1 ) Kemdikbud Anggarkan Beasiswa S2 dan S3 Rp 300 Miliar
http://www.jpnn.com/read/2011/12/27/112420/Kemdikbud-Anggarkan-Beasiswa-S2-dan-S3-Rp-300-Miliar-

Selasa, 27 Desember 2011 , 16:54:00
JAKARTA — Di tahun 2012 mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan membuka dan memberikan beasiswa secara seluruh masyarakat Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan populasi masyarakat lulusan S2 dan S3 di Indonesia.”Selama ini, sudah banyak sekali populasi lulusan S1 dan bahkan banyak yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang S2 dan S3. Maka dari itu, beasiswa ini kami buka untuk semua, tidak harus dosen,” terang Nuh kepada JPNN di Jakarta, Selasa (27/12). Mantan Rektor ITS ini menyebutkan, rencana pemerintah ini akan didukung dengan anggaran yang diperkirakan sebesar Rp 300 miliar. Menurutnya, dana tersebut diperoleh dari bunga dana abadi yang sebesar Rp 5 triliun.

…dst

2 ) Nuh Optimis Anggaran Pendidikan Cukup Bangun PTN
http://www.jpnn.com/read/2011/12/27/112415/Nuh-Optimis-Anggaran-Pendidikan-Cukup-Bangun-PTN-

Selasa, 27 Desember 2011 , 16:10:00
JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh optimis bahwa pemerintah dapat membangun perguruan tingi negeri (PTN) baru di tahun 2013 mendatang. Hal ini diungkapkan berdasarkan hasil analisa pertumbuhan anggaran pendidikan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahunnya. “Jadi masalah anggaran pendidikan itu saya optimis. Skenarionya kan begini, tahun 2012 itu kan anggaran pendidikan capai Rp 290 triliun. Kita perkirakan di tahun 2013 mencapai Rp 330 – Rp 340 triliun. Tambahannya sekitar 30 – 40 triliun setiap tahunnya. Sekarang kan total APBN sebesar Rp 1400 triliun. Nah, tahun 2013 bisa capai Rp 1600 triliun. Jadi kalau dihitung-hitung, bisa lah (bangun PTN baru),” ungkap Nuh kepada JPNN di Jakarta, Selasa (27/12).

…dst

3 ) 15 PTS Ajukan Pergantian Status
http://www.jpnn.com/read/2011/12/27/112407/15-PTS-Ajukan-Pergantian-Status-

Selasa, 27 Desember 2011 , 14:45:00
JAKARTA – Sepanjang tahun 2011, ada sebanyak 15 perguruan tinggi swasta (PTS) yang sudah mengajukan permohonan pergantian status menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh kepada JPNN di Jakarta, Selasa (27/12).”Di tahun 2011 ini sudah ada 15 PTS yang meng-apply atau mengajukan untuk proses penegerian. Namun kami tetap harus mengkaji dan menilai kelayakannya,” terang Nuh. Nuh menyebutkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pengelola ataupun yayasan yang membaahi suatu PTS. Pertama, jika perguruan tinggi itu merupakan Politeknik maka minimal harus memiliki luas tanah seluas 10 hektar, sedangkan universitas harus memiliki tanah seluas 30 hektar. Kedua, kementerian harus menilai dari sisi kelayakan atau sisi visibilitas daerah di mana tempat PTS itu berdiri. “Misalnya, kita harus melihat berapa sih PT yang sudah ada di daerah itu. Sudah ada negerinya belum, berapa populasinya. Penduduk yang usia 18-23 tahun berapa orang. Terus juga bagaimana perkembangan ekonominya? Kalau semuanya sudah Ok, ya sudah kita negerikan,” paparnya.

…dst

4 ) PTN Baru Diutamakan di Daerah Perbatasan
http://cetak.kompas.com/read/2011/12/28/03412945/ptn.baru.diutamakan.di.daerah.perbatasan

Rabu, 28 Desember 2011
Tanjung Pinang, Kompas – Pemerintah memprioritaskan pendirian perguruan tinggi negeri baru di kawasan strategis, seperti daerah perbatasan. Perguruan tinggi itu dibentuk untuk menjadi pusat unggulan kajian keilmuan dan penelitian ilmu-ilmu yang spesifik. Itu dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Senin (26/12), seusai peresmian Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menjadi universitas negeri dari semula perguruan tinggi swasta. “Paling tidak di provinsi yang strategis harus ada PTN. Entah berupa universitas, institut, atau politeknik. Bisa konversi dari swasta atau dibangun PTN yang benar-benar baru,” kata Nuh. Nuh menilai keberlangsungan PTN lebih aman karena pemerintah yang menanggung pembiayaan operasional hingga gaji pegawai. Sejauh ini ada 90 PTN, sedangkan PTS sekitar 3.000 kampus. “Ada 15 perguruan tinggi yang mengajukan usulan menjadi PTN,” katanya. Beberapa perguruan tinggi dalam proses penegerian, antara lain di daerah Sikka, Nusa Tenggara Timur; Banyuwangi, Jawa Timur; Sampang, Jawa Timur; dan Meulaboh, Aceh.

…dst

5 ) Enggan Lepas Aset, PTS Hambat Tumbuhnya PTN di Daerah
http://www.jpnn.com/read/2011/12/27/112413/Enggan-Lepas-Aset,-PTS-Hambat-Tumbuhnya-PTN-di-Daerah-

Selasa, 27 Desember 2011 , 15:43:00
JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan banyak yayasan pengelola perguruan tinggi swasta (PTS) yang tidak rela melepaskan asetnya kepada negara di saat proses penegerian. Menurutnya, sikap keengganan melepaskan aset ini menjadi salah satu penghambat tumbuhnya perguruan tinggi negeri (PTN) di berbagai daerah. “Ada pemerintah daerah yang ingin memanfaatkan universitas swasta yang sudah ada untuk dikonversi. Tapi kan persyaratannya universitas swasta yang mau dikonversi itu kan harus menyerahkan aset. Tapi jarang ada yang rela sepenuh hati melepaskan asetnya,” jelas Nuh kepada JPNN di Jakarta, Selasa (27/12).

…dst

6 ) Kemendikbud Minta UI Rumuskan Statuta
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/27/lwuu04-kemendikbud-minta-ui-rumuskan-statuta

Selasa, 27 Desember 2011 15:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Djoko Santoso, meminta nantinya tim transisi merumuskan statuta UI, sehingga tidak ada lagi perselisihan di kalangan internal UI. Statuta tersebut di antaranya akan berisi tata cara mengatur organisasi serta tata kerja UI selama masa transisi. “Tim transisi mesti merumuskan statuta supaya tidak ada perkelahian lagi di UI,” ujar Djoko saat dihubungi Republika, Selasa (27/12). Djoko mengaku sudah lelah mendengar kisruh yang terjadi di universitas negeri terbaik di Indonesia tersebut. Salah satu tugas dari tim transisi adalah menyiapkan pembentukan Senat Akademik Universitas (SAU) yang baru. SAU tersebut nantinya akan bertugas memilih Majelis Wali Amanat yang baru serta menyiapkan pemilihan rektor UI yang baru pada Agustus 2012. “Aturan mengenai SAU tersebut harus sudah ada di statuta,” tutur Djoko. Kemendikbud telah memberi tenggat waktu selambat-lambatnya 29 Desember nanti tim transisi ini sudah terbentuk. Keanggotaan tim tersebut merupakan tujuh orang yang merupakan representasi dari tujuh stakeholder di tubuh UI yaitu MWA, Eksekutif (rektorat), Dewan Guru Besar, Dewan Audit, Perwakilan SAU, perwakilan mahasiswa, dan perwakilan karyawan.

…dst

7 ) Ditanya Soal Tim Transisi UI, Gumilar Bilang, Meditasi Dulu
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/27/lwuvox-ditanya-soal-tim-transisi-ui-gumilar-bilang-meditasi-dulu

Selasa, 27 Desember 2011 16:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri, tidak mau berkomentar banyak jelang batas waktu pembentukan tim transisi UI pada 29 Desember nanti. Ia menyiratkan masih memikirkan siapa orang yang akan ditunjuk untuk mewakili rektorat UI dalam tim tersebut. “Sudahlah, tanya yang lain saja. Saya meditasi dulu,” kata Gumilar saat dicegat wartawan di Perpustakaan UI, Selasa (27/12) sore. Sebelumnya, Kemendikbud memberi batas waktu terbentuknya tim transisi UI hingga 29 Desember pukul 16.00 WIB. Ketujuh anggota tim transisi tersebut harus merupakan representasi dari tujuh stakeholder di tubuh UI yaitu MWA, Eksekutif (rektorat), Dewan Guru Besar, Dewan Audit, Perwakilan Senat Akademik Universitas (SAU), perwakilan mahasiswa, dan perwakilan karyawan.

…dst

8 ) Belanja Riset Indonesia Sangat Rendah
http://nasional.kompas.com/read/2011/12/27/22114361/Belanja.Riset.Indonesia.Sangat.Rendah

Selasa, 27 Desember 2011 | 22:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya, belanja riset di Indonesia tergolong rendah. Padahal riset menjadi penopang penting bagi pertumbuhan ekonomi. Keterlibatan swasta dalam aktivitas riset juga masih rendah. Berdasarkan data Bank Dunia, tingkat belanja riset di Indonesia terhadap produk domestik bruto hanya 0,08 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan China (1,44 persen), Malaysia (0,63 persen), danThailand (0,26 persen).”Riset di Indonesia masih sangat minim, padahal tenaga perisetnya sangat banyak. Mereka justru menjadi tenaga periset di luar negeri. Kalangan swasta lebih suka membeli hasil riset daripada riset sendiri,” kata peneliti ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Wijaya Adi, kepadaKompas, Selasa (27/12/2011), di Jakarta.

…dst

9 ) Universitas Kurang Proaktif
Prosedur Beasiswa Olimpiade Sains Internasional Akan Dievaluasi
Rabu, 28 Desember 2011
http://cetak.kompas.com/read/2011/12/28/04154920/universitas.kurang.proaktif

Jakarta, Kompas – Perguruan tinggi dalam negeri kurang proaktif memburu siswa-siswa Indonesia yang berprestasi di berbagai olimpiade sains internasional. Anak-anak itu justru terjegal di negeri sendiri karena aturan masuk perguruan tinggi dalam negeri yang kaku dan birokratis. Hendra Kwee, Pembina Tim Olimpiade Fisika Indonesia dan penanggung jawab Olimpiade Fisika Surya Institute, mengatakan, perguruan tinggi dalam negeri, terutama perguruan tinggi negeri (PTN) favorit, enggan memburu siswa berprestasi Indonesia di luar jalur masuk yang ada. Di sisi lain, siswa berprestasi itu amat dihargai perguruan tinggi luar negeri yang lebih berkualitas. “PTN kita harus lebih terbuka dan ramah kepada siswa Indonesia yang berprestasi unik,” ujar Hendra di Jakarta, Selasa (27/12).

…dst

10 ) Regenerasi Perekayasa Memprihatinkan
Keberlanjutan Rekayasa Teknologi Terancam
http://cetak.kompas.com/read/2011/12/28/04215423/regenerasi.perekayasa.memprihatinkan

Rabu, 28 Desember 2011
Jakarta, Kompas – Sebagian besar perekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dengan kualifikasi pendidikan master dan doktor berumur di atas 45 tahun. Dalam 5-10 tahun mendatang, mereka akan pensiun. Namun, perekayasa muda yang akan menggantikan jumlahnya sangat kurang. “Kesenjangan komposisi perekayasa dipicu larangan perekrutan pegawai negeri selama 10 tahun sejak krisis ekonomi 1997,” kata Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Nadirah dalam Refleksi Catatan Akhir Tahun dan Kaleidoskop BPPT 2011 di Jakarta, Selasa (27/12). Saat perekrutan pegawai diperbolehkan kembali, sebagian pegawai yang direkrut berstatus honorer. Hanya berjalan beberapa tahun, kini diberlakukan moratorium perekrutan pegawai. Akibatnya, komposisi pegawai BPPT makin jauh dari ideal. Jumlah pegawai BPPT berpendidikan doktor hanya 235 orang (7,74 persen). Yang berpendidikan master 857 orang (28.23 persen) dan sarjana 1.182 orang (38,93 persen).

…dst

11 ) Mahasiswa UMY kembangkan alat deteksi curah hujan
http://www.antaranews.com/berita/290489/mahasiswa-umy-kembangkan-alat-deteksi-curah-hujan

Rabu, 28 Desember 2011 07:10 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Andi Kurniawan mengembangkan alat pendeteksi curah hujan tepat guna dengan biaya produksi yang terjangkau masyarakat. “Alat itu menggunakan komponen-komponen sederhana dalam produksi, yaitu corong, penjungkit, mikrontroler, alat transmisi `wireless`, dan alat penampil data seperti komputer. Biaya produksi alat pendeteksi itu dapat diminimalisasi hingga sekitar Rp400 ribu,” kata Andi di Yogyakarta, Rabu. Menurut dia, corong digunakan sebagai penampung pertama air hujan. Air hujan kemudian dialirkan ke penjungkit sehingga terjadi jungkitan saat volume air hujan yang tertampung di penjungkit telah mencapai jumlah yang ditetapkan. Jumlah jungkitan yang terjadi pada penjungkit tersebut kemudian dihitung oleh “Optocoupler” sebagai sensor.

…dst

12 ) FT UNY Juara Elinfo Competition
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/28/171505/FT-UNY-Juara-Elinfo-Competition

28 Desember 2011
YOGYAKARTA-Tim Chibi-chibi dari Himpunan Mahasiswa Elektronika (Himanika) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih juara pertama bidang Roborace Line Follower Contest dalam perhelatan nasional bertajuk Electronics and Informatics Competition 2011. Kegiatan rutin tahunan di kampus UNY tersebut menggelar dua bidang perlombaan, yakni Roborace Line Follower Contest yang diikuti 148 tim robot dari berbagai universitas di Indonesia. Dan, bidang IT Competition Java Programming yang diikuti 40 tim dari berbagai universitas di Pulau Jawa dan Bali. Humas Elinfo 2011 Nurdin mengungkapkan, acara tahun ini mengangkat tema ”One Spirit for Golden Generation”. Kompetisi tersebut memperebutkan trofi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk juara I, trofi Wali Kota Yogyakarta untuk juara II, trofi Rektor UNY untuk juara III, trofi Dekan Fakultas Teknik UNY untuk Juara IV, dan trofi Kajur Pendidikan Teknik Elektronika untuk kategori Best Design pada bidang Roborace Line Follower Contest.

…dst

13 ) Limbah pun Bisa Jadi Makanan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/28/171506/Limbah-pun-Bisa-Jadi-Makanan

28 Desember 2011
SEMARANG-Kreasi dan karya tangan terampil mahasiswa prodi Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FPMIPA) IKIP PGRI Semarang mampu mengubah limbah menjadi makanan yang dipamerkan dalam Ekspo Biologi 2011 di kampus tersebut, belum lama ini. Ekspo tersebut menawarkan 93 hasil kreativitas mahasiswa, baik dalam mengolah limbah, hasil pangan maupun berupa media-media pembelajaran yang berguna dalam memudahkan proses belajar mengajar. Berbagai stan menawarkan produk makanan hasil olahan limbah yang rasanya pun tak kalah enak dengan makanan-makanan biasa, sebut saja kukong atau kerupuk kulit singkong, manisan kulit semangka, dan tak kalah menarik es krim bekatul.Mendengar kata bekatul biasanya orang akan langsung mengaitkan dengan bahan pakan untuk unggas, sebut saja ayam. Bahkan citra bekatul di benak orang hanya dianggap sebagai limbah dengan bau tengik, apek, dan asam yang dirasa tak memiliki manfaat. Namun di tangan kelompok mahasiswa Biologi IKIP PGRI Semarang, bekatul disulap menjadi es krim.

…dst

14 ) Paduan Suara Mahasiswa Tertua di Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/27/373/547629/paduan-suara-mahasiswa-tertua-di-indonesia

Selasa, 27 Desember 2011 10:15 wib
BANDUNG – Meski basis utama Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah ilmu teknik (eksakta), namun ia punya kebanggaan di luar bidangnya. Kampus Ganeca ini memiliki Paduan Suara Mahasiswa (PSM) tertua di Indonesia. Saat ini, PSM ITB tengah bersiap-siap merayakan dies emasnya yang ke-50. Kebetulan, waktu dies bertepatan dengan digelarnya event dua tahunannya, yaitu Festival Paduan Suara (FPS) ITB yang ke-23. PSM dan FPS ITB merupakan sisi lain ITB yang menunjukkan bahwa ITB tidak melulu bergelut dengan teknologi. Tetapi ada unsur humaniora dan seni yang dikembangkan, khususnya seni musik. FPS ITB merupakan kompetisi paduan suara tingkat nasional terbesar di Indonesia saat ini. Tiap helatan, jumlah kategori yang dikompetisikan, jumlah peserta, hingga jumlah penontonnya selalu membeludak.

…dst

15 ) Undip Maksimalkan Kampus Bawah
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/28/171503/Undip-Maksimalkan-Kampus-Bawah

28 Desember 2011
SEMARANG-Setelah kepindahan perkuliahan program sarjana ke kampus Tembalang, Universitas Diponegoro (Undip) akan memaksimalkan potensi kampus bawah yakni di kawasan Pleburan Semarang. Rencananya, kampus bawah dimanfaatkan untuk perkuliahan program pascasarjana bagi beberapa fakultas. Menurut Rektor Undip Prof Soedarto P Hadi PhD, gedung fakultas yang akan dimanfaatkan untuk perkuliahan program pascasarjana yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Teknik.Sementara, gedung bekas Fakultas Ilmu Budaya akan digunakan untuk pusat pengembangan kebudayaan dan kuliah diploma tiga. ”Bangunan kampus bekas program sarjana yang ada di kampus Pleburan akan difungsikan untuk perkuliahan pascasarjana, mengingat universitas riset memang harus mengandalkan perkembangan program pascasarjana. Terutama dalam kegiatan penelitian untuk menemukan teori-teori baru yang menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkapnya, kemarin.

…dst

16 ) Rumah Sepeda Segera Dibangun
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/28/171502/Rumah-Sepeda-Segera-Dibangun

28 Desember 2011
SEMARANG-Untuk mengurai kemacetan di kawasan Tembalang, pihak Undip akan membangun jalur sepeda dalam kampus. Gagasan tersebut menjadi bagian dari komitmen kampus terhadap lingkungan. ”Semoga saja ini akan menjadi proyek tahun depan yang berhasil. Jalur sepeda ini akan melintas dari gerbang utama Undip hingga ke fakultas-fakultas,” ungkap Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi dalam sarasehan Keluarga Besar Undip di Hall Rektorat Undip, Tembalang belum lama ini. Dia mengatakan, tahun depan akan dibangun rumah sepeda yang akan menjadi semacam terminal khusus. Mahasiswa, karyawan, dan dosen yang akan masuk kampus Undip bisa menyewa sepeda dengan meninggalkan kartu pengenal.

…dst

17 ) Kampus Pleburan Dihidupkan Lagi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/455480/

Wednesday, 28 December 2011
SEMARANG – Setelah perkuliahan mahasiswa S1 dipindah ke Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Tembalang, praktis kampus di kawasan Pleburan,mati suri. Nah supaya tidak menjadi bangunan tua yang mangkrak, gedung-gedung perkuliahan di kawasan Pleburan akan dihidupkan kembali. Rektor Undip Sudharto P Hadi mengatakan,tidak semua bangunan di kawasan Kampus Pleburan kosong,beberapa masih tetap ditempati,hanya untuk program pascasarjana. “Selanjutnya nanti semua akan kami optimalkan lagi.Namun untuk pascasarjana, terutama Fakultas Hukum,Fakultas Ekonomi, Fakultas ISIP,dan Fakultas Teknik,” kata Rektor,kemarin.

…dst

18 ) Wajib Belajar Satu Semester di Mesir
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/28/171501/Wajib-Belajar-Satu-Semester-di-Mesir

28 Desember 2011
SOLO-Mahasiswa program studi Sastra Arab UNS akan diwajibkan menempuh pendidikan memperdalam kemampuan bahasa Arab setahun di Universitas Canal Suez, Kairo. Mereka akan dicarikan beasiswa selama belajar di sana. “Ini hasil kesepakatan UNS dengan Universitas Canal Suez, yang ditandatangani akhir pekan lalu di Mesir. Kami saling menyepakati kredit transfer bagi mahasiswa tersebut,” kata Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi, kemarin. Menurutnya, kebijakan itu ditempuh agar mahasiswa betul-betul menguasai sastra dan budaya, serta bahasa Arab secara matang. Karena itu, mereka harus hidup dan belajar langsung di tanah Arab. Sepekan mengunjungi negeri yang kini sedang dilanda kekacauan politik, UNS menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Canal Suez, Universitas Al Azhar, dan Univeritas Ain Shams.

…dst

19 ) Sultan Terima Gelar Doktor HC dari ISI Yogyakarta
http://www.detiknews.com/read/2011/12/27/133609/1800340/10/sultan-terima-gelar-doktor-hc-dari-isi-yogyakarta

Selasa, 27/12/2011 13:36 WIB
Yogyakarta – Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima gelar Doctor Honoris Causa (HC) bidang Seni Pertunjukan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Gelar doktor HC ini merupakan gelar yang ketiga yang diterima Sultan HB X. Gelar doktor HC pertama diberikan oleh Hankuk University, Korea Selatan bidang politik. Gelar doktor kedua diberikan almamaternya Universitas Gadjah Mada (UGM) bidang kemanusiaan. Sedangkan gelar ketiga diterima dari ISI Yogyakarta bidang seni pertunjukkan.

…dst

20 ) Lestarikan Seni, Sultan Dapat Doktor HC
http://www.jpnn.com/read/2011/12/28/112462/Lestarikan-Seni,-Sultan-Dapat-Doktor-HC-

Rabu, 28 Desember 2011 , 04:48:00
JOGJAKARTA – Peran besar Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam melestarikan seni budaya Indonesia mendapat apresiasi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta. Perguruan tinggi seni itu memberikan gelar doktor honoris causa (HC) kepada raja Jogjakarta tersebut di bidang seni pertunjukan. Itu merupakan gelar kedua yang diterima Sultan dalam seminggu terakhir. Sebelumnya, gelar yang sama diberikan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam bidang kemanusiaan.Penganugerahan gelar tersebut diawali penampilan tari Saraswati dan dilanjutkan pidato pengukuhan Sultan HB X. Seusai berpidato, ditampilkan sebuah koreografi bedhaya berjudul Sang Amurwabumi. Salah seorang penarinya adalah putri sulung Sultan HB X, GKR Pembayun, di posisi jangga.

…dst

21 ) Ikatan Arsitek Indonesia Berharap RUU Arsitek Segera Disahkan
http://www.detiknews.com/read/2011/12/27/131549/1800321/10/ikatan-arsitek-indonesia-berharap-ruu-arsitek-segera-disahkan

Selasa, 27/12/2011 13:15 WIB
Jakarta – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) berharap DPR dan pemerintah segera mengesahkan RUU Arsitek menjadi UU. Menurut Ketua IAI Endy Subijanto RUU Arsitek saat ini sudah masuk ke program legislasi nasional (Proglegnas) di DPR. “Sebagai profesi, kita tentu berharap segera memiliki payung hukum. Dan selama ini tidak ada peraturan yang mengatur tentang profesi arsitek,” ujar Endy usai bertemu Presiden SBY di kantor kepresidenan Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Utara, Selasa (27/12/2011). Menurut Endy, pembahasan RUU Arsitek berada di Komisi V DPR RI. RUU Arsitek merupakan inisiatif dari DPR. “Dengan adanya UU itu, maka kita sebagai profesi akan lebih diakui. Karena baru beberapa profesi saja yang punya payung hukum,” terangnya.

…dst

22 ) Beasiswa S-2 Fulbright di AS, Ada yang Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/27/08220822/Beasiswa.S-2.Fulbright.di.AS.Ada.yang.Mau.

Selasa, 27 Desember 2011 | 08:22 WIB
KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) kembali membuka kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk mencoba mendapatkan beasiswa Fulbright untuk tahun 2012. Kesempatan ini diberikan kepada pelamar yang tercatat sebagai dosen PTN dan PTS di Indonesia…cut…Kesempatan terbuka hingga 15 April 2012. Berkas aplikasi harus dikirimkan atau diantar langsung ke Dikti, aplikasi tidak diterima jika dikirimkan melalui e-mail.
Informasi lebih jauh, bisa mengunjungi situs web http://www.aminef.or.id.

…dst

23 ) Awas, Jangan Tertipu Beasiswa Palsu! (2)
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/27/368/547694/awas-jangan-tertipu-beasiswa-palsu-2

Selasa, 27 Desember 2011 12:11 wib
BANYAK informasi tentang beasiswa bisa kita dapatkan dari internet. Tetapi, jika tidak teliti dan hati-hati, kita akan tergiring kepada informasi beasiswa palsu.
Sebelum memutuskan melamar suatu program beasiswa, kenali dulu ciri-ciri beasiswa palsu agar kamu tidak tertipu.
1. Organisasi pemerintah palsu
Hanya karena sebuah organisasi pemberi beasiswa memiliki nama yang terdengar resmi seperti institusi pemerintah, bukan berarti ia merupakan lembaga milik pemerintah. Banyak penipuan beasiswa menggunakan trik untuk terlihat seperti buatan institusi negeri untuk menggaet banyak korban. Hati-hati!

…dst

24 ) Temannya Dibebaskan, Aksi Solidaritas Mahasiswa UMS Bubar
http://www.detiknews.com/read/2011/12/27/194532/1800839/10/temannya-dibebaskan-aksi-solidaritas-mahasiswa-ums-bubar

Selasa, 27/12/2011 19:45 WIB
Solo – Setelah menunggu hingga malam, akhirnya aksi gabungan massa mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membubarkan diri. Mereka bubar setelah 16 anggota IMM yang ditangkap polisi saat menggelar aksi tadi siang, akhirnya dibebaskan. Pembebasan dan penyerahan 16 anggota IMM tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sukoharjo, Selasa (27/12/2011) sekitar pukul 19.15 WIB di depan kampus UMS di Pabelan, Kartosuro, Sukoharjo. 16 orang tersebut dijemput oleh sejumlah rekannya dari perwakilan beberapa organisasi mahasiswa seperti dari IMM, HMI, GMNI, PMII, KAMMI, dan lain-lainnya.

…dst

25 ) IMM Kecam Tindakan Represif Polisi Saat Demo Ricuh di UMS
http://www.detiknews.com/read/2011/12/27/165409/1800683/10/imm-kecam-tindakan-represif-polisi-saat-demo-ricuh-di-ums

Selasa, 27/12/2011 16:54 WIB
Jakarta – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengecam tindakan represif yang dilakukan oleh aparat kepolisian saat demo solidaritas bentrok Bima, yang berlangsung di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). IMM juga menyayangkan penangkapan sejumlah aktivis IMM. “Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah mengecam keras tindakan represif polisi terhadap aktivis IMM dalam aksi ‘solidaritas Sape, Bima’ di Solo, siang ini. Aksi yang dimulai pukul 13.00 WIB di pertigaan Pabelan Solo dan diikuti 50-an aktivis dibubarkan paksa pada pukul 13.40 WIB, 16 kader IMM ditangkap dan dipukuli dalam kejadian ini,” ujar Ketua DPP IMM, Ton Abdillah Has, dalam pernyataan tertulisnya kepada detikcom, Selasa (27/12/2011).

…dst

26 ) Boediono: Sekolah Jangan Cuma Cari Ijazah
http://www.detiknews.com/read/2011/12/27/142604/1800395/10/boediono-sekolah-jangan-cuma-cari-ijazah

Selasa, 27/12/2011 14:26 WIB
Wapres Boediono beraudiensi dengan siswa-siswi Taruna Nusantara. Boediono pun berpesan agar sekolah jangan hanya mencari ijazah, tetapi mencari ilmu dan membentuk sikap seutuhnya. “Bukan hanya dapat satu kertas ijazah, yang penting dalam pendidikan adalah prosesnya. Membentuk manusia yang bisa jadi pemimpin mengambil alih estafet bangsa,” ujar Boediono di Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Selasa (27/12/2011). Boediono menilai Ujian Nasional (UN) atau ijazah memang penting sebagai salah alat ukur, tetapi hal tersebut bukan yang utama. Dia pun meminta para siswa memperluas wawasan dan meneladani sikap para pemimpin dunia.

…dst

27 ) Misteri ‘Bola’ Aneh di Namibia Terpecahkan!
http://www.detiknews.com/read/2011/12/27/164745/1800659/1148/misteri-bola-aneh-di-namibia-terpecahkan

Selasa, 27/12/2011 16:47 WIB
Windhoek – Sebuah ‘bola’ misterius yang diduga dari luar angkasa jatuh di wilayah Namibia, Afrika bagian selatan. Setelah sekian lama jadi bahan diskusi, benda tersebut dikenali sebagai sampah antariksa yang merupakan tanki roket tak berawak. Seperti diberitakan oleh ninemsn.com.au, Selasa (27/12/2011), benda tersebut seberat 26 kilogram dengan diameter 35 centimeter. Awalnya otoritas Namibia berusaha menghubungi NASA dan Badan Luar Angkasa Eropa untuk mencari tahu tentang identitas benda tersebut. Kini jawaban tentang ‘bola’ tersebut mulai terungkap. Sebuah komentar muncul di web blog dari AS, Gawker, yang menjelaskan ‘bola” itu merupakan bagian dari sebuah roket tak berawak. “Bagi siapa pun bertanya-tanya apa itu sebenarnya, kemungkinan itu adalah tangki pembuangan hidrazin,” kata komentator bernama Thidrekr.

…dst

28 ) Sekilas dalam Negeri
Kasus Century
Adik Ipar Terima Dana Century, SBY Serahkan ke Proses Hukum
Presiden Hormati Hasil Audit Forensik BPK
Peresmian PLTU
Presiden Resmikan Tiga PLTU
Kerusuhan di Bima
Bima Masih Panas, Demo Berakhir Ricuh
Tunggu Laporan, SBY akan Evaluasi Menyeluruh
PBNU Desak Polisi Penembak Dipecat
Rusuh di Bima, Polisi Dinilai Tak Belajar dari Pengalaman
Buntut Bentrok di Bima, 40 Polisi Diperiksa & 9 Senjata Dicek
Korban Insiden Bima Ditembak dari Jarak Dekat  
Polri: 2 Korban Tewas Bima Ditembak dari Jarak Dekat
Ricuh, Aksi IMM di UMS Dibubarkan Polisi 
Rusuh Bima, IMM Gelar Aksi di Mabes Polri
Seribu Orang Kembali Demo di Mataram Tuntut Kapolda NTB Dicopot
Polisi Tangguhkan Penahanan 9 Tersangka (wanita dan anak-anak)
Tragedi Jembatan Kukar
Awal Januari 2012, Audit Jembatan Kukar Selesai
Kasus Nunun
Diperiksa KPK, Nunun Beberkan Peran Miranda
Kasus Andi Nurpati/Dokumen Palsu MK
Bacakan Surat Pembelaan Diri, Terdakwa Pemalsu Surat MK Menangis
Rekening Gendut PNS
PPATK: 148 PNS Terindikasi Korupsi Miliaran Rupiah di 2011
Rekening Gendut PNS Diduga untuk Danai Politik   
Begini Cara PNS dan Pejabat Daerah Gendutkan Rekening
Mundur di Tengah Jalan
Mereka Pimpinan Daerah yang Mundur di Tengah Jalan
Ke Depan, Wakil Kepala Daerah Jangan Cuma Jadi Ban Serep 
Mendagri Harap RUU Penghapusan Wakil Kepala Daerah Dibahas Awal Tahun
Tragedi TKI
Warga Indonesia Paling Banyak Dihukum Mati di Malaysia
Gaji tak Dibayar, Dominasi Kasus TKI di Malaysia
Jumhur: pembebasan tiga TKI bukti pemerintah melindungi 
Awas Bencana Alam
Riau Dilanda Banjir, Lebih 7.500 Rumah Penduduk Tergenang 
Kriminal
1 Lagi, Komplotan Perampok & Pemerkosa Ros di Angkot Ditangkap
Danau Toba
Danau Toba akan Ditetapkan Sebagai Kawasan Strategis Nasional
102 Peserta Ikuti Panjat Tebing Alam Terbuka di Danau Toba
Penggantian status kelamin disahkan
Mulai Sekarang Panggil Saya Joy atau Joyo…
Ingin Segera Sempurnakan Kelamin 
Sekilas Luar Negeri
Suriah
Pemantau Liga Arab disambut puluhan ribu orang
Mesir
Tes keperawanan di Mesir dihentikan
Amerika
Salut! Pria AS Kembalikan Uang Rp 90 Juta yang Ditemukannya
India
Kapal Tenggelam, Hanya 3 Bocah Selamat
China
China Uji Coba Kereta Cepat 500 Km/Jam
Rusia
Putin siap dialog