1 ) Paling Lambat Mei 2012
Tak Daftarkan Akreditasi Prodi, PTS Terancam Sanksi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/23/06313550/Tak.Daftarkan.Akreditasi.Prodi.PTS.Terancam.Sanksi

Kamis, 23 Februari 2012 | 06:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III DKI Jakarta, Ilza Mayuni mengatakan, seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) harus memperpanjang atau mendaftarkan status akreditasi program studinya (prodi) paling lambat pada Mei 2012. Ia menegaskan, PTS yang terlambat mengurus proses akreditasi terancam berbagai sanksi. “Itu batas akhirnya. Kalau terlambat mengajukan izin perpanjangan atau pendaftaran akreditasi maka akan kami tegur secara halus sampai pada pemberian sanksi. Sangat mungkin ada yang telat, tapi yang jelas mereka harus sudah mengajukan prosedur itu,” kata Ilza kepada Kompas.com, Rabu (22/2/2012), di Gedung Kopertis, Jakarta. Ia menjelaskan, DKI Jakarta memiliki sekitar 340 PTS. Dari jumlah tersebut, sedikitnya terdapat 1576 prodi. Untuk mengelola dan menjaga kualitasnya, maka sesuai aturan semua prodi di setiap perguruan tinggi harus melakukan perpanjangan dan pendaftaran akreditasi secara berkala. Tiga tahun sekali untuk jenjang Diploma dan empat tahun sekali untuk jenjang S-1.

…dst

2 ) ITB Juarai Danone Trust 2012
http://www.antaranews.com/berita/298446/itb-juarai-danone-trust-2012

Rabu, 22 Februari 2012 21:28 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Tim Bhineka Institut Teknbologi badung (ITB) berhasil menjuarai program kompetisi bisnis “Danone Trust 2012″ dengan nilai 15 point, sedang juara II diraih tim Rasenditya UI meraih 13 point, dan juara III diraih tim Mahabarata ITB memperoleh 11 poin. Keterangan tertulis panitia di Jakarta, Rabu (22/2), menyebutkan kompetisi bisnis “Trust”, suatu kompetisi bisnis yang dirancang khusus untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan wawasan nyata ke isu dunia usaha saat ini yang diikuti mahasiswa dari sembilan universitas di Indonesia. Tiga tim juara itu yang berhasil mengungguli dari 5 tim yang mengikuti Country Final (final nasional) Trust di Jakarta pada 22 Februari 2012, dimana mereka berkompetisi untuk mempresentasikan strategi bisnis mereka dan berinteraksi secara singkat dengan para manajer senior Danone di Indonesia. Kelima terbaik telah mempresentasikannya kepada para Dewan Direkur Danone di Indonesia, sehingga akhirnya terpilih satu pemenang iatu Tim Bhineka ITB yang akan mendapatkan hadiah mengunjungi kantor pusat Danone dan beberapa lokasi bisnis serta bertemu dengan para pimpinan Danone di Paris, Prancis.

…dst

3 ) Program Studi di PTS Bisa Turun Status
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/23/08153238/Program.Studi.di.PTS.Bisa.Turun.Status
Kamis, 23 Februari 2012 | 08:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Program studi yang ada di setiap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sangat mungkin mengalami penurunan status akreditasi. Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III DKI Jakarta, Ilza Mayuni mengatakan, penurunan status dipicu oleh tiga hal yaitu ktersediaan dosen, ketersediaan mahasiswa, dan ketersedian infrastruktur pendukung. Ia menjelaskan, ketersediaan dosen sangat berpengaruh pada naik turunnya status sebuah prodi di perguran tinggi. Aturan yang dibuat pun tak main-main. Dosen yang mengajar di setiap prodi harus memiliki kesamaan antara latar belakang pendidikan dan mata kuliah yang diajarnya. Menurutnya, dosen yang baik mengajar sesuai dengan kompetensi, kualifikasi, dan karyanya. “Soal dosen tidak bisa main-main lagi. Linieritas itu menjadi pertimbangan, tidak hanya untuk akreditasi tapi juga untuk penilaian semua proses pembelajaran. Apakah sesuai dengan bidang keilmuan yang diajarkan,” kata Ilza kepada Kompas.com, Rabu (22/2/2012), di Gedung Kopertis, Jakarta.

…dst

4 ) Status Perguruan Tinggi
Kopertis Rahasiakan 17 Universitas yang Turun Status
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/06/14041497/Kopertis.Rahasiakan.17.Universitas.yang.Turun.Status

Senin, 6 Februari 2012 | 14:04 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com — Kopertis IX Wilayah Sulawesi menengarai 17 perguruan tinggi swasta yang terancam diturunkan statusnya menjadi sekolah tinggi karena tidak memiliki minimal 10 program studi (prodi). Namun, pihak kopertis tak mau menyebut nama universitas dengan alasan agar tidak merusak citra yang bersangkutan. “Tidak etis, karena nanti dianggap merusak nama baik. Apalagi mereka punya kesempatan memperbaiki diri,” kata Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Muhammad Basri Wello di Makassar, Senin (6/2/2012). asri mengatakan, Kopertis sudah memanggil perguruan tinggi dimaksud untuk memberikan penjelasan mengapa mereka tidak menyediakan setidaknya 10 prodi.

…dst

5 ) Melanggar, 10 Sekolah Di-Balcklist
Divonis Tidak Boleh Mendaftar SNMPTN Jalur Undangan
http://www.jpnn.com/read/2012/02/23/118259/Melanggar,-10-Sekolah-Di-Balcklist-

Kamis, 23 Februari 2012 , 06:36:00
JAKARTA – Ancaman blacklist dari panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bagi sekolah yang mengatrol nilai rapor bukan gertak sambal. Sepuluh SMA sederajat yang tahun lalu terbukti mengatrol nilai, tahun ini dilarang mendaftarkan siswa-siswi mereka mengikuti SNMPTN Jalur Undangan. Panitia berharap, catatan ini tidak ditiru sekolahan lainnya. Ketua panitia pusat SNMPTN Akhmaloka, Rabu (22/2) menuturkan, pihaknya berupaya konsisten menjalankan ketentuan yang sudah disepakati bersama. “Sudah jelas dan tegas, kalau mengatrol nilai siswa supaya bisa lolos jalur undangan itu sebuah pelanggaran,” ujar pria yang juga menjadi rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu. Akhmaloka mengatakan, sepuluh sekolah yang masuk daftar hitam tersebut terdiri dari SMK, SMA, dan MA. Sekolah-sekolah ini tersebar dari penjuru tanah air. “Saya tidak bisa menyebutkan detail sekolah tersebut,” katanya.

…dst

6 ) FK Unhas Favorit Jalur Undangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/22/373/580352/fk-unhas-favorit-jalur-undangan

Rabu, 22 Februari 2012 15:16 wib
JAKARTA – Para pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, memfavoritkan pendidikan kedokteran sebagai pilihan studinya. Hingga 21 Februari, dari 512 siswa yang melamar ke Unhas, 115 di antaranya memilih Fakultas Kedokteran. Pada kategori pelamar yang menempatkan Unhas sebagai PTN pilihan pertama, tercatat 77 orang mencantumkan FK sebagai pilihan program studi (prodi) pertama, dan enam pelamar melamar pada pilihan kedua. Pada kelompok pemilih Unhas sebagai PTN kedua, 28 peserta menempatkan FK pada prodi pertama, dan empat peserta memilihnya pada prodi kedua. Sedangkan 14 siswa lainnya masuk kategori pelamar beasiswa Bidik Misi. Demikian seperti dikutip dari laman Unhas, Rabu (22/2/2012).

…dst

7 ) Juara 1 Olimpiade Geografi Masuk UGM Tanpa Tes
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/22/373/580259/juara-1-olimpiade-geografi-masuk-ugm-tanpa-tes

Rabu, 22 Februari 2012 14:02 wib
JAKARTA – SMA Taruna Nusantara keluar sebagai juara pertama dalam Olimpiade Geografi tingkat SMA 2012 yang diselenggarakan oleh Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Tidak hanya mendapatkan trofi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tim SMA Taruna Nusantara ini juga akan direkomendasikan untuk masuk UGM tanpa tes. “Peraih peringkat pertama akan direkomendasikan Fakultas untuk bisa masuk UGM tanpa tes serta dibebaskan biaya pendidikan atau mendapatkan beasiswa,” kata Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja sama Luthfi Muta’ali seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (22/2/2012). Olimpiade Geografi yang bertajuk Implementasi Ilmu Geografi dalam Upaya Pemerataan Dinamika Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia tersebut diikuti oleh 84 tim dari 54 SMA di Indonesia. Tidak hanya berasal dari seluruh provinsi di Pulau Jawa, para peserta juga merupakan perwakilan dari Jayapura, Gorontalo, Tarakan, dan Batam.

…dst

8 ) Penerimaan Mahasiswa Baru Jangan Diskriminatif
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/22/14170948/Penerimaan.Mahasiswa.Baru.Jangan.Diskriminatif

Rabu, 22 Februari 2012 | 14:17 WIB
MEDAN, KOMPAS.com – Pembantu Rektor I Universitas Negeri Medan Prof Chairil Ansyari mengatakan, penerimaan mahasiswa baru terutama pada perguruan tinggi negeri tidak diskriminatif. Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil demi peningkatan pemerataan pendidikan.”Selain itu juga harus transparan dan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikakan potensi calon mahasiswa,” kata Chairil, di Medan, Rabu (22/2/2012).Ia mengatakan, perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA hendaknya dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan penilaian dan rekomendasi kepala sekolah.

…dst

9 ) Lulus D-3 Langsung Kerja di PLN, Siapa Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/22/373/580265/lulus-d-3-langsung-kerja-di-pln-siapa-mau

Rabu, 22 Februari 2012 13:02 wib
JAKARTA – Kamu adalah pelajar SMA/SMK/MA dengan jurusan eksakta? Tertarik untuk menggeluti jurusan Teknik Elektro maupun Teknik Mesin sebagai jurusan kuliah? Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyediakan program tersebut sekaligus menjanjikan pekerjaan di PLN setelah lulus. Program diploma tiga dengan dua program studi (prodi), yakni Teknik Elektro dan Teknik Mesin ini merupakan kerja sama antara Fakultas Teknik Undip dengan PLN. Jika memilih Teknik Elektro, nantinya kamu akan berkutat dengan sistem kontrol, distribusi, transmisi, gardu induk, dan sebagainya. Sementara jurusan Teknik Mesin akan menangani peralatan sistem pembangkit seperti ketel uap, turbin, dan pompa. Demikian seperti dikutip dari situs Undip, Rabu (22/2/2012). Setelah menyelesaikan pendidikan diploma ini, kamu akan diterima langsung sebagai karyawan PT PLN (Persero) se-Indonesia dengan jabatan Junior Engineer atau Operator. Namun, untuk dapat diterima sebagai pegawai, kamu tentu harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan PT. PLN (Persero). Di antaranya, lolos tes kesehatan, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar atau sama dengan 2,75, dan menjalani Diklat Prajabatan.

…dst

10 ) Pasar PTS Tak Terpengaruh Manuver PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/23/08424561/Pasar.PTS.Tak.Terpengaruh.Manuver.PTN

Kamis, 23 Februari 2012 | 08:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III DKI Jakarta, Ilza Mayuni mengatakan, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) baru masih berpeluang besar lahir di DKI Jakarta. Menurutnya, PTS memiliki pangsa pasar lebih dari 80 persen angka partisipasi kasar (APK) lulusan sekolah tingkat SMA. Ia mengungkapkan, saat ini masyarakat semakin kritis memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan studi. Sejalan dengan itu, PTS harus mengimbanginya dengan jaminan kualitas yang menjanjikan.”Sangat mungkin lahir PTS baru di Jakarta. Tapi posisi kita hanya bisa merekomendasikan kelaikan dan mengeluarkan izin operasionalnya saja,” kata Ilza kepada Kompas.com, Rabu (22/2/2012), di Gedung Kopertis, Jakarta.

…dst

11 ) Anis Baswedan: Pemimpin Sekarang Lebih Suka Meratap
http://nasional.kompas.com/read/2012/02/22/23262753/Anis.Baswedan.Pemimpin.Sekarang.Lebih.Suka.Meratap

Rabu, 22 Februari 2012 | 23:26 WIB
KEDIRI, KOMPAS.com — Mental pemimpin negeri saat ini jauh dari optimisme, bahkan kepada masyarakat cenderung memberi ratapan daripada harapan. Dibutuhkan figur pemimpin yang mempunyai integritas dan mampu mengantisipasi perubahan untuk membawa bangsa menuju kejayaan. Hal tersebut disampaikan oleh Anies Baswedan saat memberikan paparannya di hadapan para peserta Halaqoh Nasional Ulama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), di Hotel Bukit Daun, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (22/2/2012) malam. “Pemimpin saat ini lebih banyak hadir di masyarakat dengan ratapan, bukan harapan,” kata Anis. Dalam kegiatan yang bertemakan “Menatap Tantangan, Menimbang Kepemimpinan Nasional” ini, Anies mengingatkan pentingnya mengembalikan rasa optimisme dan memberi pesan positif kepada bangsa Indonesia.

…dst

12 ) Disiapkan, Peluncuran Tiga Satelit Buatan Indonesia dan Satelit Nano PTN (IInusat)
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/23/04144934/disiapkan.peluncuran.tiga.satelit.buatan.indonesia
atau
http://www.kopertis12.or.id/2012/02/23/6-ptn-mempersiapkan-peluncuran-satelit-nano-indonesian-inter-university-satellite-iinusat.html

23 Feberuari 2012
Jakarta, Kompas – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional tengah melakukan uji tahap akhir satelit generasi keduanya—Lapan-A2. Rencananya, satelit mikro itu akan diluncurkan Juni 2012. Adapun peluncuran Lapan-A3 menyusul sekitar September-Desember 2013. Keduanya akan ditumpangkan pada roket milik badan antariksa India, ISRO. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bambang Setiawan Tejasukmana memaparkan rencana tersebut, Rabu (22/2), di Jakarta, dalam peringatan lima tahun satelit Lapan-TUBsat mengorbit…cut…Konsorsium para pakar dari enam perguruan tinggi dan Lapan yang disebut Indonesia Nanosatellite Platform Initiative for Research and Education (Inspire) juga mempersiapkan peluncuran satelit nano yang diberi nama Indonesian Inter University Satellite (IInusat). Pembuatan satelit ini didanai Kemdiknas. Perguruan tinggi yang terlibat adalah UGM, ITB, UI, ITS, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Institut Teknologi Telekomunikasi Bandung.

…dst

13 ) Kisah Sukses Belajar (2)
Laras Gadaikan Rumah untuk Kuliah, Lulus UGM IPK 4,00
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/22/09090513/Laras.Gadaikan.Rumah.agar.Bisa.Kuliah

Rabu, 22 Februari 2012 | 09:09 WIB
KOMPAS.com- Seperti diberitakan kemarin, tiga mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada diwisuda dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 atau sempurna. Mereka adalah Donna Adelia (angkatan 2008), Laras Susanti (2007), dan Fani Phisca P (2008). Berikut ini adalah cerita di balik kesuksesan Laras seperti disampaikan Kepala Humas FH UGM Satria AN kepada Kompas, Selasa (21/2/2012). Perjalanan Laras Susanti menempuh studi di Fakultas Hukum mungkin tidak semulus Donna. Kala itu Laras yang hidup dengan pamannya di Jakarta harus menggadaikan rumah terlebih dahulu untuk bisa memperoleh pinjaman uang dari bank, setelah dinyatakan diterima di UGM. Mahasiswi kelahiran Tegal, 27 Juli 1988 ini memang tinggal dengan pamannya, karena kedua orangtuanya bercerai. Sebelum masuk Fakultas Hukum waktu itu, ibunya menyarankan agar bekerja setelah lulus SMA. Namun untunglah pamannya saat itu tidak setuju, dan menyarankan Laras untuk kuliah.

…dst

14 ) Kisah Sukses Belajar (1)
Donna: Bertanggung Jawab pada Diri Sendiri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/22/08272451/Donna.Bertanggung.Jawab.pada.Diri.Sendiri

Rabu, 22 Februari 2012 | 08:27 WIB
Berikut ini adalah cerita di balik kesuksesan Donna seperti disampaikan Kepala Humas FH UGM Satria AN kepada Kompas, Selasa (21/2/2012).”Bekerja keraslah dengan posisi sekarang yang kau miliki. Jadilah yang terbaik, karena yang terbaik itulah yang akan selalu dikenang. Jangan lupa pula untuk berbagi dengan orang-orang di sekitar kita dengan apa yang kita peroleh.” Kata-kata ini muncul dari Donna Ardelia saat ditanya mengenai kiat sukses belajarnya selama 3 tahun 4 bulan di FH UGM.

…dst

15 ) Mau IPK Sempurna, Ini Resepnya
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579957/mau-ipk-sempurna-ini-resepnya

Rabu, 22 Februari 2012 10:03 wib
JAKARTA – Mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang mahasiswa. Terutama ketika mampu mempertahankan IPK sempurna tersebut hingga menyandang gelar sarjana. Prestasi ini berhasil diraih oleh tiga dara asal Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Mereka adalah dua mahasiswa angkatan 2008, yakni Donna Ardelia dan Fani Phisca, serta Laras Susanti mahasiswa angkatan 2007. Pada acara wisuda yang gelar kemarin, tiga srikandi ini mendapatkan IPK sempurna yakni 4,00. Apa saja sebenarnya formula yang dibutuhkan tiga mahasiswa ini sehingga mendapatkan nilai tersebut?

…dst

16 ) IPB -Universitas Adelaide kerja sama “Double Degree”
http://www.antaranews.com/berita/298447/ipb-universitas-adelaide-kerja-sama-double-degree

Rabu, 22 Februari 2012 21:31 WIB
Bogor (ANTARA News) – Institut Pertanian Bogor bersama Universitas Adelaide Australia kerja sama program “double degree” untuk program “master of economics” sebagai tindak lanjut kesepakatan yang telah terbangun kedua pihak sejak 2005.”Semula kerja sama yang dilakukan adalah penelitian, dan dalam perkembangannya kemudian terwujud program `double degree` ini,” kata Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen Sekolah Pascasarjana IPB Dr Ir Nunung Nuryantoro di Bogor, Rabu.Ia menjelaskan, secara resmi program itu dimulai pada Kamis (23/2). Pimpinan kedua perguruan tinggi akan menandatangani naskah kerja sama program tersebut di IPB International Convention Center (IICC), Kota Bogor, Jawa Barat.

…dst

17 ) UGM Luncurkan Pengelolaan Bencana ”Siap Tepat”
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/02/21/110135/UGM-Luncurkan-Pengelolaan-Bencana-Siap-Tepat

21 Februari 2012 | 07:18 wib
YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – UGM bersama Pemerintah Propinsi DIY, Ditjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum serta didukung oleh Java Reconstruction Fund meluncurkan jaringan unggulan pengelolaan bencana ”Siap Tepat” (Sustaining A Partnership in Local Goverments trough the Development of the Network of Excellence in Participatory Disaster Risk Reduction), di University Club UGM. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UGM Prof Dr Techn Ir Danang Parikesit MSc mengatakan, jaringan ”Siap Tepat” saat ini kurang lebih telah memiliki seratus anggota yang berasal baik dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah hingga LSM.”Indonesia itu rentan dengan terjadinya bencana sehingga kita perlu ada komunikasi dan informasi antarlembaga yang selama ini fokus pada upaya pengurangan resiko bencana khususnya di DIY-Jateng,” tuturnya.

…dst

18 ) ITS Gelar Seminar Hemat Energi bersama Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/22/373/580683/its-gelar-seminar-hemat-energi-bersama-jepang

Rabu, 22 Februari 2012 18:42 wib
SURABAYA – Kebutuhan energi tentunya menjadi perhatian yang sangat vital. Saat ini banyak negara di dunia yang mulai khawatir akan krisis energi. Agar hal itu tidak terjadi maka yang harus dilakukan adalah penghematan energi dan mencari sumber-sumber energi terbaru.
Atas dasar itulah, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dengan menggandeng Jepang, menggelar seminar dalam usaha penghematan energi. Jepang sendiri dapat menjadi prototipe dan contoh bagi negara-negara di dunia termasuk Indonesia soal energi. “Saat itu pemerintah Jepang memberlakukan Undang-Undang konservasi energi pada 1997 yang mengatur penggunaan energi, terutama energi primer,” kata President of Veglia Laboratories, Jepang, Kenzo Tsutsumi di gedung Rektorat ITS, Rabu (22/2/2012).

…dst

19 ) Unpas Miliki Pusat Studi TKI Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/23/373/580866/unpas-miliki-pusat-studi-tki-internasional

Kamis, 23 Februari 2012 08:43 wib
BANDUNG – Universitas Pasundan (Unpas) meresmikan Pasundan International Migrant Worker Studies (PIMS). Hal ini merupakan peran perguruan tinggi dalam permasalahan tenaga kerja Indonesia di luar negeri. “Memang ada pusat studi lain, tapi sebagai program studi (prodi) Hubungan Internasional kami mempunyai keinginan untuk berkontribusi terhadap permasalahan TKI, nantinya kami akan memberikan rekomendasi akademik terhadap fenomena TKI, apalagi saat ini jumlahnya terus meningkat,” kata Direktur PIMS Kunkunrat saat ditemui usai kuliah umum dan launching PIMS dengan tema “Permasalahan TKI dan Keterkaitannya dengan Dunia Ketenagakerjaan di Indonesia”, di Aula Suradiredja, Unpas, kemarin.

…dst

20 ) Atasi Banjir, Undip Bangun Waduk
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/23/373/580871/atasi-banjir-undip-bangun-waduk

Kamis, 23 Februari 2012 09:21 wib
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) berencana membangun waduk di kawasan kampus Tembalang untuk ikut membantu mengatasi banjir yang rutin melanda Kota Semarang. Waduk yang akan dibangun itu juga akan difungsikan sebagai laboratorium observasi. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan desain pembangunan waduk itu saat ini tengah dirancang. Letak waduk tersebut nantinya akan berbatasan dengan lahan yang dimiliki Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro. Kemungkinan besar waduk akan sedikit memakan lahan Kodam.”Kami rancang waduk ini untuk mengatasi banjir. Saat ini sedang kami rundingkan dengan Bapak Menteri Pertahanan (Purnomo Yusgiantoro),” ujarnya seusai bertemu dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kampus Undip Tembalang kemarin.

…dst

21 ) Undip-AS Kembangkan American Corner
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/23/178066/Undip-AS-Kembangkan-American-Corner

23 Februari 2012
SEMARANG- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) akan mengembangkan kerja sama di bidang pendidikan dengan mendirikan American Corner di kampus Universitas Diponegoro (Undip) dalam waktu dekat ini.Pusat studi tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi Undip dan AS, khususnya untuk para mahasiswa. Hal itu disampaikan Duta Besar AS Scot Marciel saat berkunjung ke kampus Undip Tembalang, Rabu (22/2). Dia mengatakan, bahwa Undip memiliki tujuan yang bagus bagi pihak Kedutaan AS. ”Kami sangat gembira karena Undip telah membina kemitraan dengan sejumlah universitas di AS. Sehingga kami berharap juga dapat melakukan hal yang lain terhadap Undip,” ungkapnya didampingi Political Officer Hilary Dauer dan Staf Kedubes AS Benny Junito.

…dst

22 ) 70 WNI di Kuala Lumpur ikut UT
http://www.antaranews.com/berita/298477/70-wni-di-kuala-lumpur-ikut-ut

Rabu, 22 Februari 2012 23:24 WIB
Kuala Lumpur (ANTARA News) – Sebanyak 70 warga negara Indonesia terdiri atas ibu rumah tangga, staf KBRI hingga tenaga kerja yang menatap di Malaysia telah terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka dan akan mengikuti orientasi mahasiswa pada 11 Maret 2012. “Mereka sudah terdaftar di Universitas Terbuka (UT) dan akan ikut orientasi mahasiswa baru di Gedung Kedutaan Indonesia di jalan Tun Razak Kuala Lumpur,” kata Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Rusdi MA saat menjelaskan perkembangan UT di Kuala Lumpur, Rabu.Menurut dia, kehadiran UT di Kuala Lumpur ini adalah untuk pertama kalinya dan diharapkan pada periode perkuliahan berikutnya semakin banyak warga negara Indonesia yang berada di Kuala Lumpur dan sekitarnya mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UT.

…dst

23 ) Rakernas Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia
Mahasiswa Kesehatan Bersatu Entaskan Masalah Kesehatan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/02/22/110295/-Mahasiswa-Kesehatan-Bersatu-Entaskan-Masalah-Kesehatan

22 Februari 2012 | 16:21 wib
SEMARANG, suaramerdeka.com – Mahasiswa kesehatan yang terdiri dari Fakultas Kedokteran umum dan gigi, kebidanan, keperawatan dan farmasi bertekad akan memperkuat jaringan untuk mengentaskan permasalahan kesehatan di masyarakat. Hal ini mengemuka dalam rakernas Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) yang berlangsung di Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unissula. Dalam rakernas tersebut muncul kesepakatan dari mahasiswa untuk melakukan advokasi tentang kesehatan dan gizi masyarakat. Menurut Wakil Dekan 3 FIK Wahyu Endang Setyawati, dalam rakernas ini semua elemen mahasiswa kesehatan bersatu mencurahkan pemikiran dalam penanganan permasalahan kesehatan di Indonesia. “Salah satu poin yang penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” kata Endang, Rabu (22/2).

…dst

24 ) Inggris Dukung Pendidikan Indonesia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/23/300486/293/14/Inggris-Dukung-Pendidikan-Indonesia

Kamis, 23 Februari 2012 06:49 WIB
JAKARTA–MICOM: Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia Rebecca Razavi mengatakan Pemerintah Inggris mendukung peningkatan pendidikan masyarakat di Tanah Air dengan memberikan sejumlah beasiswa. “Ada program beasiswa yakni Chevening, dimana memberikan beasiswa bagi orang Indonesia setiap tahunnya,” kata Razavi, di Jakarta, Rabu (22/2). Chevening diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia tak peduli itu PNS ataupun pegawai swasta. Dengan diberikannya beasiswa tersebut, lanjut dia, diharapkan para penerima beasiswa bisa menjadi agen perubahan sekembalinya ke Tanah Air.

…dst

25 ) IPN Langkah Awal Majukan Papua
http://www.jpnn.com/read/2012/02/23/118264/IPN-Langkah-Awal-Majukan-Papua-

Kamis, 23 Februari 2012 , 07:00:00
TIMIKA – Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI), merupakan langkah awal untuk memajukan Papua. Di IPN, masyarakat atau pemuda Papua yang berasal dari tujuh suku, bisa mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Demikian disampaikan Anggota DPD RI dari Sulawesi Tengah, Hj Nurmawati Dewi Bantilan, SE saat ditemui Radar Timika (JPNN Group) di Rimba Golf. “IPN merupakan langkah awal yang sangat strategis untuk memajukan Papua dalam hal ini Mimika kedepannya,” ujarnya. Alasan dia karena di IPN, dilakukan transfer knowledge, technology, dan capital kepada pelajar terutama dari tujuh suku. Menurutnya, apa yang dilakukan PTFI adalah titik awal yang luar biasa. “Sebelumnya saya hanya mendengar, tidak pernah melihat langsung. setelah melihat dan mendengarkan penjelasan secara langsung, maka harus lebih dimanfaatkan dan dioptimalkan waktu dan kesempatan ini, terutama untuk masyarakat tujuh suku,” pesannya.

…dst

26 ) Mahasiswa Pancasila Natuna gelar seminar reformasi pancasila
http://www.antaranews.com/berita/298522/mahasiswa-pancasila-natuna-gelar-seminar-reformasi-pancasila

Kamis, 23 Februari 2012 08:02 WIB |
Natuna (ANTARA News) – DPD Mahasiswa Pancasila Natuna menggelar seminar sehari yang bertemakan Reformasi Pancasila Sebagai Jati diri bangsa di tengah pergolakan umat yang ikuti oleh perwakilan Ormas, OKP dan perwakilan Sekolah Menengah Atas.Pengurus DPD Mahasiswa Pancasila Natuna, Raja Jamal Abdillah yang baru dilantik, Kamis di Ranai mengatakan kegiatan ini digelar guna meneguhkan Pancasila sebagai jati diri bangsa.”Apalagi kita berada di kawasan perbatasan, sehingga jiwa Pancasila perlu ditanamkan guna memperkuat rasa nasionalisme terhadap NKRI,” sebutnya. Ia mengatakan, keberadaan DPD Mahasiswa Pancasila untuk menghimpun dan membentuk Insan yang berjiwa Pancasila guna mencapai masyarakat yang adil, makmur, spiritual dan material dalam Negara kesatuan Republik Indonesia.

…dst

27 ) Rekrut Guru Berkualitas, Langsung PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/02/22/118184/Rekrut-Guru-Berkualitas,-Langsung-PNS-

Rabu, 22 Februari 2012 , 13:53:00
PALEMBANG–Untuk mendapatkan guru yang berkualitas, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai tahun lalu sudah membuka kesempatan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Palembang untuk mendapatkan beasiswa di STKIP Surya Institute, Jakarta.
Namun sayangnya, tahun 2010/2011 jumlah siswa yang berminat masuk ke universitas yang banyak menelurkan guru-guru kelas olimpiade ini, masih sedikit hanya 15 orang. Karenanya, mulai tahun ini Pemkot Palembang kembali membuka kesempatan serupa.Setidaknya, ada 1.600 siswa yang bakal mengikuti seleksi masuk STKIP Surya Institute, yang rencananya akan dilakukan pada 5-6 Maret mendatang. Nantinya, setelah lulus pendidikan siswa-siswa ini akan langsung mengajar dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Palembang.

…dst

28 ) PGSI Protes Kebijakan Uji Kompetensi Awal Guru
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/22/373/580451/pgsi-protes-kebijakan-uji-kompetensi-awal-guru

Rabu, 22 Februari 2012 14:46 wib
SOLO – Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Kota Solo mempertanyakan aturan yang mensyaratkan peserta program sertifikasi guru harus lulus tes uji kompetensi awal sebelum menjalani Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). “Saya kira belum ada aturannya yang mewajibkan harus lulus tes uji kompetensi awal. Kalau hasil tes uji kompetensi awal menentukan bisa ikut tidaknya PLPG, saya jelas tidak setuju,” tandas Ketua PGSI Kota Solo, Asmuni S.Ag di Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/2/2012). Tetapi, imbuhnya, PGSI tidak keberatan jika tes uji kompetensi awal dipakai sebagai alat ukur kemampuan masing-masing guru, atau sebagai pre test.

…dst

29 ) 24 Penerima Beasiswa Inggris Kembali ke Tanah Air
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/23/06212579/24.Penerima.Beasiswa.Inggris.Kembali.ke.Tanah.Air

Kamis, 23 Februari 2012 | 06:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Decentralization Support Facility (DSF) bersama Kedutaan Inggris menyambut 24 pelajar Indonesia yang baru saja kembali setelah menyelesaikan studi pascasarjananya di berbagai universitas di Inggris. Ke-24 pelajar tersebut merupakan pegawai dari beberapa kementerian dan lembaga pemerintahan Indonesia. Sebelumnya, para pelajar yang berkesempatan melanjutkan studi di Inggris ini lolos seleksi dan berhak menerima program beasiswa dengan total mencapai 1 juta dollar AS. Dana sebesar itu sepenuhnya disediakan oleh pemerintah Inggris melalui Departemen Pembangunan Internasional Inggris (DFID) dan diadministrasikan oleh Bank Dunia.

..dst

30 ) Ayo Ikut Program Magang Kerja Ke Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/22/373/580586/ayo-ikut-program-magang-kerja-ke-jepang

Rabu, 22 Februari 2012 17:03 wib
JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan penempatan 2.500 orang peserta magang ke Jepang. Mereka akan menjadi tenaga magang pada 50 perusahaan di negara tersebut. Program ini masuk dalam Gerakan Nasional Pemagangan yang dicanangkan Kemenakertrans dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk kejuruan di bidang industri, otomotif, tekstil, listrik, manufaktur, mesin dan bangunan.

…dst

31 ) Penerimaan CPNS- Tenaga Honorer Tetap Ikuti Seleksi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471800/

Thursday, 23 February 2012
JAKARTA – Pemerintah menetapkan mengangkat tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Namun, mereka tetap harus mengikuti tes seleksi yang akan digelar secara nasional sebagaimana calon PNS lainnya. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar mengatakan, seleksi ini diperlukan karena sebagian besar tenaga honorer yang bekerja saat ini tidak melalui tes kemampuan. Menurut dia, dalam waktu 2–3 tahun, pengangkatan tenaga honorer akan tuntas semua.

…dst

32 ) 600 Ribu Dites, 67 Ribu Langsung jadi PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/02/23/118255/600-Ribu-Dites,-67-Ribu-Langsung-jadi-PNS-

Kamis, 23 Februari 2012 , 06:10:00
JAKARTA – Persoalan pengangkatan guru honorer menjadi pegawai negeri sipil mulai menemui titik terang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Abubakar menyebut, Peraturan Pemerintah (PP) tentang pengangkatan guru honorer tersebut akan siap dalam waktu satu bulan. “Sebulan-lah waktunya. Kisi-kisinya memang kita akhirnya bisa menerima kesepakatan dengan DPR,” kata Azwar di Kantor Presiden, kemarin (22/2). Rancangan PP tersebut nantinya akan lebih dulu dikoordinasikan dengan instansi terkait, seperti Kemenkeu, Kemendagri, dan Setneg, sebelum diserahkan kepada presiden. Tenaga honorer yang akan diangkat, kata dia, tetap harus memenuhi sejumlah persyaratan. Diantaranya untuk tenaga honorer Kategori 2, yaitu yang digaji non APBN atau APBD. Azwar dengan tegas menyebutkan, honorer kelompok ini wajib mengikuti tes dulu sebelum ditetapkan menjadi CPNS. “Harus ada seleksi kompetensi, baik komptensi dasar maupun bidang. Kemudian memperhatikan lama masa aktif, harus yang sebelum 2005,” papar Azwar.

…dst

33 ) BI: BBM Naik Rp1.500, Inflasi di Atas 5,5%
http://economy.okezone.com/read/2012/02/23/20/580960/bi-bbm-naik-rp1-500-inflasi-di-atas-5-5

Kamis, 23 Februari 2012 10:42 wib
JAKARTA – Bank Indonesia (BI) sepakat dengan rencana kenaikan BBM subsidi yang sedang dibahas pemerintah. Meskipun begitu, Bank Sentral memprediksi kenaikan harga BBM subsidi di atas Rp1.000 per liter membuat target kenaikan inflasi tahunan di atas 5,5 persen.”Dampak inflasi (kalau ada kenaikan BBM subsidi) tentu ada, tergantung naiknya antara Rp500-Rp1.500 per liter. Kalau kenaikan BBM, inflasi akan bergerak, di atas lima persen. Apalagi kalau kenaikan di atas Rp1.000, kalau sampai Rp1.500 (kenaikan BBM subsidi), inflasi akan bergerak di atas target. Bisa lebih dari 5,5 persen (per tahun),” ungkap Gubernur BI Darmin Nasution ditemui wartawan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (23/2/2012).

…dst

34 ) SBY: Harga BBM Harus Naik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471872/38/

Thursday, 23 February 2012
JAKARTA– Setelah berwacana dengan berbagai opsi pengaturan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pemerintah akhirnya lebih memilih untuk menaikkan harga BBM. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, rencana untuk menaikkan harga BBM bersubsidi mesti ditempuh demi menyelamatkan perekonomian serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Harga BBM mau tidak mau tentu mesti disesuaikan dengan kenaikan yang tepat,kenaikan tertentu.

…dst

35 ) Ongkos Remunerasi PNS Capai Rp50 Triliun
http://economy.okezone.com/read/2012/02/22/20/580544/ongkos-remunerasi-pns-capai-rp50-triliun

Rabu, 22 Februari 2012 16:29 wib
JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menuturkan, setidaknya membutuhkan dana sebesar Rp50 triliun jika implementasi program remunerasi merata di seluruh instansi pemerintah pusat. Dana ini dibutuhkan jika dilakukan pembayaran remunerasi secara penuh pada tiap instansi. Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menjelaskan, terdapat sekira 70 kementerian dan lembaga (K/L) di pemerintah pusat. Pembayaran secara penuh diperkirakan mulai diterapkan tiga hingga empat tahun mendatang.
“Dari kita sudah proses, untuk dibayarkan remunerasi. Ya nanti disesuaikan dengan kemampuan uang negara,” ungkapnya kala ditemui di Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Rabu (22/2/2012).

…dst

36 ) 40 Instansi Diusulkan Dapat Remunerasi
http://www.jpnn.com/read/2012/02/23/118272/40-Instansi-Diusulkan-Dapat-Remunerasi-

Kamis, 23 Februari 2012 , 07:32:00
JAKARTA – Pemerintah mengusulkan sebanyak 40 kementrian/lembaga di pusat mendapatkan remunerasi. Dana yang disiapkan apabila dilakukan remunerasi secara menyeluruh mencapai Rp 50 triliun.Untuk tahap awal, tidak semua kementrian/lembaga yang diusulkan mendapatkan remunerasi. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Azwar Abubakat mengatakan dengan perkiraan jangkauan remunerasi hingga 40 persen, dibutuhkan dana Rp 22 triliun. “Itu hitungan saya,” kata Azwar dalam Lokakarya Aparat Pengawasan Intern Pemerintah di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, kemarin.Sebanyak 20 instansi dari 40 yang diusulkan telah direview oleh Kementrian Keuangan. Azwar belum bisa menyebutkan instansi yang akan menerima anggaran tambahan untuk remunerasi pegawai itu. Dia mengatakan, usulan remunerasi tidak bisa langsung dituntaskan semua karena membutuhkan dana yang cukup besar. “Butuh dana Rp 50 triliun. Itu bisa tiga hingga empat tahun ke depan,” katanya.

…dst

37 ) Agus Marto Dinobatkan Jadi Menkeu Terbaik di Asia Pasifik
http://economy.okezone.com/read/2012/02/22/20/580358/agus-marto-dinobatkan-jadi-menkeu-terbaik-di-asia-pasifik

Rabu, 22 Februari 2012 12:55 wib
JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Indonesia Agus DW Martowardojo menyabet penghargaan sebagai Best Finance Minister of The Year, Asia Pasifik dan Best Finance Minister of The Year 2012 dari majalah The Banker edisi Januari 2012. Dengan demikian, Agus Marto masuk dalam jajaran menteri keuangan yang juga memperoleh penghargaan serupa, seperti Menteri Keuangan India Pranab Mukherjee, Menteri Keuangan Pantai Gading Charles Koffi Oiby, Sekretaris Keuangan Filipina Margarito Teves, dan Menteri Keuangan Siowakia Jan Pociatek.

…dst

38 ) Menjaga Esemka agar Tidak Menjadi ‘Asem’
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/23/178065/Menjaga-Esemka-agar-Tidak-Menjadi-Asem

23 Februari 2012
BEBERAPA waktu belakangan ini, perhatian publik tertuju pada munculnya mobil karya siswa SMK. Di Solo, dimunculkan mobil SUV dengan nama Kiat Esemka. Di Bandung, siswa SMK juga membuat mobil off road. Tidak mau ketinggalan, SMK Muhammadiyah di Magelang juga meluncurkan mobil dengan nama Esemka Sang Surya.Dalam waktu cepat, popularitas mobil rakitan itu melejit dan digadang-gadang sebagai mobil nasional. Bahkan antusiasme masyarakat diikuti dengan aksi pemesanan. Menurut informasi, inden mobil Kiat Esemka sudah lebih dari 5.000 unit, sementara Esemka Sang Surya sekitar 100 buah, sejak beberapa hari diluncurkan.

…dst

39 ) Wah, 10 Tahun Lagi Indonesia Kehabisan Minyak
http://www.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan/12/02/22/lzs8pt-wah-10-tahun-lagi-indonesia-kehabisan-minyak

Rabu, 22 Pebruari 2012 13:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK — Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, mengatakan, 10 tahun lagi Indonesia akan kehabisan bahan bakar minyak. Sehingga, kata dia, Indonesia perlu mencari sumber energi pengganti. “Saat ini produksi bahan bakar minyak (BBM) kita terus menurun,” kata Menristek Gusti Muhammad Hatta di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Rabu. Ia mengatakan, untuk mengantisipasi kehabisan BBM maka pemerintah sudah siap membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Pembangunan PLTN, kata dia, diusulkan di Provinsi Bangka Belitung atau Kalimantan Selatan. Sebab daerah tersebut sangat cocok untuk pengembangan sumber energi nuklir. Apabila tidak segera dipersiapkan untuk pengganti BBM, dipastikan akan banyak pabrik tutup sehingga menimbulkan pengangguran.

…dst

40 ) KPK Usul Moratorium Registrasi Haji
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471807/

Thursday, 23 February 2012
JAKARTA– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusulkan moratorium pendaftaran ibadah haji untuk menghindari adanya potensi penyelewengan dana setoran awal yang jumlahnya mencapai Rp33 triliun.
Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan dibukanya pendaftaran haji sepanjang tahun secara berkelanjutan menyebabkan dana setoran awal terus bertambah,sementara kuota haji yang tersedia relatif tetap.
Bahkan,KPK menyebutkan hingga kini jumlah calon jamaah yang sudah antre tercatat 1,2 juta orang dengan dana setoran awal sebesar Rp33 triliun.”Jumlah setoran awal terus bertambah, sementara kuota tetap,” ungkap Busyro sewaktu rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII di DPR kemarin. Menurut dia,kebijakan tersebut tidak sejalan dengan pasal 22 ayat 2 yang menghendaki agar setoran awal dihentikan setelah kuota tahun berjalan telah terpenuhi. Bahkan, kebijakan terus membuka pendaftaran haji juga dinilai dapat memicu terjadinya potensi penyelewengan dana setoran awal yang jumlahnya mencapai triliunan rupiah.

…dst

41 ) Sekilas dalam Negeri

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

No Comments

    Leave a Comment

     

    You must be logged in to post a comment.