Model Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Tinggi

Written by Layanan Informasi
Friday, 16 December 2011 17:03

Jakarta-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Simposium Nasional Laporan Hasil Penyusunan Buku Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi (4/12/11).

Acara ini diselenggarakan untuk mendukung program Pendidikan Karakter yang berkelanjutan di perguruan tinggi. Ditjen Dikti memberikan hibah untuk penulisan buku Pendidikan Karakter kepada perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Hibah penulisan buku pada tahun 2010 diberikan kepada 25 perguruan tinggi dan padatahun 2011 diberikan kepada 57 perguruan tinggi.

Pendidikan Karakter merupakan misi yang hendak dicapai Kemdikbud dalam mewujudkan pembangunan nasional. Diantaranya mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Penulisan buku Pendidikan Karakter menjadi salah satu upaya menyebarluaskan gagasan dan implementasi Pendidikan Karakter kepada masyarakat luas. Pada tahun 2012 Ditjen Dikti berencana melaksanakan kegiatan serupa dalam lingkup nasional.

Tujuan pendidikan nasional adalah menciptakan lulusan yang memiliki kepribadian dan karakter yang kuat dengan dilandasi keyakinan keagamaan yang kokoh. Simposium ini menyajikan hasil pengembangan model Pendidikan Karakter yang disusun dalam buku Pendidikan Karakter yang disusun oleh masing-masing perguruan tinggi.

Perguruan tinggi mendiseminasikan hasil buku yang disusunnya kepada public dan mensintesiskan implementasi Pendidikan Karakter pada masing-masing perguruan tinggi dalam perspektif akademik pendidikan tinggi secara nasional. Selain itu, perguruan tinggi terkait juga mengidentifikasi alternatif tindak lanjut pengembangan Pendidikan Karakter di perguruan tinggi secara berkelanjutan.

Sumber : http://www.dikti.go.id/

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.