Materi Sosialisasi Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit (SIMPAK) 08 November 2011 di UNSOED, oleh Prof. Dr. Ir Yanuarsyah Haroen dari Tim PAK Dosen Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional dilanjutkan dengan Simulasi SIMPAK oleh Drs. Wakidi, MM dari Subdit Karir Ditditendik Ditjen Dikti Kemendiknas
http://www.unsoed.ac.id/berita/sosialisasi-sistem-informasi-penetapan-angka-kredit-simpak
Materi selengkapnya mengenai SIMPAK dapat diunduh di bawah ini :
1. Materi Sosialisasi Klik Di sini
2. Bahan Pendukung Penyamaan Persepsi Unsur Penilaian Klik Di Sini
3. Form DUPAK dan Contoh Pembuatan DUPAK Klik Di Sini
4. Mendiknas/BKN/Waspan Klik Disini
5. Penyamaan Persepsi Unsur & Tata Cara Penilaian AK Dosen Klik Di sini
6. Presentasi Pedoman Penilaian Angka Kredit Dosen Klik Di Sini
>>>
Penilaian Online tahap I adalah menyangkut data administrasi belum penilaian online yang sesungguhnya. Dalam Penilaian online tahap I , usulan berkas kenaikan jabatan dapat diproses oleh front desk Diktendik jika disertai print out data administrasi dosen yang akan diusulkan kenaikan Jabatan dan hanya bisa dicetak melalui sistem pak.dikti.go.id. Dengan demikian kalau datanya lengkap maka print out merupakan kunci masuk ke Dikti.
Usulan kenaikan jab/pangkat dosen yang akan dilayani adalah dosen tetap sesuai UU no 14 tahun 2005 ttg Guru dan Dosen. Dengan demikian usulan GB atau LK + print out adalah benar dosen yang dapat dilayani utk kenaikan jabatan.
Sejak UKP (Usul Kenaikan Pangkat) bulan Juni secara manual dipergunakan format penilaian baru sebagai bagian dari upaya kenaikan jabatan /pangkat on line tahap 1 yang kemudian lebih dipertegas lagi melalui surat sekjen Kemendiknas no 71936 tanggal 26 Agustus 2011 —> Resume data dosen printout dari SIMPAK.
Surat Sekjen Kemendiknas ( Kemendikbud) pada tanggal 26 Agustus 2011 no 71936 dan yang ditujukan Kepada Rektor/ Ketua Sekolah Tinggi/ Koordinator Kopertis /Direktur Politeknik dengan lampiran -lampiran nya adalah tentang prosedure dan tata cara pengusulan kenaikan Jabatan ke LK dan GB
Dalam pemeriksaan DUPAK maka Tim PAK akan memeriksa beberapa lampiran terkait dengan DUPAK :
– Resume data dosen ,Printout dari SIMPAK
– Surat pertimbangan/persetujuan Senat PT
– Ijasah ( foto kopi) terakhir yg sudah disahkan
– SK PAK terakhir ( dimana biasanya ada kelebihan ak)
– Surat pernyataan bebas plagiat dari dosen dan validasi oleh pimpinan PT
– Hasil Penilaian Karya ilmiah oleh 2 orang reviewer sebidang
Semoga bermanfaat, salam, Fitri