1 ) Pencarian Mahasiswi ITB yang Hilang di Garut Terkendala Medan Berat
http://www.detiknews.com/read/2012/02/07/203750/1836769/10/pencarian-mahasiswi-itb-yang-hilang-di-garut-terkendala-medan-berat?n991103605

Selasa, 07/02/2012 20:37 WIB
Garut – Memasuki hari ketiga hilangnya mahasiswi ITB, Angelina Yovanka (19) saat berarung jeram di Sungai Cikandang, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tim pencari masih belum menemukan jenazah Engelina. Upaya pencarian terkendala beratnya medan di areal Sungai Cikandang, Selain itu kondisi cuaca terutama saat hujan turun, air sungai meluap sehingga menyulitkan upaya pencarian korban. Kapolres Garut AKBP Enjang Hasan Kurnia menyatakan ratusan orang yang terdiri dari unsur TNI, Polri, tim SAR, tim pecinta alam dan warga setempat diterjunkan dalam upaya pencarian, belum membuahkan hasil.

…dst

2 ) Mahasiswi ITB Hilang-Angelina Masuk Palung Sungai
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/467660/

Wednesday, 08 February 2012
GARUT – Angelina Yovanka, 19, mahasiswi semester IV Jurusan Teknik Kelautan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), yang hilang saat arung jeram,diduga masuk ke dalam palung Sungai Cikandang sedalam lebih dari 10 meter. Saat perahu karet yang ditumpangi korban terbalik pada Minggu(5/2), tepat dibawah lokasisungai, terdapatpalungdengan putaran arus yang sangat kuat di kawasan Leuwi Peer,Kampung Cibihbul, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Pakenjeng. Akibatnya, upaya pencarian oleh tim diving profesional dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Garut dan Bandung sempat dihentikan, demi keselamatan mereka.

…dst

3 ) Pendidikan Dokter
Dokter Konsultan Terancam Punah
http://www.jpnn.com/read/2012/02/08/116631/Dokter-Konsultan-Terancam-Punah-

Rabu, 08 Februari 2012 , 08:32:00
JAKARTA – Untuk penyakit tertentu, keberadaan dokter konsultan atau dokter sub spesialis cukup penting. Diantaranya bagi penderita kanker, atau pasien calon transplatasi ginjal atau liver. Sayangnya, beberapa kalangan mengkhawatirkan fenomena kelangkaan dokter konsultan di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Kekhawatiran ini diantaranya disampaikan oleh Ketua Bidang Advokasi Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD K-GEH FINASIM MMB FACP. Dia menjelaskan, ancaman kelangkaan dokter konsultan atau dokter sub spesialis ini disebabkan karena kelompok dokter ini tidak dimasukkan dalam RUU Pendidikan Kedokteran (Dikdok). Penggodokan RUU ini masuk tahap finalisasi di Komisi X DPR. Dalam pasal 26 RUU tersebut diterangkan jika hanya ada dua jenjang pendidikan kedokteran. Yaitu program pendidikan akademik dan program pendidikan profesi. Untuk program pendidikan profesi, terdiri dari dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, dan dokter gigi spesialis.

…dst

4 ) Subspesialis Harus Masuk Dalam UU Pendidikan Dokter
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/16201071/Subspesialis.Harus.Masuk.Dalam.UU.Pendidikan.Dokter

Selasa, 7 Februari 2012 | 16:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PABDI) meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Komisi X DPR untuk memasukkan pendidikan subspesialis dalam jenjang pendidikan kedokteran di Indonesia. Seperti diketahui, saat ini DPR bersama Kemdikbud tengah menggodok Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran (RUU Dikdok). RUU yang merupakan inisiatif DPR ini memiliki tujuan agar ada aturan yang jelas mengenai proses pendidikan kedokteran di Indonesia. Ketua Bidang Advokasi PB PABDI, Ari Fahrial Syam mengatakan, secara umum PABDI sangat mendukung keberadaan RUU ini. Namun, kata dia, dalam perjalanannya, khususnya mengenai jenjang karir dan profesi kedokteran, PB PABDI mencium adanya upaya untuk menghapuskan program pendidikan subspesialis (Sp-2 atau konsultan) dalam jenjang pendidikan kedokteran di Indonesia. Menurutnya, hal itu terbukti dari tidak tercantumnya program pendidikan subspesialis di dalam pasal RUU Dikdok.

…dst

5 ) Puluhan Fakultas Kedokteran Terancam Ditutup
Jika Tidak Menyediakan RS Pendidikan
http://www.jpnn.com/read/2012/02/08/116617/Puluhan-Fakultas-Kedokteran-Terancam-Ditutup-

Rabu, 08 Februari 2012 , 06:06:00
JAKARTA – Sejumlah perguruan tinggi pengelola fakultas kedokteran (FK), harus segera berbenah. Terutama bagi yang belum memiliki rumah sakit pendidikan (RSP). Sebab, Pasal 5 RUU Pendidikan Kedokteran (Dikdok) mewajibkan pendirian FK harus memiliki rumah sakit pendidikan dulu. Izin FK yang tidak memiliki RSP dicabut. Ketua Program Studi (Prodi) Sub Spesialis Jantung Anak FKUI-RSCM Dr Sukman Tulus Putra SpA (K) dalam diskusi Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) di Jakarta, Selasa (7/2) menjelaskan, memang saat ini UU Dikdok masih berupa rancangan. “Tetapi pembahasannya sudah tahap finalisasi. Perkiraan dua bulan lagi disahkan,” jelas dia. Mantan ketua umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) periode 2005-2008 itu mengatakan, dalam RUU Dikdok itu secara tegas disebutkan jika syarat mutlak pendirian FK di seuatu perguruan tinggi negeri maupun swasta adalah keberadaan RSP. Syarat pendirian FK berikutnya adalah, tenaga pendidik yang tersertifikasi, gedung, laboratorium biomedik, ketrampilan klinis, dan kesehatan masyarakat.

…dst

6 ) Jurnal “Online” Dijadikan Solusi
Jurnal “Online” Bermunculan, “E-journal” Minim
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/08/03440177/jurnal.online.dijadikan.solusi

08 Februari 2012
Jakarta, Kompas – Publikasi karya ilmiah mahasiswa secara online ataupun dalam jurnal tercetak sudah dilakukan sejumlah perguruan tinggi. Namun, sampai saat ini kewajiban itu tidak terkait syarat kelulusan mahasiswa. Beni Rio Hermanto, pengembang perpustakaan digital Institut Teknologi Bandung (ITB), mengatakan, ketika ITB mengembangkan perpustakaan digital tahun 2000, karya ilmiah mahasiswa, seperti skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, dan jurnal, diunggah di perpustakaan digital ITB yang dapat diakses publik. “Koleksi tugas akhir mahasiswa ITB tiap tahun 3.000 hingga 5.000. Semua mahasiswa wajib menyerahkan karya ilmiah versi digitalnya untuk menambah koleksi,” kata Beni pada seminar Pengembangan Framework Aplikasi Sistem Buku Tiga Dimensi untuk Mendukung Konten Perpustakaan Digital di Indonesia yang digelar Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Indonesia (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Jakarta, Selasa (7/2). Seandainya link tak bisa buka bisa pakai link :http://www.kopertis12.or.id/2012/02/08/jurnal-online-dijadikan-solusi.html

…dst

7 ) Jurnal Kampus Tak Mampu Tampung Semua Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/08/373/571582/jurnal-kampus-tak-mampu-tampung-semua-mahasiswa

Rabu, 08 Februari 2012 09:37 wib
YOGYAKARTA – Kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud tentang syarat calon sarjana, baik S-1/S-2/S-3 harus mempublikasikan karya ilmiah di jurnal dinilai tidak membumi.Selain saat ini daya tampung jurnal masih belum memadai, kebijakan tersebut dianggap kurang dipersiapkan secara matang. “Karena itu, Dirjen Dikti perlu mengkaji ulang syarat yang mewajibkan calon sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah,” kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia (APTISI) Edy Suandi Hamid kemarin.Walaupun kewajiban itu akan berlaku setelah Agustus 2012 tetap saja persyaratan ini sulit dipenuhi. Dia berargumentasi, berdasarkan data Indonesian Scientific Journal Database, hingga Oktober 2009, dari 2.100 jurnal ilmiah, hanya 406 jurnal yang telah terakreditasi. Kalau tetap dipaksakan, APTISI khawatir akan memunculkan penerbitan jurnal asal-asalan sekadar memenuhi persyaratan kelulusan S-

…dst

8 ) Respon positif Kopertis III terhadap Kewajiban Unggah Karya Ilmiah
http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/uploads/2012/02/surat-edaran-unggah-karya-ilmiah-jurnal.pdf

Unggah Karya Ilmiah/Jurnal
Menindak lanjuti:
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 tahun 2010 tentang pencegahan dan penanggulangan plagiat di Perguruan Tinggi.
Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2050/E/T/2011 tentang kebijakan unggah karya ilmiah dan jurnal.
…dst
maka dengan ini diberitahukan kepada Saudara hal-hal sebagai berikut:
Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan Kopertis Wilayah III wajib melakukan unggah karya ilmiah bagi dosen yang akan mengajukan Jabatan Fungsional Dosen (JFD) Lektor Kepala sampai dengan Guru Besar.

…dst

9 ) Mahasiswa ITB Wajib Setor Karya Ilmiah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/10565238/Mahasiswa.ITB.Wajib.Setor.Karya.Ilmiah

Selasa, 7 Februari 2012 | 10:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) wajib menyetorkan tugas akhir berupa skripsi, tesis, dan disertasi untuk koleksi perpustakaan digital. Tiap tahunnya ada 3.000-5.000 karya ilmiah yang diunggah ke perpustakaan digital ITB. Hal itu dikatakan Beni Rio Hermanto dari Knowledge Management Research Group ITB dalam seminar “Pengembangan Framework Aplikasi Sistem Buku Tiga Dimensi untuk Mendukung Konten Perpustakaan Digital di Indonesia” yang digelar Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Indonesia (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Jakarta, Selasa (7/2/2012).

…dst

10 ) Seluruh Prodi di UNS Wajib Punya Jurnal Online
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/10413726/Seluruh.Prodi.di.UNS.Wajib.Punya.Jurnal.Online

Selasa, 7 Februari 2012 | 10:41 WIB
SOLO, KOMPAS.com – Seluruh program studi yang ada di Universitas Sebelas Maret Surakarta diwajibkan memiliki jurnal ilmiah dalam bentuk online.Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS mengatakan, jurnal ilmiah tersebut untuk memuat karya-karya ilmiah mahasiswa. “Ya kalau semua program studi sudah punya jurnal ilmiah online, praktis akan banyak diakses. Hal ini akan mengangkat lagi posisi UNS di tingkat internasional,” kata Ravik, di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/2/2012).

…dst

11 ) Repository ITS Terbaik di Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/07/373/571442/repository-its-terbaik-di-indonesia

Rabu, 08 Februari 2012 07:32 wib
JAKARTA – Upaya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dalam mempublikasikan karya ilmiah segenap civitas academicanya, tidak sia-sia. Pasalnya, ITS menduduki peringkat pertama se-Indonesia untuk kategori repository dan repository institution periode Januari 2012. ITS juga masuk 10 besar tingkat dunia dalam pemeringkatan tersebut. Bahkan, kampus yang berlokasi di Kota Pahlawan itu berhasil menduduki peringkat pertama sedunia untuk salah satu parameter penilaian pemeringkatan repository institution, yaitu size. Sementara untuk parameter visibility, ITS menempatkan diri di posisi ketiga sejagad.Selanjutnya, di peringkat kedua se-Tanah Air untuk dua kategori pemeringkatan tersebut, dihuni oleh Universitas Sumatera Utara (USU). Tidak kalah membanggakan, Rich File Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati posisi tujuh sedunia.

…dst

12 ) Jumlah Jurnal Ilmiah Masih Sangat Minim
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/15455189/Jumlah.Jurnal.Ilmiah.Masih.Sangat.Minim

Selasa, 7 Februari 2012 | 15:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI) Sri Hartinah mengatakan, jumlah jurnal ilmiah nasional terakreditasi yang dimiliki Indonesia masih sangat rendah. Dalam catatan LIPI, hingga saat ini, jumlah jurnal ilmiah (cetak) di Indonesia hanya sekitar 7.000 buah. Dari jumlah tersebut, hanya 4.000 jurnal yang masih terbit secara rutin, dan sedikitnya hanya 300 jurnal ilmiah nasional yang telah mendapatkan akreditasi LIPI. “Saya rasa jumlah jurnal yang kita miliki sekitar 7.000, dan sudah 300-an yang terakreditasi LIPI,” kata Sri, ( add: Hanya 121 Jurnal Terakreditasi Dikti, baca: http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/0918155/Hanya.121.Jurnal.Terakreditasi.Dikti) …cut…Ia menjelaskan, ada dua kategori jurnal ilmiah. Pertama, jurnal ilmiah dari lembaga penelitian yang tata kelola dan proses akreditasinya dilakukan oleh LIPI. Kedua, jurnal ilmiah perguruan tinggi yang tata kelola serta akreditasinya dilakukan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

…dst

13 ) Bagaimana Cara Mendaftarkan jurnal dan peroleh ISSN di LIPI ?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/13253694/Bagaimana.Cara.Mengakreditasi.Jurnal.Ilmiah
Pendaftaran jurnal dan ISSN
Selasa, 7 Februari 2012 | 13:25 WIB

add: perhatikan kalo untuk KUM kenaikan jabatan/pangkat dosen, jurnal terakreditasi nasional harus yang memiliki sk akreditasi DIkti

Untuk mendaftarkan sebuah jurnal di LIPI dan mendapatkan ISSN, lembaga penelitian atau pun perguruan tinggi harus melewati beberapa proses, yaitu:
1. Membawa surat permohonan tertulis dari penerbit bahwa terbitan berkala;
2. Membawa dua eksemplar terbitan pertama, atau dua lembar fotokopi halaman sampul depan bila jurnal tersebut belum diterbitkan;
3. Menyertakan dua lembar fotokopi halaman daftar isi;
4. Menyertakan dua lembar fotokopi halaman dewan redaksi;
5. Melampirkan data bibliografi lengkap yang mencakup keterangan mengenai frekuensi terbit, tahun pertama terbit, bahasa yang digunakan, dan lain sebagainya.
Masing-masing ISSN dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 200 ribu. Registrasi bisa dilakukan langsung di PDII LIPI, atau mendaftar secara online melalui http://issn.pdii.lipi.go.id. Adapun, persyaratan serta bukti transfer biaya ISSN melalui surat atau fax.
ISSN adalah kode yang dipakai secara internasional untuk terbitan berkala, dan diberikan oleh International Serial Data System (ISDS) yang berkedudukan di Paris, Perancis. Dengan mendapatkan ISSN, akan memudahkan untuk mengidentifikasi beberapa terbitan yang memiliki judul sama karena satu ISSN hanya diberikan untuk satu judul terbitan berkala. ISSN juga mempermudah pengelolaan administrasi dalam hal pemesanan terbitan berkala. Sebab, pemesanan cukup hanya menyebutkan ISSN dari terbitan berkala itu. “Bagi jurnal ilmiah yang terbit di Indonesia, ISSN merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi,” kata Sri.

…dst

14 ) Tak Penuhi Jumlah Prodi
Perguruan Tinggi di Jakarta Ada yang Terancam Turun Status
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/12554959/Perguruan.Tinggi.di.Jakarta.Ada.yang.Terancam.Turun.Status

Selasa, 7 Februari 2012 | 12:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Koordinator Kopertis Wilayah III DKI Jakarta Prof Dr Ilza Mayuni mengatakan, beberapa perguruan tinggi di Jakarta akan diturunkan statusnya. Hal itu berkaitan dengan tidak dipenuhinya jumlah program studi minimal yang dimiliki perguruan tinggi tersebut. Akan tetapi, Ilza belum berani menyebutkan berapa jumlah perguruan tinggi yang akan turun status. Sebab, saat ini masih dalam proses di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Saat ini perguruan tinggi yang misalnya kurang jumlah prodinya masih diajukan di Dikti. Jadi belum bisa dikatakan ini turun statusnya atau tidak. Nanti yang mengatakan turun statusnya itu dari pihak Dikti sendiri,” kata Iza di sela pembukaan pameran perguruan tinggi, di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (7/2/2012).

…dst

15 ) Tiga PTN Masuk 100 Perguruan Terbaik Asia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/08/296745/293/14/Tiga-PTN-Masuk-100-Perguruan-Terbaik-Asia

Rabu, 08 Februari 2012 06:23 WIB
TIGA perguruan tinggi negeri nasional, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Indonesia (UI), tetap berada dalam daftar 100 perguruan tinggi (PT) terbaik Asia. Ketiganya masuk pula dalam kelompok 500 PT terbaik dunia versi Webometrics. Menurut laporan pemeringkatan yang dikutip dari webometrics.com, Selasa, per Januari 2012, UGM menempati posisi 30, disusul ITB di urutan 33, dan UI peringkat 53. Di jajaran PT elite dunia, menurut Webometrics, ketiga PTN tersebut juga masuk dalam kelompok 500 perguruan tinggi terbaik dunia, meskipun peringkatnya masih ratusan. UGM menempati posisi 249, disusul ITB (277), dan UI di urutan 365. Sejak 2004, Webometrics melakukan pemeringkatan PT dan sampai kini tercatat sudah 20.300 PT di dunia yang diperingkat. Setahun dua kali (Januari dan Juli) Webometrics mengumumkan hasil pemeringkatannya. Selama bertahun-tahun, UGM, ITB, dan UI masuk dalam daftar 100 PT terbaik Asia, setidaknya menurut versi Webometrics.

…dst

16 ) UNS Populer di Dunia Maya
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/06/079382064/UNS-Populer-di-Dunia-Maya

SENIN, 06 FEBRUARI 2012 | 15:14 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta cukup dikenal di dunia maya. Hal ini dibuktikan dengan posisi UNS yang menempati peringkat ke-7 dalam hasil perankingan yang dilakukan 4icu.org dan Webometrics. Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan model penghitungan 4icu.org dan Webometrics mendasarkan pada kualitaswebsite. “Website yang menarik akan banyak dikunjungi dan dikenal orang. Hasil akhirnya, peringkat di 4icu dan Webometrics ikut terdongkrak,” ujar Ravik kepada wartawan, Senin, 6 Februari 2012.

…dst

17 ) Guru Bingung SNMPTN Jalur Undangan
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/08/373/571605/guru-bingung-snmptn-jalur-undangan

Rabu, 08 Februari 2012 10:03 wib
PALEMBANG – Proses pendaftaran SNMPTN jalur undangan tahun 2012 telah lama berlangsung, namun ternyata banyak pihak sekolah yang masih bingung dalam proses entri data siswa sistem online. Hal itu terungkap dalam acara sosialisasi SNMPTN di Aula SMKN 6, kemarin yang digelar oleh panitia lokal penerimaan SNMPTN Universitas Sriwijaya (Unsri). Selain menanyakan soal persentase kelulusan para siswa pada masing-masing program studi (prodi) yang dipilih, banyak juga perwakilan sekolah yang meminta penjelasan ulang soal entri data siswa online. Mereka khawatir, kesalahan itu akan berujung pada tidak diterimanya anak didik mereka pada masing-masing prodi yang sudah dipilih siswa.

…dst

18 ) Ada Kecurangan, Lapor ke Help Desk
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/08/176318/Ada-Kecurangan-Lapor-ke-Help-Desk-

08 Februari 2012
SOLO-Pengawasan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jauh lebih ketat dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun ini, baik siswa, orang tua maupun masyarakat yang melihat adanya indikasi kecurangan bisa langsung melaporkan ke panitia SNMPTN pusat. Humas SNMPTN Panlok 44 UNS, Drs Tundjung W Sutirta MSi mengatakan, cara tersebut untuk mengantisipasi adanya kecurangan-kecurangan di tingkat sekolah ataupun universitas. “Jika ada indikasi (kecurangan) itu, silakan melaporkan di help desk (http://halo.snmptn.ac.id). Di help desk ini masyarakat tidak sebatas mencari informasi, tapi juga untuk mengontrol,” kata Tundjung di sela-sela acara sosialisasi Panlok 44 UNS yang ditujukan bagi kepala sekolah Eks Karesidenan Surakarta di Auditorium UNS, Selasa (7/2).Kecurangan-kecurangan tersebut bisa berupa manipulasi nilai rapor yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam merekomendasikan calon mahasiswa di SNMPTN Jalur Undangan. Bisa juga manipulasi data peserta Bidik Misi, yang mengaku dari keluarga tidak mampu padahal berkecukupan.

…dst

19 ) Siswa Difabel Bisa Daftar PTN
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/08/176324/Siswa-Difabel-Bisa-Daftar-PTN

08 Februari 2012
SEMARANG-Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tak menutup bagi anak difabel yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan mereka melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), baik jalur tertulis maupun SPMB seperti halnya siswa lain. Sebab, pada dasarnya mereka juga mempunyai hak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Soedijono Sastroatmodjo menyatakan, pihaknya sangat terbuka jika ada anak berkebutuhan khusus yang ingin masuk Unnes. Hanya, mereka tetap melalui tahap seperti siswa lain. ”Untuk anak cacat fisik seperti kaki polio, bisa saja masuk ke fakultas non-kependidikan, misalnya hukum atau ekonomi,” jelasnya.

…dst

20 ) Sri Mulyani sampaikan kuliah umum di London
http://www.antaranews.com/berita/296405/sri-mulyani-sampaikan-kuliah-umum-di-london

Rabu, 8 Februari 2012 10:31 WIB |
London (ANTARA News) – Direktur Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kuliah umum dihadapan sekitar 400 mahasiswa dari berbagai bangsa di London School of Economy (LSE) London, Selasa malam. Sri Mulyani membahas topik Crises and Revolutions: The Reshaping of International Development yang dipandu Profesor Robert Wade dari LSE. Dalam kuliah itu Sri Mulyani menceritakan mengenai berbagai kejadian yang dialami di Eropa dan juga di Negara Arab yang disebut dengan Arab Spring dengan adanya peristiwa seorang pemuda yang melakukan aksi bakar diri yang berakibat terjadinya revolusi di mana-mana. Adanya sapuan revolusi dan pemberontakan di seluruh dunia Arab yang disebutnya dengan Arab Spring yang membentuk kembali substansi dan praktek pembangunan internasional. Sri Mulyani menyampaikan seluruh rangkaian peristiwa krisis dan revolusi yang terjadi di berbagai belahan dunia ini dan kemudian mengkaitkannya dengan kebutuhan untuk bagaimana menyeimbangkan pembangunan di dunia ini dengan sangat baik.

…dst

21 ) Fakultas Ilmu Komputer UI Akan Tambah Kuota Mahasisw
http://www.pikiran-rakyat.com/node/175945

Selasa, 07/02/2012 – 16:23
DEPOK, (PRLM).- Untuk memperkuat investasi cyber di Indonesia, Universitas Indonesia akan menambah kuota mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer menjadi seribu orang per tahunnya. Jumlah tersebut sepuluh kali lipat dibandingkan kuota mahasiswa saat ini yaitu sebanyak 100 orang. Kepala Kantor Sekretariat Rektor Universitas Indonesia, Devie Rachmawati, mengatakan langkah tersebut merupakan upaya untuk memperkuat ketahanan negara. Konsep pertahanan ke depan, kata dia, tidak hanya akan berupa pertahanan fisik dengan persenjataan alat berat. Namun, sebuah bangsa harus mampu melindungi diri dari serangan cyber. Saat ini, kata dia, setiap negara dengan serius menginvestasikan kekuatan cybernya. “Sebut saja China dan Amerika Serikat memiliki lebih dari seribu polisi cyber yang bertugas mengamankan pusat-pusat kehidupan bangsa seperti bank dan kantor pemerintah,” kata dia, Selasa (7/2).

…dst

22 ) Hajatan AIESEC Local Committee UI Tahun Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/07/373/571260/hajatan-aiesec-local-committee-ui-tahun-ini

Selasa, 07 Februari 2012 17:38 wib
JAKARTA – Sekelompok anak muda Tanah Air yang tergabung dalam AIESEC Local Committee Universitas Indonesia (UI) punya agenda seru di awal tahun ini. AIESEC adalah sebuah organisasi perkumpulan pelajar terbesar di dunia yang mendukung generasi muda mengembangkan potensi mereka agar mampu memberikan kontribusi positif dalam lingkungannya. Sepanjang Februari hingga Maret 2012, AIESEC Local Committee UI akan menggelar kampanye pentingnya pendidikan melalui proyek WARRED bertajuk “World Leader Contribution for Education”. Proyek ini bertujuan meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya pendidikan, melalui pembelajaran bahasa. Tidak hanya bahasa Inggris, peserta program yang merupakan siswa sekolah dasar juga akan mempelajari bahasa asing lainnya dengan para pembicara asli (native speakers). Program pembelajaran bahasa ini juga akan diperkaya materi tentang budaya dan adat istiadat bahasa yang bersangkutan.

…dst

23 ) Pendidikan Jarak Jauh
WNI di Luar Negeri Kini Bisa Kuliah di UT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/23135788/WNI.di.Luar.Negeri.Kini.Bisa.Kuliah.di.UT

Selasa, 7 Februari 2012 | 23:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyepakati kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) untuk meningkatkan layanan pendidikan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di luar negeri. Nota kesepahaman peningkatan akses pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh itu ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemlu Budi Bowoleksono dan Rektor UT Prof Ir Tian Belawati di kampus UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (7/2/2012). Dengan kerja sama tersebut, diharapkan WNI di luar negeri dapat memperoleh kesempatan yang lebih luas untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

…dst

24 ) Kemenlu dan Universitas Terbuka Kerja Sama Pendidikan Jarak Jauh
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/07/296793/293/14/Kemenlu-dan-Universitas-Terbuka-Kerja-Sama-Pendidikan-Jarak-Jauh

Selasa, 07 Februari 2012 19:49 WIB
JAKARTA–MICOM: Guna meningkatkan akses bagi WNI khususnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI menjalin kerja sama pendidikan jarak jauh dengan Universitas Terbuka (UT). “Kami berharap melalui nota kesepahaman atau MoU dengan UT ini, ada peningkatan akses pendidikan bagi WNI terutama para TKI kita di luar negeri. Dengan demikian kita bisa memberdayakan mereka sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM dan daya tawar lebih baik,” kata Sekjen Kemenlu RI Budi Bowoleksono usai penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama pendidikan jarak Jauh dengan Rektor UT Tian Belawati di kampus UT, Pondok Cabe,Tangerang, Banten, Senin (7/2).

…dst

25 ) Seperti Apa Kuliah di UT?
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/07/373/571084/seperti-apa-kuliah-di-ut

Selasa, 07 Februari 2012 14:21 wib
JAKARTA – Siapa bilang perkuliahan harus selalu melalui pertemuan tatap muka di kelas dengan para dosen? Ternyata, ada cara lain untuk tetap mendapatkan materi kuliah tanpa harus datang ke kampus dan bertemu langsung dengan dosen. Kesempatan ini yang akan kamu dapatkan ketika kamu memilih Universitas Terbuka (UT) sebagai kampusmu. Pasalnya, kampus yang berlokasi di Pondok Cabe, Tangerang ini menggunakan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) bagi mahasiswanya.Penasaran? Simak penuturan Rektor UT Tian Belawati dalam Talkshow bertema Peran Serta Sistem PTTJJ dalam Peningkatan Aksesbilitas dan Pemerataan Pendidikan Tinggi di UT Convention Center (UTCC) Pondok Cabe, Tangerang, Selasa (7/2/2012).

…dst

26 ) Apa Untung-Rugi Jadi Mahasiswa UT?
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/07/373/571430/apa-untung-rugi-jadi-mahasiswa-ut

Rabu, 08 Februari 2012 09:02 wib
JAKARTA – Waktu yang terbatas terkadang menjadi alasan bagi seseorang untuk tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Sebut saja profesi sebagai pilot, pramugari, maupun pelaut. Mereka mengalami kesulitan untuk menghadiri perkuliahan karena pekerjaan mereka menuntut waktu yang tidak fleksibel. Namun, kini mereka tidak perlu lagi merasa bingung. Universitas Terbuka (UT) dapat menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang memiliki waktu terbatas tapi ingin tetap melanjutkan kuliah.

…dst

27 ) Menimba Ilmu ke Swiss
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/07/079382443/Menimba-Ilmu-ke-Swiss

SELASA, 07 FEBRUARI 2012 | 22:45 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Swiss adalah negara di Eropa Barat yang hanya berpenduduk sekitar 7 juta orang. Negara wisata ini dikenal dengan kota-kota seperti Luzern, Interlaken, Bern, dan Zürich sebagai tujuan utama wisatawan dengan pemandangan yang indah. Untuk mendukung dunia pariwisatanya, Swiss mendirikan sekolah-sekolah pariwisata dengan kualitas yang baik. Menurut Penasehat Pendidikan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Swiss, Budiman Wiriakusumah, keberadaan sekolah pariwisata di Swiss memberikan pengaruh positif bagi pendidikan pariwisata di Indonesia.

…dst

28 ) UIN Makassar-Brunei Darussalam Kerja Sama Pendidikan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/07/lz16o0-uin-makassarbrunei-darussalam-kerja-sama-pendidikan

Selasa, 07 Pebruari 2012 23:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR – Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan kerja sama pendidikan dengan Kementerian Agama Brunei Darussalam. Rektor UIN Kadir Gassing di Makassar, Selasa (7/2), menjelaskan, secara umum kerja sama dilakukan untuk memajukan mutu pendidikan yang semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi. “Ini merupakan terobosan baru untuk generasi ke depan dalam hal memajukan pendidikan yang berkualitas dan daya saing yang tinggi,” katanya usai melaporkan rencana kerja sama tersebut pada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

…dst

29 ) Unej Sediakan Rp 34 Miliar untuk Perkuat IT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/17170699/Unej.Sediakan.Rp.34.Miliar.untuk.Perkuat.IT.

Selasa, 7 Februari 2012 | 17:17 WIB
JEMBER, KOMPAS.com- Untuk memperkuat pelaksanaan unit pelaksana teknis teknologi informasi sebagai ujung tombak pelayanan kepada mahasiswa, Universitas Jember menyediakan dana Rp 34 miliar. Peningkatan kualitas layanan untuk meminimalisir kejadian antrian mahasiswa saat pemrograman kuliah seperti terjadi semester genap ini. Humas universitas Jember Rokhani kepada pers di Universitas Jember, Selasa (7/2/2012), mengatakan, antrian panjang saat pemrograman kuliah disebabkan server UPT Teknologi Informasi disambar petir dan merusakkan sejumlah alat.

…dst

30 ) Unair-Unesa Sediakan 800-an Kursi untuk Siswa Miskin
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/10585483/Unair-Unesa.Sediakan.800-an.Kursi.untuk.Siswa.Miskin

Selasa, 7 Februari 2012 | 10:58 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masing-masing menyediakan kuota sekitar 800 kursi yang diperuntukkan bagi siswa miskin melalui beasiswa Bidik Misi yang berminat menjalani pendidikan di universitas tersebut. Kursi-kursi itu mulai diperebutkan melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur undangan yang dibuka sejak 1 Februari hingga 8 Maret mendatang. Seleksi Bidik Misi akan kembali digelar pada pelaksanaan ujian atau tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).”Seluruh PTN memang harus menyediakan kuota mahasiswa Bidik Misi sebanyak 20 persen. Tahun ini, kuota Bidik Misi Unesa 800,” kata Pembantu Rektor I Unesa Prof Kisyani Laksono, Senin (6/2/2012).

…dst

31 ) Unissula Perkuat Kualitas Keperawatan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/467571/

Wednesday, 08 February 2012
SEMARANG – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang telah merajut kerja sama dalam bidang keperawatan dengan University of the Philippines (UP Manila). Penandatanganan kerja sama diteken langsung Rektor Unissula Laode M Kamaluddin dengan Chancellor UP Manila Manuel B Agulto MD beberapa waktu lalu di Manila, Filipina. Laode berharap kerja sama tersebut membuat Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unissula mampu menghasilkan lulusan tenaga perawat yang diakui dunia.Selama ini UP dikenal telah diakui dunia terkait lulusan perawatnya.

…dst

32 ) Lulus Farmasi Tak Hanya Jadi Apoteker
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/07/373/571030/lulus-farmasi-tak-hanya-jadi-apoteker

Selasa, 07 Februari 2012 13:26 wib
JAKARTA – Ketika mendengar kata farmasi, kebanyakan dari kita akan terbayang obat-obatan dan apotek. Padahal, lingkup farmasi tidak sebatas itu. Pada dasarnya, Farmasi memang ilmu membuat obat dari bahan alam maupun sintetik. Seni dunia farmasi adalah pada proses pembuatan obat yang cocok dan aman digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit. Sebagai mahasiswa Farmasi, kamu akan belajar tentang identifikasi, seleksi, preservasi, kombinasi, aksi farmakologi, serta analisis dan standardisasi obat dan bahan obat. Kamu juga akan mempelajari cara distribusi, penyimpanan dan penggunaan yang tepat dan aman.

…dst

33 ) Fasilitas Beasiswa BRI-Studi 25 Mahasiswa UII dari Keluarga Tak Mampu Dibantu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/467569/

Wednesday, 08 February 2012
YOGYAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk menyediakan beasiswa senilai Rp120 juta bagi 25 mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kemarin pimpinan wilayah BRI Yogyakarta Eko Wahyu Andriastomo secara simbolis menyerahkan beasiswa tersebut kepada Rektor UII Edy Suandi Hamid di Gedung Prabuningrat Kantor Rektorat UII. Edy mengutarakan beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa program D-3 maupun S-1 yang secara ekonomi kurang mampu. Fasilitas diberikan penuh selama satu tahun.

…dst

34 ) Uji Kompetensi Guru Diwarnai Pungli
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/467507/

Wednesday, 08 February 2012
JAKARTA– Uji kompetensi guru yang diwajibkan pemerintah ternyata menimbulkan permasalahan. Tes yang ditujukan untuk menaikkan kualitas pengajar itu tercoreng oleh praktik pungutan liar (pungli).Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistiyo mengungkapkan, awal 2012 ini PGRI menerima banyak aduan terkait kegiatan bakal calon peserta sertifikasi 2012 yang direncanakan menggunakan uji kompetensi. Menurut dia, banyak guru yang diperas oleh oknum dinas atau kelompok yang mengatasnamakan forum guru atau ikatan guru untuk melakukan orientasi atau bimbingan uji kompetensi.

…dst

35 ) Momentum Transformasi Ekonomi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/467683/38/

Wednesday, 08 February 2012
Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (6/2), melaporkan, ekonomi Indonesia pada tahun lalu tumbuh 6,5% dengan besaran produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp7.427,1 triliun (USD850 miliar). Terakselerasinya kinerja pertumbuhan ekonomi pada 2011 otomatis mendorong kenaikan pendapatan per kapita. BPS mencatat,pendapatan per kapita atas dasar harga berlaku mencapai Rp30,8 juta atau USD3.542,9,naik dibandingkan 2010,Rp27,1 juta (USD3.010,1). Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Firmanzah menuturkan, PDB per kapita yang terus meningkat merupakan modal penting bagi Indonesia untuk terus meningkatkan pendapatan masyarakat Indonesia sekaligus mendorong roda perekonomian nasional. “Menunjukkan perbaikan yang signifikan. Meningkatnya PDB per kapita bisa menjadi momentum transformasi ekonomi,” ujarnya di Jakarta kemarin.

…dst

36 ) Ketahanan Pangan Semakin Kritis
Koordinasi Implementasi Kebijakan Lemah
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/08/04431453/ketahanan.pangan.semakin.kritis

08 Februari 2012
Jakarta, Kompas – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan tidak mudah meningkatkan produksi pangan dunia hingga 60 persen dari produksi saat ini ke tahun 2045 di tengah perubahan iklim dan masalah dunia lainnya. Oleh karena itu, Presiden menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak, baik pemerintah, swasta, peneliti, petani, maupun pelaku industri pangan, dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. Presiden menyampaikan hal itu saat membuka seminar dan pameran pangan nasional bertema “Jakarta Food Security Summit, Feed Indonesia Feed The World 2012″, Selasa (7/2) di Jakarta. Kegiatan itu digelar Kamar Dagang dan Industri Indonesia dalam rangka menyinergikan langkah pemangku kepentingan guna memperoleh terobosan dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, sekaligus menjadi negara pemasok pangan dunia. Seruan menjadi pemasok dunia ini dilakukan pada saat sejumlah sentra produksi beras di Tanah Air mengalami banyak masalah yang bisa mengganggu produksi padi.

…dst

37 ) Diskusi ‘Harta Karun’ Sadahurip Bakal Tayang di Seluruh Dunia
http://www.detiknews.com/read/2012/02/06/115725/1835022/10/diskusi-harta-karun-sadahurip-bakal-tayang-di-seluruh-dunia?nd992203605

Senin, 06/02/2012 11:57 WIB
Jakarta – Istana melalui Staf Khusus Kepresidenan bidang Penanggulangan Bencana menggelar diskusi terkait ‘harta karun’ berusia ribuan tahun di Gunung Sadahurip, Garut, Jawa Barat. Diskusi ini bakal ditayangkan di seluruh dunia. Wah! “Akan diliput oleh hampir seluruh media masa nasional, dan beberapa media masa internasional. Selain itu akan ditayangkan langsung ke seluruh dunia, melalui TV live streaming,” kata Staf Khusus Kepresidenan bidang Penanggulangan Bencana, Andi Arif, dalam pesan singkat ke detikcom, Senin (6/2/2012). Andi mengatakan, diskusi Selasa (7/2) esok berisi ekspose hasil-hasil penelitian tentang bencana katastropik purba. Kegiatan akan digelar pukul 09.00 – 15.00 WIB di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara, Jl Veteran No 12, Jakarta. Dalam acara akan diperkenalkan pula Tim Peneliti Bencana Katastropik Purba (BKP), dan spesifik penemuan terbaru tentang Gunung Padang di Cianjur dan Gunung Sadahurip di Garut. Peserta yang sudah terdaftar mencapai 400 orang.

…dst

38 ) Direstui SBY, Gunung Sadahurip di Garut Bakal Dibor Maret
http://www.detiknews.com/read/2012/02/07/172713/1836606/10/direstui-sby-gunung-sadahurip-di-garut-bakal-dibor-maret?nd992203605

Selasa, 07/02/2012 17:27 WIB
Jakarta – Tim Studi Bencana Katastropik Purba dipastikan tidak akan mencari piramida di Gunung Sadahurip, Garut, Jawa Barat. Namun mereka akan memastikan keberadaan ada tidaknya bangunan purba di sana. Hal ini penting untuk mengetahui ada tidaknya bencana katastropik di kawasan tersebut bertahun lalu.”Penelitian masih terus dilakukan. Bukan mencari piramida, tetapi piramida ini sudah terlanjur beredar. Maret nanti akan dilakukan pemboran di sana,” ucap Staf khusus Kepresidenan bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief, dalam diskusi bertajuk ‘Menguak tabir peradaban dan bencana katastropik purba di nusantara untuk memperkuat karakter dan ketahanan nasional’ di Gedung Krida Bakti, Jl Veteran, Jakarta, Selasa (7/2/2012). Penelitian yang dilakukan Tim Studi BKP ini dilakukan terkait kebencanaan, namun bukan tidak mungkin bakal menemukan sesuatu yang tidak dibayangkan sebelumnya. “ini akan menjadi kerja keras kita bersama,” sambungnya.

…dst

39 ) Geolog: ‘Harta Karun’ Piramida di Garut Impossible!
http://www.detiknews.com/read/2012/02/06/154920/1835360/10/geolog-harta-karun-piramida-di-garut-impossible?nd992203605

Senin, 06/02/2012 15:49 WIB
Jakarta – ‘Harta karun’ berupa piramida di Gunung Sadahurip, Garut, yang didengung-dengungkan dianggap kabar bohong. Geolog Sujatmiko yang juga Sekjen Kelompok Riset Cekungan Bandung meyakini Gunung Sadahurip adalah gunung purba biasa. Sama sekali jauh dari jejak piramida. “Sadahurip tidak ada hubungannya dengan piramida, impossible!” ucap Sujatmiko saat dihubungi detikcom, Senin (6/2/2012). Sujatmiko tidak asal bicara. Dia sudah melakukan penelitian ke gunung itu. Hasilnya, sama sekali tidak ditemukan jejak bebatuan bekas piramida. “Sadahurip itu suatu gunung yang solid, jadi hipotesis ditemukan piramida itu impossible. Kemudian katanya ada pintu, itu bukan pintu piramida hanya beberapa meter saja, lubang biasa,” jelasnya.

…dst

40 ) Sekilas dalam Negeri
Kasus Angie
Kasus Anas
Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir
Filipina

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.