Materi Sosialisasi Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit (SIMPAK) 08 November 2011 di UNSOED, oleh Prof. Dr. Ir Yanuarsyah Haroen dari Tim PAK Dosen Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional dilanjutkan dengan Simulasi SIMPAK oleh Drs. Wakidi, MM dari Subdit Karir Ditditendik Ditjen Dikti Kemendiknas

http://www.unsoed.ac.id/berita/sosialisasi-sistem-informasi-penetapan-angka-kredit-simpak

Materi selengkapnya mengenai SIMPAK dapat diunduh di bawah ini :

1. Materi Sosialisasi  Klik Di sini

2. Bahan Pendukung Penyamaan Persepsi Unsur Penilaian Klik Di Sini

3. Form DUPAK dan Contoh Pembuatan DUPAK Klik Di Sini

4. Mendiknas/BKN/Waspan Klik Disini

5. Penyamaan Persepsi Unsur & Tata Cara Penilaian AK Dosen Klik Di sini

6. Presentasi Pedoman Penilaian Angka Kredit Dosen Klik Di Sini

>>>

PENILAIAN ONLINE SIMPAK

Penilaian Online tahap I adalah menyangkut data administrasi belum penilaian online yang sesungguhnya. Dalam Penilaian online tahap I , usulan berkas kenaikan jabatan dapat diproses oleh front desk Diktendik jika disertai print out  data administrasi dosen yang akan diusulkan kenaikan Jabatan dan hanya bisa dicetak melalui sistem pak.dikti.go.id.  Dengan demikian kalau datanya lengkap maka print out merupakan kunci masuk ke Dikti.

Usulan kenaikan jab/pangkat dosen yang akan dilayani adalah dosen tetap sesuai UU no 14 tahun 2005 ttg Guru dan Dosen. Dengan demikian usulan GB atau LK + print out adalah benar dosen yang dapat dilayani utk kenaikan jabatan.

Sejak  UKP (Usul Kenaikan Pangkat)  bulan  Juni  secara manual dipergunakan format penilaian baru sebagai bagian dari upaya  kenaikan jabatan /pangkat on line tahap 1 yang kemudian lebih dipertegas lagi melalui surat sekjen Kemendiknas no 71936 tanggal 26 Agustus 2011 —> Resume data dosen printout dari SIMPAK.

Surat Sekjen Kemendiknas ( Kemendikbud) pada tanggal  26 Agustus  2011 no 71936  dan yang ditujukan Kepada Rektor/ Ketua Sekolah Tinggi/ Koordinator Kopertis /Direktur Politeknik dengan lampiran -lampiran nya  adalah tentang  prosedure dan tata cara pengusulan kenaikan Jabatan ke LK dan GB

Dalam pemeriksaan  DUPAK maka Tim PAK akan memeriksa beberapa lampiran terkait dengan DUPAK :
– Resume data dosen ,Printout dari SIMPAK
– Surat pertimbangan/persetujuan Senat PT
– Ijasah ( foto kopi) terakhir  yg sudah disahkan
– SK PAK terakhir  ( dimana biasanya ada kelebihan ak)
– Surat pernyataan bebas plagiat dari  dosen dan validasi oleh pimpinan PT
– Hasil Penilaian Karya ilmiah oleh  2 orang reviewer sebidang

Semoga bermanfaat, salam, Fitri