Dear All,
Saya perhatikan sampai semalam masih banyak dosen kita pergunakan mesin pencari mencari info tentang cara mengisi DUPAK dan SURAT-SURAT MELAKSANAKAN KEGIATAN A-D, sebagian dirujuk Google ke web kami. Sebenarnya sudah pernah saya posting bahan ini yang sebagian materinya saya ambil dari salah satu pelatihan yang berlangsung di Kopertis III  pada tanggal 4 Mei 2011 yang lalu. Namun mungkin postingan saya berbaur dengan materi pelatihan yang lain jadi agak sulit langsung ditemukan. Untuk itu pagi ini selagi ada sedikit waktu saya susun kembali jadi satu posting dengan judul tersendiri, kiranya contoh-contoh yang diberikan akan memudahkan teman-teman dosen (terutama yang lagi mempersiapkan berkas pengangkatan pertama jabatan fungsional dosennya) yang belum sempat mengikuti pelatihan angka kredit bisa memiliki rujukan mengisi DUPAK dan keempat SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN A-D.

Pengertian DUPAK dan PAK:
Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) adalah formulir yang berisi keterangan perorangan dosen dan butir kegiatan yang dinilai dan harus diisi oleh dosen pengusul jabatan fungsional dalam rangka penetapan angka kredit.
Penetapan Angka Kredit (PAK) adalah formulir yang berisi keterangan perorangan dosen dan satuan nilai dari hasil penilaian butir kegiatan dan atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang telah dicapai dosen dan telah ditetapkan oleh Pejabat yang berwenang menetapakan angka kredit.

Contoh cara mengisi DUPAK, Daftar Kegiatan Penelitian, Surat Pernyataan Melakukan Kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Surat Pernyataan Melakukan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan Surat Pernyataan Melakukan kegiatan Penunjang.
1) Contoh dari PTS di wilayah Kopertis III, pengusulan kenaikan dari Jafung Asisten Ahli ke Lektor
Sebelum diisi kum dan bukti fisik
Setelah diisi kum dan bukti fisik
2) Contoh dari PTS di wilayah Kopertis III, pengusulan awal dari jafung Tenaga Pengajar ke Asisten Ahli.
Sebelum diisi kum dan bukti fisik
Setelah diisi kum dan bukti fisik
3) Contoh dari Poltek Balikpapan, pengusulan awal jafung Asisten Ahli lengkap daftar Rekapitulasi PAK, Pengisian DUPAK, Daftar kegiatan Penelitian dan  Surat Pernyataan Melaksanakan Kegiatan A, C dan D
4 ) Form DUPAK, Surat Pernyataan dan Daftar Kegiatan, PAK dan Contoh Pembuatan DUPAK dari UNSOED Klik Di Sini

Semoga bermanfaat, salam, Fitri.

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

6 Comments

  1. naam says:

    kalo form untuk dupak sarjana keperawatan yang sudah melewati profesi (Ners) da ngak mohon dibantu
    trima kasih

    • Fitri says:

      Dik Naam
      Berikut Ini adalah contoh Penyusunan / Pembuatan Angka kredit Perawat ( saya kutip dari website PPNI Dinkes Kota Semarang )
      http://www.ziddu.com/download/6563736/angkakreditbagiperawatahliterampil.zip.html

      Dik, Untuk menghitung angka kredit jabatan fungsional perawat, mohon maaf berbeda dengan jabatan fungsional dosen yang di luar binaan kami, dipersilakn rujuk pada produk hukum yang telah ada yaitu:
      Keputusan Menpan No. 94/KEP/M.PAN/11/2001 tentang Jabatan Fungsioanal Perawat dan Angka Kreditnya, Keputusan Bersama Menkes & kepala BKN Nomor 733/menkes/SKB/VI/2002 dan Nomor 10 Tahun 2002 tentang Juklak Jabfung Perawat dan Angka Kreditnya.
      Cara mencari kedua produk hukum tersebut:
      buka http://bkn.go.id/
      klik menu peraturan yang terdapat di menu horizontal atas
      klik kumpulan peraturan :kategori : surat edaran, keputusan, peraturan bersama kepala BKN
      di sebelah kanan namapak ada 7 halaman, klik >> sampai halaman ke lima di paling bawah sudah nampak Keputusan bersama Menkes & kepala BKN Nomor 733/menkes/SKB/VI/2002 dan Nomor 10 Tahun 2002 tentang Juklak Jabfung Perawat dan Angka Kreditnya, semua ada 56 (lima puluh enam) halaman dibaca dan dicermati, semua persyaratan dan prosedur sudah ada di situ.
      kalo lampiran angka kreditnya terdapat di Kepmenpan Nomor 94/kep/M.Pan/11/2001 tentang jabatan fungsional perawat dan angka kreditnya, itu bisa dapat di website Kemenpan bagian produk hukum: http://www.menpan.go.id/
      Semoga membantu, salam, Fitri

  2. naam says:

    makasih banyak atas info nya

  3. jimmy says:

    wah…membantu banget nih info nya mba fitri….saya mau mengajukan pangkat dari AA ke L

  4. yos banne says:

    ass. wr.wb.
    tahun lalu saya baru slsai tubel & selama masa tubel tsb ada bbrp penelitian yang dipublikasikan, apakah publikasi tersebut dapat terhitung untuk PAK saya tahun ini? trm kasih.

    • Fitri says:

      Walaikumsalam Wr. Wb. pak Yos, publikasi selama tugas belajar tidak bisa terhitung sebagai kum karena status dosen pada saat tugas belajar adalah dalam keadaan non aktif.
      Terima kasih, salam, Fitri

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.