1 ) Arifa, Sarjana Kedokteran Unisba, Raih Penghargaan di Jepang
http://www.pikiran-rakyat.com/node/157818

Kamis, 08/09/2011 – 17:46
BANDUNG, (PRLM).- Arifa Rakhmana Abdullah, sarjana kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung berhasil meraih penghargaan dalam ajang The 63 Annual Congress of The Japan Society of Obstetrics and Gynecology, yang berlangsung di Osaka University Jepang 29-30 Agustus lalu. Dalam ajang yang diikuti oleh sekitar lima negara tersebut, Arifa yang kini sedang menjalani koas di salah satu rumah sakit di Bandung ini berhasil meraih International Session Award untuk presentasi terbaik.”Sama sekali tidak menyangka. Apalagi yang ikut kebanyakan profesor atau minimal bergelar Phd dan bukan kalangan mahasiswa. Bangga tentunya bisa meraih penghargaan di ajang internasional. Waktu mahasiswa pernah ikut ajang internasional di Yunani tapi tidak juara,” kata Arifa saat ditemui usai acara Silaturahim Universitas Islam Bandung di Aula Utama Unisba Jln. Tamansari Bandung, Kamis (8/9).
…dst

2 ) Mahasiswa Unisba Kalahkan Profesor
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/426378/
Friday, 09 September 2011

Arifa Rakhmana Abdullah,24, berhasil mencetak prestasi pada ajang The 63rdAnnual Congress of the Japan Society of Obstetrics and Gynecology di Jepang pada 29-31Agustus 2011.Mahasiswa Unisba yang saat ini tengah menjadi coastdi RS Muhammadiyah Bandung ini mendapatkan international season awardsebagai best presentation mengalahkan sejumlah profesor dari berbagai negara. “Saya nggak nyangka bisa mendapatkan awardini,saingannya saja profesor.Dari awal saya tidak berharap makanya cuek saja,tapi Alhamdulillah saya berhasil membawakan presentasinya,”katanya saat ditemui di Unisba,Jalan Tamansari,Kota Bandung, kemarin. Acara yang diikuti oleh 15 peserta dari lima negara yaitu Indonesia,Jepang, Korea Selatan,Taiwan,dan China itu didominasi oleh para profesor.Namun, Arifa tetap percaya diri dan membawakan presentasi dengan bahasa yang lugas. “Bagian yang paling menantang adalah saat diskusi,banyak yang bertanya pada saya.Tapi kalau sama profesor tidak, selain bahasa mereka yang sangat ilmiah, audiensjuga segan untuk bertanya,” ungkap pria kelahiran 27 Desember 1986 ini.

…dst

3 ) Mahasiswa Baru UGM Termuda Berusia 15 Tahun
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/08/373/500418/mahasiswa-baru-ugm-termuda-berusia-15-tahun

Kamis, 08 September 2011 18:05
JAKARTA – Para mahasiswa baru (maba) yang memasuki jenjang perguruan tinggi, umumnya berusia 17-18 tahun. Namun, salah satu maba tahun ajaran 2011/2012 Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta baru berusia 15 tahun.Dia adalah Aditya Dharma (lahir di Bekasi, 4 September 1996) mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik UGM. Dari sejumlah 10.248 maba di UGM, Aditya begitu dia biasa disapa, dinobatkan sebagai mahasiswa termuda di angkatannya.Tidak ada yang menyangka jika pemuda asal Bekasi ini berusia 15 tahun. Perawakannya yang tinggi, membuatnya serupa dengan mahasiswa lain. “Memang tidak ada yang tahu kalau saya masih berusia 14 tahun saat diterima di sini (UGM),” ujar Aditya seperti dilansir situs UGM, Kamis (8/9/2011).Tiga program akselerasi yang diikuti oleh pemuda kelahiran Bekasi, 4 September 1996 ini membuatnya memasuki jenjang perkuliahan dengan usia yang lebih muda dibandingkan kawan-kawannya yang lain. Anak pertama dari dua bersaudara ini memasuki SD Al Azhar Bekasi ketika usianya masih 5 tahun. Dengan mengikuti program akselerasi, anak pasangan Supriyadi dan Anik Mei Saktiana ini menamatkan pendidikan SDnya dalam waktu lima tahun. Tidak ubahnya dengan pendidikan SD, jenjang SMP dan SMA ini juga melalui program akselerasi sehingga dia menghemat waktu tiga tahun untuk sampai di bangku kuliah.

…dst

UNHALU Berkabung
4 ) Dua mahasiswa tewas mengenaskan
http://www.antaranews.com/berita/274828/dua-mahasiswa-tewas-mengenaskan

Jumat, 9 September 2011 07:04 WIB
Kendari (ANTARA News) – Dua orang korban insiden berdarah di sekitar Kampus Universitas Haluoleo (Unhalu) Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis sore kemarin sekitar pukul 18.30 WITA adalah mahasiswa universitas itu.”Kami sudah berhasil mengidentifikasi korban tersebut, yakni Laode Muhammah Hijra dan Udin keduanya mahasiswa Unhalu,” kata Direskrim Polda Sultra, Kombes Pol Iswandi Hari. Polisi belum mengetahui pasti kronologi kejadian yang menyebabkan dua nyawa mahasiwa itu melayang.Korban bermana LM Hijra (23) tinggal di Asrama Kalbu, Lorong Perintis Jalan EA Mokodompit, mengalami luka tusuk di pinggang sebelah kiri. Ia adalah mahasiswa Jurusan Fisika FKIP Unhalu. Sedangkan korban kedua bernama Udin, tinggal di Lorong Kusuma Jalan EA Mokodompit depan Kampus Unhalu, luka di leher, tercatat sebagai mahasiswa pertanian Unhalu. Jenazah kedua korban tersebut, saat ini masih berada kamar jenazah di Rumah Sakit Bayangkara Kendari.

…dst

5 ) Kerabat korban pembunuhan padati rumah sakit
http://www.antaranews.com/berita/274830/kerabat-korban-pembunuhan-padati-rumah-sakit

Jumat, 9 September 2011 07:16 WIB |
Kendari (ANTARA News) – Ratusan kerabat dan sahabat kedua mahasiswa korban kerusuhan di sekitar Kampus Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis malam kemarin, memadati Rumah Sakit Bayangkara Kendari, tempat kedua jenazah dititipkan.Sejak kedua korban dilarikan ke rumah sakit sekitar pukul 19.00 WITA Kamis malam, rumah sakit itu langsung dipadati kerabat, sahabat, masyarakat umum, dan teman kuliah korban yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di Universtas Haluoleo.

…dst

6 ) Walikota kutuk pembunuhan brutal mahasiswa
http://www.antaranews.com/berita/274829/walikota-kutuk-pembunuhan-brutal-mahasiswa

Jumat, 9 September 2011 07:08 WIB
Kendari (ANTARA News) – Walikota Kendari, Sulawesi Tenggara, Asrun, mengutuk pembunuhan brutal di sekitar Kampus Universitas Haluoleo (Unhalu), Kamis sore kemarin. “Selaku pemerintah Kota Kendari, saya mengutuk pelaku pembunuhan mahasiswa Unhalu tersebut,” kata Asrun. Ia memerintahkan polisi mengusut tuntas dan menindak tegas para pelaku pembunuhan yang tak manusiawi itu.”Selaku pemerintah, saya juga mengucapkan turut berduka dan berbelasungkawa terhadap korban atas insiden itu. Saya berharap kepada keluarga korban bisa menahan diri dan tabah menghadapi cobaan ini,” kata Asrun.

…dst

7 ) Universitas Jember Gelar Kejuaraan Akuntansi 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/08/373/500368/universitas-jember-gelar-kejuaraan-akuntansi-2011

Kamis, 08 September 2011 17:33
JAKARTA – Universitas Jember menggelar kejuaraan akuntansi yang dinamakan Accounting Championship 2011. Kejuaraan tersebut diikuti mahasiswa se-Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.Lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahsiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi (HMJ) Unej tersebut, merupakan salah satu rangkaian acara “Jember Accounting Fair 2011″. Ketua Panitia Elok Fatmawati mengatakan, tidak hanya mengadakan kompetisi akunting, tetapi juga kompetisi paper yang terbuka untuk mahasiswa akuntansi dari perguruan tinggi maupun sekolah tinggi ilmu ekonomi.”Melalui kompetisi tersebut, diharapkan menjadi wahana bagi para pesertanya untuk menunjukkan kompetensinya di bidang akuntasi dengan membuktikannya secara kompetitif,” ujar Elok, seperti yang di kutip dari laman Universitas Jember, Kamis (8/9/2011).Pelaksanaan lomba tersebut, lanjut Elok, akan diisi dengan tes tulis, serdas cermat, presentasi dan debat dalam bidang akuntansi.

…dst

8 ) Bangun Hotel dan Mal, Ini Reaksi BEM Universitas Padjadjaran
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/09/08/brk,20110908-355230,id.html

KAMIS, 08 SEPTEMBER 2011 | 16:11 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung -Mahasiswa meminta Rektorat Universitas Padjadjaran mempertimbangkan rencana pendirian hotel dan mal dengan matang. Kalaupun wacana usaha bisnis itu akan diwujudkan, kata Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unpad Muhammad Sayyidi, hasilnya bisa dirasakan mahasiswa. “Harusnya bikin biaya kuliah jadi lebih murah,” katanya, Kamis 8 September 2011. Menurut Sayyidi, universitas memang berhak mendirikan usaha bisnis seperti hotel dan mal karena aturan dan status Badan Layanan Umum yang disandang Unpad. Namun mahasiswa mengingatkan agar perguruan tinggi negeri tidak menjadi seperti perusahaan yang berorientasi pada keuntungan. “Apa iya cuma karena aturan dan status BLU itu jadi harus bikin hotel dan mal,” ujarnya.Aturan bisnis perguruan tinggi negeri tersebut kini jadi sorotan BEM se-Indonesia. Sebab, pasal seperti itu masih muncul dalam Rancangan Undang Undang Perguruan Tinggi. Bahkan kreativitas kampus akan dinilai bagus jika sanggup menghasilkan dana pendidikan sendiri.

…dst

9 ) Unpad Talangi Dana Beasiswa Unggulan dan BPPS DIkti
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/08/373/500363/unpad-talangi-dana-beasiswa-unggulan-dan-bpps-dikti

Kamis, 08 September 2011 16:33
JAKARTA – Universitas Padjadjaran (Unpad) tetap memberi kesempatan bagi mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan program S-2 dan S-3, serta penerima Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) meski masa registrasi telah lewat. Keterlambatan registrasi mahasiswa baru tersebut disebabkan belum cairnya dana beasiswa dari Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) sebagai pemberi beasiswa.Hal tersebut diungkapkan oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik, Husein Hernadi Bahti pada pertemuan dengan sejumlah mahasiswa penerima beasiswa.”Kemungkinan penalangan dana beasiswa untuk kemudian dibayarkan adalah pada saat registrasi,” kata Husein yang dikutip dari situs Unpad, Kamis (8/9/2011).Husein juga mengatakan, Unpad memberikan syarat hanya bagi mahsiswa yang telah melakukan pembayaran (registrasi) saja yang bisa menerima Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan bisa mulai berkuliah.

…dst

10 ) UKDW Resmi Buka Fakultas Kedokteran
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/426299/
Friday, 09 September 2011

YOGYAKARTA – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mempercepat proses keluarnya surat keputusan untuk membuat Fakultas Kedokteran yang telah lama direncanakan. Hal tersebut mengikuti keluarnya surat izin perpanjangan program studi (prodi) kedokteran dari Direktorat Pendidikan Tinggi pada 12 Agustus lalu. Surat resmi penyelenggaraan Fakultas Kedokteran telah dikeluarkan pada 22 Agustus lalu. “Semuanya dipercepat,” ujar mantan Kepala Bagian Humas dan Admisi UKDW Budi Suteja Utama seusai mengikuti serah terima jabatannya kepada Dosen Fakultas Arsitektur Parmonangan Manurung. Dengan perubahan dari prodi menjadi fakultas, menurut dosen Teknologi Informasi ini, pihak kampus memperpanjang proses pendaftaran mahasiswa baru hingga Oktober mendatang. Hal tersebut untuk memenuhi kuota jumlah mahasiswa baru yang harus mengalami peningkatan menjadi 100 orang.Saat ini baru ada 50 calon mahasiswa.

…dst

11 ) Tiga alasan JK diberi gelar doktor
http://www.antaranews.com/berita/274822/tiga-alasan-jk-diberi-gelar-doktor

Jumat, 9 September 2011 03:23 WIB |
Makassar (ANTARA News) – Mantan Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Dr Basri Hasanuddin, MA menyatakan tiga alasan utama penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).Pertama, pandangan masyarakat tentang ketokohan JK selama ini. Kedua, pandangan dan terobosan JK di bidang ekonomi selama menjabat Wakil Presiden RI hingga menelurkan istilah “Kallanomic”.”Pandangan JK tentang politik, demokrasi, birokrasi, dan hubungan antarpolitik dengan ekonomi, juga menjadi bagian alasan penganugerahan gelar doktor kehormatan tersebut,” kata Basri Hasanuddin yang juga promotor penganugerahan doktor kehormatan untuk Kalla.

…dst

12 ) Anak Jenderal’ Penganiaya Febriansyah Ternyata Anak Pamen Polri
http://www.detiknews.com/read/2011/09/08/164334/1718454/10/anak-jenderal-penganiaya-febriansyah-ternyata-anak-pamen-polri?n990102mainnews

Kamis, 08/09/2011 16:43 WIB
Jakarta – Kepolisian Sektor Tanjung Duren memastikan jika penganiaya Febriansyah Syamsi (21), mahasiswa salah satu universitas swasta di Jakarta, bukan anak jenderal. Dalam pemeriksaan, pelaku mengaku sebagai anak dari perwira menengah (Pamen) polisi, Kombes JU.”Pengakuannya anak dari Kombes JU, tapi kita sendiri belum mengkonfirmasi ke yang bersangkutan (Kombes JU) karena tidak ada kaitannya juga dan yang jelas prosesnya tetap berlanjut,” jelas Kapolsek Tanjung Duren Kompol Arif Budiman saat dihubungi wartawan, Kamis (8/9/2011). Meski demikian, kata dia, polisi tetap menelusuri pengakuan pelaku mengingat nama belakangnya yang sama (Umboh) dengan Kombes JU.

…dst

13 ) PGRI: Aturan Pemerintah Jangan Bikin Guru Stres
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/09/00111699/PGRI.Aturan.Pemerintah.Jangan.Bikin.Guru.Stres

Jumat, 9 September 2011 | 00:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) kembali menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2011, di Jakarta. Ada beberapa hal yang dibahas dan nantinya akan direkomendasikan kepada pemerintah. Salah satunya adalah harapan PGRI agar dinas pendidikan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan), serta pihak-pihak lainnya, tidak membuat kebijakan dan regulasi yang memberatkan guru, terkait pengembangan dan pembinaan profesi. Ketua Umum PB PGRI, Sulistiyo, memaparkan, ada rumor yang beredar jika Kemenpan ingin menambah jam mengajar guru menjadi setara dengan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada umumnya, yaitu yang semula 24 jam dalam seminggu menjadi 27,5 jam dalam seminggu.”Tolong jangan membuat regulasi yang menyebabkan guru stres,” kata Sulistiyo, saat ditemui di sela-sela RakornasPB PGRI, Kamis (8/9/2011) sore, di Jakarta.

…dst

14 ) Rektor UPI: Guru Ngajar Mata Pelajaran Lain akan Turunkan Mutu Pendidikan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/157816
Kamis, 08/09/2011 – 17:25

BANDUNG, (PRLM).- Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Sunaryo Kartadinata menuturkan, kewajiban 27,5 jam bagi guru memang cukup memberatkan. Apalagi jika guru diperbolehkan mengajar mata pelajaran lain diluar kompetensinya untuk mengejar kekurangan jam mengajar tersebut.”Memang itu masalah adminsitrasi tetapi ketika guru diperbolehkan mengajar mata pelajaran lain di luar kompetensinya maka itu akan berpengaruh terhadap mutu pendidikan,” ucapnya.Menurut Sunaryo, pemerintah sebaiknya lebih memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan kompetensinya. Apakah melalui pelatihan, seminar, dan sejenisnya agar kompetensi termasuk wawasan guru bisa terus berkembang sebagai bagian dari pengembangan profesi.

…dst

15 ) Pemerintah Giatkan Penuntasan Buta Aksara
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/9/8/buta-aksara.aspx

08 September 2011 | Laporan oleh ahmad_dj
Jakarta — Pemerintah pusat bersama-sama dengan pemerintah daerah, serta organisasi mitra terus-menerus menggiatkan penuntasan buta aksara penduduk usia 15-44 tahun. Anggota masyarakat yang sebelumnya buta huruf dibina menjadi melek huruf dan memiliki kemampuan dasar. Kemampuan ini terus dibina dan ditingkatkan, sehingga menjadi berdaya untuk membangun lingkungan, masyarakat, bangsa, dan negara secara berkelanjutan. “Sudah bertahun-tahun (pemerintah) mengupayakan pengurangan buta aksara. Hari Aksara Internasional merupakan upaya memperingati bagaimana supaya dunia ini berdaya dengan mengurangi jumlah angka buta aksara,” kata Direktur Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional Wartanto di Gerai Informasi dan Media Kemdiknas, Jakarta, Kamis (8/09). Wartanto memberikan keterangan pers menyambut peringatan Hari Aksara Internasional ke-46, yang jatuh pada 8 September.

…dst

16 ) Rp 450 Ribu Per Orang untuk Berantas Buta Aksara
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/08/16220668/Rp.450.Ribu.Per.Orang.untuk.Berantas.Buta.Aksara

Kamis, 8 September 2011 | 16:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kasubdit Pembelajaran dan Peserta Didik Direktorat Pendidikan dan Masyarakat Kementerian Pendidikan Nasional, Elih Sudiapermana mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi 2009 oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) di Pusat Studi Pendidikan di Jawa Barat (PSP) terdapat 30 persen masyarakat yang sudah terbebas buta aksara tetapi kembali menjadi buta aksara karena kurangnya pembinaan. Menurut data yang dia paparkan, sampai saat ini angka buta aksara mencapai 8,3 juta jiwa atau setara dengan lima persen dari jumlah penduduk Indonesia. Dari jumlah tersebut, 64 persen di antaranya penyandang buta aksara wanita, sedangkan sisanya adalah pria. Untuk itulah pihaknya memberikan sejumlah dana dalam bentukblock grant yang dilaksanakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) dan organisasi masyarakat lainnya. “Kami memberikan bantuan keaksaraan usaha mandiri Rp 460 ribu per orang untuk pembinaan penguatan seperti baca, tulis dan kegiatan membaca, serta wirausaha lainnya,” kata Elih, Kamis (8/9/2011), di Jakarta.

…dst

17 ) Pemprov Jabar Tambah Subsidi Pendidikan Rp 11 M
http://www.jpnn.com/read/2011/09/09/102337/Pemprov-Jabar-Tambah-Subsidi-Pendidikan-Rp-11-M-

Jum’at, 09 September 2011 , 03:26:00
BEKASI – Seluruh sekolah negeri dan swasta di Kota Bekasi boleh merasa lega setelah pemerintah daerah setempat kembali membiayai sekolah bebas biaya (SSB) pada anggaran belanja tambahan (ABT) 2011. Total SSB pada tahun ini mencapai Rp 11 miliar untuk negeri dan swasta.Besaran uang bebas biaya itu terbagi dua sumber pendanaan. Khusus untuk sekolah negeri berasal dari ABT Kota Bekasi 2011 sebesar Rp 2,8 miliar, dan untuk subsidi sekolah swasta didapat dari bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat 2011 sebesar Rp 9,8 miliar.
Pernyataan itu disampaikan langsung pihak Dinas Pendidikan setempat. Dalam anggaran perubahan 2011 subsidi pendidikan kembali dicairkan. Namun, pencairan dari APBD hanya untuk sekolah negeri saja, sedang sekolah swasta diberikan melalui Banprov. “Untuk sekolah swasta sudah diberikan sejak akhir Agustus 2011 kemarin, tapi untuk sekolah negeri menunggu ketuk palu rencana ABT 2011,” kata Kasie Bina Program Disdik Kota Bekasi, Agus Enap kepada INDOPOS (JPNN Grup), Kamis (8/9).

…dst

18 ) Sekilas dalam Negeri

Film Lima Elang
Kasus Andi Nurpati/Dokumen Palsu MK
Zainal Arifin Hoesein Juga Akan Mengadu ke Presiden

Kasus dr. Aisha
Twitter, Awal Perkenalan Bustanul dan dr. Aisha   
Dokter Aisha Pulang Setelah Disebut Hilang di Somalia