1 ) SNMPTN 2013, Hapus Jalur Ujian Tulis
Alokasi Bergeser Untuk Jalur Undangan
http://www.jpnn.com/read/2012/03/12/120316/SNMPTN-2013,-Hapus-Jalur-Ujian-Tulis-

Senin, 12 Maret 2012 , 04:28:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan formulasi baru dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mendatang. Tahun depan, SNMPTN hanya dilakukan dengan jalur undangan. SNMPTN jalur tulis di hapus. Kebijakan menetapkan menghapus SNMPTN jalur ujian tulis merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2010. Dalam Peraturan Menteri tersebut dinyatakan penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui dua skema, yaitu SNMPTN dan/atau jalur mandiri. Dihubungi di Jakarta kemarin, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso menuturkan, pihaknya memang akan menghapus SNMPTN jalur tulis untuk tahun depan. Dia menerangkan sesuai dengan peraturan meteri, tahun depan seleksi masuk PTN dibagi menjadi dua. Yaitu SNMPTN dengan pagu 60 persen dari total kuota nasional, dan seleksi jalur mandiri dengan pagu 40 persen. Mantan rektor ITB itu menegaskan, pagu 60 persen untuk SNMPTN tadi dilaksanakan dengan jalur undangan semuanya. “Untuk yang jalur mandiri (40 persen dari kuota, red) kita serahkan ke majelis rektor,” ucap Djoko. Nantinya seluruh kampus negeri melalui majelis rektor diberi wewenang untuk mengelola, apakah sebagian dari pagu seleksi mandiri akan dipakai jalur tulis secara nasional atau digabung sekalian dengan jalur undangan.

…dst

2 ) Kuota SNMPTN Jalur Undangan Lebih Besar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476715/

Monday, 12 March 2012
JAKARTA – Mulai tahun depan kuota penerimaan mahasiswa baru seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan lebih besar. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengatakan, kuota penerimaan calon mahasiswa melalui jalur undangan SNMPTN dipatok 60%, sedangkan jalur mandiri 40%. Jalur ujian tulis sedianya akan dihilangkan. Mantan rektor ITB ini mengungkapkan, keputusan ini bukan ditetapkan oleh Kemendikbud, melainkan sudah dirapatkan bersama para rektor perguruan tinggi negeri lainnya dan Djoko menegaskan keputusan ini sudah disetujui oleh seluruh rektor.”Ini sebagai integrasi UN dan SNMPTN sehingga kampus tidak lagi melakukan seleksi mahasiswa baru,” katanya ketika dihubungi kemarin. Djoko mengakui untuk melaksanakan SNMPTN jalur undangan jaminannya hanya kredibilitas sekolah.Tidak ada lagi persyaratan yang dipilah dari calon mahasiswa perguruan tinggi negeri ini selain penilaian hasil rapor selama calon mahasiswa bersekolah.Karena itu, pemerintah meminta para guru untuk memberikan hasil yang objektif kepada muridnya tanpa ada manipulasi nilai di rapor.

…dst

3 ) Wali Murid Kecam Panitia SNMPTN
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476833/

Monday, 12 March 2012
MEDAN – Orang tua siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Medan mengecam kebijakan panitia pusat yang mem-blacklist sekolah tersebut ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan selama tiga tahun. Salah seorang orang tua siswa, Lambok Manurung menilai kebijakan tersebut tidak mendasar karena kesalahan tersebut bukan dilakukan oleh siswa. Seharusnya panitia menghukum pihak yang melakukan kecurangan, bukan siswa yang menjadi korban. “Kebijakan itu tidak mendasar. Jika ada temuan kecurangan maupun kesalahan administrasi terdahulu di SMAN 5 terkait persyaratan jalur undangan, sangat tidak beralasan siswa yang sekarang dan berikutnya jadi korban.Kesalahan oknum tertentu koksiswa sekarang yang tanggung dosanya. Kebijakan apa ini,kalau ini benar terlaksana tidak tertutup pihak Panitia SNMPTN akan kami class action (gugat bersama),” kata pengurus Persatuan Keluarga Guru Seluruh Indonesia (PKGI) Sumatera Utara (Sumut) ini,kemarin. Ditegaskan Lambok, persoalan ini tidak boleh dianggap sepele karena menyangkut masa depan anak didik.Dalam hal ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan harus berupaya mencari solusi yang tidak merugikan siswa. Begitu juga dengan pengurus komite sekolah, tidak boleh diam. “Persoalan seperti ini sebenarnya harus cepat disikapi komite sekolah. Jangan hanya mengurusi uang yang muaranya membebankan orang tua siswa.Mana peran komite sekolah dalam hal ini?,”ucapnya.

…dst

4 ) Kadisdik Medan Harus Disanksi
http://www.jpnn.com/read/2012/03/12/120322/Kadisdik-Medan-Harus-Disanksi-

Senin, 12 Maret 2012 , 05:25:00
JAKARTA – Kasus blacklist terhadap SMAN 5 Medan bisa berbuntut panjang. Kepala Sekolah yang menjabat saat pendaftaran jalur undangan masuk SNMPTN 2011, bisa dijerat hukum atas dugaan memanipulasi dokumen atau memberikan keterangan palsu. Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Medan Rajab Lubis layak dijatuhi sanksi oleh Walikota Medan Rahudman Harahap, sebagai pejabat pembina kepegawaian di lingkup Pemko Medan. Demikian dikatakan Direktur Eksekutif LBH Sekolah Pusat, Roder Nababan, kepada JPNN di Jakarta, kemarin (11/3). “Pihak sekolah yang diduga kuat memanipulasi dokumen, bisa kena delik pidana,” ujar Roder Nababan. Aparat hukum, lanjutnya, bisa mengambil langkah hukum terkait masalah ini. Seperti diberitakan, Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN 2012 Rochmat Wahab saat dihubungi Sumut Pos (Grup JPNN) dari Jakarta, Jumat (9/3) pekan lalu menyebukan, dalam kasus seperti ini yang bertanggung jawab adalah pihak kepala sekolah.

…dst

5 ) UT Bakal Bergabung SNMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/11/18422059/UT.Bakal.Bergabung.SNMPTN

Minggu, 11 Maret 2012 | 18:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kuliah jarak jauh dan terbuka di Indonesia masih dianggap cocok untuk orang tua dan di daerah pedesaan. Untuk itu, Universitas Terbuka yang merupakan perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh milik pemerintah mulai fokus menggarap anak-anak muda dan penduduk di perkotaan.”Kuliah jarak jauh masih belum dikenal anak-anak muda. Karena anak-anak muda biasanya memburu PTN lewat jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN,” kata Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati di Jakarta, Minggu (11/3/2012).Oleh karena itu, mulai tahun 2013 UT mulai bergabung dalam PTN yang melakukan seleksi mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN. Cara ini untuk lebih menjaring banyak lulusan SMA memilih kuliah secara terbuka dan jarak jauh.

…dst

6 ) Rektor UT Terpilih Jadi Presiden Organisasi UT Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/11/19155352/Rektor.UT.Terpilih.Jadi.Presiden.Organisasi.UT.Internasional

Minggu, 11 Maret 2012 | 19:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat Indonesia tidak perlu meragukan kuliah jarak-jauh dan terbuka seperti yang dilakukan Universitas Terbuka. Pendidikan tinggi jarak jauh dan terbuka dapat mendorong peningkatan kapasitas diri anak bangsa dengan biaya kuliah terjangkau dan berkualitas. “Komitmen pada kualitas memang terus kami tingkatkan dalam semua aspek layanan UT,” kata Rektor UT Tian Belawati di Jakarta, Minggu (11/3/2012). Apalagi nama UT telah dikenal dunia dan cukup diperhitungkan. Pengakuan internasional pada UT Indonesia itu diwujudkan dalam pemilihan Rektor UT sebagai Presiden suatu lembaga Internasional Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh atau International Council for Open and Distance Education (ICDE). Menurut Tian, dalam pertemuan internasional Oslo, Norwegia baru-baru ini, dirinya terpilih secara aklamasi menjadi Presiden ICDE periode 2012 – 2015. Tian merupakan perempuan Asia pertama yang terpilih sebagai Presiden ICDE.

…dst

7 ) MK Kembali Gelar Kompetisi Debat Konstitusi Antar Perguruan Tinggi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476720/

Monday, 12 March 2012
JAKARTA– Mahkamah Konstitusi kembali menggelar Kompetisi Debat Konstitusi Perguruan Tinggi Se-Indonesia 2012.Kompetisi ini digelar dengan sejumlah tujuan. Pertama, untuk menyosialisasikan perubahan UUD 1945 dan menumbuhkan kesadaran berkonstitusi. Kedua, meningkatkan kemampuan mahasiswa mendalami dan memahami masalahmasalah konstitusi. Ketiga, mendorong peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan teks konstitusi (pasal-pasal UUD 1945) dengan perkembangan praktik ketatanegaraan setelah perubahan UUD 1945. Dan keempat, mengembangkan budaya perbedaan pendapat secara konstruktif dalam memahami implementasi perubahan UUD 1945. Kegiatan Kompetisi Debat Konstitusi 2012 dilaksanakan melalui dua tingkat,yakni tingkat regional dan tingkat nasional. Tingkat regional merupakan tingkat seleksi untuk mengikuti tingkat nasional. Penandatanganan perjanjian kerja sama penyelenggaraan Kompetisi Debat Konstitusi Antarperguruan Tinggi Se- Indonesia Tahun 2012 pada Sabtu (10/3) di Hotel Arya Duta menandai dimulainya kesepakatan pelaksanaan Kompetisi Debat Konstitusi tingkat regional se-Indonesia.

…dst

8 ) Kompensasi Kenaikan BBM dari Bonus Raskin Hingga Beasiswa
http://finance.detik.com/read/2012/03/11/173451/1863911/1034/kompensasi-kenaikan-bbm-dari-bonus-raskin-hingga-beasiswa?f9911023

Minggu, 11/03/2012 17:48 WIB
Jakarta – Pemerintah telah menyiapkan berbagai kompensasi bagi masyarakat miskin dan hampir miskin saat BBM naik per 1 April 2012 mendatang. Setidaknya ada lima paket pro rakyat miskin yang dijanjikan Menteri ESDM, Jero Wacik. Apa saja? Jero menerangkan, uang tunai bagi masyarakat miskin telah disiapkan pemerintah. Angkanya pun dinaikkan dari program sebelumnya Rp 100 ribu per bulan per kepala keluarga (KK) menjadi Rp 150 ribu per bulan per KK. “Bantuan uang ini kita menyebutkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat atau BLSM. Kalau dulu kita menyebutnya BLT. Jadinya ga kelihatan sementaranya. Dan perkiraan kami sembilan bulan ini akan cukup,” jelas Jero di sela-sela acara Turnamen Golf K3 di Royale Halim, Minggu (11/3/2012). Kompensasi kedua yang pemerintah SBY siapkan adalah beras miskin. Jumlah raskin akan ditambah, serta lama waktu pembagiannya menjadi lebih panjang, 14 bulan dari biasanya 12 atau 13 bulan saja. “(Kompensasi) ketiga, transportasi akan ditambah keringan-keringanannya. Ini yang sedang dihitung oleh Kemenhub (Kementerian Perhubungan). Apa STNK akan dibebaskan,” paparnya. Kompensasi bagi masyarakat miskin selanjutnya, penambahan bantuan pendidikan. “Beasiswa akan ditambah jumlah orang yang menerima dan jumlah nilai beasiswanya dibandingkan tahun 2008. Sehingga teman-teman yang masih miskin itu tidak terlalu berat,” ucapnya.

…dst

9 ) Pemkot Upayakan Peningkatan Siswa Diterima di PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/12/01080520/Pemkot.Upayakan.Peningkatan.Siswa.Diterima.di.PTN

Senin, 12 Maret 2012 | 01:08 WIB
BUKITTINGGI, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Bukittinggi mengupayakan jumlah siswa tamatan SMA sederajat yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) pada tahun ajaran 2011-2012 meningkat. “Saat ini kita telah mempersiapkan anak didik untuk menguasai materi ujian, bedah standar kompetensi lulusan, dan meminta sekolah menganalisa kemampuan siswa dengan lebih mematangkan persiapan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi Iskandar di Bukittinggi, Minggu (11/3/2012). Tahun lalu jumlah siswa tamatan SMA sederajat yang diterima di PTN tergolong masih rendah. Namun demikian, peringkat kelulusan siswa Bukittinggi dalam ujian nasional (UN) di Sumatera Barat tercatat sebagai yang tertinggi dalam delapan tahun terakhir untuk seluruh jenjang pendidikan.

…dst

10 ) Rp60 Miliar untuk PTN Cirebon
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476783/

Monday, 12 March 2012
CIREBON- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengalokasikan sekitar Rp60miliar untuk pembangunan perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Kota Cirebon tahun ini. Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorpembang) Wilayah III Jabar Ano Sutrisno mengatakan, untuk merealisasikan pembangunan PTN di Kota Cirebon, saat ini masih menempuh proses pembebasan lahan. PTN sendiri sejauh ini rencananya dibangun di kawasan Kedungmendeng, Kelurahan Argasunya,Kecamatan Harjamukti. “Sekarang sedang pembebasan lahan atau sekitar 40% dari keseluruhan proses, pembayarannya bertahap. Tahun ini dari APBD Provinsi Jabar dialokasikan sekitar Rp 60miliar,” kata dia saat mendampingi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan nonton bareng film Negeri 5 Menara di Bioskop 21 Grage Mal Cirebon, Sabtu (10/3) petang kemarin.

…dst

11 ) Pascasarjana UGM Kembangkan 3 Prodi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476759/

Monday, 12 March 2012
YOGYAKARTA – Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada (UGM) akan mengembangkan tiga program studi (prodi) baru. Yakni, Prodi Energi Bersih,Kelautan,dan ClimateChange Adaptation(CCA). Direktur SPs UGM Hartono mengatakan, pengembangan prodi untuk mencari solusi terhadap masalah lingkungan akibat emisi dan perubahan cuaca yang tidak menentu. Sekaligus mengolahsumberdaya alam,terutama potensi yang tersedia tapi belum dimanfaatkan optimal. “Untuk pengembangan prodi tersebut, selain menyiapkan infrastrutur, juga dalam proses pematangan. Bahkan untuk Prodi Kelautan mendapat dukungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sehingga diharapkan prodi itu dapat segera dibuka di SPs UGM,” ungkap Hartono kemarin.

…dst

12 ) Lulusan SMA Berburu Beasiswa ke Jepang, Berminat?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/11/m0qay5-lulusan-sma-berburu-beasiswa-ke-jepang-berminat

Minggu, 11 Maret 2012 23:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Sebanyak 21 lulusan SMA dari sejumlah sekolah di Jawa Tengah, Ahad (11/3), mengikuti seleksi program beasiswa kuliah di Jepang yang diselenggarakan oleh Indonesia Leadership Awards (ILA) di SMA Negeri 2 Kudus. “Puluhan lulusan SMA/sederajat yang mengikuti seleksi pertama ini berasal dari sejumlah daerah, seperti Kabupaten Kudus, Jepara, Pekalongan, Kendal, Tegal, Magelang, hingga Batang,” kata Kepala SMA Negeri 2 Kudus, M Zainuri, di Kudus. Tahun ini, kata dia, terdapat tiga universitas di Jepang yang menjadi mitra program beasiswa ILA, yakni Kyoto University, Nagoya University, dan Tohoku University.”Nantinya, peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa selama menjalani pendidikan di tiga universitas tersebut,” ujarnya. Menurut dia, proses seleksi secara nasional akan dilakukan di enam tempat, yakni di Jakarta, Kudus, Sumbawa, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. Untuk proses seleksi di Kabupaten Kudus, dilaksanakan di SMAN 2 Kudus.

…dst

13 ) Jumlah Mahasiswa Indonesia di Cina Terus Meningkat
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180236

Minggu, 11/03/2012 – 15:27
JAKARTA, (PRLM).- Jumlah mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di negeri Cina terus meningkat. Bahkan, kini jumlahnya cenderung meningkat secara signifikan menyusul kian banyaknya perguruan tinggi negeri dan asing di negara itu yang membuka program studi berpengantar bahasa Inggris. “Program studi itu antara lain bisnis internasional, bisnis adminitrasi (manajemen), akunting, kedokteran, ilmu komputer, teknik mesin, dan teknik aeronautika. Juga telah dibuka program studi lain yang menjadi unggulan seperti teknik sipil di Harbin Institute Technology, teknik kimia dan teknik pertambangan di Shandong University Science Technology-Qingdao, teknik industri dan bisnis di Wuhan University Technology,” ungkap Ketua Beijing Language Culture Institute (BLCI) Ir. Samuel Wiyono, MBA di Jakarta. Saat ini, ada sekitar 7.000 mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Cina dan jumlahnya terus bertambah secara signifikan. “Dua tahun lalu jumlah mahasiswa di Indonesia mencapai sekitar 6.000 orang, kini naik sudah menjadi sekitar 7.000-an orang,” katanya. Pertumbuhan jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Cina itu terjadi, lanjut Samuel, seiring dengan pertumbuhan perekonomian di China, sehingga fasilitas perguruan tinggi di negara itu hampir menyamai negara Barat. Namun, biaya pendidikan di Cina lebih rendah.

…dst

14 ) Duh! Indonesia Belum Serius Cetak Peneliti
http://finance.detik.com/read/2012/03/11/123536/1863768/4/duh-indonesia-belum-serius-cetak-peneliti

Minggu, 11/03/2012 12:38 WIB
Jakarta – Indonesia masih minim peneliti karena anggaran belanja negara belum memberikan perhatian serius untuk penelitian dan pengembangan (litbang). Padahal, inovasi penelitian serta pengembangan menjadi peranan penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Brawijaya Malang Syamsul Maarif mengatakan dalam anggaran belanja, Indonesia belum serius untuk prioritaskan inovasi litbang. Hingga 2010, dana belanja untuk inovasi litbang sebesar Rp 1,9 triliun. Ia menuturkan meskipun sudah naik 200% dalam lima tahun terakhir, akan tetapi jumlah tersebut masih minim yaitu hanya 1% (0,07%) dari Produk Domestik Bruto (PDB). “Bandingkan Singapura menyediakan belanja untuk litbang mencapai 2,36% dari total belanja negara,” kata Syamsul dalam seminar nasional di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu, (11/3/2012). Syamsul menambahkan untuk jumlah peneliti, Indonesia masih di bawah negara Asia bahkan kawasan Asean. Menurutnya, Indonesia masih di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Seharusnya, dengan keunggulan jumlah penduduknya, Indonesia bisa mencetak jumlah peneliti lebih banyak.

…dst

15 ) Aptisi Tolak Publikasi Jurnal Ilmiah
Kecuali Diterapkan Bertahap
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/12/179936/Aptisi-Tolak-Publikasi-Jurnal-Ilmiah

12 Maret 2012
SOLO- Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Tengah dengan tegas menolak penerapan publikasi jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan mahasiswa. Dalam menyampaikan penolakannya ini, Aptisi telah bertemu dengan Kemdikbud dan Dikti pada 20 Februari silam. Mereka menganggap aturan tersebut diterapkan serta merta tanpa ada persiapan yang cukup dan sangat memberatkan perguruan tinggi swasta (PTS). “Saya setuju dengan publikasi dan substansial orang pintar harus pintar menulis. Ini sangat penting tapi tidak ujug-ujug seperti itu,” kata Ketua Aptisi Jawa Tengah, Prof Dr Brodjo Sudjono, pada wartawan, Sabtu (10/3). Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menurut Brodjo bisa jadi tak menemui kendala. Hanya saja akan berbeda ketika diterapkan di PTS mengingat kualitasnya berbeda-beda. “Kalau mau hendaknya diterapkan secara berjenjang. Menurut akreditasinya A lebih didahulukan. Jika dilakukan secara total, kami menolak,” tegasnya.

…dst

16 ) Sri Mulyani Kenang Kepergian Widjojo Nitisastro
http://finance.detik.com/read/2012/03/10/115720/1863372/68/sri-mulyani-kenang-kepergian-widjojo-nitisastro?f990101mainnews

Sabtu, 10/03/2012 11:57 WIB
Jakarta – Inna lillahi, Indonesia kehilangan seorang peletak fondasi ekonomi pertama. Inilah yang diucapkan pertama kali oleh Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengenang kepergian Prof. Dr. Widjojo Nitisastro. Sri Mulyani yang saat ini menjabat sebagai Direktur Bank Dunia mengatakan, Widjojo sangat berjasa membangun perekonomian Indonesia secara sistematik dan berkelanjutan. “Sumbangan terbesar beliau, bagamana mengembalikan Indonesia kepada situasi yang stabil dan kokoh kembali setelah mengalami kondisi kerusakan ekonomi yang sangat parah pada akhir tahun 1960-an akibat inflasi yang sangat tinggi, akibat pencetakan uang oleh bank sentral yang tidak terkendali untuk membiayai defisit APBN, defisit anggaran yang kronis dan sangat besar dan rasio utang terhadap perekonomian yang tidak sustainable sehingga Indonesia mengalami ‘default’, dan sektor produksi terutama pertanian yang menopang hajat hidup rakyat banyak merosot tajam,” kata Sri Mulyani kepada detikFinance, Sabtu (10/3/2012).

…dst

17 ) BEM Unila Buka Sekolah Politikus Bermoral
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/11/19411826/BEM.Unila.Buka.Sekolah.Politikus.Bermoral

Minggu, 11 Maret 2012 | 19:41 WIB
BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa Universitas Lampung membuka kegiatan sekolah politikus bermoral, Sabtu (10/3/2012) di Bandar Lampung. Menurut Azam Sahroni, Kepala Sekolah Politik BEM Unila, munculnya kegiatan pembel ajaran politik itu didasari keprihatinan para mahasiswa terhadap kondisi perpolitikan di Tanah Air dewasa ini. “Dari sekolah inilah kita akan meluruskan terkait citra masyarakat atas politik. Dan kedepannya, dari Sekolah Politik ini pula mudah-mudahan akan lahir para politikus bangsa yang berkarak ter dan bermoral. Sehingga dari mereka-mereka inilah akan lahir lulusan yang akan ikut berkontribusi memperbaiki kondisi bangsa ini,” ujar Azam. Para peserta Sekolah Politik ini merupakan mahasiswa angkatan baru yang mendaftarkan diri. Kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan, penuh mulai hari ini hingga Mei.

…dst

18 ) Telkom Dukung TI di Perguruan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/11/13165982/Telkom.Dukung.TI.di.Perguruan.Tinggi

Minggu, 11 Maret 2012 | 13:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk meningkatkan kesadaran penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di kalangan perguruan tinggi, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk kembali menggelar program TeSCA. “Program TeSCA adalah pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). TeSCA merupakan rangkaian dari INDIGO award untuk lingkungan perguruan tinggi dan merupakan program corporate social responsibility Telkom,” kata Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia, Minggu (11/3/2012) di Jakarta. TeSCA bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi.

…dst

19 ) Mobil Nasional
Jerman Bantu Pengembangan Mobil Esemka
http://regional.kompas.com/read/2012/03/09/20144010/Jerman.Bantu.Pengembangan.Mobil.Esemka

Jumat, 9 Maret 2012 | 20:14 WIB
Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Dr Norbert Baas, mengatakan, pihaknya akan mengirim tiga tenaga ahli dari Jerman, untuk membantu soal manajemen dan teknis untuk mobil Esemka. Hal ini dikatakannya saat bertemu dengan Wali Kota Solo, Joko Widodo, di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo, Jumat (9/3/2012). “Kami akan mengirimkan ahli yang telah berpengalaman. Mereka dari industri otomotif di Jerman,” kata Norbert. Menurut Norbert, pihaknya sejak lama mendukung negara-negara, seperti Indonesia, Brazil, Mexico, dan Afrika Selatan yang ingin membangun industri negara masing-masing. Selain industri berteknologi tinggi, pihaknya juga mendukung pengembangan teknologi hijau yang ramah lingkungan.

…dst

20 ) Guru Rebutan Jam Mengajar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/11/19522944/Guru.Rebutan.Jam.Mengajar

Minggu, 11 Maret 2012 | 19:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ketentuan beban mengajar guru minimal 24 jam/minggu tatap muka diberlakukan ketat mulai tahun 2012. Para guru pun berebutan jam mengajar, teutama yang sudah lolos sertifikasi, supaya tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok bisa cair pada Maret nanti. Para guru yang di sekolahnya terjadi kelebihan guru mulai kebingungan mencari tambahan jam mengajar. Para guru di berbagai sekolah saling berebutan jam mengajar pascadiberlakukannya Surat Keputusan Bersama 5 Menteri Tentang Penataan dan Pendistribusian/Pemerataan Guru PNS mulai tahun 2012. Sesuai ketentuan, guru bersertifikat bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi jika memenuhi jam mengajar tatap muka minimal 24 jam/minggu.

…dst

21 ) Disdik Solok Tegaskan Tak Ada Dana Hibah Guru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/12/00434115/Disdik.Solok.Tegaskan.Tak.Ada.Dana.Hibah.Guru

Senin, 12 Maret 2012 | 00:43 WIB
PADANG ARO, KOMPAS.com – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan Hamudis, di Padang Aro, Minggu, menegaskan, tidak ada edaran dari Kementerian Pendidikan Nasional tentang adanya bantuan atau dana hibah kepada guru. Hal ini dia sampaikan menanggapi informasi yang mengundang polemik tentang adanya dana hibah untuk para guru di Kabupaten Solok Selatan. “Memang ada kerja sama antara Dirjen Pendidikan Dasar Kemendiknas dengan BRI, namun hanya sebatas pembuatan buku rekening secara massal untuk penyaluran tujangan yang tertunda, sertifikasi bukannya pemberian dana hibah”, kata Hamudis, Minggu (11/3/2012).

…dst

22 ) Rusun PNS dan Atlet Disiapkan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476787/

Monday, 12 March 2012
BANDUNG– Pemerintah Kabupaten Bandung menyiapkan 20 hektare lahan untuk pembangunan rumah sususn sederhana sewa (rusunawa) bagi 40.000 pegawai negeri sipil (PNS), atlet ,dan buruh yang belum memiliki tempat tinggal. Kepala Dinas Perumahan Tata Ruang dan Kebersihan,Kabupaten Bandung, Slamet Mulyana mengatakan, rusunawa tersebut akan dibangun di empat wilayah,yakni di Kecamatan Kutawaringin yang akan diperuntukkan bagi PNS dan atlet Kabupaten Bandung, serta di Kecamatan Selokanjeruk, Baleendah dan Majalaya yang akan diperuntukkan bagi buruh pabrik dan pekerja informal lainnya. “Dengan rusunawa ini, ke depan bagi warga yang belum memiliki rumah,baik PNS,atlet dan buruh serta masyarakat umum akan menempati rusunawa dengan sistem sewa dan harga yang terjangkau dan waktunya dibatasi hanya dua tahun. Selanjutnya, mereka akan mampu membeli rumah sendiri,”tutur Slamet,kemarin. Untuk pembiayaan pembangunan rusunawa tersebut, kata Slamet,pemkab akan dibantu dana Anggaran Pendapatan dana Belanja Nasional (APBN) melalui Kementerian Perumahan Rakyat.

…dst

23 ) Indonesia Gunakan 1 Zona Waktu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476796/

Monday, 12 March 2012
BOGOR –Pemerintah berencana menggunakan satu zona waktu Indonesia. Langkah ini diyakini bisa mendorong daya saing ekonomi serta efisiensi birokrasi. Selama ini,zona waktu di Indonesia dibagi tiga,yakni waktu Indonesia barat (WIB),waktu Indonesia tengah (Wita),dan waktu Indonesia timur (WIT). Kadiv Humas dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim menjelaskan, zona waktu yang nantinya dipakai adalah GMT+8 atau Wita. Patokan Wita diambil karena zona tersebut berada di tengah- tengah antara WIB (GMT+7) dan WIT (GMT+9). Dengan demikian nantinya WIB dan WIT tidak lagi digunakan. Edib menilai penggunaan tiga zona waktu seperti saat ini kurang efektif dari sisi bisnis dan ekonomi,terutama bisnis pasar modal di Bursa Efek Indonesia (BEI).

…dst

24 ) Kasus Dhana Bikin Banyak Pegawai Pajak Berniat Mundur
http://finance.detik.com/read/2012/03/07/162559/1860570/4/kasus-dhana-bikin-banyak-pegawai-pajak-berniat-mundur

Rabu, 07/03/2012 16:25 WIB
Jakarta – Kondisi psikologis para pegawai ditjen pajak kementerian keuangan cukup terganggu akibat banyak pemberitaan negatif yang menyerang institusi mereka. Bahkan beberapa pegawai pajak berprestasi dan membanggakan di ditjen pajak berniat keluar dari PNS. “Kita sebut itu kasarnya para pejuang militan pajak yang tak kenal lelah dan banyak prestasi yang membanggakan. Mereka berpikir untuk keluar karena adanya pemberitaan miring yang membawa institusinya. Lalu siapa nanti yang mengisi institusi ini?,” kata Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Dedi Rudaedi ketika berbincang dengan detikFinance di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (7/3/2012). Dijelaskan Dedi, para pejabat pajak terus memberikan motivasi dan semangat agar aparat pajak tetap mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Apalagi, dibulan Maret 2012 ini masyarakat wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan alias SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) wajib pajak orang pribadi.

…dst

25 ) Penyebab Munculnya Api Nissan Juke Maut Mulai Diselidiki
http://news.detik.com/read/2012/03/12/001351/1863966/10/penyebab-munculnya-api-nissan-juke-maut-mulai-diselidiki?n991103605

Senin, 12/03/2012 00:13 WIB
Jakarta Polisi akan mulai mendalami penyebab munculnya api dalam kecelakaan maut Nissan Juke yang dikemudikan oleh Olivia Dewi. Terbakarnya mobil milik runner-up Gadis Sampul 2010 ini menjadi penyebab tunggal kematian Olivia.”Belum diketahui penyebab munculnya api, masih diselidiki laboratorium forensik (labfor),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, kepada detikcom, Minggu (11/3/2012). Polisi akan mulai meminta keterangan sejumlah pihak terkait kecelakaan ini. Rikwanto mengatakan, kepolisian akan menyelidiki hal ini bersama teknisi dari Nissan untuk menemukan penyebab munculnya api.”Besok kita panggil penyelidik labfor dan teknisi dari Nissan,” ujar Rikwanto.

…dst

26 ) Rumah Sakit Nirlaba Minta Keadilan
Perlu Usaha dan Lobi Kuat untuk Pengaruhi Kebijakan
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/12/03414215/.rumah.sakit.nirlaba.minta.keadilan

Senin, 12 Maret 2012
Jakarta, Kompas – Rumah sakit nirlaba di Indonesia perlu bersatu membentuk asosiasi untuk mendapat perlakuan adil sebagai penyedia layanan kesehatan nonprofit. Mereka minta pemerintah memberi insentif pajak, menghapus pajak impor alat medis, dan menurunkan tarif listrik serta air. Ketua Dewan Pengurus Perkumpulan Husada, Handojo Tanjung, Sabtu (10/3) di Jakarta, mengatakan, rumah sakit (RS) nirlaba dibebani kewajiban lebih berat ketimbang RS swasta. “RS nirlaba diberi tugas menyediakan 25 persen tempat tidur kelas III, sedangkan RS profit hanya 10 persen. Namun, kewajiban bayar pajak sama,” katanya pada seminar sehari “Strategi ke Depan RS Nirlaba Menghadapi Perubahan Lingkungan” yang digelar RS Husada, Sabtu (10/3) di Jakarta. RS nirlaba adalah RS yang didirikan perkumpulan atau yayasan untuk tujuan sosial, kemasyarakatan, atau lingkungan. Keuntungan digunakan untuk pengoperasian dan pengembangan RS, tidak dibagikan kepada pengurus atau pemilik saham. Adapun RS profit berbentuk perseroan terbatas dan bertujuan mencari untung serta keuntungan dibagikan ke pemilik saham. Handojo mengatakan, insentif hanya didapatkan RS nirlaba dari Pajak Bumi dan Bangunan berupa keringanan 50 persen. Namun dalam praktik, prosedurnya berbelit. RS nirlaba memerlukan alat medis untuk meningkatkan pelayanan bagi pasien. Namun, impor alat medis masih dinilai sebagai impor barang mewah dan dibebani pajak memberatkan.

…dst

27 ) GANDA CAMPURAN
Indonesia Akhirnya Juara All England Lagi
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/12/03224381/.indonesia.akhirnya.juara.all.england.lagi..

Senin, 12 Maret 2012
Birmingham, Minggu – Setelah menunggu 33 tahun, akhirnya pasangan ganda campuran Indonesia bisa menjadi juara di ajang turnamen bulu tangkis paling bergengsi, All England, di Birmingham, Inggris. Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi penghapus paceklik gelar setelah pada partai final, Minggu (11/3), mengalahkan pasangan Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl, dua gim langsung, 21-17, 21-19, dalam tempo 43 menit.Gelar juara All England dari ganda campuran ini merupakan yang pertama sejak 1979. Saat itu, pasangan Indonesia yang meraih juara All England adalah Christian Hadinata/Imelda Wiguna. “Saya merasa lega karena sudah sekian lama tak ada gelar pada ganda campuran di All England. Sebagai mantan pemain, pelatih, dan warga negara Indonesia, tentu saya ikut bangga dengan hasil yang diraih Tontowi/Liliyana,” kata Christian Hadinata menanggapi kemenangan pasangan itu.

…dst

28 ) Cara gampang kendalikan amarah
http://www.antaranews.com/berita/300718/cara-gampang-kendalikan-amarah

Sabtu, 10 Maret 2012 11:08 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Anda yang gampang naik darah bisa berlatih cara yang sangat gampang untuk mengendalikan diri. Kiatnya cuma gunakan tangan yang keliru untuk kegiatan sehari-hari. Orang yang biasa menggunakan tangan kanan, biasakanlah untuk memakai tangan kiri alias jadi kidal saat menggunakan mouse komputer, mengaduk gula teh atau kopi, membuka pintu dan ha-hal lain yang tidak membahayakan. Bagi yang kidal, gunakan tangan kanan. Setelah dua pekan latihan, anda sudah mampu mengendalikan emosi agar tidak “meledak”. Menurut Dr Thomas Denson dari University of New South Wales, melatih pengendalian diri sama seperti melatih keterampilan main piano atau golf. Dalam studi yang dilakukan Dr Denson itu, orang yang mulai menggunakan tangan yang “keliru” atau non-dominan, dalam dua pekan akan lebih mampu mengendalikan emosi. Penelitian Dr Denson dimuat di jurnal Current Directions in Psychological Science.

…dst

29 ) Sekilas dalam Negeri
Awas!
Awas! Tak Jujur Lapor Kekayaan, Harta PNS Bisa Dirampas Negara
Ssst! Kemenkeu Selidiki Jaringan Mafia Pajak
Parah! PPATK Temukan Transaksi Mencurigakan 704 PNS
Kemenkeu Sudah Pegang Nama-nama Mafia Pajak
Jabatan Pekerja Asing dibatasi
Muhaimin Larang Orang Asing Duduki Posisi CEO Perusahaan di RI
Wiih! 19 Jabatan di Perusahaan RI ‘Diharamkan’ Bagi Orang Asing
Jabatan Pekerja Asing Dibatasi untuk Cegah Kecemburuan
Kompensasi kenaikan BBM
Inilah Rencana Kompensasi Bagi Pengusaha Angkutan
Sistem Satu Zona Waktu
Sistem Satu Zona Waktu di Indonesia Bisa Hemat Triliunan Rupiah
Wacana Sistem Satu Zona Waktu Indonesia Direspons Beragam
Indonesia Sudah 9 Kali Ubah Zona Waktu
Papua
Pemerintah ‘Guyur’ Papua & Papua Barat Rp 5,4 Triliun
Freeport Siapkan Rp 162 Triliun Buka Tambang Bawah Tanah Papua
RUU KPK
Jika Wewenang KPK Dikebiri, Maka Goodbye Pemberantasan Korupsi
Kasus Anas
Peneliti LSI: Pernyataan Anas Bisa Jadi Bumerang
Sesumbar Bicara Siap Digantung di Monas, Anas Dinilai Panik
3 Pesan di Balik Pernyataan Anas yang Siap Digantung di Monas
Saksi Ahli Akan Bahas Dokumen Anas di Grup Permai
Survei LSI
Survei LSI: Golkar Menguat, Nasdem Menyodok
Mengapa Nasdem Serobot Posisi Empat Besar  
Disalip NasDem di Survei, PKB Anggap Cambuk
Prestasi
Ganda Campuran Juara (All England)
Tim Indonesia Dominasi ASEAN Cup 2012
Sekilas Luar Negeri
Afghanistan
Seorang Tentara AS Tembaki Warga Afghanistan, 16 Orang Tewas
Tentara AS Tembaki Warga Afghanistan, Obama Shock
Tentara AS Sakit Jiwa Tembaki Warga Afghanistan
Iran
Ahmadinejad Gertak Tolak Perundingan
Gaza
Pandangan mata WNI di Gaza saat Israel menyerang
Uni Eropa cemas atas aksi kekerasan Israel-Palestina
Serangan Israel Makin Agresif, Korban Palestina Terus Berjatuhan
Serangan Udara Israel Tewaskan Pelajar Palestina
Israel bunuh bocah gaza 
Jepang
Bunuh Diri di Jepang Meningkat Drastis Sejak Tsunami
China
China Bebaskan 24.000 Korban Trafficking
Suriah
Annan Gagal Tekan Assad