1 ) Segitiga Emas Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan
http://www.kemdiknas.go.id/laman/berita/187

01/30/2012
Jakarta – Merujuk pada data yang disebutkan oleh United Nations Developments Programme (UNDP) bahwa ada tiga komponen yang mempengaruhi nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebuah negara, yaitu pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyimpulkan ketiga komponen tersebut merupakan “Segitiga Emas” yang berkorelasi positif. Korelasi antara ketiga komponen tersebut digambarkan oleh Mendikbud melalui deskripsi dua orang guru yang berbeda kondisi. Guru yang pertama adalah guru dengan kemampuan berpikir dan menganalisa sangat baik, namun tubuhnya sakit-sakitan. Sedang guru yang kedua adalah guru yang sangat sehat badannya, namun kemampuan berpikir dan menganalisanya sangat rendah. Mendikbud mengatakan, kedua guru tersebut tidak akan memberikan pembelajaran yang optimal kepada siswa. Karena untuk menghantarkan ilmu dengan sempurna kepada siswa, diperlukan fisik dan pikiran yang prima.

…dst

2 ) Kemdikbud Segera Petakan Anggaran Pendidikan Provinsi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/30/14114918/Kemdikbud.Segera.Petakan.Anggaran.Pendidikan.Provinsi

Senin, 30 Januari 2012 | 14:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan sanksi terhadap provinsi yang mengalokasikan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pendidikan kurang dari 20 persen. Hal itu disampaikan Nuh merespons usulan salah seorang anggota Komisi X, Dedi Gumelar, dalam rapat kerja dengan Komisi X, Senin (30/1/2012), di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Dedi mengungkapkan, Provinsi Banten, yang menjadi daerah pemilihannya, mengalokasikan anggaran pendidikan kurang dari 20 persen dari total APBD.Meski demikian, Nuh mengaku belum merinci peta APBD seluruh provinsi. Ia berjanji akan segera melakukan verivikasi data terkait hal tersebut.

…dst

3 ) Besok, Jalur Undangan Dibuka-Calon Peserta Bisa Mendaftar Secara Online
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464909/

Tuesday, 31 January 2012
BANDUNG– Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 melalui jalur undangan mulai dibuka pada 1 Februari 2012. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id. Calon peserta mempunyai waktu cukup panjang untuk melakukan proses pendaftaran. Panitia SNMPTN menetapkan waktu pendaftaran hingga 8 Maret 2012. Selanjutnya pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan pada 25 Mei 2012.Setiap pendaftar akan dikenakan biaya sebesar Rp175.000. “Semua program studi (prodi)- nya sudah lengkap, peserta sudah bisa melakukan pendaftaran pada 1 Februari,” kata Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka kemarin. Pada seleksi jalur undangan tahun ini,kata dia,nilai atau kelulusan UN menjadi evaluasi akhir.Artinya, siswa yang nilai rapornya baik dan UN-nya lulus maka dia akan diterima di PTN yang dilamarnya.

…dst

4 ) Kepala Sekolah Penentu Jalur Undangan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/31/175513/Kepala-Sekolah-Penentu-Jalur-Undangan

31 Januari 2012
SEMARANG-Pendaftaran Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan akan mulai dibuka 1 Februari 2012 mendatang. Untuk hal ini Kepala SMA/SMK/ MA harus dapat menjadi penentu siapa saja siswa yang bisa atau tidak mengikuti seleksi tersebut. Hal itu disampaikan Koordinator Wilayah II SNMPTN Jateng DIY Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi, Senin (30/1). Dia mengatakan, dari seluruh rangkaian panjang pendaftaran jalur undangan, semua berawal dari kepala sekolah. Sebab, pihak tersebut yang akan mendaftarkan siswanya di laman http://undangan.snmptn.ac.id ”Tanpa direkomendasikan oleh kepala sekolah, siswa tidak akan mengikuti jalur ini. Karena itu, kepercayaan tersebut diberikan kepada kepala sekolah untuk melaksanakan tugas sesuai dengan prinsip penyelenggaraan SNMPTN,” jelas Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini.

…dst

5 ) SNMPTN Jalur Undangan untuk Siswa Berprestasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/01/30/lym9ql-snmptn-jalur-undangan-untuk-siswa-berprestasi

Senin, 30 Januari 2012 22:01 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan dimulai pada 1 Februari 2012. Rektor Universitas Negeri Semarang Prof Sudijono Sastroatmodjo menilai, pelaksanaan SNMPTN jalur undangan membutuhkan komitmen kepala sekolah. “Kepercayaan memang diberikan begitu besar kepada kepala sekolah yang merekomendasikan siswanya sebagai calon peserta SNMPTN undangan,” kata Sudijono yang juga Koordinator SNMPTN Wilayah II Jateng-DIY, di Semarang, Senin. Ia menjelaskan, kepala sekolah merupakan kunci pertama yang menentukan siswa bisa atau tidak mengikuti SNMPTN undangan, sebab kepala sekolah yang merekomendasikan siswanya untuk mendaftar SNMPTN melalui situs yang disediakan. Tanpa direkomendasikan oleh kepala sekolah, kata dia, siswa tidak akan bisa mengikuti seleksi masuk PTN melalui jalur tersebut, apalagi kepala sekolah pula yang mendaftarkan siswanya melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id.

…dst

6 ) Ini Dia Syarat SNMPTN Jalur Undangan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/01/30/lym1p8-ini-dia-syarat-snmptn-jalur-undangan

Senin, 30 Januari 2012 19:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Pembantu Rektor I Universitas Negeri Semarang, Agus Wahyudin mengatakan, persyaratan siswa mengikuti SNMPTN undangan, antara lain memiliki konsistensi prestasi akademik berdasarkan pemeringkatan di sekolah, masuk peringkat terbaik pada semester tiga sampai lima. Ia menjelaskan, sekolah yang terakreditasi A bisa merekomendasikan 50 persen siswa terbaik dari keseluruhan siswa, akreditasi B mendaftarkan 30 persen siswa terbaiknya, sedangkan akreditasi C 15 persen terbaik, di luar itu lima persen terbaik. Selain dilihat konsistensi pemeringkatan pada tiga semester terakhir, kata dia, penilaian juga dilihat sesuai jurusan yang dipilih, yakni IPA, IPS, maupun ilmu pengetahuan campuran (IPC) sesuai nilai pelajaran pada ujian nasional (UN).

…dst

7 ) Tahun Ini, ITB Tambah Kuota 100 Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/30/18382823/Tahun.Ini.ITB.Tambah.Kuota.100.Mahasiswa

Senin, 30 Januari 2012 | 18:38 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menambah kuota mahasiswa pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 sebanyak 100 mahasiswa. Hal itu dikatakan Rektor ITB yang juga Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012, Akhmaloka, di Bandung, Senin (30/1/2012). “Kalau untuk ITB sendiri tahun ini menambah kuota mahasiswanya sebanyak 100 orang,” katanya. Akhmaloka menjelaskan, penambahan kuota tersebut berasal dari dibukanya program studi (prodi) baru oleh ITB, seperti Rekayasa Pertanian dan Kehutanan di Kampus ITB Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jabar.

…dst

8 ) PMB, UMS Sediakan 5.500 Kuota
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/465103/

Tuesday, 31 January 2012
SOLO– Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyediakan 5.500 kuota dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2012 ini. Rektor UMS Prof Bambang Setiaji mengatakan, dari 5.500 kuota tersebut, 500 kuota untuk jenjang strata dua (S-2) dan sisanya untuk jenjang strata satu (S-1). Bila dibandingkan dengan PMB tahun lalu, 2012 ini tidak terdapat penambahan kuota yang signifikan. “Kuota stagnan dan jumlahnya tetap sama bila dibandingkan dengan tahun lalu. Seluruh kuota sudah menyangkut kebutuhan dari 11 fakultas dan 47 program studi yang ada di UMS,”kata Bambang ketika ditemui SINDO di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) belum lama ini.

…dst

9 ) Jerman Akan Perluas Kerja Sama dengan ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/30/373/566188/jerman-akan-perluas-kerja-sama-dengan-its

Senin, 30 Januari 2012 17:05 wib
SURABAYA – Jerman berencana akan memperluas kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Hal itu menyusul timbulnya kesan positif atas Program Double Degree Marine Engineering in Ship Operations pada Jurusan Teknik Sistem Perkapalan tahun lalu.”Saya tertarik untuk membicarakan pengembangan kerja sama ini lebih lanjut, baik dari sisi akademik dan perannya bagi masyarakat. Semoga bisa terbuka peluang kerja sama baru antara ITS dan Jerman,” kata Wakil Duta Besar Jerman, Heidrun Tempel di kampus ITS, Senin (30/1/2012). Direncanakan, kerja sama itu tidak hanya di bidang kelautan, seperti yang sudah digalang hingga saat ini. Selanjutnya, kerja sama antarkedua negara ini akan diperluas di beberapa bidang. Di antaranya, bidang teknik elektro, teknik mesin dan beberapa jurusan lain di ITS.

…dst

10 ) Undip Optimistis Sambut Pimnas
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/31/175510/Undip-Optimistis-Sambut-Pimnas

31 Januari 2012
SEMARANG-Undip optimistis menyambut Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun ini. Salah satu universitas terbesar di Semarang itu ingin memperbaiki prestasi yang diukir tahun lalu. Guna memenuhi ambisi tersebut, persiapan menuju ajang yang digelar pertengahan tahun nanti dimulai sejak dini. “Tahun ini proposal program kreativitas mahasiswa atau PKM dari Undip yang diterima Dikti mencapai 241 buah. Jumlah itu meningkat lebih dari 100% dibandingkan dengan tahun lalu. Setelah kuantitas meningkat, kami sekarang mencoba meningkatkan kualitas, agar proposal-proposal tersebut lolos saat pemantauan dan evaluasi, sehingga berhasil ke Pimnas dan meraih prestasi terbaik di sana,” ujar Pembantu Rektor III Undip Drs Warsito SU, saat ditemui usai membuka acara pembekalan bagi mahasiswa yang ikut PKM, Senin (30/1).

…dst

11 ) Modal Pinjaman, Sita Dkk Bangun Perpustakaan di Papua
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/30/373/565914/modal-pinjaman-sita-dkk-bangun-perpustakaan-di-papua

Senin, 30 Januari 2012 12:45 wib
JAKARTA – Trio mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini terbilang nekat. Berbekal uang pinjaman, mereka berangkat ke Papua untuk membangun perpustakaan dan mengajar siswa di Pulau Cendrawasih tersebut. Nur Sita Hamzati, Amar Muhammad, dan Wildan Cahyo Wuriyanto menilai, pendidikan merupakan faktor utama dalam pembangunan bangsa. Karenanya, mereka pun menjatuhkan pilihan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) dalam bidang pendidikan. Ketiga mahasiswa jurusan Biologi ITS ini mengusung proposal Rumah Pohon (Rupo-Sepua), sebagai Sarana Pengenalan Pendidikan Lingkungan Hidup dan Perpustakaan Alam bagi Anak Pedalaman di Kampung Klamit Distrik Sawit Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat. Sesuai proposal tersebut, mereka mendirika perpustakaan alam dengan memanfaatkan pohon.

…dst

12 ) Smart Stove ITS Kantongi Rp1 M!
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/30/373/566021/smart-stove-its-kantongi-rp1-m

Senin, 30 Januari 2012 14:40 wib
JAKARTA – Inovasi spiritus berbentuk padat (gel) dan smart stove buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) diganjar Rp1 miliar dari sebuah bank BUMN. Hal itu terjadi karena Achmad Ferdiansyah Pradana Putra ST dan Ahmed Tessario ST, sang empunya ide, mengikutsertakan produk yang mereka itu ke kompetisi Mandiri Young Technopreneur Award (MYTA) 2011 besutan Bank Mandiri. Pada kompetisi ini, dua sarjana teknik itu menggabungkan dua produk mereka menjadi Smart Stove-Green Flame Concept dan bertarung pada kategori energi terbarukan. MYTA 2011 sendiri terdiri dari kategori Energi Terbarukan, Pengelolaan Air Bersih serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.

…dst

13 ) Mendikbud: Miranda Masih Boleh Mengajar di UI
http://www.detiknews.com/read/2012/01/30/151722/1829541/10/mendikbud-miranda-masih-boleh-mengajar-di-ui

Senin, 30/01/2012 15:17 WIB
Jakarta – Mendikbud M Nuh berpendapat Miranda masih boleh mengajar di UI meskipun statusnya sudah menjadi tersangka. Mendikbud tidak membatasi status seseorang untuk mengajar.”Selama ini tidak ada yang namanya dosen tersangka. Belum ada. Kalau toh ada setelah selesai dia menjalani proses hukum. Selama status kepegawaiannya, ya boleh saja dia mengajar. Jadi mengajar itu dari siapapun boleh. Kita tidak membatasi status orang untuk di bidang mengajar,” ujar Nuh. Nuh mengatakan itu di sela-sela rapat dengan Komisi X DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/1/2012). Menurut Nuh, urusan mengajar diserahkan ke bagian akademik. Sedangkan urusan status kepegawaian Miranda diserahkan ke bagian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

…dst

14 ) Anwar Ibrahim orasi ilmiah di ITB
http://www.antaranews.com/berita/295068/anwar-ibrahim-orasi-ilmiah-di-itb

Senin, 30 Januari 2012 11:00 WIB
Bandung (ANTARA News) – Kedatangan Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim di Aula Barat Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) disambut dua lagu sunda “Manuk Dadali” dan “Karatagan Pahlawan”. Dua lagu asal Jawa Barat itu disenandung oleh paduan suara Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kabupaten Bandung untuk menyambut kedatangan Anwar Ibrahim. Anwar Ibrahim yang mengenakan jas hitam serta kemeja putih datang ke ITB untuk memberikan orasi ilmiah. Ia didaulat untuk menjadi salah satu pemateri pada acara Sarasehan Nasional tentang pemikiran almarhum Muhammad Imaduddin Abdulrahim atau Bang Imad. Pada kesempatan tersebut, Anwar Ibrahim akan menjadi keynote speech bertema “Revitalisasi Gerakan Dakwah, Menuju Kebangkitan Islam dan Indonesia”. (ANT)

…dst

15 ) Aksi Binus Peduli Kusta
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/30/373/565863/aksi-binus-peduli-kusta

Senin, 30 Januari 2012 11:47 wib
JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Kusta Sedunia yang diperingati setiap 30 Januari, Unversitas Bina Nusantara (Binus) melalui kegiatan Teach For Indonesia (TFI) mengadakan Deklarasi Program TFI yang ditandatangani oleh beberapa kementerian negara serta organisasi sosial di masyarakat.Sejumlah program TFI yang dicanangkan dalam deklarasi tersebut di antaranya, program orangtua asuh untuk anak jalanan, peningkatan kompetensi guru dan siswa, dan program pendampingan start-up bisnis untuk mantan penderita kusta.Rektor Binus Haryanto Prabowo menyebutkan, program-program FTI sesuai visi dan misi yang diusung oleh Binus.

…dst

16 ) Ulen 250 M Unpad Masuk Muri
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/30/373/565771/ulen-250-m-unpad-masuk-muri

Senin, 30 Januari 2012 10:15 wib
JAKARTA – Ulen menjadi primadona di kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) akhir pekan lalu. Tak heran, rangkaian ulen sepanjang 250 meter ini berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri). Pencatatan rekor Ulen 250 m ini adalah salah satu kegiatan dalam acara Kampung Tatar Padjadjaran (KTP) 2012, sebuah helatan rutin Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PAAP Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad. Sejak pagi, sekira 40 mahasiswa dan pelajar SMA menyiapkan makanan khas Jawa Barat yang dibuat dari beras ketan itu. Mereka membakar 2.700 ulen yang berukuran 1×7 cm.

…dst

17 ) Untad Belajar Tata Kelola BLU di Unhas
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/30/373/566294/untad-belajar-tata-kelola-blu-di-unhas

Senin, 30 Januari 2012 18:45 wib
JAKARTA – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mendapatkan kunjungan dari Universitas Tadulako (Untad) Palu. Kedatangan rombongan Untad ini bertujuan mempelajari penerapan pengelolaan keuangan perguruan tinggi negeri dengan sistem Badan Layanan Umum (BLU) di Unhas.Rektor Untad Muh Basir datang bersama sejumlah pendampingnya, yakni Syahir Natsir selaku Pembantu Rektor II, Mahfudz sebagai Dewan Penasihat, Chaeruddin Badulu yang menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan, dan H. Sukran selaku Kepala bagian keuangan.

…dst

18 ) Perluas Akses Kerja Bagi Warga Disable
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/30/373/566140/perluas-akses-kerja-bagi-warga-disable

Senin, 30 Januari 2012 16:15 wib
JAKARTA – Keterbatasan secara fisik maupun perilaku bagi warga disable terkadang menghalangi kesempatan mereka untuk berkarya di berbagai bidang. Salah satunya adalah kesempatan dalam memperoleh pekerjaan. Salah satu pengalaman nyata adalah yang dialami Angkie Yudistia. Seorang wanita tuna rungu penyandang titel S-2 di bidang marketing communication namun berkali-kali ditolak bekerja karena tidak bisa menerima telepon. Berdasarkan pengalaman Angkie tersebut, Deputy Director and Migrant Human Rights Coordinator at Asian Migrant Centre Hong Kong Lily Purba mengungkapkan, setiap perusahaan hendaknya memberikan kesempatan bagi orang disable untuk bekerja di segala bidang.

…dst

19 ) Soal-soal UN Dilengkapi Kode Rahasia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/30/13044382/Soal.soal.UN.Dilengkapi.Kode.Rahasia

Senin, 30 Januari 2012 | 13:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, soal-soal pada ujian nasional (UN) tahun ini akan dilengkapi dengan kode-kode rahasia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebocoran. Jika terjadi kebocoran soal, maka akan dikaji dengan kode tersebut. Demikian dikatakan Nuh dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (30/1/2012). Ia mengungkapkan, dari kode tersebut akan diketahui dari mana asal percetakan yang mencetak soal itu. “Sehingga jika terjadi kebocoran, bisa dilihat dari kode soalnya dan dari kodenya bisa dilihat percetakannya apa itu dari percetakan A, atau B, dan sebagainya,” kata Nuh.

…dst

20 ) Mendikbud Akui Penyaluran BOS 2011 Paling Buruk
http://www.jpnn.com/read/2012/01/30/115743/Mendikbud-Akui-Penyaluran-BOS-2011-Paling-Buruk-

Senin, 30 Januari 2012 , 12:32:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh mengakui penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) selama tahun 2011 paling buruk dan tidak tepat sasaran.”Penyaluran BOS ke sekolah-sekolah dalam tahun 2011 paling jelek dan tidak tepat sasaran,” kata M Nuh,” saat rapat kerja (Raker) dengan Komisi X DPR yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X, Utut Adianto, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (30/1). Selain tidak tepat sasaran lanjutnya, hingga triwulan minggu keempat Desember 2011, dana Bos baru tersalurkan tidak lebih dari 53 persen. “Keterlambatan transfer dana BOS terjadi dari provinsi ke kabupaten dan kota,” jelas Nuh.

…dst

21 ) IKIP PGRI Semarang Kembangkan P4G
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464989/

Tuesday, 31 January 2012
SEMARANG– Kampus II IKIP PGRI Semarang akan difungsikan sebagai Pusat Pelatihan dan Pengembangan Profesi Guru (P4G) guna memfasilitasi peningkatan mutu dan kompetensi para tenaga pengajar. “Pusat pelatihan ini memiliki berbagai fasilitas hukum, laboratorium, dan layanan pelatihan seperti laboratorium mata pelajaran, psikolog, dan pustakawan,” papar Rektor IKIP PGRI Semarang Muhdi seusai peresmian pusat pelatihan tersebut,kemarin. Setiap guru profesional membutuhkan pelatihan yang diberikan secara berkala.

…dst

22 ) Pemerintah Prioritaskan Terima CPNS Guru dan Tenaga Medis
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/465176/

Tuesday, 31 January 2012
JAKARTA – Pemerintah menyatakan akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) khusus untuk tenaga guru dan medis tahun ini. Sementara pada tenaga lainnya masih diterapkan moratorium sampai ada keputusan lebih lanjut. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan dan RB) Eko Prasodjo mengatakan, penerimaan guru hanya diperuntukkan bagi daerah yang masih kekurangan.Karena itu,daerah harus terlebih dahulu mengajukan simulasi komposisi tenaga pengajar yang dibutuhkan baik jumlah yang ada atau yang akan pensiun. “Kita akan data dari laporan daerah yang akan mengajukan berapa jumlahnya.Saat ini belum bisa dipastikan,” katanya di Jakarta kemarin.

…dst

23 ) India bersedia luncurkan satelit Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/295199/india-bersedia-luncurkan-satelit-indonesia

Senin, 30 Januari 2012 22:13 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Research Organisation India (ISRO) bersedia meluncurkan satelit nano INSPIRE-IiNUSAT milik Indonesia. Buletin Sukria Volume I Nomor 9 Januari 2012 yang diterbitkan KBRI New Delhi dan diterima ANTARA di Jakarta, Senin menyebutkan, rencana itu dibahas dalam pertemuan antara tim INSPIRE-IiNUSAT Indonesia dengan ISRO pada 28 Desember 2011 di Bangalore, India.Prosesnya adalah INSPIRE-IiNUSAT mengirimkan permintaan tertulis kepada ISRO yang kemudian akan menyanggupi permintaan tersebut dengan biaya serendah mungkin karena digunakan untuk keperluan pendidikan. Kesepakatan tersebut sebenarnya bukan hal baru, melainkan kelanjutan dari kerja sama antara ISRO dan LAPAN yang sudah terjalin sejak tahun 1999. Pada tahun tersebut sudah diluncurkan satelit LAPAN TUBSAT dan ground station terletak di Biak.

…dst

24 ) Riset “Nata de Cassava” Juara IBA
http://cetak.kompas.com/read/2012/01/31/03331873/riset.nata.de.cassava.juara.iba

Selasa, 31 Januari 2012
Jakarta, Kompas – Bila sebelum ini masyarakat lebih banyak mengenal nata de coco (sari yang dibuat dari air kelapa dengan bantuan fermentasi), kini limbah tapioka (dari bahan baku singkong) juga bisa dibuat nata. Oleh dua periset muda, kakak- beradik Hartawan Hari Mayasto (26) dan Nur Kartika Indah Mayasti (24), nata de cassava berhasil diubah menjadi produk inovasi dengan mengubah sampah menjadi berkah. Keduanya berhasil meyakinkan dewan juri Lomba Indonesia Berprestasi Awards (IBA) 2011 yang diketuai sosiolog Imam B Prasodjo dalam presentasi final di Jakarta, Senin (30/1). IBA diselenggarakan sejak tahun 2007 oleh PT XL Axiata untuk mencari orang muda yang mendedikasikan bakat dan kemampuan di sejumlah bidang, seperti pendidikan, seni budaya, dan kewirausahaan. Atas keberhasilan meraih Juara IBA 2011, Yasto dan Yasti mendapatkan hadiah Rp 100 juta. IBA 2011 juga memberikan penghargaan kepada Rukmini Paata Toheke dari Desa Ngata Toro, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Rukmini selama ini aktif dalam pemberdayaan perempuan untuk kemandirian ekonomi dan pemaju kesadaran lingkungan.

…dst

25 ) Robot “Si Pemburu Api” lengkapi galeri PP-IPTEK
http://www.antaranews.com/berita/295110/robot-si-pemburu-api-lengkapi-galeri-pp-iptek

Senin, 30 Januari 2012 14:15 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) menambah satu wahana Robotik, di antaranya robot “Si Pemburu Api”. Robot berkaki (crawler) ini dapat mencari keberadaan lampu api yang menyala, kemudian mematikannya.Sebelumnya, PP-IPTEK telah memiliki lebih dari 300 alat peraga sains yang terbagi atas 15 wahana, seperti wahana Listrik dan Magnet, wahana Mekanika, dan wahana Matematika, kata Direktur PP-IPTEK, Sukro Muhab, dalam surat elektronik (surel) yang diterima ANTARA News di Jakarta, Senin siang, Wahana Robotik ini, kata dia, akan diresmikan oleh Sekretaris Menteri Negara Riset dan Teknologi (Sesmenristek), Mulyanto, pada hari Selasa, 31 Januari 2012. Dijelaskan, wahana Robotik ini berisi lima alat peraga robot, di samping “Si Pemburu Api”, terdapat pula robothumanoid yang dapat bermain bola dan menari yang bernama “Bioloid Robo”.

…dst

26 ) Pendaftaran dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan dibuka
http://www.antaranews.com/berita/295085/pendaftaran-dewan-komisioner-otoritas-jasa-keuangan-dibuka

Senin, 30 Januari 2012 12:25 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuka pendaftaran bagi masyarakat dan akademisi yang berminat untuk mengisi posisi tersebut mulai 30 Januari hingga 14 Februari 2012. Ketua Panitia Seleksi Agus Martowardojo dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menjelaskan waktu penerimaan dokumen pendaftaran oleh sekretariat panitia seleksi dimulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB di gedung Djuanda I Kementerian Keuangan Lantai Mezzanine. Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh para calon anggota adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki akhlak, moral dan integritas yang baik, cakap melakukan perbuatan hukum dan tidak pernah dinyatakan pailit atau tidak pernah menjadi pengurus perusahaan yang menyebabkan perusahaan tersebut pailit. Syarat lainnya adalah sehat jasmani, berusia paling tinggi 65 tahun pada 21 Juli 2012, mempunyai pengalaman, keilmuan atau keahlian yang memadai di sektor jasa keuangan dan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman penjara lima tahun atau lebih.

…dst

27 ) Menkeu: anggota parpol tidak boleh jadi OJK
http://www.antaranews.com/berita/295216/menkeu-anggota-parpol-tidak-boleh-jadi-ojk

Senin, 30 Januari 2012 23:59 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan anggota partai politik tidak boleh menjabat sebagai Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. “Kalau seandainya dia sekarang ini punya posisi jabatan apakah itu jabatan usaha, atau di partai politik harus dilepas di tahap akhir,” ujarnya di Jakarta, Senin. Menurut Menkeu, anggota partai politik yang ingin mendaftar sebagai Dewan Komisioner, wajib melepas atribut partai setelah menjalani tahap seleksi kompetensi. Ia mengatakan hal tersebut telah tercantum sesuai amanat Undang-Undang OJK nomor 21 tahun 2011. “Undang-Undang seperti itu mengaturnya,” ujar Menkeu yang juga terpilih sebagai Ketua Panitia Seleksi pemilihan calon anggota Dewan Komisioner. Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuka pendaftaran bagi masyarakat dan akademisi yang berminat untuk mengisi posisi tersebut mulai 30 Januari hingga 14 Februari 2012.

…dst

28 ) Keluarkan Label Halal, PBNU Tidak Serobot Lahan MUI
http://www.detiknews.com/read/2012/01/31/000232/1829883/10/keluarkan-label-halal-pbnu-tidak-serobot-lahan-mui?n991102605

Selasa, 31/01/2012 00:02 WIB
Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) segera mengeluarkan label halal dan jujur untuk produk makanan dan jasa. Dipastikan langkah ini bukan untuk menyerobot tugas yang selama ini dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj mengatakan, permintaan datang dari kelompok pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) dan para konsumen. Saat ini PBNU masih mengkaji berbagai produk sebelum diberi label. “Untuk gedung laboratorium kita sudah punya di Bogor. Kita juga akan libatkan (Lembaga) Bahtsul Masail untuk mengkaji halal haram suatu produk,” kata Kiai Said dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (30/1/2012).

…dst

29 ) Siap-siap, Twitter akan disensor
http://www.antaranews.com/berita/295046/siap-siap-twitter-akan-disensor

Senin, 30 Januari 2012 06:36 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Jejaring sosial Twitter telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menerapkan sensor terhadap kicauan para penggunanya sesuai dengan ketentuan hukum di masing-masing negara tempat para pemilik akun bermukim. Seperti diberitakan oleh BBC, Senin, Twitter dalam blog resminya menyebutkan bahwa sensor ini akan menyesuaikan kebijakan pemerintahan lokal dan sekali kicauan (tweet) dihapus oleh Twitter maka itu akan berlaku secara permanen di seluruh dunia. Terkait dengan jenis kicauan yang disensor, Twitter mencontohkan isu anti-Nazi yang ditetapkan di beberapa negara seperti Jerman dan Perancis. Dalam urusan sensor ini, Twitter berjanji untuk berlaku transparan, karena setiap kicauan yang dianggap melanggar ketentuan sensor akan ditandai dan diberitahukan kepada pemilik akun yang berkicau.

…dst

30 ) NASA Luncurkan Game Multi-player di Facebook
http://www.detiknews.com/read/2012/01/31/050000/1829899/1148/nasa-luncurkan-game-multi-player-di-facebook?n991102605

Selasa, 31/01/2012 05:00 WIB
Washington – NASA akan meluncurkan game online multi-player tentang ruang angkasa di jejaring sosial Facebook. Game itu bernama ‘Space Race Blastoff’. Game tersebut akan menguji pengetahuan pemainnya dari program angkasa melalui pertanyaan pilihan ganda. Selain itu, para pemain dapat berkompetisi dengan pemain lain maupun bermain sendiri.
Pertanyaan yang diajukan, seperti “Siapa orang Amerika pertama yang berjalan di luar angkasa?” dan “Siapa yang meluncurkan roket berbahan bakar cair pertama?”. Pemain yang menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan lencana virtual yang menggambarkan astronot NASA, pesawat ruang angkasa, dan benda-benda langit.”‘Space Race Blastoff’ membuka sejarah NASA,” kata David Weaver, juru bicara NASA dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP, Selasa (31/01/2012).

…dst

31 ) Ilmuwan Berhasil Bikin Otak dari Potongan Kulit Manusia
http://www.detikhealth.com/read/2012/01/30/112427/1829083/763/ilmuwan-berhasil-bikin-otak-dari-potongan-kulit-manusia?l1101755

Senin, 30/01/2012 11:24 WIB
Jakarta, Setelah sukses pada domba, penerapan teknologi kloning atau penggandaan pada manusia mulai mendekati kenyataan. Paling tidak untuk saat ini, para ilmuwan telah berhasil mengembangkan jaringan otak buatan dari potongan kulit manusia.Para peneliti dari Center of Regenerative Medicine di Edinburgh, Skotlandia baru-baru ini sukses mengembangkan otak buatan. Jaringan otak tiruan itu dibuat dari sampel jaringan kulit para penderita gangguan mental antara lain schizophrenia dan depresi. Tujuan pengembangan otak buatan ini tak lain untuk keperluan ilmu pengetahuan, sebab selama ini para ilmuwan sulit meneliti jaringan otak asli. Untuk bisa mendapatkan sampel jaringan otak asli, biasanya harus menunggu pasien meninggal baru otaknya bisa dibongkar.

…dst

32) Kisah Tukang Sampah Indonesia di Stasiun Televisi Inggris
http://id.berita.yahoo.com/kisah-tukang-sampah-indonesia-di-stasiun-televisi-inggris-024033143.html

Senin, 30 Jan 2012
London (ANTARA) -Laporan mengenai kisah tukang sampah Jakarta yang disebut sebagai kota dengan pertumbuhan kota yang cukup pesat di dunia ditayangkan stasiun televisi Inggris BBC2, Minggu malam. Laporan wartawan BBC London berjudul “Toughest Place to be a binman,” membandingkan tukang sampah di London dan Jakarta menarik perhatian masyarakat Indonesia tidak saja di Inggris tetapi juga di Brussel,dan Amerika Serikat yang bisa menyaksikan tayangan tersebut melalui BBC Iplayer. Selama satu jam laporan mengenai kisah Imam, tukang sampah di Jakarta yang bekerja mengumpulkan sampah setiap harinya dengan gerobaknya sementara diawal tayangan, tukang sampah dari Inggris Wilbur Ramirez mengunakan truk dan bekerja dengan dua rekannya.

…dst

33 ) Sekilas dalam Negeri
Tragedi Xenia Maut
Roy Suryo: Hasil CCTV, Xenia Afriyani Kecepatannya 89,24 Km/jam
Aksi Anarki
Aksi Protes Selalu Berakhir Anarki, JK: Kita Sudah Taraf Bahaya
Kasus Anas
Dewan Pembina PD Siapkan 4 Calon Pengganti Anas Urbaningrum
Mayoritas Elite Demokrat Ingin Anas Dicopot  
Suap di Kemenakertrans
Divonis 2,5 Tahun, Penyuap Pejabat Kemenakertrans Nangis Sesenggukan
Divonis 2,5 Tahun, Dharnawati Menangis Histeris
Kasus Wa Ode
Wa Ode Diberhentikan Dari Anggota Banggar DPR
BK Akan Pecat Wa Ode dari DPR Setelah Divonis Bersalah
Meski Kedinginan di Rutan, Wa Ode akan Tetap Melawan
Kenapa Wa Ode Terseret KPK?
Kasus Nazaruddin
KPK Usut Penadah Uang Suap Wisma Atlet
Kasus Miranda
Dekat Dengan Bos Artha Graha? Ini Kata Miranda
Cara Miranda Mengukur ‘Persahabatan’ dengan Nunun  
Pembatasan BBM dan Kenaikan TDL
Premium Bisa Naik Rp1.500/Liter
Kenaikan TDL Ancam Industri Besar
Kesehatan
Menkes Tegaskan RI Bebas Flu Babi
912 Rumah Sakit Terakreditasi 
Sekilas Luar Negeri
Anwar Ibrahim
“Di Malaysia Saya Tak Bisa Masuk Kampus”
Rektor ITB: Anwar Ibrahim Ekselensis Malaysia
“Madu dan racun” lagu kampanye Anwar Ibrahim
Guyonan Anwar Ibrahim Soal Korupsi di Malaysia & Indonesia
Din: Kedatangan Anwar Ibrahim Dapat Respon Tidak Baik dari Negaranya
Anwar Ibrahim Bantah Minta Dukungan Indonesia
Iran
Ahmadinejad: AS Sudah Kehabisan Akal, Hanya Bisa Main Ancam
Iran Ancam Hentikan Penjualan Minyak 

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.