1 ) Kemdikbud Targetkan Daya Serap 2012 Capai 95 Persen
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/236

02/21/2012
Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ainun Na’im, melantik 116 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kemdikbud. Sebanyak 16 pejabat eselon III dan 100 pejabat eselon IV mengucapkan sumpah jabatan dan menandatangani Berita Acara Naskah Sumpah, yang disaksikan Sesjen Kemdikbud, di Graha Utama Kemdikbud, (21/02). Dalam sambutannya, Sesjen Kemdikbud Ainun Na’im mengharapkan kerja sama seluruh pejabat dalam pelaksanaan program dan anggaran tahun 2012. Karena target daya serap Kemdikbud untuk tahun 2012 minimal mencapai 95 persen. Na’im mengatakan, daya serap Kemdikbud pada tahun 2011 lalu sebesar 89,6 persen. “Angka tersebut jauh di atas rata-rata, tapi merupakan angka terendah dibanding capaian kementerian kita sebelumnya,” ujarnya. Selain itu Na’im juga mengingatkan beberapa program prioritas Kemdikbud pada tahun 2012 kepada para pejabat yang dilantik, salah satunya “Menjangkau yang Tak Terjangkau”. Ia menjelaskan, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa mendapatkan akses pendidikan standar, atau harus berusaha keras untuk mendapatkan layanan pendidikan. “Terutama di daerah 3T, seperti Papua dan Papua Barat,” ucap Na’im.

…dst

2 ) Kemdikbud Lanjutkan Kerjasama dengan LPP TVRI
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/237
02/21/2012
Jakarta – Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI), melanjutkan kerjasama penyiaran untuk lima tahun ke depan. Kerjasama dua institusi pemerintah ini telah dimulai sejak tahun 2006 hingga tahun 2011. Kelanjutan kerjasama untuk lima tahun ke depan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh kedua belah pihak di Kantor Kemdikbud, Senin (20/02). Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Pustekkom, Ari Santoso, dengan Direktur Pengembangan Usaha TVRI Hendra Budi Rahman, dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im. Sebelum penandatanganan berlangsung, Ari Santoso melaporkan, sejak tahun 2004 Kemdikbud telah melakukan penyiaran melalui transmisi satelit yang dilakukan oleh TV Edukasi (TvE). Namun penyiaran via satelit saja tentunya tidak begitu memadai untuk menjangkau masyarakat.

…dst

3 ) Pesan Mendikbud untuk Pejabat Baru Kemendikbud
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579627/pesan-mendikbud-untuk-pejabat-baru-kemendikbud

Selasa, 21 Februari 2012 13:23 wib
JAKARTA – Para pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus mampu menuntaskan berbagai program prioritas kementerian. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Ainun Naim menyebutkan, Kemendikbud memprioritaskan berbagai program untuk menjangkau masyarakat yang kurang beruntung dalam mengakses pendidikan. Selain itu, Kemendikbud juga akan merehabilitasi fasilitas pendidikan serta pelayanan pendidikan di daerah tertinggal atau 3T. Fokus lainnya adalah, melaksanakan program-program Kemendikbud sesuai anggaran. Dan terakhir, melakukan pengecekan pada Januari, serapan anggaran 2011 Kemendikbud sebesar 89,6 persen. Pencapaian ini, ujar Ainun, terbilang rendah dibandingkan tiga tahun sebelumnya.

…dst

4 ) Laporan dari Den Haag
Prof. Sofjan: RI Rusak karena Politisi Muka Badak
http://news.detik.com/read/2012/02/21/165548/1848154/10/prof-sofjan-ri-rusak-karena-politisi-muka-badak?nd992203605

Selasa, 21/02/2012 16:55 WIB
Elite politik korupsi, kriminal, asusila, tidak kapabel tapi tetap dengan segala cara ngotot mempertahankan kedudukannya adalah ciri para muka badak, tidak beradab. RI rusak karena mereka ini. Hal itu disampaikan Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA kepada detikcom di Den Haag pagi ini, mencermati perkembangan Indonesia yang semakin jauh dari semangat reformasi, Selasa (21/2/2012). Menurut Prof. Sofjan, hakekat reformasi 14 tahun silam di Idonesia adalah memberantas KKN, mengembangkan budaya mundur, dan mengikis apa yang disebutnya para muka badak, yang sangat kontaraproduktif dengan jiwa dan semangat demokrasi dan reformasi. “Namun sangat disayangkan semakin lama semakin menjamur politisi bermuka badak. Ketua DPR RI Marzuki Ali sampai berbohong berkali-kali untuk membangun gedung baru DPR. Gagasan ini gagal, dilawan rakyat. Namun dia tidak merasa gagal, bahkan berpretensi sukses,” ujar Prof. Sofjan.

…dst

5 ) Pengamat: Politikus RI Harusnya Contoh Etika Politik Jerman
http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/12/02/21/lzqzz7-pengamat-politikus-ri-harusnya-contoh-etika-politik-jerman

Rabu, 22 Pebruari 2012 06:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah politikus di negara ini terjerat kasus hukum dan sebagian sudah menjalani hukumannya. Menurut pengamat politik dari Universitas Indonesia, Boni Hargens, para politikus maupun pejabat publik yang terindikasi korupsi, seharusnya mundur dari jabatannya. “Para pejabat publik dan politikus yang terindikasi kasus korupsi lebih baik mundur. Jangan terus membodohi rakyat dengan mengatasnamakan menunggu proses hukum. Dalam kehidupan selain hukum, juga ada etika yang harus dijaga dan mereka jelas-jelas sudah melanggar etika,” ujar Boni melalui pesan elektronik yang disampaikannya dari Berlin, Jerman, kemarin.

…dst

6 ) Mahasiswa KKN di Daerah Perbatasan
http://nasional.kompas.com/read/2012/02/21/22281539/Mahasiswa.KKN.di.Daerah.Perbatasan

Selasa, 21 Februari 2012 | 22:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 300 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia akan menjalani kuliah kerja nyata (KKN) selama satu bulan di 14 titik terluar Nusantara. Kegiatan KKN ini dapat berjalan optimal berkat dukungan berbagai pihak, khususnya TNI yang menyediakan KRI sebagai sarana transportasi utama menuju lokasi KKN. Pada Selasa (21/2/2012), Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri dan tim KKN UI bertemu dengan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono untuk menyampaikan rencana pelaksanaan KKN yang keempat tahun 2012. Pertemuan berlangsung di Markas Besar TNI, Cilangkap.

…dst

7 ) Tiga Mahasiswi FH UGM Lulus dengan Nilai Sempurna
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/21/19271073/Tiga.Mahasiswi.FH.UGM.Lulus.dengan.Nilai.Sempurna

Selasa, 21 Februari 2012 | 19:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Selasa (21/2/2012), diwisuda dan dinyatakan lulus dengan nilai sempurna. Mereka adalah Donna Ardelia (angkatan 2008), Fani Phisca P (2008), dan Laras Susanti (2007). Ketiganya lulus dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00. Demikian siaran pers dari Humas UGM, Satria AN, yang diterima Kompas, Selasa (21/2/2012) sore. Ketiganya diwisuda bersama 1.557 mahasiswa lain di Kampus UGM Yogyakarta. Dona Ardelia tidak hanya mencapai prestasi sangat membanggakan dengan nilai sempurnanya, gadis kelahiran Bandar Lampung, 14 Juli 1990, itu berhasil menyelesaikan studi S-1-nya dalam waktu 3 tahun 4 bulan.

…dst

8 ) Mahasiswa UGM Utamakan Pengabdian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471603/

Wednesday, 22 February 2012
YOGYAKARTA – Rektor UGM Sudjarwadi meminta lulusan UGM agar mengedepankan pengabdian untuk kepentingan dan kemakmuran bangsa, sebagaimana visi yang dibuat kampus ini. “Apalagi 15 tahun ke depan dipastikan dari lulusan itu akan mampu menjadi pemimpin yang menduduki posisi-posisi penting,” ujar Sudjarwadi saat melepas 1.560 wisudawan sarjana dan diploma di Grha Sabha Pramana UGM, kemarin. Pada wisuda kali ini Beny Fitersen dari Fisipol dan Andika Eka Nofianta dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), tercatat sebagai lulusan tercepat. (priyo setyawan)

…dst

9 ) Mahasiswa Petra Surabaya ciptakan “Tipografi Nusantara”
http://www.antaranews.com/berita/298234/mahasiswa-petra-surabaya-ciptakan-tipografi-nusantara

Selasa, 21 Februari 2012 14:42 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (Deskomvis) Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya menciptakan 31 “font” (jenis huruf komputer) dengan konten lokal atau “local typeface” yang disebut “Tipografi Nusantara”.”Ke-31 hasil karya mahasiswa kami yang bersifat individual dan kelompok itu dipamerkan di Gedung W Perpustakaan UKP Surabaya mulai 13 Februari hingga 14 Maret,” kata dosen Tipografi, Marianala Damajanti S.Sn, di sela-sela pameran itu, Selasa. Didampingi staf Perpustakaan UKP, Petrus, ia menjelaskan karya tipografi Nusantara yang dihasilkan para mahasiswa itu antara lain merujuk model huruf dari budaya Dayak, Asmat, Kutai, Tedoja (tedong dan toraja), Pekalongan, dan Javanese.

…dst

10 ) Panitia SNMPTN Tindak Sekolah yang Curang
http://www.pikiran-rakyat.com/node/177798

Selasa, 21/02/2012 – 15:52
BANDUNG, (PRLM).- Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka mengatakan beberapa pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Barat yang curang sudah ditindak. Sekolah itu kini tidak dapat lagi mengakses laman website SNMPTN untuk mendaftarkan siswanya melalui jalur SNMPTN Undangan. “Setiap SMA punya akun untuk mendaftarkan siswanya melalui jalur SNMPTN Undangan. Password sekolah di Jabar yang curang sudah kami nonaktifkan,” kata Akhmaloka yang ditemui di kantornya Jalan Taman Sari Bandung. Sementara itu, ada juga sekolah yang sudah diaktifkan kembali password-nya namun tetap diawasi secara ketat oleh panitian SNMPTN yang tahun ini dipegang pihak ITB. “Kami melihat tingkat kecurangan yang dilakukan sekolah itu. Walau demikian, ada juga pihak sekolah yang mengatakan mereka tidak curang melainkan terjadi human error (kesalahan manusia),” kata Akhmaloka tanpa mau menyebutkan nama sekolah yang melakukan kecurangan.

…dst

10 ) Beasiswa Bidik Misi Unnes Terbanyak
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471601/

Wednesday, 22 February 2012
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan 1.450 kuota beasiswa bidik misi pada tahun ajaran 2012. Dengan kuota tersebut, Unnes menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) di Jateng yang menyalurkan beasiswa bidik misi terbanyak.Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, PTN lain di Jateng seperti Undip Semarang menyalurkan 500 beasiswa bidik misi, Unsoed Purwokerto sebanyak 450, UNS Surakrata sebanyak 500, dan ISI Surakarta sebanyak 75. (susilo himawan)

…dst

11 ) Asosiasi Kampus Swasta Kaji Syarat Jurnal Ilmiah
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/21/079385528/Asosiasi-Kampus-Swasta-Kaji-Syarat-Jurnal-Ilmiah

SELASA, 21 FEBRUARI 2012 | 20:24 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia akan mengkaji surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi yang mengharuskan lulusan sarjana membuat jurnal ilmiah. “Minggu depan kami akan mengkaji lagi keharusan membuat jurnal ilmiah dari A sampai Z agar cepat selesai,” kata Ketua Asosiasi Edy Suandi Hamid kepada Tempo, Selasa, 21 Februari 2012. Edy menjelaskan, persyaratan jurnal ilmiah ini harus dipikir secara matang. Pemerintah sebaiknya juga mengkaji dampaknya. Termasuk, perlunya sosialisasi dan pelatihan. Menurut dia, maksud pemerintah ini jelas sangat baik. “Siapa yang tak ingin semua sarjana kami bisa nulis di jurnal,” katanya. Tapi maksud itu tak bisa langsung diterapkan karena menimbulkan kontroversi. “Kebijakan instan akan melahirkan jurnal-jurnal instan juga,” kata Edy

…dst

12 ) Tanpa Sanksi, Syarat Jurnal Ilmiah Langkah Mundur
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/21/079385487/Tanpa-Sanksi-Syarat-Jurnal-Ilmiah-Langkah-Mundur

SELASA, 21 FEBRUARI 2012 | 17:47 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Rohmani, menilai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengambil langkah mundur karena menjadikan publikasi jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan mahasiswa, tapi tidak memberikan sanksi bagi yang tidak melaksanakan. “Ketika Menteri sudah menyatakan tidak ada sanksi jika universitas tidak memberlakukan itu, sudah dinilai mundur mewajibkan itu,” katanya di ruang rapat Komisi X Gedung Nusantara I DPR RI, Selasa, 21 Februari 2012. Menurut dia, kalau publikasi jurnal ilmiah itu wajib untuk lulusan sarjana, harus ada sanksinya. “Kalau tidak ada sanksi sama saja tidak harus,” ujarnya. Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, kata Rohmani, menjadi tidak berwibawa kalau tidak ada sanksi. “DPR juga tidak perlu meminta klarifikasi kepada pemerintah karena tidak ada sanksinya,” dia menuturkan.

…dst

13 ) UMM Luncurkan Mobil Berbahan Gas
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/22/04001753/umm.luncurkan..mobil.berbahan.gas

22 Februari 2012
Magelang, Kompas – Universitas Muhammadiyah Magelang meluncurkan mobil berbahan bakar gas. Mobil itu menggunakan tabung elpiji ukuran 12 kilogram dan 3 kilogram, dilengkapi sistem pemipaan dan converter kit impor dari Turki. Ketua peneliti mobil berbahan bakar gas Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), Muji Setiyo, mengatakan, mobil berbahan bakar gas ini dibuat oleh tim UMM dengan mengembangkan sistem bahan bakar gas dari taksi yang dibeli dari Jakarta.”Setelah empat kali melakukan uji coba pada taksi, barulah kami bisa membuat mobil berbahan bakar gas,” kata Muji Setiyo dalam acara peluncuran mobil berbahan bakar gas di Kampus 2 UMM, Selasa (21/2). Teknologi bahan bakar gas ini diterapkan di sejumlah mobil dinas UMM. Tabung gas diletakkan di jok belakang mobil, di atasnya dipasang regulator dan selang yang langsung terhubung ke mesin mobil. Selang ini dipasang dan dihubungkan ke mesin melalui bagian bawah mobil. Penelitian untuk merancang mobil berbahan bakar gas dilakukan sejak Mei 2011, menghabiskan biaya Rp 6 juta.

…dst

14 ) Penelitian: 2,7 Persen Air Tanah Bogor Rusak
http://www.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan/12/02/21/lzr1bh-penelitian-27-persen-air-tanah-bogor-rusak

Rabu, 22 Pebruari 2012 06:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Ir Lambok Hutasoit, mengatakan sebanyak 2,7 persen kondisi air tanah di Kota Bogor masuk dalam kategori rusak. “Kondisi ini akan semakin parah bila tidak dilakukan upaya pencegahan,” katanya dalam pemaparan penyusunan Rencana Induk Terpadu Pengelolaan Air Tanah di Ruang Rapat I Balai Kota Bogor, kemarin. Ia menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya, selain mengalami kerusakan kondisi air tanah di Kota Bogor 5,2 persen masuk kategori kritis, 11,2 persen rawan dan sisanya sebanyak 80,2 persen aman. Kerusakan air tanah sebesar 2,7 persen Kota Bogor terdapat di wilayah Bogor Timur dan Bogor Selatan. Menurutnya, dalam waktu 10 tahun ke depan kondisi air tanah di Kota Bogor yang semakin rusak menjadi 22,4 persen bila tidak segera diatasi.

…dst

15 ) Galeri Kampus Tertua ada di ITB
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579608/galeri-kampus-tertua-ada-di-itb

Selasa, 21 Februari 2012 15:06 wib
JAKARTA – Sebuah fakultas seni biasanya dilengkapi galeri sebagai tempat memajang berbagai karya seni mahasiswa. Tahukah kamu, galeri seni tertua di kampus berada di Institut Teknologi Bandung (ITB)? Nama Galeri Seomeardja dicuplik dari nama tokoh penggagasnya, Soemardja Syafe’i. Didirikan pada 1974, Galeri Soemardja merupakan pelengkap pendidikan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Soemardja Syafe’i sendiri terkenal sebagai tokoh pendiri sistem pendidikan seni di Indonesia. Disitat dari laman ITB, Selasa (21/2/2012), galeri ini tidak hanya menyediakan sumber daya untuk lembaga dan seni masyarakat Bandung, dia juga kerap dijadikan venue berbagai acara kesenian. Sebut saja pameran dan talkshow yang dihelat baik oleh seniman secara individual maupun lembaga kesenian baik lokal, nasional, hingga internasional.

…dst

16 ) 10 PTN Akan Gelar Tes CPNS
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579431/10-ptn-akan-gelar-tes-cpns

Selasa, 21 Februari 2012 13:04 wib
JAKARTA – Pemerintah menunjuk sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia sebagai mitra dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Kesepuluh kampus negeri tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas pendidikan Indonesia (UPI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Novembert (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Hasanuddin (Unhas). Disitat dari laman Unhas, Selasa (21/2/2012), kemitraan antara Kemendikbud dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) dengan kampus-kampus negeri tersebut merupakan bagian dari upaya penyelenggaraan seleksi CPNS 2012 secara transparan, bersih, dan obyektif.

…dst

17 ) Unhas Siap Rekrut CPNS
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579435/unhas-siap-rekrut-cpns

JAKARTA – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mengaku siap menjadi mitra pemerintah dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Kepala Humas Unhas M Dahlan Abubakar menyatakan, dari sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN) yang didapuk menjadi mitra pemerintah dalam seleksi CPNS, Unhad menjadi satu-satunya kampus negeri di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Dahlan mengaku, pihaknya siap melaksanakan dan memikul kepercayaan tersebut. Unhas, menurut Dahlan, sudah pernah melaksanakan tugas serupa pada tahun-tahun sebelumnya. “Unhas akan tetap berkomitmen dengan penuh tanggungjawab melaksanakan kepercayaan tersebut dengan baik. Unhas berharap penyimpangan dalam penerimaan CPNS yang sering terungkap selama ini dapat dicegah dan diminimalisasi, bahkan dihilangkan sama sekali,” ujar Dahlan seperti dikutip dari situs Unhas, Selasa (21/2/2012).

…dst

18 ) Usakti Ditetapkan sebagai Penyelenggara Satuan Pendidikan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/21/22004133/Usakti.Ditetapkan.sebagai.Penyelenggara.Satuan.Pendidikan.Tinggi

Selasa, 21 Februari 2012 | 22:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya mengabulkan permohonan pihak Universitas Trisakti (Usakti) dalam gugatan kepada Yayasan Trisakti. Salinan amar putusan yang diterima pihak rektorat Usakti hari ini, Selasa (21/2/2012), antara lain menyebutkan, Universitas Trisakti adalah penyelenggara satuan pendidikan tinggi Universitas Trisakti. “Keputusan PN Jakarta Selatan No. 40/Pdt.G/2011/PN/Jkt.Sel dalam amar nomor 6 memutuskan bahwa Universitas Trisakti adalah pembina dan pengelola dari satuan pendidikan tinggi Universitas Trisakti,” tutur Prof Dr Prayitno, Ketua Senat Universitas Trisakti, dalam keterangan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/2/2012).

…dst

19 ) Unjani Gagas Konferensi Ekonomi Internasional
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471490/

Wednesday, 22 February 2012
CIMAHI – Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) menggagas kerja sama di bidang ekonomi dengan menggandeng Universitas Teknologi Malaysia (UTM) dalam penyelenggaraan konferensi ekonomi internasional. Rektor Unjani Mayjen TNI Purn Heriono menyatakan, gagasan tersebut muncul sebagai tindak lanjut dari kerja sama yang selama ini terjalin dengan perguruan tinggi ternama di Malaysia itu. Diharapkan, gagasan tersebut bisa membawa kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia dan Asia di masa yang akan datang. Menurut Heriono, peran institusi pendidikan terhadap perekonomian suatu negara amatlah besar.

…dst

20 ) Magister IPB Membedah Daya Saing Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579375/magister-ipb-membedah-daya-saing-nasional

Selasa, 21 Februari 2012 11:09 wib
BOGOR – Rendahnya daya saing daerah dan ketidakmerataan daya saing di seluruh Indonesia mendapat perhatian mahasiswa Pascasarjana Program Magister Manajemen Pemerintah Daerah (MPD) Institut Pertanian Bogor (IPB). Untuk meningkatkan daya saing tersebut, mahasiswa pasca Sarjana MPD IPB akan menggelar seminar nasional di ICC Botani Square, Kota Bogor, 22 Februari mendatang. Tema yang diambil yaitu kontribusi pemerintah daerah dalam meningkatkan daya saing nasional Rencananya, seminar nasional tersebut akan dihadiri Menteri Pemberdayaan Daerah Tertinggal Hilmy Faishal Zaini. Selain itu akan hadir juga para peserta alumni MPD di antaranya para ketua Bapeda, Gubernur Kepri, sekda, dan anggota dewan.

…dst

21 ) Fakultas Sastra Berganti Jadi Fakultas Ilmu Budaya
http://www.pikiran-rakyat.com/node/177783

Selasa, 21/02/2012 – 13:25
BANDUNG, (PRLM).- Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran (Unpad) akan resmi diubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) pada Maret 2012. Sebelumnya, rencana peresmian pengubahan nama fakultas ini akan dilaksanakan pada Februari. Mahasiswa yang telah diwisuda pada 7 – 9 Februari lalu masih menyandang gelar Sarjana Sastra. Setelah berganti nama menjadi FIB nanti, gelar kesarjanaannya akan menjadi Sarjana Humaniora.”Paling lambat peresmian FIB dilaksanakan pada minggu kedua Maret 2012,” ujar Reiza Dienaputra, Pembantu Dekan I Fakultas Sastra Unpad pada Selasa (21/2) di ruang kerjanya.

…dst

22 ) Boediono Bingung, Dosen Kok Masuk ke Pemerintahan
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579522/boediono-bingung-dosen-kok-masuk-ke-pemerintahan

Selasa, 21 Februari 2012 11:23 wib
BLITAR – Meskipun sudah beberapa tahun menjabat sebagai Wakil Presiden, Budiono mengaku tidak sengaja masuk ke pemerintahan. “Saya meninggalkan Blitar tahun 1960, mungkin ada beberapa yang belum lahir. Saya sekolah sampai SMA di Blitar. Kemudian saya sekolah di Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta, hanya sebentar dan kemudian dapat beasiswa ke luar, ke Australia,” ungkap Budiono dalam sambutannya di acara Temu Wicara Bersama Penerima PNPM Mandiri, di lapangan Karangsari, Blitar, Selasa (21/2/2012) Setelah lulus kuliah, Budiono kemudian kembali ke UGM untuk menjadi dosen di almamaternya.”Saya kembali ke UGM buat jadi dosen. Saya senang menjadi dosen, namun saya tidak tahu kenapa ada tarikan-tarikan yang membuat saya masuk ke pemerintahan. Cita-cita saya adalah menyumbangkan apa pun yang saya bisa,” lanjut dia.

…dst

23 ) “Jangan Hanya Jadi Tukang, Tapi Penemu”
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579428/jangan-hanya-jadi-tukang-tapi-penemu

Selasa, 21 Februari 2012 12:13 wib
JAKARTA – Salah satu faktor kegagalan pembangunan teknologi adalah kuatnya paradigma bahwa teknologi harus diambil dari luar lingkungan kita. Padahal, kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, kita pun harus bisa menggali dan memanfaatkan teknologi yang berasal dari ‘rumah’ atau lingkungan asal kita. Wiendu yang berbicara pada Dies Natalis ke-66 Pendidikan Tinggi Teknik di Kantor Pusat Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) baru-baru ini mengimbuhkan, kegagalan tersebut juga didukung dengan cara pikir para teknokrat yang cenderung mencari jalan praktis pada kemudahan penerapan teknologi tetapi mengabaikan kesesuaian penerapannya terhadap konteks dan nilai-nilai di masyarakat.

…dst

24 ) RPP Tenaga Honorer Disahkan Bulan Depan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/21/18553952/RPP.Tenaga.Honorer.Disahkan.Bulan.Depan

Selasa, 21 Februari 2012 | 18:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Azwar Abubakar mengaku telah menyelesaikan kisi-kisi konsep Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengangkatan Tenaga Honorer. Ia memperkirakan RPP tersebut baru akan disahkan paling cepat dua pekan ke depan. Pada Selasa (21/2/2012) sore ini, Kementerian Pan dan RB bersama perwakilan organisasi guru dan guru honorer melakukan pertemuan untuk membahas tuntutan para guru honorer.

…dst

25 ) PP Pengangkatan Guru Honorer Keluar Tahun Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579814/pp-pengangkatan-guru-honorer-keluar-tahun-ini

Selasa, 21 Februari 2012 16:30 wib
BLITAR – Pemerintah berjanji tahun ini akan mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) mengenai pengangkatan guru honorer di seluruh Indonesia.”Nanti malam dibahas (PP pengangkatan guru honorer) mudah-mudahan dalam waktu sesingkatnya. Tahun ini pasti (terbit PP-nya). Biasanya setelah di bahas di tingkat kementerian kemudian sidang kabinet baru presiden beri pandangan. Setelah itu insya Allah dalam waktu tidak lama lagi bisa diterbitkan,” janji Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh ketika mendampingi Wakil Presiden Boediono di Blitar, Selasa (21/2/2012). Menurut Nuh, meskipun pemerintah telah sepakat melakukan pengangkatan PNS, hal ini tidak berlaku bagi pengangkatan guru. Oleh karenanya, nanti malam pihaknya bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Kemendagri dan Kemenkeu akan membahas rancangan PP tersebut.

…dst

26 ) Honorer Dites Sebelum jadi PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/02/22/118101/Honorer-Dites-Sebelum-jadi-PNS-

Rabu, 22 Februari 2012 , 00:02:00
JAKARTA—Pemerintah akan menerapkan tes seleksi kepada seluruh tenaga honorer untuk bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Abubakar mengatakan, tes seleksi mencakup materi akademik kompetensi minimal. “Jadi harus dites dulu, terutama guru. Karena sebagian besar guru itu masuknya tidak melalui tes. Ada syarat kemampuan penguasaan materi guru dan pengetahuan umum. Ada kompetensi dasar dan ada kompetensi bidang,’ ungkap Azwar usai menemui Ketua PB PGRI dan perwakilan guru honorer di Gedung Kemenpan-RB, Jakarta, Selasa (21/2). Dalam pelaksanaan tes seleksi ini, pemerintah akan menggandeng sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN). Antara lain, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

…dst

27 ) Pungutan Dilarang, CSR Bisa Jadi Solusi
http://www.jpnn.com/read/2012/02/21/118078/Pungutan-Dilarang,-CSR-Bisa-Jadi-Solusi-

Selasa, 21 Februari 2012 , 14:57:00
WAKIL Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail mengatakan, keluarnya Peraturan Mendikbud tentang larangan pengutan bagi SD dan SMP, merupakan regulasi agar jangan sampai warga tak mampu tidak bisa sekolah, karena orangtua terbebani iuran bulanan. Sebenarnya, kata dia, sumbangan dari orangtua yang mampu dan peduli kepada sekolah tidak masalah. Begitu juga perusahaan yang memberi bantuan melalui corporate social responsibility (CSR). Namun, tegas Nyusyirwan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran itu harus jelas.
Menurutnya, bagi sekolah yang mengeluhkan Permen, karena tak bisa menarik iuran bulanan, sementara bosda dan bosnas tak mencukupi biaya operasional sekolah, akan ada pembinaan khusus dari Disdik. “Tapi, SMP ini perlu dilihat sejauh mana keperluan anggaran, kalau memang sekolah itu memiliki program unggulan, tak ada masalah mendapatkan perhatian,” katanya.

…dst

28 ) Kepala Sekolah Sudah Meninggal Malah Dimutasi
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/22/03544510/kepala.sekolah.sudah.meninggal.malah..dimutasi

22 Februari 2012
Makasar Kompas – Buruknya administrasi dan manajemen pendidikan, antara lain, ditunjukkan dengan adanya kepala sekolah yang sudah meninggal malah dimutasi ke sekolah lain. Kasus ini terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Kepala SDN 04 Lakkading, Majene, yang telah meninggal pada tahun 2011 dimutasi ke SDN 25 Apoang, Majene, berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Bupati Majene Kalma Katta pada 27 Januari 2012. “Hal ini bisa terjadi karena data yang dimiliki badan kepegawaian daerah sangat buruk,” kata Ketua Dewan Pendidikan Majene Rusbi Hamid, Senin (20/2). Akibatnya, guru atau kepala sekolah asal dipindah saja tanpa mengecek informasi paling mutakhir di lapangan.

…dst

29 ) Kinerja Pemda Tak Ada yang Memuaskan
http://www.jpnn.com/read/2012/02/22/118128/Kinerja-Pemda-Tak-Ada-yang-Memuaskan-

Rabu, 22 Februari 2012 , 07:36:00
JAKARTA – Tidak satu pun pemda yang akuntabilitas kinerjanya di 2011 memuaskan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), pemprov yang menduduki posisi terbaik hanya mendapat nilai B (baik) yakni Kaltim dan Jawa Tengah. Tidak satupun provinsi yang mendapat nilai AA (memuaskan) dan A (sangat baik). Yang mendapat nilai CC ada 17 provinsi. Sedang provinsi yang mendapat nilai C (agak kurang) ada 11, dari 30 provinsi yang dievaluasi.

…dst

30 ) Timbunan Material Vulkanik Merapi Diperkirakan 90 Juta Meter Kubik
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/02/22/lzrq8y-timbunan-material-vulkanik-merapi-diperkirakan-90-juta-meter-kubik

Rabu, 22 Pebruari 2012 07:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Timbunan material vulkanik hasil erupsi Gunung Merapi akhir 2010 belum banyak terbawa aliran air hujan, atau menjadi lahar dingin, dan diperkirakan masih sekitar 90 juta meter kubik berada di lereng gunung itu. “Material vulkanik hasil erupsi 2010 diperkirakan masih sekitar 90 juta meter kubik,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandriyo di Yogyakarta, Rabu.

…dst

31 ) Utusan Khusus Presiden Jadi Pejabat Setingkat Menteri
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/02/22/lzrph2-utusan-khusus-presiden-jadi-pejabat-setingkat-menteri

Rabu, 22 Pebruari 2012 07:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2012 menetapkan Utusan Khusus Presiden sebagai jabatan setingkat menteri. Hal itu tercantum dalam laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Rabu (22/2) dini hari. “Hak keuangan dan fasilitas lainnya bagi Utusan Khusus Presiden diberikan setinggi-tingginya setingkat dengan jabatan Menteri,” demikian bunyi pasal 6 Peraturan Presiden tersebut. Sebelumnya, posisi Utusan Khusus Presiden adalah setingkat dengan Staf Khusus Presiden, sesuai pasal 3 Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2011.

…dst

32 ) ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI- Ilmuwan Hidupkan Kembali Tanaman Berusia 30.000 Tahun
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471584/38/

Wednesday, 22 February 2012
Bagaimana mungkin tanaman yang hidup di zaman es puluhan ribu tahun lalu bisa kembali tumbuh,berbunga,bahkan berbiji? Faktanya,inilah yang terjadi. Para ilmuwan Rusia berhasil menghidupkan kembali tanaman bunga yang hidup 30.000 tahun lalu. Ilmuwan dari The Russian Academy of Sciences sukses meregenerasi sel beku tanaman yang mereka temukan di bawah lapisan es abadi di wilayah timur laut Siberia.Mereka menamakannya dengan Silene stenophylla. Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences,Senin (20/2),para peneliti menyatakan tidak secara langsung menumbuhkan tanaman itu dari benih,melainkan mengambil jaringan buah yang belum matang.

…dst

33 ) Linkedin tembus satu juta anggota di Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/298212/linkedin-tembus-satu-juta-anggota-di-indonesia

Selasa, 21 Februari 2012 11:36 WIB
Jakarta (ANTARA News) – LinkedIn mengumumkan anggotanya telah melampaui satu juta profesional di Indonesia. Linkedln adalah jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih dari 150 juta anggota di seluruh dunia dan lebih dari 25 juta di kawasan Asia Pasifik.Pengumuman itu menyusul peluncuran LinkedIn dalam Bahasa Indonesia pada bulan Desember 2011. Setelah peluncuran situs berbahasa lokal itu, jumlah grup LinkedIn dalam Bahasa Indonesia telah bertambah dua kali lipat menjadi lebih dari 700 grup. “Mencapai satu juta anggota dua bulan setelah peluncuran situs dalam Bahasa Indonesia adalah prestasi yang penting yang menunjukkan bahwa profesional di Indonesia tertarik untuk membangun citra profesional secara online di LinkedIn,” kata Clifford Rosenberg, Managing Director LinkedIn Australia, Selandia Baru dan Asia Tenggara dalam siaran pers di Jakarta,Selasa.

…dst

34 ) Sekilas dalam Negeri
Bukan sekedar Mimpi lho
Kasus debt collector Kartu Kredit Citibank
John Kei
Libya
Yaman
Afrika
Nyamar
Suriah
Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

No Comments

    Leave a Comment

     

    You must be logged in to post a comment.