1 ) Mahasiswa Indonesia raih gelar kehormatan di Swiss
http://www.antaranews.com/berita/295567/mahasiswa-indonesia-raih-gelar-kehormatan-di-swiss

Kamis, 2 Februari 2012 07:14 WIB
London (ANTARA News) – Tiga mahasiswa Indonesia lulus dengan gelar kehormatan (with honors) program Bachelor of Business Administration Hotel Institute Montreux (HIM) sekaligus meraih gelar dari Northwood University di Amerika Serikat di bidang Hotel, Restaurant and Resort Management. Ketiga mahasiswa Indonesia yang diwisuda di Sekolah Perhotelan HIM Swiss adalah Nastita Rani Arydayita , Wahyudi Liliana Nurfitria dan Siahaya Benecia Avilla, demikian Counsellor KBRI Bern Renata Siagian kepada ANTARA London, Kamis, yang menyaksikan wisuda ketiga mahasiswa Indonesia. Ketiga mahasiswa tersebut lulus dengan gelar kehormatan dari program Bachelor of Business Administration HIM sekaligus gelar di bidang Hotel, Restaurant and Resort Management dari Northwood University di Amerika Serikat. Disampaikan oleh para mahasiswa tersebut bahwa program dengan dual major ini memang dirancang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada program lainnya.

…dst

2 ) Hari Pertama Pendaftaran, Call Center SNMPTN Banjir Telepon
User Number dan Password Lama Tidak Bisa Dipakai
http://www.jpnn.com/read/2012/02/02/116013/Hari-Pertama-Pendaftaran,-Call-Center-SNMPTN-Banjir-Telepon-

Kamis, 02 Februari 2012 , 05:20:00
JAKARTA – Pada hari perdana pelaksanaan pendaftaran SNMPTN jalur undangan kemarin (1/2), call center (08041450450) panitia pusat banjir telepon dari sekolah-sekolah. Sebagian besar kepala sekolah menyakan apakah mereka bisa menggunakan user number dan password tahun lalu. Panitia pusat dengan tegas mengatakan user number dan password tahun lalu sudah tidak bisa digunakan. Ketua panitia pusat SNMPTN Akhmaloka kemarin menjelaskan, sebagian kepala sekolah yang menghubungi panitia belum tahu jika user number dan password pendaftaran jalur undangan tahun lalu sudah tidak bisa digunakan lagi. “Sistem kompeter kita sudah di reset atau disetel ulang,” ujar pria yang juga menjadi rektor ITB itu. Dengan demikian, secara otomatis para kepala sekolah atau yang mewakili sekolah harus mendapatkan user number dan password baru.

…dst

3 ) Sekolah Curang Masuk Daftar Hitam
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/465771/

Thursday, 02 February 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memasukkan sekolah yang melakukan kecurangan saat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dalam daftar hitam. Sekretaris Umum Panitia SNMPTN 2012 Rochmat Wahab mengatakan, tindakan tegas ini untuk mengurangi kecurangan saat proses SNMPTN tahun ini, terutama yang dilakukan pengelola sekolah. Wahab mengaku saat ini sudah ada tim dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang ahli di bidang informasi dan teknologi untuk mendata sekolah yang melakukan kecurangan dalam SNMPTN tahun lalu.

…dst

4 ) Belum Ada SMA yang Di-blacklist
http://www.jpnn.com/read/2012/02/01/115907/Belum-Ada-SMA-yang-Di-blacklist-

Rabu, 01 Februari 2012 , 05:05:00
JAKARTA – Start pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan dimulai hari ini. Panitia pusat SNMPTN memastikan seluruh infstaruktur penunjang pendaftaran jalur undangan sudah siap. Panitia pusat belum melansir ada SMA yang di-blacklist. Sehingga seluruh SMA dan sederajat di Indonesia bisa mendaftarkan siswa-siswa berprestasi mereka.Ketua panitia pusat SNMPTN Akhmaloka mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum mendapatkan laporan ada SMA dan sederajat yang di-blacklist. “Jika memang tidak ada laporan blacklist, semua SMA bisa mendaftarkan siswa-siswa berprestasi mereka,” ujar dia, Selasa (31/1).

…dst

5 ) Aturan SNMPTN Dikeluhkan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/465868/

Thursday, 02 February 2012
BANDUNG – Sejumlah sekolah unggulan di Kota Bandung mengaku kecewa dengan pengurangan kuota yang ditetapkan pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan tahun ini. Adanya aturan baru tersebut secara otomatis mengurangi jatah siswa yang bisa didaftarkan pada jalur undangan. Wakil Manajemen Mutu SMAN 3 Bandung Firman Syah Noor, tahun lalu dirinya bisa mendaftarkan 75% siswa di luar kelas dan 100 % dari kelas akselerasi . Sementara tahun ini Berdasarkan mekanisme baru, sekolah yang masuk pada kategori paling tinggi yaitu akreditasi A bisa mendaftarkan sebanyak 50% siswanya yang berprestasi.

…dst

6 ) SNMPTN Undangan Hanya Bisa Pilih 2 Prodi
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/01/373/567252/snmptn-undangan-hanya-bisa-pilih-2-prodi

Rabu, 01 Februari 2012 09:58 wib
JAKARTA – Ada yang berbeda pada pelaksanaan Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Para pendaftar hanya bisa memilih dua program studi (prodi) pada tiap perguruan tinggi negeri (PTN). Tahun lalu, pendaftar Jalur Undangan SNMPTN bisa memilih tiga prodi pada tiap PTN yang mereka minati. Urutan prodi yang dipilih merupakan prioritas pilihan calon mahasiswa. Sekretaris SNMPTN 2012 Rochmat Wahab menjelaskan, perubahan ketentuan ini dilakukan mengingat banyaknya bangku kosong pada pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan tahun lalu. Menurut Rochmat, bangku kosong itu timbul, karena sebagian pendaftar SNMPTN Jalur Undangan yang diterima di pilihan ketiga tidak melakukan registrasi di kampus tujuan.

…dst

7 ) Kuota Jalur Undangan Unnes Terbanyak
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/01/373/567603/kuota-jalur-undangan-unnes-terbanyak

Rabu, 01 Februari 2012 16:04 wib
JAKARTA – Dari 58.071 kursi perguruan tinggi negeri (PTN) yang disediakan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan kuota terbanyak. Kampus calon pendidik Tanah Air ini akan menerima 3.828 mahasiswa baru melalui Jalur Undangan. Berdasarkan data dari laman resmi SNMPTN, Selasa (1/2/2012), kursi di Unnes tersebar pada 57 program studi (prodi) baik dalam bidang stusi eksakta maupun sosial. Setelah Unnes, ada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang menyediakan 3.428 kursi bagi mahasiswa baru. Para mahasiswa baru UGM dapat menempuh studi di 68 prodi. Masih dari Pulau Jawa, di peringkat ketiga ada Universitas Brawijaya (UB) dengan 3.362 kursi mahasiswa baru pada 71 prodi. Sementara, Universitas Indonesia (UI) hanya menyediakan 1.824 kursi pada 55 prodi dan bertengger di posisi sembilan.

…dst

8 ) Peserta Akan Diverifikasi Ulang
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/02/175755/Peserta-Akan-Diverifikasi-Ulang

2 Januari 2012
SOLO – Persyaratan masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur Bidik Misi Universitas Sebelas Maret Surakarta semakin ketat. Meski peserta sudah diseleksi di tingkat sekolah, Panitia Lokal 44 UNS akan memverifikasi ulang para calon mahasiswa dari jalur tersebut.Hal tersebut disampaikan Pembantu Rektor I UNS Prof Sutarno. Dia mengatakan, tahun lalu ada siswa yang seharusnya masuk SNMPTN jalur Bidik Misi, tapi justru tidak masuk. Begitu juga sebaliknya. Karena itu, verifikasi dilakukan agar mereka yang lolos kualifikasi tetap masuk dalam kuota.”Nama-nama yang akan masuk dalam SNMPTN jalur Bidik Misi akan diverifikasi ulang sebelum ditetapkan,” ujar Sutarno, saat jumpa pers SNMPTN di ruang kerjanya, kemarin.

…dst

9 ) Peminat SMK Kesenian Merosot, Bidang Teknologi Membeludak
Pemerintah Petakan Kompetensi SMK
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/02/03143335/pemerintah.petakan.kompetensi.smk

02 Januari 2012
Jakarta, Kompas – Untuk memetakan kondisi riil dan kompetensi, pemerintah mengevaluasi 30 sekolah menengah kejuruan. Tim khusus dari UGM, ITS, dan ITB akan mengevaluasi segi kompetensi, fasilitas, organisasi manajemen, produk, riset inovasi, dan kemitraan sekolah menengah kejuruan.Hal itu dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh pada rapat kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Komisi X DPR, Rabu (1/2), di Jakarta. “Kami pilih tiga perguruan tinggi itu karena mereka yang punya bidang mesin yang bagus. Diutamakan SMK yang terkait otomotif, tetapi tidak menutup SMK dengan program-program keahlian lain,” ujarnya. Evaluasi ini, lanjut Nuh, diharapkan menghasilkan peta kondisi riil dan kompetensi setiap SMK sehingga pemerintah tak terjebak membuat kebijakan berdasarkan isu yang sedang hangat. “Kami tak bisa mengambil kebijakan hanya karena sedang ramai dibicarakan,” ujarnya. Bila ada peta kondisi riil SMK, kebijakan yang diambil diharapkan sesuai kebutuhan. Pemerintah berharap tingkat penerimaan lulusan SMK ke lapangan pekerjaan naik menjadi 60-70 persen.

…dst

10 ) RSBI Dirugikan Jalur Undangan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/02/01/108295/RSBI-Dirugikan-Jalur-Undangan

01 Februari 2012 | 19:18 wib
SEMARANG, suaramerdeka.com – Peraturan baru pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 untuk jalur undangan merugikan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Alasannya, jumlah kuota bagi siswa RSBI untuk mengikuti jalur tersebut berkurang dibandingkan penyelenggaraan SNMPTN tahun sebelumnya. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA RSBI Jawa Tengah, Bambang Nianto Mulyo mengatakan, pada SNMPTN 2012 jatah undangan bagi siswa RSBI hanya 50%, padahal sebelumnya pihak kami mendapat kuota 75%. Tentu saja kebijakan tersebut kurang adil karena nilai siswa RSBI yang seharusnya bisa mengikuti jalur tersebut menjadi tidak ada kesempatan.

…dst

11 ) Biaya Mahal, Kualitas Pas-pasan
Mendikbud Akui Kelemahan RSBI
http://www.jpnn.com/read/2012/02/02/116026/Biaya-Mahal,-Kualitas-Pas-pasan-

Kamis, 02 Februari 2012 , 07:32:00
JAKARTA – Tingginya biaya pendidikan seharusnya diimbangi dengan kualitas yang mumpuni. Hal itu, tampaknya, belum terjadi pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) yang ada di tanah air. Dalam rapat kerja (raker) dengan komisi X DPR kemarin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengakui, kualitas RSBI masih jauh dari mengesankan. Justru yang mencuat adalah stigma bahwa RSBI adalah sekolah bertarif internasional alias mahal. Meski begitu, Nuh menyatakan bahwa program RSBI bakal jalan terus. “Meski belum selesai, yang saya tangkap anggota dewan bukan untuk membubarkan RSBI. Tetapi, memperkuat sistem evaluasi RSBI,” ujarnya.

…dst

12 ) Unhas siap terima 5.154 mahasiswa baru
http://www.antaranews.com/berita/295564/unhas-siap-terima-5154-mahasiswa-baru

Kamis, 2 Februari 2012 06:36 WIB
Makassar (ANTARA News) – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tahun akademik 2012 menetapkan daya tampung sebanyak 5.154 orang mahasiswa baru. Jumlah itu akan teralokasi melalui berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru dan Fakultas Teknik masih merupakan penyedia daya tampung terbesar dibandingkan fakultas-fakultas lainnya, yakni 904 orang.Kepala Humas Unhas M. Dahlan Abubakar, Kamis, menjelaskan, Unhas masih tetap memberi porsi terbesar penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) sebesar 2.565 orang, disusul SNMPTN Jalur Undangan 1.120 orang, Jalur Penelusuran Potensi Belajar (JPPB) 370 orang, Prestasi Olahraga Seni, dan Keilmuan (POSK) 216 orang, Jalur Nonsubsidi (JNS) 753 orang, dan jalur Kerja sama sebanyak 130 orang.

…dst

13 ) Cuti Bersama 2012 Bertambah Sehari
http://www.jpnn.com/read/2012/02/02/116025/Cuti-Bersama-2012-Bertambah-Sehari-

Kamis, 02 Februari 2012 , 07:24:00
JAKARTA – Sejatinya, rancangan cuti bersama 2012 sudah ditetapkan pertengahan tahun lalu. Tetapi, kemarin pemerintah merevisi ketetapan cuti bersama ini. Pemerintah akhirnya menambah satu hari, yaitu pada 31 Desember 2012. Penambahan cuti bersama ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Lakosono. Pertimbangan penambahan satu hari cuti bersama ini bertepatan dengan tanggal merah tahun baru 1 Januari 2013. Pemerintah menetapkan 31 Desember sebagai cuti bersama karena kecepit antara dua tanggal merah, yaitu Minggu 30 Desember 2012 dengan 1 Januari 2013.

…dst

14 ) Sarjana-Sarjana Tangguh yang Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (1)
Delapan Kali Langgar Sungai Menuju Ibu Kota Kabupaten
http://www.jpnn.com/read/2012/02/01/115892/Sarjana-Sarjana-Tangguh-yang-Mendidik-di-Daerah-Terdepan,-Terluar,-dan-Tertinggal-%281%29-

Rabu, 01 Februari 2012 , 00:01:00
Lebih dari 2.000 sarjana tengah menjalani program Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM3T) yang digagas Kemendikbud awal Desember 2011. Wartawan Jawa Pos RUKIN FIRDA merasakan kehidupan sehari-hari 241 sarjana SM3T yang ditugaskan di pelosok Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).
= = = = = = = = = = = = =
SEBAGAI lurah -sebutan untuk koordinator- SM3T di Sumba Timur, Joko Warsito merasa wajib datang ke ibu kota Sumba Timur di Waingapu untuk menemui tim monev (monitoring dan evalusi). Selain melaporkan kegiatan rekan-rekannya peserta SM3T yang berjalan dua bulan, dia belanja beberapa barang yang dibutuhkan.

…dst

15 ) Sarjana-Sarjana Tangguh yang Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (2-Habis)
Riski pun Tinggal Sendiri di Aula Sekolah
http://www.jpnn.com/read/2012/02/02/115997/Sarjana-Sarjana-Tangguh-yang-Mendidik-di-Daerah-Terdepan,-Terluar,-dan-Tertinggal-%282-Habis%29-

Kamis, 02 Februari 2012 , 00:02:00
KOORDINATOR SM3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Dr Lutfiyah Nurlaera menerima SMS dari Riski Soegiarto, salah seorang sarjana peserta. Kurang lebih isinya seperti ini:
Ibu, saya Riski. Saya ditugaskan di SD Ramuk, Kecamatan Pinupahar. Ibu, tempat saya sangat jauh dari kecamatan. Saya harus berjalan melintasi bukit dan menembus hutan serta menyeberangi banyak sungai, jika saya akan ke kecamatan, dengan jarak tempuh lebih dari 5 jam. Makanya ketika ada supervisi tempo hari, saya tidak bisa menemui ibu di kecamatan. Ibu, sebenarnya saya sangat berat meninggalkan kepala sekolah, guru-guru, dan murid-murid saya di sini. Tapi, saya tidak yakin saya kuat tinggal di sini.

…dst

16 ) Unpad Tuan Rumah Kongres Ekonomi Lingkungan Asia Timur
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/01/18421812/Unpad.Tuan.Rumah.Kongres.Ekonomi.Lingkungan.Asia.Timur

Rabu, 1 Februari 2012 | 18:42 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Grha Sanusi Hardjadinata yang terletak di kompleks Universitas Padjadjaran di Dipatiukur Bandung bakal menjadi tempat penyelenggaraan 2nd Congress of East Asian Association of Environmental and Resource Economics (EAAERE 2012). Kongres internasional ini berlangsung pada tanggal 2-4 Februari. Menurut Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, Kongres ini bakal membahas isu strategis terkait ekonomi lingkungan dan sumber daya alam. “Peserta diperkirakan mencapai 200 orang dari Asia Timur yang terdiri dari peneliti, praktisi, pembuat kebijakan, serta perwakilan dari organisasi internasional,” katanya, Rabu (1/2/2012).

…dst

17 ) ITS, Pusat Wirausahawan Muda Jatim?
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/01/373/567745/its-pusat-wirausahawan-muda-jatim

Rabu, 01 Februari 2012 18:15 wib
JAKARTA – Kawula muda Tanah Air sarat akan berbagai inovasi dan kreativitas. Hal ini terbukti dengan penemuan-penemuan mereka di berbagai bidang. Mulai dari bahan baku sederhana hingga yang canggih sekalipun.Namun, nyatanya, memfasilitasi bisnis mandiri pemuda, termasuk mahasiswa, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, menurut analisa para ahli kewirausahaan, bisnis para pemula berada di daerah berisiko tinggi. Artinya, bisnis jenis ini belum dianggap cukup kredibel untuk mendapatkan dana pengembangan. Kecuali dengan adanya dukungan dari sebuah pihak yang dapat menganalisa potensi bisnis tersebut. Pihak ini harus memastikan bisnis tersebut, beserta para pengelolanya, potensial untuk dikembangkan.

…dst

18 ) Ikuti Chingay Parade
40 Mahasiswa UPI Bertolak ke Singapura
http://www.pikiran-rakyat.com/node/175099

Selasa, 31/01/2012 – 20:11
BANDUNG, (PRLM).- Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang akan tampil di Chingay Parade Singapore 2012, pada Rabu (1/2/12) bertolak dari Bandung menuju Singapura. Sebanyak 40 mahasiswa Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) UPI menjadi wakil Indonesia untuk tampil di sebuah festival Singapura yang akan diikuti oleh sekitar 15 negara di kawasan Asia.Salah satu mahasiswa yang juga koordinator jurusan Manajemen Resort dan Leisure Rully Tigin menuturkan, seluruh tim bertolak Rabu ke Singapura. Selama kurang lebih satu pekan, tim FPIPS UPI berada di Singapura untuk berpartisipasi dalam festival tahunan ini.

…dst

19 ) 140 Mahasiswa Ikuti Kompetisi Bisnis
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/02/175754/140-Mahasiswa-Ikuti-Kompetisi-Bisnis

02 Januari 2012
JAKARTA – Sejumlah 140 mahasiswa mengikuti kompetisi untuk merancang strategi bisnis bagi Danone. Mahasiswa dari sembilan universitas itu terbagi menjadi 28 tim. Kompetisi bertajuk `’Trust” ini merupakan kompetisi bisnis yang dirancang untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan wawasan nyata terhadap isu dunia usaha saat ini.Ke-28 tim yang masing-masing terdiri atas lima mahasiswa akan mengerjakan kasus bisnis secara online melalui software yang dibuat khusus oleh Danone. Mereka adalah tiga tim dari Universitas Gadjah Mada, lima tim dari Universitas Indonesia, empat tim dari Universitas Sumatra Utara, tiga tim dari Universitas Diponegoro, satu tim dari Universitas Sam Ratulangi, tiga tim dari Prasetya Mulya Business School, tiga tim dari Sekolah Tinggi Manajemen PPM, tiga tim dari Universitas Padjajaran, dan tiga tim dari Institut Teknologi Bandung.

…dst

20 ) ITB Fair 2012, Tambah Ilmu Sekaligus Rekreasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/01/373/567706/itb-fair-2012-tambah-ilmu-sekaligus-rekreasi

Rabu, 01 Februari 2012 17:40 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar ajang ITB Fair yang dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bagi para generasi muda maupun masyarakat umum lainnya. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut terdiri atas berbagai rangkaian acara menarik dan bermanfaat. Rencananya, ITB Fair akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat pada Jumat 3 Februari 2012 pukul 16.00 WIB. Hingga Minggu, 5 Februari 2012, kamu dapat melihat para mahasiswa dari 29 jurusan di ITB memajang hasil karya mereka dalam pameran yang bertajuk Ganesha Expo. Berlokasi di Pintu Utama CC Barat ITB, kamu akan mendapat suguhan berbagai wahana unik dan menarik mulai dari planetarium hingga sociopreneur zone.

…dst

21 ) Rektor UI Siap Klarifikasi Soal Temuan BPK
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/01/lyppwk-rektor-ui-siap-klarifikasi-soal-temuan-bpk

Rabu, 01 Pebruari 2012 18:43 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) menemukan bukti bahwa Rektor UI telah melakukan tindakan ‘melego’ aset. Terkait hal tersebut, Rektor Universitas Indonesia (UI), Gumilar Rusliwa Somantri, mengaku tengah menyiapkan klarifikasi terkait temuan BPK tersebut. Karena itu, dirinya mengaku diberi waktu selama 60 hari untuk melakukan klarifikasi oleh BPK. Selain itu, kata dia, dalam waktu itu, dirinya juga tengah menyusun langkah-langkah untuk menyelesaikan kasus yang ada, yakni temuan BPK yang mengganggap Gumilar telah menyelewengkan dana publik. “Kasus itu bukan masalah tindak pidana korupsi,” ujarnya, saat ditemui di acara ‘Pekan Konstitusi UUD 1945, Amandemen, dan Nasib Masa Depan Bangsa’, di Sekretariat International Conference of Islamic Scholars, Jakarta, Rabu (1/2).

…dst

22 ) IKJ: Perombakan ISI Terasa Aneh
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/01/09240443/IKJ.Perombakan.ISI.Terasa.Aneh

Rabu, 1 Februari 2012 | 09:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menanggapi rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan merombak Institut Seni Indonesia menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia, Wakil Dekan III Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Lucky Wijayanti menilai ada kejanggalan dalam rencana tersebut.Ia mengatakan, jika tujuan digabungkannya budaya dalam ISI untuk mencetak sarjana budaya yang terkonsep, itu terasa aneh karena baginya budaya terus berkembang secara alamiah di setiap daerah. Ia mengaku khawatir kebudayaan nantinya akan kehilangan sentuhan keanekaragaman jika kurikulum dalam ISBI disamaratakan oleh pemerintah pusat.

…dst

23 ) Jepang Undang 70 Mahasiswa Indonesia
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/02/01/108325/Jepang-Undang-70-Mahasiswa-Indonesia

01 Februari 2012 | 23:31 wib
SOLO, suaramerdeka.com – Sejumlah 31 Universitas di Indonesia mendapat undangan untuk mengirimkan mahasiswanya mengikuti program Jenesys. Program dari Kedutaan Jepang ini bertujuan mempromosikan pertukaran pemuda di Kawasan Asia Timur. Konselor Direktur Pusat Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Jepang, Masaki Tani, mengatakan masing-masing universitas mengirimkan maksimal tiga mahasiswa, dan kuota totalnya menjadi 70 mahasiswa. Tiga mahasiswa tersebut memiliki satu kompetensi di bidang science dan teknik, Kompetensi sosial dan kompetensi selain science.

…dst

24 ) USAID Sosialisasi Beasiswa Studi di AS
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/02/01/108227/USAID-Sosialisasi-Beasiswa-Studi-di-AS

01 Februari 2012 | 07:12 wib
YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – United States Agency International Development (USAID) terus mencari patner dengan lembaga Pendidikan Tinggi (PT) di Indonesia, guna merumuskan strategi pembangunan melalui berbagai kegiatan. Tujuan kemitraan itu ialah untuk merangsang kerja sama akademik, terutama yang berkaitan dengan Iptek, yang diharapkan dapat membantu semakin meningkatkan kapasitas dan kontribusi PT Indonesia untuk mengatasi berbagai permasalahan pembangunan. Hanif Saleh Program Development Specialist USAID mengatakan, program-program USAID membantu Dikti dalam rangka melakukan perbaikan di sektor PT. Karena itu, dipilih beberapa PT guna menjamin manajemen dan kualitas dengan para pemangku kepentingan eksternal.

…dst

25 ) Hore, Jepang Buka Beasiswa Bagi 140 Mahasiswa RI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/01/lypo4k-hore-jepang-buka-beasiswa-bagi-140-mahasiswa-ri

Rabu, 01 Pebruari 2012 18:05 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Pemerintah Jepang berikan kesempatan kepada para mahasiswa Indonesia untuk belajar di Negeri Sakura tersebut. Sebanyak 140 beasiswa disediakan pemerintah Jepang. “Tahun ini Pemerintah Jepang menyediakan sebanyak 140 beasiswa. Mereka yang berminat bisa mendaftarkan lewat Kedutaan Jepang untuk Indonesia yang ada di Jakarta mulai bulan April 2012 atau melalui uinversitas yang telah ditunjuk,” kata Konsul Kedutaan Besar Jepang Bidang Penerangan Kebudayaan dan Pendidikan Masa Kitani, Rabu (1/2) Pernyataan itu disampaikan Masa Kitani seusai bertemu dengan Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) di rumah dinasnya Loji Gandrung Solo.

…dst

26 ) Materi Olimpiade Penelitian Ditingkatkan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/465882/

Thursday, 02 February 2012
YOGYAKARTA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY berencana membentuk klinik sains di setiap kabupatan/kota di DIY.  Hal ini guna mempersiapkan pelajar mengikuti olimpiade sains tingkat nasional maupun internasional. “Selainit, dalam penyelenggaraan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2012 materi dan bobot soalnya disesuaikan dengan konsep penelitian luar negeri dan disetarakan dengan S-2,”ungkap Kabid Pendidikan Menengah Tinggi (Dikmenti) DIY Alip Sudardjo kemarin.

…dst

27 ) Gawat, Satu dari Tiga Wanita Berisiko Terkena Osteoporosis
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/01/295549/293/14/Gawat-Satu-dari-Tiga-Wanita-Berisiko-Terkena-Osteoporosis

Rabu, 01 Februari 2012 18:01 WIB
JAKARTA–MICOM: Pakar tulang dr. Tanya TM Rotikan mengatakan satu dari tiga perempuan di dunia berisiko mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis), jumlah ini empat kali lebih besar dari pada risiko pada laki-laki. “Prevalensi oestoporosis di Indonesia pada perempuan berusia 50 hingga 80 tahun adalah 23 persen, sedangkan pada usia 70-80 tahun sebesar 53 persen,” kata dr. Tanya TM Rotikan di Jakarta, Rabu (1/2). Dengan kata lain, lanjutnya, satu dari 3 perempuan berisiko terkena oestoporosis sementara hanya satu dari lima pria berisiko terkena oestoporosis. Menurut dokter dari Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut, secara garis besar ada dua faktor penyebab oestoporosis yaitu faktor yang dapat diubah dan faktor yang tidak dapat diubah.

…dst

28 ) Pusat Jantung Indonesia di Palestina Rampung Akhir Tahun
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/02/295629/293/14/Pusat-Jantung-Indonesia-di-Palestina-Rampung-Akhir-Tahun

Kamis, 02 Februari 2012 00:19 WIB
JAKARTA–MICOM: Pembangunan Indonesia Cardiac Center (Pusat Jantung Indonesia) di Gaza, Palestina, diharapkan akan dapat dirampungkan pada akhir tahun ini dan segera beroperasi. “Akhir tahun ini sudah akan selesai bangunannya, paling lambat awal tahun depan,” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama kepada pers di Jakarta, Rabu (1/2). Pemerintah menyumbangkan dana sebesar US$2,1 juta untuk pembangunan pusat jantung tersebut dan ditambah dengan dana lain dari Islamic Development Bank (IDB).

…dst

29 ) Sekilas dalam Negeri
RSBI
Mendikbud Belum Puas dengan RSBI
DPR: RSBI Boleh, Asal Berkeadilan
Dana RSBI, 63 Persen dari Orang Tua
Pembentukan RSBI Dinilai Diskriminasi Pendidikan
BOS
Penyaluran Sisa BOS 2011 Masih Jadi PR Pemerintah
Wapres gelar “teleconference” evaluasi BOS 2012
Cuti Bersama 2012
Tahun Ini Jumlah Cuti Bersama 6 Hari
Cuti Bersama 2012 Bertambah Sehari
Benarkah mereka bunuh diri ?
Kapolri Kukuh Faisal-Budri Meninggal Gantung Diri
Polri Tegaskan Kematian Kakak-Beradik FS & G Karena Gantung Diri
Polisi Akui Faisal dan Budri Dianiaya
Kapolri Akui Polisi Aniaya Budri-Faisal
Polisi Penganiaya Faisal-Budri Terancam 5 Tahun
Kasus Anas
Bahas Status Anas, Pimpinan KPK Berdebat Sengit
Andi Mallarangeng Enggan Gantikan Anas
Badai Politik Guncang Demokrat
Bentrokan berdarah di Bima
Kapolda: Provokator Rusuh Bima Dari Luar NTB
Suap di Kemenakertrans
Muhaimin Disebut Minta Duit Lewat Dani Nawawi  
Kasus Nunun
Nunun Tetap Mengaku Tidak Tahu Siapa Penyandang Dananya
Sekilas Luar Negeri
Timor Leste
IMF: Inflasi Tinggi Ancam Timor Leste
Mengharukan
Terpisah 29 Tahun, Kembar Asal Semarang Bersatu di Swedia
Tragedi dunia sepak bola
Suporter Sepakbola di Mesir Bentrok, 73 Orang Tewas
Tragedi! Rayakan Kemenangan, 73 Orang Tewas di Laga Sepak Bola
Suriah
Di Ambang Kejatuhan Bashar al Assad
Istri Presiden Suriah Gagal Kabur
Osama
AS Cemaskan Dokter yang Bantu Temukan Osama
Sidang banding pendiri WikiLeaks
Kasus Pelecehan Seksual Julian Assange- Banding Ekstradisi Disidangkan