1 ) Dirjen Dikti DJoko Santoso – Karya Ilmiah Kunci Sukses Sarjana
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471126/
atau
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579344/karya-ilmiah-kunci-sukses-sarjana

Tuesday, 21 February 2012
Imbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tinggi (Kemendikbud) tentang keharusan mahasiswa sarjana dan pascasarjana menulis karya ilmiah di jurnal nasional atau internasional sebagai syarat kelulusan menimbulkan prokontra. Mayoritas kalangan perguruan tinggi keberatan syarat tersebut. Nah, sebenarnya apa yang diinginkan pemerintah terkait imbauan tersebut. Berikut wawancara SINDO dengan Dirjen Dikti Djoko Santoso. Apa latar belakangnya adanya surat edaran yang Anda buat? Budaya akademik di Indonesia itu harus diubah dari budaya tutur menjadi budaya menulis. Budaya tutur itu berdasarkan sejarah dimulai dari Socrates.Namun,dia tidak menulis karena yang menulis itu Plato dan Aristoteles.Tapi itu kan dulu, masa Indonesia sampai sekarang masih ingin mempertahankan budaya tutur. Maka kita harus mulai dengan budaya menulis yang ada standarnya secara baku tidak boleh dilanggar. Itu namanya menulis karya ilmiah. Jadi, karya ilmiah itu harus bisa dibuktikan sumbernya berdasarkan dalil-dalil ilmiah. Nanti kalau ada yang tidak tepat akan diketahui mana yang salah.

…dst

2 ) Hakikat Seberkas Makalah Ilmiah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/21/08282633/Hakikat.Seberkas.Makalah.Ilmiah

Selasa, 21 Februari 2012 | 08:28 WIB
KOMPAS.com – Tajuk rencana Kompas, 8 Februari lalu, jernih dan obyektif membeberkan masalah sebenarnya di balik “Polemik Sekitar Jurnal Ilmiah”. Kita tentu berharap langkah berani Dirjen Dikti dapat memperbaiki kesalahan masyarakat ilmu kita yang sangat mungkin telah menjadi penyebab ketertinggalan prestasi kita dibandingkan dengan negara tetangga. Namun, tulisan Franz Magnis-Suseno yang berdampingan dengan tajuk rencana tersebut dengan kesimpulan yang sangat berseberangan menggelitik hati saya untuk mempertanyakan hakikat seberkas makalah ilmiah yang jadi pokok soal. Saya khawatir hakikat ini telah dilupakan.

…dst

3 ) Wujudkan Kampus Riset, Unpad Tingkatkan Jurnal Ilmiah
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/20/373/579192/wujudkan-kampus-riset-unpad-tingkatkan-jurnal-ilmiah

Senin, 20 Februari 2012 19:00 wib
JAKARTA – Guna mewujudkan cita-citanya sebagai sebuah research university, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung mendukung penuh program Ditjen Dikti Kemendikbud untuk menggalakkan publikasi jurnal ilmiah. Kegiatan penelitian telah dianggap sebagai “nafas” dan merupakan bagian strategis dan integral bagi perguruan tinggi. Secara operasional, selain sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi, penelitian juga harus didorong untuk menghasilkan inovasi berupa produk, salah satunya adalah tulisan di jurnal ilmiah.
Hal ini disampaikan oleh Rektor Unpad Ganjar Kurnia dalam diskusi dengar pendapat terkait Uji Publik Akademik dan Etika Penelitian yang digelar oleh Senat Unpad di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (20/2/2012).

…dst

4 ) Kini Jakarta Punya Jurnal Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/20/18321414/Kini.Jakarta.Punya.Jurnal.Pendidikan

Senin, 20 Februari 2012 | 18:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan sebuah media informasi cetak atau jurnal berisi pengetahuan terkait pendidikan formal maupun non-formal di Provinsi DKI Jakarta. Media ini diberi nama Jurnal Pendidikan Jakarta. Deputi Bidang Kependudukan, Pengendalian, dan Pemukiman DKI Jakarta Syahrul Effendi menyambut peluncuran jurnal pendidikan tersebut. Ia berharap Jurnal Pendidikan Jakarta ini mampu menjadi media komunikasi yang efektif bagi masyarakat, pemerintah, dan dunia pendidikan.

…dst

5 ) Karya Ilmiah RI Tertinggal Jauh
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/21/373/579339/karya-ilmiah-ri-tertinggal-jauh

Selasa, 21 Februari 2012 07:26 wib
IMBAUAN pemerintah agar mahasiswa menulis hasil penelitian di jurnal ilmiah tidak perlu diperdebatkan secara teknis. Yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan reputasi pendidikan tinggi Indonesia melalui riset dan budaya menulis ilmiah. Surat edaran Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso berbuah polemik. Belum satu bulan diteken, surat yang berisi mengenai ketentuan yang mewajibkan setiap mahasiswa sarjana untuk membuat karya ilmiah di dalam jurnal, langsung ditolak. Adalah Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (Aptisi) yang secara mentah-mentah menolak usulan tersebut.

…dst

6 ) Mendikbud Kunjungi Penerima Bidik Misi
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/21/177852/Mendikbud-Kunjungi-Penerima-Bidik-Misi

21 Februari 2012
DEDE Suryawan, mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi semester II Jurusan Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), kaget bukan main. Di tengah hujan deras, ia mendengar kabar jika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh akan berkunjung ke rumahnya. Tak beda dengan orang tuanya, Sutomo (54) dan Endang Sri Wahyuni (50). Tak lama berselang, kabar itu pun menjadi kenyataan. “Kali pertama dengar kabar kalau Pak Presiden yang mau ke sini, tapi ternyata Pak Menteri. Ya, kaget, karena tahunya mendadak,” kata Dede seusai bertemu Mendikbud, akhir pekan lalu.

…dst

7 ) Aminef Tawarkan Beragam Beasiswa Studi ke Amerika
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/02/20/110032/Aminef-Tawarkan-Beragam-Beasiswa-Studi-ke-Amerika

20 Februari 2012 | 07:31 wib
YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Bertempat di ruang Multimedia UGM, American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) menyelenggarakan presentasi kesempatan studi di Amerika Serikat. Melalui skema beasiswa Fulbright, lembaga itu menawarkan bermacam-macam beasiswa untuk staf pengajar dan mahasiswa di lingkungan UGM.
Theresia Andriani Program Assistant Aminef menjelaskan, hingga saat ini jumlah alumni Fulbright telah mencapai 200.000 akademisi. Mereka berasal dari 150 negara di penjuru dunia. “Setiap tahun selalu ada penerima beasiswa Fulbright, grantee dari UGM,” ujarnya.

…dst

8 ) Rumah Gula Semut UGM-SIKIB Diresmikan
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/20/373/578911/rumah-gula-semut-ugm-sikib-diresmikan

Senin, 20 Februari 2012 16:02 wib
JAKARTA – Rumah Produksi Gula Semut “Mbok Tani” Desa Sejahtera Hargotirto, Kokap, Kulon Progo yang merupakan besutan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Gadjah Mada kini telah diresmikan. Lembaga yang didirikan dengan menggandeng Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah sekitar. Hal ini disampaikan Ketua II SIKIB Ratna Djoko Suyanto ketika peresmian Rumah Produksi Gula Semut “Mbok Tani” akhir pekan lalu.”Dengan adanya rumah produksi gula semut ini diharapkan dapat meningkatkan produksi gula semut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraaan masyarakat Hargotirto,” kata Ratna seperti disitat dari laman UGM, Senin (20/2/2012).

…dst

9 ) UGM Kembangkan Kawasan Konservasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471095/

Tuesday, 21 February 2012
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta terus mengembangkan kawasan konservasi sebagai lahan hijau di kampus. Dalam pengembangan kawasan konservasi,UGM menggandeng perusahaan-perusahaan yang juga peduli terhadap lingkungan. Teranyar, kerja sama dijalin dengan PT Astra Internasional yang memberikan bantuan 500 bibit pohon jenis meranti merah (Shorea leprosula) kemarin. Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis oleh Ketua Astra Affiliated Company (AFCO) Yogyakarta Abed Mesah kepada Rektor UGM Sudjarwadi.

…dst

10 ) ISI Surakarta Buka Jurusan Batik dan Keris
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/20/lzootl-isi-surakarta-buka-jurusan-batik-dan-keris

Selasa, 21 Pebruari 2012 03:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SOLO—Institut Seni Indonesia (ISI) surakarta akan membuka program studi baru yang terkait dengan seni budaya Indonesia di antaranya program studi batik dan keris. Hal ini diungkapkan rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Prof Dr Slamet Suparno. ”Kualitas sumber daya manusia ISI Surakarta berpeluang untuk mengembangkan program pendidikan baru yang dapat diakses oleh masyarakat,” ujarnya. Tahun akademik 2012 ISI Surakarta akan membuka progran studi baru yakni Program Studi (S-1) Desain Komunikasi Visual, Program Studi (S-1) Fotografi, Program Studi (S-1) Batik, dan Program Studi (D-IV) Keris dan Senjata Tradisional. Keempat program studi baru tersebut secara berturut-turut dikelola oleh Jurusan Desain, Jurusan Seni Media Rekam, dan Jurusan Kriya yang berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain.

…dst

11 ) Empu batik bernama Santosa Doellah
http://www.antaranews.com/berita/298091/empu-batik-bernama-santosa-doellah

Senin, 20 Februari 2012 15:21 WIB
Solo (ANTARA News) – H Santosa Doellah pemilik perusahaan batik PT Danarhadi akan dikukuhkan sebagai Empu Batik Institut Seni Indonesia Surakarta pada 29 Februari 2012. Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Prof Dr Slamet Suparno di Solo, Senin, mengatakan pemberian gelar Empu Batik kepada H Santosa Doellah ini merupakan pertama di Indonesia. “Gelar empu ini sama dengan guru besar, maka nantinya Pak Santosa juga akan menularkan ilmunya kepada para mahasiswa,” katanya.
Dia mengatakan karya-karya Santosa Doellah yang tercatat di ISI tentang batik ada 300 karya batik lebih, atau sudah sama dengan guru besar dan bahkan lebih. Hal-hal seperti ini harus dihargai dan perlu untuk ditularkan kepada generasi penerusnya.

…dst

12 ) NU Targetkan Miliki 221 Universitas
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/02/20/82442/NU-Targetkan-Miliki-221-Universitas-

Sosbud / Senin, 20 Februari 2012 05:19 WIB
Metrotvnews.com, Lamongan: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menargetkan sebelum 2014 mendatang telah memiliki 221 perguruan tinggi (PT) atau Universitas yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Hal itu setelah PBNU diberi kesempatan kembali untuk mendirikan 10 Universitas NU di Negeri ini. “Kita diberi kesempatan lagi mendirikan 10 Universitas,” kata Ketua Umum PBNU Said Agil Siradj dalam orasi politiknya di Kongres I ISNU di Unisda Lamongan, Jawa Timur, Ahad (19/2) kemarin siang. Menurutnya, dari 10 Universitas NU itu yang sudah berdiri baru di Cirebon. Sedangkan, sembilan lembaga di antaranya masih dalam proses pendirian. Beberapa di antaranya dipastikan bakal didirikan di Jawa Timur. Yakni, di Kabupaten Gresik, Sidoarjo, dan Maluku. (MI/RIZ).

…dst

13 ) Pemkab Bandung Buka Pendaftaran Dokter PTT
http://www.pikiran-rakyat.com/node/177618

Senin, 20/02/2012 – 09:51
SOREANG, (PRLM).- Pemkab Bandung membuka kesempatan kepada dokter umum, dokter gigi, dan bidan untuk menjadi Pegawai Tidak Tetap (PTT). “Pendaftaran rencananya pada awal Maret mendatang selama seminggu di intermet. Kebutuhan dokter umum PTT sebanyak 40 orang, dokter ggi 25 orang, dan bidan 50 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Bandung, dr. H. Achmad Kustijadi, M.Epid, di ruang kerjanya, Senin (20/2). Penempatan dokter umum dan dokter gigi PTT akan ditempatkan di Puskesmas-Puskemas Poned dan Dengan Tempat Perawatan (DTP). “Selain itu untuk Puskesmas yang kekurangan dokter seperti di Rancabali, Kertasari, Ibun, Paseh, dan Ciwidey,” katanya.

…dst

14 ) Unpad Siapkan “E-Voting” untuk Pemilu Ketua Ikatan Alumni
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/20/17391818/Unpad.Siapkan.E-Voting.untuk.Pemilu.Ketua.Ikatan.Alumni

Senin, 20 Februari 2012 | 17:39 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Pemilihan Ketua Alumni Universitas Padjadjaran periode 2012-2016 direncanakan menggunakan sistem e-voting agar seluruh alumni yang diperkirakan berjumlah 150.000 alumnus bisa berpartisipasi. Dengan demikian, setiap alumnus Unpad memiliki hak suara untuk diberikan dalam pemilu yang bakal digelar pada 14 April 2012. Diutarakan Ketua IKA Unpad periode 2008-2012, Ferry Mursyidan Baldan, fasilitas e-voting ditawarkan bagi alumnus yang berhalangan hadir dalam Pemilu IKA Unpad yang digelar di Bandung. Dengan sistem tersebut, alumnus tinggal memilih lewat laman web. Cara mendapatkan hak suara adalah mendaftarkan diri ke panitia melalui laman itu atau komisariat fakultas, komisariat daerah, atau komisariat wilayah.

…dst

15 ) 4.000 Mahasiswa Ikuti Pendampingan SMK Terpencil
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/21/177851/4.000-Mahasiswa-Ikuti-Pendampingan-SMK-Terpencil

21 Februari 2012
SOLO- Program pendampingan SMK diluncurkan Direktorat Pembinaan SMK tahun 2007, diikuti 4.000 mahasiswa dan fresh graduate . Mereka melakukan pendampingan di SMK yang berstatus “3T”, yakni tertinggal, terpencil, dan terbelakang.”Jumlah peserta terus meningkat dari tahun ke tahun,” ungkap Kasi Evaluasi Program Direktorat Pembinaan SMK Suhadi di sela-sela acara penutupan program peningkatan profesionalisme tenaga pengajar berbasis TIK dengan pola pendampingan di FKIP UNS, Senin (20/2).Pada tahun pertama program ini digulirkan, menurut Suhadi, ada delapan perguruan tinggi yang ikut, tahun berikutnya menjadi 10 PT dan 15 PT. Sementara pada 2011 ada 20 PT yang diajak kerja sama dalam pembinaan SMK.

…dst

16 ) Mahasiswa Undip Kembangkan Pariwisata Desa
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/20/373/578872/mahasiswa-undip-kembangkan-pariwisata-desa

Senin, 20 Februari 2012 15:03 wib
JAKARTA – Potensi pariwisata di sembilan desa di Semarang mendapat perhatian dari mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip). Para mahasiswa ini adalah peserta kuliah kerja nyata (KKN) yang memfokuskan program kerjanya pada pengembangan potensi lokal daerah. Misalnya di Kecamatan Jambu dan Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Koordinator Kecamatan Jambu, Ririn menjelaskan, selama sekira satu bulan masa KKN, timnya akan memetakan potensi unggulan tiap desa.

…dst

17 ) Mahasiswa Malaysia Mulai Ngajar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471109/

Tuesday, 21 February 2012
SEMARANG– Sepuluh mahasiswa Universiti Teknologi Malaysia (UTM) mulai hari ini mengajar di dua sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), yakni SMAN 1 dan SMAN 2 Semarang.Mereka mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan IKIP PGRI Semarang sebagai partner pertukaran mahasiswa. Wakil Rektor I IKIP PGRI Semarang Ngasbun Egar mengatakan, para mahasiswa nantinya menghabiskan masa PPL di Semarang selama sebulan. Sebagai gantinya, IKIP PGRI juga akan mengirimkan mahasiswanya untuk PPL di Johor Malaysia yang difasilitasi UTM.

…dst

18 ) Tiga Tahun Teliti Udang, Bernadeta Raih Doktor
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/21/177853/Tiga-Tahun-Teliti-Udang-Bernadeta-Raih-Doktor

21 Februari 2012
SEMARANG – Dosen Unika Soegijapranata, Bernadeta Soedarini (43), meraih gelar doktor di VU University, Amsterdam, Belanda. Perempuan asal Yogyakarta tersebut dinyatakan lulus Desember tahun lalu.Dalam desertasinya, dosen Fakultas Teknologi Pangan itu meneliti interaksi antara paparan tembaga, struktur komunitas mikroba, dan kandungan histamin dalam udang. “Saya meneliti udang-udang di Semarang terutama yang berada di tambak yang dekat dengan industri. Selama tiga tahun, saya coba mengungkap apakah udang-udang tersebut tercemari oleh limbah dari industri itu,” jelasnya saat ditemui di Gedung Mikael Kampus Unika, Senin (18/2)

…dst

19 ) Mengilmiahkan Obat Alamiah
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/21/04040161/mengilmiahkan.obat.alamiah

Selasa, 21 Februari 2012
Daun tahongai (Kleinhovia hospita) sejak lama dimanfaatkan masyarakat Kalimantan Timur untuk mengobati penyakit hati. Para peneliti dari Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, sejak tahun 2007 berupaya mengurai data ilmiah obat alami ini. Dalam kehidupan masyarakat, seperti komunitas Dayak di Kalimantan, dapat ditemui banyak informasi jenis obat dari berbagai tumbuh-tumbuhan. Ini informasi penting untuk memulai penelitian ilmiah,” kata Enos Tangke Arung, dosen dan peneliti pada Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, pertengahan Januari lalu, di Samarinda, Kalimantan Timur. Enos meneliti bersama koleganya, Irawan Wijaya Kusuma, dari Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Hasil penelitian itu sekarang masuk di Journal of Wood Science dari Japan Wood Research Society. Penelitian itu dilakukan bersama Yong-Ung Kim, Kuniyoshi Shimizu, dan Ryuichiro Kondo dari Jepang. Tahongai merupakan tumbuhan perdu yang banyak tumbuh secara alami di pinggiran sungai di Kalimantan Timur. Tumbuhan berdaun lunak dan selalu hijau itu kini mulai dibudidayakan sebagian masyarakat Kalimantan.

…dst

20 ) Perlu Pengawasan Ekstra Ketat
Ujian Calistung Diganti Nomor Pendaftaran atau Pertimbangan Umur
http://www.jpnn.com/read/2012/02/21/118034/Perlu-Pengawasan-Ekstra-Ketat-

Selasa, 21 Februari 2012 , 07:50:00
JAKARTA – Berbagai kalangan menyambut baik sikap tegas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melarang ujian membaca, menulis, dan menghitung (calistung). Diantara dukungan disampaikan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Tetapi, mereka menuntut adanya pengawasan ekstra ketat untuk mengawal aturan ini. Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Bariyah Fayumi di Jakarta kemarin (20/2) menuturkan, pihaknya mendukung upaya Kemendikbud mengeluarkan larangan ujian calistung ini. Dia menegaskan, ujian ini tidak tepat digunakan untuk menjaring calon peserta didik kelas I. “Otak anak-anak TK belum waktunya untuk diberikan muatan calistung. Apalagi sampai diujikan,” kata dia. Menurut Badriyah mengatakan, otak anak dibawah umur 7 tahun belum waktunya menganalisas hal-hal yang abstrak.

…dst

21 ) Hari Ini Finalisasi RPP Honorer jadi PNS
http://www.jpnn.com/read/2012/02/21/118014/Hari-Ini-Finalisasi-RPP-Honorer-jadi-PNS-

Selasa, 21 Februari 2012 , 04:24:00
JAKARTA – Tidak sia-sia aksi demonstrasi 20 ribu lebih guru honorer anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di depan Istana Kepresidenan, Senin (20/2). Hari ini, sepuluh perwakilan PGRI diminta ikut rembukan finalisasi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI Sulistyo menjelaskan, aksi demonstrasi ribuan guru ini benar-benar dilakukan dalam kondisi terpaksa. Sebenarnya dia sudah menghimbau kepada para guru untuk tidak demo. “Tapi upaya pengangkatan honorer ini sungguh kebangetan,” kata Sulistyo. Sebab, RPP ini sejatinya sudah bisa disahkan sejak 2009 silam.

…dst

22 ) Guru Honorer Dapat Titik Terang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/20/20290520/Guru.Honorer.Dapat.Titik.Terang

Senin, 20 Februari 2012 | 20:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Perjuangan ribuan guru dan pegawai tata usaha honorer yang berunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Senin (20/2/2012) sejak pagi hingga malam, mulai menemukan titik terang. Pengunjuk rasa yang menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera mengesahkan payung hukum pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil (PNS). Perwakilan guru honorer yang didampingi pengurus PGRI diterima Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Azwar Abubakar dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim datang kemudian saat pertemuan sudah selesai.

…dst

23 ) Proses Sertifikasi Guru Diperketat
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/21/177854/Proses-Sertifikasi-Guru-Diperketat

21 Februari 2012
WONOGIRI – Proses sertifikasi guru tahun 2012 diperketat. Penilaian berdasarkan portofolio, atau penunjukan untuk langsung mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) tidak lagi dilakukan.Tapi harus melalui jenjang seleksi uji kompetensi awal (UKA) terlebih dulu. “Sebelum akhirnya dinyatakan lolos mengikuti PLPG,” kata Kabid SMP/SMA Drs Tunggal Widodo MPd dalam sosialisasi UKA yang diikuti 918 guru, Senin (20/2).Tunggal Widodo mengatakan UKA tersebut akan dilaksanakan di lima gedung sekolah di Kota Wonogiri yakni di SMP Negeri 1, 3 dan 6. Selain itu juga di SMA Negeri 1 dan 3. “Pelaksanaannya nanti akan diawasi oleh 46 personel pengawas dari para guru yang telah bersertifikasi,” ujar Tunggal.

…dst

24 ) Mulai tahun ini SLTA gratis di Sulsel
http://www.antaranews.com/berita/298087/mulai-tahun-ini-slta-gratis-di-sulsel

Senin, 20 Februari 2012 14:59 WIB
Makassar (ANTARA News) – Mulai tahun ini SMA dan sekolah yang sederajat di Provinsi Sulawesi Selatan akan gratis biaya pendidikan.”Program pendidikan gratis yang selama ini hanya tingkat SD – SMP, kini mulai naik ke jenjang SMA dengan alokasi anggaran sebanyak Rp70 miliar dari APBD Sulsel,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel H Patabai Pabokori di Makassar, Senin. Menurut dia, alokasi anggaran pendidikan gratis untuk siswa SMA dan sekolah sederajat seperti SMK dan Aliyah, akan mencakup delapan item pembiayaan. Kedelapan item tersebut diantaranya adalah biaya menerimaan/pendaftaran siswa baru, biaya ujian semester, pengadaan buku rapor, pas foto, foto copy dan legalisir ijazah, biaya pembinaan akademik siswa serta insentif bagi tenaga pendidik.
(S036)

…dst

25 ) Kemenkes Luncurkan Layanan Kesehatan Terbang
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/21/299937/293/14/Kemenkes-Luncurkan-Layanan-Kesehatan-Terbang

Selasa, 21 Februari 2012 06:54 WIB
JAKARTA–MICOM: Kementerian Kesehatan meluncurkan sistem layanan kesehatan terbang (flying health care) bagi masyarakat Papua. Adanya layanan kesehatan terbang diharapkan bisa meningkatkan akses layanan kesehatan terhadap warga. “Model layanan kesehatan yang mobile, cocok bagi wilayah Papua yang memiliki wilayah geografi yang luas tetapi penduduknya sedikit,” sebut Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, saat membuka membuka Rakerkesda Provinsi Papua di Jayapura, Senin (20/2) malam. Dia menambahkan, untuk wilayah seperti Papua, strategi perluasan akses layanan kesehatan tidak bisa dilakukan dengan cara konvensional.

…dst

26 ) Semut tak akan lupa bau musuhnya
http://www.antaranews.com/berita/298201/semut-tak-akan-lupa-bau-musuhnya

Selasa, 21 Februari 2012 10:10 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Koloni semut membentuk “memori bersama” dari bau musuh mereka, demikian temuan para peneliti University of Melbourne Australia. Kepala peneliti, Mark Elgar, seperti dikutip BBC Nature, menjelaskan seluruh semut di koloni dapat merasakan pengalaman sesamanya. “(Bayangkan) Anda punya pengalaman bau menjijikkan bersama-sama tentang orang dengan aroma tertentu,” kata Elgar, menggambarkan jika manusia mempunyai kemampuan seperti semut.
Semut menyimpan bau ketika bertarung dengan musuh dari koloni lain. Bau itu lalu dibagi dengan semut lain sekoloni. Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Naturwissenschaften itu menyebutkan zat kimia merupakan kunci dari kawanan semut.

…dst

27 ) Kasus Tewasnya Mantan Mahasiswa ITB-Motif Ricky Bunuh Diri Misterius
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471076/

Tuesday, 21 February 2012
BANDUNG – Motif Ricky Ardianto, 23, mantan mahasiswa Institut Teknologi Bandung(ITB) yang bunuh diri dengan loncat dari lantai tiga indekosnya di Jalan Ciumbuleuit,Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, KotaBandung, Minggu (19/2),belum diketahui. Hingga kemarin polisi masih mendalami kasus tersebut dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin.” Kami masih menyelidiki tewasnya Ricky,sementara ini kami menduga dia meninggal karena bunuh diri,tapi motifnya belum diketahui dan kami masih mendalami,”ujarKanitReskrim Polsekta Cidadap AKP Sugeng Gaib Rahayu. Polisi sudah meminta keterangan beberapa saksi.Mereka adalah yang berada di sekitar lokasi kejadian saat Ricky bunuh diri.”Empat saksi sudah diperiksa,” ucapnya.

…dst

28 ) Video Porno Beredar-Disdikpora Diminta Tanggung Jawab
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/471039/

Tuesday, 21 February 2012
PURWAKARTA – Video berisi tarian erotis yang diduga dilakukan sejumlah siswi salah satu SMP di Kabupaten Purwakarta, beredar luas.Adanya rekaman itu sontak saja menggegerkan masyarakat Purwakarta. Warga pun meminta instansi terkait mengusut tuntas kebenaran isi video tersebut. Dalam rekaman melalui ponsel yang berdurasi delapan menit itu, tampak sejumlah siswi SMP yang mengenakan seragam putih biru menari di dalam suatu ruangan. Mereka menari dengan iringan irama house music,layaknya di sebuah diskotik. Namun, di antara semua siswi SMP yang ada dalam rekaman itu, terlihat dua orang yang hanya mengenakan seragaman putih dan celana dalam melenggak-lenggok seperti penari striptis. Sembil menari, mereka memegang rokok dan sesekali menunjukan auratnya kepada kamera. Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Panda Dinata mengaku, kaget beredarnya video tak senonoh itu.

…dst

29 ) Sekilas dalam Negeri
Guru Honorer
Sore Ini, Guru Honorer-Menpan Bahas RPP
Pagi Ini Guru Honorer Kembali Demo Di Istana

Jembatan Ciampea Ambruk
Evakuasi Terhambat Arus Deras
Korban Media
Libya


Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tags

 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.