1 ) PNS Tunanetra Dilantik Jadi Pejabat
http://www.jpnn.com/read/2012/01/24/115111/PNS-Tunanetra-Dilantik-Jadi-Pejabat-

Selasa, 24 Januari 2012 , 11:17:00
KEKURANGAN fisik bukan halangan untuk menggapai cita-cita. Salah satunya Elon Carlan SPd MPd. PNS yang menyandang tunanetra itu bisa menikmati hasil kerja kerasnya selama ini. Elon akhirnya dilantik Bupati H Aang Hamid Suganda sebagai pejabat di setda Kuningan, bersama pejabat lainnya. MUNGKIN ini kali pertama dalam sejarah birokrasi Indonesia, seorang tunanetra dilantik menjadi pejabat. Keberanian itu ditunjukkan Bupati H Aang Hamid Suganda yang melantik Elon Carlan sebagai Kasubag Pendidikan, Pemuda dan Olahraga di Bagian Kesra Setda Kuningan. Pelantikan ini juga mengikis diskriminasi bagi para penyandang cacat. Elon ibaratnya membuka keran bagi PNS penyandang cacat lainnya untuk bisa menduduki jabatan strategis di lingkungan pemkab.

…dst

2 ) Luthfi Mu’awan Berprestasi Sebagai Ilmuwan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/174005

Senin, 23/01/2012 – 12:57
SOREANG, (PRLM).- Tubuh tak sempurna bukan sebuah kekurangan. Malah menjadi motivasi untuk berbuat lebih besar. Hal itu diakui Luthfi Mu’awan (19) yang meraih berbagai prestasi internasional meski tak memiliki lengan kiri. “Kita semua diciptakan secara sempurna dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tugas kita untuk mengetahui kekurangan diri dan memaksimalkan kelebihan yang kita miliki,” kata Luthfi saat hadir di Yayasan Pendidikan Al Ma’soem, Senin (23/1). Luthfi tercatat meraih medali Perak dalam Kontes Ilmuwan Muda di Moskow (Rusia) tahun 2011, juara I Cultural Sho pada Estijo (Earth Science Technology International Jamboree and Olympic 2010), dan medali Emas bidang Best Scientific Poster Presentation dalam ASC (Asian Science Camp) 2011 di Daejeon Korsel tahun 2011.

…dst

3 ) Sistem Pendaftaran Beasiswa Kampus Negeri Berubah
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/23/079379042/Sistem-Pendaftaran-Beasiswa-Kampus-Negeri-Berubah

SENIN, 23 JANUARI 2012 | 13:26 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Sistem penerimaan mahasiswa baru kampus negeri lewat jalur Program Beasiswa Pendidikan bagi Calon Mahasiswa Berprestasi (Bidik Misi) tahun ini mengalami perubahan. Seluruh rektor perguruan tinggi negeri sepakat mendahulukan pendaftaran jalur beasiswa untuk mencegah penipuan status ekonomi oleh calon mahasiswa. Sekarang calon mahasiswa yang ingin mengambil program Bidik Misi harus mendaftar dulu sebelum ikut mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pendaftaran dilakukan melalui jalur undangan kampus, ujian tulis SNMPTN, juga ujian mandiri yang diselenggarakan PTN. Selanjutnya panitia akan langsung memverifikasi status ekonomi pendaftar Bidik Misi. “Tahun lalu ikut SNMPTN dulu baru Bidik Misi,” kata Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung, Akhmaloka, kepada Tempo,Senin 23 Januari 2012.

…dst

4 ) Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/24/95/562177/beasiswa-unggulan-kemendikbud-2012

Selasa, 24 Januari 2012 10:17 wib
KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan apresiasi bagi para pemuda Indonesia yang berprestasi. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk bantuan untuk biaya pendidikan, biaya hidup, serta bantuan operasional lainnya, tergantung kompetensi dari masing-masing individu. Beasiswa dari Kemendikbud yang dikelola oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) tersebut bernama Beasiswa Unggulan dan berasal dari APBN sebesar Rp94 miliar. Biasanya beasiswa yang selama ini saya ketahui hanya diberikan dalam jangka waktu satu tahun dan tergantung dari kuota masing-masing fakultas. Namun, Beasiswa Unggulan berbeda karena terdapat jalur seleksi mandiri nasional sehingga benar-benar objektif dan tidak dapat diintervensi pihak ketiga. Selain itu, tidak tanggung-tanggung, beasiswa ini dapat membiayai perkuliahan mahasiswa sampai lulus dan langsung diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan. Tidak hanya untuk jenjang S-1, beasiswa ini dapat membiayai kuliah hingga S-2 dan S-3. Untuk tahun 2012, terdapat kurang lebih 1.000 penerima Beasiswa Unggulan.

…dst

5 ) Beasiswa S-1
Beasiswa ke Inggris Ini untuk Lulusan SMA
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/24/10473533/Beasiswa.ke.Inggris.Ini.untuk.Lulusan.SMA

Selasa, 24 Januari 2012 | 10:47 WIB
KOMPAS.com – Kesempatan untuk memenangkan beasiswa S-1 di Bangor University, Inggris, terbuka bagi Anda lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Bangor University yang berdiri pada tahun 1884 merupakan salah satu institusi pendidikan tertua dan cukup bergengsi di Inggris. Bagi yang ingin mencoba, aplikasi paling lambat diterima pada 1 Juni 2012. Bagi kandidat terpilih, beasiswa yang diberikan hingga 1000 poundsterling.

…dst

6 ) Indonesia Diminati Mahasiswa Korea
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/24/0952418/Indonesia.Diminati.Mahasiswa.Korea

Selasa, 24 Januari 2012 | 09:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Minat mahasiswa Korea Selatan mempelajari kebudayaan Indonesia besar. Selain mempelajari bahasa Indonesia, mahasiswa Korea Selatan juga mengkaji dan meneliti banyak karya sastra modern Indonesia.”Banyak warga Korea, terutama mahasiswa, yang ingin lebih mengenal budaya Indonesia,” kata Guru Besar Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan, Koh Young-hun, di Jakarta, Jumat (20/1). Jumlah warga negara Korea di Indonesia paling banyak dibandingkan warga negara lain. Adapun jumlah warga negara Indonesia di Korsel 45.000 orang.

…dst

7 ) SNMPTN 2012
Kuota SNMPTN Belum Komplit
Fakultas Kedokteran Dijagokan Masih Favorit
http://www.jpnn.com/read/2012/01/24/115069/Kuota-SNMPTN-Belum-Komplit-

Selasa, 24 Januari 2012 , 07:55:00
JAKARTA – Gelaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 semakin dekat. Rabu pekan depan (1/2) seleksi tahunan itu sudah dimulai dengan pendaftaran SNMPTN 2012 jalur undangan. Tetapi, hingga saat ini pengumpulan kuota mahasiswa dari 61 kampus negeri belum komplit. Mereka diberi tenggat waktu hingga akhir bulan ini. Ketua panitia pusat SNMPTN 2012 Akhmaloka saat dihubungi kemarin (23/1) mengatakan, sudah menyusun agenda untuk menagih para PTN yang belum setor kuota SNMPTN 2012. Dia mengatakan, panitia pusat akan menagih dengan memanggil langsung seluruh pembantu rektor I di seluruh PTN. “Selian menagih kuota, kami juga melakukan sosialisasi akhir,” kata dia. Untuk itu, pemanggilan ini juga dilakukan bagi kampus yang sudah setor kuota SNMPTN 2012. Rektor ITB itu masih belum memaparkan kampus-kampus negeri yang belum mengumpulkan kuota SNMPTN. Muncul dugaan jika beberapa kampus sengaja setor kuota agak mepet untuk mengakali kuota mahasiswa baru jalur SNMPTN dengan jalur mandiri.

…dst

8 ) Unhas Tolak Penghapusan SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/24/373/562168/unhas-tolak-penghapusan-snmptn

Selasa, 24 Januari 2012 10:06 wib
MAKASSAR – Penolakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mendapat dukungan dari Universitas Hasanuddin (Unhas). Rektor Unhas Prof Idrus A Paturusi menyatakan, penghapusan SNMPTN dengan dalih menghargai kerja keras siswa mengikuti Ujian Nasional (UN) tidak kuat. Alasannya, perguruan tinggi negeri (PTN) selama ini mengapresiasi siswa yang berprestasi dengan menyediakan jalur undangan yang dikhususkan bagi pelajar dengan kemampuan di atas rata-rata.

…dst

9 ) SNMPTN Tahun Ini Lebih Ketat
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/24/373/562145/snmptn-tahun-ini-lebih-ketat

Selasa, 24 Januari 2012 09:42 wib
BANDUNG – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 akan diintegrasikan dengan kelulusan ujian nasional (UN). Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka mengatakan, SNMPTN tahun ini akan lebih ketat karena ada dua variabel yang digunakan yaitu nilai UN dan SNMPTN. “Kita kombinasikan siswa yang nilai UN-nya bagus (lulus) dan hasil SNMPTN-nya juga bagus, itu yang akan diterima dan layak masuk perguruan tinggi negeri,” ujar Akhmaloka, kemarin. Mekanisme tersebut berlaku untuk dua jalur SNMPTN, yaitu jalur undangan dan ujian tulis. Jalur undangan, siswa diseleksi melalui nilai rapor dan ranking di sekolah yang dinyatakan nilainya bagus. Namun bila UN tidak lulus, maka siswa tidak akan diterima di perguruan tinggi negeri.

…dst

10 ) Persiapan SNMPTN- PTN Tetap Waspadai Perjokian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/462966/

Tuesday, 24 January 2012
JAKARTA – Sejumlah perguruan tinggi negeri masih khawatir munculnya joki saat pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Idrus A Paturusi mengatakan,empat tahun lalu dirinya menangkap satu orang joki saat SNMPTN. Dari satu joki itu, berlanjut pada penangkapan 13 orang lainnya yang berstatus sebagai mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Idrus mengatakan,selain meningkatkan pengawasan dengan menambah jumlah pengawas, mulai tahun ini pemerintah akan membagi ruang peserta SNMPTN dengan peserta yang gagal tahun sebelumnya. “Peserta SNMPTN 2011 yang ikut lagi pada tahun ini akan dimasukkan ke ruang khusus,”ungkap Idrus di Jakarta kemarin. Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini menjelaskan, pemisahan ini berdasarkan pengalaman tahun lalu di mana ada peserta SNMPTN yang memergoki temannya yang sudah diterima di jurusan kedokteran.

…dst

11 ) UN Jadi Syarat Masuk PTN, Apa Kata Sekolah?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/24/09200918/UN.Jadi.Syarat.Masuk.PTN.Apa.Kata.Sekolah.

Selasa, 24 Januari 2012 | 09:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, mulai tahun ini nilai akhir ujian nasional (UN) akan dijadikan evaluasi akhir penerimaan calon mahasiswa di sebuah perguruan tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, kebijakan ini diterapkan sebagai bagian dari upaya menyatukan sistem. Bagaimana tanggapan sekolah? Kompas.com meminta tanggapan dari dua SMA di Jakarta dan Depok, Jawa Barat, yaitu SMA 24 Jakarta dan SMA 1 Depok. Humas sekaligus Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana SMA 24 Jakarta, Wirda mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima informasi mengenai akan dijadikannya nilai UN sebagai salah satu instrumen lolos tidaknya di sebuah PTN.

…dst

12 ) Ujian Nasional
Tak Ada Perubahan Jadwal Ujian Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/24/11412885/Tak.Ada.Perubahan.Jadwal.Ujian.Nasional

Selasa, 24 Januari 2012 | 11:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria menegaskan, tak ada perubahan jadwal Ujian Nasional 2012. Pelaksanaan ujian nasional tetap pada jadwal yang sudah diputuskan yaitu UN untuk tingkat SMA/MA akan mulai digelar pada 16-19 April 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April. Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012, dan UN susulan akan berlangsung pada 30- 4 Mei 2012. Adapun untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan UN susulan akan dilaksanakan pada 14-16 Mei 2012. Penegasan Ramli ini menjawab informasi yang beredar dan diperoleh Kompas.com dari salah satu sekolah bahwa pelaksanaan ujian nasional akan dimajukan pada awal Maret 2012.

…dst

13 ) Soal Temuan BPK, Iluni UI Utamakan Asas Praduga Tak Bersalah
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/23/373/561774/soal-temuan-bpk-iluni-ui-utamakan-asas-praduga-tak-bersalah

Senin, 23 Januari 2012 12:08 wib
DEPOK – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah menyampaikan hasil audit kepada Universitas Indonesia (UI). Hasilnya, BPK menemukan adanya potensi kerugian negara sebesar Rp45 miliar terkait dua proyek yakni asrama Pegangsaan Timur, dan pembangunan rumah sakit. Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Chandra Motik menilai kemelut yang terjadi di UI hendaknya diselesaikan dengan dialog. Dia mengajak seluruh civitas akademika UI untuk duduk bersama dan komunikasi dua arah. “Harus dialog dan komunikasi dua arah,” tegasnya dalam acara Pisah Sambut Iluni UI di Perpustakaan UI, akhit pekan lalu.

…dst

14 ) Rektor UI Dimintai Pertanggungjawaban Keuangan
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/23/079379097/Rektor-UI-Dimintai-Pertanggungjawaban-Keuangan

SENIN, 23 JANUARI 2012 | 17:29 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) berencana mengundang Rektor UI Gumilar Somantri Rusliwa untuk menyampaikan pertanggungjawaban keuangannya. “MWA mengundang Rektor UI menyampaikan pertanggungjawaban keuangan dalam Rapat Paripurna MWA pada Rabu, 25 Januari 2012,” ujar Ketua MWA Purnomo Prawiro dalam rilis yang diterima Tempo, Senin, 23 Januari 2012. Pertanggungjawaban keuangan ini khususnya berkenaan dengan kasus-kasus yang telah dilaporkan Badan Pemeriksa Keuangan ke Dewan Perwakilan Rakyat dan Komisi Pemberantasan Korupsi serta Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan tahun 2012.

…dst

15 ) IPB dan PT Bina Pertiwi Lakukan Corporate Farming
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/01/23/293451/293/14/IPB-dan-PT-Bina-Pertiwi-Lakukan-Corporate-Farming

Senin, 23 Januari 2012 21:55 WIB
BOGOR–MICOM: Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan dunia usaha melakukan pengembangan corporate farming budi daya padi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, seluas 10 hektare.”Pengembangan program itu menggunakan alat dan mesin pertanian dengan teknologi modern,” kata Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti MSi di Bogor, Jawa Barat, Senin (23/1). Ia menjelaskan, program corporate farming adalah program jangka pendek setelah IPB menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Bina Pertiwi. MoU itu untuk kerja sama pengembangan pertanian industri melalui pendampingan akademis dan kemitraan kerja guna menyukseskan ketahanan pangan. Menurut Henny Windarti, penandatanganan tersebut telah dilakukan pada 17 Januari 2012 antara Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc dan Presiden Direktur PT Bina Pertiwi Ir Bugie Laksmana MBA. Rektor IPB Herry Suhardiyanto berharap dengan adanya kerja sama itu mampu mengubah citra dan melakukanrebranding pertanian.

…dst

16 ) Joglo Semar, Forum untuk Dekan MIPA se-Jateng & Yogya
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/23/373/561998/joglo-semar-forum-untuk-dekan-mipa-se-jateng-yogya

Senin, 23 Januari 2012 18:00 wib
JAKARTA – Para dekan Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) se-Jawa Tengah dan Yogyakarta yang tergabung Forum MIPA Joglo Semar kembali mengadakan pertemuan yang ketiga di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Koordinator Forum MIPA Joglo Semar Sri Wahyuni menyebutkan, salah satu tujuan pertemuan tersebut adalah membangun jejaring komunitas MIPA di wilayah DIY dan Jawa Tengah.”Forum ini memberikan manfaat bagi dosen maupun mahasiswa. Bagi dosen, forum ini menjadi media pertukaran dosen untuk mengajar di universitas yang berbeda, menggali dan menyelsaikan permasalah yang muncul di wilayah setempat. Sementara bagi mahasiswa, akan diinisiasi Program Credit Trasfer System (CTS) agar mereka dapat belajar dan kuliah di perguruan tinggi lain yang tergabung di Forum MIPA Joglo Semar ini,” kata Sri seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Senin (23/1/2012).

…dst

17 ) Kelakuan Afriani Bikin Resah Rektor IKJ
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/24/373/562263/kelakuan-afriani-bikin-resah-rektor-ikj

Selasa, 24 Januari 2012 12:01 wib
JAKARTA – Kecelakaan maut yang melibatkan alumnus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) adalah salah satu preseden buruk bagi kampus pencetak seniman Tanah Air tersebut. Rektor IKJ Wagiono menyatakan, dia sangat menyesalkan kejadian yang melibatkan mantan anak didiknya tersebut.”Alumni yang berprestasi pasti akan membuat saya bangga. Tapi kejadian ini meresahkan saya, ini contoh buruk dari alumni IKJ,” ujar Wagiono ketika dihubungiokezone, Selasa (24/1/2012). Rektor menyebutkan, kejadian seperti ini adalah yang pertama kali melibatkan alumnus IKJ. Dia pun menyampaikan penyesalan dan rasa berduka yang mendalam bagi para korban. Wagiono membenarkan, Afriani tercatat sebagai mahasiswa IKJ di Fakultas Film dan Televisi (FFTV).

…dst

18 ) Marak Pungli di Universitas Terbuka
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/462989/

Tuesday, 24 January 2012
TEGAL – Program Belajar Jarak Jauh-Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Purwokerto yang bersekretariat di Kota Tegal diduga menjadi ajang praktik pungutan liar. Besarnya pungutan mencapai ratusan ribu rupiah. Salah satu korban, Muhamad Riskiana, 35, yang merupakan mahasiswa UPBJJ-UT angkatan 2010.2 mengatakan tindakan merugikan itu dilakukan oleh kelompok belajar (Pokjar) Mitra Kerja yang semula berkantor di SMK Ihsaniyah, Tegal dan kini telah beralih ke SMK N 1 Tegal.Dia membeberkan tindakan merugikan itu,seperti Pokjar tidak memberikan katalog UT yang jelas, termasuk dari segi biaya yang harus dikeluarkan calon mahasiswa. “Calon mahasiswa yang mau daftar jadi tidak tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan,” katanya saat dihubungi di Tegal,kemarin. Untuk pendaftaran, calon mahasiswa dikenakan biaya senilai Rp186.000 per orang.Padahal dalam katalog yang akhirnya diperoleh calon mahasiswa, tertulis senilai Rp100.000 per orang untuk biaya pendaftaran.

…dst

19 ) Pemerintah Luncurkan Program Utama 2012
http://nasional.kompas.com/read/2012/01/24/11261334/Pemerintah.Luncurkan.Program.Utama.2012

Selasa, 24 Januari 2012 | 11:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah meluncurkan sejumlah program utama yang akan dilaksanakan tahun 2012. Program utama itu meliputi tiga kelompok, yaitu program pencegahan dan pemberantasan korupsi 2012, program percepatan pembangunan 2012, serta program pemerintahan yang terbuka (Open Government). Peluncuran program utama pemerintah tahun 2012 itu dilakukan di Kantor Wakil Presiden, Selasa (24/1/2012). Peluncuran dipimpin Wakil Presiden Boediono, didampingi Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto, dihadiri para sekretaris menteri, sekretaris jenderal kementerian, serta sekretaris utama lembaga.

…dst

20 ) Kemenhub Akan Dirikan Pendidikan Tinggi Kemaritiman
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/24/174598/Kemenhub-Akan-Dirikan-Pendidikan-Tinggi-Kemaritiman

24 Januari 2012
SEMARANG- Kebutuhan perwira laut di Indonesia sekarang ini masih belum terpenuhi. Berdasarkan data Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan RI, saat ini kebutuhan pasar mencapai 7.500 perwira per tahun, sedangkan kemampuan perguruan tinggi bidang maritim baik swasta maupun negeri mencetak lulusan perwira laut yang kompeten dan profesional masih 1.500 orang. ”Melihat kondisi ini, Kemenhub akan membuka beberapa politeknik kemaritiman di Indonesia di lima provinsi, yaitu Riau, Sumbar, Sulawesi Utara, NTB, dan Kalimantan Timur,” kata Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kemenhub RI Capt Bobby R Mamahit seusai meresmikan Gedung Integreted Navigation System (INS) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, kemarin.

…dst

21 ) Iluni UI Komitmen Jadi Agen Perubahan Bangsa
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/23/373/561749/iluni-ui-komitmen-jadi-agen-perubahan-bangsa

Senin, 23 Januari 2012 11:33 wib
DEPOK – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) baru saja melaksanakan pisah sambut kepengurusan dan ketua umum yang baru. Tonggak kepemimpinan Iluni UI sebelumnya, yakni Sofyan Djalil, kini diteruskan oleh Chandra Motik.Chandra Motik mengungkapkan, Iluni UI merupakan wadah internal yang di dalamnya terdapat semangat untuk mendorong alumni untuk bersinergi dengan alumni lainnya. Dia pun berjanji akan membantu alumni yang kesulitan. Salah satunya, para alumni yang mengalami kesulitan dalam bidang pekerjaan. “Alumni UI yang sukses dan mempunyai banyak pekerjaan, saya akan injak kakinya untuk memberikan pekerjaan kepada alumni yang masih menganggur,” kata Chandra dalam sambutannya di Perpustakaan UI, Depok, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

…dst

22 ) Larangan Dirjen Perlu Ditinjau
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/24/174600/Larangan-Dirjen-Perlu-Ditinjau

24 Januari 2012
SEMARANG- Ketua PGRI Jateng Dr H Soebagyo Brotosedjati MPd menyatakan, pernyataan Dirjen Pendidikan Dasar yang melarang semua sekolah baik negeri maupun swasta penerima BOS melakukan pungutan, perlu dipertimbangkan kembali. Sebab, kalau tidak boleh jelas akan banyak sekolah swasta yang tidak bisa menjalankan operasionalnya. ”Boleh saja sekolah swasta penerima BOS dilarang memungut, tetapi gaji guru dan tenaga kependidikan dibayar oleh pemerintah. Sebab, biaya paling besar pengelolaan pendidikan di sekolah swasta justru untuk membayar guru dan tenaga kependidikan,” ungkapnya kemarin. Seperti diberitakan di harian ini (SM 21/1), Dirjen Pendidikan Dasar Suyanto menyatakan, semua sekolah yang menerima dana BOS harus membebaskan siswa dari pungutan biaya operasional pendidikan.

…dst

23 ) Mobil Esemka Dijajal Sampai Jauh
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/463085/

Tuesday, 24 January 2012
SOLO– Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) menjajal ketangguhan mobil Esemka melalui sejumlah jalur lintas provinsi. Test drive sengaja menempuh rute sampai luar kota dengan berbagai medan. “Terkadang test drive-nya dengan saya, tapi paling sering Pak Rudy (Wakil Wali Kota Solo). Test drive selalu pada malam hari dengan rute Solo- Wonogiri, Solo-Ponorogo, atau bahkan lebih jauh lagi,” kata Jokowi,kemarin. Supaya lebih berkonsentrasi, test drive berlangsung pada malam hari.Test drive malam hari dianggap lebih tepat supaya tim berkonsentrasi penuh menjajal ketangguhan mobil Esemka. Jika siang hari, dikhawatirkan terganggu lalulintas maupun antusiasme publik.

…dst

24 ) Kemenag Kekurangan Guru Agama
http://www.jpnn.com/read/2012/01/24/115097/Kemenag-Kekurangan-Guru-Agama-

Selasa, 24 Januari 2012 , 10:04:00
TEGAL–Melalui SK Wali Kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menjadikan Baca Tulis Al Quran (BTQ) sebagai muatan lokal (mulok) di sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Akibatnya, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal, mengalami kekurangan tenaga pengajar agama. Kepala Kenator Kemenag Kota Tegal, H Nuril Anwar mengatakan, BTQ masuk menjadi mulok di tingkat SD/MI dan SMP/MTs mulai semester kedua tahun pelajaran 2011-2012. Artinya semua sekolah wajib melaksanakan BTQ dengan durasi waktu dua jam pelajaran. “Kebijakan tersebut telah dilandasi dengan SK Wali Kota Tegal yang dikeluarkan baru-baru ini,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan lomba cerdas cermat agama Islam di Pondok Pesantren Daarul Hijrah kemarin.

…dst

25 ) ILO: Pengangguran Dunia Semakin Buruk
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/01/24/79578/ILO-Pengangguran-Dunia-Semakin-Buruk/3

Sosbud / Selasa, 24 Januari 2012 11:25 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Laporan Badan Perburuhan Internasional (ILO) menyebut kondisi pasar tenaga kerja global tahun ini akan jauh lebih buruk ketimbang tahun lalu. ILO menyebut situasi ini sebagai sebuah tantangan mendesak sebab negara-negara dunia harus mencetak sedikitnya 600 juta lapangan kerja selama satu dekade ke depan. Memburuknya kondisi lapangan kerja itu disebabkan perekonomian dunia yang masih cenderung melemah. Bahkan, ILO menambahkan secara global sekitar 1,1 miliar orang menganggur dan hidup dalam kemiskinan. “Di samping upaya berbagai negara, krisis lapangan kerja masih belum teratasi dan 1,1 miliar orang akan menganggur atau hidup dalam kemiskinan,” kata Direktur Jenderal ILO Juan Somavia.

…dst

26 ) Sekilas dalam Negeri
Tragis ! Siswi Kelas 1 SMP Gantung Diri
Malu Dituduh Mencuri, Julianti Gantung Diri
Pencegahan narkoba
Pelajar Padang akan dites urine
Tragedi Xenia Maut
Warga Geram: ‘Sopir Maut’ Harus Dihukum Seumur Hidup, 6 Tahun Ringan!
Tidak Adil ‘Sopir Maut’ Afriyani Hanya Diancam 6 Tahun Penjara
Pengemudi Xenia Maut Harus Disanksi Berat (ketua DPR)
Usai Kehilangan Anak, Siti Kehilangan Limpa
Korban Tewas Xenia Maut Tingalkan Istri yang Tengah Hamil
Kenang 9 Korban ‘Xenia Maut’, Pendirian Tugu Peringatan Diusulkan
Pelajaran dari Tabrakan Maut
Pemerintah Harus Sediakan Pedestrian yang Aman untuk Pejalan Kaki
Pemprov DKI Jakarta Kesulitan Perlebar Pedestrian
Foke Minta Walikota Jakpus Beri Perhatian ke Korban ‘Xenia Maut’
Rekening Gendut PNS

Bos Besar juga
Ruang Banggar DPR
Musibah Menimpa Mahasiswa Kebidanan
Marak Perkosaan dan Pembunuhan
Libya
Amerika
Filipina
Pakistan
Myanmar