanyakan dulu ke direktur madrasah mengenai hal ini. Karena masalah data kan tidak boleh dikarang sendiri,” ungkap Nursyam kepada JPNN di Jakarta, Selasa (13/3).

…dst

39 ) Menkes Didesak Cabut Aturan Larangan Tukang Gigi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/477517/

Wednesday, 14 March 2012
JAKARTA – Komisi IX DPR mendesak Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih mencabut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1871/MENKES/PER/- IX/2011 tentang Pencabutan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 339/MENKES/PER/V/- 1989 tentang Pekerjaan Tukang Gigi. Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning mengatakan, permenkes tersebut akan efektif per 1 April 2012. Jika tetap diberlakukan, pekerjaan tukang gigi harus ditutup. “Ini akan menutup mata pencarian ribuan tukang gigi di seluruh Indonesia,” tandas Ribka di Gedung DPR,Jakarta,kemarin. Politikus PDIP ini mengatakan, pekerjaan tukang gigi memang perlu pengawasan dan pembinaan.Namun, pihaknya tidak setuju jika langsung ditutup. Selama ini tukang gigi menjadi alternatif bagi masyarakat karena biayanya terjangkau.” Sedangkan kalau ke dokter gigi, biayanya mahal.

…dst

40 ) Astronot terancam kerusakan mata
http://news.detik.com/read/2012/03/13/214259/1866448/934/astronot-terancam-kerusakan-mata?881101934

Selasa, 13/03/2012 21:42 WIB
Para astronot hanya boleh tinggal maksimum selama enam bulan di ISS. Mata dan otak para astronot yang menghabiskan waktu lama di orbit bumi bisa terkena gangguan, demikian hasil penelitian terbaru. Hasil pencitraan resonansi magnetik atau MRI terhadap 27 pengelana antariksa menunjukkan adanya hipertensi intrakranial yang mengakibatkan adanya tekanan terhadap batok kepala. Akibatnya gangguan ini, para astronot dapat mengalami gangguan penglihatan. Hasil pengamatan yang diterbitkan dalam Journal of Radiology itu dipimpin oleh Larry Kramer, seorang profesor dalam bidang diagnosa dan pencitraan resonansi dari sekolah kedokteran Texas di Houston. Timnya melakukan pemeriksaan terhadap astronot yang menghabiskan waktu sedikitnya 30 hari di luar angkasa. Gangguan yang terjadi antara lain pembengkakan di seputar saraf mata pada 13 orang, mengecilnya bagian belakang bola mata pada enam orang dan perubahan kelenjar otak pada tiga astronot.

…dst

41 ) Sekilas dalam Negeri
Anak hasil zinah
Menikah lagi
Kisruh PSSI
Iran-AS

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.