1 ) MIT Luncurkan Mata Kuliah Online Gratis
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/14/373/575792/mit-luncurkan-mata-kuliah-online-gratis

Rabu, 15 Februari 2012 10:14 wib
SALAH satu perguruan tinggi terbaik di dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT) meluncurkan mata kuliah gratis untuk pengguna dunia maya.Mata kuliah elektronik yang dimulai pada awal 5 Maret 2012 dan berakhir pada 8 Juni 2012 ini, akan menjadi prototipe pertama dari proyek online yang disebut sebagai MITx. Kuliah ini dirancang sepenuhnya secara otomatis, di mana siswa yang sukses menempuhnya hingga selesai akan menerima sertifikat. Pihak MIT berharap MITx bisa mendobrak “hambatan di dunia pendidikan”. Skema milik MIT ini disebut sebagai terobosan maju dalam penggunaan teknologi di dunia pendidikan tinggi. Demikian seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/2/2012).

…dst

2 ) Mendikbud Terima Elshinta Award 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/215

02/14/2012
Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menerima Elshinta Award 2012 karena telah menjadi nara sumber yang selalu siap memberikan konfirmasi atas informasi masyarakat yang diterima Radio Elshinta. Penghargaan tersebut diterima Mendikbud dalam rangka ulang tahun ke-44 Radio Elshinta dan ulang tahun ke-12 program Elshinta News and Talk, Selasa (14/02) di Grand Sahid Jaya, Jakarta. Dalam acara tersebut Mendikbud mengungkapkan kesannya saat ditanya beragam pertanyaan dan keluhan masyarakat mengenai persoalan pendidikan. “Pertanyaan dari para pendengar memang menarik dan kadang sambil marah-marah,” ujar mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November itu.

…dst

3 ) 4 Cara Kemendikbud Berantas Korupsi
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/14/373/575563/4-cara-kemendikbud-berantas-korupsi

Selasa, 14 Februari 2012 16:22 wib
JAKARTA – Komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menggalakkan budaya antikorupsi di kalangan akademis maupun institusi pendidikan, dimulai dari kalangan pegawai Kemendikbud. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menjelaskan, ada empat hal yang harus dilakukan dalam upaya menggalakkan budaya antikorupsi. Keempat hal tersebut meliputi desain organisasi, sistem tata kelola, budaya kerja, serta dedikasi dan integritas.

…dst

4 ) Nuh: Jurnalnya Ada, Baru Bicara Kualitas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/15/08415816/Nuh.Jurnalnya.Ada.Baru.Bicara.Kualitas

Rabu, 15 Februari 2012 | 08:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menegaskan, kementeriannya tetap akan memberlakukan kebijakan yang mewajibkan publikasi karya tulis ilmiah dalam jurnal sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa S-1, S-2, dan S-3. Kebijakan itu telah dituangkan dalam surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tanggal 27 Januari lalu dan akan mulai berlaku bagi lulusan setelah Agustus 2012. Berbagai pro kontra mulai mencuat. Bahkan, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia telah mengambil sikap untuk menolak kebijakan tersebut. Usulan yang ditawarkan adalah mempersiapkan daya dukung publikasi karya tulis mahasiswa, menunda pemberlakuannya, atau diterapkan secara bertahap.

…dst

5 ) Publikasi Karya Ilmiah
Komisi 8 DPR Diminta Panggil Mendikbud
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/14/14323972/Komisi.8.DPR.Diminta.Panggil.Mendikbud

Selasa, 14 Februari 2012 | 14:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Anggota Komisi X DPR Rohmani mengatakan, pihaknya terus didorong masyarakat untuk memanggil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) soal surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tentang publikasi karya ilmiah untuk kenaikan pangkat dosen dan publikasi karya ilmiah untuk syarat kelulusan mahasiswa S-1, S-2, dan S-3. Ia mengatakan, permintaan memanggil Mendikbud tersebut untuk mempertanyakan soal surat edaran Dikti. Banyak pihak dari masyarakat kampus yang berpandangan bahwa kebijakan tersebut tidak tepat waktunya. “Saya sudah dihubungi teman-teman dari kampus, baik dosen, mahasiswa, maupun pengelola kampus. Mereka mendesak komisi X DPR untuk memanggil menteri untuk mempertanyakan hal tersebut,” kata Rohmani dalam surat elektronikanya, Selasa (14/2/2012) siang.

…dst

6 ) Mantan Mendiknas Bambang Sudibyo:
Jurnal Ilmiah seharusnya untuk S2 dan S3 Saja
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/14/298533/293/14/Jurnal-Ilmiah-seharusnya-untuk-S2-dan-S3-Saja

Selasa, 14 Februari 2012 22:29 WIB
JAKARTA–MICOM: Mantan Mendiknas (sekarang Mendikbud) Bambang Sudibyo meragukan kalangan mahasiswa S1 dapat menulis jurnal ilmiah secara baik. Sebab itu, ia mengusulkan syarat kelulusan menulis jurnal ilmiah diperuntukan bagi kalangan S2 dan S3 saja. “Saya tidak yakin kalau lulusan S1 diwajibkan menulis jurnal ilmiah sanggup melakukan itu, apalagi sebagai syarat kelulusan mengingat tradisi menulis dan tradisi penelitian mahasiswa S1 kita belum kuat. Sebab itu sebaiknya syarat kelulusan menulis jurnal ilmiah khusus bagi mahasiswa S2- S3 saja,” kata Bambang Sudibyo menjawab wartawan seusai memberi keterangan terkait gelaran Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2012 di Jakarta, Selasa (14/2).

…dst

7 ) Rektor Unas: Jurnal Ilmiah Baik, Tapi….
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/14/16253040/Rektor.Unas.Jurnal.Ilmiah.Baik.Tapi.

Selasa, 14 Februari 2012 | 16:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemdikbud) yang menjadikan publikasi karya ilmiah sebagai salah satu prasyarat kelulusan mahasiswa (S-1, S-2, S-3) terus menuai tanggapan. Rektor Universitas Nasional (Unas) El Amry Bermawi Putera mengatakan, sampai hari ini pihaknya belum menerima surat edaran tersebut. Namun demikian, berdasarkan informasi yang diunduh melalui internet, dirinya mengaku mendukung ketentuan tersebut dengan catatan adanya insentif lebih dari Kemdikbud. Ia mengungkapkan, diwajibkannya mahasiswa mempublikasikan makalah dalam jurnal ilmiah akan berdampak baik bagi pembangunan semangat dan produktivitas mahasiswa dalam membaca, menulis, dan melakukan penelitian. Akan tetapi, menurutnya, waktu yang diberikan oleh Kemdikbud dirasa sangat tergesa. Mengingat, kata dia, aturan tersebut berlaku untuk mahasiswa lulusan setelah Agustus 2012.

…dst

8 ) Perguruan Tinggi Swasta tidak Perlu Khawatir
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/15/298535/293/14/Perguruan-Tinggi-Swasta-tidak-Perlu-Khawatir

Rabu, 15 Februari 2012 02:09 WIB
PADANG–MICOM: Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X menyerukan perguruan tinggi swasta (PTS) agar tidak perlu mengkhawatirkan edaran Dirjen Dikti tentang keharusan calon sarjana menulis karya ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan. Jika ada yang mengatakan kebijakan tersebut akan menjadi faktor penghambat kelulusan adalah keliru karena membuat karya ilmiah merupakan sesuatu yang sangat lazim dan umum dikalangan perguruan tinggi, kata Ketua Kopertis Wilayah X Prof Damsar di Padang, Selasa (14/2). Menurut dia, setiap mahasiswa yang hendak menyelesaikan studi pasti menulis karya ilmiah dalam bentuk skripsi, tesis dan disertasi dan menindaklanjuti kebijakan Dirjen Dikti tinggal memindahkan tugas akhir yang telah dibuat kedalam format jurnal.

…dst

9 ) Pendidikan Subspesialis Tetap Nonformal
Penuhi Dulu Kebutuhan dan Distribusi Dokter Umum
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/15/02440638/pendidikan.subspesialis.tetap.nonformal

Rabu, 15 Februari 2012
Jakarta, Kompas – Pendidikan kedokteran subspesialis merupakan pendalaman pendidikan spesialis, bukan pencabangan ilmu baru. Karena itu, pendidikannya cukup dilakukan secara nonformal yang diampu oleh masing-masing kolegium spesialis terkait, seperti yang sudah dilakukan selama ini. Hal itu dikatakan Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia Ikatan Dokter Indonesia Errol U Hutagalung saat dihubungi di Jakarta, Selasa (14/2). Karena pendidikan subspesialis bersifat nonformal, peserta pendidikan tak dapat ijazah, hanya sertifikat kompetensi dari masing-masing kolegium spesialis terkait. “Sertifikat kompetensi itu merupakan dasar legal bagi dokter subspesialis atau konsultan untuk melakukan layanan kesehatan subspesialis,” katanya. Surat tanda registrasi (STR) dokter subspesialis adalah STR dokter spesialis. Ini berarti dokter subspesialis yang seharusnya bekerja untuk layanan kesehatan tersier tetap dapat melakukan layanan kesehatan sekunder yang ditangani dokter spesialis. Kondisi ini justru membuat gerak dokter subspesialis menjadi lebih luas.

…dst

10 ) RUU Pendidikan Dokter
Pendidikan Dokter Subspesialis Tak Dihapus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/14/1027376/Pendidikan.Dokter.Subspesialis.Tak.Dihapus

Selasa, 14 Februari 2012 | 10:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pendidikan dokter subspesialis dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran tidak dihapuskan. Jenjang pendidikan ini dikelompokkan ke dalam pendidikan dokter spesialis. Karena itu, proses pendidikan dokter subspesialis yang ada dapat diteruskan. Anggota Panitia Kerja RUU Pendidikan Kedokteran Komisi X DPR, Nasrullah, Senin (13/2), di Jakarta, mengatakan, pengelompokan itu untuk menyesuaikan jenjang pendidikan kedokteran dengan jenjang pendidikan tinggi, sebagaimana UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam UU itu, pendidikan tinggi yang diselenggarakan perguruan tinggi mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor.

…dst

11 ) Rektor: Fasilitas Umum UI tetap Terbuka untuk Publik
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/14/lzduda-rektor-fasilitas-umum-ui-tetap-terbuka-untuk-publik

Selasa, 14 Pebruari 2012 19:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Soemantri memastikan bahwa meskipun penjagaan akan diperketat setelah ditemukannya senjata di hutan kampus, UI tetap terbuka pada masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas umum di lingkungan tersebut. “Memang kami akan menambah petugas keamanan dan memperbaiki beberapa pagar yang berlubang, namun masyarakat umum tetap dapat menggunakan fasilitas umum di kampus kami untuk berolahraga atau sekedar berjalan-jalan,” kata Gumilar seusai membuka Rapat Koordinasi Nasional Perkaderan Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia di Jakarta, Selasa. Gumilar mengakui bahwa keterbukaan UI terhadap masyarakat umum memang telah dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang mungkin juga teroris untuk tujuan-tujuan yang tidak bisa dibenarkan.

…dst

12 ) Kecurangan SNMPTN Jalur Undangan Tak Bisa Dipantau
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/14/11580663/Kecurangan.SNMPTN.Jalur.Undangan.Tak.Bisa.Dipantau

Selasa, 14 Februari 2012 | 11:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Panlok SNMPTN) mengaku tidak bisa memantau kemungkinan adanya kecurangan dalam SNMPTN jalur undangan. Hal itu dikatakan Ketua Panlok 30 wilayah I DKI Jakarta Mohammad Matsna, di sela-sela sosialisasi SNMPTN jalur undangan, Selasa (14/2/2012), di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Ia mengungkapkan, sampai saat ini Panlok belum menelusuri kemungkinan adanya praktik kecurangan dalam SNMPTN jalur undangan 2012. Matsna mengakui, Panlok menyerahkan persoalan itu kepada panitia pusat dan menilai praktik kecurangan sebagai masalah moralitas.

…dst

13 ) Nilai Rapor Siswa Harus Stabil
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/15/02404086/nilai.rapor.siswa.harus.stabil

Rabu, 15 Februari 2012
Jakarta, Kompas – Untuk bisa lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan, nilai rata-rata siswa di rapor harus konsisten stabil atau naik dari semester 3, 4, dan 5. Ini menjadi persyaratan utama pada proses seleksi jalur undangan yang merupakan jalur siswa berprestasi.Hal itu dikatakan Pembantu Rektor I Bidang Akademik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Mohammad Matsna yang menjadi Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Panitia Lokal 30 Wilayah I DKI Jakarta di sela-sela sosialisasi SNMPTN Jalur Undangan, Selasa (14/2), di Jakarta.”Ini jalur tanpa tes. Karena itu, kami pilih yang terbaik prestasi akademiknya dan konsisten tiga semester akhir,” ujarnya.

…dst

14 ) SELEKSI PTN – RSBI Tak Lagi Diprioritaskan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/14/19111416/RSBI.Tak.Lagi.Diprioritaskan

Selasa, 14 Februari 2012 | 19:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun ini seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan tidak lagi memprioritaskan siswa dari sekolah berlabel Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Ketua Panitia Lokal (Panlok) 30 wilayah I DKI Jakarta, Mohammad Matsna mengatakan, penerimaan calon mahasiswa melalui jalur undangan di SNMPTN tahun ini hanya berdasarkan akreditasi sekolah. Dia menjelaskan, sekolah yang terakreditasi A mendapat kuota 50 persen, sekolah terakreditasi B sebanyak 30 persen, sedangkan sekolah terakreditasi C diberi kuota 15 persen. Untuk sekolah yang belum terakreditasi mendapat jatah paling kecil, yaitu 5 persen.

…dst

15 ) DKI Jakarta Sosialisasi SNMPTN Jalur Undangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/14/10112198/DKI.Jakarta.Sosialisasi.SNMPTN.Jalur.Undangan

Selasa, 14 Februari 2012 | 10:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Panlok SNMPTN) 30 wilayah I DKI Jakarta menggelar sosialisasi SNMPTN Jalur Undangan 2012, Selasa (14/2/2012), di Aula Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Ketua Panlok 30 Wilayah I DKI Jakarta Mohammad Matsna mengatakan, sosialisasi ini melibatkan tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Adapun untuk pesertanya, Panlok mengundang sekitar 117 Kepala SMA, 22 Kepala MAN, dan 63 Kepala SMK dari seluruh wilayah DKI Jakarta.

…dst

16 ) Kemdikbud akan Benahi Tata Kelola Aset
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/15/08223935/Kemdikbud.akan.Benahi.Tata.Kelola.Aset

Rabu, 15 Februari 2012 | 08:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperbaiki pengelolaan aset untuk menjaga dan terhindar dari status wajar tanpa opini (disclaimer). Pada penilaian laporan keuangan 2010 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kemdikbud mendapatkan status disclaimer. BPK menemukan banyak dana dan aset negara yang tidak jelas penggunaannya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, tata kelola aset selalu menjadi ganjalan dalam audit yang dilakukan BPK. Ia bersikukuh hal itu terjadi karena Kemdikbud memiliki jumlah aset yang luar biasa. Nuh mengungkapkan, aset Kemdikbud tidak hanya tanah dan bangunan. Tetapi juga cagar budaya seperti patung, candi, sampai harta benda yang terpendam.

…dst

17 ) Tata Kelola Aset Kemdikbud Bermasalah
http://nasional.kompas.com/read/2012/02/14/23292940/Tata.Kelola.Aset.Kemdikbud.Bermasalah

Selasa, 14 Februari 2012 | 23:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sistem tata kelola aset Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bermasalah. Akibatnya, hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan terhadap kinerja kementerian pada tahun 2010 memberi predikat atau opini disclaimer kepada kementerian itu. Persoalan aset itu pula yang menghambat peningkatan opini atau penilaian. Hal itu dikemukakan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil dalam pertemuan dengan Mendikbud Mohammad Nuh dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, Selasa (14/2/2012), Jakarta. “Tadi sudah kita coba solusinya. Memetakan mana aset yang priotitas untuk diselesaikan,” ujar Rizal. Aset yang dimaksud adalah aset perguruan tinggi yang menjadi wewenang Kemdikbud.

…dst

18 ) Anas Disebut Terlibat Kasus Korupsi UNJ
http://berita.plasa.msn.com/nasional/article.aspx?cp-documentid=5882465

beritasatu, 14/02/2012
Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan peralatan laboratorium di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tahun 2010, yang sedang ditangani oleh kejaksaan agung (Kejagung). Nama Anas disebut, masuk dalam materi pertanyaan yang ditanyakan kepada saksi Mindo Rosalina Manullang (Rosa) oleh jaksa penyidik Kejagung. “Dalam pemeriksaan kasus dugaan korupsi di UNJ kemarin ada disebut AU (Anas Urbaningrum). Dia dikatakan bisa mengatur, dalam artian memberi perintah ke Rosa,” kata kuasa hukum Rosa, Ahmad Rifai, ketika ditemui di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jakarta, Selasa (14/02), seperti ditulis laman beritasatu.com. Ahmad menjelaskan kliennya ditanyai penyidik Kejagung dalam pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus korupsi UNJ, terkait siapa yang dapat memerintahnya.

…dst

19 ) Angie Juga Terseret Proyek Universitas
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/15/063384095/Angie-Juga-Terseret-Proyek-Universitas

RABU, 15 FEBRUARI 2012 | 08:09 WIB
TEMPO.CO, Jakarta — Angelina Sondakh, Politikus Partai Demokrat kini berada dalam kumparan kasus. Dugaan keterlibatan Angelina Sondakh ditengarai tak hanya dalam kasus suap Wisma Atlet. Berdasarkan dokumen yang diperoleh Tempo, anggota Komisi Pendidikan dan Olahraga itu diduga juga berperan mengurus sejumlah proyek di Kementerian Pendidikan.”Koordinasi dengan Sdr Angelina Sondakh lebih banyak terkait dengan proyek-proyek di Kementerian Pendidikan Nasional, yaitu pekerjaan-pekerjaan di perguruan tinggi seluruh Indonesia,” demikian ditulis dalam dokumen tersebut. (Baca:Soal Proyek, Rosa Diminta Koordinasi dengan Angie ) Dalam dokumen ini disebutkan, proyek yang digarap adalah pembangunan gedung dan proyek laboratorium. Universitas yang disebut, antara lain, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Haluoleo (Baca:Begini Percakapan Lobi Angie di Proyek Universitas)
…dst

20 ) Pemerintah Siap Rebut Aset Negara dari Swasta
http://nasional.kompas.com/read/2012/02/03/10533094/Pemerintah.Siap.Rebut.Aset.Negara.dari.Swasta

Jumat, 3 Februari 2012 | 10:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah berjanji bakal terus mengembalikan aset-aset negara yang saat ini masih dikuasai pihak ketiga atau swasta meskipun cara yang ditempuh cukup terjal, seperti menempuh jalur hukum di pengadilan. “Iya, kami akan terus berusaha. Masih banyak lagi,” kata Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi di Kantor Presiden, Kamis (2/2/2012). Menurutnya, sejauh ini pemerintah menunggu putusan pengadilan menyangkut aset-aset negara. Setelah melewati fase ini, baru pemerintah mempunyai kewenangan mengambil alih aset-aset tersebut. Seperti diketahui, pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Gedung Pusat Kehutanan dan Taman Hutan, yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 16 Januari lalu. Perpres itu menegaskan pengelolaan Gedung Pusat Kehutanan dan Taman Hutan yang kini lebih dikenal dengan Wisma Manggala Wanabhakti kembali ke negara.

…dst

21 ) IIE: pemerintah punya andil besar untuk kembalikan SDM berkualitas
http://www.antaranews.com/berita/297364/iie-pemerintah-punya-andil-besar-untuk-kembalikan-sdm-berkualitas

Selasa, 14 Februari 2012 22:26 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah memiliki andil besar supaya masyarakat Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri dan mau kembali ke negara asalnya. Hal itu dikatakan Presiden dan CEO Institute of International Education (IIE), Allan E. Goodman setelah dia menjadi pembicara dalam seminar setengah hari yang bertema “Why Should Indonesia Invest in International Education” di Jakarta, Selasa.”Pemerintah seharusnya dapat menyakinkan sumber daya manusia yang potensial itu, untuk kembali ke negaranya masing-masing,” ujar Goodman kepada AntaraNews.

…dst

22 ) IIEF ajak investasi pendidikan
http://www.antaranews.com/berita/297302/iief-ajak-investasi-pendidikan

Selasa, 14 Februari 2012 15:06 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Indonesian International Education Foundation (IIEF) mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih sadar akan keuntungan dari pendidikan internasional, melalui seminar setengah hari. Seminar yang bertema “Why Should Indonesia Invest In International Education?”, di adakan di Mega Kuningan, Jakarta, pada Selasa. Seminar yang dihadiri lebih dari seratus undangan ini bertujuan untuk memberikan pandangan dan pemahaman mengenai peran dan tantangan pendidikan internasional dalam kontribusinya membangun daya saing nasional.

…dst

23 ) Wow, Ratusan Ribu Mahasiswa akan Dikirim Studi ke Luar Negeri
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/14/lzdeyi-wow-ratusan-ribu-mahasiswa-akan-dikirim-studi-ke-luar-negeri

Selasa, 14 Pebruari 2012 13:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Indonesia akan semakin gencar mengirim ratusan ribu mahasiwa keluar negeri dalam lima tahun k edepan. Pengiriman mahasiswa ke luar negeri itu untuk menjawab kebutuhan Indonesia dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), terutama dalam pemenuhan tenaga ahli berkualitas dalam lima tahun ke depan dan membantu Indonesia menjadi negara maju. “International Education adalah cara efektif bagi pemerintah untuk memenuhi kebutuhan ratusan ribu tenaga ahli untuk meningkatkan kualitas SDM tanah air,” ujar Sekretaris Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional, Haris Iskandar dalam seminar pendidikan ‘Why Should Indonesia Invest in International Education?’ Di Jakarta, Selasa (14/2).

…dst

24 ) Pendidikan di Luar Negeri
Indonesia Masuk Top 20 Belajar di Amerika Serikat
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/14/11435275/Indonesia.Masuk.Top.20.Belajar.di.Amerika.Serikat

Selasa, 14 Februari 2012 | 11:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Indonesia masuk dalam jajaran 20 besar negara yang mengambil pendidikan di perguruan tinggi di Amerika Serikat. Hingga saat ini tercatat 6.942 warga Indonesia yang belajar di negeri Paman Sam. Berdasarkan data Institute of International Education tahun 2011, umumnya warga Indonesia mengambil pendidikan di level S-1 yang jumlahnya sekitar 64,5 persen. Adapun pascasarjana sekitar 22,2 persen. Hal ini terungkap dalam seminar mengenai pentingnya Indonesia berinvestasi dalam pendidikan internasional yang diselenggarakan Indonesian International Education Foundation (IIEF) di Jakarta, Selasa (14/1/2012). Hadir dalam acara ini Presiden dan CEO Institute of International Educatin (IIE) Amerika Serikat Allan E Goodman.

…dst

25 ) Mahasiswa asing UIM terbesar dari Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/297259/mahasiswa-asing-uim-terbesar-dari-indonesia

Selasa, 14 Februari 2012 10:54 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Indonesia menempati urutan pertama sebagai mahasiswa asing dengan jumlah terbanyak, 392 orang, di UIM (Universitas Islam Madinah), demikian siaran pers yang diterima ANTARA News dari Konsulat Jenderal (KJ) RI Jeddah. Jumlah itu diperoleh setelah UIM memberikan beasiswa bagi 132 calon mahasiswa Indonesia pada 2012. Duta Besar RI Riyadh, Gatot Abdullah Mansyur, menyampaikan agar mahasiswa Indonesia di Madinah menyumbangkan pemikiran kepada pejabat di Indonesia. “Hasil diskusi-diskusi Ilmiah sampaikan kepada mereka (pejabat Indonesia) sehingga demokrasi berjalan sesuai harapan,” kata Gatot dalam pertemuan Jajaran Kedutaan Besar RI Riyadh dan KJRI Jeddah dengan para mahasiswa UIM asal Indonesia.

…dst

26 ) Cerita Fasli Djalal tentang Kuliah di Luar Negeri
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/14/373/575514/cerita-fasli-djalal-tentang-kuliah-di-luar-negeri

Selasa, 14 Februari 2012 15:30 wib
JAKARTA – Mendapat kesempatan untuk menempuh pendidikan internasional tentu merupakan pengalaman berharga. Berbagai pengalaman di tempat baru adalah hal mahal yang sayang untuk dilupakan begitu saja. Mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Fasli Djalal mengungkapkan, pendidikan internasional yang pernah dialaminya merupakan pengalaman yang sangat berharga karena memberikan banyak manfaat. “Pendidikan internasional merupakan pengalaman luar biasa karena membuat kita melihat berbagai hal dari sudut pandang dan pola hidup yang tidak akan kita dapatkan jika tidak menempuh pendidikan di sekolah-sekolah internasional,” kata Fasli selepas acara seminar “Why Should Indonesia Invest International Education?” di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2012).

…dst

27 ) Inilah Tips Mendapatkan Beasiswa Ala ‘Negeri 5 Menara’
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/14/lzdion-inilah-tips-mendapatkan-beasiswa-ala-negeri-5-menara

Selasa, 14 Pebruari 2012 15:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mencari beasiswa keluar negeri semakin mudah, setidaknya itulah yang dirasakan Ahmad Fuadi, seorang alumni beasiswa fulbright Amerika Serikat (AS). Namun, jelas Fuadi, semudah apapun mencari informasi beasiswa, tetap dibutuhkan konsistensi dan usaha keras untuk mendapatkannya. “Walaupun banyak beasiswa yang ditawarkan saat ini, mendapatkan beasiswa butuh usaha yang terus menerus dan tidak kenal putus asa,” ujarnya saat ditemui dalam seminar pendidikan ‘Why Should Indonesia Invest in International Education?’ Di Jakarta, Selasa (14/2). Ahmad Fuadi yang juga seorang novelis buku ‘Negeri 5 Menara’ dan ‘Ranah 3 warna’ telah melalang buana ke berbagai negara dalam studinya ke luar negeri. Ia sedikit berbagi tips dan pengalaman bagi anak muda Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Luar Negeri.

…dst

28 ) Sosiolog UGM : Awas, Banyak Dosen Jadi ‘Pengasong’
http://us.news.detik.com/read/2012/02/14/155840/1842197/10/sosiolog-awas-banyak-dosen-jadi-pengasong?9922032

Selasa, 14/02/2012 15:58 WIB
Yogyakarta – Ada kecenderungan para akademisi saat ini lebih mementingkan nilai-nilai pragmatis daripada nilai-nilai ilmu pengetahuan. Kegiatan pengajaran dan penelitian hanya berorientasi pada peningkatan pendapatan melalui proyek-proyek daripada pengembangan ilmu pengetahuan. Padahal tugas utama seorang akademisi adalah melakukan refleksi kritis dan mempertahankan nilai-nilai abstrak pada zamannya seperti kebenaran, keadilan, dan rasio. Ada banyak nilai-nilai yang dipunyai para akademisi semakin memudar karena mereka lebih banyak mengejar kepentingan pragmatis. Hal itu diungkapkan sosiolog Fakultas Ilmu Sosial Poltik Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Heru Nugroho dalam pidato pengukuhan guru besar di Balai Senat, UGM, Selasa (14/2/2012).

…dst

29 ) UI Kembali Gelar Festival Kebudayaan Rusia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/14/13283564/UI.Kembali.Gelar.Festival.Kebudayaan.Rusia

Selasa, 14 Februari 2012 | 13:28 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Universitas Indonesia kembali menggelar Festival Kebudayaan Rusia atau Russkij Festival 2012. Festival ini rencananya berlangsung pada hari Rabu (15/2) mulai pukul 10.00 sampai pukul 14.00. Acara dipusatkan di Auditorium 9, kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI, di Depok, Jawa Barat. “Acara ini kami gelar setiap tahun, tetapi kali ini agak besar. Hubungan Rusia-Indonesia harus diikat dengan kebudayaan,” tutur Dekan FIB UI Dr Bambang Wibawarta, Selasa (14/2) di Depok.

…dst

30 ) Mahasiswa Keluhkan Sistem Informasi Online Unpad
http://www.pikiran-rakyat.com/node/176898

Selasa, 14/02/2012 – 17:44
BANDUNG, (PRLM).- Mekanisme pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) secara online menjadi permasalahan bagi para mahasiswa Unpad. Mereka kerap kali mengalami kesulitan dalam mengakses situs internet Unpad. Mahasiswa juga mengeluhkan seringnya terjadi ketidakakuratan jumlah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Satuan Kredit Semester yang temuat di sistem online. Oleh karena itu, mahasiswa mempertanyakan kesiapan Unpad untuk menjadi universitas bertaraf internasional. Hal tersebut diungkapkan beberapa mahasiswa dalam diskusi “Strategi Public Relation Unpad dalam Menghadapi World Class University” di Sekrertariat Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Selasa (14/2/12).

…dst

31 ) Mabuk, Ketua Yayasan Kampus Bawa Gadis ABG
http://regional.kompas.com/read/2012/02/14/22313213/Mabuk.Ketua.Yayasan.Kampus.Bawa.Gadis.ABG
Selasa, 14 Februari 2012 | 22:31 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Ketua Yayasan Al Aqsa yang membawahi Universitas Pancasakti Makassar, NS, harus berurusan dengan polisi. Ia tertangkap sedang mabuk dan membawa gadis di bawah umur. “Untuk sementara, kami masih harus melakukan pendalaman dulu, apalagi keduanya masih berada dalam pengaruh minuman keras serta obat-obatan,” ujar Kepala Polsek Mamajang Komisaris Darwis, Selasa (14/2/2012) di Makassar.

…dst

32 ) Tak Lolos Uji Kompetensi Dapat Pendampingan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/15/177151/Tak-Lolos-Uji-Kompetensi-Dapat-Pendampingan

15 Februari 2012
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan bahwa uji kompetensi harus dilaksanakan. Hal itu mengacu pada tujuan dari uji kompetensi untuk melakukan pemetaan kemampuan. “Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas para guru,” kata dia di Gedung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa (14/2). Uji kompetensi dijelaskannya merupakan langkah pertama sebelum para guru mengikuti proses sertifikasi. Seandainya ada guru yang tidak lulus uji kompetensi, maka yang bersangkutan tidak dapat melanjutkan ke proses sertifikasi.

…dst

33 ) Pengamat: ada peluang bisnis dalam sertifikasi guru
http://www.antaranews.com/berita/297246/pengamat-ada-peluang-bisnis-dalam-sertifikasi-guru

Selasa, 14 Februari 2012 09:17 WIB |
Banjarmasin (ANTARA News)- Seorang pengamat pendidikan, Prof Norsanie Darlan menilai, sertifikasi guru yang belakangan menjadi daya pikat guru terkesan berpeluang untuk dibisniskan.Karena untuk mengejar sertifikasi, seorang guru harus mengantongi ijazah sarjana, karena itu mereka harus melanjutkan kuliah, walau dengan berbagai cara, kata Norsanie melalui email ke ANTARA News, di Banjarmasin, Selasa. Guru Besar Pendidikan Luar Sekolah Universitas Palangka Raya (Unpar) itu menyebutkan, banyak hal yang bisa memunculkan lahan bisnis dalam proses mengejar sertifikasi ini.

…dst

34 ) Tujuh Tahun Tak Jadi SBI, Turun Jadi SSN
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/15/177174/Tujuh-Tahun-Tak-Jadi-SBI-Turun-Jadi-SSN

5 Februari 2012
SOLO – Kualitas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) terus dipantau oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika dalam tujuh tahun tidak ada progres alih status menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), maka RSBI akan diturunkan statusnya menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN). Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Prof Suyanto mengatakan, saat ini ada sekitar 150.000 sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA sederajad. Dari jumlah itu, 1.125 di antaranya berstatus RSBI. “Mengubah RSBI menjadi SBI tidak mudah. Perlu proses. By design, tujuh tahun tak jadi SBI akan diturunkan jadi SSN,” kata Suyanto di sela-sela Olimpiade Sains SMP RSBI tingkat Nasional di The Sunan Hotel, Selasa (14/2).

…dst

35 ) Pemerintah Bersikeras Pertahankan RSBI
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/14/079383936/Pemerintah-Bersikeras-Pertahankan-RSBI

SELASA, 14 FEBRUARI 2012 | 15:39 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) digugat masyarakat. Koalisi Anti Komersialisasi Pendidikan mengajukan gugatan kepada Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan Pasal 50 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menjadi dasar munculnya RSBI.Sementara Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto menegaskan keberadaan RSBI harus dipertahankan. “Kalau judicial review pasal 50 dikabulkan MK, maka RSBI akan hilang. Dan semua kerja keras selama ini menjadi sia-sia,” ujar Suyanto di sela The 3rd National Science Olympiad SMP RSBI 2012 di Surakarta, Selasa 14 Februari 2012.

…dst

36 ) RSBI Dipertahankan
“Jangan Sampai Menyesal seperti Membanjirnya Buah Impor”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/15/09213873/.Jangan.Sampai.Menyesal.seperti.Membanjirnya.Buah.Impor.

Rabu, 15 Februari 2012 | 09:21 WIB
SOLO, KOMPAS.com – Pemerintah akan tetap mempertahankan sekolah rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). Keberadaan RSBI dibutuhkan untuk menghadapi membanjirnya sekolah-sekolah dari luar negeri yang akan masuk bersamaan dengan dimulainya era perdagangan bebas.Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suyanto mengatakan hal itu seusai pembukaan Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama RSBI Ke-3 di Kota Solo, Selasa (14/2). Kegiatan ini diikuti 1.336 siswa dari 334 SMP RSBI dari seluruh Indonesia. “RSBI penting karena jika suatu ketika Indonesia kebanjiran sekolah kualitas unggul dari luar negeri, masyarakat akan menyesal seumur-umur seperti halnya sekarang kita lihat membanjirnya buah impor.

…dst

37 ) Kisah Ijazah-ijazah yang Ditinggalkan
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/01/214381159/Kisah-Ijazah-ijazah-yang-Ditinggalkan

RABU, 01 FEBRUARI 2012 | 21:46 WIB
…cut…Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 18 Jakarta Riamin Manurung mengatakan, Aji tak sendiri yang meninggalkan ijazahnya setelah lulus. Sejak 1998 jumlah ijazah yang terlantar mencapai 40 lembar di sekolah itu. “Tunggakan mereka ke sekolah mencapai Rp 200 juta,” kata Riamin. Riamin menyatakan kalau pihak sekolah sebenarnya memberi kesempatan mencicil tunggakan kepada setiap orang tua siswa yang hendak mengambil ijazah putranya. Tapi, menurutnya, ada orang tua yang memang tak pernah berusaha.

…dst

38 ) KKP Bangun Rumah Sakit Ikan Rp 26 Miliar
http://www.jpnn.com/read/2012/02/15/117386/KKP-Bangun-Rumah-Sakit-Ikan-Rp-26-Miliar-

Rabu, 15 Februari 2012 , 10:15:00
JAKARTA – Langkah konkrit Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terhadap perlindungan lingkungan budidaya, keamanan pangan, dan kesehatan ikan adalah membangun rumah sakit (RS) ikan. Selain itu, keberadaan RS ikan dapat pula meningkatkan daya saing mutu Indonesia di dunia internasional. Pada 12 Februari lalu, RS ikan di Pandeglang Banten resmi dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo.

…dst

39 ) Dimoratorium, Jumlah PNS Susut 113 Ribu
http://www.jpnn.com/read/2012/02/15/117337/Dimoratorium,-Jumlah-PNS-Susut-113-Ribu-

Rabu, 15 Februari 2012 , 00:26:00
JAKARTA – Jumlah PNS tahun ini diperkirakan akan menyusut ke angka 4,4 juta. Ini merupakan dampak adanya pelaksanaan moratorium penerimaan CPNS yang mulai diberlakukan September 2011.”Kalau hingga akhir 2012 tidak ada rekrutmen CPNS maka jumlah keseluruhan PNS bisa menjadi 4.457.092,” kata Kabag Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat, Selasa (14/2). Data BKN menyebutkan jumlah PNS saat ini (bezzeting) per 31 Desember 2011 sebanyak 4.570.818. Mereka tersebar di instansi pusat sebanyak 925.848 orang dan 3.644.490 bekerja pada instansi daerah. Sedangkan PNS yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) tahun ini diperkirakan mencapai 116.726.

…dst

40 ) PNS Diturunkan Pangkat Bisa Banding
http://www.jpnn.com/read/2012/02/15/117366/PNS-Diturunkan-Pangkat-Bisa-Banding-

Rabu, 15 Februari 2012 , 07:14:00
JAKARTA – Erty Panent SE, seorang PNS di Pemkab Tapanuli Utara (Taput) Sumut, yang oleh Bupati Torang Lumbantobing diturunkan pangkatnya dari III d menjadi III c selama tiga tahun, bisa mengajukan banding administratif. Hal ini sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS. “Jika yang bersangkutan merasa keberatan, bisa saja ajukan banding administratif,” ujar Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Aris Windiyanto kepada JPNN ini di Jakarta, kemarin (14/2).

…dst

41 ) Piramida di Gunung Sadahurip- Pemerintah Diminta Hentikan Penelitian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/469597/

Wednesday, 15 February 2012
GARUT – Pemerintah diminta tidak meneruskan penelitian di Gunung Sadahurip, Desa Sukahurip,Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut.Pasalnya, gunung berbentuk limas itu tidak memiliki kaitan dengan nilai sejarah peradaban manusia di masa lalu. Hal ini disampaikan dalam seminar kebudayaan bertajuk Tidak Ada Piramida di Gunung Sadahurip yang digelar di Gedung Korpri, Jalan Patriot, Garut,kemarin. Pengurus Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Sujatmiko, mengatakan, Gunung Sadahurip tidak lebih dari gunung api purba yang sudah menjadi fosil. “Gunung ini berusia sekitar dua hingga lima juta tahun dan sekarang sudah menjadi fosil. Tidak ada kaitan dengan peradaban prasejarah.Tapi bila masih tetap penasaran,silakan lakukan penelitian lebih lanjut,” katanya saat menjadi pembicara kemarin.

…dst

42 ) RI Promosi Wisata di World Expo Floriade
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/469585/38/

Wednesday, 15 February 2012
JAKARTA – Indonesia akan memanfaatkan Venlo World Expo Floriade 2012 di Belanda sebagai ajang promosi pariwisata, perdagangan, dan investasi. Ajang pameran yang digelar selama enam bulan ini, yakni 4 April–7 Oktober 2012, diperkirakan menyedot minimum 2 juta pengunjung. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar mengatakan, World Expo Floriade merupakan ajang 10 tahunan berskala internasional yang digelar sejak 1964.Keikutsertaan Indonesia tahun ini merupakan kali ketiga setelah 1992 di Zoetermeer (Rotterdam) dan 2002 di Harlemmermeer (Amsterdam). “World Expo Floriade 2012 ini diselenggarakan di Venlo, Provinsi Limburg,Belanda.

….dst

43 ) Pengamat: Sidang Antasari Berdasar BAP, Buat Apa Ada Pengadilan!
http://news.detik.com/read/2012/02/14/103531/1841664/10/pengamat-sidang-antasari-berdasar-bap-buat-apa-ada-pengadilan?nd992203605

Selasa, 14/02/2012 10:35 WIB
Jakarta – Meski telah final dan Antasari Azhar dinyatakan bersalah membunuh Nasrudin Zulkarnaen karena cinta segitiga, tetapi kasus ini masih menyimpan misteri. Sebab, putusan hakim banyak yang didasarkan pada Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) di kepolisian. Hakim banyak mengabaikan fakta persidangan. “Putusan ini berdampak pada kasus-kasus yang lain yang ditangani. Kalau putusan berdasar BAP dan mengabaikan fakta pengadilan, untuk apa digelar pengadilan? Putuskan saja berdasar BAP,” kata pengamat hukum Universitas Trisakti, Jakarta, Yenti Garnasih, saat berbincang dengan detikcom, Selasa (14/2/2012). Menurut Yenti, banyak fakta pengadilan yang diabaikan majelis hakim PN Jaksel yang terdiri dari Heri Swantoro, Prasetyo Ibnu Asmara, dan Nugroho Setiaji. Hal ini lalu diamini oleh majelis hakim di atasnya secara berjenjang hingga majelis PK.
“Kalau tidak dipertimbangkan, buat apa ada perdebatan jaksa dan pengacara?” komentar Yenti.

…dst

44 ) Inilah Alasan MA Menolak PK Antasari Azhar
http://news.detik.com/read/2012/02/14/173503/1842296/10/inilah-alasan-ma-menolak-pk-antasari-azhar?n990102mainnews

Selasa, 14/02/2012 17:35 WIB
Jakarta – Mahkamah Agung (MA) menolak upaya hukum luar biasa Peninjauan Kembali (PK) Antasari Azhar. Alhasil, Antasari yang juga mantan Ketua KPK ini tetap dijatuhi 18 tahun penjara karena mengotaki pembunuhan berencana terhadap Nasrudin Zulkarnaen yang dipicu cinta segitiga. Lantas apa alasan MA menolak PK? “Pertama bahwa alasan PK tersebut terdiri dua kelompok yaitu kelopok novum (bukti baru) dan kelompok alasan kesalahan nyata,” kata salah satu anggota hakim anggota, Djoko Sarwoko, kepada detikcom, Selasa (14/2/2012). Menurut Djoko, 5 anggota majelis yaitu Harifin Tumpa, Komariah Sapardjaya, Imron Anwari, Hatta Ali dan dirinya membaca semua pendapat tersebut. Namun berakhir pada kesimpulan untuk menolak PK tersebut. “Dari lima orang hakim agung itu pendapatnya masing-masing sampai pada kesimpulan tolak PK,” papar Djoko.

…dst

45 ) Sudah diduga sebelumnya :
8 Kode Etik Hakim Dihapus MA, Peluang Antasari Azhar Bebas Tipis?
http://news.detik.com/read/2012/02/13/131656/1841003/10/8-kode-etik-hakim-dihapus-ma-peluang-antasari-azhar-bebas-tipis?nd992203605

Senin, 13/02/2012 13:16 WIB
Jakarta – Mahkamah Agung (MA) menghapus 8 poin kode etik hakim. Kode etik hakim inilah yang digunakan Komisi Yudisial (KY) untuk menghukum majelis hakim kasus Antasari Azhar skorsing 6 bulan karena dinilai tidak profesional dalam bersidang. Dengan dihapusnya 8 kode etik ini maka majelis hakim yang terdiri dari Heri Swantoro, Prasetyo Ibnu Asmara, dan Nugroho Setiaji menjadi tidak bersalah. Apakah langkah MA ini untuk tetap menghukum mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan hukuman penjara selama 18 tahun?

…dst

46 ) Pungli Transportasi Rp25 T-Picu Maraknya Kecelakaan Lalu Lintas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/469590/38/

Wednesday, 15 February 2012
JAKARTA – Maraknya kecelakaan transportasi umum belakangan ini, khususnya bus, disebabkan banyaknya pungutan liar (pungli) yang melilit pengusaha transportasi. Selain pungli, retribusi di daerah juga menguras pendapatan perusahaan.Kondisi itu disampaikan Sekretaris Jenderal BPP Hipmi Harry Warganegara Harun. Dia membeberkan, berdasar catatan Hipmi Research Center, pungli angkutan darat setiap tahun mencapai lebih dari Rp25 triliun. Pungli terjadi mulai dari administrasi kendaraan sampai yang dikenakan kepada sopir di tengah jalan. Jika dipukul rata,pungli menggerogoti 25% pendapatan perusahaan. “Hal inilah yang ikut berkontribusi pada banyak kecelakaan di mana-mana, sebab faktor pemeliharaan kendaraan dan kesejahteraan sopir menjaditaruhan nya,” ujardiadalam siaran pers di Jakarta kemarin. Menurut Harry, kondisi tersebut selama ini luput dari pengamatan pengambil kebijakan.

…dst

47 ) IC3D: Segera Selamatkan 12.572 WNI di Suriah
http://www.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/12/02/15/lzesko-ic3d-segera-selamatkan-12572-wni-di-suriah

Rabu, 15 Pebruari 2012 07:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Seiring meningkatnya kekerasan dan krisis yang terjadi di Suriah, Pemerintah Indonesia dinilai perlu mengambil tindakan tegas dan jelas mengenai keamanan warga negara Indonesia (WNI) yang berjumlah 12.572 orang di negara itu. Indonesia Center for Democracy, Diplomacy and Defence (IC3D) mendesak pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri untuk segera berkoordinasi dengan otoritas lokal di Suriah dan KBRI di negara itu untuk segera memberikan perlindungan dan menyelamatkan WNI karena situasi domestik Suriah yang semakin memburuk.

…dst

48 )  Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Pelajar Indonesia Berprestasi di Singapura
Kasus Laptop, Dispendik Kota Malang Dilaporkan

Nasib FPI
Tifatul dan Twitter
Sekilas Luar Negeri
Pakistan
Rusia