Berkas Arahan Mendikbud pada Rembuknas 2012

Berkas Arahan Mendikbud pada Rembuk Nasional 2012 bisa diunduh di sini atau di sini

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/laman/pengumuman/255

Jadwal dan Panduan Rembuk Nasional Tahun 2012 (Terbaru)

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/laman/pengumuman/248

Berita Terkait:

1 ) Mendikbud Buka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/253

02/27/2012
Depok – Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2012 telah dimulai. Acara yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, hari ini, Senin (27/02), dihadiri lebih dari 1000 peserta pemangku pendidikan dari seluruh Indonesia. Turut hadir juga seluruh pejabat Kemdikbud dan tamu undangan dari Komisi X DPR RI, dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).RNPK tahun 2012 diawali penandatanganan kontrak kerja, pertama antara Dirjen Dikti Djoko Santoso dengan para rektor perguruan tinggi di Indonesia yang diwakili oleh rektor Universita Riau Ashaluddin Jalil, rektor Universitas Palangkaraya Henry Singasara, rektor Universitas Musamus Philipus Betaubun.

…dst

2 ) 1.500 Lebih Peserta Ikuti Rembuknas Pendidikan dan Kebudayaan 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/252

02/27/2012
Lebih dari 1.500 peserta pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan dari seluruh Indonesia, selama dua hari ke depan akan mengikuti Rembuk Nasional (Rembuknas) Pendidikan dan Kebudayaan di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangtendik Kemdikbud), Bojongsari, Sawangan, Depok.
Para pemangku kepentingan itu antara lain terdiri atas para kepala dinas pendidikan provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia, dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi, UPT di lingkungan Kemdikbud, Rektor PTN dan Ketua Kopertis, serta DPR, yang menangani pendidikan dan kebudayaan.

…dst

3 ) Berkas Arahan Mendikbud pada Rembuknas 2012
http://www.kemdiknas.go.id/laman/pengumuman/255

27 Feb 2012
Berkas Arahan Mendikbud pada Rembuk Nasional 2012 bisa diunduh pada: http://rembuknas.kemdikbud.go.id/laman/files/Arahan_Mendikbud_Rembuknas_2012-revisi3.pdf atau http://118.98.223.96/laman/files/Arahan_Mendikbud_Rembuknas_2012-revisi3.pdf

…dst

4 ) Tiga Poin Bahasan Rembuknas Pendidikan 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/27/373/583079/tiga-poin-bahasan-rembuknas-pendidikan-2012

Senin, 27 Februari 2012 12:11 wib’
JAKARTA – Sekira 1.500 pemangku kepentingan di bidang pendidikan akan membahas penggabungan kembali fungsi pendidikan dan kebudayaan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menjelaskan, fungsi pendidikan dan kebudayaan baru kembali menyatu. “Maka, perlu dibicarakan strategi penyatuan dua bidang tersebut,” kata M Nuh selepas memberikan materi dalam Rembuknas 2012 di Rembuk Nasional (Rembuknas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Kemendikbud, Bojongsari, Sawangan, Depok, Senin (27/2/2012). Selain merembukkan penggabungan fungsi kedua bidang tersebut, poin selanjutnya yang akan dibahas adalah bagaimana mempercepat program-program Kemendikbud pada 2012. “Misalnya bagaimana melaksanakan program rehabilitasi, dana BOS, dan BSM agar tepat waktu,” ujar mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut. Poin ketiga, kata M Nuh, mempersiapkan pokok-pokok pemikiran RKP 2013 yang nantinya akan dibahas dengan delapan komisi DPR terkait.

…dst

5 ) Sejak 1996, Penelitian RI Tak Bertambah
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/27/373/583031/sejak-1996-penelitian-ri-tak-bertambah

Senin, 27 Februari 2012 11:19 wib
DEPOK – Sebagai negara berkembang, sejatinya Indonesia mampu meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian berupa karya ilmiah. Namun, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, melihat grafiknya, sejak 1996 publikasi karya ilmiah di Indonesia konsisten, alias tidak ada peningkatan.Padahal, Nuh mengimbuhkan, menulis karya ilmiah sebenarnya tidak perlu dipersulit. Civitas academica, pasti bisa menulis apa pun yang diketahuinya. “Kita kan bukan menulis apa yang tidak diketahui. Ada perbedaan antara tidak mau dengan tidak bisa. Kalau tidak bisa akan kami dorong untuk terus belajar,” ujar Nuh usai membuka Rembuk Nasional Pendidikan di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kemendikbud, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Senin (27/2/2012). Mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini memaparkan, berdasarkan data, publikasi jurnal ilmiah Indonesia berada di urutan terbawah setelah Malaysia, Turki, China, Thailand, Mesir, dan India.”Indonesia itu ibarat gajah yang sedang tidur. Bayangkan saja Indonesia menghasilkan 4.000 sarjana setiap tahun, paling banyak dibanding negara berkembang lainnya. Nah, untuk membangunkan gajah yang sudah keasyikan tidur ini perlu usaha yang gigih,” tuturnya.

…dst

6 ) Rembuknas Dikbud Fokuskan Program Strategis
http://www.jpnn.com/read/2012/02/27/118741/Rembuknas-Dikbud-Fokuskan-Program-Strategis-

Senin, 27 Februari 2012 , 12:43:00
DEPOK – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan Kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2012 yang digelar akan fokus membicarakan program unggulan dan strategis. “Kegiatan ini bukan merupakan acara seremonial tahunan, melainkan untuk mengkomunikasikan dan merencanakan program unggulan dan strategis di lingkungan Kemdikbud,” tegas Nuh saat pembukaan Rembuknas Dikbud di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Kemdikbud, Sawangan, Depok, Senin (27/2).Menurutnya, pembahasan program strategis di lingkungan kementerian ini semakin bertambah, mengingat tahun ini untuk pertama kalinya bidang kebudayaan menjadi topik bahasan dalam arena Rembuknas.

…dst

7 ) Membahas Pendidikan Tak Hanya dari “Kacamata” Jakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/27/1023487/Membahas.Pendidikan.Tak.Hanya.dari.Kacamata.Jakarta

Senin, 27 Februari 2012 | 10:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Senin (27/2/2012), di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Dalam sambutannya, Nuh mengatakan, RNPK 2012 akan membahas beberapa topik utama. Antara lain rintisan wajib belajar 12 tahun atau diistilahkan dengan pendidikan universal 12 tahun, pembangunan infrastruktur sekolah rusak dengan pola swakelola, perhatian pada daerah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal), peningkatan mutu guru, pembangunan bidang kebudayaan, dan lain sebagainya.

…dst

8 ) Majelis Rektor PTN Akan Buat Jurnal Rektor Indonesia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/261

02/27/2012
Depok – Publikasi karya ilmiah masuk ke dalam kebijakan strategis yang dibahas pada Rembuknas Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini. Dipilihnya kebijakan publikasi karya ilmiah ini sebagai bentuk keprihatinan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh terhadap jiwa meneliti yang dimiliki mahasiswa baik dari jenjang Sarjana hingga Doktor. Diharapkan dengan dibangunnya kembali jiwa meneliti, mahasiswa dapat menjadi motor penggerak bagi pendidikan tinggi Indonesia. Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) Idris Paturessi mengatakan, penulisan publikasi karya ilmiah tidak harus dimasukkan ke dalam buku, tapi dapat dimasukkan ke dalam website jurnal internasional ataupun website perguruan tinggi yang bersangkutan. “Kalau jurnal-jurnal itu dimasukkan ke website, orang lain dapat mengaksesnya kembali di masa depan, dan akan lebih mudah dilaporkan kalau ada penjiplakan dibanding dengan media kertas,” jelas Idriss. Jadi, semua kembali pada komitmen perguruan tinggi sebagai tempat penelitian. Untuk sanksi, mahasiswa yang tidak mampu memasukkan karya ilmiah ke dalam jurnal, maka dapat dilakukan pengurangan indeks prestasi kumulatif. Idriss mencontohkan,”Jika ada mahasiswa S-2 yang mendapat predikat cumlaude tapi tidak menuliskan jurnal ilmiahnya, maka dia hanya berhak predikat memuaskan”.

…dst

9 ) Kemdikbud Tingkatkan Nominal Beasiswa Siswa Miskin
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/260

02/27/2012
…cut… Ia menjelaskan, untuk BSM SD naik dari Rp 380.000 menjadi Rp 450.000. “Sementara untuk SMP, dari 580-ribu naik jadi 700-ribuan, dan SMA naik dari 700-ribuan jadi 1-juta,” ujarnya. Total anggaran untuk BSM yang sudah masuk APBN 2012 mencapai 3,9 trilyun rupiah. Namun untuk total bantuan pendidikan yang akan dijadikan beasiswa, Kemdikbud sudah memasukkan tambahan sebesar 2 trilyun rupiah ke dalam APBN-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara – Perubahan). “Jadi total ada lima sampai enam trilyun, termasuk untuk mahasiswa,” ujarnya. Tambahan anggaran yang dimasukkan dalam APBN-P ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dapat menimbulkan konsekuensi berupa turunnya daya beli. Menteri Nuh mengatakan, pencairan BSM juga harus sejalan dengan kenaikan BBM. “Seandainya BBM naik 1 April, maka BSM juga harus berjalan bersamaan dengan itu, jadi BSM juga keluar April,” tegasnya. (DM).

…dst

10 ) Rembuknas Bahas Pelaksanaan Permen Larang Pungutan
http://www.kemdiknas.go.id/laman/berita/256

02/27/2012
Depok – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh mengatakan, salah satu tujuan diselenggarakannya Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) adalah untuk menjalankan fungsi koordinasi. Fungsi koordinasi dilakukan antarpengelola pendidikan dan kebudayaan di seluruh Indonesia, baik di daerah maupun pusat. Dalam fungsi koordinasi ini, salah satu topik yang dibahas di RNPK adalah pelaksanaan Peraturan Mendikbud Nomor 60 Tahun 2011 tentang larangan pungutan biaya pendidikan pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

…dst

11 ) Pendidikan Menengah Universal 12 Tahun
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/257

02/27/2012
Depok – Dana Bantuan Operasional (BOS) pendidikan dasar sembilan tahun telah penuh seratus persen pada tahun 2012 ini. Untuk itu, mulai tahun 2012 ini juga pemerintah mulai merintis bantuan dana belajar untuk pendidikan menengah. Sebelumnya, program dana bantuan untuk pendidikan menengah dikenal dengan rintisan wajib belajar 12 tahun. Setelah melalui pengkajian mendalam nama tersebut menjadi pendidikan menengah universal. Demikian disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, saaat memberi sambutan dalam acara pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012, Senin (27/02), di Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Bojongsari, Depok. “Kalau mau pakai wajar 12 tahun, siapa yang mewajibkan? Kan tidak diamanatkan oleh konstitusi seperti wajar 9 tahun,” ujar Mendikbud.

…dst

12 ) Mendikbud Ingin Realisasi Program 2012 Dipercepat
http://www.pikiran-rakyat.com/node/178543

Senin, 27/02/2012 – 17:35
DEPOK, (PRLM).- Sebanyak 1.500 peserta pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan dari seluruh Indonesia mulai membahas program-program unggulan dan strategis pada kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012 di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangtendik Kemdikbud), Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan beberapa pokok bahasan pada Rembuknas yang digelar mulai Senin (27/2/12) sampai Selasa (28/2/12). Hal-hal pokok yang dimaksud Mohammad Nuh, di antaranya mengenai strategi menyatunya fungsi pendidikan dan kebudayaan. Kebijakan mengenai Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga akan dibahas secara khusus sekalipun telah dilakukan perbaikan mekanisme penyaluran dan menaikan unit cost BOS dari 70 persen menjadi 100 persen.

…dst

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.