Logo ITS Dijiplak
Rektor : Saya Berjuang Sampai Titik Darah Penghabisan

Foto : Triyogi Yuwono dengan Logo ITS (foto : Humasy ITS/Okezone)

Foto : Triyogi Yuwono dengan Logo ITS (foto : Humasy ITS/Okezone)

1 ) Rektor : Saya Berjuang Sampai Titik Darah Penghabisan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/02/373/586313/rektor-saya-berjuang-sampai-titik-darah-penghabisan

Jum’at, 02 Maret 2012 20:32 wib

SURABAYA – Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Triyogi Yuwono tidak tinggal diam melihat adanya penjiplakan logo ITS oleh perusahaan Rusia. Triyogi menegaskan, akan berjuangkan hingga titik darah penghabisan demi membela kampus tersebut. Perusahaan bernama Inkom Tehsnab itu memiliki logo persis dengan ITS. Bingkai dari logo itu sama menggunakan bingkai persegi pajang dan sisi bagian bawah berbentuk setengah lingkaran. Bahkan gambar di dalam bingkai tersebut sama persis dengan milik ITS. Sementara tulisan di samping logo itu sama bertuliskan ITS. Bedanya, jika ITS bertuliskan Institut Teknologi Sepuluh Nopember maka milik perusahaan Rusia itu bertuliskan ITS disertai dengan bahasa Rusia. Selain itu komposisi warna logo tersebut juga berbeda. ITS menggunakan warna biru laut sedangkan logo milik perusahaan Rusia itu berwarna biru gelap. “Pokok’e iki logo ITS (Pokoknya ini logo ITS),” kata Triyogi dalam pesan singkatnya kepada okezone, Jumat (2/3/2012).

…dst

2 ) Priyo: Logo ITS Digandrungi Perusahaan Rusia
http://news.detik.com/read/2012/03/03/075329/1856944/10/priyo-logo-its-digandrungi-perusahaan-rusia?n991103605

foto: detikcom

Sabtu, 03/03/2012 07:53 WIB
Jakarta Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso angkat bicara terkait logo perusahaan Rusia Inkom TehSnab yang sangat mirip dengan logo Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Bagi Priyo, ini menunjukkan logo ITS populer di mancanegara.”Harus dicari apakah motif ini kesengajaan, ingin nimbrung popularitas ITS, atau faktor ketidaksengajaan lainnya. itu harus diklarifikasi. Tapi apapun ini menunjukkan simbol ITS ini digandrungi perusahaan Rusia, ini menarik dan positif,” kata Priyo kepada detikcom, Sabtu (3/3/2012).Namun Priyo mendorong agar Rektor ITS berupaya semaksimal mungkin mempertahankan logo tersebut. “Yah saya mendorong dan mendukung sepenuhnya ITS agar mempertahankan hak-hak paten yang harus dilindungi dan itu langkah terhormat yang kita semua mensupport sepenuhnya,”tegasnya. Sebelumnya diberitakan bahwa ITS dan perusahaan Rusia Inkom TehSnab memiliki logo yang sangat mirip, bahkan bisa dibilang kembar dengan perbedaan cuma berada dalam urusan warna. Jika logo ITS menggunakan warna biru agak kemudaan, ‘kembarannya’ memilih biru dongker.

…dst

3 ) Perusahaan Rusia Tiru Logo ITS
http://www.jpnn.com/read/2012/03/03/119376/Perusahaan-Rusia-Tiru-Logo-ITS-

Sabtu, 03 Maret 2012 , 11:20:00
SURABAYA – Logo milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya diduga kuat dijiplak sebuah perusahaan asal Rusia. Perusahaan dengan nama Inkom TehSnab itu mencantumkan sebuah logo pada website-nya yang beralamat di http://www.1hydro.ru . Bentuk logo yang terdapat pada situs tersebut memang mirip. Yang membedakan hanya warna dasar dan singkatan. ITS akan menentukan langkah hukum untuk menyikapi persoalan itu. “Kami akan diskusikan lagi dengan bagian hukum di ITS. Juga ahli hukum dari luar,” kata Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono pada wartawan, (2/3). Dia mengungkapkan, logo ITS yang asli pernah diusahakan untuk mendapatkan paten dari pemerintah. Tetapi, proses itu mandek hingga sekarang. Meski demikian, logo ITS telah tercantum pada statuta. Acuannya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2011 tentang Statuta ITS tertanggal 21 November 2011. Bentuk dan ukuran logo itu tertera pada pasal (5) ayat 8 dan 9. Pasal tersebut menjelaskan sangat detail, mulai tinggi huruf hingga ketebalan garis. “Logo itu sudah dipakai sejak zaman Pak Nuh (Mohammad Nuh, kini Mendikbud) menjadi rektor, sekitar tahun 2005,” imbuhnya.

…dst

4 ) ‘Semangat 45′ Membangun Teknologi di Balik Logo ITS
http://surabaya.detik.com/read/2012/03/02/131625/1856483/466/

Jumat, 02/03/2012 13:16 WIB
Surabaya – Logo Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang mirip dengan yang dimiliki sebuah perusahaan Rusia, Inkom TehSnab, tergolong baru. Logo itu diresmikan 10 November 2005 ketika Rektor ITS dijabat Muhammad Nuh yang kini menjadi Mendiknas. Peresmian logo gres itu berbarengan Dies Natalis ke-45 atau lustrum ke-9. Seperti dilansir website ITS, logo lama yang sudah berusia 45 tahun diganti logo baru agar lebih fresh dan mengesankan kedinamisan. Dibandingkan logo ITS lama, ada beberapa perubahan yang cukup mendasar pada logo yang baru. Salah satunya adanya penambahan tulisan nama ITS beserta kepanjangannya, sedangkan pada logo lama tidak ada hal tersebut. Selain itu, perubahan juga ada pada perisai di belakang logo ITS. Sebelumnya, logo ITS hanya berdiri sendiri tanpa ada perisai yang melatarbelakangi. Ketua Tim Review Identitas ITS Baroto Tavip Indrojarwo seperti dilansir di website resmi ITS menyatakan, perubahan logo untuk memudahkan masyarakat menerjemahkan kepanjangan ITS.

…dst

5) Baru Diketahui Setelah Tim Mecari Perbandingan Pembuatan Logo Baru
Logo ITS Dibajak Perusahaan Rusia, Rektor Tempuh Jalur Hukum
http://www.lensaindonesia.com/2012/03/03/logo-its-dibajak-perusahaan-rusia-rektor-tempuh-jalur-hukum.html

Sabtu, 03 Maret 2012 13:53 WIB
LENSAINDONESIA.COM: Proses pembuatan logo baru ITS Surabaya makan waktu lama. Agar tak ada kesamaan, tim telah mencari perbandingan hingga luar negeri. Tapi, siapa sangka sebuah perusahaan di Rusia bernama ‘Inkom TehSnab’ nyaris mempunyai logo yang sama dengan ITS. Dari informasi yang dihimpun, proses pembuatan logo ITS dimulai dari keluarnya SK Rektor ITS tentang tim review identitas ITS pada 2 Mei 2005. Tim review identitas ITS beranggotakan delapan dosen senior. Mereka dipimpin Ketua Jurusan Desain Produksi Baroto Tavip Indrodjarwo. Para anggotanya adalah Mahmud Zaki (Teknik Fisika), Triyogi yuwono (dekan Fakultas Teknik Industri), Azhar Imron (dekan Fakultas Teknik Kelautan), Sudrajat (ketua PIMP-ITS), Agus Windarto (dosen Jurusan Dispro), Bambang Sumardiono (ketua Jurusan Arsitektur), Suyatman (dosen Dispro) dan Budiono (dosen Dispro). Tim bekerja keras untuk bisa menciptakan logo yang memiliki nuansa modern namun tanpa harus menghilangkan nilai sejarahnya.

…dst

6) Mirip sekali, Logo ITS Surabaya >< Logo ITS Rusia


ITS Rusia menggunakan logo tsb sejak 25 Desember 2008 http://web.archive.org/web/20081225140510/http://1hydro.ru/index.htm , sementara ITS Surabaya telah menggunakannya sejak 8 Desember 2005 http://web.archive.org/web/20051208013529/http://www.its.ac.id/

>>>

7 )  Berkas:Logo ITS.gif
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Logo_ITS.gif

Logo ITS.gif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo_ITS.gif? (205 × 121 piksel, ukuran berkas: 4 KB, tipe MIME: image/gif)

Riwayat berkas

Klik pada tanggal/waktu untuk melihat berkas ini pada saat tersebut.

Tanggal/Waktu Miniatur Dimensi Pengguna Komentar
terkini 8 Februari 2006 06.12 Miniatur untuk versi per 8 Februari 2006 06.12 205 × 121 (4 KB) Wic2020 (Bicara | kontrib) Logo ITS, diambil dari situs resmi (modified)

 

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.