1 ) PTUN Surabaya Batalkan Gelar Doktor Alim Markus
Karena SMP Saja Tak Lulus
http://www.jpnn.com/read/2011/11/18/108414/PTUN-Surabaya-Batalkan-Gelar-Doktor-Alim-Markus-

Jum’at, 18 November 2011 , 05:50:00
SURABAYA – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya kemarin menjatuhkan putusan mengejutkan terkait gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag)yang selama ini disandang oleh Presiden Direktur Maspion Grup Alim Markus. Ini setelah Majelis hakim PTUN membatalkan pemberian gelar tersebut. Persidangan yang mengagendakan putusan tersebut dijatuhkan hakim sekitar pukul 09.45. Kedua belah pihak yang terlibat dalam sengketa gelar doktor tersebut hadir, yakni pihak penggugat yang mewakili para alumni Untag dan pihak kampus Untag sendiri. Mereka sama-sama mendengarkan pembacaan pertimbangan putusan tersebut. “Membatalkan SK Rektor Untag Nomor 067/SK/ R/III/2011 tanggal 10 Maret 2011 yang penganugerahan gelar doktor honoris causa kepada Alim Markus,” kata Indaryadi dalam putusan itu. Eddy Pranjoto, kuasa hukum dari para alumni tersebut mengungkapkan putusan tersebut diambil majelis hakim secara bulat. “Tidak ada perbedaan pendapat terkait putusan tersebut,” terang Eddy, kemarin. Dalam gugatan tersebut, Eddy merupakan pengacara dua alumni Untag, yakni Agus Pramudijono dan Darmadji. Keduanya merupakan pengacara yang biasa berpraktik di Surabaya.

…dst

2 ) KPK Bidik Kasus Korupsi di USU
http://www.jpnn.com/read/2011/11/18/108401/KPK-Bidik-Kasus-Korupsi-di-USU-

Jum’at, 18 November 2011 , 01:29:00
JAKARTA – Diam-diam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut dugaan korupsi di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Sampai sejauh ini, KPK memang masih merahasiakan kasus dugaan korupsi di USU yang tengah diselidiki itu. Meski demikian, Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto, mengungkapkan bahwa tim KPK sudah lama bergerak. “Itu sudah lama kita tangani,” ucap Bibit dalam jumpa pers di KPK, Kamis (17/11) sore. Namun pimpinan KPK yang membidangi penindakan itu enggan membeber kasus dugaan korupsi di USU yang masih ditelusuri KPK. Hanya saja, kata pensiunan polisi itu, ada pula sejumlah kasus korupsi di Sumut termasuk di USU yang sudah masuk koordinasi dan supervisi oleh KPK. Sementara Direktur Penyidikan KPK, Iswan Elmi mengungkapkan, ada beberapa kasus dugaan korupsi baik di USU maupun di Sumatera Utara yang terus didalami KPK. Ia menyebut Sumut merupakan daerah yang paling banyak kasus korupsinya. “Sumut itu banyak, kasusnya melebar. Dulu dari kasus damkar (pemdam kebakaran di Pemkot Medan, red), terus ke APBD. Muncul kasus lain di Langkat sampai Nias,” ucapnya. Iswan yang kini merangkap jabatan sebagai Deputi Penindakan KPK itu mengakui, kasus dugaan korupsi di USU seolah-olah memang kalah dengan kasus korupsi lain di Sumut. “Tetapi itu tidak dihilangkan (dihentikan penyelidikannya),” tandasnya.

…dst

3 ) Sosialisasi Pendidikan Komunitas
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2531:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Written by Layanan Informasi
Thursday, 17 November 2011 23:55
Surabaya 14-15 November 2011–Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama mengadakan sosialisasi Pendidikan Komunitas (Community College) di Surabaya. Sosialisasi yang berlangsung selama dua hari ini merupakan rangkaian pertama dari tiga agenda sosialisasi Pendidikan Komunitas Ditjen Dikti. Kegiatan ini selain dihadiri tim Pendidikan Komunitas Ditjen Dikti, juga dihadiri pemangku kepentingan Pendidikan Komunitas di daerah, seperti Direktur Politeknik, Kepala Bapeda, Sekretaris Daerah, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan dari Indonesia bagian tengah serta perwakilan dari beberapa Industri.

…dst

4 ) Genjot Keahlian TIK, Sosialisasikan Sertifikasi IC3
http://www.jpnn.com/read/2011/11/17/108398/Genjot-Keahlian-TIK,-Sosialisasikan-Sertifikasi-IC3-

Kamis, 17 November 2011 , 22:55:00
JAKARTA – Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi (APTIKOM) dengan menggandeng Internasional Test Center (ITC), bekerjasama untuk mensosialisasikan Internet and Computing Core Certification (IC3). Kerjasama tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam upaya meningkatkan keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Chief Operationg Officer (COO) & Director Education Programs ITC, Jenny Lee menjelaskan, keahlian TIK saat ini sudah dibutuhkan di segala bidang. “Meningkatnya kebutuhan akan keahlian TIK di dunia global sangat menuntut individu untuk menjadi unggul dan kompeten,” ungkap Jenny usai Seminar ICT Certification-The New International Requisite di Hotel Manhattan, Jakarta, Kamis (17/11). Dijelaskannya, IC3 merupakan alat uji dan sertifikasi keahlian digital pertama yang mendapatkan pengakuan secara global sebagai bukti validasi atas kompetensi TIK seseorang. Menurutnya, alat tersebut telah digunakan sebagai standar pengukuran kemampuan komputer jutaan orang di berbagai negara di seluruh dunia, mulai dari pelajar, mahasiswa sampai dengan kelompok professional dan diterjemahkan ke berbagai bahasa.

…dst

5 ) Tujuh PTN Bersiap Jadi Badan Layanan Umum
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/17/277121/293/14/Tujuh-PTN-Bersiap-Jadi-Badan-Layanan-Umum

Kamis, 17 November 2011 23:37 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Status Badan Usaha Milik negara (BHMN) yang disandang beberapa Perguruan Tinggi Negeri, kini telah berubah menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Tujuh Perguruan Tinggi Negeri yang sebelumnya berstatsus sebagai BHMN, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sumatra Utara, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Airlangga, kini sedang dalam persiapan menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dengan status sebagai BLU itu diharapkan ketujuh Perguruan Tinggi Negeri itu akan mampu menerapkan produktivitas, efisiensi dan efektivitas yang lebih tinggi dalam pelayanan publik dengan mengandalkan penganggaran berbasis kinerja. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 66/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Hal itu mengemuka dalam workshop Persiapan menuju Pengelolaan Badan Layanan Umum UGM di ruang auditorium BRI FEB UGM, Kamis (17/11). (OL-11)

>>>

6 ) Dosen ilmu agama Islam diminta dorong karakter mahasiswa
http://www.antaranews.com/berita/285219/dosen-ilmu-agama-islam-diminta-dorong-karakter-mahasiswa

Kamis, 17 November 2011 20:11 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Ir Musliar Kasim, MSc meminta para dosen ilmu agama khususnya yang tergabung dalam Asosisasi Dosen Pendidikan Agama Islam seluruh Indonesia (ADPISI), agar mampu mendorong mewujudkan karakter mahasiswa, sehingga tumbuh karakter yang baik dan akhlak mulia. Wakil Mendikbud mengemukakan hal itu ketika berbicara dalam Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam (KONASPAI) III ADPISI di kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Rabu malam (16/11). Menurut Musliar, pada dosen pendidikan ilmu agama khususnya Islam mampu memberikan masukan dalam wujudkan pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai agama, etika, moral dan ideologi Pancasila kepada para mahasiswa termasuk sivitas akademika di kampusnya. Dengan demikian, katanya, berbagai bentuk pergeseran moral yang terjadi di kalangan mahasiswa dapat dicegah dan dibendung dengan penguatan karakter yang kokoh melalui pendidikan agama dan pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam mata kuliah lain. Musliar menyatakan keprihatinan atas sebagian para mahasiswa dan para siswa di Indonesia yang memiliki prilaku tidak sesuai karakter bangsa, seperti sering tawuran antara mahasiswa dalam satu universitas atau dengan universitas lain, melakukan aksi unjukrasa dengan bertindak anarkis serta masih ditemulkan tawauran antara pelajar dan berbagai tindak kekerasan lain.

…dst

7 ) Kemendikbud Sambut Positif Pembubaran Dewan Buku
http://www.jpnn.com/read/2011/11/18/108400/Kemendikbud-Sambut-Positif-Pembubaran-Dewan-Buku-

Jum’at, 18 November 2011 , 01:09:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menilai pembubaran Dewan Buku Nasional (DBN) oleh Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) merupakan suatu tindakan yang positif. Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Musliar Kasim ketika dihubungi melalui telepon selularnya di Jakarta, Kamis (17/11). “Pembubaran Dewan Buku itu menurut kami (Kemdikbud) sama sekali tidak masalah. Bahkan saya kira itu malah suatu hal yang positif. Karena keberadaan DBN merupakan lembaga nonstruktural. Jadi memang bukan lembaga yang berada di bawah Kemendikbud,” ungkapnya.

…dst

8 ) Kemdikbud Diminta Siapkan Antisipasi Pembubaran Dewan Buku
http://www.jpnn.com/read/2011/11/17/108388/Kemdikbud-Diminta-Siapkan-Antisipasi-Pembubaran-Dewan-Buku-

17 November 2011
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) diminta segera melakukan antisipasi atas keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) yang membubarkan Dewan Buku Nasional (DBN). Pengamat Pendidikan, Arief Rachman mengatakan, antisipasi itu diperlukan terkait dengan pengawalan kualitas percetakan ataupun penerbitan buku-buku di Indonesia. “Karena jika tidak ada yang mengawal, dikhawatirkan proses penerbitan dan percetakan buku tidak ada yang mengawasi. Itu akan berdampak negative pada dunia perbukuan di Indonesia,” terang Arif ketika dihubungi JPNN di Jakarta, Kamis (17/11).

…dst

9 ) Pembubaran Dewan Buku Kurangi Beban Pemerintah
http://www.jpnn.com/read/2011/11/17/108392/Pembubaran-Dewan-Buku-Kurangi-Beban-Pemerintah-

Kamis, 17 November 2011 , 22:22:00
JAKARTA – Komisi X DPR RI menyambut positif keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) yang membubarkan Dewan Buku Nasional (DBN). Anggota Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar menilai pembubaran itu bakal mengurangi beban pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). “Masalah pembubaran Dewan Buku Nasional ini memberikan dampak positif juga bagi pemerintah meskipun mereka dari lembaga independent. Dengan dilangsingkan seperti ini, beban pemerintah kan jadi berkurang,” ungkap Raihan ketika dihubungi JPNN melalui telepon selularnya di Jakarta, Kamis (17/11). Menurut politikus dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, keberadaan DBN sendiri dirasakan tidak memberikan pengaruh yang signifikan di dalam dunia pendidikan. Pasalnya, pemerintah sudah memiliki Badan Bahasa dan Pusat Kuurikulum & Perbukuan (Puskurbuk).

…dst

10 ) Negara Perlu Perkuat Pendidikan Menengah
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/17/20440240/Negara.Perlu.Perkuat.Pendidikan.Menengah

17 November 2011 | 20:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Meskipun pemerintah saat ini masih berfokus pada penguatan dan penyelesaian hambatan di jenjang pendidikan dasar, perhatian untuk meningkatkan akses dan mutu di jenjang pendidikan menengah juga perlu ditingkatkan. Sebab, pertumbuhan ekonomi dewasa saat ini membutuhkan tenaga kerja dengan pengetahuan dan keterampilan di jenjang pendidikan menengah hingga pendidikan tinggi.Permasalahan ini dikupas dalam intisari laporan pendidikan yang dirilis UNESCO dalam Global Education Digest 2011, November. Negara-negara diminta untuk tidak mengabaikan pendidikan menengah.

…dst

11 ) Juara Balapan Berkat Pemutih Pakaian
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/17/373/530532/juara-balapan-berkat-pemutih-pakaian

Kamis, 17 November 2011 10:26 wib
SURABAYA – Sebuah mobil mini bernama Spe-k-tronics 3 berhasil menduduki posisi pertama dalamracing Indonesia Chem ECar Competition 2011 yang digelar di Gedung Robotika ITS kemarin.Kunci kemenangannya ada pada bahan kimia yang menjadi energi listriknya. Mobil buatan empat mahasiswa yang tergabung dari Teknik Kimia dan Desain Produk ITS ini memakai hidrogen peroksida sebagai pengganti baterai. Bahan kimia ini seringkali menjadi bahan utama pemutih pakaian yang dijual di pasaran. Hidrogen peroksida ini kemudian dikatalis dengan kalium iodida sehingga menghasilkan air dan oksigen. “Oksigen inilah yang menjadi tenaga pendorong berupa energi listrik pengganti baterai,” jelas salah satu tim Spe-ktronics 3 Muhammad Fauzi. Energi ini tercipta saat hidrogen peroksida ditempatkan di dalam sebuah tabung. Setelah dikatalis, oksigen akan keluar melalui pipa dengan falve. Jika tekanannya sudah mencapai empat bar maka falve dibuka. Tenaga listrik yang besar inilah yang akan menggerakkan piston sehingga roda mobil bisa berputar kencang.

…dst

12 ) Jogbuster Antar Ryan Juarai Bizcamp Challenge
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/17/373/530926/jogbuster-antar-ryan-juarai-bizcamp-challenge

Kamis, 17 November 2011 21:36 wib
JAKARTA – Cowok ini memadukan nilai transportasi, budaya, hiburan, dan mobile, dalam sebuah peluang bisnis. Program bertajuk Jogbuster (Yogya bus dan teater) itu pun mengantarkan Ryan Putera Pratama Manafe didaulat sebagai juara pertama dalam ajang Bizcamp Challenge 2011. Kemenangan Ryan dimulai dari kejeliannya memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang ada sebagai sebuah peluang bisnis. Tentunya, pemanfaatan segala sumber daya tersebut dia lakukan dengan tetap mempertimbangkan aspek sosial. Director Marketing dan Customer Relations Prasetya Mulya Iwan Khafi menjelaskan, secara konsisten mahasiswa Universitas Indonesia (UI) jurusan Teknik Industri ini terus menunjukkan semangat pantang menyerah dan mampu beradaptasi dengan teman-teman lainnya dalam kompetisi tersebut.

…dst

13 ) Perang Ide Bisnis Demi Beasiswa S-2
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/17/373/530850/perang-ide-bisnis-demi-beasiswa-s-2

Kamis, 17 November 2011 17:55 wib
JAKARTA – Sore ini, 20 mahasiswa dan lulusan S-1 dari berbagai kampus di Jakarta akan bertarung dengan ide-ide bisnis mereka dalam Kompetisi Bizcamp Challenge 2011. Dalam kompetisi besutan Prasetiya Mulya Business School (PMBS) ini para peserta juga mendapat ilmu bisnis dari para praktisi dan akademisi. Tidak hanya itu, mereka pun memperebutkan tiga tiket beasiswa S-2 melalui program “Future Leaders Scholarships” yang diinisiasi PMBS sejak tiga tahun lalu. “Program ini bertujuan mencari bibit-bibit unggul mahasiswa yang baik dilihat dari prestasi akademik, keaktifan berorganisasi, minat pada bidang entrepreneur, serta perhatian yang tinggi terhadap aspek-aspek sosial,” ujar Direktur Marketing PMBS Iwan Kahfi dalam keterangan tertulisnya kepada okezone, Kamis (17/11/2011).

…dst

14 ) Banyak Tertahan di Kementerian Hukum dan HAM
Peneliti Hadapi Persoalan untuk Komersialkan Hasil Riset
http://www.pikiran-rakyat.com/node/165972

Kamis, 17/11/2011 – 18:06
BOGOR, (PRLM).- Para peneliti di universitas dan perguruan tinggi masih mendapat banyak kendala dalam upaya komersialisasi hasil risetnya. Padahal, sebagian besar hasil penelitian ditunggu oleh masyarakat sebagai solusi dalam menghadapi permasalahan mereka.Selain kendala internal, pengurusan hak intelektual mereka di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga lama dan kebanyakan tertunda hingga bertahun-tahun.Demikian dikatakan Direktur Riset dan Kajian Strategis (RKS) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr Iskandar Zulkarnaen Siregar, Kamis (17/11). Kendala internal, dicontohkan Iskandar misalnya hasil riset yang masih skala laboratorium, `baru’, belum teruji dan mempunyai risiko tinggi. Hal ini menyebabkan penerapannya dalam dunia industri diragukan. “Selain itu, pelaku bisnis di kita belum begitu percaya dengan hasil riset peneliti kita, sehingga mereka ragu alih teknologi terhadap riset-riset yan dihasilkan peneliti nasional,” katanya.

…dst

15 ) Peduli Thalassemia, Unsoed Gelar Lokakarya
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/16/373/530357/peduli-thalassemia-unsoed-gelar-lokakarya

Kamis, 17 November 2011 12:00 wib
JAKARTA – Kepedulian bisa diwujudkan dengan bentuk kegiatan apapun. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) contohnya, kampus tersebut menggelar loka karya yang bertajuk Research Collaboration on Thalassemia. Tidak tanggung-tanggung, Unsoed menggandeng Alumni and International Relation Office (AIRO) Unsoed, Fakultas Kedokteran, dan Ilmu-ilmu Kesehatan Medical Sciences Universiti Sains Malaysia (USM) serta Eijkman Istitute pada workshop tersebut. Rektor Unsoed Edy Yuwono mengatakan, sejak berdiri, Unsoed sangat berkomitmen untuk mengembangkan sumber daya pedesaan yang berkelanjutan meliputi manusia, alam, kebudayaan, kearifan lokal, dan sistem pemerintahannya . “Mengenai thalassemia ini saya kira berkaitan dengan sumber daya manusianya. Kolega dari USM dan Eijkman Institute tampaknya sudah cukup ahli dalam riset mengenai thalassemia sehingga sangat baik untuk dilakukan kerja sama ke depannya,” kata Edy yang dikutip laman Unsoed, Kamis (17/11/2011).

…dst

16 ) Ada Amazing Race di Olimpiade Ilmu Sosial UI!
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/17/373/530681/ada-amazing-race-di-olimpiade-ilmu-sosial-ui

Kamis, 17 November 2011 14:03 wib
JAKARTA – Olimpiade yang mengandalkan kekuatan fisik atau pengetahuan tentang ilmu eksakta adalah hal biasa. Namun, bagaimana jika olimpiade tersebut terkait dengan kajian bidang ilmu sosial? Guna menjaring dan melatih potensi generasi muda di bidang sosial, maka Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menggelar Olimpiade Ilmu Sosial (OIS) VIII. Acara tahunan sejak 2004 ini diperuntukan bagi para pelajar SMA dan sederajat di seluruh Tanah Air.Tapi, ada yang berbeda pada OIS kali ini. Tidak hanya tingkat nasional, para peserta juga berkompetisi setingkat Asia Tenggara (Asean). Membangun Solidaritas Pemuda Menuju Komunitas Asean 2015diusung sebagai tema OIS tahun ini dengan tujuan memberdayakan dan mengembangkan pemuda di Asean terhadap berbagai isu penting.

…dst

17 ) UI Gelar Program “Kinder Uni” untuk Siswa SD
http://www.pikiran-rakyat.com/node/165996

Kamis, 17/11/2011 – 16:31
JAKARTA, (PRLM).- Belasan siswa-siswi sekolah dasar (SD) berasal dari Jakarta dan Depok mengikuti program “Kinder Uni” yang digelar Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan DAAD Jerman.Kegiatan yang bertajuk “Jurnalistik untuk Anak” itu berlangsung di Gedung Perpustakaan, Kampus UI Depok, 16-18 November 2011.Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI Devie Rahmawati mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 16 siswa-siswi sekolah dasar dari 10 SD, di antaranya SD Santa Ursula, High Scope, Nurul Fikri, dan lain-lain.”Program siswa SD ke kampus ini merupakan program kali pertama yang ada di Indonesia,” ujarnya sebagaimana siaran pers yang diterima “PRLM” di Jakarta, Kamis (17/11).

….dst

18 ) Dibuka, Beasiswa “Fashion Business Management” ke London!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/17/14572177/Dibuka.Beasiswa.Fashion.Business.Management.ke.London

Kamis, 17 November 2011 | 14:57 WIB
KOMPAS.com – Serius dengan dunia mode dan berniat menambah ilmu lebih tinggi soal manajemen bisnis fesyen di luar negeri? Karena dari ratusan beasiswa yang ditawarkannya, University of Westminster, London, Inggris, juga menyiapkan beasiswa master untuk bidang Fashion Business Management.Menawarkan biaya kuliah penuh, akomodasi, tunjangan hidup, dan transportasi pesawat dari dan ke London, beasiswa ini masuk dalam kategori program internasional. Selain kriteria akademik yang baik, beasiswa ini juga menetapkan syarat potensi bakat dan minat.Tertarik? Informasinya bisa dilihat di http://www.westminster.ac.uk. Batas waktu aplikasinya sampai 31 May 2012.

…dst

19 ) Mahasiswa Papua Diimbau Tak Terpengaruh SMS Gelap
http://nasional.kompas.com/read/2011/11/17/15130662/Mahasiswa.Papua.Diimbau.Tak.Terpengaruh.SMS.Gelap

Kamis, 17 November 2011 | 15:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua Kaukus Papua di Parlemen RI, Paskalis Kossay, Kamis (17/11/2011), mengimbau mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang kini belajar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan, agar tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang beredar lewat pesan layanan singkat (SMS).”Saya imbau kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi Papua di seluruh Indonesia agar tidak terpengaruh dengan isu-isu provokatif yang saat ini beredar mengenai adanya sweeping terhadap mahasiswa-mahasiswi asal Papua oleh TNI. SMS itu tidak benar sama sekali,” tandas Paskalis saat menghubungi Kompas, Kamis siang ini.

…dst

20 ) Konflik Papua Belum Meratanya Kesejahteraan dan Keadilan
http://www.dpr.go.id/id/berita/lain-lain/2011/nov/15/3349/konflik-papua-belum-meratanya-kesejahteraan-dan-keadilan-

15-Nov-2011
Permasalahan konflik yang ada di Papuasebenarnya adalah rasa ketidak adilan dan belummeratanya kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat Papua. Seperti pendidikan, kesehatan,dan kesempatan kerja. “Masyarakat Papua ingin dihargai sebagaimanusia yang bermartabat…cut…Provinsi Papua dan Papua Barat sebenarnya telahmendapatkan status otonomi khusus berdasarkan UU No.21 tahun 2001 tentangOtonomi Khusus Bagi Provinsi Papua yang telah dibuah dengan UU No.35 tahun 2008tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No.1 tahun 2008 tentangPerubahan Atas UU No.21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.Pemberian otonomi khusus, lanjutnya, merupakan kebijakan politik yang tepat,merupakan langkah awal untuk membangun kepercayaan masyarakat Papua. Danaotonomi khusus yang telah dikucurkan mencapai Rp 30 trilyun, tetapi masyarakatPapua tidak merasa ada peningkatan kesejahteraan.

…dst

21 ) Wapres: Lemhannas Ajarkan Kepemimpinan Berwawasan
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/11/17/brk,20111117-367109,id.html

KAMIS, 17 NOVEMBER 2011 | 16:10 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Wakil Presiden Boediono meminta Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) menekankan dua hal penting yang harus diberikan kepada para calon pemimpin negara. Kedua hal itu adalah pendidikan kemahiran menjadi negarawan dalam memimpin dan peningkatan wawasan. “Yang perlu diberikan lembaga ini tentu tidak berupa pendidikan biasa, tak mengulang apa yang didapat mungkin dari perguruan tinggi atau pendidikan khusus lain, tapi pendidikan yang lebih luas lagi, yaitu pendidikan kenegarawanan,” ujarnya dalam pembekalan Program Pendidikan Reguler Angkatan XLVI Lemhannas 2011 di kantornya, Jakarta, Kamis, 17 November 2011.

…dst

22 ) Staf LP3I Ditemukan 10 Km dari Jembatan KA
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/444648/

Friday, 18 November 2011
CIREBON – Burhanudin, 23, korban kecelakaan KA Argojati jurusan Jakarta-Cirebon dengan Suzuki APV B 1159 TOD, akhirnya ditemukan tewas di Sungai Kumpulkwista, Desa Jagapura,Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, kemarin. Tim Search and Rescue (SAR) menemukan jasad Burhanudin sekitar 10 km dari jembatan KA yang menjadi tempat kejadian perkara. Burhanudin adalah staf Cooperate and Placement (CnP) Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Cirebon. Dengan ditemukannya Burhanudin, maka korban tewas menjadi lima orang dari yang sebelumnya empat orang yakni Yudi Akum,32; Diani,23; Johan Perdana Akbar, 21; dan sopir minibus Carlim, warga Indramayu. Burhanudin sebelumnya sempat diragukan ikut rombongan pengantar surat undangan acara seminar. Namun pihak keluarga memastikan jenazah tersebut adalah Burhanudin,warga Desa Babadan, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu. Kapolsek Kaliwedi AKP Muslich membenarkan penemuan jenazah tersebut.

…dst

23 ) Uji Kompetensi agar Dihapus
Proses Sertifikasi Guru 2012
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/11/18/166845/Uji-Kompetensi-agar-Dihapus

18 November 2011
JAKARTA-Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengusulkan kepada pemerintah untuk meniadakan uji kompetensi yang nanti dimasukkan ke dalam proses sertifikasi guru 2012. Uji kompetensi tersebut dinilai sebagai penghambat agar tidak banyak guru yang lulus mendapatkan sertifikasi, khususnya para guru senior. “Menurut pengalaman, semakin tua seorang guru itu semakin tidak lulus kalau diuji kompetensi. Padahal, maksud pemerintah mendahulukan yang tua. Jadi, tidak usah ada uji (kompetensi),” kata Ketua Umum PGRI Sulistyo, di Jakarta, kemarin. Proses sertifikasi nanti memprioritaskan guru berdasarkan tingkat usia. Para guru yang pensiun akan didahulukan dalam proses sertifikasi, setelah itu baru dilihat masa kerja, pangkat, dan golongan.

…dst

24 ) Guru Daerah Perbatasan Mogok Mengajar
Tak Terima Insentif
http://www.jpnn.com/read/2011/11/17/108325/Guru-Daerah-Perbatasan-Mogok-Mengajar-

Kamis, 17 November 2011 , 10:12:00
PONTIANAK–Demonstrasi 113 guru di daerah perbatasan Entikong Kabupaten Sanggau dua hari lalu mendapat respon dari berbagai pihak. Pasalnya, dalam aksi itu, guru yang bertugas di kawasan perbatasan menuntut adanya insentif. Akibat aksi mogok, aktivitas belajar mengajar jadi terhambat. Kasus ini tak hanya menyita perhatian di daerah Kalbar, namun sampai ke tingkat nasional, baik dari kemendiknas hingga para wakil rakyat di DPR RI, kemarin (16/11). Sekretaris Komisi D DPRD Kalbar, Andry Hudaya mengatakan, masalah ini sebetulnya sudah pernah dipertanyakan oleh DPRD Kalbar kepada Kementerian Pendidikan Nasional beberapa waktu lalu. Terdapat dua persoalan krusial yang mengakibatkan sebagian guru di kawasan perbatasan tidak memperoleh tunjangan/insentif.

…dst

25 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Empat pelajar Papua raih emas kejuaraan matematika 
2012, Guru Kontrak Masih Disebarkan di Maluku
Guru Vini Divonis 2 Bulan (pelempar pasir)
SEA Games
Indonesia Tembus 100 Medali Emas 
Antisipasi Banjir Besar
Pintu Air Manggarai Siaga 4, Diprediksi Tinggi Air akan Terus Bertambah
Tinggi Air di Katulampa Siaga III, Masyarakat Jakarta Diminta Waspada
Foke : hentikan isu Jakarta bakal banjir besar
Ini Langkah Pemerintah Atasi Ancaman Banjir Besar  
Atasi Banjir, Pemerintah Alokasikan Rp 6 Triliun
Berita Papua
Orang Papua Ditembak di Dubur Tembus ke Kepala
Warga Tuntut Pengakuan Kemerdekaan Bangsa Papua
Pemerintah Diminta Kurangi TNI dan Polisi di Papua
Pengiriman TNI ke Papua Salahi Aturan  
Kasus Andi Nurpati
Surat Palsu MK, Mashuri ‘Serang’ Andi Nurpati
Masyhuri Pertanyakan Mekanisme Penambahan Suara Dewie
Jual Beli Pasal UU di DPR
Mahfud MD Beberkan 4 Modus Jual Beli pasal UU di DPR
Mahfud Penuhi Tantangan Marzuki Alie…Tunjukkan Bukti Jual Beli Pasal
Mahfud Harus Laporkan Tuduhannya
Bibit: Tahun 1990-an Ada Jual Beli Pasal
Soal Jual Beli Pasal, KPK Tunggu Laporan Masyarakat
Kasus Nazaruddin
KPK Dalami Peran Angelina
KPK Bidik Kasus Korupsi di USU
Pengacara Nilai Penetapan Nazaruddin Sebagai Tersangka Prematur
Rosa Diperiksa Terkait Kasus Hambalang
KPK Kembali Periksa Rosa
Kasus Kemenakertrans
Setelah Nama Muhaimin Disebut…
KTT ASEAN
KTT ke-19 ASEAN Resmi Dibuka
Gunakan Bahasa Indonesia, Pidato SBY di KTT ASEAN Patut Diapresiasi
SBY Tawarkan Peluang Usaha di ASEAN ke Korea
Yingluck Jadi Bintang KTT ASEAN
Konsolidasi Perdagangan Bebas Disepakati 
Dokter BoykerTerjerat Kasus
Dokter Boyke Membela Diri dari Jerat MKDKI
Izin Praktik Dokter Boyke Terancam Dicabut
Dokter Boyke Membela Diri dari Jerat MKDKI
Hukum untuk Pencuri
Dihukum 7 Bulan Karena Curi Uang Rp20 ribu
Kasus Debt Collector
Citibank Tawarkan Rp 1,5 M untuk Keluarga Irzen Octa
Kasus Irzen Okta di Luar Tanggung Jawab Citibank
New7Wonder
New7Wonders Bikin Kontes Untuk Perkotaan, Foke: Saya Nggak Tahu
Obama datang
Obama Tiba di Bali 
Obama Tiba di Grand Hyatt
Sekilas Luar Negeri
Amerika
AS Perkuat Militer di Asia 
Malasia
Malaysia Tangkap 10 Orang Terlibat Teror di Indonesia
Iran
Rusia-China katakan “tidak” untuk resolusi anti-Iran 
Suriah
Liga Arab beri Suriah tenggat waktu tiga hari
Yaman
Qatar desak presiden Yaman tandatangani perjanjian alih kekuasaan
Italia
Benetton Cabut Iklan Paus Berciuman